YS185 Yesaya 42:1-4. Allah Memberi PutraNya untuk Dunia

 
 
PENDAHULUAN.
Ini merupakan nubuatan yang sudah digenapi Putra manusia Yesus untuk dunia Yoh 3:16 dan dalam Mat 12:18-20. Jadi kitab Yesaya ini adalah nubuatan tentang hari-hari yang akan datang sampai zaman Putra manusia Yesus bahkan sampai dalam kerajaan 1000 tahun. Begitu jauh nubuatan ini, sebab Allah sudah tahu lebih dahulu semua perkara yang akan datang. Kalau kita ditolong oleh seorang pribadi yang hanya tahu yang akan datang, hanya ini saja sudah membuat kitaberuntung besar, tidak bisa dikalahkan oleh siapapun.
Dinas Inteligent suatu negara hanya tahu rahasia yang ada, tetapi tidak ada seorang manusia atau negarapun yang tahu yang akan datang. Selain itu Tuhan kita juga maha kuasa, sebab itu ikut Tuhan itu untungnya tidak ada habisnya sampai kekal!
Punya Kristus itu untung yang terbesar sampai kekal!
 
YES 42:1. IMMANUEL.
 
LIHATLAH HAMBAKU, AKU AKAN MENDUKUNGNYA.
Kalau Allah mengirim hambaNya yang berkenan kepadaNya, Allah akan mendukungNya. Jangan takut, kalau yakin diutus Tuhan, asal tetap dalam jalan dan kehendakNya, Tuhan akan mendukung kita jasmani rohani, kita tidak akan  kekurangan apapun, juga pasti berhasil, tergantung ketaatan kita dipimpin Roh. Tuhan Yesus itu diutus sebagai manusia, kemampuanNya terbatas seperti manusia,sehingga harus berharap dan bersandar penuh pada Bapa baru bisa berhasil dengan sempurna dan itulah yang dilakukanNya. Jangan keluar dari kehendak dan rencana Allah. Kita harus mengerti kehendakNya dan taat Ef 5:17. Orang bodoh itu celaka Mrk 12:24, Hos 4:6.
Orang yang paling kecil dan tidak berdaya bisa menang besar asal taat dengan tulus dan betul-betul melakukan perintah Tuhan. Kalau toh salah, lekas diperbaiki.
 
PILIHANKU, KEPADANYA JIWAKU BERKENAN.
Putra manusia Yesus waktu dibaptis, statusNya sudah berkenan pada BapaNya Mat 3:17 padahal belum pelayanan. Mengapa? Sebab selama hidup sebelumnya, 30 tahun Luk 3:23 hidupnya sudah berkenan. Hidup se-hari-hari sesudah bertobat, percaya Tuhan Yesus, sebelum pelayanan harus berkenan pada Tuhan. Kalau hidup se-hari-hari tidak berkenan pada Tuhan, bagaimana Ia bisa memakai dan mengutus kita? Banyak pelayan Tuhan lupa pentingnya hidup di luar pelayanan harus tetap hidupberkenan pada Tuhan; dalam pekerjaan, di kantor, di sekolah, dalam pernikahan dan keluarga, dalam apa saja hendaknya benar, baru Tuhan bisa pakai dan utus dengan benar. Inilah perbedaan ligabis dan ligabo, sebab ligabis terus hidup benar juga di luar pelayanan dan kapan saja selalu penuh dan dipimpin Roh.Sesudah dipakai Tuhan, tentu juga harus tetap hidup benar dan memperkenankan Tuhan Kol 1:10.
 
AKU MEMBERI ROHKU KE ATASNYA. IA AKAN MEMBAWA KEADILAN BAGI BANGSA-BANGSA.
Sebab Putra manusia, (dan selanjutnya juga kita yang diutus sebagai hamba-hambaNya) juga harus bergantung kepadaNya. Caranya? Bapa memberi Roh Kudus ke atasNya Yoh 1:33. Tanpa Roh Kudus, kita tidak mungkin menang atau berhasil Zak 4:6.
Beberapa hamba-hamba Tuhan yang hidup cara Wasiat Lama, tanpa baptisan Roh Kudus, tetapi tulus dan sesuai Firman Tuhan,juga disertai Tuhan, tetapi kalauditambah Roh Kudus menjadi luar biasa. Perhatikan murid-murid yang tulus, sebelum dan sesudah penuh Roh Kudus.Tetap harus tulus, benar, sesuai kehendakNya dan justru dengan Roh Kudus hal-hal ini bisa ditingkatkan luar biasa (bisa tulus, suci, betul-betul berkenan pada Tuhan sebab ada hikmat dan kuasa Roh Kudus), sehingga hasilnya juga luar biasa!
Dimana ada orang yang mau dipimpin Roh Kudus, maka ada keadilan, kebenaran di hadapan Tuhan dan bangsa-bangsa itu akan jadi damai, ada pekerjaan Roh Kudus. Adil, benar di hadapan Tuhan itu berarti di ril atau jalan Tuhan, maka kita akan ikut dan mengalami rencana Allah. Rencana Allah tidak tergantung dari biaya, orang kuat, mayoritas dll. Kalau Tuhan beserta, biarpun minoritas dan kecil seperti Yusuf Maria, atau seperti Daud gembala domba dan siapa saja, jangan ragu-ragu, rencana Tuhan bisa jalan, asal sesudah itu tetap dalam rencana Allah.
Seringkali sesudah dipakai Tuhan dengan heran menjadi sombong, atau curang dalam uang dll, ini bisa membuat semua jadi rusak kembali Gal 3:3-4 seperti Saul. Memang tergantung dari kita, sebab rencana Tuhan yang besar bisa rusak sebab hamba-hambaNya mulai dalam Roh, tetapi berubah dalam daging, lalu Tuhan mencari lagi orang baru yang mau dipimpin Roh,yang mau terus taat, rendah hati dan setia sampai ke akhir.
 
YES 42:2. BUKAN MEMASYURKAN DIRI SENDIRI TETAPI TUHAN.
 
IA TIDAK AKAN BERTERIAK ATAU MENGANGKAT SUARA ATAU MEMPERDENGARKAN SUARANYA DI JALAN.
Dalam ayat-ayat lain, orang-orang yang terjepit, menderita berteriak-teriak minta tolong, mencari bantuan. Tetapi disini lain. Dia yang penuh kemenangan dan sukses tetapi Ia tidak berteriak-teriak. Ayat ini dijelaskan dalam konteksnya Mat 12:15-17 yaitu waktu Putra manusia sukses besar dan banyak orang mengikuti Dia, lalu Putra manusia Yesus mengingatkan supaya jangan memasyurkan Dia. Lalu Ia mengutib ayat-ayat ini Mat 12:18-19. Dalam dunia justru sebaliknya. Supaya termasyur dan sukses maka mereka berteriak-teriak, mengangkat suaranya dan memperdengarkannya sepanjang jalan, artinya di mana-mana saja sehingga semua orang kenal, lalu data-data yang baik (kadang2 palsu) diberitakan, tetapi data-data jelek disembunyikan. Kepujian dari manusia itu menentukan dalam dunia, tetapi bagi umat Tuhan, kepujian yang betul itulah dari Allah, ini yang menentukan pelayanan kita di hadapan Tuhan, sekalipun tidak ada pujian dari dunia tidak apa-apa, bahkan kita cegah seperti Putra manusia YesusRom 2:29. Beberapa orang menang pemilihan sebab sukses memakai internet, facebook, radio, TV dll cara komunikasi modern untuk memberitakandan meng-angkat2 supaya didengar orang banyak dan jadi masyur.
Pelayanan yang penuh kuasa dan disertai Tuhan
itu tidak tergantung dari penilaian orang banyak tetapi dari perkenanan Tuhan. Untuk hal-hal duniawi penilaian orang banyak itu masih bisa berarti, misalnya restoran, penjualan on line, politik, pemilihan dll, apalagi kalau ada badan penilai yang bisa dipercaya. Tetapi kalau Tuhan menilai baik dan kita tetap di pihakNya, taat dipimpin olehnya, jangan takut, kalau Tuhan beserta kita, sekalipun tersembunyi atau tidak ada yang mendukung kita, dukungan dan penyertaan Tuhan itu lebih dari cukup dibandingkan dukungan manusia yang manapun!
Proyek besar Allah untuk menyelamatkan manusia dipercayakan pada pasangan Yusuf Maria yang sangat miskin, sederhana, tidak punya kuasa dan kedudukan. Sampai2 orang Majus salah mencari bintang yang heran itu di dalam istana, sebab barang besar seharusnya ada di tengah2 orang besar. Tetapi kalau Tuhan beserta, jangan kuatir atau takut menghadapi siapapun.
Jangan cari kemasyuran sebab:
1. Orang sombong itu musuhnya Allah seperti Lucifer 1Pet 5:5.
2. Orang sombong itu kebencian kepada Tuhan dan turun temurun (sekalipun bergandengan tangan KJI) tiada ia terlepas (luput) daripada penghukuman Ams 16:5.
3. Orang sombong akan direndahkan dan dicampakkan Tuhan Mat 23:12.
Betapa dahsyat akibat dan hukuman orang sombong. Sebab itu jangan menginginkan kepujian manusia, atau mencari puji dan pemujaan manusia(senang dipuja, dikultuskan), jangan ingin termasyur, dahsyat celakanya. Ia menjadi musuh Allah!!
Juga orang-orang yang suka memuji, mengkultuskan  orang-orang yang dipakai Tuhan dengan heran, itu dipakai iblis sebagai kaki tangannya untuk mengutuki Ams 27:14 dan menjerat Ams 29:5 sehingga banyak yang jatuh dengan dahsyat.
Yang betul adalah mendoakan, bekerjasama dengan baik, taat pada pemimpinnya, dan semua itu harus selalu sesuai dengan Firman Tuhan. Boleh memberi rekomendasi yang betul tetapi jangan mengkultuskan atau me-muji2, itu jahat dan dilarang Tuhan. Juga orang-orang yang dipakai Tuhan dengan heran belajar meniru seperti Putra manusia, jangan ingin, rindu, berharap atau suka dikultuskan, buang dan matikan pikiran daging dan iblis ini.
 
YES 42:3. TUHAN BERKEHENDAK UNTUK MENOLONG YANG JATUH.
 
BULUH TERKULAI TIDAK AKAN DIPATAHKANNYA.
Kalau sudah dipatahkan, sudah putus, maka 100% tidak bisa hidup kembali, mati, sebab putus dari pohonnya. Ini bukan kehendak Tuhan. Kalau masih ada kemungkinan, Tuhan memberi kesempatan untuk bertobat, sebab kalau sudah masuk neraka, itu celaka buat se-lama2nya, sama sekali tidak bisa ditolong lagi. Tuhan tidak ingin seorangpun binasa 2Pet 3:9. Begitu juga kita yang tidak tahu grafik hidup rohani yang akan datang, apakah ia akan bertobat atau tidak. Tetapi kalau masih ada kemungkinan rebut jiwanya. (Allah tahu yang akan datang; orang yang tidak lagi mau bertobat sampai mati, itu sudah padan dengan mati. Se-waktu2 dibinasakan seperti 16 orang yang mati waktu Israel dihukum karena dosa Achan Yus 7:5 itu memang orang yang patut mati Yer 15:2.
BULUH cerita tentang kekuatan sendiri seperti kekuatan Mesir (bruised reed) 2Raj 18:21. Kalau seorang bersandar padanya, maka ia akan tercucuk oleh buluh itu Yes 36:6. Orang yang berharap pada buluh, kekuatan sendiri/ Mesir, akan jatuh dan punya pengalaman yang pahit, baik yang menolong atau yang ditolong. Tetapi kalau mau bertobat, Tuhan masih ingin menolongnya, masih ada harapan kalau masih hidup!Yang penting ada pertobatan yang sungguh, maka Tuhan akan menolongnya, paling sedikit selamat seperti penjahat besar yang disalibkan dengan Tuhan Yesus Luk 23:43.
 
SUMBU BERASAP, TIDAK AKAN DIPADAMKANNYA.
(Lihat M3150).
SUMBU ini mula2 menyala tetapi sekarang padam tinggal asapnya saja. Ini orang yang mulai dengan Roh berakhir dengan daging Gal 3:3-4. Biasanya lebih sulit bertobat, sebab sudah berjalan dengan Roh itu tingkatan yang tinggi dan lanjut. Kalau Roh Kudus keluar dari seseorang, maka setan akan langsung masuk 1Sam 16:14, Mat 12:43-45, bahkan orang ini bisa jadi 8 kali lebih jahat dari semula. Memang Simson masih bisa bertobat kembali tetapi dengan penderitaan yang luar biasa Hak 16:20. Saul tidak lagi mau bertobat, sebab itu tidak tertolong.
Ilustrasi: Orang yang jatuh dari 20 cm itu lebih mudah sembuh, tetapi yang jatuh dari 2 meter itu lebih berat apalagi dari 20 meter, biasanya tidak tertolong lagi atau cacat berat.
Sebab orang yang sudah diberi banyak dituntut lebih banyak lagi. Luk 12:48.  Apalagi kalau sudah penuh Roh Kudus, sebab itu jangan mempermainkan Roh Kudus, Dia Allah semesta, yang maha kuasa! Akan dituntut lebih banyak. Sesudah penuh Roh Kudus jangan berjalan dengan daging, tetapi terus dipimpin Roh, limpah dengan Firman Tuhan dan doa dalam Roh dan kebenaran. Jangan main2. Sebab kalau Roh Kudus pergi maka roh setan masuk, itu memulai dosa dalam roh setan dan itu dahsyat, cepat tumbuh seperti Luk 22:3, sebab roh setan yang tinggal dalam bekas rumah Allah, akan bekerja dengan cepat untuk membinasakannya sebab kuatir bertobat kembali 2Tes 2:11-12. Jangan mempermainkan Allah yang maha kuasa yaitu Roh Kudus. Kis 5:3. Apakah lebih baik tidak penuh Roh Kudus? Tidak, sebab tidak akan tahan pada akhir zaman, banyak jatuhnya! Tetapi yang penting orangnya harus mengerti dan tumbuh dan sungguh-sungguh mau dipimpin Roh, bekerjasama dalam Roh, maka kita akan tumbuh dengan cepat.
Jadi Roh Kudus akan membuat pertumbuhan cepat secara rohani, tetapi masih tergantung dari kita, harus mau dan pikul salib, mematikan daging. Tetapi kalau roh setan masuk, setan akan paksakan orang itu untuk cepat meningkat dalam dosa!
Tetapi bagaimanapun juga adalah kehendak Allah untuk orang itu bertobat kembali dan selamat, kalau perlu dihajar Allah habis2an sampai mati supaya bertobat daripada masuk Neraka 1Kor 5:5. Tetapi orang itu tetap harus ambil keputusan untuk bertobat dan kembali pada Tuhan.
 
IA AKAN MENYATAKAN KEADILAN KEPADA KEBENARAN.
Tuhan Yesus dan hamba-hambaNya tetap akan menyatakan keadilan kepada kebenaran. Yang salah tetap salah, jangan dibenarkan supaya jangan ia binasa. Jangan orang yang sudah pindah pada jalan lebar, dalam dosa, tetap dipuji sebagai orang terhormat, berjasa,benar, ini menyesatkan orang itu dan mendorongnya makin cepat masuk Neraka.
Nyatakan yang benar dan salah sesuai Firman Tuhan, dengan tidak takut Kis 4:19, supaya orang yang mau bertobat akan bertobat dan selamat, tetapi yang tidak mau bertobat akan binasa! Orang Parisi dikatakan seperti ular biludak dan kuburan putih, sehingga yang tidak bertobat marah sekali, tetapi yang bertobat, ia menjadi utusan Injil Tuhan Mat 23:34; 13:52. Beritakan kebenaran Firman Tuhan, itu keadilan yang betul.
 
YES 42:4. IA AKAN MENANG.
 
IA TIDAK AKAN JATUH ATAU DIPECAHKAN.
Putra manusia Yesus yang diutus Bapa tidak akan jatuh atau dikalahkan, dipecahkan oleh iblis. Kita bisa tetap menang dan tidak akan hancur (sebab dipecahkan iblis dan dosa) kalau kita tetap rendah hati. Orang yang sombong dan ingin puji, ingin kemuliaan manusia, akan cepat jatuh, sebab sombong berarti sudah jatuh dan dengan mudah roh sombong masuk kepadanya. Jangan men-cita2kan atau menginginkan orang-orang kagum pada kita, tetapi biarlah semua orang kagum akan Tuhan Yesus dan kita makin kecil Yoh 3:30. Jangan ingin termasyur tetapi inginlah memasyurkan Firman Tuhan dan nama Tuhan, biar kita makin kecil, sehingga kita tidak jadi kecil tetapi besar di hadapan Allah. Mat 5:19. Orang yang paling kecil itu di perbatasan, satu langkah lagi sudah keluar dan binasa.
 
SAMPAI IA MELETAKKAN KEADILAN DI BUMI.
Hukum2 kebenaran Firman Tuhan yang adil ditegakkan di bumi, luar biasa. Ini berarti Surga di bumi, sebab keadilan atau kebenaran Tuhan ditarik di bumi yaitu di dalam Gereja. Ini akan digenapkan yaitu kebenaran Allah berdiri dengan sempurna di bumi yaitu di dalam Gereja yangdisempurnakan dan itu terjadi dalam 3,5 tahun sebelum pengangkatan; Inilah orang-orang sempurna yang muncul di dunia, merekalah yang menegakkankebenaran Allah yang adil di bumi. Kalau kita mau hidup benar dalam segala segi hidup, kita bisa mengalami pertumbuhan yang cepat dan heran dalam Hujan akhir dan pembukaan Firman Tuhan yang lengkap, sehingga sebagian menjadi sempurna. Kebenaran dan keadilan Allah diletakkan, dipasang dan ditegakkan di bumi,
 
DAN PULAU2 MENUNGGU HUKUM2NYA.
Pulau2 orang kafir Kej 10:5, Yes 41:5, 24:15, menunggu hukum2 kebenaran Allah. Sebab kalau orang mengenal kebenaran hukum2 Allah, ia akan dimerdekakan dari dosa dan segala akibatnya Yoh 8:32. Semua orang yang mau percaya akan dimerdekakan dari dosa. Kita perlu memberitakan kebenaran Firman Tuhan. Kita harus keluar pergi memberitakan, supaya orang yang mau percaya dan taat akan dimerdekakan dan tumbuh dalam rencana Allah. Injil akan sampai di pulau2 seluruh dunia, kebenaran Tuhan didirikan di bumi dan sampailah saat pengangkatan.
 
KESIMPULAN.
Tuhan bisa mengutus siapa saja, juga keledai, tetapi yang diharapkan adalah orang yang mau percaya, sebab ia akan dapat upah yang kekal. Tuhan bisa pakai orang yang paling kecilpun, sebab disertai Tuhan (kalau hidup benar dan taat terus melakukan kehendak Allah) itu berarti lebih besar dari apapun di dunia. Lebih-lebih kalau Roh Kudus tinggal terus dalam kita (dalam kesucian) dan kita mau dipimpin Roh itu seperti Kristus, kita akan menjadi utusan Allah yang luar biasa. Tetapi ingat tetap rendah hati, jangan sombong, kita akan jadi mulia di hadapan Allah dan kekal, bukan besar di dunia dan manusia itu akhirnya akan ada di neraka!
Buluh terkulai tidak dipatahkan, lebih-lebih sumbu berasap diharapkan menyala kembali meskipun sangat sulit, pahit, sengsara seperti Simson, sebab itu jangan mempermainkan Roh Kudus yang sudah kita terima dari Tuhan. Dengan dipimpin Roh, kita tidak akan jatuh atau pecah tetapi ikut dalam mendirikan kebenaran Allah di dunia sehingga Gereja akan menjadi indah, mulia atau tubuh Kristus global jadi sempurna seperti Surga di dunia.
 
Nyanyian: Beracha no 289.
Dia harus makin bertambah.