M3653 – Ibrani 4:9-11 Cara Hidup Berkemenangan di Akhir Zaman

MAKSUD.
Cara hidup di akhir zaman ini tidak mudah, sebab sikonnya makin lama makin ganas. Kita harus mengenali sikon akhir zaman dan tahu cara yang betul (cara menurut Allah tidak pernah gagal) yaitu bagaimana bisa menghadapi akhir zaman tanpa kekalahan, tetapi justru bertumbuh, masuk dalam rencana Allah sampai pada puncaknya. Tuhan sudah menyediakan fasilitas dan menunjukkan cara2nya dalam FirmanNya.
IBR 4:9. YANG TERSISA SATU PERHENTIAN.
Bagaimana kita bisa hidup dengan betul di akhir zaman ini?
Caranya ialah masuk dalam perhentian Allah, sebab ini cara yang tersisa untuk umat Allah, di akhir zaman, yaitu hidup dalam sejahtera Allah yang melebihi segala akal Pil 4:7. Sejahtera Allah harus memimpin dan mengawali hati kita. Kalau tidak ada sejahtera (gelisah, takut, ragu2, susah, dll) jangan diteruskan, berhenti dahulu, check mengapa sejahtera Allah meninggalkan kita, tanya Roh Kudus dan Firman Allah (sebab Roh Kudus selalu memberi jawaban yang sesuai dengan Firman Tuhan, tidak pernah bertentangan dan kalau kita mengerti kebenaran Firman Tuhan, kita akan lebih mudah meyakini suara Roh Yoh 16:14-15. Sejahtera Allah ini adalah tanda khas dari orang yang berjalan dalam Roh, yaitu selama kita dipimpin Roh, inilah putra2 Allah yang hidup dalam kesucian dan melakukan kehendak Allah Rom 8:13-14.
IBR 4:10. BERHENTI DARI PERBUATANNYA SENDIRI.
Inilah caranya untuk bisa terus berjalan dalam Roh yaitu berhenti dari pekerjaannya sendiri, lalu Tuhan yang menggantikan bekerja di dalam kita, sehingga hidup ini bukan kita lagi tetapi Kristus yang hidup dan bekerja di dalam kita (berpikir, mengambil keputusan, bicara, bertindak, berencana dll) Gal 2:20. Kalau Allah yang hidup dan bergerak di dalam kita 2Kor 6:16. Itu luar biasa, meskipun yang tampak adalah kita, tetapi sebetulnya yang hidup di dalam kita adalah Tuhan Allah dengan segala hikmat dan kuasaNya. Dengan cara hidup seperti ini, kita bisa menghadapi sikon apapun, termasuk sikon yang paling berat di akhir zaman ini. Inilah Sabat rohani, perhentian dari Allah. Tentu kita tidak boleh sombong, sebab kalau sombong Roh Kudus akan meninggalkan kita dan kita jadi kosong dan sia2 seperti Saul yang ditinggal Roh Kudus. Sebab Allah yang di dalam kita itu yang berharga, bukan kita 2Kor 4:7. Allah hidup dalam tubuh kita seperti mobil ganti mesin, bodynya sama tetapi mesin jadi ratusan kali lebih baik, kuat dan sempurna. Begitulah kalau Roh Kudus hidup di dalam kita dan kita patuh sepenuhnya menurut pimpinanNya sehingga betul2 bukan kita, tetapi Kristus yang hidup dalam kita, dengan hikmatNya, kuasaNya, tabiatNya, bahkan PribadiNya! Kita berhenti dari perbuatan kita sendiri dan Kristus yang bekerja dan hidup di dalam kita; pasti sekitar kita gempar sebab kagum melihat Kristus hidup di dalam kita. Inilah cara2 hidup yang betul, Sabat rohani, hidup dalam perhentian Allah untuk menghadapi sikon yang paling berat dan dahsyat sambil terus tumbuh dalam rencana Allah kepada kesempurnaanNya.
Ciri2 hidup seperti ini adalah:
IBR 4:11. TIDAK SAMPAI JATUH.
Ini kunci hidup berkemenangan yang luar biasa. Kita bisa terus hidup dalam kesucian dan tidak lagi jatuh, betul2 suci “MAK” (dimana saja, dalam hal apa saja dan kapan saja, sejak dahulu, sekarang sampai dalam pikiran dan angan2 yang akan datang, terus dan tetap suci di hadapan Allah).
Orang yang hidup dalam sejahtera dan dipimpin Roh itu tentu terus lekat di Pokok anggur yang benar Yoh 15:5 dan terus mengambil 7 KPR (Kebutuhan Pokok Rohani) yaitu : 1. Hidup dalam kesucian dipimpin Roh, 2. Terus pikul salib di jalan sempit melakukan kehendak Allah, 3. Firman Tuhan jadi daging dalam hidupnya, 4. Doa dalam Roh dan kebenaran, 5. Ber-tambah2 dalam ibadah, 6. Bersekutu dalam tubuh Krisuts, 7. Bergairah melayani Tuhan.
Hidup dalam kesucian itu indah sekali Maz 48:2, sungai air hidup dalam hatinya akanmengalir terus, bahkan makin dalam Yoh 4:14, Yez 47, penuh sukacita, sejahtera, tidak takut, berkemenangan seperti hidup dalam Surga (suasana Surga, hadirat Tuhan ada dalam hatinya).
Ini justru yang dicari manusia, hidup selalu senang, bahkan orang2 dunia makin lama makin dikuasai hedonism (hidup untuk bisa ber-senang2, kalau tidak senang untuk apa hidup?). Manusia sekolah, bekerja dengan sungguh2 supaya dapat uang dan bisa hidup ber-senang2 sepanjang umur hidupnya. Dulu orang menunggu pensiun baru bisa menikmati hasilnya, tetapi sekarang, lain. Orang sekarang mau menikmati hidup sekarang juga, sebab itu mereka berusaha mencari uang untuk membiayainya, kalau perlu menghalalkan segala cara, asal dapat uang. Tetapi kesukaan yang ditawarkan dunia itu adalah kesukaan dosa yang sesaat Ibr 11:25. Dunia tidak punya sukacita yang asli Yak 4:13 bahkan dalam sukacita hatinya berasa sakit Ams 14:12-13. Mengapa? Sebab semua orang (manusia lama) adalah orang berdosa, hamba dan milik iblis 1Yoh 3:10. Orang dunia tidak mungkin mendapat kesukaan dari Allah, sebab kesukaan hidup suci hanya bisa didapat dalam Kristus yaitu kesukaan kesucian. Kesukaan manusia lama adalah kesukaan karenamenurut daging, kesukaan dosa yang sesaat dan upah dosa adalah maut Rom 6:23, sebab anggur dunia itu adalah bisa (racun) ular biludak Ul 32:32-33 yang merusakkan hidup ini sampai mati keracunan. Misalnya tinju sampai orangnya mati dan roh perkelahian masuk dalam penontonnya,menghancurkan umat manusia. Juga kesukaan narkotik itu merusakkan lahir batin dan akhirnya binasa. Kesukaan perzinaan merusak keluarga dan bujang. Belum lagi film najis, pornografi, sadis, hidup semaunya sendiri dll, itu semua merusak tabiat manusia menjadi seperti binatang yang semaunya sendiri, diburu dan membunuh, occultisme, kuasa apalagi berhala mammon yang menjerat orang2 yang menyembahnya dalam segala macam dosa dan kejahatan 1Tim 6:9-10. Manusia tidak pernah tenang, puas, sejahtera dengan dosa, justru gelisah, takut, tidak ada sejahtera dan binal sampai gila, lebih2 dengan cara2 elektronik yang canggih. Tetapi kalau Kristus hidup di dalam kita, kita puas sekalipun dikurangi segala macam kesukaan, ancaman, pergumulan dalam dunia yang semakin jahat, tetap ada saldo sukacita Yoh 16:22di mana saja, kapan saja, dalam hal apa saja. Kis 16:25.
Kalau orang Kristen tidak punya sejahtera dari Allah yang heran dan ajaib ini (melebihi segala pengertian) akan mudah dirayu dengan kesukaan dunia. Tetapi kalau hatinya puas dan kenyang dalam hadirat Tuhan (Maz 16:11) maka madu duniapun akan di-injak2, bukan dikagumi dan kecanduan Ams 27:7.
Jadi orang yang dipimpin Roh, Kristus yang hidup di dalamnya itu:
1. Tidak sampai jatuh dalam dosa.
2. Ada sukacita, kepuasan dari Allah sehingga bisa meng-injak2 madu dunia.
3. Berhenti dari pekerjaannya sendiri, diganti Kristus yang hidup di dalamnya dengan hikmat, kuasa dan tabiat Kristus.
4. Mengalami rencana Allah, sehingga menang dalam sikon yang paling dahsyat (yaitu akhir zaman), bahkan tumbuh dan ber-buah2 dan banyak yang menjadi sempurna seperti Kristus.
KEADAAN DUNIA SEKARANG DAN WAKTU TUHAN YESUS DATANG.
Seringkali karena tidak mengerti, jalan pikiran manusia dibuai dengan kerinduan manusia membuat dunia baru yang penuh dengan tehnologi tinggi (yang menjanjikan hidup bahagia) dan kesukaan seperti Surga. Tetapi nubuatan Firman Tuhan berkata bahwa dosa dan kejahatan akan meningkat dan kalau meningkat makin tinggi, maka hidup manusia makin celaka dan tersiksa seperti Neraka. Kalau sampai puncak itulah hidup seperti Neraka meskipun masih di dunia. Dosa itu neraka. Kesucian itu Surga.
Jangan lupa kesucian hanya mungkin dalam Kristus!
Keadaan dunia akhir zaman itu begitu dahsyat, mungkin sekarang baru 25-30% dan waktu pengangkatan keadaannya kurang lebih 75% (tetapi di pusat2 tahta Antikris mungkin sudah 100%) tetapi rata2 tidak bisa sampai puncaknya sebab Gereja dan Allah di dalam Gereja mengalahkan Antikris 1Yoh 4:4. Tetapi sesudah pengangkatan, langsung keadaan menjadi rusak berat sepenuhnya, 10% betul2 seperti Neraka di dunia.
Keadaan akhir zaman adalah sebagai berikut:
1. Bahaya maut. Karena dosa meningkat sangat dahsyat, kejahatan dalam segala macam bentuknya meningkat dan di mana2 ada pembunuhan, korban segala macam kejahatan. Dalam meterai 3,4 kira2 ada 30% manusia dibunuh. Wah 6.Orang2 di sekitar kita satu per satu mati, semua orang se-olah2 hanya menunggu gilirannya. Takut akan maut menguasai semua orang, sehingga mereka lebih dahulu membunuh, sebelum dibunuh.
2. Antikris menguasai seluruh dunia dengan kejam dan ganas, tindakan2nya biadab. Contoh2nya sudah nampak di mana2. Diskriminasi terang2an dan sangat tidak adil ada di mana2, lebih2 orang yang undur dari Gereja, tidak punya jaminan dan banyak yang jadi korban sampai mati.
3. Peperangan dahsyat dengan umat Tuhan, bukan dengan senjata, politik, uang dll, tetapi dengan kuasa Allah. Tiga Pribadi Allah menyertai umatNya yang taat dan satu demi satu Antikris dikalahkan, tetapi setiap kali ada yang menggantikannya lebih keji dan biadab. Antikris yang betul tidak berani muncul, baru sesudah pengangkatan. (Sesudah pengangkatan, umat Tuhan dikalahkan semuanya Wah 13:7).
4. Kesukaran keuangan luar biasa. Orang harus berdosa, menipu, menghalalkan segala cara untuk dapat untung, tetapi umat Tuhan dengan kuasa Allah yang besar bekerja dengan jujur, justru berkelimpahan Yes 61:6. Kesukaan keuangan terlalu dahsyat, ini menambah kejahatan dan pembunuhan.
5. Penyakit makin meningkat, makin ganas, timbul yang baru2 yang lebih ganas seperti HIV, Ebola dll yang sangat menular dan mematikan.
6. Malapetaka dahsyat bermunculan di mana2, seperti tsunami, topan hayan, ekonomi, politik, kesakitan, pemerintah kacau di mana2 dan Antikris (lebih dari  teroris) muncul dengan ganas di seluruh dunia.
7. Kebencian begitu kuat menghancurkan seluruh dunia. Ini tanda khas pekerjaan setan dan kasih orang banyak tawar Mat 24:12. Juga korbannya selalu pembunuh yang ganas dan biadab.
8. Segala macam dosa jadi sangat keji dan makan korban, seperti perzinaan dengan variasi2nya, pengkhianatan, rekreasi2 yang penuh dosa dan pembunuhan dll, yang begitu jahat memenuhi seluruh dunia.
9. Damai hilang Wah 6:4. Orang banyak gelisah, ketakutan mati, benci, dendam, khianat, pura2 dan segala dosa lain membuat hidup pahit dan gelisah sampai banyak orang yang bodoh bunuh diri.
10. Occultisme merajalela bahkan sampai masuk dalam Gereja jalan lebar seperti Tiatira. Occultisme menjanjikan banyak tetapi membinasakan lebih banyak lagi sehingga orang kehilangan se-gala2nya sampai bunuh diri dan masuk Neraka.
11. Empat Meterai dan 4 Sangkakala Wah 6,8 menghukum semua orang berdosa, ini membuat keadaan makin parah, tetapi sebaliknya bagi orang beriman, keadaannya justru makin indah dan bahagia.
12. Dll.
Keadaan dunia begitu jahat, dosa meningkat sampai sempurna dan segala kejahatan ini meningkat. Dosa dan kejahatan2 sekarang pasti akan meningkat terus, kalau orang tidak ada di jalur yang betul (ber-jaga2 Mat 24:42) dan bisa hidup dengan sejahtera dari Allah, tidak ada yang bisa tahan apalagi kalau dosa dan kejahatan meningkat sampai puncak2nya dalam Minggu ke-70 Daniel.
SEBALIKNYA DALAM GEREJA YANG BETUL, ADA:
1. Kesucian juga meningkat luar biasa, sehingga tidak ada lagi orang yang berani berdosa kecil atau besar. Wah 12:1.
2. Hukum dalam Gereja menjadi sangat keras, 2Kor 10:6 sehingga orang yang berdosa langsung mati di tempat seperti malaikat2 di Surga, waktu mereka berdosa, tiada ampun baginya dan langsung dihukum 2Pet 2:4.
Kalau tingkat rohani meningkat tinggi, hukum makin keras, setiap dosa diukum keras Luk 12:48.
3. Hujan akhir Ul 11:14, Yoel 2:23 dll. Pekerjaan Roh Kudus luar biasa. Semua orang yang sungguh2, penuh dengan Roh Kudus, karunia, buah Roh, kuasa dan semua mahir dipimpin Roh, kalau tidak, tidak ada yang bisa tahan menghadapi sikon yang sangat jahat ini. Semua mahir dipimpin Roh, mahir pikul salib sehingga betul2 hidup seperti Kristus dan melakukan kehendak Tuhan saja.
4. Firman Tuhan terbuka penuh. Mat 10:26-27 sehingga Gereja sangat kuat, sebab tahu semua rahasia Allah dan segala tipu daya iblis terbuka jelas, tidak ada lagi seorangpun yang terperdaya oleh iblis.
5. Tidak ada yang mati 1Kor 15:51-52. Sekalipun keadaan sangat berbahaya dan korban berjatuhan dengan limpah tetapi orang2 beriman terpelihara, tidak ada yang mati. Maz 92.
6. Orang tahu tanggal kedatangan Tuhan. Akibatnya luar biasa, penyerahan rata2 penuh sampai mati tetapi tidak mati dan justru ikut pengangkatan.Pengharapanpun sangat me-nyala2.
7. Zaman keemasan Gereja. Wah 12:1. Ada kesukaan yang besar seperti di Surga, meskipun masih di bumi. Pengalaman Tuhan Yesus di atas gunung Mat 17 dll begitu limpah dan nyata. Sukacita yang amat besar, sekalipun dunia justru seperti neraka, sangat ganas dan jahat.
8. Mujizat, tanda2 heran dalam Alkitab semua nyata bahkan berlipat kali ganda, sehingga tidak ada lagi kesukaran, tidak ada penyakit, tidak ada ketakutan, semua bebas, terlepas.
9. Kemenangan atas Antikris. Tiga Antikris satu per satu dikalahkan dengan kuasa Allah yang maha besar Yes 41:15-16 dan disapu habis oleh pekerjaan Roh Kudus dan Hujan akhir. Tetapi orang yang tidak percaya tetap tidak mau bertobat, termasuk Antikris yang ke-4 sembunyi. Dari kemenangan ini, ada jarahan jasmani dan rohani yang besar sehingga Gereja tumbuh dalam kelimpahan jasmani dan rohani dan masuk dalam kesempurnaan rencana Allah.
10. Tiga Pribadi Allah begitu nyata dalam Gerja, sehingga Gereja jadi ajaib, luar biasa.
11. Persekutuan tubuh Kristus begitu indah seperti tiga Pribadi Allah Yoh 17:21,23. Yang pura2 langsung mati di tempat.  Persekutuan ini betul2 indah seperti Maz 133, sehingga kekuatan setiap orang bisa meningkat sampai 100 kali atau lebih.
12. Keuangan dll limpah. Semua berkat umat Tuhan dikumpulkan sehingga tidak ada orang berkekurangan, apalagi sudah yakin tanggal pengangkatan, tetapi tidak ada yang berani menyalahgunakan sebab hukumannya mati. Orang beriman tetap bekerja dan membiayai semuanya termasuk pelayanan dengan jujur, tetapi ada kelimpahan.
13. Dll.
Orang2 yang bisa hidup dipimpin Roh, dipimpin sejahtera Allah, mereka bisa mengalami rencana Allah yang indah dan bisa menghadapi keadaan dunia yang dahsyat dengan kemenangan yang besar.
KESIMPULAN.
Kita sekarang sudah harus dipersiapkan untuk menghadapi hari2 yang dahsyat itu, sebab itu jangan main2, bersedialah mulai sekarang dalam jalur yang betul dengan 7 KPR. Tidak rugi kalau kita bersedia meskipun sekarang kita belum tahu tanggal pengangkatan, sebab kita juga harus bersedia menghadapi dua pintu keluar yaitu pintu keluar pribadi (kematian) atau pintu pengangkatan. Sebab itu jangan hidup sembarangan, sebab justru dengan sungguh2 bersedia kita mendapat kualitas hidup yang sangat indah, senang, terjamin lebih dari semua yang ditawarkan iblis dalam dunia. Meskipun di hari2 yang akan datang makin jahat, keji dan bengis, tetapi justru bagi kita, hari-hari itu makin indah, jarahan kita besar sebab kemampuannya juga sangat besar.
Nyanyian: Tabernakel Glory no. 102.
Marilah hari mulia, hari bahagia
di tengah kerjaku kuharap
kan datang lekas2.