M3718 – Galatia 5:1 Sekali Merdeka Tetap Merdeka

Secara jasmani semboyan ini mudah dimengerti sebab dalam jaman sekarang, tidak ada negara yang sudah merdeka, kembali dijajah ( dalam jaman dahulu sering terjadi).
Tetapi secara rohani ini seringkali terjadi, bahkan banyak. Mengapa? Salah satu sebabnya adalah karena banyak orang tidak mengerti dan tidak mempercayai bahwa kita bisa merdeka dari dosa.
Beberapa banyak orang Kristen salah mengerti, mereka mengira bahwa selama hidup di dunia ini (yang penuh dengan macam-maca dosa dan kejahatan yang sangat limpah),kita masih akan berdosa terus, baru nanti di Surga kita akan berhenti berdosa. Ini pikiran duniawi atau manusiawi. Janji Allah tidak demikian dan orang yang percaya pada firman Tuhan yakin bahwa kita bisa merdeka dari iblis dan dosa, sesuai dengan janji Firman Tuhan, merdeka dari dosa mulai sekarang danuntuk selamanya, dan ini yang betul seperti yang kita alami. Yoh 8:36; Rm 6:1-2.
Apa arti merdeka secara rohani? Yoh 8:36.
I. SUDAH DITEBUS OLEH TUHAN YESUS.
1Kor 6:19-20
19. Tidakkah kamu mengetahui bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, yang kamu terima dari Allah, dan kamu bukan milikmu sendiri?
20. Karena  kamu telah dibeli dengan suatu harga. Oleh karena itu permuliakanlah Allah di dalam tubuhmu dan dalam roh-mu, yang adalah milik Allah. (KJI)
Semua orang dosa adalah milik iblis, anak2 iblis, hambanya. 1Yoh 3:10. Pada waktu ditebus, yaitu waktu percaya pada Tuhan Yesus, kita  dimerdekakan, ditebus dari tangan iblis Luk 11:20-22, sehingga kita sekarang menjadi milik Allah, – posisi kita berubah menjadi anak2 Allah.
Yoh 1:12
Tetapi seberapa banyak yang menerima Dia, kepada mereka diberi-Nya hak untuk menjadi putra-putra Allah, yaitu kepada mereka yang percaya akan nama-Nya. (KJI)
II. SECARA ROHANI KITA PINDAH.
Kol 1:13
Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam kerajaan Putra-Nya yang dikasihi. (KJI)
Secara rohani dahulu kita berada dalam kerajaan iblis, lalu waktu kita percaya kepada Tuhan Yesus, kita dipindahkan oleh Tuhan ke dalam kerajaan Putra Allah yaitu kerajaan Allah atau Surga.
Jadi secara rohani kita sudah duduk di Surga dengan Kristus Ef 2:6. Ini dimungkinkan sebab dimensi alam roh itu lain dengan dimensi dunia yng kelihatan ini,  bisa saling tumpang tindih; Misalnya pada orang yang mau percaya pada Tuhan Yesus kerajaan Allah sudah datang padanya dan ia bisa masuk di dalamnya.
Luk 11:20
Tetapi jika Aku mengusir setan-setan  dengan jari-jari Allah, sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang ke atasmu. (KJI)
Sebab itu kerajaan Allah itu ada di dalam dunia secara rohani, dalam dunia roh, ada di dalam dan diantara orang beriman meskipun tidak kelihatan.
Luk 17:21
Mereka juga tidak akan berkata: Lihat ada di sini atau lihat ada di sana! Karena sesungguhnya Kerajaan Allah ada di dalammu.” (KJI) (KJV: among you or within you)
Jadi di dalam roh, kita sudah masuk dalam kerajaan Surga sesuai dengan skema Surga yang dibuat Musa di dunia yaitu Kemah Suci Ibr 8:5.
Sesudah kita dilahir barukan kita masuk dalam kerajaan surga Luk 11:20 yang sudah datang pada kita oleh kuasa Allah dan kita masuk serta duduk dalam kerajaan surga dengan Kristus, secara rohani Ef 2:6.
III. PERUBAHAN HUKUM sesudah kita pindah kedalam kerajaan Allah,  kita mengalami perubahan peraturan dan hukum yang berlaku pada kita.
Setiap negara mempunyai hukum yang berbeda. Misalnya tentang aborsi, narkoba dll peraturan setiap negara berbeda.
Di dalam kerajaan Allah berlaku hukum Roh kehidupan yaitu hukum Roh yang memberi kita kehidupan, membuat roh kita bisa hidup dengan kuat.
Dalam kerajaan iblis berlaku hukum dosa dan hukum maut.
Rom 8:2
Sebab hukum Roh Kehidupan di dalam Kristus Yesus sudah memerdekakan saya dari hukum dosa dan hukum maut. (KJI)
Hukum dosa, maut —> hukum Roh
kerajaan iblis                   Kerajaan Allah.
Jadi orang percaya sudah  pindah dari kerajaan iblis ke dalam kerajaan Allah, sebab itu sekarang yang berlaku bagi roh kita yang sudah duduk di surga dengan Kristus, adalah hukum Roh kehidupan. Tetapi orang-orang yang belum percaya, adalah milik iblis, anak2 iblis, masih ada dalam kerajaan iblis, yang dikuasai oleh hukum dosa dan hukum maut.
III.A. HUKUM.
Hukum itu menguasai semua orang-orang yang ada dalam kerajaan atau negeri dimana ia berada. Kalau seorangdari Australia pergi ke Indonesia, maka pada waktu ia tiba di Indonesia, makayang berlaku padanya adalah hukum yang berbeda, yaitu hukum Indonesia. Begitu kalau kita dipindahkan ke dalam kerajaan Putra Allah, yang sekarang berlaku bagi roh kita adalah hukum Roh kehidupan.
Hukum itu berlaku terus menerus selama orang itu ada dalam batas wilayah hukumnya.
Juga hukum alam misalnya hukum gaya berat berlaku di seluruh bumi (semua benda kalau dilepaskan akan jatuh ke bumi sebab kena hukum gaya berat).
Tetapi kalau kita pindah ke luar angkasa (seperti astronaut) maka di sana hukum gaya berat tidak lagi berlaku. Air tidak lagi mengalir ke bawah (dari kepala sampai kaki) tetapi menyebar sesuai tempatnya.
Begitulah untuk orang dosa (yang ada dalam kuasa iblis,penghulu dunia ini Yoh 12:31; 1Yoh 1:30) berlaku hukum dosa dan hukum maut, ia terus menerus dikuasai hukum dosa dan hukum maut (orang beriman yang percaya Tuhan Yesus, lain!).
Tubuh orang berdosa terhadap iblis disebut tubuh dosa (Rom 6:6) yang dikuasai hukum dosa dan terhadap hukum-hukum Allah disebut tubuh maut (Rom 27:24) yang dikuasai hukum maut. Orang beriman adalah anggota tubuh Kristus dan ada didalam kuasa hukum Roh kehidupan.
Perhatikan bahwa semua istilah2 ini tidak ada dalam dunia, tidak dimengerti di dunia, hanya ada dalam Alkitab, sebab ini adalah istilah Alkitabiah, pasti benar dan pasti berguna dan sangat penting untuk orang beriman, bahkan memberi kemenangan besar atas dosa dan iblis kalau kita mengerti! Yoh 17:17.
III.B. HUKUM DOSA.
Setiap kali orang berdosa dilepas dalam pencobaan, ia akan selalu dikuasai hukum dosa dan jadi berdosa. Tubuh dosa itu seperti pabrik dosa, setiap kali beraksi, setiap kali bekerja, selalu memproduksi dosa. Misalnya setiap kali dihina, timbul dosa marah atau benci; setiap kali dipuji, timbul dosa sombong; setiap kali di rayu oleh godaan sex (misalnya pornografi) timbul dosa sex atau perzinahan.
Sering kali orang-orang tidak mengerti akan hukum dosa dan maut, ini sebab dari luar, meskipun dicobai, mula2 belum tampak berdosa, seolah2 tidak ada apa-apa, tetapi dalam hatinya sudah ada reaksi, ia sudah ingin, sudah mau, sudah marah, sudah sakit hati, sudah benci dsb dan di hadapan Allah ini sudah dosa meskipun masih baru di dalam hati.
Ams 23:7
karena seperti orang yang menunggui dirinya, demikianlah adanya, maka katanya kepadamu kelak: Makan dan minumlah olehmu! tetapi hatinya jauh dari padamu. (TL)
Jadi hukum dosa dan maut itu sudah bekerja di dalam semua orang dosa, meskipun pada mulanya, dari luar sering kali belum kelihatan apa-apa.
Ada seorang nenek sangat tua, sebab itu mukanya sudah sangat keriput. Dua orang cucunya melihatnya dan seorang berkata: “Nek, wajahnya kok begitu jelek seperti kain lap lungset!” Tetapi yang satu berkata: “Nenek ini waktu muda cantik sekali”, neneknya berkata: “Ah..Nenek sudah tua”.
Nenek ini pergi dengan biasa, tidak apa-apa. Tetapi kemudian diam2 1 buah coklat sisa yang dimilikinya diberikan pada cucu yang mengatakan ia cantik. Dari luar tidak ada reaksi apa-apa, tetapi dalam hatinya ia mendongkol pada cucu Kain lungset.
Ada seorang teman di-kata2i teman yang lain, tetapi diam dan tidak menjawab sama sekali, tampaknya biasa2, tidak apa-apa. Saya kagum sekali akan kesabaran dan kebaikan hati teman itu, rasa2nya orang Kristen pun kalah dengan dia. Pada satu kali waktu pertama ber-cakap2 dengan dia, kita melihat teman yang me-ngata2inya itu berjalan di kejauhan. Tiba2 teman yang sabar dan baik ini berkata: “sampai mati saya tidak mau mengenalinya lagi!” Dengan wajah yang kecut. Saya terkejut setengah mati, sebab ternyata hatinya sangat terluka dan timbul kebencian yang amat sangat, meskipun waktu itu dari luar tidak tampak apa-apa.
III.C. HUKUM MAUT.
Hukum kelemahan atau hukum kegagalan. Bisa juga hukum maut itu dikatakan hakim kelemahan atau hakim kegagalan.
1Kor 11:30
Oleh sebab itu banyak di antara kamu yang lemah dan sakit dan banyak yang mati (KJI)
Ada tiga gradasi dari maut yaitu:
1. Lemah,
2. Sakit, dan
3. Maut atau mati. Maut itu adalah tingkat terakhir dari kelemahan. Jadi hukum maut itu dimulai dengan …????
Inilah hukum-hukum yang berlaku pada orang berdosa di hadapan Allah. Allah menghendaki semua orang mentaati hukum-hukum Allah yang adil dan benar. Tetapi terhadap hukum-hukum Allah orang berdosa selalu gagal, lemah tidak berdaya bahkan terlalu lemah atau sakit dan mati, tidak mampu melakukan hukum-hukum Allah. Misalnya terhadap peraturan Allah yang menyuruh taat, ternyata orang berdosa tidak mampu taat, mereka tetap melanggar, sebab lemah, tidak sanggup untuk taat. Disuruh jujur ternyata tidak bisa, tetap bohong; disuruh suci, ternyata lemah, tidak mampu, tetap berdosa; disuruh cinta, tidak sanggup mengalahkan hatinya yang benci, sehingga tetap benci dst. Inilah keadaan orang lama, orang berdosa yang rohaninya lemah, bahkan sakit dan mati, sehingga tidak kuat, tidak mampu menuruti atau melakukan hukum-hukum Tuhan. Orang berdosa tidak bisa taat akan peraturan dan hukum-hukum Allah, hatinya terlalu lemah, bahkan sakit dan sudah mati sehingga tetap melanggar; selalu tetap di dalam ikatan dosa, tidak bisa lepas dari perhambaan dosa dan terus melanggar hukum-hukum Tuhan. Di hadapan Allah orang berdosa itu seperti bangkai, tubuh yang mati, tubuh maut; memang orang berdosa itu seperti tubuh maut yang terus menerus dikuasai hukum maut, lemahdan gagal untuk taat akan Firman Tuhan sebab seperti orang yanglemah, sakit atau mati, seperti bangkai atau mayat.
III.D. ORANG BERDOSA.
Karena tubuh dosanya (yaitu pabrik dosa) selalu dikuasai hukum dosa dan tubuh maut (tubuh yang mati, bangkai) tidak bisa berbuat apa-apa, selalu dikuasai hukum maut, maka orang berdosa tetap berdosa tidak bisa lepas dari dosa, tetapi dijajah iblis.
Hukum dosa dan hukum maut ini adalah senjata iblis untuk terus menguasai orang-orang berdosa, sehingga merekaterus menjadi anak2 iblis, tidak bisa lepas, kecuali dimerdekakan oleh Tuhan Yesus, Juru selamat manusia!
III.E. HUKUM ROH
Roh Allah memberi kehidupan bagi roh manusia, menghidupkan roh manusia sehingga kuat.
Zak 4:6
Lalu sahutlah ia, katanya kepadaku: Inilah firman Tuhan kepada Zerubbabil, bunyinya: Bukannya oleh kuat dan bukannya oleh gagah, melainkan oleh Roh-Ku juga ia itu akan jadi, demikianlah firman Tuhan serwa sekalian alam. (TL)
Hukum Roh berlaku pada orang-orang yang sudah lahir baru, yang ada di dalam kerajaan Allah. Pada waktu orang-orang beriman dilepas dalam pencobaan, rohnya dikuatkan oleh Roh Kudus untuk menolak keinginan atau kehendak daging, untuk mematikan kehendak daging, sehingga tidak lagi menuruti daging tetapi menurut Roh yaitu taat akan Firman Tuhan
Gal 5:16
Jadi, inilah yang saya katakan: “Berjalanlah di dalam Roh, maka kamu tidak akan menggenapkan nafsu daging (KJI)
Misalnya waktu dihina orang, daging jengkel, marah, sakit hati dan ingin membenci, tetapi Roh Kudus menguatkan roh kita, kalau kita mau taat pada pimpinan Roh, kita jadi kuat dan bisa menolak, mematikan kehendak daging sehingga kita tidak membenci orang itu, tetapi mengampuni dan tetap mengasihi, sehingga tidak sampai berdosa.
Begitu juga kalau disuruh jujur, daging hendakberbohong, tetapi Roh menguatkan kita, maka kalau kita mau hidup benar, kita dikuatkan sehingga kita bisa menolak menurut daging tetapi menurut Roh dan tidak sampai berdosa, melainkan tetap ber-kata2 jujur; Tentu Roh Kudus juga memberi hikmat, akal budi (apalagi kalau kita peka mendengar suaraNya) supaya kita tidak diperdayakan orang-orang berdosa itu.
Kalau kita digoda untuk berzina, misalnya kena gambar-gambar porno, daging setuju dan ingin melakukannya tetapi Roh menguatkan kita, kalau kita tetap mau hidup suci, kita akan tetap kuat, kita bisa menghindari godaan itu dan dalam pikiran kita, kita juga menolak dan membuangnya sehingga tidak sampai berdosa.
(Perhatikan, kalau orang itu sengaja mencari dan melihat gambar atau film2 porno, itu sudah jatuh dalam dosa, daging dilazatkan dan sangat kuat ingin perkara2 perzinaan. Ini orang yang memang mau berdosa, sudah berdosa. Ia kembali dalam dosa, Roh Kudus tidak berkenan dan tidak bisa atau sulit menolongnya ia tidak lagi di bawah hukum Roh tetapi menempatkan dirinya sendiri dalam hukum dosa dan maut lagi, masih bisa. Roh Kudus sulit menolongnya sebab memang ia memilih untuk berdosa zina. Kecuali ia sungguh2 bertobat, Roh Kudus masih bisa menolongnya. Tetapi jangan terus menerus berdosa, itu mendukacitakan Roh, melawan Roh bahkan memadamkan Roh, bisa2 ia terus jatuh dalam dosa zina dan terikat. Seringkali kalau toh bertobat, selalu ada akibatnya, rohaninya bisa cacat dsb. Jangan lagi sengaja berdosa, lari daripada semua yang mulai tampak jahat dan dosa.
Ams 22:3
Orang bijaksana itu serta dilihatnya jahat, maka disembunyikannya dirinya, tetapi orang bodoh melangsung juga lalu kena. (TL)
Dalam menuruti pimpinan Roh, sering kali kita  harus merugi, tetapi kita dikuatkan untuk bisa pikul salib dan tetap taat menurut Firman Tuhan meskipun merugi, tetapi tidak berdosa!
Sebab itu orang yang sudah lahir baru, tidak lagi dikuasai oleh hukum dosa dan hukum maut (meskipun masih ada tubuh daging yang condong pada dosa, yang harus disangkali) tetapi kita ada dibawah kuasa hukum Roh kehidupan yang memberi kekuatan dan kemenangan bagi yang mau taat.
III. F. PERGUMULAN DAGING DAN ROH.
Manusia terdiri dari orang dalam, manusia batiniah (inner man) dan orang luar, manusia lahiriah (outer man). Orang batin itu roh kita yaitu pribadi kita yang sebenarnya. Manusia lahiriah (ini tubuh yang hidup, terdiri dari tubuh dan nyawa; kalau tubuh yang mati hanya terdiri dari tubuh yang kembali jadi tanah. Lihat lebih lanjut dalam buku tubuh jiwa roh dan tebus tubuh oleh Pdt. Jusuf BS). Pada waktu kita ditebus oleh Tuhan Yesus itu baru manusia batiniah atau roh kita. Tubuh kita belum ditebus, kita masih menantikan tebus tubuh 1Kor 15:23 KJI. Kita sudah ditebus (roh kita) tetapi masih menunggu penebusan tubuh yang akan datang otomatis bagi orang yang setia sampai mati. Ef 5:30, Luk 21:28 KJI. Selama kita masih hidup dalam tubuh daging ini, tubuh ini menuruti nafsu daging mau mempengaruhi dan menyeret kita dalam kedagingan dan dosa. Sebab itu roh kita harus dikuatkan.
Mat 26:41
Berjaga dan berdoalah, supaya jangan kamu masuk dalam pencobaan; sungguhpun roh mau tetapi daging lemah.” (KJI)
Jadi kita masih menghadapi perlawanan dan halangan dari tubuh daging ini, sampai hari pengangkatan (atau kebangkitan orang benar), maka tubuh kita berubah menjadi tubuh kemuliaan (Pil 3:21, seperti tubuh Putra manusia Yesus sesudah bangkit) dan tubuh kemuliaan ini tidak lagi bisa berdosa, sebab sudah mengalami tebus tubuh. Tetapi sekarang seringkali kita masih mengalami perlawanan, halangan atau hambatan dalam daging ini. Tetapi kalau kita mau taat akan Firman Tuhan, Roh Kudus sanggup menolong kita.
Gal 5:16
Jadi, inilah yang saya katakan: “Berjalanlah di dalam Roh, maka kamu tidak akan menggenapkan nafsu daging (KJI).
III.G. HUKUM ROH TIDAK OTOMATIS TETAP HARUS MEMILIH UNTUK TAAT.
Kalau seorang berbuat dosa atau hidup dalam hukum dosa dan maut, itu bisa berjalan dengan sendirinya, tanpa memilihpun bisa jadi, apalagi memang ingin dan mau berdosa. Sebab:
1. Semua orang berdosa itu hidup dalam tabiat dosa (tabiat lama) yang memang adalah budak dosa. Sekalipun terang ada dan sudah datang, manusia lama memang lebih suka akan dosa.
Yoh 3:19
Maka inilah hukumannya bahwa terang itu sudah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih mencintai kegelapan daripada terang itu, sebab perbuatan-perbuatannya jahat. (KJI)
2. Berdosa itu memang cocok dengan daging, sekalipun tanpa memilih atau usaha, bisa jalan, seperti orang atau mobil yang jalan menurun, tanpa mesin atau bensinpun bisa.
Roh Kudus tidak memaksa, sebab Allah menciptakan manusia sebagai mahluk bebas, tetapi kalau kita memilih dan mau taat maka Roh Kudus sanggup menolong kita sampai berhasil sebab Dia adalah Allah yang maha kuasa, maha tahu, bagiNya tidak ada sering yang mustahil, Ia sanggup menolong orang beriman yang mau sampai 100% berhasil, sebab Ia maha kuasa! Kalau kita mau, pasti menang, sebab Roh Kudus memberi kekuatan dan kemampuan yang pas cukup bahkan limpah.
Sebab itu orang-orang beriman di dalam hukum Roh, seringkali mengalami pergumulan atau peperangan antara daging dan Roh yang kuat, tetapi kalau dengan sungguh2 kita memilih untuk taat dan harap pada Tuhan, minta pertolongan Roh Kudus, pasti kita bisa menang oleh pertolongan Roh Kudus yang maha kuasa!
Jadi kita harus ambil putusan untuk taat, maka Roh Kudus akan sanggup menolong kita sampai menang. Orang yang dibaptiskan dengan Roh Kudus (dengan tanda2 yang menyertainya Kis 2:33 yaitu ber-kata2 dengan bahasa lidah) mendapat kekuatan dan kuasa yang lebih besar Kis 1:8*. Memang seharusnya setiap orang yang mau hidup suci minta baptisan Roh Kudus yang memang sudah dijanjikan oleh Tuhan Kis 2:38 Luk 11:13. Setiap orang beriman yang mau hidup suci dan minta baptisan Roh Kudus akan diberi Tuhan, bukan hanya untuk orang-orang khusus. Kalau sungguh2 mau hidup suci dan taat akan Tuhan, Tuhan akan memberikannya Mat 3:11.
*) Bacalah lebih lanjut dalam buku baptisan Roh Kudus oleh Pdt. Jusuf BS).
III.H. PEMELIHARAAN ROH KITA.
Jadi orang percaya bisa hidup suci, sebab Tuhan Yesus sudah menebus ktia dengan sempurna, sehingga kita bisa betul2 merdeka dari dosa.
Yoh 8:36
Sebab itu jikalau Putra itu memerdekakan kamu, kamu akan sungguh-sungguh merdeka.” (KJI)
Orang yang sudah ditebus Tuhan Yesus seharusnya sudah mati lepas dari dosa.
Rom 6:1-2
1. Lalu apakah yang hendak kita katakan? Akankah kita terus berbuat dosa supaya anugerah dapat melimpah?
2. Sekali-kali tidak! Bagaimanakah kita yang sudah mati lepasa dari dosa dapat hidup lagi di dalamnya? (KJI)
Kita sudah dimerdekakan dari hukum dosa dan maut, merdeka dari dosa dan iblis; sebab itu orang percaya itu mempunyai kuasa mengusir setan.
Mrk 16:17
Maka tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: di dalam nama-Ku mereka akan mengusir setan-setan, mereka akan berbicara dengan lidah-lidah yang baru, (KJI)
Tetapi, hidup rohani harus dipelihara.
Bayi yang baru lahir itu sehat, tidak sakit, bisa hidup dengan sehat untuk seterusnya, tetapi bayi itu harus dipelihara supaya tetap sehat, harus cukup makan (minum susu), cukup tidur,  dijaga kebersihannya dll. Kalau tidak dipelihara bisa sakit dan akhirnya mati. Bahkan juga orang dewasa kalau mau tetap sehat juga harus dipelihara baik2 kesehatannya tidak boleh ditelantarkan, apalagi dikerjakan habis2an tanpa dipelihara, cepat sakit dan cepat mati. Kita sudah mengerti pemeliharaan kesehatansecara jasmani.
Begitu juga secara rohani supaya bisa tetap sehat rohani, kita harus memelihara kesehatan rohani kita, yaitu dengan tetap lekat pada Pokok yang benar Yoh 15:5, menghisab sari2 kehidupan dari Tuhan yaitu dengan:
1. Setia beribadah. Ibr 10:25.
2. Pikul salib. Luk 9:23.
3. Memelihara kesucian, membuang setiap dosa. 1Pet 1:15-16.
4. Setiap hari belajar Firman Tuhan. Maz 1:1-3.
5. Tekun berdoa. 1Tes 5:17.
6. Bersekutu dengan saudara2 seiman. 1Yoh 1:7.
7. Rajin bersaksi memenangkan jiwa. Mat 5:13-16.
Inilah 7 KPR*, supaya kita tetap sehat dan terus bisa hidup suci, berjalan dengan Tuhan dan melakukan kehendakNya.
Dengan demikian kita bisa tetap merdeka, tidak diperhamba dosa lagi, asal rohani kita terus dipelihara dengan hati yang bulat, sungguh2 mau terus hidup suci dengan Tuhan.
*) Untuk mempelajari lebih lanjut tentang 7 KPR, bacalah buku 7 KPR.
IV. TUMBUH DALAM TABIAT BARU.
Sesudah lahir baru kita bisa hidup baru seperti Kristus, tidak lagi hidup sebagai orang lama dalam dosa, tetapi hidup dengan cara2 baru yaitu dengan tabiat baru sesuai Firman Tuhan seperti Kristus. Sebab pada waktu lahir baru, tabiat lama sudah lenyap dan tabiat yang baru sudah ada, sudah terbit.
2Kor 5:17
Sebab itu jika seseorang ada di dalam Kristus, ia adalah suatu ciptaan baru, hal-hal yang lama sudah berlalu, lihatlah segala hal sudah menjadi baru. (KJI)
Ini adalah hasil lahir baru oleh air (Firman Tuhan) dan Roh Kudus Yoh 3:5-6. Orang lama lahir dari manusia lama, punya tabiat lama, tetapi sesudah lahir satu kali lagi oleh Allah kita punya sifat2 ilahi (2Pet 1:4), kita jadi anak2 Allah, punya sifat2 seperti Allah, sebab itu Firman Tuhan menyuruh kita memanggil Allah di Surga sebagai Bapa kita. Jadi kita bisa hidup dengan cara baru seperti Kristus.
Anak ikan tidak perlu dilatih berenang, sudah bisa dengan sendirinya sebab ia adalah anak ikan, tetapi terbang tidak bisa. Anak burung bisa terbang dengan sendirinya tetapi tidak bisa berenang dan menyelam seperti ikan.
Tumbuhlah, makin kita tumbuh, tabiat2 ilahi yang baru makin nyata. Sebab itu Firman Tuhan berkata supaya kita menjadi sempurna seperti Bapa kita di Surga.
Mat 5:48
Karena itu hendaklah kamu sempurna, sama seperti Bapamu di Sorga itu sempurna. (KJI)
Jadi kita bisa hidup suci, merdeka dari dosa dan tumbuh dalam tabiat baru seperti Kristus, tidak lagi dalam tabiat lama yaitu tabiat dosa, tabiat turunan dalam dosa, luar biasa!
V. PUNYA SURGA. Orang yang percaya Tuhan Yesus punya hidup kekal dalam Surga Yoh 3:16, seperti Kristus dan Bapa kita, sebab kita dikerjakan oleh Roh Kudus. Penjahat yang di salib dengan Putra manusia Yesus, sebab percaya, langsung selamat. Ia mendapat tempat di Firdaus untuk kekal Luk 23:43. Orang yang mati tetap dalam Kristus (harus tetap setia sampai mati Mat 24:14) akan selamat dan punya tempat tetapatau rumah di Surga.
1Tes 4:14
Karena jikalau kita percaya bahwa Yesus sudah mati dan bangkit pula, demikian juga Allah akan membawa beserta-Nya mereka yang telah tidur di dalam Yesus. (KJI)
Ini semua cuma2. Kita bisa menyanyi RumahKu ada di dalam Surga dan itu betul. Tetapi kita tidak bisa menyanyi rumah tetangga milikku! Surga lebih besar dari rumah tetangga, tetapi kita mendapatnya dengan cuma2.
VI. BAGI2KAN KEMERDEKAAN INI PADA SEMUA ORANG.
Asal seorang sungguh2 mau percaya pada Tuhan Yesus, ia akan dimerdekakan yaitu:
1. Ditebus dari tangan iblis jadi milik Allah 1Kor 6:19-20.
2. Statusnya berubah menjadi anak2 Allah dan Allah jadi Bapanya Yoh 1:12.
3. Dipindahkan ke dalam kerajaan Putra Allah yaitu kerajaan Allah, sehingga hukum dosa dan maut tidak lagi berlaku atasnya, tetapi sebagai anggota tubuh Kristus kita ada dalam hukum Roh yang memberi hidup.
4. Bisa tumbuh dalam hidup baru seperti Kristus 1Kor 11:1 dan
5. Punya kerajaan Surga. Yoh 3:16. Luar biasa.
Orang yang tidak percaya pada Tuhan Yesus harus menanggung akibat dosa2nya sendiri dalam Neraka, sangat menderita untuk kekal. Tuhan yang sudah mengasihi kita merindukan supaya kita juga punya belas kasihan pada orang-orang lain supaya orang lain tidak sampai binasa dalam hukuman dosa2nya.
Mat 9:13
Tetapi pergi dan pelajarilah artinya. Aku menghendaki belas kasihan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang-orang berdosa supaya bertobat.” (KJI)
Belas kasihan pada isi rumah kita, pada orang-orang di dekat kita bahkan pada semua orang yang berhubungan dengan kita. Ini khusus satu2nya tujuan Allahmenjadi prioritas Allah di atas se-gala2nya. Juga ini harus menjadi prioritas utama kita yang harus kita lakukan. Ini kehendak Allah bagi kita. Merdekakan, selamatkan orang lain dari dosa, maka mereka akan terlepas dari dosa, hidupnya jadi sukacita, puas dan dalam menghadapi pencobaan dan problem apapun, dengan Tuhan kita akan menang ber-sama2 Allah Rom 8:31. Luar biasa.
Untuk segala kebutuhan kita se-hari2, kita tidak perlu takut, sebab Bapa Surgawi akan memelihara semua anak2nya dengan pasti.
Jangan kuatir akan segala kebutuhan dan fasilitas yang kita butuhkan, Dia sanggup dan mau memelihara anak2Nya. Kalau orangtua selalu memelihara anak2nya dengan se-baik2nya, apalagi Bapa Surgawi yang kasihNya jauh lebih besar dari orangtua duniawi, pasti Ia akan memelihara kita se-baik2nya. Jangan ragu2, percayalah dan kita akan menerima pemeliharaan Allah yang lengkap, asal kita tidak menyalahgunakannya untuk kembali dalam perhambaan dosa, sebab itu kehendak Allah.
KESIMPULAN.
Dimerdekakan oleh Tuhan Yesus itu luar biasa. Sesudah merdeka, jangan hidup sia2. Isikan kemerdekaan kita baik2, yaitu dengan:
1. Taat akan Firman Tuhan dengan sungguh2, makakita bisa hidup suci dan terus meningkat makin suci dan makin seperti Kristus dan kita bisa melakukan semua kehendak Tuhan dalam hidup kita, sebab hukum yang berlaku atas kita adalah hukum Roh kehidupan dan semua ini ada pahalanya. Wah 14:13.
2. Merdekakan orang lain dengan penuh belas kasihan. Tabur Kis 16:31, Tuhan yang menumbuhkan Mrk 4:27. Jiwa2 yang kita selamatkan akan menjadi mahkota kesukaan kita 1Tes 2:19.
3. Tumbuh terus dalam kesucian dan tabiat yang baru. Di Surga tingkatan orang  tidak sama tergantung dari tingkat pertumbuhan rohani dan pahala yang dikumpulkannya. Sebab itu jangan me-nyia2kan kemerdekaan yang heran yang sudah Tuhan berikan pada kita.
Nyanyian:
Kami pengerja Tuhan,
bahwa Injil kesukaan.
Britakan Tuhan Yesus.
Juru selamat manusia.
Doa dilepaskanNya
Sakit disembuhkanNya
Kami percaya, Yesus berikan
kelepasan bagimu.