YS198 Yesaya 43:11-15 Tuhan Allah, Penebus Manusia Yang Maha Besar

YESAYA 43:11-15 TUHAN ALLAH, PENEBUS MANUSIA YANG MAHA BESAR
YES 43:11 TUHAN, JURU SELAMAT
Aku, Akulah Tuhan dan selain Aku, tidak ada Juru selamat.
Tuhan yang kita sembah itulah Juru selamat kita, tida kada yang lain, hanya Tuhan Yesus, yaitu:
1. Untuk keselamatan kekal sesudah mati, Yoh 3:16. Masih banyak orang lain mempercayai dan mengandalkan Juru selamatnya masing-masing sehingga orang berkata “ada banyak jalan ke Roma”, artinya jalan keselamatan. Memang tidak bisa dichek dalam hidup sesudah mati, tetapi orang yang percaya pada Tuhan Yesus akan selamat, mereka yang lain akan kecewa sebab Firman Tuhan berkata hanya ada satu juru selamat, satu-satunya yaitu Tuhan Yesus Kristus Yoh 14:6. Hak asasi berarti setiap orang menentukan kepercayaannya sendiri-sendiri. Juga Tuhan menciptakan manusia dengan hak seperti ini, memilih dari dirinya sendiri. Berbahagialah orang yang bisa percaya pada Tuhan Yesus, Ibr 2:3-4. Tuhan mensyahkan dengan tanda-tanda, istimewa keyakinan dalam hati kita.
Tidak semua orang mau percaya pada Tuhan Yesus Rom 11:16. Juga Yesaya sendiri mengatakan ini  Yes 53:1. Sungguh orang yang bisa percaya itu untung. Jangan sampai luntur, keselamatan akan hilang.
2. Juru selamat untuk hidup dalam dunia sekarang
Orang yang sungguh-sungguh harap Tuhan dan memenuhi syarat-syaratnya, akan mengalami pertolongan Tuhan sebagai Juru selamat dalam dunia sekarang yaitu dalam semua problemnya. Kadang-kadang Tuhan seolah2 tidak terbukti bahkan lama belum menjawab, sebab harus dengan iman. Seperti Israel protes kepada Tuhan Bil 16:13, negeri perjanjian tidak datang-datang sampai empat puluh tahun. Ini karena salah mereka, padahal Mujizat (10 bala) di Mesir, Laut Kolsom dan manna setiap hari, itu bukti yang lebih dari cukup, tetapi sebab keras hati dalam dosa, mereka tidak bisa percaya dan binasa di padang gurun. Bertobat sungguh, percaya dan berdoa, Tuhan akan mecelikkan matanya sehingga bisa yakin dan percaya, kecuali keras hati, tidak mau bertobat atau percaya. Jangan mengandalkan kekuatan sendiri, tetapi kuasa Allah sambil terus hidup dipihak Tuhan dalam kesucian Rom 8:31; 1Pet 3:12, terus percaya dan berdoa, lebih-lebih dalam Roh dan kebenaran, pasti Dia terus jadi Juru selamat kita dalam dunia ini. Kita akan terpelihara, aman, dipimpin Roh bahkan bisa mengalami rencana Allah yang paling indah di dunia dan ahsilnya untuk kekal Yer 29:11; Ef 2:10. Dia Tuhan, Juru selamat untuk semua pribadi kita sampai semua berubah jadi kebaikkan Rom 8:28.
YES 43:12 KITA SAKSI DARI ALLAH YANG HIDUP
Aku sudah menyatakan, Aku sudah menyelamatkan dan sudah menunjukkan bahwa tidak ada allah asing lainnya diantaramu, sebab itu engkau adalah saksiku kata Tuhan, bahwa Akulah Allah
Luar biasa; biasanya Tuhan itu jadi saksi kita atas segala perbuatan kita, tetapi sekarang heran, kita yang menjadi saksi dari Tuhan, tetapi bukan untuk mengadili Tuhan (jauh dari itu) melainkan untuk bukti bagi kita sendiri dan orang-orang sekitar kita, bahwa Tuhan yang kita sembah itu betul-betul Allah yang hidup dan maha kuasa! Dia menolong semua segi hidup kita! Kita jadi saksinya untuk menyelamatkan orang-orang lain. Kis 1:8 Pengalaman kita dengan Tuhan, bisa kita saksikan bagi orang lain supaya mereka percaya dan diselamatkan. Roh Kudus akan mengurapi kesaksian kita sehingga mereka bisa percaya. (Tuhan tidak pakai malaikat, tetapi kita, supaya faedah dan pahala dari saksi Kristus jadi pahal dan berkat bagi kita, dan ini menumbuhkan kita makin mulia seperti Kristus!) Meskipun kesaksian kita tidak banyak berarti, tetapi Roh Kudus yang melalui kita sehingga timbul buah-buahnya.Sebab itu kita harus selalu rendah hati, sebab semua dari Tuhan oleh Tuhan dan untuk Tuhan Rom 11:36; 1Kor 4:7, semua oleh anugrahNya.
Mengapa disebutkan allah asing? Sebab:
1. Iblis itulah allah asing yang terus mau masuk untuk membinasakan Yoh 10:10. Kita harus hati-hati jangan keselamatan dirampas singa liar ini 1Pet 5:8. Kalau kena si pembunuh ini Yoh 10:10 celaka kekal, dan ia tarus mencari mangsa.
2. Jangan ada allah lain (yang dikagumi, disembah, dipuja, diharapkan) selain Tuhan Yesus Kristus.
Jangan lupa selalu Tuhan Yesus Kristus adalah Allah diatas segala allah, Tuhan diatas segala tuan. Ul 10:17. Sebab itu orang yang percaya, mengerti, kagum akan suka sekali menyembah Allah dalam Roh dan kebenaran (selalu hidup benar). Juga kalau kita tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan 2Pet 3:18 dengan baik, maka hubungan kita dengan Tuhan selalu erat ,selalu penuh dan dipimpin Roh; maka hidup ini akan tumbuh dengan indah dalam rencana Allah.
Jangan sampai uang, dosa, kesukaan dunia, kepujian yang fana menjadi allah (yang patut disembah).
Berpadalah dengan segala yang ada dalam dunia ini 1Kor 7:31, hanya Tuhan Allah yang kita sembah, yang kita percayai dan banggakan, sehingga hidup ini berkenan kepada Tuhan dan tumbuh dalam rel Tuhan, dalam rencanaNya yang indah dan mulia.
Percayalah Dia Allah yang maha suci, cinta kita dan maha besar diatas semuanya. Sembah Dia saja untuk selama-lamanya.
Mengapa kita harus setia dan terus menyembah Allah, baik enak atau tidak, menguntungkan atau tidak, apakah Allah bisa membuat semua menguntungkan saja? Bisa? Sebab Allah ingin kita tumbuh sampai maksimal seperti Kristus, jadi sempurna, sebab itu kita diolah hal-hal yang tidak enak. Karena itulah timbul istilah mengucap syukur dan menyembah dalam segala perkara, taat, percaya, menyembah terus, dengan demikian kita tetap percaya, setia, taat sampai mati seperti contoh dari Putra Manusia Yesus Pil 2:8. Dialah satu-satunya Allah yang maha besar dan maha mulia, dan semua yang mau percaya dan taat akan jadi paling indah dan untung dalam Kristus.
YES 43:13. TUHAN BEKERJA MENGOLAH ORANG YANG MAU
Sebelum ada hari, Akulah Dia dan tidak ada seorangpun yang bisa melepaskan keluar dari tanganKu. Aku akan bekerja, siapakah yang bisa menghalang-halanginya* (NM: membaliknya).
Tidak ada siapapun yang bisa mencegah Allah daripada kehendakNya, Semuanya pasti jadi. Ay 42:2; Luk 1:37. Allah itu suci, iblis itu dosa, jahat. Kesucian pasti menang. Jahat dan dosa hanya menang sebentar, sebab Tuhan mengijinkan semuanya itu untuk pengolahan. Tetapi orang yang mau hidup suci, pasti akhirnya akan menang.
Tuhan ijinkan kita ditimpa ketidakadilan, kejahatan dll dalam batas-batas tertentu,  untuk pengolahan sesudah itu pasti menang. Sebab itu jangan ragu. Hiduplah benar, Allah tahu dan kalau kita belum menang seperti Yusuf dalam penderitaan, Daud menderita akibat ketidakadilan, Daniel, Petrus, Paulus, dll, jangan ragu-ragu, atau berhenti hidup benar, ikut Tuhan dengan setia. Pada akhirnya kita pasti menang di dunia, istimewa dalam kekekalan. Tuhan bekerja itu untuk mengolah kita. Kalau untuk menghukum yang jahat itu mudah, langsung selesai, semua dibinasakan. Tetapi untuk mengolah, ia butuh waktu cukup lama. Putra Manusia Yesus, Yusuf, Daud, Yohanes pembabtis dll perlu tiga puluh tahun untuk pengolahan, itu baru untuk persiapan, dan baru sesudah itu Putra Manusia Yesus bisa melayani diumum dalam tiga setengah tahun dengan baik bahkan sempurna. Ini Putra Manusia Yesus sendiri. Kalau sekarang kita tidak mau bersedia lebih kurang tiga puluh tahun, bagaimana kita bisa tahan dalam pengolahan tiga setengah tahun pada saat Minggu 70 Daniel? besedialah sekarang, terus meningkat sampai puncak (TMSP) supaya kita ikut dalam rencana top dalam penamatan rencana Allah. Mulai sekarang bersedialah, pasti untung. Yang tidak mau tumbuh dalam rel Tuhan pasti rugi.
YES 43:14. SUDAH DIUTUS KE BABIL
Demikianlah Firman Tuhan, penebusmu, Yang maha suci orang Israel. Untuk kepentinganmu, Aku sudah mengutus ke Babil dan sudah menurunkan semua orangnya yang mulia* dan orang-orang Kasdim yang tangisanya adalah dalam kapal2 (*B.Y. membuka semua palang2 pintu penjara).
Tuhan penebus kita, sebab Dia menjadi manusia untuk menebus kita, sekaligus jadi contoh supaya kita bisa diangkat jadi tinggi seperti Dia sendiri. Dari dahulu sudah dinyatakan dan akan ternyata selesai dengan sempurna.
Babil adalah gambaran dari dunia ini, di mana Tuhan turun menebus manusia. Ini menceritakan kemenangan proyek Allah yang mengutus PutraNya ke dunia dan merebut satu umat yang mau percaya dan mengalahkan iblis dan semua tentaranya.
Menurunkan semua orang yang mulia;
TB:Y: Membuka semua palang2 pintu penjara.
Waktu Tuhan Yesus menyelesaikan penebusanNya, iblis dikalahkan, maka orang-orang tebusan Wasiat Lama yang dipenjara, direbut dan dibawa keluar Ef 4:8-9. Begitu juga pintu2 penjara untuk orang Wasiat Baru sudah terbuka, sehingga manusia lepas dari dosa dan orang Wasiat Baru bisa langsung tumbuh dalam kesucian dan kemuliaan dalam rencana Allah, lebih indah dari orang Wasiat Lama. Kita sekarang bisa langsung hidup dalam kesucian yang penuh, merdeka dari dosa dan tumbuh dalam kemuliaan Allah lalu bisa berubah (baik pribadi atau ber-sama2 dalam pengangkatan) langsung naik bertemu Tuhan apalagi yang menjadi sempurna. Ini peristiwa besar karena kemenangan Tuhan Yesus. Hasil penebusan Tuhan Yesus yaitu orang-orang menjadi suci dan mulia baik dalam Wasiat Lama, lebih-lebih dalam Wasiat Baru. Jangan luput dari rencana Allah yang sangat mulia ini.
Orang-orang Kasdim yang tangisannya adalah dalam kapal2.
Ini orang-orang yang tidak mau percaya, tetapi mereka ikut dengan penghulu dunia Babil ini, mereka lari dalam kapal ; ini orang-orang berdosa yang ikut kerumah bapanya iblis dalam neraka.(Hanya ada dua golongan 1Yoh 3:10), maka dengan tangis yang kekal, pergi kerumah bapanya. Orang yang mau percaya pada Tuhan Yesus itu untung besar, maka lepas dari segala penjara dosa ini.
Rencana Allah untuk menebus manusia pasti digenapi dan sekarang sedang sampai pada akhirnya. Tuhan Allah yang maha besar pasti bisa menyelesaikan dengan sempurna, dan orang yang percaya, mau taat dengan setiaakan untung sebesar2nya asal mau mengambil keputusan dan taat sampai mati. Tuhan itu maha kuasa, maha tahu, cinta, pasti berhasil dan orang yang mau percaya dan taat pasti bisa ditebus dan mengalami rencana
Allah yang penuh kemuliaan yang abadi. Kita tahu akhirnya dan hasil yang gilang gemilang, mengapa tidak mau taat memenuhi syarat-syarat pengolahan ini yaitu diolah dalam jalan salib yang berakhir dalam kemuliaan kekal. Jangan buang kesempatan yang indah ini untuk kekal. Tuhan sanggup memelihara dan menolong kita dalam persoalan ini asal mau percaya dan taat terus dipimpin Roh dengan tekun sampai ke akhir.
YES 43:15 AKU ALLAH PENCIPTA ISRAEL
Akulah Tuhan satu-satunya yang suci (dari engkau) pencipta Israel; Rajamu.
Kata2 ini seolah2 biasa, tetapi ini luar biasa, sebab Dia Tuhan diatas semua tuan di dunia, tertinggi, yang harus ditaati oleh semuanya, kepala dari gereja (1Kor 11:3) dan diatas semua manusia. Dia yang menciptakan Israel sejak Abraham dan Sarah yang mandul, begitu pula pada Ishak, Yakob, kedua belasanaknya dst sampai jadi bangsa Israel di Mesir. Menciptakan jasmani tidak sulit, tetapi menciptakan suatu umat milik Allah itu perlu kerja sama yang panjang, baik dalam Wasiat Lama (hasilnya dilepskan dari penjara Ef 4:8,9). Juga dalam Wasiat Baru.
Jadi orang yang indah2 itu diciptakan dua kali, satu kali menjadi seperti Adam dan satu kali lagi seperti Kristus, Adam terakhir 1Kor 15:44. Kita ini hasil ciptaan ulang 2Kor 5:17 dan yang terus mau diolah seperti tanah liat dalam tangan penjunan  Yes 64:8 sampai akhirnya, akan menjadi bejana yang mulia seperti Paulus 2Kor 4:7. Yang mulia itu adalah Tuhan, kita hanya bejana tanah liat. Kita bisa jadi mulia kalau menyerah sepenuhnya kepada Tuhan. Raja. Tuhan kita adalah Raja segala raja 1Tim 6:15 Wah 17:14; 19:16. Kita juga menjadi raja tetapi kombinasi raja dan pencipta itu kombinasi dari Allah, tidak ada manusia mempunyai gelar2 kombinasi ini.
Ini menceritakan kemuliaan Allah yg maha besar sebagai pencipta dan sebagai raja dari orang-orang yang mau merajakan Dia, taat dan patuh kepadaNya. Mau tidak mau semua manusia adalah hasil ciptaan Tuhan, tidak bisa disangkali, tetapi sebagai raja tidak semua orang mau menerimaNya Luk 19:14. Juga Israel yang diciptakan oleh Tuhan menolak Tuhan Yesus sebagai rajanya Yoh 19:15. Sebab itu Israel menarik kutuk Allah keatasnya turun temurun seperti yang dikatakannya sendiri Mat 27:25. Tetapi kalau kita mau Dia jadi raja dalam hati kita, memerintah kita (bukan kita sendiri jadi raja hati kita, semau2nya sendiri Tit 1:7; 2Pet 2:10) tetapi Tuhan yang menjadi raja kita. Akuilah Tuhan sebagai Allah yang maha suci, pencipta dan raja kita, itu indah. Pasti hidupnya jadi indah dan mulia. Sebab Allah yang maha suci (kita juga suci dan terus meningkat dalam kesucian 1Pet 1:16). Pencipta kita (menjadi orang baru dan tetap hidup baru, terus bertumbuh menjadi seperti Kristus), dan raja kita (taat sepenuhnya, Dia jadi raja dalam hati dan hidup kita); ini suatu hidup yang berkenan kepada Tuhan dan bertumbuh kepada kesempurnaan seperti Kristus.
KESIMPULAN
11. Tuhan Juru selamat kita untuk yang sekarang dna yang kekal
Jangan percaya, harap atau mengandalkan yang lain, cukup Tuhan Yesus saja, Dia cukup untuk semuanya.
12. Tidak ada allah asing lainnya, hanya Tuhan Yesus Allah yang kita sembah dalam Roh dan kebenaran. Jangan yang lain menjadi Allah atau kecintaan kita, hanya Tuhan Yesus saja dan kita jadi saksinya atas segala perbuatanNya yang ajaib dalam kita. Jangan jadi Israel yang tidak mengakuiNya, padahal setiap hari makan rotiNya (manna).
13. Allah sanggup mengolah, tetapi mengolah manusia paling sulit sebab manusia bukan mesin, perlu waktu. Tetapi yang mau diolah pasti jadi indah untuk abadi.
14. Tuhan sudah turun ke dunia dan pasti rencana Allah selesai. Dari Firman Tuhan kita sudah melihat akhir yang indah. Taatlah sampai akhir, paling untung, kita jadi mulia seperti Dia untuk kekal.
15. Allah pencipta Israel dan rajanya.
Allah kita maha suci (kita juga tumbuh dalam kesucian) Pencipta (kita punya hidup baru yang bisa terustumbuh sampai seperti Dia) dan Dia raja hati dan hidup kita, bukan kita sendiri yang jadi raja, itu hidup yang berkenan kepada Tuhan, bisa tumbuh sampai sempurna.
Kalau mau hidup seperti ini, pasti indah, dalam ril Tuhan, mengalami rencana Allah yang indah, suatu hidup yang berarti seperti Yusuf, Daud, Daniel dll, pasti menang dan akhirnya seperti Kristus, sukacita dan mulia di dunia sampai kekal. Orang seperti ini akan berkemenangan, senang dalam segala pencobaan.
Nyanyian:
Betapa snang ikut Yesus Juru selamatku
Ku tak bisa crita dengan perkataan
Hatiku amat penuh dan bertrimakasih
karna Tuhan tinggal berdiam di hati.