YS199 Yesaya 43:16-19. Aku Membuat Jalan di Laut dan Air Bah

YESAYA 43:16-19. AKU MEMBUAT JALAN DI LAUT DAN AIR BAH.
YES 43:16. TUHAN SANGGUP MEMBUAT JALAN DIMANAPUN.
BEGINILAH FIRMAN TUHAN. SIAPA BISA MEMBUAT JALAN DI LAUT DAN SEBUAH LORONG DALAM AIR YANG BESAR.
Ini hal yang mustahil, sebab air laut itu berubah terus, tidak bisa membuat jalan yang pasti di tengah-tengahnya! Juga membuat lorong dalam air bah. Laut dan air bah. Ini menceritakan keadaan yang jahat, kacau balau, sangatdahsyat dan tidak menentu yang terus menerus berubah. Di mana-mana di seluruh dunia keadaan bergelora seperti laut atau air bah, di dalam negeri, antar negara Tehnologi maju, alat2 kejahatan makin canggih. Orang-orang tambah pintar, pencuri dan penjahat tambah ulung. Dosa makin meningkat, kejahatan makin mengerikan. Orang benci di mana-mana di dalam setiap negara, antar suku bangsa, antar negara maka pembunuhan terjadi di mana-mana, bahkan di dalam rumah masing-masing timbul kejahatan dan pengkhianatan. Mat 10:21, Yoh 16:2, Luk 12:52.
Keadaan begitu kacau dan bahaya ada di mana-mana, kejahatan, pembunuhan, ancaman makin lama makin dahsyat.
Perkara-perkara jahat, pengkhianatan dll itu tidak tentu. Orang yang tidak disangka, tidak dikira tahu-tahu jadi pengkhianat, tahu-tahu menipu, tahu-tahu meninggalkan kita, tahu-tahu melawan kita. Seperti Petrus dan murid-murid lain terbelalak melihat Yudas datang dengan serdadu-serdadu yang kejam, mereka tidak habis pikir, yang tidak mungkin jadi mungkin! Seringkali orang yang dipakai Tuhan dengan heran, terkenal, tahu-tahu menjerumuskan dalam celaka besar seperti Yudas, Achab dan Zedekia.
Apa yang harus kita kerjakan. Satu-satunya yang sanggupmenolong hanyalah Tuhan Yesus. Dia sanggup menolong kita dalam bahaya apapun sebab Dia menguasai seluruh dunia ini, asal kita selalu lekat kepadaNya seperti Yoh 15:5 dan hidup dipimpin Roh terus menerus seperti ligabis (lima gadis bijaksana). Sebab itu jangan menjadi kanak-kanak rohani yang terus minum susu, tetapi harus bisa makan makanan keras Ibr 5:12-14. Banyak orang hanya suka mengumpulkan guru-guru untuk menyenangkan telinga, sensasionil 2Tim 4:3-4. Yang lucu, yang enak diengar, menyenangkan, tentang berkat, masuk Surga, bukan Firman Tuhan yang keras yang selalu membersihkan dosa, mematikan daging, penyucian, pengolahan, salib, mezbah dll.
Orang-orang yang tidak bertobat tidak suka mendengar makanan keras, sedikit-sedikit disucikan; baginya Firman Tuhan itu hanya hukum bertambah hukum Yes 28:13. Mereka tidak tahan dan mengundurkan diri, mencari tempat2 yang menggembirakan, bisa senang dan penuh gairah, sukacita seperti Achab dengan 850 nabi palsunya. Semuanya bergembira, penuh gairah tetapi tidak berpengertian Rom 10:2. Ada gairah, memuji dan menyembah Tuhan, senang, tahu-tahu masuk dalam jerat dosa dan neraka.
Orang-orang ini sangat bergairah dan bersukacita dalamberibadah seperti Achab, orang-orang Israel dan nabi2nya. Mereka tidak cerita yang dahsyat, penghakiman dosa, hukumannya dll, tidak suka Firman Tuhan yang dahsyat seperti Mikha pada Achab 1Raj 22:8,18 seperti Yeremia terhadap Zedekia yang jahat. Yer 38:1-6. Orang-orang senang kata-kata yang memberi semangat, sejahtera dan bisa bersukacita dan bergairah me-muji2 Tuhan dan menyembahNya apapun cara hidupnya (sekalipun ada dosa, apalagi kalau hanya sedikit dan yang umum). Ini yang dicari orang-orang itu. Mereka suka beribadah dengan bergairah mencari Tuhan tetapi tidak mengerti hidup dalamkebenaran Rom 10:1-2. Tetapi harinya akan datang dan semuanya akan binasa dengan mengerikan seperti Achab dan Zedekia dan Yudas.
Iblis pembunuh itu suka beri kabar sukacita, keselamatan kekal, tahu-tahu dibunuh, sebab memang ia seorang pembunuh Yoh 8:44. Jangan di nina bobokkan oleh “Firman Tuhan” yang manis yang terus cerita tentang berkat, sukacita, selamat kekal. (Perhatikan sekalipun orang jahat seperti Achab, waktu ia berdoa, masih terjadi mujizat2 besar seperti menang melawan raja Benhadad dan sekutunya (1Raj 20), juga Simson yang hidup dalam dosa masih penuh dengan kuasa dan mujizat Allah. Ini menghinakan kemurahan Allah dengan memakainya untuk terus berbuat dosa Rom 2:4, tetapi sesudah sampai waktunya dahsyat dan ngeri hukumannya!).
Bagaimana kita bisa lepas dari bahaya, celaka dan ancaman-ancaman jahat dan tidak menentu ini? Jangan dihadapi dengan kekuatan dan kemampuan sendiri, tidak ada yang bisa tahan Mat 24:21. Menyerah dan berharap pada Tuhan sepenuhnya Gal 2:19-20. Hidup seperti ligabis, terus menerus dalam kesucian dipimpin Roh melakukan kehendak Allah. Kalau kita tidak mahir dipimpin Roh pada akhir zaman, lebih-lebih dalam Minggu ke-70 Daniel yang dahsyat (tiga Antikris pertama sudah keluar) akan jatuh dan binasa oleh hal-hal yang dahsyat Wah 22:11. Hanya dengan kuasa dan pimpinan Roh Kudus dalam persekutuan tubuh Kristus yang suci sesuai Firman Tuhan, orang-orang beriman dan Gereja Tuhan bisa lolos dari bahaya dan celaka yang besar seperti air bah dan laut yang bergelora. Belajar tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan yang bisa menjadi pelita dan terang bagi jalan kita Maz 119:105, penuh dan dipimpin Roh dalam persekutuan tubuh Kristus yang betul. Keadaan begitu sulit seperti mencari dan membuatjalan di laut atau air bah, tidak mungkin lolos, tetapi Tuhan sanggup membuka jalan dan menyelamatkan Gereja di tengah2 zaman yang dahsyat (tiga Antikris pertama). Bersedialah sekarang Mat 24:42, atau gugur dan binasa.
YES 43:17. MUSUH DIHANCURKAN SAMA SEKALI.
SIAPA YANG MENGELUARKAN RATA DENGAN KUDANYA, TENTARA DENGAN KEKUATANNYA, MEREKA AKAN TERGELETAK BER-SAMA2, MEREKA TIDAK AKAN BANGKIT, MEREKA LENYAP, MEREKA DIPADAMKAN SEPERTI SUMBU.
Musuh ini luar biasa, dengan rata dan kuda, dengan tentara dan kekuatannya, luar biasa, tetapi mereka akan jatuh dan tergeletak tidak bangkit lagi, kalah total.
Ini musuh umat Tuhan yang dikalahkan total, kemenangan penuh. Ini sering terjadi tergantung dari orang yang memimpin peperangan itu misalnya Daud, Yusak dll. Disini adalah nubuatan tentang Antikris yang akan dikalahkan se-penuh2nya, seperti Firaun dan tentaranya, semua tergeletak di dalam Laut Merah dan Israel lepas. Begitu juga dalam Minggu ke-70 Daniel, semua umat Tuhan akan terlepas dengan ajaib dan Antikris akan dibinasakan tuntas dalam perang Harmagedon. Mereka lenyap dan dipadamkan seperti sumbu. Sebetulnya Tuhan itu jauh lebih tinggi dari musuh yang manapun. Kemenangan umat Tuhan tergantung dari hubungannya dengan Tuhan dan iman ketaatannya dalam pimpinan Roh Kudus. Kalau bisa tepat dipimpin Roh seperti Putra manusia di dunia, akan menang 100% sekaligus tumbuh jadi sempurna seperti Putra manusia Yesus. Sebab itu ini bukan saja nanti pada saat terakhir, tetapi sekarang juga kita sudah bisa menang besar,tergantung dari masing-masing kita. Kalau bsia taat betul seperti Daud, Yusak, lebih-lebih seperti Putra manusia Yesus, kita akan terus menang dengan penuh. Belajar berjalan dalam Roh dan terus tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan dan persekutuan tubuh Kristus (ini penting, sebab Daud menang dengan teamnya sekalipun pasukannya penuh kekurangan 1Sam 30:22).
YES 43:18. BELAJAR DARI YANG LALU.
TIDAKKAH ENGKAU INGAT HAL-HAL YANG MULA2, JUGA TIDAKKAH ENGKAU MEMPERHATIKAN HAL-HAL YANG DAHULU.
Ini hal-hal yang lalu dalam hidup pribadi atau kelompok kita sampai hal-hal yang lalu dalam zaman Gereja dan zaman Israel (yang tertulis dalam Alkitab).
Pengalaman, kalau diterangi dengan Firman Tuhan, akan jadi contoh2 yang baik bagi umat Tuhan. Seperti Daud melihat pengalamannya sendiri dalam terang Firman Tuhan yang dimilikinya Maz 1:1-3; 119;105, maka ia mendapat pelajaran dan pegangan yang baik 1Sam 17:34-37. Daud bisa mengambil pelajaran yang baik dan ia menang, sekalipun masih sangat muda.
Jangan terangi dengan terang dunia apalagi terang hawa nafsu, bisa makin celaka.
Seorang mahasiswa ujian dan berdoa, tidak lulus. Waktu ia ujian lagi, ia tidak berdoa dan ber-foya2dan lulus. Lalu ia mengambil kesimpulan tidak perlu berdoa. Ia binasa karena pengalaman yang diterangi dengan pikiran sendiri dan hawa nafsunya. Akhirnya imannya rusak. Kalau seorang gagal, yang pasti Tuhan tidak salah, itu salah dari orang itu sendiri. Jangan pernah menyalahkan Tuhan, Dia baik, cinta, sanggup menolong, tetapi kalau gagal selalu ada sebabnya, bukan karena Allah. Mungkin karena malas, bodoh, hidup dalam dosa (ini pasti betul, sebab ia tidak mau berdoa, tidak harap Tuhan tetapi pergi ber-foya2), atau sebab2 lainya. Semua pengalaman pribadi perlu perlu diterangi dan disimpulkan menurut terang Firman Tuhan, jangan menurut akal manusia saja, apalagi menurut pikiran daging, dosa dan duniawi. Pengalaman2 yang ditulis dalam Alkitab itu kebenaran Yoh 17:17. Kalau kita dipimpin Roh atau sedikitnya dengan tulus mau percaya dan taat, kita akan mendapat pelajaran2 yang baik dari Firman Tuhan yang akan menyelamatkan dan menumbuhkan kita.
Kalau kita membandingkan dengan orang-orang yang tertulis dalam Alkitab, jangan lupa akansikonnya, lebih-lebih dalam Wasiat Lama, disini belum ada penebusan oleh darah Yesus, sebab itu kita harus bisa mengambil pelajaran daripadanya dengan menyingkapkan selubung dari Wasiat Lama 2Kor 3:14, supaya jangan salah. Misalnya perang Wasiat Lama, sekarang kita perang rohani melawan iblis Ef 6:12. Wasiat Lama ada pembalasan yang setimpal (mata ganti mata, gigi ganti gigi dst Mat 5) tetapi dalam Wasiat Baru bukan kita yang membalas, kita mengampuni bahkan memberkati Rom 12:19-20. Musuh yang tetap jahat, Tuhan yang akan menghukumnya tetapi kita tetap berjalan dalam Roh dengan hikmat, kuasa dan kasih Kristus Mat 10:16.
YES 43:19. TUHAN MEMBUAT HAL-HAL YANG BARU.
LIHATLAH AKU AKAN MEMBUAT HAL-HAL YANG BARU.
Tuhan itu Allah yang maha tahu, Ia bisa dan akan:
1. Menceritakan (menubuatkan) tentang hal-hal baruyang akan jadi dan itu pasti jadi. Misalnya kelahiran Putra manusia Yesus lewat seorang gadis, matinya di dalam kubur seorang kaya dan sesudah 3 hari bangkit dst. Semua(di tengah-tengahnya ada banyak hal seperti anak-anak yang mati di Betlehem atau Rama, dipanggil dari Mesir, penebusan, pelayananNya dll) dan semuanya sudah jadi sesuai dengan nubuatan Firman Tuhan. Juga tentang banyak orang lain dan istimewa tentang peristiwa2 akhir zaman, ada ribuan nubuatan yang pasti akan jadi istimewa tentang pengangkatan dan Surga Bumi baru yang begitu indah.
Kalau kita mau tinggal di dalam Kristus, terus dipimpin Roh, kita akan tahu banyak hal dan bisa memilih yang terbaik, sebab memang Tuhan ingin kita mendapatkan yang terbaik.
Ini bukan ramalan manusia atau iblis (yang mungkin jadi mungkin tidak) tetapi 100% akan jadi, sebab itu kita bisa bersandar atas nubuatan Firman Tuhan, hanya seringkali penafsirannya yang belum terbuka atautepat, tetapi bahan nubuatan itu pasti 100% jadi. Sebab itu sangat untung kalau kita mengerti pembukaan nubuatan yang sudah jelas dan terus ber-tambah2.
2. Membuat hal-hal baru, yang dahulu belum ada. Apa maksudnya? Akan ada hal-hal yang baru, sebab Gereja Tuhan akan disempurnakan dan rencana Allah dalam setiap orang yang mau diolah akan digenapkan. Yang tidak mau, yang jalan sendiri akan dikalahkan dan dibinasakan iblis dan kaki tangannya. Belum pernah terjadi penamatan rencana Allah dan itu akan jadi, misalnya adanya Antikris, perang Harmagedon, Kerajaan 1000 tahun, perang Gog dan Magog, Surga Bumi Baru dll, semua akan jadi dan itu hal-hal baru bagi tubuh Kristus dan semesta alam. Juga pertumbuhan rohani itu belum pernah dialami bagi masing-masing kita, apalagi sampai sempurna. Ada banyak hal-hal yang belum pernah terjadi, misalnya zaman Antikris Dan 12:1, Mat 24:21, Wah 16:18. Peristiwa2 ajaib Mat 9:33, Mrk 2:12. Hari2 yang akan datang sejak pengangkatan sampai Surga Bumi Baru itu semua hal-hal yang belum pernah terjadi, juga Neraka dan Tasik api itu sengsara yang belum pernah dialami.
 
SEKARANG IA AKAN BERSEMI, TIDAKKAH KAMU AKAN MENGETAHUINYA.
Dalam pimpinan Roh Kudus kita mulai mengerti sedikit demi sedikit. Orang yang punya pengertian dari Tuhan akan ditambahi lagi Mat 13:12. Kalau kita terus berjalan dipimpin Roh kita akan mendapatkannya sampai akhirnya lengkap Mat 10:26-27 termasuk segala rahasia kesempurnaan yang bisa membuat orang yang mengerti dari Tuhan akan mengalaminya 2Raj 2:10 yaitu 5 macam rahasia kesempurnaan. Rahasia-rahasia Firman Tuhan itu juga untuk bisa menghadapi segala rahasia kejahatan iblis dan Antikris. 2Tes 2:7 Tuhan akan membukakan semua rahasia bagi sahabatnya Yoh 15:15 yaitu anak-anak terang 1Tes 5:3-8 seperti Abraham, Nuh, Daniel, Yohanes dll.
AKU AKAN MEMBUAT JALAN DI PADANG GURUN DAN SUNGAI2 DI GURUN.
Ternyata untuk bisa sampai pada penggenapan rahasia-rahasia Allah yang besar itu tidak mudah. Kalau Tuhan tidak membukakan jalan, kita tidak akan sampai. Tidak mungkin ada orang bisa sempurna, sedangkan menjadi orang suci saja tidak masuk akal; kita harus betul-betul bersandar pada Tuhan dan hidup seperti Kristus Gal 2:19-20. Juga melewati masa kesukaran yang dahsyat, tidak akan ada orang bisa mengatasinya.
Bagaimana Tuhan membuka jalan ini? Ini fasilitas khusus dalam Minggu ke-70 Daniel supaya Gereja bisa disempurnakan, yaitu:
1. Hujan akhir Ul 11:14 dan pengurapan tanpa batas Yoh 3:34, termasuk pekerjaan ke-7 Roh allah Yes 11:1, Wah 1:4.
2. Pembukaan seluruh Firman Tuhan Mat 10:26-27, termasuk rahasia kesempurnaan yaitu rahasia buku khusus Wah 5:1, rahasia buku kecil Wah 10:28, manna tersembunyi Wah 2:17,
3. Penggenapan rencana Allah dengan perbuatan2 ajaib 1Kor 12:6, pelayanan orang sempurna (imam besar dengan Urim Tumim Ezr 2:63).
4. Hukum yang keras 2Kor 10:6, termasuk Perjamuan Suci setiap hari Kis 2:46, Luk 17:37.
5. Pemurnian Mal 3:2-3 dan pemisahan 1Kor 11:19, Wah 22:11. Polarisasi.
6. Pelayanan jawatan untuk menyempurnakan Gereja Ef 4:11-13.
7. Aniaya dan kesukaran tiga Antikris mula2, ini justru jadi api yang menyucikan dan menyempurnakan Gereja.
8. Pemeliharaan Allah 1Kor 15:51-52.
9. Milik bersama Kis 4:44-45 sekaligus timbul persekutuan yang benar Yoh 17:21-23.
10. Tubuh Kristus global terbentuk dan Gereja mengalami zaman keemasan Wah 12:1, Hag 2:10.
DAN SUNGAI2 DI GURUN.
Ini menunjukkan bahwa tanpa fasilitas khusus dari Tuhan, tidak mungkin Gereja bisa bertahan dalam masa yang sangat sulit ini sekalipun orang-orang yang terpilih, ini yang belum pernah terjadi Mat 24:21-22. Tuhan membuat sungai air hidup itu mengalir dalam kesukaran dan ini yang membuat suasana Surga dalam Gereja akhir zaman, zaman keemasan Gereja Yez 47. Air itu sekarang hanya sampai di mata kaki atau lutut, jarang di pinggang, tetapi dalam masa ini sampai tenggelam betul-betul pengalaman seperti di Surga, luar biasa.
KESIMPULAN.
Kita harus betul-betul bersedia Mat 24:42, supaya kita bisa menghadapi orang-orang yang terlalu jahat di luar dan di dalam Gereja dan menang mengatasi segala tekanan, aniaya dan penderitaan yang dibuat oleh Antikris. Rencana Allah pasti digenapkan. Siap mulai sekarang untuk terus hidup sebagai ligabis.
Luar biasa, asal kita sungguh-sungguh mau dengan tulus, Allah sanggup menolong kita sampai lulus dalam masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:19 atau ujian akhir, baptisan api Luk 12:49-51 dan bisa ikut pengangkatan bahkan sebagian menjadi sempurna.
Nyanyian:
Berjagalah dan penuh Roh Kudus.