YS180 Yes 41:14-16 Cacing kecil yang bermegah2 dalam Tuhan

YS180 Yes 41:14-16 Cacing kecil yang bermegah2 dalam Tuhan
 
YESAYA 41:14-16. CACING KECIL YANG BERMEGAH-MEGAH DI DALAM TUHAN.
 
YES 41:14. JANGAN TAKUT ENGKAU CACING YACOB DAN ENGKAU ORANG-ORANG ISRAEL.
Yakub dan Israel disebut sebagai cacing oleh Allah, itu tidak ber-lebih2, sebab memang manusia itu tidak ada artinya di hadapan Tuhan, seperti cacing Ay 25:6. Baik Yakub yang seorang atau Israel yang sudah jadi satu bangsa, semuanya tetap tidak berarti di hadapan Allah. Bahkan Putra manusia Yesus juga dinubuatkan sebagai cacing dalam Maz 22:6-7 sebab Ia dijadikan rendah dan kecil seperti manusi tetapi Ia sudah selesai menjalaninya untuk menjadi Penebus kita. Dia jadi begitu rendah untuk menanggung dosa manusia. (Cacing juga bisa berarti sebagai hukuman, tetapi dalam konteks ayat2 yang lain, misalnya Yes 14:11; 66:24, Mrk 9:44,46,48).
Meskipun tidak berharga seperti cacing Tuhan menilik akan manusia yang tiada artinya bagi Allah Ay 7:17, Maz 8:5, Ibr 2:6. Allah menilik Israel atau Yakub dan bahkan sekarang untuk semua umat manusia. Allah mengasihi semua mausia dan menebusnya dengan darah Putra Allah yang mahal 1Pet 1:18-19. Semua orangdicintai Allah, seisi dunia Yoh 3:16, bahkan tidak ada yang tidak diharapkan selamat 2Pet 3:9, meskipun kenyataannya tidak semua selamat sebab tidak semua orang mau percaya, sebabhanya mereka yang percaya akan selamat dan setia sampai akhir akan tetap selamat dan diolah makin mulia. Jangan takut! Semua orang yang mau percaya dan taat dalam pengolahan akan tertolong menjadi mulia untuk kekal.
AKU AKAN MENOLONGMU.
Siapa yang ditolong Tuhan. Orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, dia akan
untung sekali, sebab sesuai dengan imannya, ia akan mendapat segala pertolongan dan janji2 Tuhan yang sudah disediakan Tuhan.Gara2 percaya maka kita mendapat untung yang besar dalam menghadapi apa saja, sebab dengan iman kita menerima semua janji2 Tuhan yang besar, baik kesucian, tumbuh, ber-buah2, kemenangan bahkan tumbuh sampai sempurna dalam rencana Allah. Tuhan yang mau menolong kita itu lebih besar dari semua musuh, pencobaan dan apapun juga, yang ada dalam dunia. Sungguh kita mendapat keuntungan yang terlalu amat besar dengan iman kita. Kalau kita mau terus percaya dan bertindak dengan iman sesuai kehendakNya, pasti kita akan melihat keuntungan yang tidak ternilai! Modalnya hanya iman, sebab itu jangan takut. Tentu jangan hanya bertindak dengan iman, sebab kalau tidak ada ketaatan, tanda mujizat dan perkara2 yang ajaib masih bisa jadi dalam batas2 tertentu, tetapi jiwanya binasa Mat 7:23.
Percayalah akan Tuhan, pegang FirmanNya baik2, kita akan mendapatkan pertolonganNya, lebih2 dalam keadaan kritis dan bahaya yang akan datang, Tuhan pasti tolong, tetapi jangan lupa untuk juga taat sampai mati, supaya tidak saja tertolong di dunia tetapi tetap selamat sampai kekal.
 
KATA TUHAN DAN PENEBUSMU, YANG ESA DAN KUDUS ORANG ISRAEL.
Tuhan menebus kita itu dari kehendak Allah sendiri, sebab manusia tidak mengerti dan tidak mengenal siapa yang bisa menolongnya. Memang manusia sepanjang zaman mencari penolong dan penebus, tetapi kalau Tuhan tidak menyatakan diriNya sendiri, tidak akan ada orang sampai kepada Allah. Allah yang mencari manusia selagi dalam dosa dan tidak ada harapan. Rom 5:8, 1Yoh 4:10, Ef 2:5. Ini betul2 kasih (kasih itu yang menghasilkan anugerah, kemurahan, pemberian, karunia dll). Manusia itu seperti cacing, tidak ada harganya dan tidak berdaya, tetapi sesudah dicari, ditolong dan diselamatkan oleh kasih Allah, cacing ini menjadi sangat mulia, bahkan dijadikan seperti Kristus begitu luar biasa. Sebab itu jangan sombong, tetap hidup suci dan rendah hati, dan berubahlah, buang semua tabiat yang lama dan ganti dengan tabiat yang baru dan terus bertumbuh dan menyembah Allah yang kasih dan maha besar, meskipun kita sudah menjadi besar atau sangat mulia. Sebab itu 24 tua2 yang sangat mulia itu melepaskan mahkotanya di hadapan Allah dan sujud menyembah Dia dengan segenap hati dan hidupnya Wah 4:10-11. Jangan lupa kita ini hanya cacing, sebab itu jangan menyombongkan diri, sama sekali tidak pantas dan berubahlah dalam seluruh tabiat kita menjadi seperti Dia pasti bisa kalau mau (tetapi kalau tidak mau, tidak mau pikul salib tidak akan bisa berubah dan terhilang!).
 
YES 41:15. GUNUNG DAN BUKIT AKAN DILUMATKAN SAMPAI LENYAP.
 
LIHATLAH AKU AKAN MEMBUAT ENGKAU MENJADI ALAT PENGIRIK YANG BARU DAN TAJAM, YANG MEMPUNYAI GIGI*
(*Ibrani: mulut)
Biasanya papan pengirik ini untuk mengirik biji2angandum dll. Tuhan membuatnya jadi pengirik yang baru, tajam dan mempunyai gigi sehingga fungsinya menjadi baik dan penuh. Tuhan yang memperlengkapi kita sehingga kita bisa mengerjakan pekerjaan yang sulit2 dengan berhasil. Kita akan diperlengkapi dengan hikmat dan kuasa Allah, dengan karunia2, buah Roh, pembukaan Firman Tuhan dll, sehingga pelayanan jadi berhasil dan ber-buah2.
Ada macam2 alat atau cara yang dipakai Tuhan untuk memperlengkapi kita, bahkan jumlahnya tidak terbatas. Seluruh Alkitab penuh dengan cara kerja ilahi yang heran dan ajaib. Kalau Dia bekerja pasti berhasil bahkan sempurna, sebab Allah maha tahu dan maha kuasa. Ini semua pekerjaan Tuhan, kita hanya menjadi alatNya tetapi Dia yang bekerja di dalam kita, sebab itu hasilnya patutlah untuk kemuliaan namaNya.
 
ENGKAU AKAN MENGIRIK GUNUNG2 DAN MENGHANCURKAN MEREKA DAN AKAN MEMBUAT BUKIT2 SEPERTI SEKAM.
Luar biasa. Biasanya alat pengirik itu hanya mengirik biji2an, tetapi disini dinubuatkan bahwa ia akan mengirik gunung sampai hancur bahkan dilumatkan dan bukit2 sampai hancur seperti sekam, begitu dahsyat. Ini juga dikatakan oleh Tuhan Yesus dalam Mat 17:20, dimana dengan iman kita bisa memindahkan gunung yaitu dengan menghancurkannya sampai lumat dan semuanya masuk dalam laut, habis sama sekali.
Jangan takut menghadapi apapun. Lebih2 pada akhir zaman, tiga Antikris dalam Dan 7 akan muncul sebelum pengangkatan dan mereka akan menganiaya dan menekan Gereja akhir zaman dengan dahsyat. Tetapi Gereja dengan Tuhan di dalamnya tidak akan takut, sebab sekalipun musuhnya sebesar bukit dan gunung, dengan kuasa Tuhan dan dengan iman kita bisa mengalahkannya sampai hancur ber-keping2 dan lenyap. Gereja akan menghadapi semua Antikris danmenang. Tubuh Kristus akan mengalahkannya satu per satu sampai semua dikalahkan dan Gereja masuk dalam kesempurnaan dan diangkat pergi ke tahta Allah (yang sempurna) dan kemudian segenap anggota Gereja akhir zaman ikut dalam pengangkatan.
Bukan saja besok dalam Minggu ke-70 Daniel Gereja akan mengalami kemenangan, tetapi mulai sekarang semua itu sudah bisa dilakukan, sebab ketiga Pribadi Allah sudah ada dalam dunia dan tidak berubah (Allah tidak pernah berubah Ibr 13:8), sebab itu kita sudah harus melatihya mulai sekarang. Hiduplah dengan iman. Semua orang beriman harus mengusahakannya menghadapi segala musuh di dalam dan di luar Gereja, dengan iman mengalahkannya. Jangan takut atau kuatir, belajar dengan iman menghadapinya. Semua anggota tubuh Kristus harus melatih imannya supaya tumbuh jadi besar Mat 8:10,26, jangan tetap kecil sehingga ketakutan dan dikalahkan oleh pencobaan dan iblis. Macam2 bahaya dan kesukaran sudah tampak datang, hadapilah dengan iman yang teguh Mat 17:20-21.
Orang yang berharap pada kekuatannya sendiri itu akan terkutuk Yer 17:5. Rasa2nya ayat ini terlalu keras dan jahat sebab yang tidak bisa berharap dan percaya kepada Tuhan hidupnya akan terkutuk, begitu dahsyat. Tetapi dalam hari2 yang akan datang bahwa hal ini makin lama makin jelas. Orang beriman yang tidak bisa percaya dan harap Tuhan akan betul2 hancur kena dosa dan kejahatan yang makin lama makinganas dan dahsyat. Kita harus melatih terus iman kita supaya makin besar.Hadapi problem2 uang, penyakit, kebutuhan jasmani dan rohani (kebutuhan sukacita, rekreasi dll), pelayanan dll dengan kuasa Allah. Kalau kita terus mengandalkan pikiran, kekuatan manusiawi, ilmu, alat2, uang, backing dsb, hidup bisa jadi celaka dan binasa sebab semua kekuatan manusiawi akan dihancurkan dan dihabiskan oleh dosa dan kejahatan yang datang makin lama makin dahsyat. Sebab itu belajar hidup dengan iman, jangan dengan kekuatan manusiawi, uang, medis, politik, backing dll. Kalau sementara semua ini menolong, baiklah, tetapi harapkan janji2 dan kuasa Allah bekerja. Sebab di akhir zaman, segala pencobaan dan kejahatan yang ganas ini hanya bisa dikalahkan kalau kita bisa berjalan dalam Roh (ligabis) dan bertindakdengan iman. Tidak ada yang mustahil bagi orang yang bisa percaya Mrk 9:23. Minta tambahan iman dari Tuhan Luk 17:5.
Iman kita harus terus ber-tambah2 2Tes 1:3, 2Kor 10:15, Ef 4:13. Darimana iman kita bisa tumbuh? Dari pekerjaan Roh Kudus, Firman Tuhan, persekutuan tubuh Kristus, doa dan pencobaan Ibr 2:10. Jangan kecil hati kalau pencobaan datang, sebab ini perlu untuk melatih iman kita. Hadapi semuanya ber-sama2 Tuhan Yesus (hidup dipimpin Roh) dan bertindak dengan iman, maka iman kita akan makin kuat, siap menghadapi pergumulan atau peperangan yang besar dalam Minggu ke-70 Daniel.
 
YES 41:16. ANGIN BESAR AKAN DATANG.
 
ENGKAU AKAN MENAMPI MEREKA DAN ANGIN AKAN MEMBAWA MEREKA PERGI.
Kita ditampi dengan apa? Dengan angin pencobaan Mat 3:12. Sebab itu jangan heran kalau dalam hidup kita Tuhan mengizinkan angin2 pencobaan datang, supaya kita dilatih untuk tetap setia, tetap cinta Tuhan, tetap taat sekalipun menderita, tetap lekat pada Tuhan untuk bisa menghadapi angin pencobaan ini dan terus dipimpin Roh Hak 3:1. Ada2 saja kesukaran yang datang. Orang yang ingin hidup “ayem lan tentrem” di dalam Tuhan tanpa pencobaan akan kecewa, sebab memang Tuhan sendiri yang mengizinkan semua kesukaran itu datang mengganggu, dan kalau tidak dihadapi dengan betul kesukaran2 itu tidak mau pergi bahkan makin mengganggu dan merugikan. Ini semua untuk melatih iman kita, supaya tumbuh, bisa berjalan dalam Roh, dengan iman 2Kor 5:7.
 
DAN BADAI AKAN MENGHAMBURKAN MEREKA.
Dalam hidup pribadi kita Tuhan akan mengizinkan angin yang makin lama makin besar. Jadi hidup ini bukan makin tenang tetapi makin besar keributan yang datang. Dari angin biasa jadi badai yang makin lama makin dahsyat.Tetapi orang yang menang akan tetap sejahtera. Sejahtera dari Tuhan itu bukan karena tidak ada angin dan badai, tetapi sejahtera di dalam badai, menang dalam pencobaan, kuat dalam kesukaran! Ini adalah hidup pribadi dengan angin yang makin besar, supaya naik kelas dan tumbuh terus.
Di dalam rencana global, Allah juga akan menumbuhkan Gereja sampai masuk dalam kesempurnaan. Sebab itu pencobaan bagi Gereja secara global juga akan makin bertambah. Lebih2 pada akhir zaman, pencobaan Gereja akan terus ber-tambah2 dan puncaknya dalam Minggu ke-70 Daniel yaitu masa penghukuman rumah Allah 1Pet 4:17, kesukaran ini (oleh tiga Antikris yang ganas) jadi penghukuman bagi orang yang jatuh, tetapi tumbuh dengan heran bagi orang2 yang menang! Sebab itu kita harus menang dan perlengkapan kita harus meningkat sehingga iman makin bertambah dan makin kuat untuk mendapatkan kemenangan yang makin besar!
 
DAN ENGKAU AKAN BERSUKACITA DI DALAM TUHAN.
Kita bukan hanya bersukacita di dalam keadaan tenang tanpa pencobaan, tetapi tetap sukacita di tengah2 pencobaan dan badai yang datang. Inilah sukacita yang teruji dari orang2 beriman yang menang waktu ditampi, waktu datang angin dan badai, sukacita kita tidak bisa diambil oleh pencobaan Yoh 16:22; itu terjadi kalau kita menang dalam ujian dan peperangan. Kalau kalah, hancur bahkan bisa mati dalam peperangan. Dalam kesukaran (baik uang, kesehatan, problem, ajaran sesat dan segala macam gangguan) kalau kita menang, ada sukacita yang indah, sukacita kemenangan.
 
DAN AKAN BER-MEGAH2 DI DALAM YANG ESA DAN KUDUS.
Mengapa ber-megah2? Sebab melihat kemenangan yang kita dapatkan itu terlalu besar dan ajaib, di luar kemampuan kita. Sehingga dalam semuanya itu kita ber-megah2 di dalam yang Esa dan Kudus yaitu Tuhan Yesus Kristus. Kalau kita tidak mengerti hal ini akan mudah dan cepat menjadi sombong dan memakainya untuk mencari keuntungan2 daging sebab merasa bahwa semua kemenangan ini dari diri sendiri tetapi akhirnya gugur dan celaka. Tetapi kalau kita mengerti, kita sangat bersukacita dan ber-megah2 di dalam Tuhan, yang Esa dan Kudus, sebab Dialah yang luar biasa, yang melakukan segala kemenangan dan perkara2 besar dan tidak terpermanai jumlahnya ini dalam hidup kita. Kalau kita bisa ber-megah2 di dalam Tuhan 1Kor 1:31 maka kita akan diizinkan mengalami peperangan yang makin besar dan kemenangan yang makin luar biasa sehingga kita bisa makin  ber-megah2 akan Allah yang tidak habis2nya kuasa dan kemuliaanNya.
Jangan ber-megah2 atas diri sendiri. Jangan mencari atau menuntut hormat dan puji dari orang banyak untuk diri sendiri, tetapi bawa semua mahkota (yaitu semuakemegahan dan pujian) menjadi korban yang harum bagi Tuhan yang patut selalu disembah dan dipuji seperti dalam Wah 4:10-11. Tanggalkan semua mahkota yang didapat, taruh di kaki Tuhan dan permuliakan Allah dengan semuanya itu. Inilah orang yang bisa ber-megah2 di dalam Tuhan yang maha suci, Allah yang Esa dan kudus, bukan ber-megah2 dalam diri kita sendiri!
 
 
— fxox
Jadi ber-megah2 di dalam Tuhan (1Kor 1:31, Yes 41:16c), itu berarti:
1. Kagum dan sukacita akan Tuhan yang sudah membuat banyak perkara besar baginy Rom 15:17.
2. Jangan daging ber-megah2 di hadapan Tuhan artinya jangan karena merasa dirinya besar dan sukses Yer 9:23-24, tetapi sadar, bisa melihat dengan jelas bahwa semua yang dibuat dengan berhasil itu dari Tuhan, bukan karena kemampuannya sendiri.
3. Tahu asal usulnya bahwa kita ini cacing belaka, tidak ada artinya di hadapan Tuhan Yes 41:14.
4. Ber-megah2 di dalam Tuhan bukan di hadapan manusia Gal 6:4, sebab dipuji Tuhan itu yang sah 1Kor 10:17,18.
5. Melepaskan mahkota sukses di hadapan Tuhan, sebab yakin bahwa Tuhan yang layak, buka kita sendiri Wah 4:10.
6. Mahkota ini dilepas sendiri atau dilepas orang (dihina, difitnah, di-kata2i, direndahkan), tidak bereaksi dosa, tidak tersinggung, tidak bereaksi dosa tetapi berserah pada Tuhan dan tetap bersyukur sebab yakin kalau Tuhan yang memberi, tidak ada orang yang bisa menyabot, merampas atau mengambilnya, Tuhan yang menjadi panenannya.
7. Dipuji (diberi mahkota) atau dihina (dipaksa untuk melepaskan mahkotanya), sama2 tidak bereaksi dosa, sebab sadar semua dari Tuhan.
8. Tidak memakai sukses ini sebagai kesempatan untuk mencari untung pribadi jasmani atau rohani, tetapi memakai kesempatan ini untuk memuliakan Tuhan dan mem-bagi2 makanan rohani.
9. Tidak menuntut dibedakan dari orang yang tidak berhasil sebab semua ini dari Tuhan.
10. Tidak menuntut puji, hormat, penghargaan dari orang lain sebab bermahkota.
11. Tahu akibatnya kalau sombong atau redah hati mat 23:14 dan ini menjadi pagar di kanan kiri jalannya supaya tetap rendah hati.
 
Tuhan yang angkat dan merendahkan seseorang 1Sam 2:6-7. Memang kita punya andil, sebab kita harus memilih dan taat, tetapi kalau Tuhan tidak mengangkat semua itu akan batal atau segera bubar.
1. Elimelekh pergi ke Moab supaya dapat nafkah. Dengan perhitungan ia betul dan ternyata begitu, bahkan ia bisa mantu dua kali di Moab, tetapi sesudah itu tiga laki2 ini mati, ini bukan kebetulan, tetapi sebab subsidi atau bagian Tuhan ditarik.
2. Nebukadnezar di hadapan Tuhan itu seharusnya mati sebab dosa kesombongannya, dan kejahatan tetapi Tuhan biarkan hidup sebab Ia tahu bahwa Nebukadnezar akan bertobat.
3. Sanherib dan Rabsaki menang terus itu dibiarkan Tuhan, dari Tuhan. Tetapi waktu mereka menghina Tuhan, langsung semua dicabut dan mati semuanya.
4. Kalau Tuhan yang memberi pasti dapat, sukses dan menang.
———————
 
 
KESIMPULAN.
Allah kita luar biasa dan Ia sedang mengolah kita juga menjadi luar biasa seperti Dia sendiri. Rencana Allah ini sungguh2 tidak terhingga.
Yes 41:14. Ia menebus cacing2 yang tidak ada artinya serta menolong dalam pengolahan untuk dijadikan indah seperti diriNya sendiri (bayangkan, membuat dan mengolah cacing2 menjadi sama seperti diriNya sendiri yang maha mulia). Itu rencana dari kasih Allah, yang sudah mengorbankan DiriNya sendiri untuk kita.
Yes 41:15. Kita dijadikan alat pengirik yang baru dan dengan tehnologi ilahi yang tiada batasnya, membuat kita berkemenangan sehingga bisa mengirik gunung dan bukit jadi habis dalam laut kehidupan ini sehingga iman yang dari Tuhan terus bertambah besar. Luar biasa. Rencana Allah itu sungguh tidak terhingga dan mulia untuk kekal.
Yes 41:16. Kita ditampi dengan angin yang makin lama makin besar sehingga jadi badai, puting beliung; rumah dan negeri diterbangkan habis, tetapi kita tetap teguh dan makin kuat, penuh sukacita di dalam Tuhan dan bisa makin ber-megah2 di dalam Tuhan yang maha suci, Tuhan yang esa dan Kudus. Luar biasa!
Sebab itu tinggallah rendah hati, belajar bisa ber-megah2 di dalam Tuhan, lepaskan mahkota yang kita terima di hadapan Tuhan dan permuliakan Tuhan dengan semuanya ini, dan berubahlah  semua tabiat lama berubah menjadi tabiat baru yang ilahi, maka Dia akan menumbuhkan kita sampai pada kesempurnaan seperti Kristus.
 
Nyanyian:
Semakin mulia Dia mengubahku,
ubahku, ubahku.