PHILAE

Philae

TE News November 2014.
philae
 
PESAWAT PHILAE MENDARAT DI KOMET 67P (CHURYUMOV-GERASIMENKO).
Pada hari Rabu, 12 April 2014, jam 22.03 WIB (Harian KOMPAS, 12 NOV 2014).
Manusia maju terus dalam mengekplorasi angkasa. Philae mendarat di komet. Ini adalah benda angkasa ke-7 yang sudah dicapai manusia selain Venus, bulan, Mars, Titan (satelit Saturnus), 2 asteroid (433 Eros dan Itokawa).
Ini hasil tehnologi yang sangat mengagumkan, luar biasa. Proyek ini membutuhkan biaya 1,3 milyard Euro = Rp. 19,7 Tirlyun. Pesawat Philae ini dibawa dalam pesawat antariksa Rosetta yang diluncurkan sejak Maret 2004, menempuh jarak 6,4 mega Km selama lebih dari 10 tahun.
Ini adalah hasil hikmat manusia yang amat sangat mengagumkan seluruh dunia, jauh lebih tinggi dari rata2 manusia di dunia, luar biasa.
Apa artinya bagi kita?
1. Sampai sekarang belum ditemukan ada 1 planet atau benda2 langit lain yang punya penghuni mahluk hidup seperti manusia yang punya roh dan hidup kekal.
2. Meskipun hikmat manusia ber-tambah2 (ini baik dan netral) tetapi dosa juga terus bertambah, bahkan seringkali tehnologi itu justru bisa dipakai manusia untuk mempercepat pertumbuhan dosa dalam segala segi, misalnya perang pembunuhan, hedonisme, kejahatan (pencurian, perampokan, data2), perzinaan, penipuan dll.
 
3. Ini salah satu tanda tambahan yang menunjukkan bahwa akhir zaman makin dekat.
 
 
1Kor 1:20-21
20 Di manakah orang yang berhikmat? Di  manakah ahli Taurat? Di manakah pembantah dari dunia ini? Bukankah Allah membuat hikmat dunia ini menjadi kebodohan?
21 Karena kalau dilihat dari dalam hikmat Allah, dunia ini dengan hikmatnya tidak dapat mengenal Allah, maka Allah berkenan menyelamatkan mereka yang percaya oleh kebodohan pemberitaan itu.
 
Ini hikmat manusia yang luar biasa, yang menonjol.
Hampir setiap zaman ada hal2 semacam ini, misalnya zaman turunan Nuh, timbul menara Babil yang begitu tinggi. Juga Sodom Gomora, dst. Tetapi hikmat manusia yang gilang gemilang itu tidak ada satupun yang bisa memerdekakan manusia dari dosa dan masuk dalam Surga yang kekal. Bahkan tehnologi membuat dosa manusia mengikut terus sampai pada puncak2nya. Meskipun penuh hikmat tetapi tidak ada kena mengena dengan dosa, apalagi untuk mengurangi dosanya, bahkan kemajuan teknologi itu biasanya punya pengaruh membuat dosa makin meningkat dan ini menggenapi Wah 22:11. (Misalnya makin canggih merampok, menyadap, membunuh, berzinah, menipu dll).
Kemajuan tehnologi ini juga terjadi dengan izin Tuhan,
 
Kalau Tuhan tidak membukakan akal manusia, maka semuanya akan berhenti. Misalnya:
1. Salomo jadi pintar juga dari Tuhan. 1Raj 4:29; 10:23-24.
2. Daniel jadi pintar juga dari Tuhan. Dan 1:20.
3. Yusuf jadi pintar juga dari Tuhan. Kej 41:38.
4. Kanaan jadi pintar dan maju itu juga diizinkan Tuhan, untuk kemudian dipindahkan pada umat Tuhan yang masuk ke Kanaan.
5. Pembuatan menara Babil adalah prestasi modern yang hebat untuk waktu itu, tetapi ketika dihentikan oleh Tuhan, semuanya berhenti
6. Bezaliel dan Aholiab Kel 36:1.
7. Lucifer. Yez 28:3.
Jadi peningkatan yang diizinkan Allah itu termasuk perkara yang baik dan perkara yang jahat. Yang jahat otomatis naik sebab manusia itu memang condong kepada dosa dan kegelapan.
 
Yoh 3:19
Maka inilah hukumannya bahwa terang itu sudah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih mencintai kegelapan daripada terang itu, sebab perbuatan-perbuatannya jahat. (KJI)
Tetapi perkara yang baik, yang suci juga akan meningkat tetapi tidak otomatis, kita harus berusaha (Luk 13:24) justru dengan menyangkal diri, mematikan daging, supaya daging mati, roh hidup (Gal 5:16-17) sehingga bisa naik terus dalam kesucian dengan pertolongan Roh Kudus.
KESIMPULAN.
Karena Tuhan akan menamatkan rencanaNya dalam manusia dan dunia ini, maka semua akan meningkat sampai kepada kesempurnaannya, baik dosa dan kesucian. Salah satu faktor yang diizinkan Tuhan adalah kepintaran manusia yang akan makin meningkat. Selain memberi pengaruh negatif dalam hal dosa (yang jadi meningkat), kita harus berusaha menggunakannya dengan baik dalam pimpinan Roh, sehingga segala kemajuan tehnologi dan kepintaran manusia itu juga bisa dipakai untuk makin tumbuh dalam kesucian umatNya. Misalnya komunikasi yang makin canggih untuk penginjilan dan persekutuan, juga internet bisa kita pakai untuk memajukan pekerjaan Tuhan asal kita terus dan tetap menyangkal diri dan dipimpin Roh, supaya jangan sampai terpeleset atau pindah ke telaga dosa di dalamnya. Hati2, pisau tajam itu bisa berguna untuk yang baik, tetapi juga bisa mencelakakan. Mahirlah menyangkal diri dan dipimpin Roh. Orang yang dipimpin Roh itu akan selalu menjauhkan diri dari yang jahat.
 
Ams 22:3
Orang bijaksana itu serta dilihatnya jahat, maka disembunyikannya dirinya, tetapi orang bodoh melangsung juga lalu kena. (TL)
 
(yang tidak mau pergi meninggalkannya itu bodoh di hadapan Allah (sekalipun hebat di hadapan manusia dan akan binasa dalam dosa).
 
Ini tanda-tanda bahwa kedatangan Tuhan sudah hampir, bersedialah!
 
Pdt Jusuf BS.