YS184 Yesaya 41:24-29. Jangan Bangga Dengan Kemuliaan Yang Fana

YES 41:24. YANG TIDAK PERCAYA ITU SIA-SIA.
LIHATLAH, ENGKAU BUKAN APA-APA* DAN PEKERJAANMU KOSONG**.
(Ibrani: * lebih buruk dari bukan apa-apa.
**: Lebih buruk dari ular biludak).
Di hadapan Allah kita ini bukan apa-apa, bahkan lebih buruk dari bukan apa-apa (bahasa Ibrani). Tidak ada artinya. Jangan sampai kita membesarkan diri, sebab kita ini di hadapan Allah bukan apa-apa, tidak ada artinya.
Tetapi sebaliknya seringkali orang-orang Kristen bangga dan takjub dengan semua kemuliaan perkara-perkara yang fana dan itu dipuji-puji, ditinggikan, dibanggakan, lebih dari perkara-perkara dari Atas. Misalnya kemewahan, popularitas, gelar-gelar, acara-acara yang spektakuler, kepujian resmi atau dari orang banyak, sukses, dipakai Tuhan heran, macam-macam aktivitas yang terkenal seperti dari Gereja Sardis, mungkin musik, lagu-lagu, usaha-usaha sosial, pendidikan, Rumah sakit, panti, latihan kerja, makan minum, tontonan-tontonan, hadiah-hadiah, untuk kehidupan sehari-hari dsb. Banyak hal-hal ini netral dan berfaedah tergantung dari cara pemakaiannya. Tetapi yang membuat Tuhan cemburu adalah mereka begitu kagum dan meninggikan kemuliaan2 manusiawi ini, tetapi tidak peduli bahkan mengabaikan hal-hal yang kekal seperti kesucian, Firman Tuhan, pelayanan, salib, memenangkan jiwa, ibadah, kesukaan dari Roh, mentaati Firman Tuhan, hidup dipimpin Roh, tabiat yang baru, lapar haus akan Firman Tuhan, doa dsb.
Kalau ada kesempatan berdoa, ada kelimpahan Firman Tuhan, tabiat-tabiat yang baru, menderita sengsara karena Dia, perkara-perkara dari Atas (Kel 3:1-3) dll perkara-perkara yang kekal, ini tidak terlalu menarik bahkan beberapa sudah begitu muak dan bosan seperti Israel muak dan bosan akan manna. Mereka lebih suka hal-hal yang ada di Mesir dan untuk itu mereka mau kembali ke Mesir, membatalkan rencana Allah untuk masuk Kanaan Bil 11:4-6. Mereka bosan dengan hidup sepi di jalan sempit (di padang gurun) dan menghina manna, minta acara-acara yang penuh kedagingan seperti di Mesir (atau Lot minta seperti yang di Sodom Gomora, jangan terus seperti hidup sepi, jalan sempitnya Abraham). Variasi2 duniawi Sodom Gomora dan Mesir sangat digandrungi banyak orang Kristen, suatu hidup jalan lebar yang meriah. Sebab itu banyak yang mengusulkan supaya dalam Gereja juga ada hidup seperti jalan lebar, jangan hanya model Mezbah dan jalan sempit, salib yang membosankan.
Tetapi di hadapan Tuhan semua perkara yang megah untuk dunia itu kosong dan sia-sia, bahkan banyak kegiatan Gereja Sardis itu hanya bau mayat. Jangan buat banyak kegiatan tetapi dosa2 bebas berkeliaran dalam hati, pikiran, angan-angan dan perbuatan, ini seperti kuburan bagus, putih, indah tetapi isinya bangkai Mat 23:27. Ini seperti Sardis, juga sepertiorang Israel yang menghina Musa, manna, Kanaan dan mau kembali ke Mesir saja Bil 15:31; 21:4-6. Mayoritas orang Israel mempunyai sikap dan pikiran ini, tetapi itu keji di hadapan Tuhan.
Sebagian Gereja-gereja akhir zaman akan penuh dengan perkara-perkara yang sia-sia ini, yangbukan apa-apa dan sia-sia. Justru Firman Tuhan kurang, tabiat baru, salib, kesucian, setia, ketaatan dll semua ini kurang dihargai, kalau bisa dikurangi saja.
ORANG YANG MEMILIHMU ITU ADALAH SUATU KEKEJIAN.
Orang-orang yang memilih hidup seperti ini adalah suatu kekejian, sebab penuh dengan dosa, dunia dan hawa nafsunya, tiada kasih akan Tuhan 1Yoh 2:15-17. Ini perkara-perkara duniawi yang fana, akan lenyap dan sia-sia, penuh kenajisan Mat 16:26.
Kalau Gereja terus mencari jiwa-jiwa dengan memperhatikan “permintaan pasar” (apa yang dicari orang banyak) maka Gereja akan penuh dengan acara dunia dan jalan lebar, menjadi najis di hadapan Allah, penuh dengan bisa ular biludak, anggur Sodom Gomora Ul 32:32-33. Ini keadaan Gereja akhir zaman yang ada di jalan lebar atau jalan lebar ada di dalam Gereja, jadi jalan lebar rohani, Gerejawi, kristiani, tetapi najis di hadapan Tuhan.
Justru orang beriman harus mau menyangkal diri untuk dicocokkan dengan Firman Tuhan, dengan kehendak Allah, dengan perkara-perkara dari Atas, baru itu indah di hadapan Allah.
YES 41:25. SEORANG YANG DATANG DARI UTARA DAN TIMUR.
AKU SUDAH MEMBANGKITKAN SEORANG DARI UTARA DAN IA AKAN DATANG DARI MATAHARI TERBIT.
Siapakah orang ini? Ia dibangkitkan dari Utara dan datang dari Timur. Dalam Yes 41:2. Orang dari Timur, itulah Tuhan Yesus yang datang dari Edom Yes 63:1-2, baju terpercik dengan darah. Tetapi orang ini juga datang dari Utara. Ini tempat orang-orang jahat yang akan menyerang Israel Yer 1:14; 6:22; 25:9; 46:20; 47:2; 50:3.
Lalu mengapa ini digabung? Mula2 dari Utara lalu dari Timur. Inilah orang-orang yang mula2 dari Utara seperti orang dosabiasa, tetapi sesudah lahir baru, mereka berubahmenjadi seperti Kristus, datang dari Atas Yoh 15:19. Seperti Kristus, mereka  tumbuh terus dari Timur sampai ke Barat yaitu dari mulai percaya (Pintu Gerbang) sampai menjadi sempurna (Tabut). (Biasanya dalam buku2 tafsiran, orang menyebut orang ini sebagai raja Koresy yang datang dari Persi (Utara, sebab ia jugamenyebut nama Tuhan. Yes 44:28.
Ini untuk yang sudah lewat, tetapi sebagai nubuatan untuk yang akan datang, inilah orang-orang kafir yang menjadi orang beriman dan akhirnya menjadi seperti Kristus. Begitu heran rencana Allah. Allah mengasihi seisi dunia sehingga dengan korban penebusan Kristus, yang menjadi jalan kebenaran dan hidup Yoh 14:6, maka semua orang percaya akhirnya diolah dandiubah menjadi seperti Kristus bahkan ada yang menjadi sempurna seperti Kristus, luar biasa! Kita menjadi allah2 seperti Kristus 1Kor 11:1, bahkan seperti Bapa Mat 5:48. Ini rencana yang terbesar bagi manusia, sebab malaikat dll tidak dijadikan seperti Kristus. Manusia yang mau percaya akan diubah dan dijadikan seperti Kristus. Dalam bahasa kiasan (dan Tuhan menciptakan juga manusia dengan keadaan seperti ini, yaitu suami istri Ef 5:32, yaitu dua orang yang setara menjadi suami istri, menjadi satu Mat 19:5-6). Sejak permulaan lahir baru, kita sudah jadi anak2 Allah Yoh 1:12. Malaikat2 tidak dijadikan allah2, sebab itu kita lebih tinggi dari malaikat dan akan menghakimi malaikat 1Kor 6:3.
Rencana Allah bagi manusia itu luar biasa. Sifat2 Allah juga akan ada dalam kita yaitu bisa tahu yang akan datang dan bisa berbuat yang baik dan yang jahat. Mengapa? Sebab benih Allah ada di dalam kita dan kita tumbuh terus menjadi seperti Dia. Ini perkara besar. Memang sekarang belum nyata hal itu. 1Yoh 3:2, sebab kita masih belum selesai ditebus, kita masih menunggu tebus tubuh Rom 8:23 dan diolah terus, meningkat sampai menjadi seperti Kristus, itu sangat2 luar biasa. Ini yang harus menjadi kekaguman dan ucapan syukur kita. Orang yang mengerti akan kagum dan ke-heran2an akan rencana Allah yang besar. Tetapi orang-orang Halaman, kanak2 dan duniawi, kagum dengan perkara-perkara yang mulia dari Mesir dan Sodom Gomora, tetapi Abraham terus melihat akan negeri yang mulia yang menjadi kerinduannya untuk masuk di dalamnya Ibr 11:16.
IA AKAN MEMANGGIL NAMAKU.
Ini orang-orang yang berseru nama Tuhan Mat 7:21 dan mau dengan setia diolah sampai akhirnya tumbuh menjadi seperti Kristus. Orang yang hanya menyeru nama Tuhan tetapi tidak mau melakukan kehendak Allah akan ditolak dari Surga.
IA AKAN DATANG DI ATAS PENGHULU2 SEPERTI DI ATAS LUMPUR, SEPERTI PENJUNAN MENG-INJAK2 TANAH LIAT.
Orang-orang yang percaya Tuhan Yesus, anak2 dan putra2 Allah itu jauh lebih besar dari penghulu2 dunia. Kita betul2 akan menjadi mulia yang lebih tinggi dari orang yang paling besar di dunia yang tidak masuk Surga. Tetapi orang-orang yang mau percaya akan diolah seperti tanah liat oleh Sang Penjunan.
Tuhan Yesus adalah Penjunan yang mengerjakan kita semua dari tanah liat menjadi bejana2 yang indah. Dia sudah memulai mengerjakan kita dan meneruskan dan kita juga dijadikan alat2Nya untuk saling tolong menolong untuk saling mengolah ber-sama2 di dalam tangan Tuhan sebagai Penjunan Yes 64:8.
YES 41:26. TIDAK ADA YANG BISA MENJADI ALLAH.
SIAPA YANG BISA MENYATAKAN DARI PERMULAANNYA SUPAYA KAMI BISA TAHU DAN DARI MASA2 YANG LALU, SUPAYA KAMI BISA BERKATA, IA ITU BENAR.
Dalam ayat 22 sudah dijelaskan, hanya Allah yang maha tahu yang bisa mengatakan hal-hal yang akan datang dan yang lalu dengan lengkap dan tepat. Semua yang lain itu hanya manusia dan tidak bisa apa-apa. Kecuali kalau ia dilahirkan baru dan mau diolah oleh tangan Penjunan untuk bisa menjadi seperti Kristus, bahkan menjadi orang benar dan orang suci karena Kristus. Luar biasa. Tidak ada orang benar di dunia ini, kecuali yang sudah dilahirbarukan oleh Tuhan Yesus Yes 64:6, Luk 18:19 dan terus diolah sampai tumbuh seperti Dia. Ini perkara yang sangat besar yang sungguh-sungguh patut dikagumi, bukan kemuliaan dunia yang fana yang akan lalu dan lenyap dan jadi sia-sia dan kosong.
SESUNGGUHNYA TIDAK ADA ORANG YANG MENUNJUKKANNYA, SESUNGGUHNYA TIDAK ADA ORANG YANG MENYATAKANNYA, SESUNGGUHNYA TIDAK ADA ORANG YANG MENDENGAR KATA-KATAMU.
Kalau seorang beriman berjalan sendiri, tidak lekat pada Kristus, ia akan menjadi orang biasa, tidak mungkin bisa menjadi seperti Allah, sekalipun jadi heran, terkenal dan mulia cara dunia, tetapi tetap sia-sia dan kosong. Hanya di dalam Kristus ada masa depan yang mulia. Dan seharusnya hal-hal yang kekal dari atas ini yang mulia bagi kita, yang dikagumi dan yang harus kita kembangkan. rindukan dan banggakan begitu heran sebab memang itu perkara-perkara besar dan kekal dari Tuhan yang sungguh-sungguh patut dibesarkan.
YES 41:27. KABAR BAIK BAGI YERUSALEM.
YANG PERTAMA AKAN BERKATA KEPADA SION, LIHATLAH LIHATLAH MEREKA DAN AKU AKAN MEMBERI YERUSALEM SEORANG YANG MEMBAWA KABAR BAIK.
Yerusalem sudah mendapat kabar baik dari Tuhan Yesus tetapi ditolak bahkan dibunuh. Mat 23:37-39, Mat 4:14-17. Kabar baik sudah diberitakan, tetapi ditolak. Tetapi Tuhan Yesus datang kembali Yoh 14:18, yang dimaksud disini adalah Roh Kudus menggantikan Tuhan Yesus datang sehingga kalau kita penuh dan dipimpin Roh, maka kita akan menjadi seperti Kristus dan kita akan membawa kabar baik itu seperti Kristus dahulu, yaitu Roh Kudus di dalam kita. Ini kabar baik yang luar biasa. Kita dilahirkan kembali sehingga bukan lagi berasal dari dunia tetapi dari Atas Yoh 15:19 dan kita meneruskan kabar baik Allah kepada manusia yang mau mendengar. Kita akan menjadi allah2 seperti Kristus. Bisa membawa kabar baik itu heran dan luar biasa. Bukan hanya berbuat mujizat (itu hanya sampai kubur) tetapi memberitakan kabar baik sampai orang orang percaya dan selamat, itu luar biasa seperti Kristus. Memberitakan kabar baik itu luar biasa begitu heran dan mulia. Sungguh tidak habis2nya kekaguman akan rencana Allah yang besar. Tetapi orang-orang yang buta mata rohaninya, mengecilkan, bahkan menghina rencana Allah yang besar, sehingga mereka lebih baik hancur di Mesir, kembali ke Mesir daripada meneruskan rencana Allah yang sangat indah dan mulia Kel 14:12. Lebih baik jadi hamba dosa di Mesir daripada memberitakan kabar baik! Begitu hebat dan sangat orang Israel menghina rencana Allah yang sangat mulia di negeri perjanjian, mereka memilih lebih baik sampai remak jadi hamba orang Mesir sampai mati daripada ikut rencana Allah ke negeri perjanjian.
YES 41:28. TIDAK ADA PENASEHAT YANG BETUL.
KARENA AKU MELIHAT DAN DISANA TIDAK ADA ORANG BAHKAN DIANTARA MEREKA TIDAK ADA PENASEHAT, SUPAYA KALAU AKU MENANYAI MEREKA (ADA YESUS), DAPAT MENJAWAB SEPATAH KATA.
Dari zaman dahulu selalu ada orang bisa bicara. Tetapi disini tidak seorangpun yang bisa memberi jawab satu patah katapun. Mengapa? Ini kata-kata dari Tuhan, seperti kata-kata Tuhan Yesus waktu di dunia.
Heran, tidak ada yang memberi nasehat dari kata-kata Tuhan, nasehat yang benar. Semua memberi nasehat yang lain, dari pikiran dan falsafah manusia, pendapat dan rencana manusia, sebab mereka sudah kagum akan perkara-perkara dari manusia yang tampaknya besar, megah danheran! Sebab itu mereka selalu bangga dengan kata-kata, pendapat, pikiran dan nasehat dari manusia dan itu yang ada dalam mulut mereka. Untuk dunia ini tidak salah. Untuk memperbaiki keadaan di dunia perlu banyak nasehat dan kata-kata mutiara orang-orang bijak. Tetapi ini hanya untuk di dunia, tidak sampai dalam kekekalan. Untuk mempersiapkan hidup menjadi indah di Surga untuk kekal, kita perlu kata-kata dari Allah, Firman Tuhan yang kekal Luk 21:33. Bukan kata-kata hikmat manusia.  Kalau kita penuh dengan Firman Tuhan dan Roh Kudus, maka Roh Kudus akan memberi kata-kata dari Tuhan dalam mulut kita yang sangat indah dan tepat, yang bisa mempersiapkan orang-oranguntuk hidup yang kekal.
Orang yang tidak cinta Firman Tuhan, tidak bisa bangga akan kata-kata dari Tuhan yang kekal, justru bangga dan mencari dan memakai kata-kata manusiawi yang fana. Tidak semua betul, sebagian salah sedikit (atau banyak) dan kalau ini dipakai dalam Firman Tuhan, ini akanmulai membuat penyimpangan-angan kecil yang lama2 jadi ajaran sesat, sebab dikembangkan dengan akal manusia bukan oleh Roh Kudus atas Firman Tuhan Yoh 16:13-15. Kalau kita tidak bisa melihat rahasia Firman Tuhan yang ajaib, kita tidak bisa bangga dan bersukacita seperti Paulus yang menjadi bendahara rahasia-sia Allah 1Kor 4:1. Hanya orang dalam yang mendapat karunia untuk bisa mengerti rahasia kerajaan Allah Mat 13:11, Luk 8:10, Mrk 4:11. Paulus begitu bangga dan sukacita yang luar biasa bisa mengerti rahasia-sia ilahi yang besar 1Kor 13:2.
Paulus begitu kagum dan ini menjadi kekayaan kekalyang besar. Ia bicara ber-ulang2 tentang rahasia kerajaan Allah Rom 16:25, 1Kor 2:7, Ef 1:9; 3:3,4,9; 5:32; 6:19, Kol 1:26-27. Orang yang bisa menerima rahasia-sia kemuliaan Allah, ia mendapat karunia Allah dan ia akan mengalaminya menjadi mulia kalau ia mau mentaatinya. Sekalipun terbelenggu, Paulus tidak takut menceritakan rahasia Allah yang besar dan kekal Kol 4:3.
YES 41:29. SEMUA DALAM DUNIA INI SIA-SIA.
LIHATLAH MEREKA SEMUA SIA-SIA, PEKERJAANNYA ITU BUKAN APA-APA, PATUNG2 TUANGANNYA SEPERTI ANGIN DAN KEKACAUAN.
Semua yang dibuat manusia di bawah matahari itu sia-sia dan angin belaka Pkh 1:14. Semua hanya kekacauan belaka. Patung berhala, termasuk ilmu dan tehnologi modern itu bukan apa-apa di hadapan Allah. Tidak ada yang berlanjut sampai kekal. Sebab itu jangan mengecilkan perkara-perkara dari Atas, istimewa Firman Tuhan, Roh Kudus, pekerjaan Allah, itu semua kekal. Sebab itu carilah perkara-perkara yang dari Allah, jangan yang di bawah. Kol 3:1-2. Baik orang Wasiat Lama apalagi orang Wasiat Baru, semua yang penuh dengan Roh Kudus, celik matanya, tahu semua yang di dunia, sekalipun mulia di hadapan manusia itu sia-sia dan hanya sampai di kubur Pkh 1:14, sebab itu kejar dan cari yang di atas. Jangan takut resiko atau korban untuk mendapat yang kekal, itu sungguh-sungguh berharga. Rencana Tuhan yang mulia, untuk menjadikan kita seperti Kristus dan mulia untuk kekal, itu yang terbesar lebih dari semua yang fana dalam dunia. Jangan tertipu oleh semua yang fana meskipun mulia! Mat 16:26. Cari kerajaan Surga dan kebenaranNya, itu lebih dari semua kemuliaan dunia. Mat 6:33. Jangan takut fasilitas yang kita perlukan, kalau kita taat kita akan mendapatkannya semua akan ditambahkan oleh Yang maha kuasa, bahkan lebih dari cukup.
Nyanyian:
Carilah dulu kerajaan Allah,
serta kebenaranNya.