YS181 Yes 41:17-20 Taman subur,kesempatan terakhir dan terbesar

YS181 Yes 41:17-20 Taman subur,kesempatan terakhir dan terbesar
 
YESAYA 41:17-20. TAMAN SUBUR, KESEMPATAN TERAKHIR DAN TERBESAR.
 
YES 41:17. ORANG MISKIN KEHABISAN AIR.
 
BILA ORANG MISKIN DAN KEKURANGAN MENCARI AIR DAN TIDAK ADA.
Sesudah ada kemenangan yang begitu besar dalam ayat 16, cacing2 Yacob ditolong Tuhan sehingga bisa menghancurkan gunung dan bukit menjadi rata tanah, lalu tiba2 ada orang2 miskin. Siapakah orang miskin ini? Disini orang miskin ini mencari air, akhirnya mendapatkan, bahkan mendapat suatu kolam dan taman yang lebat. Tetapi dalam Amos 8:11-14, adaorang2 yang bersumpah dengan demi dewa dan Birsyeba yang juga lapar dan haus dan kemudian mati, tidak bangun lagi. Sama2 haus tetapi nasibnya berbeda. Apa bedanya? Dalam Yes 41:17 mereka masih mempunyai kesempatan dan mendapatkan kelimpahan itu. Tetapi dalam Amos 8, mereka tidak lagi mendapat kesempatan, inilah orang2 yang tertinggal lalu bertobat dan ber-seru2 pada Tuhan, tetapi tidak ada kesempatan sama sekali, tidak ada lagi Firman Tuhan dan pekerjaan Roh Kudus, sebab itu mereka semua rebah, dianiaya sampai mati oleh Antikris, semua mereka jatuh dan tidak bangun kembali, semua binasa. Wah 13:7. Tetapi dalam Yes 41:17 mereka masih mendapat dan bisa memakai kesempatan yang diberikan. Inilah orang2 yang sekarang mau bertobat sungguh2 dan haus akan Tuhan, akan mendapat kesempatan, bahkan sangat2 limpah sebab Tuhan mengirim suatu masa kelimpahan air yang luar biasa, sampai lembah kering menjadi kolam dan padang pasir menjadi taman yang subur dengan banyak pohon2 di dalamnya dst. Ini orang2 yang sekarang merasa haus dan lapar oleh pekerjaan Roh Kudus dan menurutinya, sebab itu mereka bisa berpesta dengan limpah. Sekarang ini waktunya nubuatan Firman Tuhan ni dibukakan, kalau kita mau mentaati kegerakan Roh Kudus di dalam hati kita, maka kita akan dapat berkat2 besar dari masa kelimpahan ini,sehingga ber-buah2 dengan sangat limpah dan tumbuh dengan luar biasa.
Jangan keras hati, terus menuruti daging, minum anggur lama dan terus ber-lazat2 dalam hawa nafsunya, nanti bisa masuk dalam kelompok orang lapar dan haus yang kedua yang akan binasa, jatuh dan tidak bangun kembali.
Jangan padamkan pekerjaan Roh di dalam hati kita, sebab dalam menghadapi akhir zaman ini, Roh Kudus bekerja luar biasa, sehingga orang2 menjadi sangat haus dan lapar akan Firman Tuhan, sebab tanpa kelimpahan dobel, seorang tidak akan bisa menghadapi tantangan2 akhir zaman. Misalnya pengertian Firman Tuhan harus mendapat 2 gomer (limpah Kel 16:22). Juga pengurapan yang limpah seperti ligabis Yoh 3:34, tidak cukup pengurapan hanya seperti ligabo, juga persekutuan tubuh Kristus harus erat seperti tiga Pribadi Allah Yoh 17:21,23 sebab orang2 beriman tidak akan bisa masuk dalam kesempurnaan tanpa mempunyai persekutuan yang betul seperti tiga Pribadi Allah. Juga berdoa dalam Roh dan kebenaran, kalau tidak mau tebus waktu dan tidak mengerti rahasia berdoa tanpa stop 1Tes 5:17 dalam Roh dan kebenaran Yoh 4:23,24 tidak akan bisa tahan dan akan gugur dalam tantangan2 akhir zaman. Juga ibadah, untuk bisa bersekutu, belajar Firman Tuhan ber-sama2, berdoa dengan limpah, pelayanan ber-sama2, sebab itu perlu makin sering beribadah seperti yang sudah dikatakan dalam Ibr 10:25. Sebab itu:
1. Waktu Roh Kudus bekerja di dalam kita dan kita merasa lapar dan haus, mulai sekarang ambil 2 gomer, pengurapan dobel seperti ligabis, ibadat ditambah, kerjasama dan pelayanan supaya kita bisa mengalami masa kelimpahan yang diberikan Tuhan dalam 3,5 tahun pertama Minggu ke-70 Daniel.
2. Orang yang sudah merasa lapar dan haus oleh pekerjaan Roh Kudus, tetapi berkeras hati tetap minum anggur dunia dan Sodom (seperti Lot) maka ia akan tersingkir dalam kelimpahan Hujan akhir dan tertinggal serta mengalami kelaparan yang mematikan dalam zaman Antikris.
Jangan membuang kesempatan yang indah dan tidak terasa ini.
 
DAN LIDAHNYA GAGAL KARENA HAUS.
Haus adalah hasil pekerjaan Roh Kudus. Sekarang sudah terasa dan kita harus memberi tanggapan sekarang! Kalau masih suka minum anggur Sodom dan dunia ini, maka waktu kelimpahan Hujan akhir datang, orang ini tidak akan mau, sebab yang lama lebih nikmat Luk 5:39. Ini keadaan yang mengerikan, menjadi bagian dari orang yang tidak mau bertobat, tetap ingin minum anggur lama dan menolak anggur baru dari Roh Kudus. Wai, akibatnya dahsyat untuk kekal. Jangan keras hati, jangan biarkan keinginan dosa, dunia dan isinya tetap ada dalam hati, tetapi buang dan basmi. 1Yoh 2:15-16. Orang yang tidak punya Kristus dalam hatinya, sekalipun minum air dunia ini akan haus lagi Yoh 4:13-14. Jiwa manusia hanya bisa dipuaskan dengan air dari Kristus, dari Atas yang akan menjadi sungai air hidup dalam dirinya. Air dunia ini tampaknya meriah dan menyenangkan, tetapi hatinya tetap kosong Ams 4:12-13. Sebab itu jangan tertipu, penuhilah hati ini dengan Firman Tuhan dan Roh Kudus dalam kesucian dan lakukan kehendak Tuhan. Jangan dipenuhi dengan air dunia ini, hasilnya bukan saja tetap haus, tetapi juga binasa.
 
AKULAH TUHAN AKAN MENDENGAR MEREKA, AKU ALLAH ORANG ISRAEL, TIDAK AKAN MENINGGALKAN MEREKA.
Setiap orang yang berseru kepada Tuhan, Tuhan akan mendengar, baik anak terhilang, juga Hagar yang diusir oleh Abraham dengan perintah Tuhan  tetapi waktu berseru Tuhan tetap beri. Tuhan itu maha murah. Semua yang lapar dan haus jiwanya kalau mau berseru, Tuhan akan bukakan mata hatinya sehingga bisa melihat sumber air hidup yang ada di dekatnya. Sekarang ada begitu banyak Gereja dan tawaran, tetapi tidak semua memberi air hidup. Empat Gereja akhir zaman memberi air dari jalan lebar seperti Pergamus, Tiatira, Laodikea, bahkan Sardis memberi air kematian, racun ular biludak Sodom Gomora Ul 32:32-33. Tetapi yang sungguh2 mencari Tuhan, sekalipun sendirian dan tempatnya terpencil, Tuhan tahu dan mendengarnya seperti Kornelius, Rut, Naaman, Rahab dll. Tuhan akan membukakan jalan dan mereka akan mengerti dan akhirnya sampai ke mata air hidup. Tentu setiap kita harus menjadi alat atau kaki tangan dari Tuhan untuk menawarkan dan membawa mereka pada Kristus di dalam Gereja masing2 yang hidup. Kalau orang itu sungguh2 haus, Tuhan bisa pimpin sampai akhirnya tiba di Gereja2 jalan sempit, Allah sanggup! Mereka yang tetap mau minum anggur lama akan puas di Gereja2 jalan lebar.
Tuhan Allah orang Israel sanggup dan bisa membimbing orang dari jauhpun sampai ke tempat yang benar, seperti orang2 Majus dari jauh bisa menemukan Juru selamat dengan tepat. Dia Allah Israel maha kuasa, maka tahu dan sanggup dan kitalah yang menjadi bintang2 Allah (dipimpin Roh) membawa mereka pada segala kebenaran dalam pimpinan Roh Kudus.
 
YES 41:18. KELIMPAHAN HUJAN AKHIR.
 
AKU AKAN MEMBUKAKAN SUNGAI2 DI TEMPAT YANG TINGGI.
Semua akan mengalami Hujan akhir yang indah dan mewah secara rohani. Naiklah lebih tinggi seperti burung Nazar Ay 39:30-31, Yes 33:16, Maz 61:3. Orang2 di tempat tinggi bisa memanfaatkan Hujan akhir paling efektif bahkan banyak yang menjadi sempurna. Selalu bersedia sebagai ligabis itu pasti untung, maka Hujan akhir akan membuatnya sangat cepat masuk dalam kesempurnaan, menggenapkan jumlah orang yang menjadi sempurna.
Belajar selalu penuh dan dipimpin Roh seperti Nuh maka waktu Hujan akhir kita bisa membangun bahtera dengan tiga tingkatan, masuk dalam kesempurnaan dan menambah jumlahpelayanan orang sempurna.
 
DAN MATA AIR DI TENGAH2 LEMBAH.
Bukan main. Semua orang, sekalipun ia ada di lembah, tetapi kalau mau menerima pekerjaan Roh Kudus, ia akan mengalami kelimpahan pekerjaan Roh Kudus, luar biasa!
Orang Kristen yang lemah jadi kuat, yang terus mencari akan mendapatkan kelimpahan Hujan akhir.Masih ada banyak orang Kristen yang haus akan Allah, tetapi belum mendapatkan pekerjaan Roh Kudus, mereka semua akan mendapat kelimpahanNya. Asal hatinya haus dan rindu, Tuhan tahu semua orang2 ini. Sebab orang2 ini sungguh2 mencari Tuhan, pasti dapat Yoh 6:37b.
 
AKU AKAN MEMBUAT PADANG GURUN MENJADI KOLAM AIR.
Suatu perubahan yang luar biasa. Ini juga sudah dinubuatkan dalam Yes 32:15. Seperti orang Israel yang penuh dengan kejahatan dan kekerasan hati sesudah menyalibkan Tuhan Yesus sampai mati, mereka itu seperti padang gurun yang kering. Tetapi waktu Petrus berkhotbah tiba2 padang gurun yang kering dan jahat itu dipenuhi dengan pekerjaan Roh Kudus dan tanah hati yang kering itu dijamah oleh Roh Kudus sehingga mereka berubah, bertobat dan mengakui segala kesalahannya, sehingga 3000 orang dibaptiskan Kis 2:38-40. Hari2 ini akan muncul pekerjaan Roh Kudus yang makin limpah sehingga terjadi kegerakan rohani diantara mereka yang mau percaya dan bertobat.
 
DAN TANAH YANG KERING MENJADI PANCARAN2 AIR.
Masih akan terjadi pertobatan2, istimewa domba2 dari kandang yang lain itu Yoh 10:16. Kita akan ke-heran2an melihat semua pekerjaan Allah yang heran dan ajaib lebih2 kalau kita menjadi kaki tangan Allah, betapa indah pelayanan ini.
Tetapi kita yang sudah kenal Tuhan, jangan keras hati menolak pekerjaan Roh Kudus(Hujan akhir), sebab orang yang keras hati tidak akan untung tetapi justru jadi celaka, sebab keras hati itu tangsi setan, tidak mungkin untung kalau ada pekerjaan Roh Kudus, sebab roh setan di dalamnya akan melawan pekerjaan Roh Kudus, menariknya pergi jauh2 dari tempat Roh Kudus Kis 5:13. Jangan tertipu setan sehingga menunda bertobat, akan mati seperti orang Israel di padang gurun. Ibr 3:15 dst.
 
YES 41:19. TAMAN YANG SUBUR.
 
AKU AKAN MENANAM DALAM PADANG GURUN.
Heran padang gurun menjadi taman yang indah. Begitu 3,5 tahun I dari Minggu ke-70 Daniel akan jadi taman yang indah bagi orang yang bersedia, tetapi bukan bagi orang yang keras hati! Orang berdosa masih bisa bertobat, tetapi orang beriman yang undur dan keras hati bisa celaka dan undur seperti Kis 5:13 sebab mereka tidak mau taat akan peraturan dan hukum2 Tuhan, apalagi dalam masa ini hukum2 Tuhan jadi sangat keras 2Kor 10:6, ia tidak mau dan tidak bisa tahan dan undur. Kegerakan besar itu membuat Gereja mengalami masa keemasan Gereja sebelum pengangkatan, luar biasa. Tingkatan rohani rata2 sangat tinggi. Ketiga Pribadi Allah bekerja penuh dalam Gereja sehingga Gereja mengalami puncak2 kejayaannya dan tiga Antikris satu per satu dihancurkan, juga yang ke-4 ter-seok2 tidak bisa muncul sampai pengangkatan, baru ia bisa muncul dengan nyata.
Air, ini limpah (ayat 18) yaitu pekerjaan Roh Kudus sehingga ada sungai di tempat yang tinggi, mata air di lembah, padang gurun, jadi kolam, dan pancaran air di tempat kering. Ada pekerjaan Roh Kudus (kuasa Allah) yang limpah sampai tanpa batas dan kesukaan dan kepuasan yang besar seperti di Surga.
 
POHON ARASY, POHON SITIM DAN POHON MURD DAN POHON MINYAK.
Tiga pohon untuk bait Allah yaitu Arasy, Sitim dan Zaitun Kel 25:10, 1Raj 5:5-10, Arasy ~ orang benar. Maz 92:12.
Zaitun = orang yang penuh dan dipimpin Roh.
Sitim, alat2 dalam bait Allah, istimewa Tabut dibuat Musa dari Sitim (Penaga) (dan ini tidak dibuat ulang, tetapi ditaruh dalam bait Allah Salomo).
Dari Mezbah Korban Bakaran sampai Tabut dibuat dari kayuSitim, ini berarti terus tumbuh, meskipun masih hidup dalam tubuh daging tetapi kita harus terus tumbuh sampai tingkat sempurna.
Ini semua menjadi dasar dari pembangunan bait Allah dan pada akhir zaman, ini adalah tubuh Kristus global yang menjadi sempurna. Semuanya (semua pohon2 ini)benar2 harus tumbuh dalam orang beriman, dimiliki setiap orang beriman, anggota Gereja akhir zaman sehingga bisa tumbuh dengan cepat dalam rencana Allah yang indah untuk menjadi sempurna atau ikut pengangkatan.
Tidak ada hidup dalam dosa atau dipimpin daging bisa tahan dalam Gereja akhir zaman ini, sebab itu semua tumbuh dengan cepat kepada kesempurnaan dalam 3,5 tahun seperti waktu Putra manusia Yesus di dunia, hanya dalam pelayanan 3,5 tahun Ia menyempurnakan tugasNya dari Bapa.
Pohon Murd (myrtle). Bukan hanya hidup benar, dipimpin Roh dan bertumbuh, tetapi juga limpah dengan berkat yang berkelimpahan. Neh 8:16, Yes 55:13, Zak 1:8,10,11.
Dengan apa hidup jadi limpah? Dengan perang. Menang perang, berarti banyak jarahan dan cepat jadi limpah. Ul 6:11. Perang yang dahsyat sehingga bukit dan gunung diratakan, maka juga jarahan dan berkatnya limpah. Jangan takut, Gereja akhir zaman tidak akan kekurangan, sehingga jasmani rohani limpah, begitu indah.
 
DAN AKU AKAN MENARUH DI DALAM PADANG PASIR, POHON SANOBAR DAN POHON PINUS DAN POHON SYAMSAD BER-SAMA2.
Sanobar (Fir), Pinus (pine), Syamsad (box tree), semua ini memperindah tempat kesucian Allah Yes 60:13, Wah 21:2. Gereja Tuhan yang sudah dewasa dihiasi sebagai mempelai perempuan bagi suaminya. Pohon duri diganti Sanobar Yes 55:13. Sebab duri dan unak maka penuh persungutan Kej 3:18, tetapi sekarang diganti pohon Sanobar,orang2 suci bersyukur dan memuji Tuhan 2Sam 6:5, Ay 1:21, Kis 16:25.
Pinus (pine) dipakai untuk Pondok daun ~ kerajaan 1000 tahun, kerajaan damai dan penuh kuasa yang besar menghiasi Gereja akhir zaman, meskipun di tengah2 dosa dan kejahatan.
Syamsad. Kita dihiasi lagi dengan kasih ilahi seperti Kristus dan tabiat baru, perbuatan2 seperti Kristus Tit 2:10, 1Pet 3:5. Semua ini hiasan yang indah yang menghiasi Gereja yang menjadi sempurna. Luar biasa!
 
YES 41:20. SEMPURNA OLEH TANGAN TUHAN, YANG ESA DAN KUDUS.
 
SUPAYA MEREKA MELIHAT DAN TAHU DAN MEMPERHATIKAN DAN MENGERTI BER-SAMA2,
 
 
Kalau kita tidak bisa melihat dan mengerti tentang proses pertumbuhan kepada kesempurnaan ini, kita tidak bisa mengalami penyempurnaan ini. Harus mengerti lebih dahulu baru bisa ber-buah2 sampai 100 kali ganda Mat 13:23. Elisa harus bisa melihat lebih dulu tentang penyempurnaan Elia, baru ia bisa mengalami pengurapan yang dua kali ganda. 2Raj 2:10. Orang yang bisa mengerti rahasia Allah, ia mendapat karunia mengeti rahasia kerajaan Allah, dan itu dari Tuhan. Sesudah diberi karunia untuk mengerti (itu akan terus ber-tambah2 Mat 13:12), lalu menyusul proses penyempurnaannya!
Orang yang tidak bisa mengerti tetap tinggal di luar Mrk 4:11, apalagi orang yang tidak bisa mengerti kebenaran Allah Mat 13:11, tetapi mengerti pengertian yang sesat, orang itu akan binasa (ini senjata2 setan untuk membuat orang mengerti dan yakin akan pengajaran yang salah dan akan binasa seperti Hawa yang mempunyai dan mengerti pikiran iblis, sebab itu ia  jatuh dan menangis seumur hidupnya!). Betapa pentingnya bisa mengerti rahasia Allah, itu menjadi bagian utama bagi Paulus, sebab ini menentukan pertumbuhannya. Sampai dimana kita mengerti rahasia Allah sampai disitu kita tumbuh 1Sam 14:30. Kita perlu mengerti ber-sama2, sebab kalau tidak bisa bersekutu dengan betul seperti Trinitas Yoh 17:21,23, maka kita tidak akan bisa menjadi sempurna.
 
BAHWA TANGAN TUHAN SUDAH MELAKUKANNYA DAN YANG ESA DAN KUDUS TELAH MENCIPTAKANNYA.
Ini adalah pekerjaan tangan Tuhan, bahkan Dia menciptakannya di dalam kita yang mau sungguh2 menyerah dan taat kepadaNya, itu menjadi seperti Tirai yang dirobek (Gal 6:14 mati dari dunia daging dan jadi milik Allah sepenuhnya Gal 2:20), maka kita akan lagi satu kali mengalami setengah dari penebusanNya, yaitu tebus tubuh dan menjadi sempurna Rom 8:23 (sekarang kita baru mengalami tebus batiniah dan menunggu tebus tubuh Luk 21:28 KJI, Ef 4:30 KJI, TL).
 
KESIMPULAN.
Jangan mengabaikan atau memadamkan kehausan yang dibuat Roh Kudus. Terus diisi dengan kelimpahan Roh Kudus mulai sekarang, supaya kita bisa menikmati kelimpahan Hujan akhir yang akan datang dan masuk dalam rencana kesempurnaan yang mulia.
Orang yang terus memuaskan dirinya dengan anggur dunia seperti Lot, tidak lagi mau minum anggur baru ber-sama2 Abraham, tidak mengalami pengangkatan tetapi tertinggal dan harus mengalami kehausan dan kelaparan sampai jatuh dan tidak bangun lagi, aniaya yang dahsyat dalam zaman Antikris sampai mati, baru bisa selamat. Dahsyat! Jangan sia2kan kehausan yang diberikan Roh Kudus sekarang, kesempatan yang heran ini.
 
Nyanyian:
Semakin mulia Dia mengubahku,
ubahku, ubahku.