M3676 – Matius 24:3-13. Minggu Ke-70 Daniel dan Tanda-Tanda Kedatangan Tuhan

I. MENGAPA ORANG BERIMAN PERLU TAHU TENTANG FIRMAN AKHIR ZAMAN?
A. Jangan sampai bingung dan kacau karena disesatkan oleh ajaran yang salah. Makin lama makin banyak ajaran yang keliru, apalagi setiap orang dapat ikut memberi komentar yang membuat makin kacau.
B. Tuhan sudah memberitahu lebih dahulu Amos 3:7 supaya umatNya dipersiapkan untuk menghadapi akhir zaman yang jahat dan keji, justru mendapat kesempatan untuk menjadi sempurna.
C. Zaman keemasan Gereja. Dalam masa yang sangat sulit, Gereja dengan Tuhan (tiga Pribadi Allah bekerja penuh) mengalami masa keemasannya. Jangan takut, kita justru akan bersukacita seperti Surga meskipun masih hidup di dunia, asal mau taat dipimpin Roh. (lihat lebih lanjut dalam M3269).
II. TANDA-TANDA KHAS KEDATANGAN TUHAN.
Tanda-tanda seperti perang, gempa, kelaparan dll sudah sering terjadi sejak zaman dahulu. Tetapi sebagai tanda-tanda kedatangan Tuhan tanda-tanda ini disertai tanda-tanda khas, yaitu:
1. Global (=/= Lokal).
Tuhan Yesus datang I kali pada suatu titik di bumi ini, lokal, tetapi Tuhan Yesus datang II kali untuk seluruh dunia, global, titik itu sudah meluas meliputi seluruh dunia. Timbul pencobaan2 yang mencobai seluruh isi dunia Wah 3:10 Timbul kesukaran sedunia.
Tehnologi komunikasi berkembang luar biasa, meratakan jalan untuk globalisasi.
Tanda-tanda kedatangan Tuhan itu akan terjadi di seluruh dunia —> dalam Sabat ke 70 Daniel. Misalnya perang, ajaran sesat, pembunuhan dsb bukan lagi lokal tetapi global, hampir semua peperangan zaman sekarang menyangkut seisi dunia, global!  Mrk 13/ Mat 24/ Luk 21. Begitu juga dengan tanda-tanda lain.
2. Bersamaan, bukan bergantian, istimewa dalam Minggu ke-70 Daniel. Negara-negara tidak bisa saling menolong, sebab sama-sama kena. Luk 21:11, 34-35.
3. Tiba-tiba menghebat, seperti orang kesakitan beranak 1Tes 5:3.
a. Luk 17:27 tiba-tiba seperti banjir Nuh, sebagai hukuman.
– tiba-tiba segala binatang masuk
– tiba-tiba pintu bahtera tertutup.
– tiba-tiba ada hujan lebat yang tidak bisa berhenti (pembuatan bahtera itu lama, tidak tiba-tiba, sambil Nuh bersaksi, Tuhan memberi kesempatan)
b. Luk 17:29 tiba-tiba api datang seperti zaman Lot.
Juga didalam Gereja akhir zaman,
– Tiba-tiba Hujan akhir
– Tiba-tiba Gereja jadi ajaib Wah 12:1
– Tiba-tiba hukum-hukum dalam Gereja menjadi sangat keras 2Kor 10:6.
Dalam Mat 25:6 dijelaskan bahwa pada waktu kedatangan Tuhan –>tiba-tiba ada kejutan di tengah malam, tiba-tiba sehingga ligabo tidak sempat bersedia dan tertinggal; sekaranglah waktunya untuk bersedia Mat 24:42.
Sering Tuhan mengizinkan pencobaan yang berat-berat datang untuk melatih kita supaya berjalan dalam Roh, harap Tuhan, supaya selalu berkenan pada Tuhan sehingga dengan demikian kita disiapkan untuk hari-hari yang sulit. Bersedialah sekarang. Kalau sudah tertinggal, sudah terlambat, mau berusaha apa saja sia-sia, sebab sudah jatuh dalam tangan Antikris.
4. Belum pernah terjadi. Tidak mungkin tetapi toh terjadi Dan 12:1, Yoel 1:2, tidak disangka-sangka Mat 24:21.
Tuhan sudah beri contoh:
– Terorism, tiba-tiba muncul di mana saja, tidak tersangka.
– Tsunami, flu burung, AIDS dll.
– Pemanasan global sampai salju di kutub mencair, dll.
5. 30 Hari sebelum pengangkatan: Dan 12:11.1
a. Ini puncak aniaya bagi Gereja Wah 12:6, 13-16.
b. Puncak masa pemurnian Gereja Dan 12:10/ Luk 21:36 sehingga rohani tumbuh sampai maksimum bahkan banyak yang menjadi sempurna.
c. Ini bisa terjadi sebab binatang Antikris ke-4 sudah mulai keluar, Dan 7.
III. MINGGU KE-70 DANIEL.
Minggu ke-70 Daniel adalah 7 tahun terakhir sebelum dunia dihabiskan dalam perang Harmagedon. Tetapi kebanyakan yang memikirkan tentang hal ini hanya orang Kristen dan lagi berpusat pada hari pengangkatan saja,sehingga rasa-rasanya Minggu ke-70 Daniel itu adalah hari yang indah, sebab kita hanya ingat pengangkatan.
(Ada tiga tafsiran kapan pengangkatan yaitu pre-mid dan post tri bulation), tetapi yang harus diingat bahwa Minggu ke-70 Daniel ini merupakan minggu maut (7 tahun pemusnahan manusia) sebab kalau Minggu ke-70 Daniel selesai, maka seluruh manusia di atas bumi (Antikris dan pendukungnya) dikalahkan sama sekali oleh Tuhan Yesus dan semua dibinasakan Wah 19:21, yang tersisa hanya 144.000 orang Israel yang tidak kena cap Antikris dan orang-orang kafir yang jumlahnya kurang lebih sama seperti ini.
Jadi dunia habis total seperti kiamat meskipun belum kiamat total (sesudah kerajaan 1000 tahun Surga dan bumi yang lama lenyap dan dibakar habis 2Pet 3:10 dan sesudah Tahta Putih yang Besar diganti dengan Surga Bumi Baru yang indah dan kekal.
Tetapi Minggu ke-70 Daniel ini sangat dahsyat, seluruh penduduk bumi akan mati dalam waktu 7 tahun! Ini betul-betul masa yang dahsyat dan semua yang sekarang tidak mau percaya akan binasa di dalamnya termasuk orang beriman yang tidak mau bersedia. Seringkali orang-orang Kristen hanya berpikir ini hari yang mulia, tetapi dengan tidak bertobat, ini hari-hari celaka besar, sebab semua akan dibinasakan. Sekarang baru di beberapa tempat-tempat tertentu terjadi perang dan pembunuhan yang keji dan mengerikan. Tetapi pada hari itu semua terjadi global, di mana2, sangat parah dan dahsyat dan akhirnya semua orang dibinasakan. Yang harus memperhatikan adalah semua orang sebab semua yang tidak bertobat akan binasa.
IV. PATOKAN WAKTU YANG PENTING.
Biasanya yang kita pakai sebagai patokan adalah hari pengangkatan. Ini hari mulia, sebab ini hari penamatan (khalas) banyak orang beriman yang setia sampai akhir.
Tetapi yang lebih penting dan lebih berarti adalah mulainya Minggu ke-70 Daniel, sebab pada hari pengangkatan itu hanya ada pengumuman dari mereka yang terangkat dan dan mereka yang tertinggal akan masuk zaman Antikris. Sudah tidak ada kesempatan sama sekali, sudah terlambat. Tetapi kalau kita tahu tanggal mulainya Minggu ke-70 Daniel (tidak disebutkan dalam Alkitab, hanya tanda-tanda dari Minggu ke-70 Daniel ada), maka kita masih mempunyai waktu 3,5 tahun untuk finishing saja, yang suci tambah suci dan sempurna, yang dosa tambah dosa dan menjadi seperti iblis.
Pertobatan kembali hampir2 tidak bisa terjadi, sebab orang yang biasa hidup menurut daging, tidak mau menyangkal diri, tidak mau taat dan tunduk, akan dihukum dengan keras dalam zaman ini 2Kor 10:6. Mereka tidak akan tahan. Hanya orang yang suka hidup dalam kesucian dan suka akan salib bisa puas dan bergembira ria dengan sangat disini, sebab ini masanya zaman keemasan bagi Gereja, seperti Surga tetapi masih di bumi.
Jadi mulainya Minggu ke-70 Daniel itu betul-betul suatu kesempatan besar dan terakhir, tetapi bagi yang bersedia saja, yang tidak bersedia tidak akan tahan, sebab itu Tuhan suruh kita sungguh2 bersedia Mat 24:42-44.
V. BERSEDIA.
Kita harus bersedia, itu berarti:
1. Bisa hidup dalam kesucian, hidup dalam tingkat Ruangan Suci, dengan sukacita bahkan bisa menikmatinya sebab kesucian itu indah Maz 48:2, bukan hukuman atau hajaran. Teruslah tinggal dalam hadirat Tuhan Maz 16:11 itu sangat indah, dengan penyembahan dalam Roh dan kebenaran Maz 22:4 dan
2. Membawa orang lain juga ikut serta, istimewa orang dekat kita (isi rumah, isi panci kita dan orang-orang yang Tuhan bebankan atas kita, kita injili dan menangkan mereka sampai bisa ikut ke Surga. Ini kehendak Allah dalam hidup kita, membawa orang-orang (dekat kita) dalam keselamatan Luk 10:27 lebih-lebih isi rumah Kis 16:31 sekalipun itu tidak otomatis, harus berani korban dan usaha dengan cinta Yoh 21:15-17.
Ini yang penting dalam bersedia, serta hidup benar dan berjalan dengan Tuhan (kuncinya berdoa senantiasa dalam Roh dan hidup benar) dan melakukan kehendakNya yaitu mencintai jiwa-jiwa sampai selamat. Tentu yang lain jangan ditinggalkan, misalnya 7 KPR, itu penting. Orang yang tidak meningkat dalam kesucian, dalam tingkat Ruangan Suci, apalagi kalau ada sisa hati untuk dunia seperti Lot, orang itu akan jatuh terseret oleh keinginan dagingnya, lebih-lebih waktu terjadi polarisasi Wah 22:11, 1Kor 11:19, ia akan terseret menjadi najis dengan nyata dan terus meningkat sampai seperti iblis dan terhilang. Kita harus dengan tulus memilih dan setia kepada Tuhan Yesus sampai terakhir yaitu terangkat. Sebab itu naiklah ke tingkat yang lebih tinggi!
VI. MACAM2 TANDA KEDATANGAN TUHAN.
Mat 24:3-13 dll.
Perhatikan apa yang sekarang terjadi sudah bencana-bencana inimeliputi hampir seluruh dunia. Baik peperangan dengan Suriah, Afrika dll. Bencana alam di negeri kita, juga di belahan bumi utara banyak tempat lumpuh karena badai salju dan selatan banyak kebakaran karena panas. Belum lagi kesukaran ekonomi, politik dll sehingga dunia terus ribut  tiba2 datanglah hari yang besar itu.
Keadaan akan makin hebat dengan banyak pemandangan-pemandangan yang mengerikan Luk 21:11. Semua bencana-bencana ini dikerjakan oleh bumi bukan tangan manusia. Begitu dahsyat dan bermacam-macam bancana terjadi,dan akibat peperangan karena hati manusia keras dalam dosa sehingga saling membunuh sekalipun saudara-saudara senegeri.
Belum lagi karena dosa-dosa lain, manusia menjadi kejam karena dosa meningkat dalam orang-orang yang tidak mau bersedia. Tuhan tidak ada dalam mereka, iblis yang memakai kesempatan itu untuk merebut mereka untuk perang melawan Allah (perang Harmagedon) manusia tidak akan menang, sebab orang berdosa akan menerima penghukumannya di dunia (yang makin jahat dan makin keji).
VII. APA YANG HARUS KITA PERBUAT.
Ingat Tuhan Yesus belum datang, tanda dari Minggu ke-70 Daniel juga belum kita ketahui. Jangan jatuh ke ekstrem yang manapun, tetapi tetap berjalan dengan Tuhan, itu indah. Sampai kapanpun Tuhan datang, kalau kita tetap hidup benar dalam ril Tuhan, itu sangat indah dan bersedia, sebab Tuhan sudah merencanakan dengan hikmatNya, untuk membuat kita setinggi mungkin sehingga kita akan makin indah dan mengalami hal-hal yang paling mulia dengan Tuhan Yesus. Kalau kita selalu berdiri benar di hadapan Tuhan sampai mulut (ini yang sulit! Yoh 3:1-2) dan pikiran disucikan, maka selalu akan ada hari indah Maz 34:13-16 bagi orang yang ber-jaga2 dalam ril Tuhan, jalan sempit, pikul salib dan taat melakukan kehendakNya.
* Jangan mempercepat sendiri kedatangan Tuhan, jangan meramalkan sendiri, nanti jadi celaka dan menyesatkan. Sekarang belum waktunya, tetapi sudah dekat, sebab itu ber-jaga2lah, selalu hidup dalam kesucian, dipimpin Roh, limpah dengan doa dalam Roh dan kebenaran, kalau perlu dengan puasa, sebab hari-harinya begitu dahsyat. Jangan tunggu mati ketakutan baru mau bersedia, terlambat Luk 21:26, tetapi meskipun Tuhan belum datang bersedialah baik2.
Cara hidup bersedia yang baik itu:
1. Seperti bulan depan Ia datang. Amos 4:12. Lekas bersedia dan bereskan semuanya, kalau toh Dia belum datang bulan depan, orang yang bersedia itu tidak rugi, hidupnya lebih untung, lebih indah, puas, sukacita, mendapat semua hal-hal indah dari Tuhan dan akan tumbuh makin seperti Kristus dalam hikmat dan kuasaNya, sangat indah. Tetaplah bersedia (yaitu terus hidup dalam kesucian dan tumbuh serta melakukan kehendak Tuhan), itu hidup yang terindah dan terus meningkat, pahalanya untuk kekal!
2. Seperti Tuhan masih lama datang, sebab itu tetap bekerja, sekolah, menikah dll rencana se-hari2, jangan dibatalkan, sebab kita belum tahu kapan Ia datang. Luk 17:34-36. Tetapi jangan waktu kita habis untuk hal-hal sekuler yang fana. Ini perlu ditekankan supaya jangan ekstrem lalu berhenti bekerja dan berusaha berdoa puasa terus dan belajar Firman Tuhan, menjadi sangat sulit kalau sebelumnya belum bisa. Orang yang belum bisa mencintai Firman Tuhan diberi banyak waktu untuk belajar Firman Tuhan dan untuk hidup bagi Tuhan, akan sia2 bahkan bosan. Juga untuk doa dan pelayanan. Tidak bisa satu kali lompat lalu jadi matang. Sebab itu mulailah sekarang dengan semua waktu yang bisa dipakai untuk masa teduh, ibadah, pelayanan dan terus meningkat sesuai dalam rencana Allah. Meningkat terus dengan proses pertumbuhan yang wajar, tetapi juga ber-siap2 seperti besok Tuhan datang (secara pribadi atau umum).
KESIMPULAN.
Hari-hari makin gelap, bencana, dosa dan kejahatan terus meningkat di seluruh dunia. jangan kita tutup mata. Kita harus bisa membaca tanda-tanda zaman Mat 16:3. Jangan sampai hari kedatangan Tuhan itu tiba2 dan kita tidak berjaga-jaga, di dalam gelap sehingga celaka kekal 1Tes 5:4-6. Kalau kita bersedia, maka waktu Minggu ke-70 Daniel tiba kita bisa dengan fasilitas yang begitu sempurna tumbuh dengan cepat masuk dalam rencana Allah yang terindah bahkan sempurna, itu mulia untuk abadi. Kerjakan selamatmu baik-baik sehingga tumbuh dan berbuah-buah, sebab pahalanya untuk kekal.
 
Nyanyian:
Satu kali akan ada
hari senang buat saya.
S’perti Tuhan sudah kata
asal kutinggal setia.
Tuhan Yesus sudah janji
Dia sungguh mau kembali
Pertemuan di udara,
oh senang sekali.