M3727 – Amsal 23:29-35. Akibat Mabuk Anggur Dunia.

Juga Nuh seorang yang berjalan dengan Tuhan 120 tahundan mencapai prestasi yang sangat bagus bisa mabuk anggur sampai telanjang dan hidup sia-sia. Kej 9:20-21. (Dalam 120 tahun Nuh berjalan dengan Tuhan, ia berbuat banyak hal yang berartidan ceritanya dicatat Tuhan dalam Alkitab, amat banyak dan indah-indah, tetapi sesudah mabuk ia hidup 350 tahun lagi, tetapi tidak ada cerita yang berarti, sia-sia).Kalau sudah berhasil, sudah heran, harus tetap hati2, jangan minum anggur dunia, bisa jatuh, habis dan jadi sia-sia.
Ada seorang hamba Tuhan yang dipakai Tuhan cukup heran, waktu tua, merasa sudah cukup, apalagi kena stroke (lumpuh), ia terus duduk di kursi roda di muka TV berlangganan sampai ber-tahun-tahun lalu mati. Kemana dia sesudah mati? Juga  Salomo mabuk anggur kedagingan dan akibatnya hidupnya menjadi sia-sia, sudah tidak ada ceritanya lagi seperti Nuh.
AMS 23:29. GUDANG CELAKA DAN PENDERITAAN.
SIAPA YANG PUNYA CELAKA? SIAPA YANG PUNYA PENDERITAAN? SIAPA YANG PUNYA PERKELAHIAN? SIAPA YANG BANYAK BICARA? SIAPA YANG PUNYA LUKA-LUKA TANPA SEBAB? SIAPA YANG PUNYA KEMERAHAN MATA?
Limpah dengan kekacauan, kegelisahan, perkelahian, tangisan, penderitaan, luka-luka batin bahkan tanpa sebab dan macam-macam celaka lainnya, satu gudang penuh penderitaan. Mengapa?
Ini semua karena akibat kelimpahan dosa-dosa yang lalu. Lebih banyak dosa lebih banyak kegelisahan dan penderitaan.
Yes 57:20
Meskipun untuk sesaat masih bisa bersukacita, tetapi dalam hati berasa sakit.
Ams 14:12-13
(Ibr 11:25),
Akhirnya dukacita, kekosongan jiwa danhaus terus Yoh 4:13.
AMS 23:30. KUNCI NERAKA ATAU SURGA.
MEREKA YANG TINGGAL LAMA DALAM ANGGUR, MEREKA YANG PERGI MENCARI ANGGUR CAMPURAN.
Inilah sebab dari timbulnya gudang celaka dan penderitaan itu, yaitu karena terus menerus minum anggur dunia. Mereka tertipu. Mereka mengira kalau minum anggur ini, mereka akan terhibur dan bisa bersukacita dengan meriah setiap hari. Tetapi ternyata mereka makin haus dan jadi gudang penderitaan karena dosa-dosanya.
Dosa adalah tanda khas Neraka (suci tanda khas Surga Wah 4:8).Dimana ada dosa, disitu ada kepahitan dosa dengan segala penderitaannya. Tetapi dimana ada kesucian, maka disini turunlah suasana Surga, sangat indah dan penuh sejahtera. Sekalipun orangnya masih dalam dunia suasana Surga atau neraka sudah terasa dan akan bersambung terus sampai kekal Yoh 4:14. Jangan hidup dan terikat dalam dosa, tetapi terikatlah pada Kristus, itu akan membuat kita tetap dalam kesucian dan menang dalam pencobaan. Terikatlah kepada Tuhan, itu kunci hidup bahagia dan indah sampai kekal!
Sebab itu jangan coba-coba minum anggur lama, nanti terikat, bukan pada sukacitanya tetapi pada penderitaannya yang segudang penuh. Terikatlah pada Tuhan bukan terpaksa, tetapi dari kehendak kita sendiri.
Juga jangan mencari anggur campuran.
Mencari anggur baru tidak sulit, di mana-mana saja bisa didapatkan yaitu dengan tinggal tetap di dalam Kristus dan itu tidak sulit. Kalau kita di dalam Kristus, itu berarti dalam kerajaan Surga (Luk 11:20; 17:21) maka selalu ada sukacita dan sejahtera Rom 14:17.
Mencari anggur lama ini lebih sulit, (apalagi untuk orang beriman) sebab tempatnya di jalan lebar, dan semua mata melihatnya (Ibr 12:1)kadang-kadang harus masuk Sodom dahulu.
Biasanya orang Kristen yang suka cari an ggur campuran adalah orang yang kehabisan sukacita, lalu ingin cari kesenangan untuk kepuasan hatinya. Lebih-lebih kalau lihat advertensinya di koran, TV, tempat-tempat keramaian dll, sangat menarik.
Tetapi orang beriman yang mengerti tidak mau, sebab itu jerat iblis, akan muncul dosa, dan itu membuat suasana Neraka masuk dalam hati,sekalipun masih di dunia.
Ingat justru Tuhan memerintahkan kita untuk bersukacita di dalam Tuhansenantisa Pil 3:1; 4:4 sama seperti ia memerintahkan kita untuk jadi kudus 1Pet 1:15-16.
Heran, di dalam Tuhan, bersukacita itu diperintahkan, bukan “kalau bisa”. Dengan kata lain semua orang beriman yang mau pegang Firman Tuhan harus selalu bersukacita dalam Kristus, dalam segala sikon.
Kalau orang Kristen tidak mau, tidak bisa bersukacita, itu berarti ada yang salah, biasanya ada dosa atau tidak percaya dan sebab ia keluar dari Ruangan Suci (hidup rohani yang normal itu di Ruangan Suci). Kalau tidak ada dosa, kita bisa bersukacita dengan iman, nyanyi saja atau berdoa, lebih-lebih dalam Roh dan hidup benar, maka sungai air hidup (ini kesukaan dari Roh Kudus) akan mengalir dalam hati kita, bukan hanya emosi atau sugesti tanpa “barang”nya.
Kita punya sumber dan air sukacita dari Tuhan dan jumlahnya bisa makin meningkat seperti tertulis dalam Yez 47 atau sesuai dengan tingkatan-tingkatan rohani berdasar Kemah Suci.
Justru orang Kristen yang tidak bisa bersukacita itu tidak normal, harus segera membereskan diri atau “diobati” supaya tidak masuk jerat iblis dan supaya rohaninya jangan makin rusak. Jangan masa bodoh, tetap tidak percaya atau tetap keras hati dalam dosa, maka dukacita dan kekosongan hati itu bisa merusak jasmani dan rohani.
Sebaliknya bersukacita di luar Tuhan itu berbahaya, sebab:
1. Bisa mabuk sehingga tidak lagi mau sukacita dari Tuhan, terus minum anggur lama. Luk 5:39.
2. Sukacita dunia tidak memisahkan antara sukacita yang netral (apalagi sukacita dari Tuhan, mereka tidak mengenalnya) dan sukacita karena dosa Ibr 11:25. Sebab itu biasanya sukacita dalam dunia itu selalu campuran dengan dosa sedikit atau banyak atau penuh.
Sebab itu mencari anggur campuran itu berarti masuk jerat iblis. Di akhir zaman, makin lama makin sulit menemukan kesukaan yang netral dalam dunia; seringkali campur dengan perzinaan (dalam pikiran sampai perbuatan {misalnya ayat 33}, narkoba, bertuhankan perut, jemawa, uang (hadiah2, judi), kebencian, sadis, kuasa, occultisme dll. Hati2 dengan anggur campuran, lebih baik minum anggur baru saja, yaitu kesukaan dari Tuhan.
AMS 23:31. DAYA TARIK DOSA.
JANGANLAH MELIHAT ANGGUR KETIKA IA MERAH, KETIKA IA MEMBERI WARNANYA DALAM CAWAN KETIKA IA MASUK DENGAN NIKMAT.
Merah itu menarik, sehingga Esau pun masuk jerat Yacob karena kacang merah. Kej 25:30,34. Orang mudah masuk jerat karena daya tariknya. Merah itu warna dosa. Yes 1:18, Wah 12:3. Warna dosa itu cocok dengan daging sebab itu sangat memikat sehingga perkara2 rohani dibuang dan dihinakan seperti Esau yang kena merah2 lalu menghinakan hal-hal rohani yaitu hak sulungnya. Sebab itu jangan icip2, kalau sudah masuk dengan nikmat, sulit lepas Luk 5:39. Dunia dan orang-orang isinya, juga barang2nya makin lama makin memikat dan menggiurkan. Bagaimana caranya jangan sampai terpikat?
1. Taat dipimpin Roh. Segera ada jerat atau umpan, Roh Kudus langsung mengingatkan. Kalau mau taat, langsung lolos. Ingat jerat dan pencobaan ini muncul setiap jam atau setiap menit. Juga muncul dalam hati karena keinginan kita sendiri atau karena kena panah berapi dari iblis. Tetapi segera kita tahu itu dosa, langsung buang dan lari Ams 22:3. Orang yang membiarkan, lama2 suara yang memperingati itu menjadi makin pelan dan orang itu makin berani melahapnya dan tertangkap dalam jerat seperti Hawa!
2. Mengerti Firman Tuhan. Kita bisa mengenali dengan lebih mudah sebab tahu, kenal tipu daya iblis 2Kor 2:11. Ingat dosa itu mulai dari pikiran. Segera timbul dosa dalam pikiran (misalnya Mat 5:28, Ams 5:21, rasa tidak senang, iri, benci, sombong dll) langsung perangi sampai menang! Bertobat sejak di dalam hati.
3. Kenyang dengan sukacita Tuhan. Maz 16:11, Ams 27:7, maka madu dunia yang paling manispun bisa di-injak2 tanpa merasa sayang atau rugi. Sebab itu jangan lupa perintah Allahuntuk bersukacita di dalam Tuhan, maka kesukaan Tuhan itu menjadi kekuatan kita untuk menolak segala daya tarik dosa dunia Neh 8:11.
4. Bisa menyangkal diri. Kadang-kadang daya tarik dosa dan dunia itu punya alasan dan kekuatan sehingga makin kuat memikat, tetapi kalau kita mau mematikan daging, maka daya tarik itu menjadi lemah Rom 13:14. Sebaliknya kalau daging dilazatkan, sebab tidak bisa menyangkal diri, daya tarik daging itu jadi kuat sekali sehingga Hawa tidak bisa mencegah tangannya mengambil buah maut.
5. Suka berdoa, lebih-lebih dalam Roh dan kebenaran, maka sukacita itu makin kuat mengalir keluar dari dekat Mezbah dalam rumah Tuhan. Yez 47:1. Murid2 waktu penuh Roh Kudus mereka begitu bersukacita sehingga dituduh minum anggur manis Kis 2:13. Bahasa lidah memberi feadah lebih dari 31 macam termasuk sukacita dan sejahtera (lihat Buku 31 faedah bahasa lidah).
6. Makin meningkat dalam Ruangan Suci. Tinggal dalam Ruangan Suci adalah sumber sukacita dari Tuhan, apalagi di Mezbah Dupa, itu dekat dengan Tabut, itu sumbernya.
Ingat Ruangan Suci = Hidup suci itu kunci suasana Surga.
Ruangan Maha Suci = Suci sempurna, mutlak, juga sukacitanya mutlak seperti Allah, luar biasa.
7. Saling menasehati. Penting saling menasehati supaya jangan berdosa bahkan dijaga kesuciannyasampai pikiran Mat 7:2-5 sehingga hubungan baik dengan Tuhan terpelihara 1Tes 5:10, maka suasana Surga akan terpelihara.
AMS 23:32. ANGGUR DUNIA ITU BISA ULAR BERBILUDAK.
AKHIRNYA IA MEMAGUT SEPERTI ULAR DAN MENYENGAT SEPERTI ULAR BERBISA.
Ul 32:32-33. Kesukaan daging dan dunia itu begitu jahat, seperti anggur Sodom dan seperti bisaular berbisa. Sebab itu jangan icip2, kalau tidak mau hilang keselamatannya atau rusak rohaninya.
Di-putar2 atau disamarkan bagaimanapun, upah dosa itu maut, tidak mungkin Surga Rom 6:23, sebab itu jangan lihat indahnya tetapi perhatikan akibatnya itu maut seperti pagutan ular berbisa. Anggur dunia itu seperti narkotik, betul2 obat setan sesudah mau mati baru sadar, juga orang yang kosong dan tawar hatinya mudah kena, itulan kesukaan dosa yang sesaat.
AMS 23:33. ANGGUR DUNIA BERCAMPUR DENGAN DOSA ZINA.
MATAMU AKAN MELIHAT PEREMPUAN ASING DAN HATIMU AKAN MENGUTARAKAN HAL-HAL YANG TERBALIK.
Orang yang mabuk anggur duniawi akan juga penuh dengan perzinaan Ef 5:18. Biasanya dalam anggur dunia selalu ada bumbu-bumbu zina dalam pikiran, kata-kata, sikap yang seksi dan macam-macam acaranya sampai timbul sedikit atau banyak dosa-dosa perzinaan. Ini dosa istimewa yaitu berdosa pada tubuhnya sendiri 1Kor 6:18 dan mengakibatkan najis tubuh 2Kor 7:1. Ini bukan najis jasmani tetapi rohani sehingga Roh Kudus tidak bisa bekerja. Apa akibatnya? Kalau tidak bertobat, tidak disucikan, akibatnya bisa ber-macam-macam, prinsipnya Roh Kudus atau kuasa Allah tidak bisa bekerja dalam tubuh ini, mungkin kena penyakit yang dahsyat (sampai ia bertobat sungguh2 dari dosa zinanya) atau tidak bisa ikut pengangkatan sebab Roh Kudus tidak bisa bekerja dalam tubuhnya untuk mengubahkan menjadi tubuh kemuliaan atau cacat sehingga kemuliaan tubuh yang baru itu berkurang, tingkatannya lebih rendah. Akibatnya dahsyat, sebab itu jauhkan dari perzinaan, mulai dari remaja sampai bertunangan sampai menikah sampai jadi janda/ duda sampai mati.
Hati dari orang yang minum anggur dunia, melihat perempuan asing biasanya terpikat (sudah berzina dalam hati) lalu ia mengutarakan (ber-kata-kata) tentang hal-hal yang terbalik. Timbul perselingkuhan, perceraian, aniaya, perkelahian, ribut tentang harta dan macam-macam tindakan yang ter-balik2 sebab kena dosa perzinaan! Rohani rusak dan binasa, kalau toh ada yang kembali (Tuhan mengharapkan Mat 11:20), jadi cacat sebab tindakan2 yang terbalik ini.  Cacat seperti orang yang putus kaki tangannya, buta tuli dan bisu, hanya seperti mayat hidup secara rohani, padahal permulaannya begitu gagah dan heran seperti Salomo. Jangan suka minum anggur dunia, berhentilah sebelum terikat dan binasa.
AMSAL 23:34. DIHUKUM DAHSYAT SEPERTI YUNUS.
MAKA ENGKAU AKAN MENJADI SEPERTI ORANG YANG BERBARING DI TENGAH2 LAUTAN ATAU SEPERTI ORANG YANG BERBARING DI ATAS PUNCAK TIANG KAPAL.
Yunus memang lari dari tugas dan pergi ke Tarsis, untuk rileks untuk bisa minum kesukaan daging dan dunia. Akibatnya ia harus berbaring di laut untuk beberapa hari lalu mati. Yunus tidak terlepas dari maut dengan sendirinya tetapi karena ia bertobat dan bergumul dengan kuat untuk minta ampun. Kalau tidak, ia akan berbaring mati dalam perut ikan, ia berbaring di laut. Yun 2:1-9.
Orang yang tidur di atas puncak tiang kapal berarti pasti mati celaka, dibanting (jatuh) ke bawah. Seharusnya orang itu memegang erat2 tiang kapal waktu naik, tetapi ia malah tidur; orang seperti ini tinggal tunggu matinya. Ini menjadi hukumannya. Betapa mengerikan hukumannya, padahal hanya minum anggur. Mengapa begitu? Sebab dosa-dosa yang timbul dari minum anggur menjadi  makin limpah. Banyak orang beriman merasa tidak berdosa untuk ikut dalam rekreasi dunia sehingga tidak ber-jaga2, padahal anggur dunia selalu ada campuran dan diam2 banyak yang kena jerat sehingga masuk dalam dosa. Ada orang ber-kata, kalau dia ikut dalam kesukaan dunia, dunia masuk dan Tuhan Yesus keluar dari hatinya.
Ada seorang ibu sesudah rekreasi di Belanda 1 bulan, pulangnya semua gairah ibadah dan pelayanannya habis atau lebih tepat hilang! Memang ada yang terpelihara atau jatuh dan dipulihkan, tetapi akibatnya bisa hanyut dan mati dalam lautan manusia dunia. Wah 17:15. Apalagi yang rutin minum anggur dunia, bisa tidur di lautan tempat perempuan sundal ini, yaitu mati rohaninya dalam dosa.Atau seperti jatuh dari puncak tiang kapal. Apalagi kalau pergi sendiri tanpa istri/ suami. Akhir zaman anggur dunia makin banyak, kejatuhan orang-orang beriman yang minum anggur dunia ini juga makin besar. Berdoalah supaya jangan ikut dalam kejatuhan yang amat besar pada akhir zaman ini 1Tim 4:1, 2Tes 2:3.
Bukan saja kejahatan, malapetaka itu ada di mana-mana, tetapi juga kematian rohani (kemudian kematian jasmani) karena dosa itu makin banyak dalam segala macam anggur dunia dan aktivitas umat manusia.
AMS 23:35. TIDAK SAKIT, MAU LAGI, SUDAH TERIKAT.
MEREKA SUDAH MEMUKULKU, TETAPI SAYA TIDAK MERASA SAKIT, MEREKA MENGHANTAMKU DAN SAYA TIDAK MERASAKANNYA. KAPAN SAYA BANGUN? SAYA AKAN MENCARINYA LAGI.
Sudah dipukul begitu hebat, dihantam ber-kali2 tetapi tidak merasa apa2, semua baik2 saja. Kapan bangun lagi, sudah tidak sadar sebab mabuk dalam dosa. Ini orang-orang yang minum anggur dunia lalu mabuk dan tidak lagi merasa sakit atau menderita. Kalau bisa bangun, cari anggur lagi, kalau mati tidak bangun, toh tidak terasa sakit, semua baik dan menyenangkan. Begitu banyak orang mabuk dalam anggur dunia, juga orang-orang beriman, sehingga seperti Nuh tidak merasa kalau ia telanjang.
Juga Salomo, tidak merasa kalau ia telanjang rohani, begitu rusak begitu keji dalam dosa sehingga berbuat dosa-dosa yang terlalu vulgar jasmani dan rohani. Ia mengumpulkan 1000 perempuan(sudah tidak bisa disebut istri lagi, terlalu banyak, istri hanya 1) dan secara rohani ia ikut menyembah berhala terang2an, padahal ia tahu itu semua sangat jahat dan keji. Salomo sudah mabuk anggur dosa, sehingga dipukul ber-kali2 sampai rohaninya hancur, ia tidak merasa sakit.
Kalau masih sempat bangun, ia lagi mencari anggur dunia. Kalau mati, hilanglah jiwanya dalam Neraka kekal. Begitu keji dan jahat akibat minum anggur dunia ini. Orang yang suka anggur dunia ini, yang tampaknya netral tetapi akibatnya dahsyat. Memang campuran itumula2 hanya sedikit bercampur perkara2 dosa yang ringan sehingga banyak orang beriman mengabaikan sebab yakin bisa mengatasinya lalu rutin minum anggur dunia itu, tetapi tanpa disadari jadi mabuk, telanjang dan tidur di laut atau di puncak tiang kapal (pasti mati). Setiap pukulan atau akibat dari minum anggur ini merusakkan rohani orang tsb dan tanpa terasa makin banyak rusaknya, tahu2 ada yang tidak bangun dan mati rohani, apalagi dalam zaman Antikris, rohaninya rusak, bisa mati di tempat, atau tahu2 Tuhan datang dan tertinggal. Sebab itu hati2, jangan rutin dengan tekun minum anggur dunia, tetapi tekun minum anggur kesukaan Tuhan dalam ibadah, Firman Tuhan, doa dalam Roh dan kebenaran, dalam jalan sempit di atas Mezbah, sukacita dalam pelayanan dan persekutuan, dan dalam hadirat Tuhan yang suci dan manis Maz 16:11. Tuhan mengingatkan bahwa meskipun orang-orang sering berkata: Kapan saya bangun kembali, kembali pada Tuhan? Tetapi waktu bangun, ia kembali minum anggur dunia dan akhirnya binasa! Jangan main2 dengan anggur dunia.
KESIMPULAN.
Begitu dahsyat akibat minum anggur dunia, yang biasanya oleh banyak orang beriman dianggap biasa, masih bisa ditolerir, bisa dikuasai, bisadiatasi, yakin tidak sampai hanyut. Ingat anggur campuran ini mula2 sedikit campuran dosanya, tetapi ternyata Salomopun (orang besar dan heran) hanyut dan celaka.  Meskipun Salomo masih bisa bertobat (itu satu diantara satu juta orang) tetapi cacat besar dan kekal. Sebagian besar sesudah bangun, kembali mencari anggur dunia, tidak bisa dicegah dan binasa! Andaikata Salomo tidak jatuh, bayangkan, betapa hebat dan mulia Israel yang akan menjadi kerajaan dunia dan perkara2 besar menghiasi umat Tuhan jasmani dan rohani.
Ayat 29. Gudang celaka dan penderitaan gara2 minum anggur dunia. Mungkin dahulu kita belum mengerti tetapi sekarang jangan lagi tertipu iblis.
Ayat 30. Semua celaka itu kuncinya adalah dosa, tanda khas neraka, sekalipun masih di dunia.
Ayat 31. Jangan mencicipi anggur dunia, jangan tertarik oleh merah daya tariknya. Ingat 7 hal untuk terlepas dari daya tarik keindahan dan kemuliaan dunia dan daging.
Ayat 32. Anggur dunia itu bisa ular biludak (iblis) akhirnya mati karena dosa. Jangan main2 anggur yang menarik dan manis, itu racun maut.
Ayat 33. Anggur dunia selalu penuh bumbu2 perzinaan dalam pakaian, sikap, kata-kata, acara dll, mula2 sedikit tetapi mengikat sampai terjerat.
Ayat 34. Minum anggur dunia bisa berakibat seperti Yunus tidur di laut atau di puncak tiang kapal lalu jatuh dan mati.
Ayat 35. Dipukul ber-kali2 tidak terasa, rohani hancur, rusak, tidak rasa sakit sebab ada obat bius bisa iblis si ular tua. Banyak yang tidak bangun dan mati untuk kekal. Orang yang sadar, tetapi kembali mencari anggur sebab sudah terikat, celaka. Lari daripadanya sebelum terlambat, nikmati kesukaan dari Tuhan yang sangat indah, murni limpah dan kekal.
Nyanyian:
Dunia ini bukan Firdaus.