M3782 – Matius 24:23-28 Kristus Palsu

MATIUS 24:23-28. KRISTUS PALSU.
MAT 24:23. AKAN MUNCUL BEBERAPA KRISTUS PALSU.
Definisi Kristus palsu. Pasti mereka tidak akan berkata saya adalah Kristus, tidak ada orang Kristen yang percaya, sebab itu orang duniapun tidak mau percaya. Lalu siapa Kristus palsu ini? Mereka adalah:
1. Orang2 dari si iblis. Hanya ada dua pihak, Allah atau iblis.
2. Kristus = yang diurapi. Inilah orang Kristen yang kuat penuh pengurapan, terkenal, tetapi lama2 dan pelan2 berbalik seperti Yudas. Gal 3:3-4.
3. Banyak orang disesatkan dan ikut. Karena mula2 betul, banyak orang Kristen yang bodoh, sudah terlanjur percaya dan taat kepadanya, mereka tetap setia mengikutinya. Jadi orang2 ini mula2 berasal dari kita, kemudian berbalik, undur tetapi pelan2, sehingga orang yang tidak mengerti, tetap ikut mereka. 1Yoh 2:19.Mereka berubah dari sepertiKristus jadi Antikris seperti Yudas.
Ini akan sejalan dengan polarisasi Wah 22:11 dan ia bisa menjawab semua pertanyaan2 orang yang ikut dia, dengan alasan yang masuk akal dan hadiah bahkan juga mujizat2, sehingga orang2 Kristen yang bodoh ini dapat dikelabui dan tetap setia mengikut Kristus palsu ini.
Mereka tampaknya Alkitabiah tetapi kebenaran Firman Tuhandiputarbalik dengan pelan dan halus dengan alasan yang bisa diterima 2Pet 3:16.
Dalam hari2 ini, apalagi dalam Minggu ke-70 Daniel, Antikris tidak bisa mengalahkan Gereja yang tumbuh dengan luar biasa dan ajaib Wah 12:1, sebab itu mereka tidak berani menyatakan dirinya terang2an, seperti dalam zaman Antikris sesudah pengangkatan.
Jadi Kristus palsu itu:
1. Dari iblis.
2. Keluar dari antara kita dengan lihay, bahkan dengan banyak mujizat.
3. Banyak orang percaya dan ikut.
Sebab itu kita harus bersedia jauh sebelumnya (Tuhan sudah mengatakan sebelumnya (ayat 25), dengan tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan. 2Pet 3:18 dengan betul dan baik serta selalu penuh dengan Roh dan makin mahir berjalan dalam Roh, dipimpin roh, sebab musuh kita itu iblis dan segala tentaranya. Tetapi kita tidak perlu takut sebab Tuhan jauh lebih besar daripadanya, asal kita tetap dalam kesucian, jangan bereaksi dosa, dan terus menerus dipimpin Roh. Kita akan bisa mengenali setiap Kristus palsu atau Antikris dan bisa mengalahkannya Rom 8:31, 1Yoh 4:4.
MAT 24:24. SANGAT LIHAI DAN MENYESATKAN.
Beberapa KRISTUS PALSU akan timbul dan ini menjadi tanda bahwa kedatangan Tuhan sudah dekat.
Dari dalam: Kristus palsu, tetapi dari luar: Antikris yang berasal dari dalam.
Orang Kristen yang bodoh akan tersesat dan ikut Kristus palsu, tetapi orang dunia ikut Antikris dengan segala kekejian dan kejahatannya. Orang2 yang jahat dan dahsyat di luar Gerejazaman sekarang, bukan Antikris, tetapi mereka ada hubungannya dengan Antikris (bahkan juga dengan Kristus palsu yang akan (sudah) timbul, sebab semua ini bapaknya sama yaitu iblis! Akhirnya mereka akan menjadi satu, lebih2 dalam zaman Antikris sesudah pengangkatan. Mereka semua akan bekerjasama, meskipun seringkali tersembunyi.
Untuk orang yang tidak dipimpin roh, membedakan semuanya ini sangat sulit, tetapi orang2 yang dipimpin Roh, pasti bisa membedakannya, apalagi waktu terjadi polarisasi Wah 22:11.
Kalau ketiga Antikris pertama muncul, mula2 tidak terlalu nyata, orang bingung, apa ini Antikris atau belum. Tetapi dalam 3,5 tahun II sangat jelas, sebab Antikris akan menyatakan dirinya terang2an, juga dalam Gereja, mengakui dirinya Allah. 2Tes 2:4, Mat 24:15.
Kita harus bisa mengenali tanda2nya Kristus palsu ini, antara lain:
1. Terkenal dan orang banyak ikut.
2. Banyak tanda2 dan mujizat terjadi.
3. Ajarannya campuran. Mula2 campurannya sedikit dan sangat halus, seperti betul tetapi sebetulnya menyimpang. Makin lama makin banyak timbul ajaran2 baru dengan variasi2 yang ber-macam2, sehingga dengan mudah diselipkan sedikit demi sedikit ajaran yang menyimpang. Sebab itu kita harus mempunyai patokan standard yang betul supaya jangan ada tipu daya dan penyesatan masuk, yaitu apa yang sudah kita yakini bersama selama ini, harus menjadi patokan Luk 1:1, Rom 16:17, 2Tes 3:6. Ajaran yang lain harus diperiksa ber-sama2 dalam terang Firman Tuhan dan Roh Kudus, dan yang salah harus ditolak ber-sama2.
Hati2 dengan ajaran2 yang keluar dari kebenaran Firman Tuhan, perlu terus dirembuk bersama dalam pimpinan Roh Kudus dan Firman Tuhan, jangan sembunyi2 atau di-tutup2i, nanti kemasukan Kristus palsu! Terus limpah dengan 7 Kebutuhan Pokok Rohani, terus dipimpin Roh dan lakukan kehendak Allah dengan tulus dan suci.
Dalam hujan Akhir Gereja2 yang mau disucikan akan dimurnikan dalam pimpinan Bapa, Roh Kudus dan Firman Tuhan (Wah 12:1).
4. Membiarkan hidup di jalan lebar (ada begitu banyak hal2 duniawi yang netral tetapi bisa mengikat dan membuat jadi suam). Biasanya tidak langsung dengan perkara2 dosa, tetapi langkah2 berikutnya makin lama makin jelas dengan kelimpahan dosa, tetapi semua ada alasannya yang masuk akal.
5. Dari buah2nya dikenal Kristus palsu ini Mat 7:15. Serigala berbulu domba. Mula2 tersembunyi tetapi kemudian segala dosa itu makin terbiasa dalam Gereja Tuhan.
6. Kepribadiannya biasanya menarik, cocok untuk dipuji dan dipuja.
7. Rohnya lain. Kalau kita berjalan dalam Roh, ada karunia2 Roh yang bisa membedakan rohnya dengan tepat dan jelas (Roh Kudus selalu tahu tidak pernah bisa ditipu. Orang yang mahir mendengar suara Roh akan mengenalinya.
NABI2 PALSU. Nabi palsu dikenal dari:
1. Nubuatannya yang tidak sesuai Firman Tuhan Ul 13:1-2.
2. Tidak jadi Ul 18:22.
3. Buahnya, hidup dalam dosa. Mat 7:16.
4. Dengan karunia membedakan roh.
Ada orang2 yang mengatakan bahwa kita semua yang penuh Roh Kudus itu nabi2 Tuhan berdasar Bil 11:29. (Musa ingin semua orang Israel jadi nabi. Ini tidak betul. Ini hanya menunjukkan bahwa Musa itu tidak iri atau cemburu kalau semua orang Israel bernubuat dan menjadi nabi, ia malah senang kalau Israel menjadi rohani) dan 1Kor 14:1 (ini disebut nubuat tetapi bukan tentang hal2 yang akan datang, sebab ini adalahkarunia Roh, yaitu kata2 yang meneguhkan, menasehati dan menghibur 1Kor 14:3), ini bukan berarti jadi nabi, sebab hanya sedikit pemimpin2 yang adalah nabi. Ef 4:11, tidak semua jadi nabi 1Kor 14:29. Orang bernubuat itu tidak selalu nabi tetapi juga bisa karunia2 Roh 1Kor 12:7-11 atau 1Kor 11:4, bahkan menyampaikan Firman Tuhan juga disebut prophecy. Sebab itu kalau kita menyampaikan Firman Tuhan itu harus selalu sesuai dengan apa yang tertulis dalam Alkitab 1Pet 4:10. Orang yang bicara dari dirinya sendiri, bukan dari kebenaran Firman Tuhan itu bukan khotbah yang betul tetapi bicara, thesis, pendapat, pikirannya sendiri dll; hal seperti ini tidak patut disebut menyampaikan Firman Tuhan/ khotbah.
MENGADAKAN TANDA2 YANG BESAR DAN AJAIB.
Orang yang hanya berdasar pada logika (tidak pada pimpinan Roh Kudus dan Firman Tuhan) akan mudah kagum dan ikut kepadanya, bahkan tidak mau dipisahkan lagi. Ingat Kapernaum, Chorasin dan Baisaida limpah dengan mujizat tetapi orang2nya tidak bertobat. Mujizat bukan tanda pasti,tetapi hidup suci, sesuai Firman Tuhan dan rohnya sama 2Kor 11:4; 12:18. (Perhatikan dua utusan Allah yaitu Firman Tuhan dan Roh Kudus dan orang yang dipimpin Roh bisa merasakan Rohnya sama).
Mula2 tanda2 ini asli dari Tuhan Mrk 16:17-18 atau kadang2 ada campuran, sebab iblis dan hamba2nya juga membuat macam2 mujizat palsu. Jangan hanya berpegang pada mujizat tetapi tetap hidup suci, rendah hati, taat dan sesuaiakan segala Firman Tuhan dalam segala segi hidup sehingga tetap memperkenankan Tuhan dan terus taat dipimpin Roh. Jangan mengejar tanda dan mujizat, tetapi percaya dan bertobat. Melihat mujizat itu menarik (seperti sirkus) dan banyak yang suka dan mengejarnya, tetapi yang penting mengejar kesucian, taat akan Firman Tuhan dalam jalan sempit sehingga hidup berkenan pada Tuhan Kol 1:13. Orang2 Israel suka menyaksikan nabi2 Baal dan Hutan dari si Achab yang melakukan mujizat2 dan tanda ajaib menoreh tubuhnya dengan pisau. Semua ini untuk menarik orang2 pilihan yang bisa disesatkan untuk ikut dengan Kristus palsu dan nabi2 palsu ini.
Orang2 pilihan juga bisa tersesat seperti Yosafat tertarik dan bersahabat dengan Achab.
Lebih2 pemimpin2 (sekalipun besar) kalau menyembunyikan dosa dan tetap keras hati (sudah tahu dosa tetap pelayanan seperti Yudas), jatuh di tangan iblis, dijadikan Kristus palsu. Banyak orang tidak mengira/ curiga seperti rasul2 yang lain sama sekali tidak curiga terhadap Yudas Mat 26:22. Begitu banyak Kristus palsu beredar diantara umat Tuhan lebih2 pada akhir zaman ini.
Tidak mudah membedakan tanda2 dan ajaran serta cara hidupnya yang salah, sebab mereka bisa memberi alasan yang masuk akal dan tetap pelayanan bahkan ada mujizat. Sebab itu teruslah bertekun seperti Maria dan Petrus (MaPet)dalam Firman Tuhan dan doa, limpah dengan kebenaran Firman Tuhan dan kuasa Allah dengan tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran.
MAT 24:25. TUHAN SUDAH MENGATAKANNYA LEBIH DAHULU.
Mengapa demikian?
1. Supaya kita tahu lebih dahulu untuk bersedia, ber-jaga2.
2. Tidak sampai tertipu dan hanyut atau ikut arus orang banyak mengikuti Kristus palsu (di dalam Gereja)atau Antikris di luar. Jangan ikut trend orang banyak,tetapi ikut Gereja atau pemimpin2 yang betul yaitu yang sesuai dengan Firman Tuhan dalam pimpinan Roh Kudus. Sebab itu yang terpenting adalah limpah Firman Tuhan, penuh Roh dan selalu taat dipimpin Roh seperti yang dikatakan Petrus Kis 6:4, dan limpah dengan 7 Kebutuhan Pokok Rohani.
Kita harus tekun belajar Firman Tuhan (akan mudah kalaumenjadi kesukaan, bukan beban), supaya kita mengerti kebenaran Firman Tuhan tentang semua rahasia akhir zaman yang akan diberitahu semua dan terus berdoa non stop dalam Roh dan kebenaran sehingga limpah pengurapan, karunia2, buah Roh, kesukaan dan kuasa Allah.3. Supaya terus hidup dipimpin Roh seperti Lima gadis bijak. Kalau kita tidak dipimpin Roh akan mudah dibutakan iblis!
4. Ikut dan terus tumbuh dengan yang benar, bukan Kristus palsu. Yang ikut Kristus palsu, yang salah itu banyak sekali. Orang2 Kristen banyak yang tidak bisa membedakan antara pemimpin2 yang betul seperti Kristus dan Kristus palsu. Padahal sebetulnya bedanya sangat besar (lebih2 ada polarisasi). Kita akan melihat hal2 yang aneh dan heran dari orang2 beriman yang bodoh, mereka se-olah2 buta, tidak bisa membedakannya sebab mata hatinya ditutup, dibutakan oleh iblis (sebab hidup dalam dosa, dikuasai iblis 2Kor 4:4), misalnya dalam Wasiat Lama orang yang ikut pemimpin2 yang salah (yang mula2 adalah pemimpin yang benar, tetapi kemudian jadi Kristus palsu. Mereka mulai dalam Roh, dipilih Tuhan, penuh Roh Kudus seperti Saul tetapi kemudian berbalik dan dipenuhi iblis, dikuasai dan jadi kaki tangan iblis). Tetapi heran, orang2 Israel ikut serta dengan Saul melawan Allah dalam soal Amalek dan Agag, membunuh 85 imam2 di Nob 1Sam 22:18, bahkan ber-sama2 seluruh tentara Israel setuju dengan Saul membunuh Daud yang dipakai Tuhan untuk menyelamatkan Israel, merekabegitu keji. Tetapi heran hampir 99% tentara Israel ikut Saul.
Juga Absalom yang mau membunuh bapaknya dan berbuat begitu keji, tetapi ia diikuti seluruh Israel sampai mereka dihukum Tuhan sehingga + 50.000 orang mati. 2Sam 18:7-8.
Juga hampir seluruh 10 suku Israel ikut Yerobeam menyembah berhala lembu emas di Dan dan Bethel, juga mengubah Firman Tuhan, tetap ada ibadah yang mirip dengan yang benar, tetapi sesungguhnya berubah semua (seperti zaman sekarang Firman Tuhan diubah tetapi banyak orang Kristen tidak sadar, dikira benar dan tetapikut), padahal sebelumnya mereka masih beribadah ke Yerusalem.
Juga zaman Achab yang membunuh Nabot dan menyembah banyak berhala dengan 850 nabi palsu bahkan bisa memikat Yosafat untuk ikut.
Begitu juga dalam Wasiat Baru. Dari 7 Gereja akhir zaman (Wah 2-3), empat Gereja yang ikut dan dipimpin Kristus palsu yaitu:
1. Gereja Sardis (Gereja yang mati di hadapan Tuhan, bau busuk dosa jadi kesukaan anggota2nya).
2. Gereja Laodikea (Ini Gereja yang suam, tidak begitu nyata kesesatannya, tetapi suam, mendua, cinta dunia sehingga dosa dan ajaran yang kurang atau sesat tidak terlalu dipusingkan.
3. Gereja Pergamus (disini iblis bertahta dan Antipas mati syahid, tetapi tidak timbul pergolakan. Sebab ada pengajaran Bileam dan Nikolai) dan
4. Gereja Tiatira (Izebel inilah yang menjadi Kristus palsu di tengah2nya, mengajarkan hamba2 Tuhan berzina tetapi tidak merasa bersalah, tetap pelayanan, bahkan juga ikut dalam occultisme).
Ajaib, heran pekerjaan iblis dalam dosa, bisa menyeret begitu banyak umat Tuhan yang hidup di dalam dosa. Jangan heran dan jangan kecil hati melihat banyak orang (bahkan orang2 yang heran seperti Yosafat dan keluarga dan mentri2nya) ikut serta dengan Kristus palsu si Achab dan Izebel! Jangan kecil hati tetapi teruslah berdoa sehingga penuh dengan pengurapan Roh Kudus dan tumbuh terus dalam rahasia2 Firman Tuhan untuk seluruh segi hidup, istimewa tentang akhir zaman, supaya jangan sampai tertipu dan hanyut seperti banyak orang yang “buta” atau “celaka” (sebab akhirnya mati dan masuk Neraka, tetapi mereka yakin mereka tidak salah, masih menyembah Allah dengan cara palsu, cara iblis!).
MAT 24:26. KRISTUS PALSU DI PADANG BELANTARA DAN DI BILIK.
Padang belantara adalah tempat umum, luas, banyak orang bisa datang dan berkumpul disini. Kristus palsu bisa mengumpulkan orang begitu banyak. Ini ajaib, heran. Pengaruh trend dan melihat orang banyak, menyebabkan orang yang tidak mengerti dan tidak punya pendirian itu ikut2an dan hanyut. Kel 23:2. Sebab itu perhatikan nasehat2 Firman Tuhan di atas.
Bilik2 rahasia. Ini tempat sembunyi. Banyak orang tidak sadar dipakai iblis dengan sembunyi2 mengajak orang2 yang benar kepada Kristus palsu. Mereka sudah mengerti dengan akalnya bahwa itu akan dilawan Allah, dilawan Gereja2 jalan sempit dan mereka sendiri sadar, tetapi tetap mengajak orang pada Kristus palsu (seperti Saul, Absalom, Yerobeam, Achab atau 4 Gereja jalan lebar dalam Wah 2-3).
Banyak orang berbuat ini karena hidup dalam dosa sehingga dikuasai iblis, meskipun tahu itu salah, toh berbuat. Juga karena sombong, sebab ingin puji, dapat kedudukan diantara orang banyak, dan sebab tidak senang dengan jalan yang betul, lebih cocok dengan Kristus palsu (sama2 daging, di jalan lebar, apalagi kalau ada sakit hati, kurang dihormati atau kurang dipuji, dendam dan rohnya berbeda!), tetapi tidak berani terang2an.
Hati2 dengan Kristus palsu di padang gurun dan dalam bilik2 rahasia serta kaki tangannya.
MAT 24:27. KEDATANGAN PUTRA MANUSIA SEPERTI KILAT DARI TIMUR KE BARAT.
Beberapa orang menafsirkan ada kegerakan dari negeri2 Asia ke Barat.
Ada arti dari Alkitab. Timur adalah Pintu Gerbang dan Barat adalah Tabut. Seperti kilat itu berarti sangat cepat. Begitu dalam saat2 terakhir (3,5 tahun I Minggu ke-70 Daniel) pertumbuhan (dari Pintu Gerbang sampai Tabut) itu akan begitu cepat sehingga banyak orang tumbuh ke arah sempurna dan jumlah orang sempurna digenapi.
Ini bisa jadi karena adanya hujan Akhir, disiplin yang ketat 2Kor 10:6 (yang salah langsung mati di tempat), pembukaan Firman Tuhan penuh, pelayanan jabatan dan orang sempurna, Perjamuan Suci dll sehingga dengan cepat sekali (seperti kilat) orang2 tumbuh dan Tuhan tiba2 datang dan kita bertemu di awan2.
MAT 24:28. DI TEMPAT ADA PERJAMUAN SUCI.
Ini dijelaskan dalam Luk 17:(34-) 37. Perjamuan Suci disini adalah Perjamuan Suci yang betul, itu besar kuasanya dan membuat pertumbuhan secepat kilat.Perjamuan suci yang betul itu dilakukan dalam kesucian MAK DSS (di mana saja, dalam hal apa saja, kapan saja, dahulu, sekarang, se-lama2nya) dan ini membuat kekuatan dan pertumbuhan yang besar dan cepat sehingga orang2 tidak lagi mati tetapi terangkat Yoh 6:50. Dulu hanyatidak mati rohani, sekarang juga tidak mati jasmani, yaitu ikut dalam pengangkatan.1Kor 15:51-52. Sebab makanlah Perjamuan Suci dengan betul, supaya terus tumbuh dengan baik dan cepat.
KESIMPULAN.
Kita harus bersedia dalam kesucian yaitu hidup dalam Ruangan Suci seperti lima gadis bijaksana dengan 7 KPR dan dengan penekanan seperti yang dikatakan Petrus dalam Kis 6:4, bahwa prinsip Gereja itu adalah tumbuh dalam Firman Tuhan dan doa dalam Roh dan kebenaran sehingga makin penuh dengan pengurapan yang limpah seperti lima gadis bijak, bahkan sampai pengurapan tanpa batas seperti Kristus Yoh 3:34.
Kristus palsu. Jangan lari ke sana-sini mengikuti Kristus palsu sebab tidak mengerti. Sebab bodoh, tidak bisa membedakan sehingga terombang-ambing Ef 4:14 dan hidup dalam dosa di jalan lebar sehingga dikuasai dan digerakkan iblis. Hidupnya akan rusak, tertipu dan binasa.
Yang mengerti akan tetap setia dalam Gereja dan pemimpin2 yang betul seperti Kristus dan cocok dengan Firman Tuhan (MaPet) dan akan lepas dari pengaruh Kristus palsu dan terus tumbuh dalam rencana panamatan Allah yang heran.
Dengan demikian kita bisa bersedia dan dengan cepat (MaPet, seperti kilat) tumbuh dalam kesucian dan ikut dalam pengangkatan.
Nyanyian: Berachah no 313
Tuhan datang di awan2. mari kita bersedia.