YS194 Yesaya 43:1-3. Janganlah Takut, Firman Tuhan

YES 43:1. TUHAN JAMINAN ORANG ISRAEL.
TETAPI SEKARANG BEGINILAH FIRMAN TUHAN.
Kalau kata-kata ituberasal dari Firman Tuhan, jangan ragu-ragu, sebab itu kebenaran Yoh 17:17 kekal Luk 21:33 dan pasti jadi Luk 1:37. Percayalah, maka kalau kita taati, kita akan untung, keberkatan. Kata-kata manusia, falsafah, peri bahasa, kata-kata mutiara dll sekalipun tampaknya bagus, jangan disetarakan dengan Firman Tuhan, bedanya terlalu banyak seperti bumi dan langit Yes 55:8-9. Jangan percaya kata-kata iblis atau kaki tangannya (tandanya, bertentangan dengan Firman Tuhan), sekalipun sebagian betul (sebab iblis itu lihai menipu, yang dipalsu hanya sedikit supaya diterima. Baru sesudah diterima, ia menipu lebih banyak). Sebab itu baca dan pelajari Firman Tuhan setiap hari, renungkan sampai mengerti maka hidup ini menjadi untung dalam segala perkara seperti dikatakan dalam Maz 1:1-3.
TUHAN YANG MENCIPTAKAN ENGKAU, O YAKUB.
Binatang dll juga diciptakan Tuhan. Apa bedanya dengan manusia? Manusia diciptakan menurut teladan Allah, gambar Allah Kej 1:26,sebab Allah punya rencana membuat manusia untuk dijadikan seperti Kristus, seperti Allah 1Kor 11:1, Yoh 1:12. Sebagian yang mau percaya dan taat akhirnya akan jadi sedikit banyak seperti Kristus bahkan sempurna seperti Kristus.
Ini rahasia yang besar dari Allah untuk manusia. Yakob, Israel jasmani dan kita Israel rohani, yang percaya pada Tuhan akan dijadikan seperti Kristus; ini rencana utama dari Allah bagi kita. Bukan jadi sehat, kaya, sukses, senang dll itu hanya hasil sampingan yang kecil, tetapi yang utama menjadi seperti Allah itu sangat luar biasa. Jangan hidup sembarangan, hiduplah sungguh-sungguh taat dan belajar baik-baik Firman Tuhan sebab satu kali kita yang percaya akan menjadi seperti Allah menjadi anak-anak Allah di duniapun sudah luar biasa (ingat seperti Yusuf, Musa, Daud, Daniel dll begitu juga untuk setiap orang yang bisa bekerjasama untuk diolah menjadi seperti Kristus) apalagi di Surga kekal itu tidak terbatas, ajaib dan terlalu amat besar!
Sebab itu Allah sangat perhatikan dan mau melakukan apa saja, sebab ini perkara besar dan penting bagi Allah! Oleh karena itu asal kita mengerti (dari Firman Tuhan) dan taat pada Tuhan, jangan takut, untuk hidup dan tumbuh sebagai anak-anak Allah, Tuhan akan menjadi backing kita, Penolong kita, ini hidup yang luar biasa dan tidak terkalahkan oleh siapapun. Tetapi jangan melawan dengan kemauan sendiri atau dengan daging, melainkan tetap dalam kesucian, terus tanya Tuhan (1Taw 16:11) dan taat akan kehendak Tuhan saja. Mat 26:39. Kenali kehendak Allah Ef 5:17 dan taat, pasti Tuhan yang akan memback up kita dengan penuh. Sungguh bahagia, sebab pasti menang dan pasti enak dengan Tuhan yang maha kuasa dan sangat mencintai kita.
DAN IA YANG MEMBENTUKMU, O ISRAEL.
Apa bedanya dengan menciptakan? Menciptakan itu dalam teladan Allah, untuk dijadikan seperti Allah. Kalau membentuk, ini membentuk menurut rencana Allah seperti tanah liat di tangan penjunan.
Setiap orang dibentuk sendiri-sendiri sesuai dengan rencana Allah yang mulia bagi masing-masing Yes 64:8. Kalau kita mau hidup benar terus menerus dan melakukan kehendak Allah, maka Dia akan mengolah dan membentuk kita seperti Dia dengan cara yang khas untuk diri kita masing-masing sangat indah. Indahnya Abraham, Israel, Yacob, Yusuf, Daud, Daniel, Yohanes Pembaptis, Petrus, Paulus dll itu tidak sama, tetapi semua indah dan tumbuh menjadi seperti Kristus, setinggi mungkin. Berjalanlah dalam Roh dalam pimpinanNya terus menerus, pasti Ia akan membentuk kita sangat indah. Yacob diciptakan (dari Abraham dan Ishak) dan Israel yaitu Yacob yang dibentuk menjadi satu bangsa umat Tuhan yang heran.
JANGAN TAKUT.
Ada 365 ayat “jangan takut”, cukup untuk satu ayat setiap hari dan untuk semua segi hidup, dijamin oleh Tuhan, asal kita berjalan dengan Tuhan, terus taat dipimpin RohNya. Rom 8:14, Gal 5:16.Jangan lupa jalan Allah itu dalam kesucian dari semua dosa. Kalau ada dosa, Roh Kudus lari atau terpojok, sebab iblis masuk dan menguasai, mengikat dan memaksa untuk melakukan kehendak iblis yaitu untuk menuruti kehendak iblisdengan berbuat dosa. Orang yang bodoh merasa bahwa hal inimenuruti kehendak hatinya sendiri seperti merokok, melakukan hal-hal pornografi, cinta uang, benci dll, tetapi sesungguhnya ini adalah ikatan yaitu perbudakan iblis.
Kalau iblis ada, Tuhan pergi, orang itu diperbudak dalam salah satu atau segala macam dosa. Orang yang berdosa itu tidak ada sejahtera dan penuh ketakutan, sebab upah dosa itu maut, se-waktu-waktu maut datang ia binasa kekal. Rom 6:23. Orang yang tidak mengertipun takut, seperti orang sakit, meskipun tidak mengerti tentang penyakit, rasa takut mencengkeramnya.
Sebab lain dari ketakutan adalah tahu tetapi tidak taat, bodoh, malas, tidak percaya pada janji-janji Allah, tidak mau berharap pada Tuhan dll, padahal sangat mudah untuk tidak takut, seperti anak lari kepada orangtuanya, percaya dan haraplah pada Tuhan, pasti kita ditolongNya.
SEBAB AKU SUDAH MENEBUSMU.
Ditebus dari apa? Dari tangan iblis dengan harga tunai 1Kor 6:18,19, 1Pet 1:18,19 ditebus dari hidup lama yang sia-sia sehingga jadi baru seperti Kristus.
Orang yang hidup baru itu luar biasa, sebab hdup baru itu seperti hidup Tuhan Yesus di dunia, senang, puas, berkemenangan, cocok dengan kehendak Allah Bapa dan tidak ada ketakutan. Semua tabiat baru sudah ada waktu lahir baru (seperti burung sudah ada dalam telur, waktu tumbuh itu nyata). Kita bisa hidup bebas dalam sukacita, kesucian dan bebas melakukan hidup baru sesuai kehendak Tuhan, sebab sudah ditebus dan bisa tumbuh dalam rencana Allah yang indah. Tidak takut gagal, tidak tertekan, tidak terpaksa, tidak harus bergumul mati2an, tetapi hidup dengan iman, bebas penuh dengan kemampuan baru, hasil penebusan dan sukacita dari Atas.
AKU SUDAH MEMANGGILMU DENGAN NAMAMU.
Mengapa dipanggil dengan nama? Sebab sudah kenal seperti Tuhan mengenal Musa Kel 33:12,17, Yes 45:4. Jangan kuatir atau takut, apapun yang terjadi pada kita, Tuhan sudah mengenal kita baik-baik. Tidak ada yang kebetulan dan kita tidak lagi bisa dituduh setan, sebab kalau kita benar sampai dalam batin, Tuhan mengenal kita bahwa kita benar sampai dalam batin, dan setan percuma menuduh kita, sebab Tuhan lebih besar dari iblis. Kalau kita sudah benar di hadapan Tuhan, kita sama sekali tidak perlu takut atau kuatir, Tuhan tahu tepat keadaan kita dan akan memimpin kita untuk lepas dari kesukaran yang kita terima. Betapa senang, kita bukan saja mengenal Allah tetapi juga dikenal langsung oleh Tuhan. Kalau dikenal pembesar dunia saja sudah luar biasa apalagi oleh Allah segala allah, sangat luar biasa. Yang percaya tidak akan mudah tertipu.
ENGKAU ADALAH MILIKKU.
Siapa berani menjamah kita yang adalah milik Tuhan? Dia menjamah biji mataNya, luar biasa Mal 2:8. Sebab itu jangan bereaksi dosa, nanti sama-sama berdosa, Tuhan lepas tangan dan kedua pihak akan masuk dalam tangan iblis. Tetapi kalau kita tidak bereaksi dosa, mengampuni, dan tetap dalam kesucian, lalu dipimpin Roh, maka orang yang berani berbuat jahat itu berbuat jahat pada Tuhan dengan segala akibatnya, kita bebas, bisa tenang-tenang saja dan tidak perlu takut akan kejahatannya yang berikutnya sebab kita dipelihara dan dijamin Tuhan baik-baik. Lebih dari itu, kalau kita tetap milikNya kita akan dipelihara, dibela dan bisa tumbuh sampai mulia seperti Allah dan itu mungkin! Sebab kita milikNya.
YES 43:2. MENGHADAPI SEGALA MACAM PENCOBAAN.
I. KALAU ENGKAU MELEWATI AIR, AKU AKAN BESERTAMU.
Macam-macam air pencobaan, seperti jalan yang banjir, masuk ke rumah dll. Selalu ada pencobaan setiap hari yang harus kita hadapi.
Kalau Tuhan beserta kita pasti menang Rom 8:31, asal tahu menghadapinya yaitu tidak bereaksi dosa dan taat dipimpim Roh serta terus lekat dengan Tuhan seperti carang dalam pokok dengan 7 KPRnya (Kebutuhan Pokok Rohani).
Tuhan mengizinkan pencobaan-pencobaan itu datang untuk mengolah kita supaya:
1. Tabiat baru muncul.
2. Mahir pikul salib dan hidup suci.
3. Makin tumbuh dalam rencana Allah menjadi seperti Kristus.
4. Makin mahir menghadapi tipu daya iblis.
5. Makin mengerti Firman Tuhan, dsb.
Sangat untung menghadapi pencobaan dengan Tuhan Yesus, sebab kalau kita bisa menghadapi sampai menang, kita jadi makin mahir dan makin meningkat dalam rohani dan terus maju dalam rencana Allah yang indah. 1Kor 10:13.
II. DAN MELALUI SUNGAI-SUNGAI, ITU TIDAK AKAN MELIPUTIMU.
Kalau tanda air kecil di mana-mana, tetapi ini sungai-sungai yang tertentu dan dalam. Ini pencobaan yang lebih besar, kalau kalah bisa diliputi = tenggelam dan mati. Jangan takut juga jangan kena tipu daya setan yang terus menekankan bahwa kita akan hanyut dan tenggelam tidak mungkin bisa lepas. Tetapi bagi Allah tidak ada yang mustahil. Tuhan selalu buka jalan yang seringkali tidak kita duga. Seperti Abraham waktu istrinya diambil, Tuhan hanya bicara pada Firaun dan semua selesai. Juga Yacob berkali-kali Tuhan buka jalan, Yusuf yang taat, tiba2 naik di istana. Paulus dalam penjara, dalam kapal karam, waktu dirajam di Listera dll selalu ada jalan. Seolah-olah akan hanyut dan tenggelam lalu tamat, mati, tetapi justru hidup dan sangat ditinggikan. Daniel akan mati dalam lubang singa, tahu-tahu 120 menteri dengan keluarganya yang mati di-robek-robek singa. Seharusnya Ester, Mordekhai dan Israel mati, tahu-tahu Haman dan semua orang-orangnya mati dengan dahsyat. Tampaknya orang-orang beriman yang kalah dan binasa, tetapi dengan Tuhan menyertainya, semua musuhnya binasa. Terakhir Antikris dan iblis akan dibinasakan yang berkemenangan dalam masanya, tahu-tahu binasa dengan dahsyat dalam Tasik Api.
III. KALAU ENGKAU BERJALAN MELALUI API, ENGKAU TIDAK AKAN TERBAKAR.
Sadrakh, cs pernah masuk api dan tidak terbakar secara harfiah. Ini bukan saja api biasa tetapi api neraka yang kekal. Ini berarti mau dibakar oleh ber-macam-macam nyala api dosa seperti nafsu zina, nafsu uang, nafsu benci, nafsu sombong dst, tetapi meskipun kiri kanan kita penuh dengan orang-orang yang terus terbakar dengan segala macam api hawa nafsu, tetapi orang-orang beriman tidak sampai terbakar, tetapi justru semua itu padam dalam diri kita dan kita bisa hidup dalam kesucian di tengah-tengah dunia yang makin jahat ini Wah 22:11, bahkan orang yang lekat dengan Kristus dan bertekun berdoa serta menghisab 7 KPR, justru akan meningkat dalam kesucian di tengah-tengah kobaran api segala macam nafsu ini. Kita harus lekat dengan Tuhan supaya tahan dan justru menang dalam ujian-ujian, lebih-lebih ujian akhir 1Pet 4:14 dalam Minggu ke-70 Daniel, seluruh dunia menyala dalam api sengsara dan api pencobaan Luk 12:49. Kita harus mahir pikul salib, mahir memadamkan setiap api hawa nafsu dosa, sehingga akhirnya di tengah-tengah api yang menyala-nyala seperti yang dialami oleh Sadrakh, Mesakh, Abednego kita tetap dalam api yang lain, yaitu api kesucian dengan Tuhan Yesus, bahkan tumbuh dalam pimpinan Roh Kudus, makin seperti Kristus. Jangan takut, ini rencana Allah, kita akan menjadi seperti Kristus dan ujiannya juga seperti Kristus. Tetapi Firman Tuhan dan Roh Kudus dan tubuh Kristus akan menguatkan, sehingga kita dimungkinkan menang bahkan tumbuh, asal mau taat.
IV. JUGA NYALANYA TIDAK AKAN MENYALAKAN ENGKAU.
Ini sambungan dari yang ke III. Dalam api hawa nafsu yang menyala-nyala di Sodom, Lot menyala dan terbakar habis, tetapi Abraham tidak terbakar, tetapi ia melihat Sodom terbakar, bahkan bisa berdoa syafaat untuk Lot.
Jangan ikut menyala-nyala dalam emosi, amarah, keinginan uang, kemasyuran, nafsu zina, kebencian dll, tetapi daging kita harus tetap mati Rom 6:6, 1Pet 4:1, tetapi api Mezbah, api Roh Kudus yang menyala-nyala dalam kita bukan untuk berbuat dosa tetapi untuk melakukan kehendak Allah dengan gairah dalam kesucian. Yoh 2:17.
YES 43:3. TUHAN ALLAH YANG KUDUS DAN ESA.
KARENA AKULAH TUHAN ALLAHMU,
Tuhan, artinya Tuan, harus kita taati sebab Dia Tuan kita dan Allah harus kita sembah sebab patutlah Ia disembah.
Tuhan Yesus sebagai manusia taat pada BapaNya (TuhanNya Mat 22:24) sampai mati tersalib Pil 2:8. Begitu juga kita harus taat setiap kali, setiap hari sampai mati tetap taat, maka kita akan menerima pahala dari Tuhan.
Tetapi selain itu Allah itu harus disembah. Orang-orang berdosa begitu cinta akan uang sampai menyembah uang, apa saja dilakukan asal dapat uang. Uang menjadi sesembahannya, menjadi berhalanya, menjadi allahnya dan mereka menyembah berhala mammon ini. Dengan mata yang buta mereka menyembah allahnya ini. Juga menyembah dosa-dosa sex,  sebab tergila-gila akan kesukaan dosa sesaat Ibr 11:35. Mereka begitu tergila-gila akan kesukaan sex yang disembahnya sebagai allahnya. Dengan mata yang buta, dibutakan oleh iblis; ialah cinta daging, penyembah berhala2 dosa, begitu tergila-gila, sebab matanya dibutakan oleh iblis 2Kor 4:4. Ini cinta daging, seperti seorang yang jatuh cinta pada tunangannya dan bersedia mengorbankan apa saja asal mendapatkan kekasihnya. Orang dunia berkata cinta itu buta, sebab tidak melihat kerugian dan celakanya, sebab matanya sudah dibutakan iblis seperti Simson, jelek bahkan diperas,  Simson tetap tergila-gila sebab buta. Ini cinta daging yang buta!
Begitu juga dengan dosa-dosa lain, sama saja, orang-orang mengejarnya dengan segala resiko sebab hatinya cinta dan mengillahkannya, misalnya popularitas atau menyembah dosa-dosa lain seperti zina, benci, dsb.
Kalau kita beribadah dengan betul sampai mengerti, maka kita seperti tergila-gila akan Firman Tuhan dan Kristus. Tetapi dengan cinta ilahi, tidak buta, justru Roh Kudus mencelikkan mata kita, sehingga kita mengenal Allah dengan betul, sampai kagum dan menyembahNya tidak habis2nya dengan celik karena kagum dan cinta, bukan karena buta.
Jadi penyembah Allah dengan celik sehingga kagum dan cinta, sebab Dia begitu besar, mulia, maha besar dan sangat mencintai kita sampai Ia mau berkorban begitu besar untuk kita Yoh 3:16. Kita sadar, mengerti, celik dan kagum waktu kita menyembah Tuhan,betapa indahnya dan untungnya kalau kita bisa menyembah Kristus yang sudah rela berkorban apa saja bagi kita, yang sudah mencintai kita lebih dahulu. Sebab itu dengan sadar dan mengerti kita juga mencintainya dan mau taat, mau mati karena Dia, asal dapat Kristus dan kita terus menyembahNya. Ini bukan tergila-gila yang buta, tetapi dengan celik,dengan pengertian, kesadaran, kemauan oleh pertolongan Roh Kudus kita sungguh-sungguh menyembah Allah.
YANG KUDUS DAN ESA ORANG ISRAEL.
Tidak buta sebab bisa menyembah (tergila-gila) dengan pengertian, kesucian pada Allah yang Esa.
Juru selamatmu. Dahulu kita belum selamat sebab dikuasaidan menjadi milik iblis, hamba dosa, tetapi sekarang lepas dari perbudakan dosa iblis oleh Tuhan Yesus Juru selamat, menjadi merdeka dari dosa, melakukan atau hidup dalam kesucian dengan sadar, sukacita dan tetap sadar sampai akhir.
AKU MEMBERIKAN MESIR MENJADI PENGGANTIMU.*
(* KJ = Ransom; H3724 = Suap, uang tebusan, aspal, desa, untuk menutupi seperti aspal, lain dengan Tebusan H1350, misalnya dalam ayat 2).
Orang Mesir = Orang dosa, orang dunia yang kalau sampai mati tidak mau bertobat, itu tidak ada harganya di hadapan Tuhan, mereka hidup semaunya sendiri dalam dosa. Orang-orang semacam ini menjadi penggantimu.
Tuhan Yesus sudah menjadi korban tebusan, lalu mengapa orang Mesir menjadi pengganti (bukan tebusan)? Ini bukan untuk menebus dosa, tidak bisa! Dosa hanya bisa ditebus dengan darah Yesus, darah Anak domba Allah yang tidak bercacat cela. Tetapi orang-orang inimenjadi pengganti saja, seperti:
1. Waktu Israel keluar dari Mesir, sebab Mesir tidak mau bertobat, maka mereka dibinasakan Allah, baik negerinya, putra sulung dan Firaun dan tentaranya. (Sebetulnya orang Mesir yang sudah punya “garam” Yusuf ini, bisa selamat, tetapi mereka keras hati dan binasa, membuka jalan bagi Israel. Mereka menggantikan Israel untuk binasa. Kekerasan hati orang Mesir itu mengolah dan menumbuhkan Israel. Jadi, orang-orang Mesir keras hati, mereka dihujani 10 bala dan Israel dilepaskan dari bela2 ini, sehingga orang Israel bisa melihat dan belajar mengenal Tuhan yang maha kuasa. Orang-orang Mesir ini tidak ada harganya di hadapan Allah dan mereka dalam kekerasan hatinya menjadi tebusan, menjadi pelajaran dan contoh bagi Israel. Mereka menjadi gantinya orang Israel yang ditindas orang Mesir, tetapi sebetulnya sama-sama bodohnya. Contoh lain:
2. Juga Saul yang tidak mau bertobat, kejahatannya pada Daud itu justru mengolah Daud sehingga Daud yang sudah ditebus darah binatang (gambaran darah domba Allah) tumbuh sampai menjadi indah karena kejahatannya Saul. Saul sebetulnya bisa selamat, sudah penuh Roh Kudus, tetapi sebab tidak bertobat dan keras hati, ia binasa dan Daud sebagai gantinya masuk dalam rencana Allah yang mulia. Saul tidak mati2 sampai 40 tahun padahal hidup dalam dosa. Mengapa? Sebab iadiizinkan Allah untuk menjadi pengolahan bagi Daud seperti orang Mesir bagi Israel. Sesudah (???)Daud cukup diolah, baru Saul diserahkan Tuhan, dan iblis merebutnya dan binasa.
Banyak “orang Mesir” mati sebagai gantinya orang-orang Israel. Orang yang tidak bertobat sampai mati, itu tidak ada harganya, hanya dibiarkan Tuhan, seolah-olah dipakai untuk mengolah “dan menebus” orang-orang yang benar supaya tumbuh sampai sempurna. Juga Saul untuk mengolah Daud.Sebab itu kalau ada orang jahat menjahati kita, ampunilah, Tuhan izinkan ia mengolah kita dengan kejahatannya seperti Mesir jadi tebusan atau ganti bagi Israel dan Saul bagi Daud.
KUSY DAN SYEBA SEBAGAI GANTI* MU.
Kej 10:7. Kusy dan Syeba adalah anak cucu Ham yang kena kutuk Nuh dan binasa. Orang-orang yang terkutuk ini dipakai Tuhan sebagai gantinya orang Israel.
Kalau ada 10 orang undur, tidak selamat, maka tempatnya kosong, orang lain akan masuk sebagai gantinya, sebab jumlah orang yang selamat sudah tertentu Rom 11:25. Sebab itu kalau 10 orang undur, dari iblis dirampas 10 jiwa dan sebaliknya iblis yang kehilangan 10 jiwa dapat lagi 10 jiwa dari yang undur ini.
Jangan undur, karena sebab apapun Mat 21:43 kalau undur sampai mati, kerajaan Surga akan hilang daripadanya, hilang tempatnya di Surga. (Cerita orang Syahid jalan di salju. 10 orang yang percaya Tuhan Yesus akan dibunuh tentara2 dalam zaman Nero. Mereka disuruh berjalan di padang salju yang sangat dingin, tanpa baju, satu per satu jatuh dan mati. Tiba2 1 orang berbalik dan berteriak, aku menghojat Tuhan dan ia dibebaskan. Tetapi ada satu tentara yang sudah tergerak hatinya beberapa waktu yang lalu, melihat satu tangan masih memegang satu mahkota, sebab satu orang ini batal. Ia berteriak, aku percaya Tuhan Yesus. Teman2nya mengira bergurau tetapi ia sungguh-sungguh. Maka algojo2 ini menghukum dia berjalan di salju sambil melepas baju seragamnya. Ia menerima mahkota yang belum diambil itu sebagai gantinya dari orang yang batal dan undur dari Tuhan. Ini seperti Kusy dan Sheba digantikan Israel).
 
KESIMPULAN.
Jangan takut, Tuhan punya rencana besar membuat kita seperti Dia, luar biasa, bisa mengatasi segala pencobaan dan setia sampai mati, sebab dengan Dia kita akan menang dan jadi mulia sampai kekal. Jangan permainkan atau sia-siakan keselamatan yang besar.
1. Jangan takut, Tuhan Penebus kita dari hidup yang sia-sia. Dia memanggil kita dengan nama, Dia kenal kita, jangan takut. Kita milikNya, jangan takut.
2. Lewat macam-macam pencobaan (air) bahkan serigala2 yang bisa membuat fatal, Dia beserta, lepas dengan ajaib. Juga dari api tidak membakar kita dan nyalanya tidak menyalakan kita, sekalipun dunia terbakar semua Wah 22:11, Luk 12:49.
3. Dia Tuhan yang harus ditaati sampai mati dan Allah yang harus disembah bukan dengan dengan buta (seperti orang dunia 2Kor 4:4 cinta daging itu buta) tetapi Roh Kudus celikkan, kita kenal Allah, kagum, tergila-gila karena celik dan menyembah mencintaiNya yang sudah lebih dahulu cinta kita. Orang-orang dosa, lebih-lebih yang menjahati kita dijadikan ganti kita dalam celaka seperti Mesir bagi Israel, Saul bagi Daud, seperti Kusy dan Syeba bagi Israel.