YS 201 – YESAYA 43:24-28. ISRAEL MEMBEBANI DAN MENYUSAHKAN TUHAN.

YES 43:24. MEMBEBANI TUHAN DENGAN DOSA DAN KESALAHAN.

ENGKAU TIDAK MEMBELIKAN AKU DERINGU DENGAN UANG, JUGA TIDAK MEMENUHI AKU DENGAN LEMAK KORBAN SEMBELIHANNMU.

Ini hidup yang tidak memperkenankan Tuhan.

Deringu itu berbau harum. Dibeli dengan uang berarti tidak cuma2 2Sam 24:24. Jangan korban kepada Tuhan dengan cuma2, tetapi harus berani membayarharga. Meskipun harganya mahal kita tetap mau berkorban bagi Tuhan, sebab Tuhan adalah satu2nya yang terutama dan terbesar yang kita cintai. Jangan taat atau memperkenankan Tuhan kalau cuma2, tetapi meskipun dengan korban harga yang mahal, kita tetap mau memperkenankan Tuhan dengan segenap hati.

Lemak korban sembelihan, kalau dibakar baunya haram sekali, itu memperkenankan Tuhan Im 3:16. Persembahan kita harus berbau harum di hadapan Tuhan yaitu kaerna dipersembahkan dalam kesucian dan cocok dengan Firman Tuhan.

Jadi kita melihat bahwa Israel tidak ada keinginan atau usaha untuk menyenangkan Tuhan tetapi menyenangkan dirinya sendiri, bahkan menghalalkan segala cara supaya bisa senang sendiri, tidak peduli Tuhan, bahkan tidak lagi mau berusaha memperkenankan Tuhan.

 

TETAPI ENGKAU MEMBEBANI AKU DENGAN DOSA2 MU, ENGKAU MENYUSAHKAN AKU DENGAN SEGALA KESALAHANMU.

Mengapa terbeban? Sebab cinta. Kalau tidak cinta, maka orang berdosa yang akan binasa,  dibiarkan saja. Lebih cinta, lebih terbeban dan susah . Sebab itu kalau umat Tuhan berdosa, maka Tuhan jadi susah. (Kalau anak sakit, orangtuanya susah dan terbeban. Kalau pasien banyak, dokter malah senang. Mengapa? Sebab orangtua cinta anak). Dosa itu sangat berbahaya, seperti racun, kalau tidak tertolong bisa mati Rom 6:23. Sebab itu kalau umat Tuhan berdosa, Tuhan sangat sedih dan terbeban seperti dalam Kis 9:4. Sebab itu Tuhan terus berusaha untuk meyadarkan dan menolong umat Tuhan yang berdosa supaya sadar dan bertobat, sehingga kerusakan akibat dosa bisa dihentikan, bahkan kalau bisa sesedikit mungkin. Semua dosa itu ada akibatnya, merusak hidup dan rencana Allah dalam dirinya sampai kekal Maz 99:8.

 

YES 43:25. TUHAN SELALU AMPUNI DAN LUPAKAN YANG SUDAH.

 

AKU BAHKAN AKU SUDAH MENGHAPUSKAN SEGALA PELANGGARANMU KARENA SEBAB KEHENDAKKU SENDIRI DAN TIDAK AKAN MENGINGAT SEMUA DOSAMU.

Tuhan itu luar biasa dan penuh kemurahan. Ia berusaha untuk mengampuni sebab Tuhan yang adil itu tahu bahwa akibat dosa itu dahsyat. Seringkali orang yang berdosa itu tidak mengerti, tidak sadar apalagi kalau sudah mabuk dosa, tidak lagi mau bertobat Luk 5:39. Ia tidak peduli akibat dosa dan diremehkan pada hal dahsyat. Sama seperti anak yang tidak sadar artinya tidak naik kelas, tetapi orangtua sadar dan berusaha mendorong anaknya belajar habis2an. Lihatlah orang Israel yang hidup dalam dosa, nabi2nya dikirim siang dan malam, tetapi mereka tidak peduli 2Taw 36:14-16.

Pengampunan itu penting sekali bahkan mutlak untuk setiap dosa, sebab tanpa pengampunan maka dosa itu jadi tetap (permanent) untuk kekalse-lama2nya. Jangan biarkan satu dosapun masuk dalam kekekalan. Dosa tidak boleh masuk Surga Wah 21:27. Apalagi dosa sengaja, bahkan di duniapun sudah tiada ampun Ibr 6:4-6; 10:26.

Apakah definisi dosa sengaja? Yang dipakai adalah definisi dari Tuhan. Menurut ukuran manusia, hampir semua dosa itu sengaja, sebab kalau tidak, orang itu tidak akan melakukan atau membuatnya. Memang ada dosa yang tidak sengaja, tetapi biasanya untuk orang berdosa itu otomatis dilanjutkan menjadi dosa sengaja. Misalnya Daud naik loteng, tidak sengaja melihat Betsyeba  mandi, tetapi sesudah itu ia melihat terus, itu sengaja.

Praktis secara manusiawi, semua dosa itu sengaja. Tetapi ukuran dosa sengaja yang tidak ada pengampunan adalah menurut definisi Alkitab. Sebab kalau semua dosa sengaja menurut definisi manusia tidak ada ampun, semua manusia celaka. Daud yang berdosa sengaja dan merencanakan pembunuhan Uria sampai teman2nya kena juga, itu sengaja, tetapi ternyata Tuhan masih mengampuni. Jadi dosa sengaja yang tidak bisa diampuni itu adalah:

  1. Terus menerus berdosa.
  2. Keras hati tidak mau bertobat.
  3. Menjadi dosa sempurna, tidak mau dan tidak bisa lagi bertobat seperti iblis, meskiup sudah percaya bahkan melihat Tuhan dan Tuhan itu pemurah, ia tetap tidak mau dan tidak bisa bertobat lagi Yak 2:19 dan sebab itu tiada ampun baginya. Ini dosa tingkat 3 (Tingkatan2 dosa: 1. Dosa manusiawi, 2. Dosa dalam roh, 3. Dosa sempurna. Lihat buku “Baptisan Roh Kudus” oleh Penulis).

Tetapi jangan memakai pengertian ini sebagai kesempatan untuk berdosa, sehingga terus berdosa, toh belum sampai tingkat 3. Orang seperti itu memang cinta dosa, sangat berbahaya, ia akan terus berdosa, keras hati dan menjadi kabur, mabuk, tidak sadar, tertipu iblis, keras hati, akhirnya tidak mau bertobat lagi sampai jadi dosa sempurna Pkh 12:1.

Yang betul, kalau ada dosa, hari ini harus bertobat Ibr 3:15. Kalau tidak mau bertobat hari ini,itu berarti keras hati dan itu sangat berbahaya! Lebih2 dalam malapetaka, huru hara, maka orang berdosa akan jadi korban tetapi orang benar akan disertai dan dipimpim Tuhan, pasti terpelihara 1Pet 3:12. Tuhan tidak pernah berhenti mengampuni, tetapi kalau orangnya sendiri tidak mau sadar dan bertobat seperti Saul, setan dll, mereka akan binasa.

YES 43:26. BERPERKARA DENGAN TUHAN.

INGATLAH AKAN AKU, MARILAH KITA BERPERKARA, NYATAKAN DIRIMU, SUPAYA ENGKAU BISA DIBENARKAN.

Siapa berani berperkara dengan Tuhan? Dia tahu lengkap. Tidak perlu jaksa atau pembela, dalam sekejab Ia sanggup menentukan keadaan setiap orang dan hukumannya  seperti waktu mati Ibr 9:27, meskipun orang itumasih hidup, tetapi Tuhan mengharapkan orang itu segera bertobat supaya jangan binasa di Neraka 2Pet 3:9. Namun orang yang keras hati itu dalam posisi yang sangat berbahaya, kalau mati, akan langsung terjerumus ke Neraka untuk kekal.

Yang penting sungguh2 mau bertobat, Tuhan tahu (orang yang belum kenal Tuhan harus segera percaya dan bertobat), maka Roh Kudus akan sanggup dan berhasilmemimpin orang yang mau bertobat sampai pada pertobatan dan bisa diselamatkan. Perhatikan supaya kita menjaga hidup suci (MAK, dimana saja, dalam hal apa saja, dan kapan saja), maka Tuhan akan beserta kita. Jangan kuatir, berjalan dengan Tuhan Rom 8:31.

YES 43:27. BAPA YANG PERTAMA DAN GURU2 ORANG ISRAEL.

BAPAMU YANG PERTAMA SUDAH BERDOSA DAN GURU-GURUMU SUDAH BERSALAH TERHADAP AKU.

 

Siapakah Bapa yang pertama dari Israel? Tidak lain adalah bapa Abraham, sebab di dalam Abraham dijanjikan Israel Kej 22:16-18. Apakah dosa yang diperbuat oleh Bapa Abraham yang diingat Tuhan dan begitu penting dalam posisinya sebagai bapa dari Israel? Ini adalah kesalahannya waktu ia menuruti kebimbangan Sarah lalu mengambil Hagar masuk sehingga timbul Ismail yang menjadi dua bangsa besar yang bermusuhan. Tetapi pada akhir zaman domba2 dari kandang yang lain itu akan menjadi satu kandang Yoh 10:16. Memang ini menimbulkan banyak ketegangan tetapi selama umat Tuhan ada di pihak Allah, dipimpin Roh kita tidak perlu kuatir. Yang menjadi cacat adalah kalau menuruti kebimbangan tidak percaya pada Tuhan, baik dalam berbuat dosa (tidak mau bertobat) atau tidak mempercayai Tuhan lalu mempercayai yang lain atau kekuatannya sendiri. Di dalam Kristus, kita lepas dari dosa bapa pertama, sebab Tuhan Yesus sudah menebus dosa kita dan di dalam Kristus, rencana Allah akan jadi dalam hidup kita yaitu yang masuk dalam rencana penamatan Alah, dan pasti terpelihara. Sebab itu kita harus selalu penuh dan dipimpin Roh, supaya apa yang salah dari bapa pertama, ditebus dalam Juru selamat kita Tuhan Yesus Kristus!

Guru2 yang bersalah kepada Tuhan? Ini banyak guru, jamak. Siapa guru2 orang Israel? Banyak sekali. Imam2, orang Parisi, ahli Taurat yang berani memutarbalikkan Firman Tuhan sehingga Israel jadi jungkir balik, apalagi Yerobeam, Baesa 1Raj 15:33-35; 16:1-7 dan Achab 2Raj 9:9. Ini tiga pendekar iblis yang sangat jahat di hadapan Allah dan jadi guru2 yang menyesatkan seluruh Israel. Bahkan sampai dalam zaman Tuhan Yesus, masih ada guru2 yang menyesatkan sehingga Tuhan mengingatkan murid2 dan orang2 dari ragi orang Parisi, Herodes dan orang Saduki Mrk 8:15, Mat 16:6,11,12. Ini generasi ular biludak Mat 3:7.

Pengajaran orang Parisi Luk 12:1 yaitu munafik, mengerti Firman Tuhan tetapi tidak melakukannya. Herodes suka akan Firman Tuhan tetapi bebas berdosa bahkan kejam Mrk 6:22. Orang2 Saduki mengajarkan yang salah, tidak ada kebangkitan tetapi mereka sangat yakit bahwa mereka benar, sebab itu merekabebas beribadah dan berdosa, sebab tidak ada akibatnya Mat 22:23, Mrk 12:18, Luk 20:27.

Murid akan menjadi sama seperti Gurunya. Begitu orang2 yang diajar mereka menjadi muridnya. Ini semua orang2 beribadah yang celaka sebab menirukesalahan2 gurunya (lain dari Musa yang mengajar dengan betul).

Mereka semua sudah bersalah pada Tuhan dan pasti menerima akibatnya yang lebih dahsyat Yak 3:1.

Kalau kita tinggal di dalam Kristus, kita terlepas dari dosa bapa dan guru2 ini, danselamat di dalam Kristus! Tinggal dalam pimpinan Roh, maka kita akan terlepas dari segala ajaran2 yang sesat (sedikit atau banyak sesat) dan akan dipimpin Roh kepada kebenaran Yoh 16:13. Dengan demikian kita terpelihara, bahkan tumbuh dalam rencana Allah yang suci dan mulia.

YES 43:28. YAKUB DAN ISRAEL YANG CELAKA

SEBAB ITU AKU SUDAH MENAJISKAN PENGHULU2 TEMPAT SUCI.

Oleh sebab Penghulu2 yang mengajar orang Israel hal2 yang jahat dan keji dan Israel mau, maka Tuhan meninggalkan bait Allah sehingga bait Allah menjadi najis dan orang2nya, istimewa penghulu2nya dinajiskan di dalamnya. Mereka mengalami banyak celaka dan penderitaan sebab Tuhan meninggalkan bait Allah dan musuh masuk menghancurkan dan membinasakannya.

Penghulu2 tempat suci yang hidup benar, itu tentu sangat mulia di hadapan Allah dan orang yang mulia di hadapan Allah itu orang yang paling besar di dunia sebab besar di hadapan Allah. Tuhan menjaga, memelihara dan meninggikan mereka seperti imam2 dalam bait Allah. Memang ada imam2 yang benar dan mulia seperti Harun dan putra2nya, tetapi banyak juga imam2 yang jahat dan keji di hadapan Allah seperti putra2 Eli (Hofni dan Pinehas). Imam Uria taat akan raja Israel, Achaz bin Yotam; ia lebih taat akan raja daripada akan Tuhan dan peraturan2 Firman Tuhan, ini seorang imam yang sangat keji di hadapan Tuhan. Berapa banyak hamba2 Tuhan yang lebih taat dan memperkenankan manusia (lebih2 karena harta dan kuasanya), ia akan dikejikan oleh Tuhan. Tuhan akan membiarkan perkara2 yang jahat datang dalam bait Allah yang dinajiskan dan imam2nya dibinasakan dengan dahsyat.

Misalnya waktu zaman Zedekia: Raja Yehuda, mereka  melawan Tuhan dan imam2 menajiskan pelayanannya, maka Tuhan menyerahkan bait Allah yang dihancurkan dan dijarah oleh Nebukadnezar dan semua penghulu2nya dibinasakan dengan dahsyat.

Dalam Yehu 9, orang2 dibunuh dalam bait Allah begitu dahsyat, sebab hidupnya dalam dosa.

Dalam Luk 13:1 orang Galilea yang mempersembahkan korban, dibunuh Pilatus dan darahnya dicampakkan dalam korbannya. Suatu perkara yang dahsyat bagi orang2 yang menajiskan pelayanannya.

Begitu juga pada akhir zaman dalam Minggu ke-70 Daniel orang2 beriman yang beribadah tetapi menajiskan pelayanan dan ibadahnya, maka mereka juga akan mengalami hal2 dahsyat, baik sebelum pengangkatan, orang yang tidak bertobat mengalami banyak penderitaan dan aniaya sampai mati oleh pekerjaan Antikris yang mula2, apalagi sesudah pengangkatan dalam zaman Antikris (ke-4), mereka mengalami masa aniaya yang paling dahsyat, yang belum pernah ada Mat 24:21.

Tetapi orang2 yang hidup dalam kesucian, sebelum pengangkatan akan terpelihara dengan janji khusus 1Kor 15:51-52 dan waktu pengangkatan ikut terangkat. Tetapi pemimpin2 yang mengajar jahat akan mengalami masa yang paling dahsyat diseluruh dunia dan belum pernah ada.

 

DAN MEMBERIKAN YAKUB KEPADA KUTUK DAN ISRAEL UNTUK DINISTA.

Yakub adalah permulaannya dan Israel adalah kelanjutannya, menjadi satu bangsa yang besar oleh berkat Tuhan. Tetapi orang2 ini diserahkan kepada kutuk. Kalau tidak salah tidak mungkin diserahkan pada kutuk yang menjadi hukuman dan celaka yang dahsyat sebab tidak mau menurut Firman Tuhan. Orang2 ini sekalipun beribadah dan mengenal Tuhan, menjadi beban dan kesusahan bagi Tuhan sebab dosa2nya makin banyak.

Jangan sampai masuk dalam hukuman dunia 1Kor 11:32. Kalau sekarang kita mau menghukumkan diri kita sendiri 2Kor 1:9, 1Kor 9:27 supaya kita bisa mematikan daging dan hidup dalam kesucian 1Pet 4:1, maka kita akan masuk dalam rencana Allah yang suci dan mulia dan lepas daripada segala penghakiman dunia yang dahsyat ini.

Begitu ngeri dan dahsyat, orang2 beriman yang jatuh ke tangan Antikris, betul2 dinistakan sampai mati. Sebab itu jangan kena ragi orang Parisi, Herodes dan Saduki, jangan ikut guru2 yang mengajar salah, tetapi tinggal dalam Kristus, hidup penuh dan dipimpin Roh, lepas dari dosa bapa yang pertama.

Di dalam Kristus kita bisa lepas dari segala kutuk dosa bahkan masuk dalam rencana Allah yang indah dan mulia, yaitu pengangkatan atau menjadi sempurna.

 

KESIMPULAN.

Ayat 24. Rindu dan usahakan memperkenankan Tuhan sehingga hidup kita menjadi suatu bau yang harum dengan harga berapapun, jangan justru jadi beban dan penderitaan Tuhan karena dosa2 kita.

Ayat 25. Tuhan selalu mengampuni, tetapi bukan alasan untuk terus berbuat dosa sebab akibatnya dahsyat untuk kekal. Orang yang keras hati dalam dosa akan terjerat dalam kebinasaan kekal.

Ayat 26. Berdirilah benar dalam segala perkara, sebab Dia tahu lengkap dan benar keadaan kita.

Ayat 27. Jangan kena salah bapa2 dan ajaran guru2 yang salah, tetapi tetap penuh dan dipimpin Roh sehingga tumbuh dalam kebenaran Allah sampai sempurna seperti Kristus.

Ayat 28. Orang yang tidak mau bertobat akan mengalami kutuk dosa dan dinista, baik sekarang, dalam zaman Antikris lebih2 dalam kekekalan.

Allah itu baik dan maha kuasa, kalau kita mau sungguh2 bertobat, Ia sanggup menuntun kita dalam kesucian dan terus bertumbuh sampai seperti Kristus. Orang yang tidak bisa hidup suci atau tidak tumbuh dalam rencana Allah, itu memang bodoh, sesat dan sebab ia sendiri tidak mau, sebab Allah mau dan sanggup menolong yang sungguh2 mau.

 

Nyanyian: Tabernakel 217.

Ya kami berjalan sampai kota Allah