YS191 Yesaya 42:17. Mereka Yang Bertobat Kembali

MEREKA AKAN BERBALIK KEMBALI, MEREKA AKAN SANGAT DIPERMALUKAN YAITU MEREKA YANG PERCAYA KEPADA PATUNG2 UKIRAN YANG BERKATA KEPADA PATUNG-PATUNG TUANGAN, ENGKAULAH ALLAHKU.
MEREKA YANG BERBALIK KEMBALI.
Ini orang yang berbalik. Ada dua kemungkinan, berbalik ke dunia atau berbalik kembali pada Tuhan seperti Putra terhilang.
Disini yang tepat adalah berbalik “kembali” kepada Tuhan. Bertobat kembali. Ini nubuatan untuk orang-orang yang bertobat kembali.
MEREKA AKAN SANGAT DIPERMALUKAN.
Siapakah mereka?
Di sepanjang zaman ada saja orang yang bertobat kembali, tetapi akibat dan pemulihannya bisa berbeda-beda tergantung dari “waktunya”, bila mereka bertobat kembali! (Juga tergantung dari faktor-faktor yang lain, misalnya kesungguhannya untuk bertobat, apa mereka sudah mengerti atau belum dll).Kalau sudah terlambat baru berbalik, seperti orang kaya dalam Neraka, itu sia-sia sama sekali Luk 16:23,27. Bahkan tidak isa bertobat kembali, tidak ada kesempatan lagi. Sangat celaka bagi orang yang baru mau bertobat sesudah terlambat.
Orang yang baru berdosa, langsung sadar, langsung bertobat, itu masih bisa untung, sebab akibat-akibat dosanya bisa ditekan, sehingga akibatnya paling minim sebab mau langsung bertobat! Sebab itu:
1. Bertobatlah langsung sesudah berdosa, sesudah sadar. Tentu yang terbaik adalah jangan berdosa, ini yang seharusnya menjadi cara hidup orang beriman.
2. Makin lama tinggal dalam dosa dan makin lama bertobat kembali, itu berarti makin keras hati, akibatnya akan makin dahsyat dan makinbanyak. Jangan keras hati, apalagi kalau waktunya hampir habis. Ibr 3:13,15. Ingat, kalau sudah mati, “tiada ampun bagimu”, dahsyat dan itu berarti neraka.
3. Sangat dipermalukan. Bila? Orang yang berbalik akan dipermalukan, dan yang paling dahsyat, puncaknya adalah pada zaman antikris. Habis2an dihina, dipermalukan, diperlakukan apa saja, tidak bisa menghindar apalagi membalas, tidakberdaya sama sekali, sangat hina, malu dan ngeri; mereka diperlakukan sesuka hati orang-orang zaman Antikris sebab semua orang yang tertinggal sudah diserahkan pada Antikris dengan penuh, sampai mati Wah 13:7. Tidak bisa dibayangkan dahsaytnya, sangat dipermalukan dan dihina, diapakan saja oleh Antikris dan oleh pengikutnya, tidak bisa apa-apa. Dahsyat!
ZAMAN SEKARANG orang masih bisa protes, meskipun tidak berhasil penuh. Zaman sekarang meskipun jahat apalagi di bagian-bagian dunia yang sangat kejam, tetapi biasanya masih ada (sedikit-sedikit) hukum, atau pengadilan (bisa koneksi dengan dunia internasional), ada hak azasi, ada pembela dan masih ada orang beriman, masih bisa berseru minta ampun pada Tuhan dan kadang-kadang pertolongan bisa drastis seperti Yosafat yang bersalah sebabberpihak pada Achab (Tuhan sangat murka 2Taw 19:2, sebab itu Yosafat diserahkan pada kematian dalam tangan musuhnya), tetapi sebab minta ampun, heran Yosafat masih bisa lolos pulang dgn selamat.
Tetapi di dalam zaman Antikris sama sekali tidak mungkin mendapatkan sedikitpun pertolongan, dari Tuhan Allah, sebab Allah sudah meninggalkan dunia dan menyerahkan semua orang beriman yang tertinggal sepenuhnya dalam tangan antikris selama 3,5 tahun! Ini zamannya di mana orang yang bertobat kembali itu dipermalukan habis2an dan maksimal.
KESEMPATAN KEMBALI.
1. Sekarang. Hukuman dan akibat-akibatnya lebih ringan (tentu tergantung juga dari macam dosanya, berapa lama keras hati = tidak mau bertobat, sudah mengerti Firman Tuhan atau tidak dll).
Kalau mau sungguh-sungguh kembali pada Tuhan sesudah bertobat, masih bisa jadi indah seperti Yosafat (tetap ada banyak akibat yang lain, misalnya keluarga Yosafat turun temurun rusak dan binasa karena kesalahan ini). Kalau sekarang bertobat, masih bisa dipulihkan sedikit atau banyak, sehingga masih bisa bersedia untuk menghadapi hari-hari yang sulit di akhir zaman (Minggu ke-70 Daniel), masih ada harapan sebab masih bisa bersedia.
2. Dalam 3,5 tahun I Minggu ke-70 Daniel baru bertobat. Ini sulit tetapi masih bisa, namun berat sekali.
Banyak orang tidak tahan, apalagi  dalam Gereja yang betul berlaku hukuman yang sangat keras, tegas, disiplin 2Kor 10:6. Orang-orang yang tidak biasa akan undur Kis 5:13, biasanya mereka tidak sadar, tidak tahu, bahwa kalau mereka baru mau bertobat kembali sesudah ini (yaitu sesudah pengangkatan, dalam zaman Antikris) itu sangat dahsyat dan jauh lebih berat.
Memang dalam zaman ini, peraturan dan hukum dalam Gereja sangat keras, apalagi untuk orang yang tidak biasa hidup dengan tertib (Kol 2:5 KJI), yang semaunya sendiri, yang hidup menurut hidup yang lama seenaknya dll, bagi mereka bertobat, apalagi dalam sikon yang sangat tertib itu sangat keras, setengah mati baginya. Bertobat kembali waktu ini betul2 sangat sulit, sedikit salah dihajar, bisa2 mati di tempat. Tetapi bertobat kembali dalam masa ini masih mungkin meskipun berat.Jangan ambil bagian ini, lebih baik yang nomer 1 di atas, sekarang langsung bertobat!
Dan terbaik adalah jangan berdosa, jangan undur dari Tuhan, di-apa-apakan saja nasib dan hidupnya pasti jauh lebih celaka daripada kalau tetap tinggal dalam kesucian.
3. Bertobat sesudah tertinggal. Masih bisa bertobat tetapi hukuman dan resikonya adalah mati, tidak ada pilihan lain. Bertobat berarti mati dan dianiaya, dipermalukan amat sangat dalam segala segi dan perkara. Tidak ada ampun, yang bertobat kembali pasti mati, pelan2 dengan limpah aniaya dan sangat dipermalukan!
Kalau dosanya dan faktor-faktor lainnya sama, maka kita bisa membandingkan 3 macam pertobatan kembali ini. Misalnya:
1. Untuk yang mau bertobat kembali sekarang hukumannya atau beratnya andaikata 10 Kg. 2. Untuk bertobat kembali dalam 3,5 tahun I Minggu ke-70 Daniel masih bisa, tetapi sangat sulit sekali dan hukuman atau akibatnya itu seperti 50 Kg.
3. Orang yang mau bertobat dalam zaman Antikris ini akibatnya seperti 100 Kg, 100% mati, tidak ada pilihan lain, paling berat.
Kalau kita katakan dengan cara lain, dari segi harganya bisa dikatakan; bertobat dalam zaman
1). Sekarang murah, obral.
2). Minggu ke-70 Daniel sangat mahal.
3). Yang tertinggal, tidak terbeli, mati.
Sebab itu hari ini kalau sudah mendengar tentang hal ini, jangan keraskan hati, pasti celaka besar menunggu, makin lama makin dahsyat atau binasa untuk kekal!
MEREKA YANG PERCAYA PADA PATUNG2 UKIRAN.
Baik menyembah berhala-berhala patung ukiran, benda-benda keramat atau benda-benda yang tertulis dalam Alkitab seperti Nehustan (ular tembaga Musa), replika Tabut atau Mezbah dll, jimat2 dan ber-macam-macam bagian occultisme, itu semuakeji di hadapan Tuhan, tidak ada pengecualian.
Juga secara rohani, berhala-berhala seperti uang (mammon), hedonisme, kemewahan, kekuatan sendiri, orang kuat atau orang besar, anak, keluarga, pekerjaan, jabatan dll, semua ini bisa jadi berhala yang ditaati lebih daripada Tuhan Mat 6:24. Baik berhala jasmani dan rohani, semua itu keji dan jahat di hadapan Tuhan!
YANG BERKATA KEPADA PATUNG2 TUANGAN, ENGKAULAH ALLAHKU.
Jangan sembah yang lain.
Ada nyanyian rohani yang berkata cinta dan sembah Allah 100%. Itu betul dan baik, boleh saja menyanyikannya terus, tetapi jangan lupa untuk juga mentaatinya. Kita harus belajar menyanyi dengan pengertian dan dengan segenap hati, artinya mau sungguh-sungguh mentaati atau sudah ditaati, 100% untuk Tuhan. No. 1 Tuhan, jangan anak, istri, suami, orangtua dll lebih dari Tuhan Luk 19:29-30, Mat 19:29, Mrk 10:29-30. Jangan menyembah berhala, baik patung, baik pangkat, popularitas,pekerjaan, jabatan, hoby, dan semua yang lain. Tuhan harus disembah dan diutamakan, dinomer satukan lebih daripada yang lain, sebab memang Dia Allah yang maha besar, maha kuasa apalagi Ia betul2 mengasihi setiap kita (tidak perlu lagi diragukan).
Allah sangat cemburu Nah 1:2. Kalau ada orang beriman berani berkata pada berhala (jasmani dan rohani): Engkaulah Allahku, itu celaka, dan itu seperti kiamat baginya. Sebab itu hormati dan sembah Allah. Percayalah dengan segenap hati, jangan melawan Allah. Siapakah engkau yang berani melawan Allah ? 1Kor 10:22.
YES 42:18. BUTA MELIHAT, TULI MENDENGAR.
DENGARLAH ENGKAU YANG TULI, MELIHATLAH ENGKAU YANG BUTA, SUPAYA ENGKAU BISA MELIHAT.
Orang tuli mendengar itu mustahil! Juga orang buta melihat, itu tetap mustahil! Tetapi mengapa ini dikatakan dalam ayat ini? Ini hanya mungkin dengan iman, sebab bagi orang yang percaya tidak ada yang mustahil.
Mrk 9:23
Yesus berkata kepadanya: Jikalau engkau bisa percaya, segala sesuatu bisa jadi bagi orang yang percaya. (KJI)
Iman atau percaya akan Firman Tuhan itu luar biasa. Tidak ada yang mustahil baginya. Apalagi kalau imannya sudah menjadi sempurna seperti Putra manusia Yesus yaitu Tuhan Yesus Kristus. Sebab itu orang yang bisa percaya itu luar biasa, ia bisa berbuat apa saja, seperti Allah (kalau tingkatannya sudah sama seperti Kristus 1Kor 11:1).
Mengapa? Sebab orang percaya itu memang anak-anak Allah dan Allah ingin kita menjadi seperti Dia, juga berkuasa seperti Dia, sebab itu percayalah akan Firman Tuhan. Orang yang percaya akan Firman Tuhan itu bisa berbuat apa saja dengan iman (tentu bukan perbuatan jahat atau munafik seperti iblis, tetapi semua perbuatan yang benar seperti Allah. Kalau berbuat seperti iblis itu anak iblis, Tuhan tidak akan memberinya kuasa atau kekuatan! Ams 11:23). Sebab itu kita harus mengerti Firman Tuhan. Mengerti Firman Tuhan itu luar biasa, sebab semua Firman Tuhan pasti jadi. Firman Tuhan itu lebih dari semua kuliah di sekolah kedokteran, sekolah tehnik, sekolah ekonomi, sekolah politik, sekolah hukum, sekolah management dan semua sekolah2 yang lain dikumpulkan menjadi satu, Firman Tuhan lebih dari itu! Kalau seorang lulus sekolah tehnik, jadi sarjana tehnik.
Kalau seorang mendapat gelar sarjana dari 5 bidang, itu sudah hebat dan jarang ada orang seperti itu. Firman Tuhan itu hikmat dan kuasanya lebih dari 100 bidang, bahkan lebih dari semua pengetahuan dan kemampuan manusia. Tuhan itu lebih dari ribuan para ahli dan sarjana. Kalau seorang menjadi seperti Kristus, berarti ia menjadi lebih dari semua (selama dipimpin Roh) bahkan sampai kekal. Firman Tuhan itu luar biasa, besar kuasaNya! Sebab itu pelajari baik2 seluruh Firman Tuhan, itu lebih dari semua harta di bumi ini, dari semua kuasa di bumi ini, dari semua keindahan di bumi ini dst, sebab itu adalah harta terbesar yang diberi oleh Allah yang maha kuasa bagi semua anak-anakNya, istimewa putra2Nya! Kol 2:2-3 KJI. Sebab itu miliki iman bahkan perbesar iman kita sebesar mungkin bahkan sampai iman yang sempurna! Yak 2:22. Bisa? Bisa! (Lebih2 dalam Minggu ke-70 Daniel).
Sebab kita adalah anak-anak Allah, lain dari anak-anak iblis. Kita sudah berubah menjadi anak-anak Allah, bahkan putra2Nya. Sebab itu berusahalah menambahi, menumbuhkan iman kita! Ini kunci kuasa dan kekuatan atas seluruh dunia yang nampak dan yang tidak tampak. 1Yoh 5:4.Percaya saja dan tumbuhkan terus iman kita!
Bisakah kita menumbuhkan iman? Pasti bisa! Caranya?
1. Limpah Firman Tuhan sebab Firman Tuhan itu sumbernya benih iman Rom 10:17. Setiap Firman Tuhan itu adalah benih2 dari ketidak mustahilan Luk 1:37. Tekun belajar Firman Tuhan, itu lebih daripada belajar semua perkara di dunia. Luar biasa. Juga indah, nikmat.
Nyanyian Firman seperti terang, kaca, emas, api dll, ini adalah harta ilahi yang besar Kol 2:2,3. Hidup kita akan kaya dan mulia kalau tahu dan dicocokkan dengan Firman Tuhan.
2. Penuh Roh Kudus. Roh Kudus yang membuat benih2 Firman Tuhan ini jadi iman. Firman Tuhan yang dimengerti (oleh Roh Kudus Mat 13:11) itu seperti bahan mentah dari iman. Dan Roh Kudus itu “Kokinya” yang bisa memasak bahan mentah iman ini menjadi hidup sehingga bisa menimbulkan iman di dalam kita. 2Kor 3:6; huruf2 yang mati dalam Alkitab jadi hidup, bergerak di dalam kita, menimbulkan iman. Banyaklah berdoa dalam Roh dan kebenaran. Sebab itu orang-orang yang penuh Roh Kudus dan selalu hidup dipimpin Roh, itu rata2 punya iman lebih besar untuk hidup suci (tidak terikat pada kesukaan dosa,tontonan, keduniawian dll) dan punya iman untuk sehat, nafkah, hikmat, kuasa Allah dll, lebih banyak kesaksiannya sebab Roh Kudus menimbulkan iman yang memberi kemenangan. Juga imannya bisa terus tumbuh, terus lapar dan haus akan Firman Tuhan, suka berdoa dst.
Jangan lupa Roh Kudus bukan monopoli Gereja Pentakosta. Semua orang Kristen yang mau percaya bisa penuh dan dibaptis, dipimpin Roh. Ajak semua orang yang mau hidup suci, minta baptisan Roh Kudus dan hidup dipimpin Roh, itu indah dan luar biasa.
3. Hidup benar. Sebab banyak orang sering menyalahgunakannya dan salah mengerti tentang bahasa lidah. Kita harus berdoa dalam Roh dan kebenaran. Berdoa dalam Roh biasanya dan seharusnya hidupnya benar. Beberapa orang mengira kalau bisa ber-kata2 bahasa lidah itu sudah hidup suci. Belum tentu! Ini dua hal yang seharusnya menjadi satu, sebab sangat erat berhubungan tetapi banyak yang menyalahgunakanya. Bahkan orang yang dipakai Roh Kudus dan penuh dengan perbuatan kuasa seperti Simson yang luar biasa dipakai Tuhan, bahkan juga di rumah pelacuran si Delilah, waktu penuh dengan Roh Kudus ia juga penuh dengan perbuatan kuasa. Semua rantai dipatahkan dan musuh yang banyak tidak berani dan tidak bisa mengeroyok satu orang tanpa senjata sebab Simson ini penuh Roh Kudus dan limpah dengan kuasa Roh yang luar biasa. Tetapi Simson tidak hidup suci! Ia hidup dalam dosa, pergi pada pelacur (harus dihukum mati menurut Taurat) apalagi menikah dengan orang kafir, itu melawan Firman Tuhan. Sebab Simson terus menerus keras hati, akhirnya masa kemurahan baginya habis, ia dilepas Roh Kudus sehingga musuh bisa mengalahkan dan menghinanya, sangat dipermalukan dan di aniaya musuhnya sampai mati (mirip sepreti orang dalam zaman Antikris).
Sebab itu bisa ber-kata2 dengan bahasa lidah bukan jaminan hidup suci. Kadang-kadang masih ada benci, tidak jujur, ambil uangnya orang, berzina dll, tetapi berani jadi Songleader atau pengkhotbah, dan tampaknya penuh dan dipimpin Roh. Ini sangat berbahaya. Kadang-kadang penuh Roh Kudus tetapi tidak mau tunduk dan taat pada pemimpinnya, terus berontak, tidak senang, benci, bicara di belakang dll. Ini berbahaya, bisa tiba2 ambruk seperti Simson, sesudah masa kemurahan baginya habis! Sebab itu, cegah, sangkali diri jangan berdosa, tetapi hidup dalam kesucian dipimpin Roh.
Kalau kita tidak hidup suci, masih ada dosa, maka Roh Kudus tidak bisa bekerja, tidak timbul iman (1 atau 2 kali masih bisa, atau pada permulaannya, tetapi untuk selanjutnya tidak bisa lagi untuk seterusnya sampai bertobat kembali). Sebab itu orang yang undur, imannya juga luntur, tidak timbul iman, tidak bisa berbuat apa-apa. Jangan lupa, kita harus selalu hidup suci, supaya Roh Kudus bisa bekerja dengan bebas di dalam kita, sehingga waktu mendengar Firman Tuhan atau belajar sendiri, Roh Kudus bisa menghindupkan huruf2 yang mati itu sehingga bergerak dan menimbulkan iman dalam diri kita. Tanpa pekerjaan Roh Kudus, tidak timbul iman. Alkitab hanya jadi buku kuno yang menjemukan, paling2 jadi buku sejarah yang tidak bisa berulang (sebab mengulanginya itu perlu ada kuasa Roh Kudus dan Roh Kudus tidak bisa bekerja dalam orang yang hidup dalam dosa, sekalipun ia pejabat Gereja atau bekas orang yang dipakai Tuhan dengan heran seperti Simson).
Jadi supaya iman bisa tumbuh terus, kita perlu tekun, belajar Firman Tuhan dan berdoa dan terus menerus hidup dalam kesucian. Teruslah tumbuh setiap hari dalam iman dan terus hidup dipimpin Roh. Jangan hanya waktu perlu, baru melakukan ini, ini tidak cukup, bahkan sangat jelek, sebab kalau tidak hidup dipimpin Roh dalam kesucian, dosa akan masuk dengan limpah, sehingga dosa dan iblis menguasai dan merajalela dalam orang itu.Apalagi lalu ia undur, iblis akan menumbuhkan dosa dalam dirinya dengan cepat dan membinasakannya.
KESIMPULAN.
Tetap hidup benar, jangan berdosa, sebab orang yang bertobat kembali itu bayar harga banyak, apalagi dalam Minggu ke-70 Daniel dan dalam zaman Antikris sudah tidak terbayar, harus mati, disini bertobat berarti dianiaya dan dipermalukan amat sangat sampai mati.
Kalau ada dosa bertobatlah sekarang, jangan keras hati.
Paling baik jangan berdosa, tetapi hidup dalam kesucian, tekun dalam Firman Tuhan dan hidup dipimpin Roh, maka iman kita akan tumbuh terus, dan kita punya kekuatan dan kemampuan seperti Allah yang tidak ada barang yang mustahil, asal hidup seperti Kristus, Kristus juga akan memberi kuasa dan kemenangan pada tubuh Kristus sampai menjadi seperti Kristus.
Sangat indah dan ini untuk kekal.
Nyanyian:
Percaya saja-saja, semua pasti jadi
(tidak ada yang mustahil Mrk 9:23).