M3741 – Hukum II : BERHALA, Keluaran 20:4-6 (7 Desember 2014)

I. PENDAHULUAN.
Setiap kali orang Israel undur dan murtad, selalu jatuh dalam dosa penyembahan berhala ini. Heran, mengapa setiap kali Israel selalu jatuh dalam penyembahan berhala yaitu penyembahan patung besar atau kecil, di tempat umum atau di rumahnya masing2 seperti dalam Hak 17:3-4 dll. Ini semua melawan Allah, sangat jahat dan keji.
II. DAYA TARIK BERHALA2.
Mengapa mereka suka menyembah berhala?
A. Sebab bodoh, tidak mengerti, ikut arus orang banyak sebab semua orang kafir adalah penyembah berhala, dan banyak orang Israel ikut berbuat demikian. Ingat Rachel mencuri berhala bapaknya Kej 31:34-35. Rachel sukses menyembunyikan berhala bapaknya dan ia membawanya pergi ke Kanaan dengan Yacob suaminya. Ini suatu perkara yang sangat keji, sebab itu Rachel dihukum Tuhan, mati waktu beranak. Beberapa banyak orang kadang-kadang tidak mengerti sebab kematian Rachel, juga tidak disebutkan dalam Alkitab, tetapi inilah sebab utamanya, sebab menyembah berhala sembunyi2, tetapi Allah tahu dan ia mati muda! Banyak orang menyembah berhala patung dan berhala modern, dan meskipun hukumannya tidak langsung datang. Pkh 8:11, tetapi akhirnya akan datang malapetaka yang besar, istimewa bagi orang percaya. Tetapi kadang-kadang orang-orang sekitarnya tidak tahu, bahkan ber-sama2 menyanyi, ia telah pulang ke Surga, padahal ia pulang ke Neraka sebab menyembah berhala patung atau modern, dahsyat!
B. Ada banyak kesukaan dalam penyembahan berhala patung2 dan cara2 kafir ini; Mereka begitu kreatif membuat penyembahan berhala ini menjadi perkara-perkara yang menyenangkan sehingga disukai semua orang kafir dan juga orang Israel senang dengan cara2 penyembahan berhala ini. Sukacita yang meriah dalam pesta penyembahan berhala itu antara lain:
1. Makan minum dengan limpah. 1Kor 10:7. Semua orang suka makan minum bahkan banyak bertuhankan perut Pil 3:19. Dengan sedikit membungkuk di muka berhala atau dengan cara2 tertentu lainnya, lalu mereka bersukacita makan minum. Ini seperti pesta, semua suka pesta pora.
2. Bermain dan limpah perzinaan 1Kor 10:7-8. Mereka ber-main2, me-nari2 dll dan berzina dengan bebas. Orang kafir tidak mengenal dosa, sebab itu berzina bukan dosa, tetapi termasuk suatu acara dalam kuil2nya. Misalnya di kuil2 Korintus, banyak sundal lakit2 dan perempuan. Dalam kuil2 itu salah satu syarat atau acaranya adalah berzina sehingga ramai sekali dan menyenangkan semua orang laki2 dan perempuan. Sebab itu Paulus menulis dengan keras tentang perzinaan pada jemaat Korintus, sebab ada orang-orang Kristen yang juga ikut2 berzina bahkan sampai dalam keluarga juga. Sebab bagi mereka (orang-orang kafir)perzinaan bukan dosa, apalagi kalau dengan sadar, mau sama mau dan memenuhi syarat2nya.
Juga waktu Israel menyembah berhala waktu Musa naik gunung, mereka makan minum dan berzina dalam penyembahan berhala Kel 32:25, ritual acara2 penyembahan berhala dengan telanjang diikuti macam-macam perzinaan, sehingga menjadi pesta keji seperti binatang. Juga Gereja Tiatira, Pergamus limpah dengan dosa2 perzinaan. Ini menjadi daya tarik dan kesukaan dalam acara2 penyembahan berhala orang kafir, limpah dengan segala macam-macam kesukaan hawa nafsu dan dosa2 lainnya. Terlalu keji dan hina, juga dalam Gereja2 setan.
3. Emas perak. Dalam penyembahan berhala banyak dipakai emas perak. Bayangkan anak lembu yang dibuat Harun (dll) itu dari emas. Berapa Kg? Dari dahulu emas itu punya daya tarik yang amat besar dan mereka yang membuatnya juga akan limpah dengan emas2 itu, sebab itu menarik orang banyak, apalagi yang bisa mendapat bagian2 resmi menurut ritual2 mereka.
4. Mujizat. Waktu raja Moab dikalahkan 3 raja (Israel, Yehuda dan Edom) ber-sama2 Elisa, ia menyembelih putranya di atas dewala kepada berhala. Hasilnya lumayan, raja-raja itu undur dari dia, sebab raja-raja ini bodoh, karena ngeri mereka undur 2Raj 3:27. Ada banyak pertunjukan2 dalam penyembahan berhala seperti berjalan di atas api, potong lidah, ditusuk keris seperti nabi2 baal tidak tembus, kebal dan banyak mujizat palsu, ini juga menarik orang banyak menyembah berhala dan orang Israel ikut serta.
5. Juga untuk minta kemenangan dalam peperangan, pekerjaan, politik dll. Ini juga menarik untuk orang banyak. Orang-orang kafir misalnya raja Sanherib menyembah berhalanya dalam kuil Nisjroch minta kemenangan (sebab ia kalah besar) tetapi justru disitu ia dibunuh oleh kedua anaknya sendiri.
6. Dan lain-lain.
Banyak daya tarik berhala yang menyenangkan,
sebab itu Israel bolak balik jatuh dalam penyembahan berhala, karena dalam acara penyembahan itu ada banyak kesukaan yang meriah tetapi penuh dosa dan hawa nafsu kedagingan. Justru mereka undur dari Tuhan supaya tidak kena peraturan2 hukum Allah yang melarang menuruti segala hawa nafsu kedagingannya, dan justru dalam berhala semua itu boleh dinikmati dengan bebas, belum lagi mujizat dan tanda2 palsu dari setan2, itu membuatmeriah dalam penyembahan berhala di seluruh dunia. Memang iblis memberi banyak umpan kesukaan dosa yang sesaat untuk menarik orang ke dalam penghukuman dan akhirnya masuk ke dalam Neraka.
III. DEFINISI BERHALA.
A. Berhala. Macam-macam barang seperti patung, jimat, yang disembah, dengan atau tanpa Allah. Biasanya juga ada sajen dan syarat2 yang harus dipenuhi. Meskipun mereka juga menyembah Allah, Allah tidak mau, menolak, itu jahat dan keji. Allah tidak mau disembah ber-sama2 berhala.
B. Berhala modern.
1. Yang disembah adalah:
1.a. Benda2 patung, jimat, permata2 (akik dll).
1.b. Bukan berupa benda, misalnya mantera, hoby, permainan, pekerjaan, peristiwa, ideology, keyakinan, pikiran (yang dicintai lebih dari Tuhan, misalnya anak, istri/ suami, orang-orang yang dikagumi dan di-puja2) dll, semua ini dicintai lebih dari Allah.
2. Ada ikatan, tidak mau lepas, bahkan ditaati.
3. Ada korban berupa yang tampak atau yang tidak tampak. Yang tampak misalnya uang, korban2 dll. Yang tidak tampak, misalnya kasih, suci, taat, sukacita, sejahtera, setia, hatinya, ibadah, pelayanan dll, semua ini jadi berkurang sangat atau habis, sebab mendua dengan berhala atau seluruhnya dikorbankan sebab cinta berhala lebih dari Tuhan Mat 6:24.
IV. CONTOH2 BERHALA MODERN.
1. Uang. Ini yang paling banyak jadi berhala (sebagai berhala disebut mammon) termasuk juga bagi beberapa orang Kristen yang taat pada mammon lebih daripada Tuhan Mat 6:24.
Masih jadi orang Kristen, beribadah, pelayanan, bahkan menjadi hamba2 Tuhan part time atau full time, tetapi pikiran dan perbuatannya dikuasai oleh uang. Cinta uang, ingin akan uang itulah berhala mammon. Dalam ibadah dan pelayanan motivasinya adalah uang, ini berhalanya. Kalau tidak dapat uang, proyek apapun tidak menarik hatinya kecuali karena menjadi syarat dan terpaksa. Juga membedakan orang kaya dan miskin, itu jahat Yak 2:4. Ini sulit disalahkan sebab selalu ada alasan2 yang tepat dan tidak kentara, apalagi dalam dunia itu sudah biasa. Tetapi dengan karunia Roh atau kalau sudah kenal lama, akan kelihatan. Juga orang lain lebih taat akan acara, pekerjaan, kesempatan2 yang menghasilkan uang daripada ibadah, pelayanan, masa teduh. Biasanya orang yang menyembah berhala mammon, tidak lagi ada kesukaan akan ibadah seperti Daud (Maz 122:1) atau akan Firman Tuhan (tidak lagi mencari dan rindu akan Firman Tuhan Maz 1:2) juga tidak ada kerinduan akan Tuhan, apalagi dalam doa (kalau rindu, akan suka berdoa, sebabhaus akan Tuhan Maz 27:4; 42:2-3). Orang seperti ini biasanya lebih memuliakan pekerjaan, penghasilan, toko daripada Tuhan. Masih beribadah seperti Yudas, tetapi satu kali ia menjual Tuhannya, meninggalkan Tuhan dan ditekan iblis, dituduh sampai bunuh diri. Orang-orang yang cinta uang, rela mengorbankan kemuliaan yang kekal, yang sebetulnya sudah diberikan kepadanya tetapi batal, hilang karena menyembah mammon. Gehazi kena kusta, tetap tidak bertobat dan kemuliaan jabatannya dibuang bahkan di-sia2kannya. Achan berani mengambil barang yang tidak halal, sebab cinta uang. Dalam dunia hampir semua menomorsatukan uang, tetapi juga banyak orang beriman cinta uang, meskipun dalam gradasi yang ber-beda2, tetapi itu sudah berhala dengan segala akibat dan malapetakanya. Misalnya ada yang 60% cinta mammon, Tuhan hanya 40% tetapi menurut perasaannya hanya 50-50; orang-orang seperti ini mata hatinya buta, sehingga meskipun skornya 90-10, ia mengira hanya 50-50, Tuhan dan mammon sama2 penting baginya, tetapi di hadapan Tuhan itu sangat keji.
Orang seperti ini biasanya tidak lagi mau pikul salib apalagi kalau merugikan penghasilannya, tidak lagi ada cinta Firman Tuhan, doa, ibadah, pelayanan dll. Mereka diisi dan diperhambakan mammon dan biasanya rohaninya suam, sampai dipukul oleh Tuhan (bangkrut, penjara karena tidak jujur, penyakit dll) dan kadang-kadang tetap tidak bertobat. Kadang-kadang prosentasi bertobatnya kecil sebab sudah lekat, cinta pada berhalanya. Kalau sudah bertobat orang seperti ini bisa berpada 1Kor 7:31, Pil 4:11, Gal 6:14.
2. Hoby. Ini jadi berhala kalau sudah menjadi ikatan, tidak bisa dicegah dari hobynya; dan biasanya jumlah uang, waktu, pikiran dan hidupnya dikorbankan secara ber-lebih2 untuk hobynya, bahkan juga ibadah, pelayanan, hubungan baik dengan Tuhan semua dikorbankan. Hoby itu banyak macamnya,termasuk kemewahan, tour, hedonism, permainan, tontonan, dll. Akibatnya bisa dahsyat. Misalnya hoby menyelam, ibadah, pelayanan juga pekerjaan ditinggalkan, akhirnya mati waktu menyelam. Hoby yang sehat dan tidak melawan Firman Tuhan masih boleh tetapi tidak menuntut, bukan no 1, hanya kalau ada waktu, uang, kesempatan dll, bisa berpada dan tetap bersyukur, tidak pahit atau marah karena tidak bisa menuruti hobynya.
3. Anak, suami/ istri, orang-orang yang dikagumi dll.
Ayub dan istrinya memanjakan anak-anaknya, bahkan memberhalakannya. Apa saja yang dikehendakinya diberikan, apalagi Ayub kaya. Memanjakan anak-anak, membuatnya menjadi orang yang tidak bisa menahan diri dari kehendaknya, dari kesukaannya, sehingga mereka akan limpah dengan segala macam dosa. Ini seperti Salomo. Anak-anak Ayub tidak lagi mau dicegah dari keinginan2nya dan Ny. Ayub selalu membela anak-anaknya, dan Ayub tidak tegas pada istri dan anak-anaknya, ia hanya selalu mintakan ampun. Ay 1:5.Akibatnya Tuhan membunuh sekaligus anak-anak orang yang saleh ini, pasti karena dosa2nya melebihi batas juga seperti orang zaman Nuh yang terus menuruti kesukaan dagingnya lebih dari se-gala2nya. Ayubpun disuruh menghojat dan mati seperti anak-anaknya, Ayub menolak dan mulai tegas pada istri dan anak-anaknya. Ayub memang takut Tuhan sebab itu ia lebih mudah terlepas dari jerat setan. Ibadah, pelayanan, masa teduh, 7 KPR bisa diubah dan dihalangi karena menuruti orang-orang yang diberhalakan ini. Bahaya anak-anak atau istri/ suami yang dimanjakan jadi rusak rohaninya, dosanya meningkat, kadang-kadang tidak tertolong dan kena hukuman dahsyat.
Jangan mengulangi salah Ayub orang benar itu.
4. Popularitas. Ini karena suka puji, sombong, lalu tidak mau kalah, iri, tersinggung dll. Ini juga melahirkan banyak dosa seperti Saul dan akhirnya binasa ditekan iblis untuk bunuh diri.
5. Kesukaan sex di luar nikah. Pornografi, pergaulan bebas, persundalan dll semua itu dosa zina, meskipun hanya dalam pikiran Mat 5:28.
6. Lain-lain: Ideologi, kepintaran nyanyi, musik atau kombinasi dari ber-macam-macam berhala.
V. AKIBAT BERHALA.
Semua berhala2 itu ada daya tariknya yang sangat menyenangkan sehingga ter-gila2 dan terikat erat, sebab itu seringkali sulit dilepaskan. Luk 5:39.
Berhala itu menimbulkan segala macam dosa denganlimpahnya, sehingga akibatnya juga sangat limpah dan beragam dalam segala segi hidup. Mulai dari hajaran Allah, sampai akhirnya hukuman bahkan kadang-kadang sampai tindakan terakhir diserahkan pada iblis untuk dianiaya supaya bertobat dan diselamatkan. 1Kor 5:5.
Bukan saja hubungan dengan Tuhan dikorbankan dan itu berarti mati rohani seperti carang yang patah apalagi sampai putus dari pokok, tetapi juga iblis akan menguasainya, mengikat dan merusaknya sampai dosa tingkat 2 (dalam roh, ada roh2 setan dalamnya) bahkan kalau bisa sampai sempurna dosanya dengan macam-macam umpan. Kalau iblis sudah menguasainya seringkali setan2 berusaha lekas membunuhnya (setan tidak berhak membunuh) tetapi iblis dengan macam-macam cara membunuh mereka yaitu dengan menekannya untuk membunuh dirinya sendiri dengan langsung atau tidak langsung, sebab kalau sudah mati, 100% milik iblis dan tidak bisa berubah lagi! Dahsyat! Kalau orang itu masih bisa bertobat, biasanya Allah selalu mencari jalan dan memakai orang-orang beriman lain untuk menolongnya dengan nasehat, doa, syafaat, teguran, pertolongan dll, sebab Allah tetap ingin anak terhilang pulang. 2Pet 3:9.
VI. MENCEGAH.
Biasanya ikatan dosa karena cinta akan berhala2 itu sulit dilepaskan, tetapi tetap bisa. Orang itu sendiri yang harus mengambil keputusan (sebab manusia bukan mesin/ robot), sebab itu kita harus mengerti segala perkara tentang berhala dari Firman Tuhan dan segera melepaskan ikatan dari berhala2 itu (lebih baik waktu baru mulaiterikat dengan perkara-perkara dosa apapun, sebab ini bisa jadi berhala!).
Segera sadar, lepaskanlah sejak permulaannya, itu yang terbaik, sehingga belum terjadi kerusakan berat. Belajar berpada 1Tim 6:8, 1Kor 7:31, Gal 6:14, dan belajar hidup untuk Kristus Pil 1:21, Gal 2:20 memperkenankan Tuhan.
– Kita harus mau menyangkal diri, menderita karena Tuhan Pil 1:29 dan taat akan Firman Tuhan, terus tinggal dalam kesucian, memelihara hubungan baik dengan Tuhan seperti carang dalam Pokok, maka melepaskan segala permulaan berhala jadi lebih mudah.
Ambil putusan tegas, jangan ragu2 Luk 12:57. Jangan mendua dan lawan iblis Yak 4:7-8. Jangan mendua dengan kesukaan dan ikatan berhala 2Raj 17:33. Kita tidak bisa setengah hati, minum dari kesukaan Tuhan dan minum kesukaan dosa 1Kor 10:21-22, itu menarik hukuman Allah; Siapa berani melawan Allah? Jangan bercabang hati, hidupnya akan bantut, tidak tumbuh dan rohaninya akan merosot sehingga akhirnya rusak sama sekali, undur dan binasa.
VII. KELEPASAN.
Kalau mau, mudah, sebab dalam nama Tuhan Yesus ada kuasa yang besar (bisa melepaskan dirinya sendiri) asal mau menanggung akibatnya dari segala berhala2 modern yang bisa marah dan memberi macam-macam akibat, istimewa dari orang-orang yang diberhalakan. Minta tolong pemimpin-pemimpin rohani, biasanya akan lebih mudah, asal mau. Kalau tidak sungguh2 mau, Tuhan Yesuspun tidak bisa melepaskan Yudas, Elisa tidak bisa melepaskan Gehazi, sebab tidak mau dan rencana Allah yang mulia diganti kusta lalu masuk Neraka yang kekal. Ambil putusan yang betul, bertobat sungguh2 sebelum terlambat. Seringkali orang punya beberapa berhala, lepaskan semua, Tuhan sanggup menolong!
Nyanyian:
Dengan tegas ambil keputusan,
kutinggalkan semua.