M3789 – Kesukaran Keuangan (Lukas 17:28)

Kesukaran2 ini tidak bisa lepas dari faktor2 lain seperti politik, kebijakan ekonomi, malapetaka, peperangan dll, lebih2 karena faktor zamannya! Kesukaran2 50 tahun yang lalu lain dengan yang sekarang, istimewa karena kita masuk dalam akhir zaman yang sangat goncang ganjing, sebab itu kita harus melihat lebih dahulu iktisar akhir zaman, sikon kita sekarang dan yang akan datang, maka kita akan mengerti lebih jelas tentang kesukaran2 nafkah dan keuangan yang kita hadapi supaya bisa menghadapinya dengan bijaksana. Sebetulnya bukan hanya menghadapi kesukaran keuangan, tetapi segala macam kesukaran, jasmani dan rohani!
I. IKTISAR AKHIR ZAMAN.
Waktu untuk dunia ini sudah hampir habis, meskipun kita tidak tahu bila hal itu akan terjadi (hati2 jangan meramal nanti bisa kacau dan ribut, juga mengacaukan semua orang yang percaya atau terpengaruh oleh ramalan2nya). Patokan akhir zaman bagi kita adalah :
1. Minggu ke-70 Daniel. Daniel mendapat visoen tentang 70 minggu yaitu suatu nubuatan yang menceritakan tentang hari2 yang akan datang bagi zaman Daniel, terus sampai akhir zaman. 69 Minggu itu terpisah dengan minggu terakhir yaitu Minggu ke-70 Daniel. Sesudah nubuat tentang 69 minggu Daniel digenapi, lalu lonceng nubuatan Daniel berhenti, menunggu saatnya Minggu ke-70 Daniel digenapkan, baru lonceng nubuatan Daniel berjalan lagi.Sebab itu penggenapan Minggu ke-70 Daniel itu masih terpisah oleh waktu yang tidak diketahui.
Jadi Minggu ke-70 Daniel itu digenapkan terakhir (Jawa: kancrit) sebab memang dalam Minggu ke-70 Daniel itu dunia ditamatkan, istimewa Gereja. Kita belum tahu bila lonceng nubuat 70 Minggu Daniel dimulai, tetapi kalau lonceng nubuat Daniel sudah berjalan lagi, itu berarti kita masuk dalam 7 tahun terakhir lalu Tuhan Yesus datang, maka selesailah riwayat dunia sekarang ini (masih ada kerajaan 1000 tahun, tetapi rencana Allah dalam Gereja sudah selesai!).
Kita harus menunggu dengan bersedia, sebab bila lonceng nubuatan Daniel ini berbunyi lagi, mulailah peristiwa2 yang amat dahsyat, yangdinubuatkan dalam Minggu ke-70 Daniel ini digenapkan.2. Kedatangan Tuhan Yesus kembali dan itu terjadi dalam dua tahap yaitu:
2.1. Pengangkatan (lalu zaman Antikris) kemudian
2.2. kedatangan Tuhan II, Ia mendarat di bumi dalam perang Harmagedon. (Lihat lebih lanjut dalam buku “Bila Tuhan Yesus datang kembali).
Pada akhir zaman ini dosa dan kesucian akan meningkat sampai puncak2nya Wah 22:11. Tiga angka kedatangan Tuhan akan genap yaitu:
1. Seluruh dunia sudah mendengar Injil. Mat 24:14.
2. Jumlah orang yang selamat genap Rom 11:25.
3. Jumlah orang yang sempurna genap, Wah 14:1. Kalau tiga Angka ini sudah genap, maka terjadilah pengangkatan.
Juga dosa meningkat sampai melebihi batas terus sampai puncaknya sehingga banyak orang berbuat dosa yang sempurna seperti iblis, sehingga hukuman Allah, tiga seri dicurahkan ke atas dunia.
Dalam bagian terakhir ini dunia akan kacau balau dan ribut. Dan ini semua sangatmempengaruhi semua segi hidup, termasuk juga nafkah dan keuangan. Kita tidak boleh bersikap ngawur atau sembarangan, dalam kesukaran2 yang begitu besar, itu salah! Sebab kita tidak tahu kapan Tuhan datang, justru kitaharus ber-jaga2 dan semua tetap harus diatur dengan baik, jangan karena kesukaran yang dahsyat ini lalu kita juga kacau balau, rohani juga terpengaruh cukup banyak bahkan banyak yang rusak; jangan sampai ini terjadi pada kita, kita harus bersedia supayabisa menghadapi kesukaran akhir zaman dalam pimpinan Roh Kudus, dengan hikmat dan kuasa Allah, bahkan rohani kita bisa terus meningkat sesuai dengan rencana penamatan Allah.
II. SEBAB2 KESUKARAN KEUANGAN.
1. Dosa dan kejahatan meningkat. Orang makin jahat, makin terang2an dan sengaja merencanakan kejahatan tanpa rasa tertuduh, sehingga segala jalan dihalalkan. Timbul komplotan atau geng2 kejahatan. Mei 2015 koran Kompas melaporkan total lebih dari 500 orang asing masuk Indonesia membuat “satu perusahaan” untuk sengaja menipu dan memeras lewat internet, HP. Mereka diringkus polisi. Belum lagi mafia dan kartel2 obat bius.Sebab itu dalam pekerjaan. Kalau cara hidupnya dengan memakai kekuatan sendiri atau menghalalkan segala cara, segala dosa,Tuhan tidak bisa menolong, bisa terjepit dan di-injak2 orang jahat.
Istilah mafia itu sudah biasa, sekarang semua bidang ada mafianya. Cara2 yang terang2an dan berani ini muncul di seluruh dunia.
Kalau hal2 ini terjadi, maka yang kuat makan yang lemah. Tanpa Tuhan, .pa
semua dimakan habis oleh orang2 yang berani dan menghalalkan segala cara. Jangan pakai kekuatan sendiri, jangan menantang atau duel melawanorang kuat dunia, mau kuat2an, berpadalah dan berjalanlah dalam pimpinan Roh. Orang yang memakai kekuatannya sendiri itu orang Halaman dan Halaman akan kalah, di-injak2 Antikris Wah 11:2. Kita harus bersandar pada Tuhan, pakai kuasa Allah, terus berjalan dalam Roh, dipimpin Roh dengan hikmat dan kuasaNya saja. Jangan duel, biar Tuhan sendiri yang berperang ganti kita, baru kita menang.
Tuhan memberi nasehat dalam :
Ams 30:24-25
24 Bahwa empat perkara ini terkecil dalam dunia, akan tetapi tersangatlah ia bijaksana dan lengkaplah kepandaiannya,
25 yaitu: bahwa semut itu suatu bangsa yang tiada kuat, maka disediakannya juga bekalnya pada musim panas; (6:6-8) (TL)
Sekalipun semut itu kecil, lemah, tidak ada orang takut pada semut tetapi mereka dengan tenang terus mendapatkan rezekinya, sekalipun kecil2an tetapi jumlahnya lengkap, banyak, cukup! 1Tes 4:11. Begitu orang yang harap Tuhan dan mau berpada, sekalipun kecil, rejeki dari Tuhan tetap akan diterimanya dan cukup. Kalau dibutuhkan lebih banyak, jangan kuatir asal tetap mau berpada, tidak cinta uang, berjalan dalam Roh, pasti semua dicukupi!
Ams 30:26
Kelinci hanyalah kaum yang lemah, namun mereka membuat rumahnya di dalam batu gunung. (KJI)
Kelinci ini tidak menantang singa, tetapi lari. Seberapa orang yang bodoh, merasa kuat atau punya kekuatan, bancking dll yang kuat lalu menantang, akhirnya dimakan habis oleh orang kuat ini. Jangan kuat2an, atau nantang, lari ke bukit batu Tuhan Yesus minta pimpinan Roh Kudus, maka Tuhan yang akan menghadapi mereka.
Kel 14:14
Bahwa Tuhan juga kelak berperang akan ganti kamu, dan kamu ini akan berdiam diri jua. (TL)
Seperti Tuhan menghadapi Firaun dan orang Mesir yang galak dan kuat, umat Tuhan bersembunyi dalam perlindungan Tuhan, masuk dalam batu gunung, maka Tuhan akan memberi kita kemenangan.
 
Ams 30:27
Belalang tidak mempunyai raja, tetapi mereka semua keluar dalam suatu gerombolan (pasukan). (KJI)
Belalang tidak punya raja, sendiri2, tidak punya perwakilan atau perserikatan yang membelanya, masing2 jalan sendiri2 tetapi sebab dipimpin Tuhan yang sudah mengatur mereka demikian, maka mereka aman, se-olah2 mereka itu suatu masa yang besar dan kuat dan merekamakan habis semua yang dihadapinya. Begitu umat Tuhan, sekalipun sendiri (tentu perlu bersekutu dan saling tolong menolong dalam kelompok2 kecil untuk berdoa dan minta pimpinan Roh Kudus), maka Tuhan akan menolong semuanya, sebab Tuhan yang menjadi penolong pribadi masing2!
Ams 30:28
Laba2 itu berpegangan dengan tangannya, dan adalah juga dalam istana raja-raja. (KJI)
Laba2 itu berjalan per-lahan2, se-olah2 mengangkat tubuhnya saja tidak kuat, rasa2nya kakinya itu tidak sebanding dengan tubuhnya. Meskipun demikian mereka ada dalam istana yang indah2. Juga orang beriman yang tampaknya tidak punya kekuatan atau perlindungan yang sebanding, tetapi mereka mengalamai zaman keemasan yang ajaib pada akhir zaman. Wah 12:1 hidupnya indah dan ajaib, sebab Allah bekerja di dalamnya, luar biasa. Dengan Tuhan orang lemah tidak dimakan orang kuat yang jahat, sebab ada Tuhan di dalam orang2 lemah ini. Begitu seharusnya cara hidup kita dalam mencari nafkah dan keuangan.
2. Occultisme. Segala cara termasuk occultisme dihalalkan asal dapat untung dan segala kenikmatan.
Dunia makin ruwet, kacau, kejam dan rusak oleh occultisme. Orang2 jahat kalau penuh dengan roh setan, mereka menjadi makin lihai dan jahat dan mendapat kuasa gelap dari setan.
Setiap hari ada orang yang digendam, ATMnya dibobol, perhiasannya digunduli dsb.
Masih ada orang KTK (Kristen Tanpa Kristus) yang mengakui kena kejahatan ini. Sebetulnya orang Kristen yang percaya, yang selalu tinggal di dalam Kristus dipimpin Roh Rom 8:14 tidak bisa kena sebab orang Kristen percaya,punya kuasa mengusir setan. Mrk 16:17, Luk 10:19, apalagi kalau penuh dan dipimpin Roh, pasti tidak bisadikalahkan orang2 yang hidup dalam roh setan. Sebab Dia yang ada di dalam kita lebih besar dari semua yang ada di dalam dunia ini 1Yoh 4:4; 5:4. Hadapi mereka dengan selalu penuh dan dipimpin Roh, penuh dengan hikmat, kuasa, karunia2, buah Roh dan terus hidup dalam sejahtera dan kebenaran Tuhan Rom 14:17, supaya kita bisa menangani problem2 dan kesulitan yang kita hadapi.Orang yang berdosa dan kejahatan dengan kuasa setan, itu dosa tingkat 2. Ada tiga tingkat dosa manusia.
Tingkat 1 adalah dosa manusiawi. Ini tingkatan semua orang berdosa.
Tingkat 2 adalah dosa dalam roh setan, ini jauh lebih jahat, lihai dan lebih kejam dari dosa tingkat manusiawi.
Tingkat 3 adalah tingkatan dosa yang sempurna. Apa dosa sempurna itu? Inilah dosa seperti iblis, yaitu sekalipun sudah melihat, mengenal dan percaya akan Allah, sampai menggelar ketakutan, tetapi ia tetap melawan Allah, tetap berdosa dan tidak mau bertobat Yak 2:19.
 
Mereka begitu jahat menyiksa, memperkosa dan membunuh manusia tanpa perasaan hati atau peri kemanusiaan. Betul2 manusia yang dikuasai setan itu perasaan rusak, sangat kejam dan keji. Kita sudah sering mendengar macam2 berita kejahatan di seluruh dunia dan bahkan mereka terusmenang dan jaya. Banyak orang sudah mengerti, kalau seorang dirasuk setan2, maka kekuatan, kelihaian, kekejamannya itu ber-lipat2 kali ganda.
3. Malapetaka. Semua celaka dan malapetaka disebabkan karena dosa (yangmeningkat). Mulai dari waktu Adam dan Hawa berdosa, langsung bumipun terkutuk dan muncul segala macam celaka dan malapetaka, timbul banyak kesulitan dalam nafkah, pekerjaan, bahkan dalam semua segi hidup.
Kej 3:17-19
17 Lalu firman Allah kepada Adam: Bahwa sebab telah engkau mendengar akan kata binimu serta sudah makan buah pohon, yang telah Kupesan kepadamu jangan engkau makan dia, maka terkutuklah bumi itu karena sebab engkau, (karena dosa2mu), maka dengan kesusahan engkau akan makan hasilnya seumur hidupmu.
18 Maka bumi itu akan menumbuhkan bagimu duri dan onak, dan sayur-sayuran di ladang akan menjadi makananmu.
19 Maka dengan berpeluh mukamu engkau akan makan rezekimu sehingga engkau kembali pula kepada tanah, karena dari padanya engkau telah diambil; bahwa abulah adamu, maka kepada abupun engkau akan kembali juga. (TL)
Hujan saja yang tidak ber-henti2 makan korban banyak; suhu udara naik sampai 50 derajat Celcius di India sampai hari ini sudah lebih dari 2000 orang mati, belum lagi tanah longsor, gempa, gunung meletus, tsunami, cuaca yang berubah, angin dll. Ini menimbulkan banyak kerugian dan kekacauan ekonomi. Belum lagi kekacauan politik, ideologi liar, peperangan, nuklir, kebencian, ketegangan antar negara, antar etnis dll dosa. Tetapi jangan takut, tetap berjalan dengan Tuhan, terus penuh dan dipimpin Roh, Tuhan sanggup menolong kita.
4. Antikris. Sekarang sudah banyak Antikris dan roh2 Antikris yang berkeliaran.
1Yoh 2:18
Remaja-remaja, sekarang adalah jam-jam terakhir, dan seperti yang sudah kamu dengar bahwa Antikristus akan datang, bahkan sekarang sudah ada banyak antikristus; dengan demikian kita mengetahui bahwa inilah jam-jam terakhir. (KJI)
1Yoh 4:3
Dan setiap roh yang tidak mengaku bahwa Yesus Kristus telah datang di dalam daging, itu bukan dari Allah, dan inilah roh Antikristus itu, yang telah kamu dengar bahwa ia akan datang dan sekarang ini sudah ada di dalam dunia. (KJI)
Sebab itu muncul macam2 orang yang sangat jahat, sebab ini orang2 yang penuh dengan roh2 setan, dosa tingkat II (lihat 2.occultisme di atas). Antikris itu adalah orang yang sangat jahat yang diisi roh2 yang sangat jahat, sehingga perbuatan jahatnya luar biasa, istimewa melawan Kristus dan orang2nya (lihatlah lebih lengkap dalam buku Antikris).
Antikris yang sesungguhnya belum muncul (yaitu 4 Antikris yang dinubuatkan dalam Dan 7; Tetapi roh Antikris sudah muncul di mana2, di dalam orang2 yang jahat2. Yang sudah muncul, yang mirip Antikris ini baru “Antikris mini” (inilah dosa tingkat II). Roh2 Antikris yang sudah keluar, sudah merasuk mereka. Ini membuat banyak kekacauan, keributan. Antikris yang sesungguhnya adalah orang yang begitu jahat, orang2 yang sempurna dalam dosa. Yang dirasuk roh2 Antikris sehingga menjadi seperti binatang2 yang dinubuatkan Dan 7. Roh2 yang sangat jahat ini boleh beredar dalam dunia, sebab melawan, tidak taat pada Allah, malaikat2 dan orang2 beriman) sebab itu dimasukkan dalam penjara2 iblis (seperti Abusos, Tartaro dll). Roh2 yang sangat jahat ini dahulu ada, sekarang tidak ada (sebab ditangkap dan dipenjarakan karena terlalu jahat dan melawan peraturan2 Allah), tetapi kemudian dilepas, sehingga akan ada lagi dan masuk dalam Antikris2 yang dahsyat ini.
Jadi Antikris yang muncul terakhir (seperti nubuatan Daniel) adalah orang2 yang sangat jahat tetapi lihai dan mahir dusta dan pura2, orang yang sempurna dalam dosa dan penuh dengan roh2 setan, yang sangat jahat.
Memang Minggu ke-70 Daniel yang hebat itu dikuasai 4 macam binatang Antikris Dan 7, tetapi contoh dan “Antikris mini” sekarang makin ber-tambah2 di mana2 yang khusus melawan Kristus dan orang2nya. Mereka mempunyai banyak kekuatan manusiawi dan kuasa gelap (roh2 Antikris) dan menghalalkan segala cara. Orang yang mengakui percaya pada Kristus dapat ekstra lebih banyak kesukaran, apalagi Kristen tanpa Kristus. Tetapi kalau ada Kristus, kita tidak perlu takut, Kristus bisa menjaga kita 100% aman, terpelihara dan pasti menang. Tetapi Kristen tanpa Kristus ini menjadi korban yang membuat ketakutan semua orang, lebih2 bagi orang Kristen yang tidak mengerti dan yang mengandalkan kekuatannya sendiri.Korban2 ini sudah berjatuhan di seluruh dunia. Dahulu kita berpikir malapetaka dan korban2 itu masih jauh, tetapi ternyata segala kejahatan itu sudah sampai di seluruh dunia, bahkan korban itu sudah ada di sebelah kita, ribuan orang jatuh di kiri kita dan puluhan ribu di kanan.
Maz 91:7
Seribu orang akan jatuh pada sisi-Mu, dan selaksa orang pada kanan-Mu, maka kepada-Mu tiada ia itu akan sampai.
Tetapi yang mengerti dan hidup dipimpin Roh tidak perlu kuatir atau takut, sekalipun celaka itu sudah di sebelah kita. Tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran serta terus diisi dengan 7 Kebutuhan Pokok Rohani, itu sangat penting bahkan mutlak. Jangan putus asa, sebab di belakang semua ada Tuhan Yesus Kristus, Allah yang maha kuasa, asal kita ada di dalam Dia dan Dia di dalam kita, sebab banyak bersekutu dalamPerjamuan Suci dengan betul.
Yoh 6:56-57
56 Barangsiapa yang makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku, dan Aku tinggal di dalam dia.
57 Sebagaimana Bapa yang hidup itu telah mengutus Aku, dan Aku hidup oleh Bapa, demikian juga barang siapa yang makan Aku, ia pun akan hidup oleh Aku. (KJI)
Pengangkatan itu akan terjadi di sekitar meja Perjamuan Suci Luk 17:34-37 danAntikris (Yudas) juga ikut minum Perjamuan Suci! (Yudas itulah Antikris yang pertama).
Perjamuan Suci, itu bukan hanya berkat, tetapi berkat atau kutuk 1Kor 11:29-30). Orang yang bersekutu dengan Kristus dengan betul, persekutuan yang baik, menjadi satu 1Kor 6:17 sehingga dikuatkan dan tumbuh terus, makin suci makin indah, meningkat dalam polarisasi Wah 22:11.
Tetapi orang2 yang berani minum dengan pura2 atau dengan dosa, itu justru makin tumbuh dalam dosa2nya seperti Yudas, sehingga iblis masuk di dalamnya dan Yudas jadi nekad berbuat jahat karena cinta uang, tanpa perasaan menyerahkan Tuhan Yesus dengan 1 ciuman. Begitu keji, dan perasaan hatinyapun sudah mati Luk 22:4. Begitu juga orang2 yang makan Perjamuan Suci dengan salah, mereka akankeluar dari antara kita dan menjadi Antikris dan kaki tangannya.
III. CARA MENGHADAPI SEGALA MACAM KESUKARAN NAFKAH DAN KEUANGAN.
1. Berjalan dengan Allah, taat dipimpin Roh. Mengapa? Allah sanggup menghadapi segala kekacauan yang dahsyat ini dengan mudah dengan hikmat dan kuasaNya yang tidak terhingga. Sebab itu kalau kita berjalan dalam Roh, selalu taat dipimpin Roh, maka kemenangan Tuhan itu juga menjadi bagian kita, tidak lagi kuatir.
Kunci berjalan dalam Roh adalah mau taat dan terus berdoa dalam Roh dan kebenaran. Yoh 4:23-24. Ini cara tehnologi ilahi yang mutakhir. Kita tidak perlu putus asa, Roh Kudus akan bicara kepada kita. Kita bisa mendengar suara Roh seperti Simeon Luk 2:27-35, Samuel 1Sam 16:7,12, Petrus Kis 5:3-4 dst. Orang yang taat dipimpin Roh akan jadi cerdik oleh pimpinan Roh Kudus. Bukan cerdik seperti anak2 iblis tetapi seperti anak2 Allah yaitu cerdik dan tulus seperti Merpati tidak dengan dosa, tidak menghalalkan segala jalan Mat 11:16.
Dengan hikmat, kuasa dan karunia2 Roh Kudus kita bisa menghadapi segala problem dalam dunia ini, jangan takut! Sebab bukan kita tetapi Kristus yang hidup dalam kita Gal 2:20. Juga di dalam
bukan hanya dalam pelayanan. Sebab itu jangan ter-buru2 ambil keputusan atau bertindak, ber-tanya2 Tuhan terus seperti Daud. 1Taw 16:11. Jangan duel, nanti dimakan “yang kuat”, tetapi seperti kelinci, lari masuk dalam gunung batu yang kokoh dan tinggal dalam pimpinan Roh. Lebih baik lagi kalau kita terus berdoa tanpa stop dalam Roh dan kebenaran. 1Tes 5:17, Ef 6:18, Jd 20, maka hubungan kita dengan Tuhan terpelihara dengan baik, itu sangat penting, sebab hubungan baik dengan Tuhan, lekat dengan Tuhan, itu menjadi sumber kemenangan Tuhan bagi kita. Tanpa Tuhan kita tidak bisa hidup dalam akhir zaman ini, lebih2 dalam Minggu ke-70 Daniel, langsung hanyut dalam arus dosa dan kuasa iblis dan orang2 lain atauAntikris2 itu. Tetapi dengan Tuhan kita justru berkemenangan, bahkan mengalami masa keemasan Gereja yang luar biasa.
Memang dalam Minggu ke-70 Daniel itu keadaan orang Kristen sudah terpolarisasi, dalam kesucian penuh dipimpin Roh atau di-injak2 Antikris yang buas dan ganas dalam dosa (meskipun ini baru “Antikris mini”, belum penuh seperti dalam zaman Antikris Wah 11:2.
Intinya atau kesimpulannya, tanpa Kristus kita tidak bisa dan tidak akan kuat menghadapi problem dan kejahatan yang begitu dahsyat dan global. Orang beriman yang hanya memakai kekuatannya sendiri (Kristen Halaman) pasti diseret dan dihabiskan oleh dosa dan kejahatan dari orang2 jahat dan kuat itu. Begitu juga dalam nafkah dan keuangan. Tetapi dengan Tuhan, umat Tuhan dan Gereja tetap akan mendapatkan nafkah cukup, bahkan dalam Minggu ke-70 Daniel akan ada kelimpahan dalam tubuh Kristus dan mereka hidup bersama seperti dalam Hujan awal Kis 2:44-45. Jangan kuatir, tetapi mutlak perlu hidup dipimpin Roh.
2. Hidup sesuai Firman Tuhan. Peraturan2 tentangberkat jasmani dalam Firman Tuhan tetap harus dipegang, misalnya:
2.1. Tabur tuai 2Kor 9:6-8. Orang yang menabur sedikit2, juga akan menuai sedikit2, ini nasib orang kikir ini, apalagi kikir kepada Tuhan dan pada saudara2nya.
Kalau kita menabur banyak dengan betul dan karena cinta Tuhan, kita juga akan menuai banyak. Tetapi perhatikan, jangan menaburkarena cinta uang. Ini penaburan yang salah!
Beberapa orang menabur se-banyak2nya dengan maksud supaya menuai se-banyak2nya karena cinta uang. Ini seperti orang mancing. Beri umpan gurami, mengharapkan ikan paus, menuai 100x.
Ber-lomba2 menabur sebab cinta uang, bisa kecewa bahkan bisa ber-sungut2 dan marah.
Tetapi yang menabur karena cinta Tuhan, itu yang berkenan kepada Tuhan. Karena cinta berarti ia tidak mengharap kembali sebab ini suatu pengorbanan. Sebab itu kalaupun tidak dapat apa2 tetap bersukacita (bandingkan dengan memberi pada anak atau kekasih karena cinta, bukan memancing. Meskipun tidak dapat balasan apa2, tetapi sukacita dan puas, sebab sudah bisa memberi, menyenangkan orang yang dikasihinya. Tetapi justru pemberian yang betul (karena cinta) akan mendapat penuaian yang limpah, meskipun mungkin tidak langsung, mungkin masihmenunggu lama seperti Yusuf, tetapi ia bisa tahan sebab rela korban karena cinta. Tuhan pasti memelihara orang yang cinta Tuhan, tetapi bukan yang cinta uang (mancing). Orang yang cinta uang itu menjadi sumber banyak dosa, sehingga limpah dengan pikiran dan perbuatandosa (cinta uang itu akarnya segala dosa 1Tim 6:9-10). Tetapi orang yang cinta Tuhan, cinta Firman Tuhan, mau berkorban, mau salib, bisa tetap hidup dalam kesucian. Dengan kata lain orang yang menabur dalam kesucian bisa tekunmenunggu dalam kesucian dan Tuhan pasti memeliharanya dan memberi penuaian yang limpah. (Penuaian itu selalu limpah; tidak mungkin menanam satu biji lalu pohonnya menghasilkan juga hanya satu biji tetapi be-ratus2 bahkan be-ribu2 kali lebih banyak dan muncul setiap musim..
2.2. Jangan menabur dalam dosa, misalnya bekerja, invest dalam hal2 yang tidak halal, karena toh sudah tabur kepada Tuhan, maka ia berpikir pasti menuai dengan jalan dan cara apapun, bahkan sekalipun ngawur akan tetap menuai, tidak! Orang Israel menabur persembahan emas untuk membuat lembu emas, tidak menuai, tetapi justru dihukumdan yang mati 3000 orang Kel 32:2-4,28. Pengorbanan mereka sia2 sebab cinta berhala. Juga waktu mereka korban untuk berperang, mereka berani berkorban untuk perang, tetapi merekaberperang menurut kehendaknya sendiri, Tuhan tidak berkenan, sehingga .pa
Jangan campur korban dengan dosa dan percintaan uang (ini sumbernya banyak dosa),bisa kecewa bahkan bisa menghojat seperti istri Ayub; juga bisa undur karena tidak untung tetapi buntung sebab tidak dapat berkat tetapi malah jadi celaka sebab menyembah berhala mammon atau cinta uang.
PERPULUHAN.Perpuluhan juga termasuk penaburan.
Mal 3:10
Bawalah olehmu akan segala perpuluhanmu ke dalam perbendaharaan rumah-Ku, supaya adalah makanan dalam rumah-Ku; dan cobailah akan Daku dengan demikian, kalau-kalau tiada Aku membukai akan kamu segala pintu langit dan mencurahkan kepadamu berkat yang tiada sempat kamu taruh; demikianlah firman Tuhan serwa sekalian alam! (TL)
Mengapa kita mempersembahkan perpuluhan?
1. Mengerti dan bersyukur.
Perpuluhan ini sudah dilaksanakan sebelum ada perintah, sebelum ada Taurat. Ini adalah suatu ungkapan syukur dari orang2 yang merasa ditolong Tuhan. Misalnya Abraham.
Ibr 7:6
Tetapi Melkisedek yang silsilahnya tidak termasuk dari mereka, telah menerima persepuluhan dari Abraham, dan memberkati dia yang mempunyai janji-janji itu. (KJI) (Kej 19:18-20).
Meskipun tidak disuruh, tidak diharuskan, tidak diperintahkan, Abraham yang mengerti bahwa keselamatan dan kemenangan itu semua se-mata2 dari Tuhan, sebab itu merasa penuh syukur kepada Tuhan, sebab itu iamemberi persembahan perpuluhan kepada Tuhan yaitu Melkisedek yang adalah Tuhan Yesus sendiri (Ibr 7:2-6). Jadi, meskipun tidak disuruh, tidak diharuskan, tidak diperintahkan, Abraham yang tahu bahwa semua yang didapatnya itu dari Tuhan, dengan pertolongan Tuhan (kalau Tuhan tidak menolongnya ia tidak mungkin mendapatkannya) maka dengan penuh syukur ia mengembalikan seper sepuluhnya kepada Tuhan.Begitu juga sampai sekarang orang yang mengerti bahwa semua yang ada padanya itu dari Tuhan dan setiap kali Tuhan terus menumbuhkannya 1Kor 4:7, maka ia dengan rasa penuh syukur seperti
braham mempersembahkan perpuluhannya kembali kepada tuhan.
2. Dalam Taurat. Hal ini disusun dan dibuat menjadi peraturan perpuluhan. Supaya orang yang tidak mengerti, belajar kebenaran ini (semua berasal dari Tuhan) supaya ia mulai mengerti dan kemudian mengakuinya dengan cara mengembalikan perpuluhannya kepada Tuhan. Di Gereja yang dilayani penuh, semua cara2 pelayanan yang baik itu dibuat menjadi suatu pedoman dan peraturan (prap) dan diajarkan pada semua pelayan Tuhan yang lain, supaya semua mempunyai pengertian, kesadaran dan pengertian yang sama baiknya. Misalnya ada seorang pelayan Tuhan yang karena satu hal ia terpaksa tidak bisa melayani pada satu bagian pelayanan, ???, segera ia tahu dan sudah pasti ia tidak bisa melayani, ia langsung menghubungi kepala bagiannya dan meminta maaf, maka kepala bagiannya masih sempat mencari penggantinay jauh2 hari, sebab pelayan Tuhan ini sudah mengatakannya 1 bulan lebih dahulu. Hal ini kemduian diubah menjadi suatu prap dalam bagian tsb, sebba masih ada pelayanan Tuhan yang tidak bertanggungjawab, waktu pelayanan ia tidak hadir dan cukup mengacaukan pelayanan waktu itu. Supaya tertib dan semua pelayan Tuhan belajar tertib, taat dan bertanggungjawab, hal ini dibuatkan menjadi peraturan dan semua pelayan Tuhan harus mempelajari sampai mengerti dan tidak ada lagi pelayan Tuhan yang meremehkan tugasnya dan tahu bertanggungjawab.
*) Untuk lebih lengkap dan jelasnya bacalah buku penulis yaitu : “Penafsiran Wasiat Lama dan Wasiat Baru”.
Begitu juga pemulihan ini yang sudah dimulai oleh Abraham dengan pertolongan Roh Kudus (sebab mengerti dan penuh syukur) lalu dijadikan peraturan dalam Taurat, semua orang Israel jadi benar dan diberkati Tuhan.Jadi sesungguhnya perpuluhan ini adalah suatu pengertian, pengakuan dan suatu syukur orang2 yang cinta Tuhan. Kalau toh ini dianggap kebenaran Wasiat Lama (peraturan Taurat), ini harus ditaati, baik2 dengan cara yang betul yaitu menurut:
2Kor 3:14
Tetapi pikiran mereka telah dibutakan, karena sampai hari ini selubung yang sama itu masih ada, belum disingkapkan pada waktu membaca wasiat lama, karena selubung itu dilenyapkan di dalam Kristus. (KJI)
Rumusnya WL-selubung=WB*.
Kalau Wasiat Lama (Taurat) dibuka selubungnya, maka didapatkan arti yang sebenarnya dari ayat2 Wasiat Lama itu. Selubungnya itu akan bisa dibuka di dalam Kristus, artinya di dalam pengurapan Roh Kudus (yang memang membawa kita pada segala kebenaran Allah Yoh 16:13). Sebab itu berdoalah dalam Roh dan hidup benar, atau bersekutu dalam Roh, maka Roh Kudus yang mengurapi kita akan membukakan selubungnya sehingga kita bisa mengerti artinya. Misalnya dalam Taurat orang yang berdosa harus mengorbankan domba, itu berarti pengampunan oleh darah Yesus, berdasar Yoh 1:29, bahwa Tuhan Yesus yang di salibkan itulah Anak domba Allah.
Ragi yang tidak boleh dimakan dalam Kel 13:7 itu adalah ragi dosa dalam 1Kor 5:78. Membunuh musuh2 orang kafir dalam Bil 33:55, itulah membunuh segala macam kekafiran atau keduniawian yang berdosa Kol 3:5. Begitu seterusnya.
Arti kebenaran2 Wasiat Lama untuk kita sekarang dalam Wasiat Baru menjadi:
a. Berubah sama sekali misalnya korban dengan potong binatang, dengan dupa (itu doa dalam Roh dan kebenaran Wah 5:8, Yoh 4:23-24) dll, semua diganti baru.
b. Tidak berubah sama sekali, misalnya mencintai Tuhan, taat akan Firman Tuhan, penuh dengan Roh Kudus dll.
c. Berubah sebagian, sesuai dengan rencana Allah, misalnya pernikahan poligami dalam Wasiat Lama harus disesuaikan kembali dengan yang betul, yang asli yaitu monogami.
Mat 19:8
Maka Ia berkata kepada mereka: “Oleh sebab kekerasan hatimu, Musa membiarkan kamu menceraikana istrimu, tetapi dari permulaannya tidaklah demikian. (KJI)
Dalam Wasiat Lama masih ada sedikit orang yang mengerti dan taat akan yang asli, misalnya Ayub, Yusuf, Musa yang nikahnya cocok dengan yang betul dan asli dll).
3. Dalam Wasiat Lama orang Israel harus memegang perhentian pada hari Sabat, hari Sabtu, tetapi selama kita berjalan dalam Roh, kita masuk dalam perhentian Roh Kudus terus menerus Ibr 4:10-11.Begitu juga perpuluhan ini berubah sebagian (dalam Wasiat Baru masih ditulis 9x), yaitu karena cinta, mengerti, penuh syukur, maka makin ditingkatkan sehingga dalam Minggu ke-70 Daniel (dalam Gereja hujan Akhir, Gereja akhir zaman) menjadi 100% milik Tuhan dan dipakai ber-sama2 dalam Hujan akhir. (Hal ini sekarang belum bisa dilakukan, kita menunggu Hujan akhir dimana ketertiban dalam Gereja sudah cukup meningkat 2Kor 10:6, setiap salah dihukumkan dengan tegas dan keras, seperti salah Ananias dan Safira yang relatif kecil, mendapat hukuman mati di tempat seketika, sehingga meskipun banyak uang dikumpulkan dalam Gereja hujan Akhir, tidak ada 1 orangpun berani mengambil dengan salah, bisa langsung mati di tempat). Gereja sekarang masih punya ucapan syukur kepada Tuhan dan mengembalikan perpuluhan dari berkat Tuhan, sebagai tanda bahwa ia mengakui semua dari Tuhan dan bersyukur dan itu menjadi ukuran atau patokan terendah, yang tetap kita lakukan (ada yang mulai memberi lebih dari 10%) sampai dalam Gereja akhir zaman (3,5 tahun sebelum pengangkatan) dimana seluruh milik orang beriman diserahkan, bukan lagi 10% tetapi 100% dan semua berjalan dengan baik, sebab ada hukum dan ketertiban yang keras, ada pelayanan orang sempurna yang lebih dari Petrus (Kis 5:1-11) sehingga semua bisa berjalan dengan baik dan tertib. Orang yang memberi perpuluhan atau jumlah yang lebih besar lagi (karena cinta Tuhan), pasti akan juga menuai lebih banyak lagi meskipun kadang2 tidak langsung.
2.3. Mencari kerajaan Surga dan kebenaranNya lebih dahulu Mat 6:33. Kalau kita hidup benar dan mendahulukan mencari kerajaan Surga, yaitumelakukan kehendak Bapa sehingga kerajaan Surga ada dalam hati dan hidup kita (Kristus menjadi raja yang ditaati), maka segala yang kita butuhkan akan ditambahkan pada kita seperti Yusuf. Tuhan sanggup menambahkan berapa saja dengan mudah sesuai dengan kemampuan kita yaitu bisa jadi buah2 yang memperkenankan Tuhan (bukan kalau ditambah banyak berkatnya menjadi tambah banyak dosanya). Ingat perlu kerendahan hati seperti Yusuf dan tidak bereaksi dosa, sehingga sekalipun ia diangkat tinggi2 hidup selalu memperkenankan Tuhan. Juga menang dari dosa2 lainnya dan selalu melakukan kehendak Tuhan. Kalau kerajaan Surga selalu ada dalam hatinya dan hidup benar, maka Tuhan sanggup menambahinya tanpa batas hanya dibatasi oleh kemampuan kita.
2.4. Memberi dengan tulus, tidak harap puji. Selain jangan mancing tetapi memberi dengan cinta sehingga mau berkorban, juga jangan harap pujian, sebab kalau ini terjadi, tidak ada pahalanya sama sekali dari Tuhan, baik di dunia atau di Surga.
Mat 6:1-4
1. Perhatikanlah: Jangan kamu memberi sedekahmu di hadapan orang supaya kelihatan oleh mereka; karena jikalau demikian, kamu tidak mendapat pahala dari Bapamu yang di Sorga.
2 Sebab itu, apabila kamu memberi sedekah, janganlah membunyikan terompet di hadapanmu, seperti yang diperbuat oleh orang-orang munafik di dalam sinagoga dan di jalan-jalan, supaya mereka mendapat kemuliaan manusia. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, mereka sudah mendapatkan pahalanya.
3 Tetapi apabila engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu,
4 supaya sedekahmu itu tersembunyic maka Bapamu yang melihat hal-hal yang tersembunyi, Dialah yang akan membalas kepadamu dengan terbuka. (KJI)
(anugerah ini) ??? (the meriful deeds of you, TL: ibadah).
Banyak orang membunyikan terompet (diumumkan secara langsung atau tidak langsung), supaya dihargai dan dipuji) etapi justru karena ini tidak ada pahalanya. Ini kesalahan kecil tetapi akibatnya semua menjadi kosong dan sia2, sebab itu perhatikan baik2, apa yang diperbuat tangan kanan, jangan diketahui tangan kiri!
2.5. Dipelihara seperti burung dan bunga bakung Mat 6:26-28. Kita harus punya iman dan akanjadi seperti iman kita. Mat 8:13. Tentu bukan hanya iman, kalau hidup tidak benar, hanya dapat mujizat dan berkat, tetapi hidup dalam dosa akhirnya ditolak Tuhan Mat 7:21-23. Orang yang punya iman untuk hal2 jasmani, juga harus memakai imannya untuk bisa taat akan Firman Tuhan dalam segala segi hidupsehingga bisa hidup suci dan memperkenankan Tuhan. Jangan hanya mengambil sepotong Firman Tuhan dan mengabaikan yang lain, sebab itu kita harus belajar dan mengerti seluruh kebenaran Firman Tuhan Kis 20:20,27 supaya seluruh segi hidup kita disucikan, 1Pet 1:15-16.
3. Persekutuan tubuh Kristus. Kita perlu memperhatikan persekutuan tubuh Kristus, sebab dengan saling tolong menolong dengan tulus kita mempunyai kekuatan lebih besar untuk menghadapi dunia yang jahat ini. Im 26:8. Persekutuan tubuh Kristus sekarang ini campuran, yaitu persekutuan Halaman (persekutuan orang yang mengaku percaya pada Tuhan Yesus) dan Ruang Suci (persekutuan dalam Roh, dipimpin Roh). Satu kali orang2 yang tidak mau meningkat akan di-injak2 Antikris, yaitu orang2 yang tetap di Halaman. Wah 11:2. sebab itu pada akhir zaman di dalam Gereja yang betul, hanya tersisa persekutuan tubuh Kristus dalam Roh, dalam Roh Kudus, saling menasehati, mendoakan dan pelayanan dalam Roh.
Beberapa orang (yang bodoh)menyesal akan persekutuan dalam Gereja sebab mereka bertemu dan dekat dengan orang2 yang tidak bertobat, sehingga mereka tidak ditolong justru dimakan habis2an. Sebab itu mereka tidak mau kerjasama dalam hal pekerjaan dan keuangan, sebab seringkali hasilnya lebih jelek daripada dengan orang dunia yang “baik”. Mengapa? Sebab tidak tertib!
Dalam kerjasama orang2 beriman tentang hal2 uang atau hal2 jasmani lain, kita harus tetap bekerjasama dengan jujur. Dalam hal2 bisnis tetap ada peraturan2 dan pengaman2 bisnis yang biasa. Jangan diganti dengan hanya percaya, kecuali kalau sudah masuk dalam tingkatketertiban yang tinggi (hukum yang keras) dalam Gereja yaitu dalam Minggu ke-70 Daniel 2Kor 10:6. Misalnya Firman Tuhan mengingatkan kita supaya jangan menanggung orang Ams 11:15; 6:1-2; 17:18; 20:16; 22:26; 27:13, Rom 13:8, 2Tes 3:10. Begitu banyak ayat2 peringatan supaya jangan menanggung orang, termasuk juga orang Kristen meskipun se-Gereja. Harus tertib, ada surat bukti dan dasar yang benar seperti syarat bisnis pada umumnya. Orang dunia tidak segan, sebab menurut mereka, lebih baik berkelahi di depan daripada di belakang, yang biasanya menjadi sangat jahat, kejam (beri contoh). Orang yang jujur tidak akan tersinggung kalau diajak membuat perjanjian ke notaris atau dengan syarat2 yang terbuka jelas dan benar. Jangan bekerjasama dengan orang yang (nyata2) punya maksud jahat juga dengan orang2 yang tersinggung kalau diberi syarat2 pencegahan untuk penyelewengan. Tetapi saling menasehati dengan jujur, lebih2 dengan pelayanan dalam Roh sangat menolong. Kalau ada karunia2 Roh, harus selalu cocok dengan Firman Tuhan ada peneguhan, jangan sampai dari pikiran atau daging, akan kacau, ribut dan celaka.
IV. DOA MEMUNCAK DI SELURUH DUNIA.
Setiap negara mempunyai peraturan dan cara2 yang berbeda. Beberapa orang karena kesukaran keuangan lari ke luar negeri atau tempat yang lebih baik dan menguntungkan. Memang masih ada perbedaan kejujuran dalam setiap tempat, tetapi peningkatan dosa itu akan menjadi global, sampai di seluruh dunia. Juga Antikris dan iblis berada di seluruh dunia. Sebab itu jalan lepas bukan mencari daerah yang cocok (kecuali hanya untuk sementara ini), sebab iblis, Antikris dan orang2 jahat akan merata ada dan bekerjadi seluruh dunia. Sebab itu orang beriman harus menghadapinya dengan cara yang betul dan satu2nya cara adalah dengan Tuhan, kita di dalam Dia dan Dia di dalam kita Yoh 6:56, 1Yoh 4:14, melekat jadi satu 1Kor 6:17, Yoh 15:1-8. Kalau kita tidak mau ber-siap2 seperti ini, kita tidak akan tahan dalam Minggu ke-70 Daniel bahkan mulai sekarang. Belajar mahir berjalan dengan Tuhan (harus bisa mendengar suara Roh dan taat. Kalau ragu2, minta peneguhan seperti Gideon). Jangan cinta uang, jangan lupa belajar berpada, artinya bisa miskin bisa kaya, tetapi tetap setia seperti Ayub. Pil 4:11-13, 1Tim 6:8. Jangan ingin kaya Ams 28:22, itu sumbernya segala macam dosa, tetapi berpada dan hidup dengan Kristus.
V. POLARISASI DALAM KEUANGAN.
Pada akhir zaman yaitu dalam masa hukuman Gereja 1Pet 4:7 akan ada dua trend dalam bidang keuangan berdasar adanya cinta uang dalam hatinya atau tidak. Orang yang ada cinta uang, itu berarti iblis punya apa2 di dalam hatinya.
Yoh 14:30
Aku tidak akan lagi berkata-kata banyak dengan kamu, sebab penguasa dunia ini datang, dan ia tidak mempunyai apa-apa di dalam-Ku. (KJI)
Kalau ada dosa atau percintaan dosa, istimewa cinta akan uang, maka iblis bisa menarik, merekrut orang itu seperti Yudas direkrut dan diolah oleh iblis sampai menjadi Antikris pertama. Di akhir zaman, pada waktu ini terjadi, juga timbul polarisasi dosa dan kesucian sesuai dengan Wah 22:11 yang menghasilkan zaman ekstrem yaitu:
1. Meningkat dalam dosa. Ini terjadi dalam segala dosa, istimewa yang cinta uang akan terus ber-tambah2 dalam dosa. Karena cinta uang dan terus keras hati dalam dosa + keinginannya, mereka menghalalkan segala cara, asal dapat uang. Karena cinta uang, iblis bisa bekerja di dalam Yudas, sehingga mengakibatkan bukan saja undur dari Tuhan tetapi juga mengkhianati dan melawan Kristus dan umatNya, jadi Antikris. Antikris yang menguasai dunia berasal dari orang yang percaya yang undur. 1Yoh 2:19.
b. Meningkat dalam kesucian, sehingga menjadi makin suci dan taat dipimpin Roh. Hari2 akhir zaman ini adalah masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:1-7, ini adalah masa ujian yang berat dan harus lulus dalam ujian bisa kaya, bisa miskinseperti Ayub, istimewa untuk menjadi sempurna; Waktu Ayub jadi miskin ia tetap setia, taat danmemuji Tuhan dan sesudah lulus, ia kemudian kembali menjadi kaya, tetapi istri Ayub tidak tahan dan menghojat Tuhan.
Dalam polarisasi orang2 yang cinta uang, akan terus ber-tambah2 dosanya (1Tim 6:9-10) dan kemudian kena cap Antikris yaitu diisi dengan roh mammon bahkan ada yang menjadi Antikris seperti Yudas.
Jangan takut jadi kaya atau miskin, kita tidak akan mati kelaparan tetapi tetap cukup, lebih2 dalam Minggu ke-70 Daniel akan ada cukup untuk segala kebutuhan jasmani dan rohani, sampai rohaninya tumbuh menjadi sempurna!
Sebab itu mulai sekarang, buang semua percintaan akan uang, berpada 1Tim 6:8 dan pakai dunia seperti tidak memakai. 1Kor 7:31.
Sekalipun ada umat Tuhan yang kaya, tetap berpada, baik kaya, baik miskin Pil 4:11, jangan cinta uang, jangan lekat dengan harta, kemewahan dan duniawi, tetapi cinta Tuhan, lekat pada Tuhan sehingga bisa berpada dan bisa memakai dunia seperti tidak memakai. Kita harus bisa berpada, bisa miskin, bisa kaya, tidak harus terus kaya, apalagi dalam masa2 yang sulit (masa penghukuman rumah Allah, Minggu ke-70 Daniel, baptisan api yaitu ujian akhir bersama seluruh dunia. Yang ada apa2 dari iblis Yoh 14:30 (dosa dan keinginannya, istimewa cinta uang) akan jatuh dan hanyut dalam rencana iblis bukan ikut dalam rencana Allah. Belajar dengan sikap seperti ini menghadapi segala kesukaran nafkah dan keuangan. Jangan menghojat Tuhan karena uang hilang, apalagi karena salah sendiri, nanti binasa.
Ada ayat2 khusus dalam Firman Tuhan sebagai pegangan dalam zaman Hujan akhir ini, Gereja akhir zaman; ayat2 ini sampai sekarang seperti tidak atau belum ada artinya bagi kita yaitu mat 19:21, 1Kor 5:51, Yoh 1:52 dll.
Ini semua pesan2 khusus, yang dianggap terlalu sulit atau tidak mungkin untuk zaman sekarang. Misalnya:
1. 1Kor 15:51. Ini rahasia yang dahulu belum dimengerti. Tidak ada orang Kristen yang tidak mati sampai sekarang, sehingga ayat ini tidak dimengerti, memang ini suatu rahasia.
2. Yoh 1:51. Kita juga belum mau penggenapan ayat ini biarpun sedikit. Ini pelayanan orang sempurna langsung dari tahta Allah yang belum pernah terjadi sampai sekarang.
3. Mat 19;21
Yesus berkata kepadanya: “Jikalau engkau hendak menjadi sempurna, pergilah, juallah apa yang kau miliki dan berikanlah kepada orang miskin, maka kamu akan beroleh harta di sorga; kemudian datanglah mengikut Aku.” (KJI)
Hampir semua orang Kristen menganggap bahwa ayat ini tidak perlu dilakukan atau belum (atau tidak mungkin) bisa dilakukan, se-olah2 terlalu ekstrem. Memang ini suatu rahasia yang belum bisa dimengerti dalam hari2 yang lalu. Tetapi ini kunci untuk baptisan api (= masa hukuman rumah Allah = Gereja akhir zaman = bisa hujan akhir = Minggu ke-70 Daniel dll). Ini kunci untuk tumbuh sampai sempurna. Jangan lari meninggalkan Tuhan seperti orang muda yang kaya ini. Dalam Minggu ke-70 Daniel, ayat ini akan terbuka, dimengerti dan mulai dikerjakan banyak orang, lebih2 yang terus tumbuh kepada kesempurnaan. Berani mengorbankan semua uangnya (disedekahkan) pada orang miskin (orang2 yang perlu, dalam hidup bersama dalam Hujan akhir) dan ikut Tuhan habis2an tanpa ikatan akan uang, ini salah satu kunci atau cara untuk bisa terus tumbuh dengan cepat kepada kesempurnaan dan justru dengan demikian tidak kekurangan dan bisa tumbuh terus sampai sempurna.
Nyanyian: Beracha no 5
Asal aku punya Engkau o Tuhan
Harta dunia tak berguna buatku
Waktu susah Kau sumber kekuatanku
G’nap jiwaku berharap padaMu.