M3712 – Efesus 6:12. Perang Yang Betul Lawan Iblis dkk.

EFESUS 6:12. PERANG YANG BETUL, LAWAN IBLIS DKK.
I. KETERANGAN JUDUL.
Perang yang betul itu dengan iblis, jangan perang dengan manusia.
Iblis, satan atau Lucifer adalah kepalanya dan semua setan-setan lain (roh najis dll) adalah anak buahnya. Dalam peperangan dengan iblis cs, kita bersandar penuh pada Tuhan, minta pimpinan Roh + Firman Tuhan, sebab kita tidak bisamelihatnya. Dalam pimpinan Roh sesuai Firman Tuhan ada kuasa Allah sehingga setan dikalahkan dan lari Yak 4:7. Kalau kita perang dengan manusia, bisa terpancing sehingga bereaksi dosa dan itu berarti kalah, sebab jatuh dalam dosa dan setan senang; sebab kalau sudah berbuat dosa, itu pintu masuk bagi iblis Ef 4:27 dan ia bisa merusakkan lebih lanjut danmenguasai orang berdosa Yoh 8:34. Misalnya Yusuf ditekan, dibenci bahkan dianiaya saudara-saudaranya hendak dibunuh di Dotan, lalu kemudian dijual sebagai budak belian, suatu keadaan yang celaka. Tetapi Yusuf tidak berperang dengan kakak2nya sehingga ia tidak terpancing untuk benci atau membalas, juga waktu mereka semua ada di Mesir, dihidupi oleh Yusuf. Yusuf perang dengan iblis, mematikan dagingnya sehingga bisa mengampuni saudara-saudaranya bahkan memberkatinya. Dengan demikian ia tidak sampai jatuh dalam dosa dan menang. Jangan berperang dengan manusia.
Iblis dkknya. Iblis tidak bisa sendirian, sebab ia tidak seperti Allah yang maha hadir, maha kuasa, tetapi kuasa dan keadaannya sangat terbatas, apalagi kalau dibandingkan dengan Allah. Sebab itu ia mutlak perlu dibantu setan-setan lainnya.
II. MANUSIA LAWAN SETAN.
Setan lebih unggul dari manusia, ia bisa melihat manusia, manusia tidak bisa melihat dia; hidupnya tidak tergantung dari perkara yang fana seperti kita dan dia lebih pintar, lebih pengalaman dari manusia, umurnya lebih dari 6000 tahun. Manusia melawan setan akan kalah, kecuali dalam hal-hal yang diproteksi oleh Allah (misalnya tidak boleh membunuh, tidak boleh mencobai lebih dari kekuatannya dll), iblis tidak berdaya, tetapi ia berusaha menipunya.
Kalau Allah melawan iblis, pasti Ia menang sebab Allah Pencipta yang maha kuasa dan iblis dkk itu ciptaanNya, Allah ber-juta2 kali lebih kuat dari iblis bahkan tidak terhingga. Kalau Allah beserta kita, kita pasti menang seperti Allah; Sebab itu jangan ragu-ragu berperang dengan iblis, 100% menang asal kita tetap di dalam Dia dan taat menurut pimpinanNya.
Tuhan memberi kita:
1. PenyertaanNya, itu segala-galanya untuk berperang melawan iblis. Seharusnya umat Tuhan terus menang, sebab itu biasanya iblis dkk tidak berani menyerang terang-terangan orang beriman yang mengerti dan percaya, tetapi menipu, menggoda atau pura-pura jadi malaikat terang 2Kor 11:4 untuk menjeratnya.
2. Setiap orang percaya punya hak mengusir setan, termasuk iblis kepalanya dan itu berarti menang Mrk 16:17. Yang perlu diperhatikan, tinggallah dalam Kristus, jangan tercerai. Kalau toh berdosa atau tercerai, segera minta ampun, kembali kepada Allah (pasti Allah terima, asal tulus mau bertobat, ingat anak terhilangpun diterima, tetapi dosa akan merusakkan tingkatan-tingkatan rohaninya) lalu lawan iblis, ia akan lari Yak 4:7-8. Sebab itu orang beriman kalau bodoh, bisa ditipu iblis Mrk 12:24 bahkan bisa kalah dan celaka sebab bodoh Ams 10:21b. Kita harus mengerti dan terus di pihak Allah, dan terus taat akan pimpinanNya, maka iblis pasti bisa dikalahkan Rom 8:31, 1Yoh 4:4. Ingat kita menang dengan iman, percayalah akan Firman Tuhan 1Yoh 5:4 dan penuhi syarat2Nya.
III. PEKERJAAN IBLIS DALAM HAMPIR SEMUA DOSA DAN MALAPETAKA.
Pekerjaan iblis begitu banyak tetapi hampir semuanya tidak kelihatan, sebab itu kita harus melihat dengan iman berdasar Firman Tuhan (bahwa dia ada, dia banyak bergerak sebagai musuh meskipun tidak tampak) dan terus di pihak Tuhan. Kita akan melihat begitu banyak pekerjaan iblis, baik secara umum, maupun terhadap masing-masing orang beriman.
A. PEKERJAAN IBLIS DKK SECARA UMUM.
1. Dia selalu keliling di mana-mana dalam hal apa saja dan kapan saja mencari kesempatan untuk menipu, membujuk dan menyerang manusia 1Pet 5:8.
2. Ia selalu berusaha menjerat manusia, apalagi waktu orang beriman  lengah 1Tim 3:7, 2Tim 2:26, 1Pet 5:8.
3. Ia berpura-pura seperti malaikat terang, mau memberi usul dan nasehat yang baik, biasanya masuk akal, sesuai logika, tetapi seringkali tidak menurut Firman Tuhan. Misalnya Petrus memberi nasehat pada Putra manusia Yesus, itu sebetulnya dari iblis dan Petrus tertipu, dikira itu maksudnya baik yaitu hendak melepaskan gurunya dari celaka (salib) Mat 16:23. Tuhan Yesus tahu dan mengusir iblis yang menipu Petrus.
4. Panah berapi iblis pada orang-orang yang tidak punya perisai iman. Panah berapi ini adalah kata-kata, pendapat, usul, akal-akalan, kekuatiran, ketakutan, ingin, tamak dll yang logis dan cocok dengan keinginan daging, dipanahkan dalam pikiran manusia. Ef 6:16. Kita harus punya perisai iman yaitu percaya akan Firman Tuhan dan menolak semua pikiran, ide, nasehat dari iblis yang biasanya masuk akal tetapi melawan Firman Tuhan. Ini paling sering dan amat jahat, sebab selalu timbul pikiran-pikiran jahat dalam hati, itu sebagian besar dari iblis dan kita harus bisa membedakan dalam pikiran kita dan dari kata-kata orang lain yang kita dengar.
Seperti Petrus dalam Mat 16:23, dia tidak sadar itu dari iblis!
5. Setan berusaha menipu dan menyesatkan, 1Tim 4:1 baik secara terang-terangan, tetapi biasanya dengan halus atau pura-pura, supaya orang tidak curiga, sehingga mau bersekutu dengan iblis 1Kor 10:21. Ini dikerjakan setan di mana2, sampai  seluruh dunia disesatkan olehnya Wah 12:9. Ia menekan manusia supaya tidak bisa lepas dari padanya Kis 10:38 dan akhirnya menjadi jemaat iblis Wah 2:9,13; 3:19.
B. PEKERJAAN IBLIS SECARA KHUSUS DALAM MANUSIA.
Baik dalam perkara besar dan kecil, bahkan dalam hampir semua perkara dan seringkali kita tidak sadar, sebab kita tidak melihatnya, bahkan justru kita merasa itu dari diri kita sendiri. Seperti orang terikat pada rokok, ia merasa itu keinginannya sendiri, padahal itu ikatan yang kuat dari iblis.
Tetapi kalau kita terus berdoa dalam Roh dan kebenaran, terus berjalan dalam Roh, otomatis Roh Kudus yang menghadapi iblis Gal 2:20, kita hanya berdoa dan melakukan perintah dan pimpinan Roh, tahu-tahu (kadang-kadang kita tidak sadar) setan sudah semburat, bertebaran lari dari kita oleh kuasa Roh Kudus. Kita pikir semua berjalan baik, tidak ada apa-apa, tetapi sebetulnya Roh Kudus yang bekerja di dalam kita. Kalau kita berhenti berjalan dalam Roh, maka setan-setan akan datang mengeroyok habis2an, timbul begitu banyak kejatuhan dalam dosa, bahkan lebih banyak dari semula Mat 12:45 sehingga timbul banyak problem dan gangguan dan orangnya jadi lebih jahat.
Sebab itu kita harus mengerti cara kerja Allah yang diterangkan dalam Firman Tuhan dan terus berdoa tanpa stop 1Tes 5:17 (tidak mudah, tetapi makin lama orang yang sungguh2 akan makin mahir) terus berdoa dalam Roh dan kebenaran Yoh 4:23, sehingga hidup kita tetap sejahtera dipimpin Roh. Kadang-kadang Tuhan meninggalkan kita sebentar, supaya kita tahu, bahwa semua itu bukan karena kita kuat, tetapi karena Tuhan yang menyertai kita 2Taw 32:31, Ul 8:4. Betapa indah berjalan dalam Roh, itu berjalan dengan Yang maha kuasa, penuh kemenangan, sejahtera, tumbuh dan ber-buah2.
Contoh2 pekerjaan iblis secara pribadi:
* 1Tes 2:18. Paulus ingin mengunjungi Tesalonika sampai dua kali (tentu untuk maksud2 rohani yaitu 1Tes 3:10), iblis tahu lalu meng-halang2i sampai batal. Paulus hanya mau berkunjung,sudah dilawan iblis sampai batal, dan Tuhan memang mengizinkan untuk faedah umatNya. Bukan untuk faedah iblis tetapi untuk menguntungkan umatNya. Gara2 batal, Timotius dikirim ganti Paulus dan ini melatihnya, ini faedahnya. Dibalik kebatalan kedatangan Paulus ternyata ada iblis! Tanpa pernyataan Roh Kudus, Paulus dll tidak tahu, tetapi iblis ternyata bekerja keras.
* Ayub mengalami malapetaka bermacam-macam, itu malapetaka yang kena keluarga Ayub, sial, tetapi sebetulnya sudah direncanakan dandikerjakan iblis dengan izin Tuhan  untuk menguji Ayub dan menghukum anak2nya.
Jadi ini bukan malapetaka yang kebetulan Ay 1:12. Dahsyat, iblis yang menyebabkan Ayub dan orang-orang sekitarnya tidak tahu!
* Ada anggota waktu mendengar Firman Tuhan, meremehkanNya dan tidak peduli, orang itu mau dikendalikan iblis Mat 13:19, Mrk 4:15; belum dirasuk setan tetapi sudah digarap setan !! Jangan mau dengan iblis, pasti celaka dan masuk neraka!
* Orang yang berbuat dosa itu dari iblis 1Yoh 3:8 apalagi kalau dikuasai iblis, ia jadi kaki tangan iblis, dahsyat. Yoh 8:34. Bukan hanya orang itu yang berbuat dosa, tetapi juga setan menggarapnya dan pasti akhirnya jahat dan celaka!Sebab itu untuk mengubah orang itu, lebih dahulu harus merebutnya dari tangan iblis Luk 11:20-22, Kis 26:18. Kita harus datang dengan hikmat dan kuasa Allah 1Kor 2:4, 1Tes 1:5, Luk 11:20. Tanpa kuasa Allah tidak akan berhasil, sebab itu sebelum pergi menginjil, perlu berdoa dan diisi dengan kuasa Allah Luk 24:49. Tidak terasa, tidak tampak, tetapi orang-orang yang terikat dosa itu dikuasai iblis!
Daud ingin tahu kebesarannya, ia melanggar hukum Tuhan dengan menghitung rakyatnya; Ini terjadi karena iblis berhasil mengajaknya untuk melawan Tuhan dan Daud terjerat dan berbuat dosa 1Taw 21:1.
Juga Yudas yang berdosa begitu dahsyat, sebab iblis bekerja di dalamnya Luk 22:3, Yoh 13:2,27. Semua murid-murid tidak sadar bahwa ada iblis yang bekerja dalam temannya, juga Yudas sendiri mungkin tidak sadar, tetapi itu pekerjaan iblis. Di balik semua dosa itu biasanya iblis bekerja sebab setiap dosa akan menjadi hak, milik dan tempat bagi setan. Misalnya kita boleh marah kalau perlu untuk menegur “Hofni dan Pinehas” tetapi dengan marah dari Tuhan Yoh 1:20 yaitu tanpa dosa; kalau marah manusiawi, iblis bisa masuk ke dalamnya sehingga menjadi dosa Ef4:26. Jadi kalau seorang berdosa, itu berarti pintu masuk bagi iblis dan ia akan merusak lebih banyak sampai hancur.
* Memasukkan dalam penjara, itu juga dikerjakan iblis lewat kaki tangannya Wah 2:10. Selalu ada iblis di belakangnya.
* Dosa perzinaan, seringkali iblis dibelakangnya 1Kor 7:5, hati2 jangan tertipu oleh iblis. Keinginan suami pada istri bukan dosa, tidak perlu dicegah, tetapi dengan orang lain harus dicegah bahkan dimatikan. Hati-hati, ini dosa yang lain dari semua dosa lain, istimewa, juga akibatnya! 1Kor 6:18, 2Kor 7:1 dll.
Bahkan dibalik persundalan ada banyak iblis bekerja keras, istimewa untuk menangkap orang beriman sebagai mangsa.
* Berdusta, tampaknya dari orang itu sendiri, ternyata ada iblis di belakangnya yang mengatur dengan lihai, tetapi Roh Kudus tidak bisa ditipu Kis 5:3.
* Menimbulkan penyakit. Misalnya bungkuk Luk 3:6, bisu Mat 9:33 jatuh sehingga patah dll. Di belakang banyak penyakit dan celaka (tidak dikatakan semua) ada iblis; dalam hal ini kalau orang itu sudah beres di hadapan Tuhan, semua penyakit itu dengan mudah beres! Tetapi kalau orang itu tidak beres dengan Tuhan, iblis terus me-rong2, sekalipun pakai dokter yang luar biasa pintarnya, alat canggih, tetap tidak sembuh2. Bereskan di hadapan Tuhan dan percaya akan bilurNya 1Pet 2:24.
* Dipimpin roh setan. 2Tes 2:9. Banyak orang tidak sadar bahwa banyak orang dipimpin roh setan. Kalau orang itu mau dan taat, ia bisa berbuat dosa yang besar dan dahsyat, sebab iblis bisa berbuat dosa tanpa batas, istimewa antikris.
* Dicobai iblis. Biasanya orang tidak sadar dan mengira itu kehendaknya sendiri. Tetapi Putra manusia, sebab Ia berpuasa, doa 40 hari, mataNya bisa jelas melihat iblis yang mencobaiNya Mat 4:1 dst, Mrk 1:3. Biasanya orang-orang tidak sadar dan ingin berbuat dosa, menuruti pencobaan itu dan ia merasa semua itu adalah keinginan dan kerinduannya sendiri, tetapi sebetulnya ia didorong atau dikuasai dandiperintahkan oleh iblis.
* Dirasuk setan. Semua orang tahu, bahwa ini jelas karena pekerjaan setan Luk 9:42; 8:27.
* Menyangkal Tuhan seperti Petrus, itu juga pekerjaan iblis Luk 22:31.
* Dll.
Hampir dalam segala perbuatan manusia, iblis dan setan-setan ada di belakangnya, apalagi pada orang berdosa yang memang menjadi miliknya iblis, anak2 iblis 1Yoh 3:10, Kis 13:10. Pada orang beriman yang berjalan, dengan akal dan kekuatannya sendiri, itu mangsa empuk bagi iblis 1Pet 5:7 sebab iblis jauh lebih lihai, lebih pintar dan lebih kuat dari manusia. Tetapi kalau kita berjalan dengan Tuhan, dipimpin Roh terus menerus (kuncinya terus berdoa se-bisa2nya dalam Roh dan kebenaran tanpa stop 1Tes 5:17, Jud 20), dan terus taat akan pimpinanNya, maka setan sulit bahkan tidak beranimenjamah kita, kecuali kita mau memberi kesempatan pada iblis untukbicara, ber-jinak2 dengan dia, mendengar “nasehatnya” dll tipu dayanya, sehingga akhirnya membuka hati, percaya pada iblis dan iblis masuk! Sebab itu Tuhan berkata, jauhkan diri dari semua yang tampak jahat, sebab di belakang yang tampak jahat (meskipun di mukanya ada perkara2 yang menarik, indah, menggoda) ada jerat dosa. Sebab itu kita harus lari dari semua yang sudah tampak ada jahatnya, supaya tidak kena, Roh Kudus akan membawa kita pergi daripadanya Ams 22:3, tetapi kalau kita tidak mau taat, maka kita akan mudah kena tipu dayanya seperti Hawa. Sebab itu kita harus selalu tinggal dalam Kristus seperti carang dalam pokok dengan 7 KPR yaitu unsur2 dalam Ruangan Suci yang melekatkan kita dengan Kristus, sehingga kita bisa terus hidup dalam kesucian, tumbuh, ber-buah2, melakukan kehendak Tuhan (memenangkan jiwa) tumbuh seperti Kristus dan diberkati Tuhan dalam segala yang kita buat.
Perhatikan: Jangan berperang sendiri, selalu dengan Tuhan maka kita akan mengalahkan iblis dan mengalami kemenangan yang indah2 seperti yang dialami murid2, Luk 10:18-19, sebab dengan Tuhan kita bisa meng-injak2 segala kekuatan musuh.
Mengapa iblis diizinkan bekerja begitu banyak sehingga selalu mengganggu dan menyerang umat Tuhan sampai iblis bisa menusuk Paulus dengan “duri” dan masuk dalam Eden sampai Hawa dan Adam jatuh dan begitu banyak yang dibuat pada manusia?
1. Manusia harus memilih untuk percaya dan taat kepada Tuhan. Tuhan mengizinkan untuk menguji dan mengolah umat Tuhan. Umat Tuhan bisa kena tipu iblis atau kalah kalau tidak percaya pada Firman Tuhan dan tidak mau taat. Tetapi kalau percaya dan taat pasti menang. Dengan demikian Ia mengolah umat Tuhan sehingga iman, harap, cintanya makin bertambah dan sebab mau menyangkal diri, tabiat yang baru makin tumbuh.
2. Manusia harus mau mematikan daging untuk bisa hidup menurut Roh.
Kalau umat Tuhan menuruti daging, maka ia akan kena tipu daya iblis, tetapi kalau mau mematikan daging dan hidup menurut Roh Kudus, ia akan hidup dalam Roh dengan kemenangan Gal 5:16-17. Tuhan tidak hanya menyelamatkan manusia, tetapi juga mengolah dan menumbuhkannya sehingga akhirnya menjadi sempurna seperti Kristus.
KESIMPULAN.
1. Kita tidak perlu terus meng-ingat2 iblis dan dihantui oleh pekerjaan setan di mana2 sekalipun ia ada MAK (dimana saja, dalam hal apa saja, dan kapan saja), tetapi cukup dengan sejahtera berjalan dalam Roh terus menerus. Sebab kalau ada ancaman, godaan atau serangan dari iblis, Roh Kudus pasti mengingatkan kita (tidak akan pernah terlambat atau keliru) dan juga memberikan jalan keluarnya dan setan dibatasi tidak boleh mencobai lebih dari kekuatan kita 1Kor 10:13, sebab ini maksudnya untuk mengolah dan menumbuhkan kita. Kalau kita percaya dan taat dipimpin Roh, pasti menang terus baik dalam hal-hal jasmani dan rohani, istimewa dalam hidup rohani, dalam pelayanan pasti menang besar seperti murid2 Luk 10:18.
2. Kita harus ingat iblis dkk itu ada, musuh yang sangat dahsyat kalau kita hadapi sendiri. Tetapi dengan Tuhan, kita diberi kuasa untuk mengusir setan Mrk 16:17, Yoh 4:7 dan meng-injak2 semua kekuatan musuh Luk 10:19, Rom 16:20 (sekalipun sudah jatuh dalam dosa, segera bertobat, kita bisa kembali kuat melawan setan, tetapi ingat, setiap dosa merusakkan tingkatan rohani kita! Pkh 9:18, Maz 99:8). Sebab itu jangan takut, jangan ragu-ragu menghadapi iblis dengan iman.
3. Hadapi segala siasat dan serangan iblis dengan hidup dipimpin Roh seperti Putra manusia Yesus Luk 4:1,18, dengan hikmat dan kuasaNya. Jangan lupa terus hidup benar dan taat dipimpin Roh. Kalau kita perang melawan setan dengan Tuhan, kita pasti menang, sebab berjalan dalam Roh sudah termasuk menang atas iblis. Tuhan sudah menang untuk kita dan kita bisa terus menang sampai terakhir sampai kekal.
 
Nyanyian:
Iblis itu musuh orang beriman.
Jangan memerangi sendirian.
Hidup suci dan taat dipimpin Roh.
Pasti menang dan maju terus.