YS187 Yesaya 42:9-12. Sukacita Karena Kemuliaan Yang Akan Datang

YES 42:9. TUHAN MENCERITAKAN HAL-HAL YANG AKAN DATANG.
LIHATLAH BARANG2 YANG DAHULU SUDAH JADI.
Allah itu maha tahu dan maha kuasa, Ia tahu apa yang akan terjadi dan bisa menguasai semua hal itu sehingga terjadi sesuai dengan kehendakNya. Ia menguasai baik dalam masa lalu, ia bisa menunjukkan bukti2 yang adil dan tepat, juga masa kini dan dalam masa2 yang akan datang. Dia tetap menguasai segala sikon, Dia maha kuasa, tetapi Ia tetap adil dan cinta, tidak pernah bertindak salah.
Tuhan sanggup membuat segala perkataanNya (nubuatanNya) terjadi.
Yes 48:3
Luar biasa. Sampai sekarang, semua yang sudah dikatakan (dinubuatkan) Tuhan lebih dahulu itu semua sudah terjadi, misalnya Tuhan berkata pada Nuh, dalam 120 tahun, semua orang akan dibinasakan dan itu terjadi. Juga dalam zaman Lot Ia berkata kepada Abraham dan itu terjadi.
Pada orang Israel lewat Musa Ia mau melepaskan Israel dari Mesir dan dibawa ke Kanaan, itu juga terjadi dengan heran meskipun banyak orang Israel tidak percaya. Ada banyak kata-kata, janji, nubuat Allah sudah digenapkan. Lebih-lebih tentang rencana Allah melahirkan Juru selamat, menyelamatkan manusia di dalam Tuhan Yesus Kristus dan semua itu sudah terlaksana dengan tepat sampai tamat. Ini rencana utama Allah untuk menyelamatkan umat manusia dan semua hampir selesai tinggal bagian terakhir, dan pada akhirnya semua akan selesai tepat seperti rencana Allah. Beberapa orang tidak suka dan tidak peduli tentang hal-hal yang akan datang. Tetapi ini perlu sebab:
1. Ada porsi yang besar dari Alkitab tentang akhir zaman. Misalnya Wahyu, 5 nabi besar, 5 nabi kecil, bahkan ada banyak ayat dari seluruh Alkitab tentang akhir zaman, misalnya Mat 24 dll.
2. Ini menjadi tujuan iman kita, sebab kita berbakti kepada Tuhan bukan untuk mendapatkan hidup yang sekarang tetapi untuk yang akan datang dan dalam pelajaran akhir zaman tujuan kita menjadi makin jelas sehingga kita bisa makin bergairah dan menyediakan diri kita baik-baik Mat 24:42 seperti keledai Isachar yang bisa melihat tujuan akhirnya Kej 49:14-15.
3. Kalau kita mengerti tentang akhir zaman kita bisa mencocokkan hidup kita dengan betul, dengan Firman Tuhan supaya tetap selamat, bahkan bisa Terus Meningkat Sampai Puncak setinggi mungkin.
Orang yang percaya dan mengerti itu untung sebab justru dengan tahu hal-hal yang akan datang, ia “bisa memilih” bagian yang terbaik di dalam Kristus, lebih-lebih di dalam akhir zaman ini. Adalah kehendak Tuhan bagi setiap kita untukmendapat yang terbaik, asal kita mau taat, Dia sanggup membuatkannya sampai jadi.
DAN AKU MENYATAKAN BARANG2 YANG BARU, SEBELUM HAL-HAL ITU MUNCUL, AKU MENGATAKANNYA KEPADAMU.
Tuhan punya rencana untuk pribadi dan bersama-sama seluruh tubuh Kristus dan seluruh dunia.
Ini untuk pribadi (juga keluarga atau kelompok misalnya bangsa Israel dll) dan untuk tubuh Kristus (semua orang percaya) bersama-sama dan untuk seluruh dunia. Tuhan sudah tahu semua yang akan datang dan Tuhan menyediakan hal-hal yang sangat indah dan mulia untuk kekal bagi setiap orang percaya yang tetap selamat.
Asal masuk Surga saja sudah luar biasa, apalagi kalau makin mulia seperti rencanaNya bagi masing-masing kita Ef 2:10, Yer 29:11, 1Kor 12:6. Bagi setiap orang lahir baru, Allah Bapa sudah menyediakan hal-hal yang terindah dan sempurna untuk kekal bagi masing-masing kita asal kita setia sampai akhir dan terus taat. Allah sanggup menolong kita yang sungguh-sungguh mau, sampai kita mencapai tingkat yang setinggi-tingginya bahkan sempurna, tergantung dari ketaatan dan penyerahan masing-masing.
Orang yang undur itu sangat bodoh, sebab itu berarti membuang kemuliaan besar yang sudah disediakan Tuhan baginya dan pasti jadi dengan Tuhan asal kita mau terus taat sampai akhir.
Dinyatakan? Untuk rencana pribadi yang akan datang, biasanya Tuhan tidak menyatakanya/ memberitahukannya,tetapi untuk rencana Allah bersama-sama, itu sudah ada lengkap dalam Alkitab. Yes 48:6.
Allah sudah menuliskannya dalam begitu banyak ayat  Alkitab, luar biasa. Tetapi kita belum bisa mengerti semuanya sekaligus, kita harus menunggu waktunya, baru semua rahasia itu akan dibukakan pada waktunya, istimewa tentang akhir zaman ini.
Rencana pribadi akan jadi, bahkan semua perubahan, kemerosotan dan kemungkinan-kemungkinan yang lainpun, Allah tahu lebih dahulu. (Misalnya Simson, Daud, Musa tidak mengalami penuh).Dari mana kita bisa tahu rencana Allah bagi pribadi kita? Biasanya kita tidak diberitahu (kalau toh diberitahu seperti Yusuf, kita tidak bisa mengerti sepenuhnya, hanya sebagian kecil, sebab terlalu mulia dan ajaib sehingga tidak bisa dicapai oleh pikiran kita. Misalnya tentang Surga saja kita hanya mengerti sedikit sesuai dengan sikon kita, padahal sikon Surga sangat tinggi dan mulia).
Mengapa Tuhan tidak memberitahu, sebab cara Allah mengolah kita itudengan iman untuk bisa menjadi mulia seperti Kristus 2Kor 5:7. Mengerti atau tidak, enak atau tidak, kita harus tetap taat, setia pada Allah sampai akhir. Misalnya Ayub.
Meskipun demikian, asal kita berjalan terus dalam jalan Allah Maz 128:1, kita akan sampai pada stasiun-stasiun yang disediakan Allah dan makin lama akan makin jelasdan baru sesudah mati kita akan mengerti dengan penuh seluruh rencana Allah, kecuali orang yang menjadi sempurna maka  waktu ia menjadi sempurna, ia akan mengerti dan mengalami rencana Allah yang mulia. (Elia memberi tahu Elisa hanya patokan yang sederhana, supaya Elisa bisa mengerti dan melihatnya, meskipunorang-orang lain tetap tidak bisa mengerti).
Untuk rencana umum, bersama bagi seluruh tubuh Kristus dan dunia itu semua sudah ada dalam Alkitab dan lengkap. Kalau kita bisa mengerti rahasia-rahasianya ini, maka kita bisa mengambil untung yang se-besar2nya untuk dapat mencapai tingkat yang tertinggi? Ini sesuai dengan kehendak Tuhan, sebab Tuhan menghendaki kita menjadi mulia setinggi-tingginya. Tentu kita harus hidup  benar dan sungguh-sungguh memperkenankan Allah, kalau tidak, masuk Surgapun batal Mat 7:21,23. Kalau hidup berkenan pada Tuhan, maka Roh Kudus bisa bebas bekerja di dalam kita, juga mencelikkan mata kita seperti keledai Isachar Kej 49:14-15 sehingga bisa mengerti dan timbul gairah untuk bisa mencapai kemuliaan yang tertinggi yang disediakan Allah bahkan yang sempurna. Jangan dengan hati dosa dan penuh duniawi mencari rahasia akhir zaman, justru muak dan buta. Orang yang penuh dengan kemuliaan dunia yang fana tidak akan suka dengan perkara-perkara dari Atas, bahkan menghina dan membuangnya. 1Yoh 2:15-16. Sebaliknya yang menghina dan membuang kemuliaan yang kekal, itu karena isi hatinya, hanya penuh kemuliaan dunia dan kedagingan.
YES 42:10. MENYANYIKAN NYANYIAN BARU.
NYANYILAH BAGI TUHAN SUATU NYANYIAN YANG BARU.
Nyanyian baru itu bisa baru, bisa nyanyian lama tetapi dengan pengertian yang baru, misalnya tentang cinta Allah (hadiratNya, kebaikannya dll), tetapi sekarang ia mengerti lebih banyak lagi hal-hal yang baru, sehingga pengertiannya tentang cinta jadi baru atau bertambah, sehingga nyanyian cinta Allah menjadi nyanyian baru yang indah! Nyanyian yang baru ini bisa tentang segala hal, baik untuk hal sekarang yang indah (Maz 33:3; 40:3; 96:1; 98:1; 144:9; 149:1); lebih-lebih untuk hal-hal yang akan datang Wah 5:9 dan puncaknya adalah nyanyian baru yang hanya bisa dinyanyikan oleh orang-orang yang sempurna Wah 14:3, yang mendapat rahasia yang penuh, nyanyian rahasia mempelai pria kepada mempelai perempuan. Suami tidak menyembunyikan rahasianya bagi istrinya; Begitu Kristus tahap orang-orang yang sempurna, yang menjadi mempelaiNya, bukan main!
Hari-hari yang akan datang itu luar biasa, lebih tinggi kita meningkat lebih banyak hal-hal indah yang disediakan Tuhan bagi kita, apalagi kalau kita masuk dalam kemuliaan yang penuh waktu menjadi sempurna, itu sangat luar biasa. Sebab semua rahasia tentang manusia terbuka bagi kita. Sangat ajaib dan indah.
DAN KEPUJIANNYA ITU DARI UJUNG2 BUMI.
Injil akan sampai di ujung2 bumi Mrk 16:15, Kis 1:8. Baru sesudah itu rencana Allah akan diselesaikan Mat 24:14.
Bagaimana ini bisa terjadi? Kita yang harus pergi. Masing-masing ke sekitarnya, berantai sampai di seluruh bumi. Sebagian ada yang diutus sampai jauh seperti Kis 13:3. Tetapi setiap kita adalah saksi Kristus, garam dan terang dunia dan bersama-sama kita memberitakan Injil sampai akhirnya orang-orang yang diselamatkan di ujung2 bumi itu menaikkan pujianNya bersama-sama.
Kerjakanlah bagian kitamasing-masing, kalau tidak kerajaan Surga akan diambil daripada kita dan itu berarti tidak punya surga, akhirnya masuk Neraka Mat 2:43. Kesempatan yang diberikan, kalau tidak dipakai, akan diambil; Jangan di-sia2kan.
ENGKAU YANG TURUN KE LAUT DAN SEMUA YANG ADA DI DALAMNYA, PULAU2 DAN PENDUDUKNYA.
Laut = orang banyak. Wah 17:15.
Inilah orang-orang yang masuk diantara penduduk dunia, yang kemudian menginjilinya, sampai orang-orang kafir bertobat dan pulau2 kafirpun berubah menjadi orang-orang yang percaya Tuhan dan diselamatkan Kej 10:5. Waktu Roh Kudus mencelikkan matanya,
Orang-orang yang bertobat ini kagum-kagum akan pekerjaan Tuhan. Injil akan jadi kesukaan segenap bumi apalagi pada akhir zaman Gereja akan masuk dalam zaman keemasan dan penuh sukacita Surgawi.
YES 42:11. SEMUA MEMUJI TUHAN.
BIARLAH PADANG GURUN DAN KOTA-KOTANYA MENGANGKAT SUARANYA, DESA-DESA YANG DIDIAMI KEDAR. BIARLAH PENDUDUK DI BUKIT BATU MENYANYI, BIARLAH MEREKA BERTERIAK DARI PUNCAK GUNUNG-GUNUNG.
Semua me-muji2 Tuhan, sebab rencana Allah itu besar bgi seluruh dunia yaitu bagi semua yang mau percaya.
BIARLAH PADANG GURUN tempat-tempat yang kering, ini tempat pengolahan seperti Yohanes Pembaptis Mat 11:7. Putra manusia Yesus Mat 4:1. Orang-orang yang diolah karena Tuhan dan lulus, akan ber-sorak2 sebab besar kemuliaan bagi orang-orang yang lulus dalam pengolahannya. Hasil dari padang gurun banyak sekali, ini tempat yang indah kalau dilihat dari hasilnya, tetapi kalau dilihat pengolahannya tentu sakit, tetapi semua itu menghasilkan kemuliaan yang kekal. Rom 8:17-18.
DAN KOTA-KOTANYA.
Ini tempat kerja, kita menemui banyak orang (di padang gurun hampir-hampir tidak ada orang) untuk diterangi dan diselamatkan. Jangan berhenti bersaksi, itu seperti pelita yang padam yang akhirnya akan ditolak dari kerajaan Surga Mat 25:12-13.
Sebaliknya juga bisa terjadi seperti Lot yang duduk dengan Abraham di padang gurun Kanaan, lalu pindah dalam kota-kota Sodom Gomora. Ia tidak menerangi dan menggarami mereka, tetapi justru diracuni oleh cara hidup Sodom ini. Lot menginginkan dan mencintai kota Sodom, sebab itu ia tertarik untuk tinggal di dalamnya, mudah ketularan dosanya meskipun mula-mula tidak mau 2Pet 2:8.
Jangan sampai cara hidup kita terbalik seperti Lot, yang justru menjadi rusak karena hidup di kota-kota Sodom.
Hari-hari ini seluruh dunia makin berubah seperti Sodom Gomora, apalagi dalam dunia maya, dengan mudah orang masuk di tengah-tengah kota Sodom bahkan di tengah-tengah tempat-tempat yang keji2, sangat mudah dalam dunia maya! Sebab itu banyak orang jatuh seperti Lot lalu mudah mengikuti macam2 ajaran sesat, sebab itu cocok dengan dagingnya sehingga mereka bisa bebas hidup dalam dosa2nya menuruti daging dan hawa nafsunya.
Jadilah Abraham di padang gurun, kalau toh ke Sodom, ia menjadi berkat (melepaskan raja Sodom dari Kedorlaomer), jangan seperti Lot yang masuk Sodom dan dirusak, diracuni disana dan binasa.
Tetapi Abraham tidak mau tinggal di Sodom, meskipun ia pasti diberi tempat di Pintu Gerbang, sebab berjasa pada semua kota Sodom.
MENGANGKAT SUARANYA.
Jangan diam, buka suara, beritakan Injil, muliakan namaNya. Ini bukan saja kewajiban dan beban tetapi juga kesukaan dan kemuliaan kita; sebab jiwa-jiwa yang kita dapatkan itu menjadi mahkota kemuliaan kita 1Tes 2:9. Minta pimpinan Roh Kudus sehingga ada kata-kata dalam mulut kita untuk menyelamatkan orang-orang di sekitar kita. (Pelayanan dalam karunia-karunia Roh).Jangan hanya mendengar dan tidak berbuat. Yak 1:22-23. Apa yang sudah kita dengar dan mengerti, hendaklah kita perbuat Pil 3:16 sehingga pengertian itu mendatangkan buah2 Mat 13:23.
 
DESA2 YANG DIDIAMI KEDAR.
Kedar adalah putra II dari Ismail Kej 25:13, 1Taw 1:29 Ismail (yang mempunyai 12 putra yang menjadi 12 raja2). Kedar paling banyak disebut dalam Alkitab, bahkan bisa mewakili bangsa Ismail. Mereka adalah orang-orang yang biasanya garang yang membenci perdamaian Maz 120:5-7. Waktu Israel menghendaki damai, mereka menghendaki perang. Ini keadaan bani Kedar, tetapi pada akhir zaman dinubuatkan dalam Yes 60:7 bahwa bangsa Kedar akan dikumpulkan bersama menjadi satu kandang dan ini sesuai dengan kata-kata Tuhan Yesus dalam Yoh 10:16. Bahkan juga Nebayot, putra I Ismail akan dikumpulkan dan ikut melayani Yes 60:7.
Ini nubuatan tentang perubahan2, sehingga pada akhirnya mereka juga akan diselamatkan. (Ayat2 lain: Kid 1:5, Yes 21:16-17, Yes 2:10; 49:28; Yer 27:21). Akan terjadi perubahan dan pertobatan dari antara turunan Ismail ini dan masuk dalam kandang yang sama. Orang-orang yang dahulunya melawan orang-orang beriman dkknya dikumpulkan dalam kandang yang sama seperti Saul yang melawan Gereja, akhirnya menjadi Paulus yang memberitakan Kristus, bahkan dipakai dengan indah.
Jangan takut, beritakan Injil, Tuhan akan memimpin kita untuk memenangkan jiwa-jiwa dari segala bangsa dan tempat sampai ke seluruh ujung bumi.
BIARLAH PENDUDUK DI BUKIT BATU MENYANYI.
Mula-mula mereka melawan Tuhan, Yer 21:13, kemudian disini mereka percaya dan me-muji2 Tuhan. Batu gunung ini dalam Mat 7:24 adalah orang-orang bijak yang mengalaskan rumahnya di atas batu gunung atau rock ini, sehingga tinggal teguh dan bisa tetap sekalipun dalam bahaya yang manapun. Inilah Gereja Tuhan Mat 16:18 yang teguh di atas bukit batu Kristus. Petrus dipakai Tuhan untuk membuka Pintu Gerbang penginjilan bagi orang kafir (Kornelius) sehingga orang kafir masuk iman dan timbullah Gereja Tuhan. Petrus ini yang membangunkan Gereja di atas batu karang Kristus dan Petrus yang menjadi alat Tuhan yang pertama membuka pintu gerbang penginjilan tsb. Ini yang menjadi bangunan yang kuat sekali istimewa pada akhir zaman. Dan ini yang paling kuat bertahan, sebab Roh Kudus datang dan tinggal di dalamnya dan ia tinggal di atas kebenaran Firman Tuhan. Gereja akan disempurnakan oleh Tuhan sehingga rencana Allah tamat. Sebab Israel menolak maka Gereja yang menjadi mempelai Kristus dan sempurnalah lebih dahulu dalam rencana Allah.
Baru sesudah Gereja menjadi sempurna, Israel yang sudah terbuang disucikan dan dibersihkan Zef 1:7, sehingga hanya sisa 144.000 orang yang masuk dalam zaman kerajaan 1000 tahun, maka disinilah Israel ditamatkan dengan segala janji-janji yang sudah diterimanya dalam Wasiat Lama.
Ketika Gereja disempurnakan dan masuk dalam pengangkatan. Gereja me-muji2 Tuhan dengan sukacita lalu pertemuan yang indah dan mulia di surga.
BIARLAH MEREKA BERTERIAK DARI PUNCAK GUNUNG-GUNUNG.
Inilah golongan orang sempurna yang berteriak dan menyanyi di atas gunung Sion. Ini nyanyian orang sempurna yang begitu indah dan heran dan hanya mereka yang bisa menyanyikan. Wah 14:3 (1-5). Ini golongan orang yang sempurna. Suatu rncana yang gilang gemilang diselesaikan. Allah pasti dapat menyelesaikan rencanaNya dengan penuh dan gilang gemilang.
YES 42:12. SEGAJA PUJI DAN HORMAT BAGI TUHAN YANG MAHA KUASA.
BIARLAH MEREKA MEMBERI HORMAT KEPADA TUHAN
Rencana Allah akan diselesaikan dengan sempurna. Itu sudah dinyatakan dari permulaannya sebab Allah itu maha tahu dan maha kuasa, Ia bisa menyatakan rencanaNya lengkap dari permulaan dan menyelesaikannya sampai sempurna.Semua akan memberi hormat pada Tuhan, sebab memang Dia yang maha kuasa dan Dia yang akan keluar sebagai Pemenang yang terbesar dan satu2nya, sebab iblis dan tentaranya dikalahkan, baik dalam perang Harmagedon dan perang Gog dan Magog; dan sesudah iblis dikalahkan total lalu kiamat, Surga bumi diganti yang baru dalam kekekalan tanpa akhir.
DAN MENYATAKAN KEPUJIANNYA DARI PULAU2.
Semua orang kafir yang percaya Tuhan akan menjadi satu dalam tubuh Kristus masuk dalam kemuliaan yang abadi dalam Surga Bumi Baru sesudah kerajaan 1000 tahun. Dari semua pulau dan padang gurun dan kota-kota, dari desa2 Kedar, dari atas bukit batu dan puncak2 gunung dan dari pulau2 semua me-muji2 Tuhan yang maha kuasa, Tuhan yang perkasa.
Tuhan dipermuliakan di mana2 dan orang-orang beriman menang dan menyembah sertai memuji Tuhan sebab rencana Allah sudah digenapkan.
KESIMPULAN.
Allah maha kuasa, semua yang dikatakanNya jadi. Baik nubuatan tentang pribadi dan tentang umum bersama-sama, istimewa nubuatan2 tentang hari-hari terakhir dalam tubuh Kristus yaitu GerejaNya. Dia maha kuasa, asal kita mau taat dan terus berjalan dalam Roh di rilNya, dipimpin Roh, Dia sanggup mengolah dan menyempurnakan dalam rencanaNya yang mulia. Tergantung dari kita yang percaya mau atau tidak. Dia tidak memaksa (kita tidak dibuat dan diperlakukan seperti mesin, harus mengambil keputusan) kalau kita mau menyerah, taat akan pimpinanNya kita akan selamat dan lolos dalam pengolahan dan menjadi indah dan mulia untuk kekal. Yes 64:8.Jangan lupa dengan menolong menyelamatkan orang-orang sekitar kita, kita justru menjadi kuat dan kokoh dan bisa tumbuh terus sampai pada kesempurnaanNya.
Nyanyian:
Yesus sanggup.