M3773 – Galatia 3:10-13 Menikmati Hidup Bebas Dari Kutuk Dosa

Kebaktian peringatan kematian Putra Manusia Yesus.
MENIKMATI HIDUP BEBAS DARI KUTUK DOSA.
Gal 3:10-13
10 Sebab seberapa banyak orang yang melakukan hukum Taurat, ada di bawah kutuk, karena ada tertulis: “Terkutuklah setiap orang yang tidak tekun berbuat segala sesuatu yang tertulis di dalam kitab Taurat.
11 Tetapi sudah nyata bahwa tidak ada seorang pun yang dibenarkan di hadapan Allah oleh hukum Taurat, sebab orang benar akan hidup oleh iman.
12 Dan hukum Taurat itu bukanlah dari iman, tetapi orang yang melakukannya akan hidup olehnya.
13 Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat, dengan menjadi suatu kutuk karena kita; sebab ada tertulis: “Terkutuklah setiap orang yang digantung pada kayuk”, (KJI)
Pasal I. DIBEBASKAN DARI KUTUK.
Gal 3:10-13. Orang yang berusaha melakukan Taurat ada di bawah kutuk, sebab kalau gagal ia terkutuk dan memang tidak ada orang bisa dibenarkan dengan melakukan hukum Taurat Rom 3:20, Gal 2:16. Sebab itu semua orang di dalam dunia tetap ada dalam kutuk dosa. Tetapi Tuhan Yesus menebus kita dari kutuk Taurat dengan mengambil kutuk itu atas diriNya sendiri, sehingga Ia mati di salib, terkutuk gara-gara kita, gara-gara hendak menyelamatkan kita sehingga kita bisa menikmati hidup yang bebas dari kutuk dosa dan limpah dengan berkat Tuhan.
Ada orang membuat cerita. Ada dua saudara kembar yatim piatu. Seorang menjadi hakim yang adil dan seorang menjadi penjahat. Sebab berkali-kali berbuat kejahatan dan patut dihukum mati, si adik hakim ini menjatuhkan hukuman mati bagi kakaknya. Tetapi malam-malam si adik masuk dalam sel kakaknya, ia menukar semua baju seragamnya dengan baju tahanan kakaknya dan kakaknya disuruh keluar dan bertobat sungguh-sungguh. Sebab rupanya kembar tidak ada yang tahu. Esoknya adiknya dihukum mati dan kakak penjahat ini bisa menikmati hidup bebas di luar sebab hukumannya digantikan adiknya. Ini cerita. Tetapi Tuhan Yesus sungguh-sungguh menjadi manusia, “kembar” dengan manusia (betul-betul jadi manusia seperti kita) dan betul-betul mati mengangkat kutuk kita sehingga kita bisa hidup bebas dari kutuk dosa dan limpah dengan segala berkat dan kemuliaan Allah, sebab sudah bebas dari dosa dan kutuknya. Sesudah itu Putra manusia Yesus dibangkitkan oleh Bapa.
Pasal II. ASAL USULNYA.
Adam Hawa hidup sukacita di Eden tanpa susah, tetapi sebab melanggar, mereka (termasuk turunannya, bumi dan isinya) kena kutuk Kej 3:14,17. Karena itu mereka diusir keluar dari Eden, tidak boleh lagi makan buah Hayat lalu masuk dunia yang terkutuk yaitu dengan semua akibat dosa, dan akhirnya mati.
Tetapi Tuhan Yesus menjelma jadi manusia dan menggantikan kutuk kita sehingga kita bebas dari kutuk dosadan Dia mati. Sebab itu kita boleh kembali masuk dalam Surga (Eden = bagian dari Surga, kita kembali ke Surga. Ef 2:6 dan makan dari buah Hayat!).
Hayat atau hidup itu hanya ada di dalam Tuhan Yesus.
Yoh 1:4
Di dalam Dia ada hidup, dan hidup itu adalah terang manusia, (KJI)
Dan Firman yang keluar daripada Tuhan Yesus, itu yang memberi hidup, inilah buah Hayat dan siapa yang makan daripadanya akan hidup.
Yoh 6:50
Inilah roti yang turun dari surga, supaya orang boleh makan daripadanya dan tidak mati.” (KJI)
Tetapi sekarang baru roh kita (orang dalam) yang boleh masuk Surga, manusia luar (yaitu tubuh dan jiwa) masih hidup dalam dunia yang terkutuk ini. Pada akhirnya orang-orang yang ditebus ini bisa kembali masuk dalam Surga dalam tubuh dan rohnya (seluruhnya) dalam kerajaan Surga yang baru tanpa ada kutuk lagi di sana Wah 22:3. Orang-orang percaya yang mengerti dan taat, ia dapatmengalami semua ini dengan lengkap sesuai rencana Allah. (Perhatikan pembagian orang luar dan orang dalam, lihat buku: Tubuh Nyawa roh dan Tebus tubuh).
Pasal III. PROSES PEMBEBASAN DARI KUTUK DOSA.
Orang percaya (orang dalamnya) sudah didudukkan dengan Kristus dalam Surga tetapi tubuh luarnya masih duduk di dunia. Sesudah Pengangkatan, seluruhnya(orang luar dan orang dalam) masuk dalam kerajaan Surga yang sangat indah dan kekal. Mengapa sesudah percaya (lahir baru) kita tidak langsung saja seluruhnya (orang luar dan dalam) kembali masuk Surga? Sebab Tuhan punya rencana yang luar biasa, sangat besar dan indah, yaitu sesudah menjadi orang baru (jenis manusia kedua, turunan Adam terakhir) kita diolah supaya tumbuh, bahkan sampai bisa menjadi seperti Kristus! Kita akan masuk dalam kemuliaan ilahi yang terbesar, termulia seperti Kristus. Ini rencana besar Allah bagi manusia yang mau percaya, sebab itu tubuh kita belum ditebus seluruhnya, baru* manusia-dalam saja (kita masih menunggu tebus tubuh yaitu untuk penebusan manusia-luar Rom 8:23). Tubuh daging (= manusia-luar)yang belum ditebus ini menjadi pencobaan, gangguan, halangan bagi hidup rohani kita, tetapi justru itu menjadi pengolahan yang efektif.
Tubuh daging (= orang-luar)yang belum ditebus ini, menarik kita untuk menuruti daging, untuk berbuat dosa. Tetapi justru tarikan dan godaan-godaan ini mengolah kita, sehingga justru karena hidup dalam tubuh daging ini, kita mengalami pengolahan yang efektif dan unik yang direncanakan dan dibuat Allah, sehingga kita bisa meningkat luar biasa. Dari orang berdosa bisa menjadi orang benar, orang suci lalu orang sempurna seperti Kristus. Ini rencana Allah yang besar, menjadi Allah Yoh 10:34-35, yaitu seperti Kristus 1Kor 11:1, 1Yoh 3:2 dan seperti Bapa Mat 5:48.
Kalau setiap kali kita lulus, setiap kali kita tumbuh, tumbuh terus, maka akhirnya menjadi seperti Kristus.
Pasal IV. TINGKAT-TINGKAT PENGOLAHAN.
1. Pada waktu Adam Hawa tinggal di Eden, mereka tidak dicobai oleh tubuh daging, Edenpun steril, tidak ada setan. Mereka hanya dicobai oleh pohon pengetahuan baik dan jahat, suatu pencobaan yang sangat kecil dan merekalulus, mereka taat.
2. Kemudian Tuhan mengizinkan setan masuk (lewat ular) sehingga mereka mengalami pencobaan yang makinberat dan Hawa jatuh. 3. Sesudah mereka diusir keluar, masuk dalam bumi yang terkutuk, pencobaan jadi lebih berat, tetapi belum efektif penuh.
4. Baru sesudah Tuhan Yesus jadi kutuk bagi kita, kita lepas dari kutuk dan manusia dalam kita (roh kita) masuk Surga, dengan tubuh daging masih di dunia, ini menjadi suatu pengolahan Wasiat Baru yang sangat efektif dan luar biasa. Kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus, lalu baptisan Roh Kudus dan Firman Tuhan yang lengkap ini membuat pengolahan yang sangat efektif bagi orang percaya yang mengerti dan mau diolah, sebab kita bisa menikmati hidup bebas dari kutuk dosa di dalam Allah di atas bumi ini.
Pasal V. MENIKMATI HIDUP BARU DALAM KRISTUS.
1. Perubahan ilahi yang luar biasa, tidak ada di dalam dunia. Nikmatilah:
1.1. Hidup baru 2Kor 5:17 seperti Adam di Eden, bahkan lebih, sebab bisa hidup bebas dari dosa yang belum dimiliki Adam di Eden.
1.2. Kita bisa mematikan daging Rom 6:4 hidup seperti Kristus.
1.3. Kita sudah pindah di Surga bebas dari hukum dosa dan maut dan sekarang ada dalam hukum Roh yang menghidupkan Kol 1:13.
1.4. Sudah berubah seperti Kristus Rom 12:2 hiduplah cara baru dalam kesucian.
1.5. Jangan mau dikuasai hidup lama lagi, tanggalkan dan buang Kol 3:9.
1.6. Kita adalah anak-anak Allah Yoh 1:12 bukan anak iblis lagi.
1.7. Kita adalah milik Allah, bukan milik iblis lagi, termasuk VIP, punya hak-hak Surgawi Kol 3:1-2.
Dengan iman menikmati hidup cara baru, sangat indah. Kita sudah merdeka dari dosa jangan mau dijajah lagi Gal 5:1. Hidup merdeka itu indah dan sukacita. Memang perlu lebih banyak mengerti dan terus tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan 2Pet 3:18 sehingga kita bisa menikmati segala segi-segi hidup yang bebas dari kutuk dosa.
2. Kita boleh makan kembali dari buah Hayat yaitu roti dari Surga sehingga tidak mati lagi Yoh 6:50,54 dan menjadi satu dengan Kristus 1Kor 6:17, Yoh 15:5. Roh kita tidak akan mati (mati di hadapan Allah = putus hubungan karena dosa Ef 2:1) meskipun tubuh masih akan mengalami mati (“sementara”).
3. Kita bisa menjadi satu dengan Roh Kudus dalam tubuh Kristus. 1Kor 12:12-13, yaitu kalau kita taat dipimpin Roh senantiasa. Rom 8:14.Ini hidup seperti Roh Kudus, sebab dipimpin Roh dalam kuasa dan hikmat Roh, juga dengan buah dan karunia-karunia Roh. Dengan iman nikmati, hidup yang heran ini.Kita sekarang jadi milik Allah, penuh dan dipimpin Roh, menjadi imam-imam masuk dalam Ruangan Suci bahkan dalam pelayanan ini ada kesempatan naik terus sampai ke dalam Ruangan Maha Suci, luar biasa.
4. Kita menjadi anak-anak Bapa, Allah yang maha besar dan maha mulia yang mengasihi kita sehingga kita punya masa depan yang gilang gemilang sebagai anak-anakNya dan dibuatkan suatu rencana yang mulia dan sempurna untuk kita jalani dan nikmati di dalam RohNya 1Kor 12:6.
5. Berkat Wasiat Baru terbuka. Semua yang tertutup danterbatas dalam Wasiat Lama sekarang dibukakan bagi kita oleh darah Yesus, istimewa janji-janji yang terlebih baik dalam Wasiat Baru. Ibr 11:39-40. Misalnya baptisan Roh Kudus, sekarang di dalam Kristus semua kita bisa dibaptis dengan Roh Kudus dan menjadi milik Kristus Rom 8:9. Tabiat baru bisa muncul dan tumbuh. Jangan mau diperbudak tabiat lama, tanggalkan dan lepaskan Kol 3:9-10, tidak sulit. Dalam Wasiat Lama itu sangat sulit, tetapi sekarang oleh kematian dan kebangkitan Putra manusia Yesus,kita bebas dari kutuk dosa, kita juga bebas dari tabiat lama. Jangan mau ditarik kembali dalam tabiat yang lama, dengan iman nikmati hidup dalam tabiat baru dan terus tumbuh sampai seperti Dia.
Karunia-karunia dan buah Roh biar terus bermunculan dengan iman dalam hidup kita sehingga rohani kitaterus tumbuh dalam jalan Tuhan dengan kemenangan dan hal-hal yang indah dalam rencana Allah. Roh Kudus yang akan memimpin danmenolong kita. Ini seperti fantastis, tidak mungkin menurut pikiran manusiawi, tetapi hiduplah dengan iman dan setiap kali dari iman kepada iman Rom 1:17. Kebanyakan orang beriman yang tidak bisa menikmati kebebasan dari kutuk dosa dan kemuliaan hidup baru dengan segala fasilitasnya itu biasanya disebabkan karena tidak mengerti.
Karena itu tumbuhlah dalam pengertian Firman Tuhan, itu bagian yang penting dari kekristenan kita Luk 10:42 supaya kita bisa berbuah-buah makin banyak Mat 13:23.
6. Kita bisa menikmati Salib Kristus. Mat 11:30 dan salib Kristus itu berarti sukacita, sebab daging dimatikan dan kita bisa menikmati kesukaan kesucian Surgawi. Gal 6:14, Wah 4:8; Kalau salib itu bekerja di dalam kita, maka keluarlah sungai air hidup Surgawi (Yez 47) yang makin limpah dengan sejahtera, sukacita dan kebenaran dari Roh Kudus Rom 14:17.
7. Sehat jasmani dan rohani 3Yoh 2. Kalau kita terus dengan iman hidup dalam kesucian dan taat melakukan kehendak Allah, maka juga dalam tubuh kita sehat seperti Putra manusia Yesus di dunia, tidak pernah dilaporkan Ia sakit, bahkan terus menyembuhkan orang lain. Dalam tubuh yang sehat, kita bisa memakai jatah umur kita dengan efektif dalam pimpinan Roh, sehingga bisa terus tumbuh dalam rencana Allah yang indah sampai puncak-puncaknya.
8. Menikmati pengolahan dari Tuhan. Ini bukan kebetulan, tetapi Tuhan sendiri yang mengolah, seperti sekolah. Jangan melihat hal-hal yang sakit bagi daging padawaktu diolah, tetapi lihat hasilnya untuk kekal Rom 8:17. Setiap kali kita mendapat kesukaran, bersukacitalah Yak 1:2 lalu hadapi dengan baik dalam pimpinan Roh Kudus sampai lulus. (Jangan bereaksi dosa Rom 12:21 dan bertindak sesuai Firman Tuhan yaitu dalam pimpinan Roh Kudus, Rom 8:14).
Memang semua cara-cara hidup iman itu seringkali mustahil dan sakit untuk daging, tetapi untuk orang yang percaya, itu indah, asal lulus. Maka setiap pengolahan (atau pencobaan) itu membawa peningkatan dan pertumbuhan rohani yang indah. Kalau kita lulus maka kita akan meningkat makin indah dalam rencana Allah.
9. Fasilitas jasmani akan ditambahkan. Kita hidup dengan iman Rom 1:17, Ibr 10:38 dan apa yang kita yakini akan jadi, jangan ragu-ragu Mat 8:13. Kita harus hidup di dalam iman kepada Putra Allah Gal 2:20. Tuhan tahu bahwa selama kita masih hidup dalam dunia ini, kita perlu fasilitas perkara-perkara yang fana Mat 6:31-32. Tuhan sanggup menyediakan semuanya. Jangan ragu-ragu, sebab Dia mampu mengadakannya. Tentu kita juga harus terus hidup suci dan berkenan pada Tuhan, tidak tamak, rajin bekerja, tulus, terus taat dipimpin Roh dst, maka tuhan akan memberi segala fasilitas yang kita perlukan. Mat 6:33.
10. Ada kuasa Allah menyertai. Mat 7:29. Orang Parisi tidak punya kuasa Allah, Allah tidak memberikannya. Tetapi Putra manusia Yesus, rasul-rasul, semua orang yang dipimpin Roh akan disertai kuasa Allah, jangan ragu-ragu. Nikmati berdoa dalam Roh dan hidup benar senantiasa 1Tes 5:17 dan 7 Kebutuhan Pokok Rohani.Tetapi jangan memakai kuasa Allah menurut kehendak sendiri seperti Yohanes dan Yakub seperti dalam menghadapi orang Samaria Luk 9:54-55. Juga jangan untuk menuruti ketamakan, kesombongan, kebencian dll, tetapi hidup dengan tulus sesuai Firman Tuhan. Nomer 1 kuasa Allah untuk mematikan daging sehingga kita bisa hidup suci, dan mentaati Firman Tuhan dan pimpinan Roh sehingga hidup kita boleh berkenan pada Tuhan. Tuhan akan menyertai hidup seperti ini dan dengan Tuhan berarti ada kuasa dan kemenangan Rom 8:31, 1Yoh 4:4.
11. Ada banyak hal lagi yang disediakan Tuhan, makin kita mengerti, makin indah dan makin banyak yang bisa kita nikmati dalam Kristus, karena hasil kematian dan kebangkitanNya bagi kita.
Pasal VI. MENGAPA ADA ORANG-ORANG KRISTEN YANG TIDAK BISA MENIKMATINYA?
1. Jatuh dalam dosa dan tidak mau bertobat sehingga mata rohaninya dibutakan iblis, apalagi kalau keras hati, sudah mengerti tetapi tidak mau bertobat.
2. Sebab tidak percaya atau salah mengerti. Mrk 12:24. Orang yang tidak mengerti mudah dipojokkan dan ditipu iblis sehingga tidak mengalami apa-apa dari janji Tuhan.
3. Kalau sudah mati masuk neraka, biarpun baru 1 detik sudah tidak bisa kembali dan orang-orang ini sama sekali tidak lagi bisa mengalami segala hal yang disediakan Allah untuk semua orang yang mau mengambilnya dengan cuma-cuma.
Di Neraka semua orang di dalamnya (juga orang beriman yang masuk Neraka, seperti orang kaya Luk 16:25), mereka sangat menyesal, sebab tidak memakai kesempatan yang begitu limpah dan mulia dan sangat-sangat menguntungkan untuk kekal (orang kaya itu sangat menyesal minta Abraham menolong saudara-saudaranya yang masih buta seperti dia dahulu dalam dunia tetapi ditolak Abraham Luk 16:27-31).
4. Mendua, suam, cinta dunia sehingga matanya menjadi kabur, tertipu iblis dan ditinggalkan Roh Kudus Gal 3:3-4. Sebab itu jangan beri tempat pada iblis, tetapi tetap penuh dan dipimpin Roh, supaya bisa mengambil berkat-berkat besar yang disediakan Allah oleh kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus danmenikmati hasil pekerjaan Kristus yang amat besar itu. Tanpa Kristus, tidak bisa menikmatinya. Abraham begitu menikmati hidup imannya, tetapi Lot tidak bisa menikmati seperti Abraham, sebab hatinya tidak tulus dan mendua dengan Sodom.
5. Segala perkara dosa dan tipu daya iblis.
Pasal VII. KESIMPULAN.
Sekarang masih banyak orang yang hidup campuran atau mendua sehingga tidak bisa mengerti, apalagi mengalami berkat-berkat besar hasil dari kematian Putra manusia Yesus. Tetapi yang hidup berkenan pada Tuhan sudah mulai bisa mengerti dan menikmati hidup merdeka, sukacita, bebas dari kutuk yang sudah disediakan dan diberikan Tuhan di dalam setiap orang percaya. Sudah masuk dan hidup dalam Surga, meskipun tubuh jasmani atau manusia luar kita masih hidup dalam dunia. Hiduplah terus dari iman kepada iman dan nikmati kemerdekaan dan hasil-hasil yang indah dari kematian Putra manusia Yesus. Banyak orang bisa dipakai Tuhan dengan amat heran, penuh kuasa dan mujizat memenangkan banyak jiwa, membangun tubuh Kristus dengan luar biasa, kalau bisa melihat kesempatan dan berkat yang luar biasa ini.
Dalam Minggu ke-70 Daniel, disini memang zamannya ada kelimpahan rohani yaitu kegerakan hujan Akhir, pembukaan semua Firman Tuhan, pembentukan tubuh Kristus global, disiplin yang keras dalam Gereja, kuasa dan kesukaan ilahi yang besar dll, sebab ini memangsaatnya penamatan rencana Allah bagi Gereja, sehingga semua orang beriman yang sungguh-sungguh hidup dalam jalan sempit seperti lima gadis bijak, akan menikmati hidup yang luar biasa dalam masa ini, karenahasil kematian dan kebangkitan Putra manusia Yesus dengan limpah, sehingga Gereja mengalami zaman keemasan secara keseluruhan. (Tetapi orang-orang yang undur makin limpah dalam dosa di jalan lebar akan terseret dalam dosa dunia kepada kehancuran dan kebinasaan).
Tetapi Roh Kudus, Firman dan Bapa itu tidak berubah. Kalau sekarang kita mengerti rahasia ini, rahasia kemenangan salib Kristus, dan bisa hidup dari iman kepada iman, maka kita bisa mengalami seperti hari-hari dalam Minggu ke-70 Daniel itudan terus meningkat bahkan dalam Minggu ke-70 Daniel sudah datang, kita bisa menjadi sempurna. (Henokh, dalam Kejadian juga bisa).
Ingat kita sudah menjadi orang baru, turunan Allah dan kalau terus tumbuh sesuai rencana Allah kita bisa tumbuh sampai seperti Kristus, limpah dengan kuasa, pengurapan, kesukaan sampai pada ukuran yang penuh.
Kalau sudah mati (di Neraka) akan mengerti dengan jelas, tetapi tinggal menyesal melihat berkat yang terlalu amat besar yang dahulu disia-siakan Sekarang kita punya kesempatan, percayalah akan Allah dan perbuatan kasihNya yang amat besar, terima dengan iman, masuk dalam kerajaan Surga dalam roh kita dan terima, pakai, nikmati semua hasil karya kematian dan kebangkitanNya. Kita akan menjadi kuat, penuh pengurapan, mulia, senang, bahagia dan tumbuh terus sebagai manusia baru, putra-putra Allah yang bisa Terus Meningkat Sampai Puncak bahkan jadi sempurna. Terimalah semua berkat-berkat yang besar dari kematian dan kebangkitan Kristus, dari iman kepada iman, dari kemuliaan kepada kemuliaan, itu sangat menguntungkan, mulia dan ajaib 2Kor 3:17-18.
Nyanyian:
Semakin mulia Dia mengubahku, ubahku, ubahku.