YS182 Yes 41:21-24 Hanya Allah yang bisa membuat Surga

YS182 Yes 41:21-24 Hanya Allah yang bisa membuat Surga
 
YESAYA 41:21-24. HANYA ALLAH YANG BISA MEMBUAT SURGA.
 
YES 41:21. MUSUH RAJA YAKOB, AKAN CELAKA.
 
BAWALAH DEKAT PERSOALANMU, KATA TUHAN. BAWALAH KELUAR ALASAN2 YANG KUAT, KATA RAJA DARI YAKOB.
Inilah kata2 Tuhan yang juga menyebut diriNya sebagai Raja Yacob, menantang orang2 yang menolak Tuhan, lebih2 mereka yang sudah percaya seperti orang Israel yang sudah keluar dari Mesir, tetapi kemudian di padang gurun mereka tidak mau melanjutkan ke Kanaan, tidak mau taat, tidak mau percaya lagi dan tidak mau mendengar akan Firman Tuhan. Tuhan menantang mereka untuk membawa problem dan keberatan alasan2nya. Kalau seorang mau datang pada Tuhan, Tuhan sebagai Raja Yakob akan melepaskannya Maz 44:5sehingga matanya menjadi celik (yang semula dibutakan oleh iblis 2Kor 4:4, sehingga tidak bisa melihat, tidak bisa mengerti kebenaran Allah). Di dalam hadirat Tuhan, matanya dicelikkan sehingga bisa melihat bahwa semua alasan2nya, juga yang kuatpun itu sia2, sebab Allah tidak pernah salah, tetapi manusialahyang salah lihat, salah mengerti, apalagi kalau ditipu iblis. Dan sesudah bisa melihatTuhan mengharapkan orang itu mengambil keputusan yang betul yaitu meninggalkan iblis dan kaki tangannya dan memilih Allah yang benar dan tetap setia kepadaNya. Memang setiap orang akan diberi kesempatan untuk memilih sesudah matanya dicelikkan, alasan2nya, yang kuat dijelaskan, maka ia bisa melihat mana yang salah dan mana yang benar, lalu memilih dengan pengertian, dan itu menjadi nasibnya yang kekal. Luk 12:57. Kalau sudah dicelikkan dan tetap tidak mau percaya, maka orang itu memilih kebinasaannya. Allah tidak pernah salah, Allah itu adil, semua yang Dia putuskan dan tentukan itu pasti benar dan adil. Sebab itu jangan membantah atau melawan seperti orang2 Israel, tetapi taat meskipun menderita (salib), sebab Allah itu benar dan kasih, pasti kita untung kalau taat, tidak mungkin rugi atau celaka.
 
YES 41:22. BISAKAH ENGKAU MENJADI ALLAH.
 
A. HENDAKLAH MEREKA MEMBAWA KELUAR DAN MENUNJUKKAN KEPADA KAMI APA YANG AKAN TERJADI.
Siapakah orang2 ini yang berani ber-bantah2 dan melawan Allah? Waktu Ayub mengutarakan alasannya, maka Tuhan menjawab kepadanya seperti disini Ay 38:1-4 dst. Ayub tidak berani membenarkan dirinya; ia menjawab bahwa ia tidak ada harganya, bukan apa2.Ay 39:36-38. Demikian pula dalam Ay 42:1-6. Ayub tidak berani menjawab apa2, sebab besarlah Tuhan di atas se-gala2nya. Manusia tidak tahu apa yang akan terjadi, juga iblis dan semua malaikat, tetapi Allah yang maha tahu, tahu yang akan datang, ini sesuatu yang luar biasa, di luar kemampuan manusia dan semua mahluk hidup lainnya, sebab ini ilahi (ini kesanggupan Allah), hanya Allah yang tahu yang akan datang dengan tepat; ini keadaan ilahi yang tidak bisa dimengerti dengan akal. Dalam permainan catur orang yang tahu pikiran musuhnya (sama2 manusia) itu sudah jadi juara, tetapi siapa yang bisa tahu pikiran Allah, apalagi tentang segala perkara yang akan terjadi. Tidak ada yang tahu, semua mahluk hidup, semua ini ciptaan Allah, hanya Allah yang tahu yang akan datang. Sebab itu biarlah kita setia dan taat dalam pimpinanNya, sebab Ia tahu semua yang akan datang dengan tepat dan bisa mengubahkannya.
 
B. BIARLAH MEREKA MENUNJUKKAN PERKARA2 YANG DAHULU, BAGAIMANA KEADAAN MEREKA.
Siapa yang bisa menjawab pertanyaan Tuhan tentang hal ini. Juga Tuhan bertanya pada Ay 38:4. Dimana Ayub waktu Tuhan mengalaskan (membuat pondasi) dunia ini? Tentu Ayub kalang kabut. Sebagian dari masa yang lalu kita masih bisa mengingatnya, tetapi hanya sebagian kecil dan tidak semua bisa diingat, juga tidak tahu yang sebenarnya (misalnya waktu bayi sampai umur 5 tahun, makin kecil makin sedikit yang diingat). Apalagi waktu dalam kandungan dan sembelumnya tidak ada seorangpun yang tahu apa yang terjadi pada waktu itu (masih belum ada), bagaimana manusia bisa menjawab pertanyaan Allah ini, tetapi Alah tahu jauh sebelum ada apa2 juga yang akan datang, Dia tahu semua dan keadaan yang sebenarnya, sebab Dia Allah yang ada dari kekal sampai kekal.
 
C. SUPAYA KAMI DAPAT MEMPERTIMBANGKAN MEREKA DAN MENGETAHUI AKHIR DARI MEREKA, ATAU MENYATAKAN KEPADA KAMI HAL2 YANG AKAN DATANG.
Siapa bisa menjawab hal2 ini? Manusia hanya bisa coba2 meramal dengan kebodohan dan keterbatasannya yang sangat. Kita bisa merencanakan hari2 yang akan datang hanya dengan mengharapkan kalau itu diizinkan Tuhan Yak 4:13-15.
Tidak ada orang yang tahu yang akan datang. Iblispun tidak mengerti sehingga meskipun Tuhan Yesus banyak bercerita tentang kematianNya untuk menebus manusia, iblis tidak mengerti dan justru berbuat apa yang sudah direncanakan Allah. Dengan “membunuh” Putra manusia Yesus di dalam rencana jahatnya, ia justru sudah menggenapi nubuatan Allah (Allah sudah tahu lebih dahulu)tentang Putra manusia.
Orang yang ber-megah2 tentang hari esok itu kemegahan yang jahat. Yak 4:16.
Mengapa kemegahantentang hari2 yang akan datang itu jahat di hadapan Allah? Sebab itu berarti melawan Allah 1Kor 10:22.
Rencana dan kehendak Allah itu suci dan adil, tidak ada yang salah. Kehendak manusia itu selalu ada dosa dan ia akan menghalalkan segala cara (manusia itu hamba dosa). Sebab itu kalau manusia merencanakan yang akan datang (hanya berusaha hendak merencanakan yang akan datang), maka itu akan melawan rencana Allah yang benar, jujur dan adil. Misalnya dalam hal Yusuf. Rencana Allah dalam mimpi Yusuf adalah membuat semua saudara2 Yusuf menyembah Yusuf. Itu rencana Allah yang adil dan benar. Tetapi saudara2 Yusuf punya rencana yang lain, yaitu mereka hendak menggagalkan rencana Allah dengan menghalalkan segala cara yaitu dengan membunuh Yusuf. Sebab itu waktu ada kesempatan di tempat yang jauh dari rumah bapaknya, mereka menangkap Yusuf dan hendak membunuhnya. Tetapi Tuhan bisa mencegah dengan mudah tanpa banyak susah. Lewat Rubin Yusuf dibuang dalam sumur dan kemudian dijualsebagai budak yang nasibnya hampir 90% celaka. Tetapi rencana Allah yang jadi dan rencana saudara2nya tidak jadi, bahkan mereka benar2 datang dan menyembah Yusuf sesuai dengan rencana Allah. Jadi orang yang mau ber-megah2, melakukan kehendaknya sendiri, tanpa minta izin Allah (insya Allah, jika Tuhan menghendaki, if the Lord will)akhirnya jadi jahat di hadapan Allah, sebab semua manusia lama itu orang berdosa (milik iblis) dan selalu sedikit banyak akanmenghalalkan segala cara untuk mencapai kehendakNya dan itu selalu melawan rencana Allah yang benar dan adil dan menjadi jahat. Juga orang beriman yang berencana dengan tidak peduli Allah, apalagi melanggar Firman Tuhan, itu akan jadi jahat.
Sebab itu belajar takut akan Allah dan melakukan yang benar, adil bahkan cari kehendak Allah, itu yang betul2 benar dan adil. Tidak ada rencana manusia, bahkan iblispun yang bisa mengalahkan Allah. Bapaknya manusia lama yaitu iblis, ia melawan dan memusuhi Allah Yes 14:13-16 dan ia dicampakkan Allah ke bawah. Jangan memegahkan diri tentang hari2 yang akan datang, tetapi cari kehendak Allah dan cocokkan dengan Firman Tuhan, minta izin dan kehendakNya supaya jangan kita melawan kehendak Allah. Sepatutnya kita menyerah dan taat akan kehendak Allah.
 
YES 41:23. BISA MENJADI ALLAH?
 
TUNJUKKANLAH HAL2 YANG AKAN DATANG SESUDAH INI, SUPAYA KAMI TAHU BAHWA ENGKAULAH ALLAH2.
Adakah seorang bisa menunjukkan tentang hal2 yang akan datang? Tahu yang akan datang (dengan tepat) itu adalah salah satu tanda khas Allah! Sang Pencipta itu Allah, tetapi ciptaanNya bukan, tetapi salah satu ciptaanNya yaitu manusia, sedang diolah untuk menjadi Allah, sebagian atau sepenuhnya. Yang percaya, setia dan taat akan mengalaminya.
Iblis berani mengatakan tentang hal2 yang akan datang, tetapi itu semua dusta. Baik dia, baik “putranya” yaitu antikris, semua bermulut besar dan pembohong Wah 13:5, Yoh 8:44. Iblis adalah bapak pembohong. Memang iblis adalah sumbernya, bapaknya dari semua pembohong, lebih2 dalam memegahkan diri tentang hal2 yang akan datang, sebab dalam hal2 yang sekarang sudah ada, sudah tampak belangnya, cacatnya, penuh dengan dusta, tanda2 neraka. Tetapi masih banyak orang terbius oleh kata2 yang besar dan megah tentang masa depan iblis yang direkanya sendiri melawan Allah. Itu semua kemegahanyang jahat. Sebab itu hati2 dengan target dan rencana2 megah yang dilabeli “dengan iman” padahal itu kehendaknya sendiri yang sombong, kemegahan yang jahat sebab menuruti daging.
Lebih2 nubuat2 palsu tentang yang akan datang, ini sungguh2 kemungkinan yang jahat, cerita tentang yang akan datang tetapi melawan Allah, sebab dari kehendak dan daging sendiri, itu jahat di hadapan Tuhan; seperti nubuat nabi palsu Zedekia, nabinya Achab, penuh dengan kemegahan sia2 yang palsu yang dilawan oleh nabi Allah yang betul yaitu Mica. 1Raj 22:11,17. Sebab itu hati2 dengan segala nubuat palsu yang mematikan iman dan akhirnya tubuhnya juga mati! Jangan berani bernubuat (lu buat2), apalagi didorong nafsu jemawa, uang, sex, benci, dendam dll. Nabi palsu dihukum Tuhan dengan dahsyat, sebab itu kemegahan yang jahat dengan memakai nama Allah yang didorong oleh ber-macam2 keinginan daging yang melawan Allah. Yez 23:16, Mik 3:5, Zef 3:4, Zak 13:3. (Tetapi heran, banyak orang cinta nubuat palsu seperti Achab yang benci pada nubuat yang betul Yer 5:31, sebab itu hati2lah dengan nabi palsu Mat 7:15-20; 24:11,24, 2Pet 2:1, 1Yoh 4:1. Lihat buahnya, ambisi, sombong, cinta uang dll. Semua nubuat harus dicocokkan dengan Firman Tuhan dan diteguhkan oleh Roh Kudus dan kita juga bisa minta peneguhan dari orang2 yang sungguh2 dipimpin Roh dalam kesucian dengan tulus.
Pegang Firman Tuhan baik2. Kalau kita hidup tulus dan suci di hadapan Tuhan, penuh dengan Roh Kudus, jangan bingung lari ke sana sini mencari nubuat sebab:
1. Sumbernya nubuat sudah ada di dalam kita yaitu Roh Kudus. Kalau kita dengar2an akan Dia, pasti Dia berbicara dan memimpin kita, mengapa lari ke sana sini cari nubuat dan dapat nubuat palsu. Kalau nubuat dari Allah, pasti nubuat itu dengan salah satu jalan akan sampai pada kita, tidak perlu me-ngejar2 nubuat.
2. Kalau Tuhan beri nubuat, kita penuh dan dipimpin Roh, pasti kita bisa membedakannya kalau itu betul, sebab Roh Kudus, Allah yang bicara itu ada dalam kita. Sudah diberi Roh Kudus, itu terlalu amat maha besar dalam kita. Yang penting kita harus terus menerus taat mendengar dan taati suaraNya. Kita tidak akan kelewatan nubuat atau suara Roh yang betul, sebba Dia sudah ada di dalam kita. Kalau orang seperti Achab, ia merasa perlu cari dan mengejar nubuat dan nabi2, sebab itu ia mengumpulkan 850 nabi di dekatnya dan semuanya itu nabi palsu!
 
YA, BERBUATLAH BAIK ATAU JAHAT,
Apa yang dimaksud berbuat baik atau jahat. Siapa yang tidak bisa berbuat baik dan jahat? Tetapi ini maksudnya lain, ini juga adalah ciri2 atau tanda khas seorang Allah.Allah selalu berbuat benar dan adil, tetapi bagi manusia atau musuh2nya itu bisa berartiperbuatan baik atau jahat untuk mereka. Sesungguhnya semua perbuatan Allah itu benar dan adil, dan itu bisamenjadi hukuman bagi mereka yang perbuatannya jahat. Jadi, ini maksudnya memberi pahala bagi yang berbuat baik dan benar dan memberi hukuman bagi mereka yang berdosa. Inilah artinya bisa berbuat baik dan jahat (hukuman) dengan adil dan benar. Bisakah allah2 ini melakukan yang demikian?
Allah yang betul itu bisa membuat Surga yaitu memberi pahala dan semua yang baik bagi orang yang benar dan membuang dan menghukum semua yang berdosa ke dalam Neraka, baru bisa ada Surga.
Kalau yang jahat tidak dihukum, maka Surga akan jadi rusak Yes 26:10. Iblis tidak bisa membuat Surga, sebab ia membiarkan kejahatan merajalela. Sebab itu sekalipun iblis diberi Surga, akhirnya jadi Neraka juga. Tetapi Allah kita bisa membuat Surga dan mempertahankannya, yaitu dengan mengusir dan menempatkan iblis dan pesuruh2nya di neraka. Mat 25:41.  (Allah juga bisa membuat mahluk bebas dari dosa, sehingga bisa hidup suci, cinta kebenaran Allah Ibr 1:9 dan tetap berbuat benar. Hanya Allah yang bisa membuat orang baru yang mau memilih dan melakukan kebenaran sekalipun dengan pengorbanan).
Iblis hanya bisa membuat neraka, sebab dia sendiri penuh dengan dosa dan kesombongan dan tidak mungkin bisa membuat Surga (atau kebenaran) dengan orang2 seperti iblis dan semua orang berdosa. Orang2 yang seperti Allah juga bisa tegas seperti Allah, berdiri benar, tidak memihak yang jahat sekalipun itu golongannya sendiri, tetapi mendoakannya kepada Tuhan (syafaat).
Satu2nya yang bisa membuat dan mempertahankan Surga hanyalah Allah dan yang lain hanya bisa membuat neraka. Juga manusia tanpa Allah (manusia lama) hanya bisa membuat neraka, sekalipun dari luar se-olah2seperti Surga, tetapi palsu atau hanya umpan.
Sebab itu hiduplah suci (dan ini hanya mungkin kalau kita menjadi manusia baru karena dilahirbarukan oleh Allah, dan selalu lekat dengan Tuhan, dibantu Tuhan Zak 4:6). Hanya di dalam Tuhan ada Surga di bumi dan dalam kekekalan. Jangan percaya akan dusta iblis sebab hanya Allah kita yang bisa memberkati orang benar dan menyingkirkan orang berdosa dengan adil. Dari permulaan Allah sudah menaruh pohon pengetahuan baik dan jahat supaya manusia memilih taat dan bisa hidup terus di Surga, kalau tidak ia akan hidup di Neraka.
 
SUPAYA KAMI TER-CENGANG2 DAN MELIHATNYA BER-SAMA2.
Semua perbuatan Allah dalam terang, bisa dilihat semua orang, tidak ada rencana jahat yang tersembunyi seperti iblis. Semua manusia berdosa atau iblis tidak mau datang pada terang, sebab belangnya (dosanya) tampak Yoh 3:20,21. Tetapi orang yang berbuat benar berani datang kepada terang, sebab ia benar di dalam Tuhan. Hidup benar itu indah dan heran, ada keindahannya yang mencengangkan semua orang, juga Allah. Surga yang betul itu sungguh2 mencengangkan, tidak habis2nya dan bisa dilihat oleh orang banyak, termasuk kawan dan lawan.Bagi Allah sendiri Surga itu mencengangkan, sebab melihat kita (manusia baru yang setia sampai akhir) juga masuk dalamnya, sebagai allah2 baru yang betul2 Allah (Yoh 10:34-35) sebab kita menjadi seperti Kristus, luar biasa. Kalau ada tiga Pribadi Allah, Allah sudah puas, senang dan bahagia. Sekarang di dalam Kristus ada lagi banyak pribadi2 seperti Allah, dan itu sangat mencengangkan dan semua bisa melihat dan menikmatinya ber-sama2, apalagi kita yang belum pernah melihat Surga, kita betul2 dipuaskan, bersukacita dan bahagia untuk kekal dalam Kristus, di dalam Surga yang kekal.
 
KESIMPULAN.
Allah kita maha kuasa dan maha tahu, Dia tahu semua yang akan datang dan yang lalu dengan tepat dari kekal sampai kekal. Dia menentukan pahala dengan adil bagi semua orang yang benar dan neraka bagi orang jahat. Dia sanggup membuat orang2 yang sudah lahir baru, yang mau menjadi allah seperti Dia sendiri Mat 5:48 sehingga Surga jadi maksimal dalam kemuliaan dan kesukaannya, sebab ada kasih dan kesucian yang abadi dalam Surga yang kekal.
 
Nyanyian:
Ada Surga mulia, suatu tempat indah dan kekal.
 
 
Syamsad. Kita dihiasi lagi dengan kasih ilahi seperti Kristus dan tabiat baru, perbuatan2 seperti Kristus Tit 2:10, 1Pet 3:5. Semua ini hiasan yang indah yang menghiasi Gereja yang menjadi sempurna. Luar biasa!
 
YES 41:20. SEMPURNA OLEH TANGAN TUHAN, YANG ESA DAN KUDUS.
 
SUPAYA MEREKA MELIHAT DAN TAHU DAN MEMPERHATIKAN DAN MENGERTI BER-SAMA2,
 
 
Kalau kita tidak bisa melihat dan mengerti tentang proses pertumbuhan kepada kesempurnaan ini, kita tidak bisa mengalami penyempurnaan ini. Harus mengerti lebih dahulu baru bisa ber-buah2 sampai 100 kali ganda Mat 13:23. Elisa harus bisa melihat lebih dulu tentang penyempurnaan Elia, baru ia bisa mengalami pengurapan yang dua kali ganda. 2Raj 2:10. Orang yang bisa mengerti rahasia Allah, ia mendapat karunia mengeti rahasia kerajaan Allah, dan itu dari Tuhan. Sesudah diberi karunia untuk mengerti (itu akan terus ber-tambah2 Mat 13:12), lalu menyusul proses penyempurnaannya!
Orang yang tidak bisa mengerti tetap tinggal di luar Mrk 4:11, apalagi orang yang tidak bisa mengerti kebenaran Allah Mat 13:11, tetapi mengerti pengertian yang sesat, orang itu akan binasa (ini senjata2 setan untuk membuat orang mengerti dan yakin akan pengajaran yang salah dan akan binasa seperti Hawa yang mempunyai dan mengerti pikiran iblis, sebab itu ia  jatuh dan menangis seumur hidupnya!). Betapa pentingnya bisa mengerti rahasia Allah, itu menjadi bagian utama bagi Paulus, sebab ini menentukan pertumbuhannya. Sampai dimana kita mengerti rahasia Allah sampai disitu kita tumbuh 1Sam 14:30. Kita perlu mengerti ber-sama2, sebab kalau tidak bisa bersekutu dengan betul seperti Trinitas Yoh 17:21,23, maka kita tidak akan bisa menjadi sempurna.
 
BAHWA TANGAN TUHAN SUDAH MELAKUKANNYA DAN YANG ESA DAN KUDUS TELAH MENCIPTAKANNYA.
Ini adalah pekerjaan tangan Tuhan, bahkan Dia menciptakannya di dalam kita yang mau sungguh2 menyerah dan taat kepadaNya, itu menjadi seperti Tirai yang dirobek (Gal 6:14 mati dari dunia daging dan jadi milik Allah sepenuhnya Gal 2:20), maka kita akan lagi satu kali mengalami setengah dari penebusanNya, yaitu tebus tubuh dan menjadi sempurna Rom 8:23 (sekarang kita baru mengalami tebus batiniah dan menunggu tebus tubuh Luk 21:28 KJI, Ef 4:30 KJI, TL).
 
KESIMPULAN.
Jangan mengabaikan atau memadamkan kehausan yang dibuat Roh Kudus. Terus diisi dengan kelimpahan Roh Kudus mulai sekarang, supaya kita bisa menikmati kelimpahan Hujan akhir yang akan datang dan masuk dalam rencana kesempurnaan yang mulia.
Orang yang terus memuaskan dirinya dengan anggur dunia seperti Lot, tidak lagi mau minum anggur baru ber-sama2 Abraham, tidak mengalami pengangkatan tetapi tertinggal dan harus mengalami kehausan dan kelaparan sampai jatuh dan tidak bangun lagi, aniaya yang dahsyat dalam zaman Antikris sampai mati, baru bisa selamat. Dahsyat! Jangan sia2kan kehausan yang diberikan Roh Kudus sekarang, kesempatan yang heran ini.
 
 
Nyanyian:
Semakin mulia Dia mengubahku,
ubahku, ubahku.