YS179 Yes 41:11-12 Orang2 yang memarahimu akan binasa

YS179 Yes 41:11-12 Orang2 yang memarahimu akan binasa
 
YESAYA 41:11-12. ORANG-ORANG YANG MEMARAHIMU AKAN BINASA.
 
YES 41:11. LIHATLAH!
Ini luar biasa. Hampir semua orang akan senang kalau musuhnya yang marah2 kepadanya binasa!
1. Hati2 jangan memegang janji ini seperti orang dunia, manusia lama, tetapi seperti Kristus, Allah yang maha suci. Ini bukan untuk memuaskan kebencian kita, sebab benci berartidosa tetapi Allah tidak pernah berdosa. Kalau manusia menghukum seringkali tidak bisa dipisahkan dari kebencian atau melampiaskan kebencian (kecuali Hakim yang menjatuhkan hukuman pda saudaranya yang dicintainya, dan ini seperti Allah, menghukum tanpa dosa). Memang Allah itu kasih dan Hakim, Ia akan menghukum orang yang salah, tetapi bukan sebab benci, bukan sebab dosa, tetapi sebab adil, sama sekali tidak ada dosa atau kebencian pada Allah, tetapi Ia adalah Hakim yang adil. Jangan mengambil atau memegang janji2 Allah sambil hidup dalam dosa, dengan dendam, benci, sentimen dll, nanti menjadi kecewa bahkan kena akibat dosa benci dendam atau sentimen itu. Tetapi pegang janji ini dalam kesucian dan penyerahan kepada Tuhan Rom 12:19.
Sebab itu sekalipun orang itu memarahi kita meskipun kita tidak salah, jangan bereaksi dosa, serahkan pada Allah. Semua janji2 ini dari Allah yang suci untuk orang suci bukan untuk orang berdosa. Kalau seorang hidup tidak benar, ia tidak dibela bahkan dihukum. Juga sekalipun benar tetapi bereaksi dosa, maka ia juga akan kena hukum sebab dosa yang baru timbul itu. Dahsyat!
 
SEMUA ORANG YANG MARAH TERHADAPMU AKAN DIPERMALUKAN DAN TERKUTUK.
Janji ini untuk orang2 beriman yang hidup suci, anak2 Allah, bukan untuk orang2 berdosa yang dikuasai iblis. Jangan pegang janji ini untuk melampiaskan kebencian dan sakit hati pada orang2 yang menjahati kita, sebab dengan demikian janji Firman Tuhan ini tidak berlaku bagikita; sebab untuk orang dosa dan anak2 iblis Tuhan tidak punya janji dan tidak akan memberlakukan ayat ini.
Jadi kita harus tetap hidup benar (sekalipun dimarahi, di-kata2i, difitnah dll) dan bereaksi seperti Kristus yaitu sesuai Firman Tuhan dan dipimpin Roh.
Cara Tuhan mempermalukan itu banyak, dari perkara2 kecil seperti suku2 Israel yang mau merebut hak orang Lewi dan Harun (tongkatnya tidak berubah, hanya itu saja akibatnya, mereka tidak terkena hukuman Bil 17:8), bisa juga dipermalukan sampai mati, tenggelam di daratan seperti semua keluarga Korah, Datan, Abiram Bil 16:25-30. Dahsyat. Ini tergantung dari dosa2 dan kekerasan hati mereka, dipermalukan itu bisa dahsyat!
Sebab itu jangan kita membalas, sebab Allah sebagai Hakim akan menjatuhkan hukuman yang adil dan itusangat dahsyat Rom 12:19. Sekalipun dalam Wasiat Lama (mata ganti mata, gigi ganti gigi) Musa tidak membalas orang2 yang berbuat jahat kepadanya bahkan mendoakan dan memintakan ampun misalnya Kel 32:11. Apalagi dalam Wasiat Baru dimana Tuhan menyuruh mengampuni dan memberkati musuh Mat 5:43-48. Mengapa beberapa orang yang marah dan menjahati orang2 Kristen, tidak mengalami hukuman Allah seperti dalam ayat ini? Sebab:
1. Belum waktunya Pkh 8:11.
2. Orang Kristen yang dijahati, ia sendiri bereaksi dosa sehingga dua pihak ada dalam dosa dan sebab itu dikuasai iblis, diadu, sama2 pahit dan celaka. Jangan bereaksi dosa dan jangan pakai ayat ini untuk memuaskan kebencian dalam hati, mengharapkan celaka musuhnya nanti jadi celaka kedua pihak!
 
MEREKA AKAN MENJADI BUKAN APA2.
Sebagian dari orang yang memarahi kita itu hidupnya jadi sia2, semua gagal dan tidak menjadi apa2, sebab yang mengangkat dan membuat sukses itu ditentukan oleh Allah selain oleh orang itu sendiri (usaha orang itu sendiri baru berhasil kalau Allah yang adil itu setuju dan membenarkannya) 1Sam 2:7-8. Semua jadi gagal dan hidupnya sia2, baik dalam hal2 jasmani dan rohani! Sebab itu jangan seenaknya memarahi orang yang tidak salah. Sebab itu kalau kita hidup benar tetapi dimarahi dll jangan takut, Tuhan akan membela kita. Jangan bereaksi dosa dan belajar terus dipimpin Roh, jangan bertindak sendiri apalagi dalam kedagingan. Orang2 yang melawan dan marah2 pada orang beriman yang tidak salah, ia akan menjadi sia2, tidak menjadi apa2.
 
DAN MEREKA YNG BER-BANTAH2 DENGAN ENGKAU AKAN BINASA.
Kalau kita benar, maka apa yang dibuat orang kepada kita, itu perbuatannya kepada Tuhan 1Sam 2:10, bahkan menjamah biji mata Tuhan Zak 2:8. Jadi orang yang ber-bantah2 dengan orang yang dipihak Tuhan, yang benar dan orang itu tidak bereaksi dosa, maka itu berarti orang itu ber-bantah2 dengan Tuhan dan ia akan dibinasakan kelak, baik disini, dalam dunia apalagi dalam neraka dan tasik api, sangat dahsyat. Sebab itu orang beriman jangan ber-bantah2, kalau orang itu tidak mau dinasehati atau diajarkan kebenaran Firman Tuhan atau ditunjukkan kesalahannya, serahkanlah kepada Tuhan, biar Roh Kudus sendiri yang menjelaskan dan membukakan mata hatinya supaya sadar. Kalau tetap tidak mau dan terus ber-bantah2, berhentilah, jangan ber-bantah2. Kita hanya menasehati, memberi pengertian dan menyampaikan kebenaran Firman Tuhan, seperti orang menabur benih, biar Tuhan dan memang hanya Tuhan yang bisa menumbuhkan benih2 Firman Tuhan itu. Mrk 4:26-27, sebab itu sesudah menabur (menasehati, menerangkan, menjelaskan), orang itu tetap tidak mau mengerti, serahkan selanjutnya dalam tangan Tuhan. Orang beriman, sidang jemaat Tuhan bukanlah orang yang suka ber-bantah2, apalagi dengan emosi, bernafsu dan dengan kebencian, itu bukan dari Tuhan 1Kor 11:16. Sebab itu jangan marah, jangan ber-bantah2, jangan berkelahi sendiri, serahkan pada Tuhan, yang penting hidup benar dan memperkenankan Tuhan, jangan bereaksi dosa dan tetap hidup benar dalam pimpinan Roh Kudus, maka Tuhan yang akan membereskan semuanya dan kita akan mengalami perkara2 yang baik dan beruntung Rom 8:28, tetapi orang yang marah2 dan melawan kita akan tidak jadi apa2, sia2, kosong, celaka, terkutuk dan binasa!
 
YES 41:12. ENGKAU AKAN MENCARI MEREKA DAN TIDAK MENDAPATKANNYA.
Begitu dahsyat akibatnya kalau seorang mengganggu apalagi menyalahkan dan memerangi orang benar, sekalipun orang beriman itu kecil dan tidak berarti, lebih baik kalau ia dikalungi batu kilangan dan ditenggelamkan dalam kedalaman laut. Mat 18:6.
Jangan berani sembarangan pada orang yang
 
 
orang kecil dan biasa. Sebab itu Daud tidak berani sembarangan pada siapapun meskipun orang kecil seperti Simei. 2Sam 16:5-7 dst. Orang2 yang melawan orang benar, sekalipun mereka orang kecil dan tidak berarti, itu melawan Allah dan mereka akan dibinasakan atau dihabiskan sehingga tidak menjadi apa2, bahkan binasa!
 
BAHKAN MEREKA YANG BER-BANTAH2 DENGAN ENGKAU.
Jangan punya sifat suka ber-bantah2, itu celaka. Kadang2 kalau seorang menjadi sombong, merasa pintar dan cerdik, ini mendorong orang suka ber-bantah2 sebab bersandar kepadakepintarannya dan ingin menang. Jangan ber-bantah2 tetapi menabur (sandar pada pekerjaan Roh Kudus yang menyadarkan dan mencelikkan orang, sebab itu perlu terus berdoa dan penuh pengurapan dalam kesucian).Orang yang yakin dan tidak ingin ber-bantah2, melainkan menabur akan menghindari perbantahan; cukup dengansharing atau menasehati dan memberitahu kepadanya, dan sisanya itu Tuhan yang akan menumbuhkan benih2 kebenaran Allah yang sudah kita tabur.
 
MEREKA YANG MEMERANGI, MELAWAN ENGKAU AKAN MENJADI BUKAN APA2, SEPERTI BARANG YANG TIDAK ADA.
Ini orang2 yang lebih jahat, yaitu memerangi orang2 beriman yang tidak salah! (Perang itu untuk membunuhnya!). Orang perang itu biasanya lebih jahat dan kejam, tidak tahu kasihan, bahkan berusaha untuk membunuhnya.
Akibatnya luar biasa, selain menjadi bukan apa2 seperti dalam ayat 11 juga menjadi seperti barang yang tidak ada padahal ada. Dahsyat! Yudas yang sudah lahir, sudah ada, bahkan jadi murid Tuhan, lalu “memerangi” (untuk membunuhNya) Tuhan Yesus (Yudas ini gambaran dari Antikris), ia jadi celaka besar. Lebih baik kalau ia tidak dilahirkan, meskipun faktanya sudah dilahirkan Mat 26:24.
Apa artinya? Dahsyat. Ini orang yang lahir sia2, sebab keras hati dalam dosanya, tidak mau bertobat, bahkan melawan Kristus, mereka akan dihukum dengan dahsyat. Ini nasibnya Antikris dan orang2 yang membunuh Kristus dan tubuhNya dengan segala cara, mereka akan hidup dengan sia2. Ini pilihan mereka, sekalipun sudah mengerti, sudah percaya, sudah tahu akibatnya, tetapi mereka tetap memilih untuk memerangi Tuhan dan GerejaNya. (Antikris adalah orang2 yang sempurna dosanya seperti iblis, sudah percaya pada Tuhan dan mengerti tetapi berontak, melawan dengan sengaja (sebab sudah mengerti) bahkan sudah penuh Roh Kudus tetapi kemudian berbalik dan melawan Kristus atau tubuhNya. Saul sudah penuh Roh Kudus, tetapi kemudian memarahi Daud dan kemudian memeranginya untuk membunuhnya. Lebih baik kalau ber-bantah2 dan memerangi orang besar dan kuat, mereka bisa melawan (sehingga mungkin musuhnya takut), daripada memerangi kanak2 dan orang2 yang tidak bisa melawan itu dahsyat! Mat 18:6-7.
 
YES 41:13. AKU TUHAN ALLAHMU MEMEGANG TANGAN KANANMU.
 
SEBAB AKULAH TUHAN ALLAHMU.
Tuhan kita itu Allah. Bapa juga adalah Tuhan dari Tuhan Yesus dan Roh Kudus, Tuhan Yesus dan Roh Kudus adalah Tuan kita juga. Tetapi Tuhan Yesus dan Roh Kudus juga adalah Allah kita. Merekalah Allah yang maha kuasa. Jangan kuatir. Kalau kita taat pada Tuan kita, maka Tuan kita akan bertindak sebagai Allah yang maha kuasa! Musa taat pada Tuannya yaitu Tuhan, maka Tuhan bertindak sebagai Allah yang maha kuasa dan celakalah semua musuhnya, baik orang2 di dalam dan orang2 di luar, sebab Allah yang maha kuasa itu bisa mencapai dan menghukum siapa saja!
 
AKAN MEMEGANG TANGAN KANANMU.
Dalam Yes 41:10 Tuhan memapah kita dengan tangan kanan kebenaranNya. Ini tangan kanan Allah yang berarti:
1. Penuh kemurahan bagi yang salah, Tuhan Yesus berdoa syafaat baginya 1Yoh 2:1, Rom 8:34. (Ada dosa tidak langsung dihukum, sebab Tuhan Yesus berdoa syafaat bagi kita).
2. Harus selalu benar atau segera kembali hidup benar.
3. Ada berkat dua kali ganda, berkat sulung lebih dari tangan kiri Kej 48:13-14, 17.
Sekarang yang dipegang adalah tangan kanan kita. Tangan kanan itu biasa lebih kuat dari tangan kiri.
 
 
Ini berarti kita hidup benar dan hidup dengan sungguh2, erat memegang tangan Allah Maz 73:23. Jangan pegang tangan Allah dengan ragu2, atau dengan lemah, tidak sungguh2, tetapi dengan segenap hati dan sungguh2 maka Dia akan menyertai kita dengan se-penuh2nya sesuai dengan iman dan kesungguhan kita.
Pegang Allah dengan sungguh2 itu berarti hidup dalam kebenaran, melakukan kehendak Allah dan sungguh2 berharap kepada Tuhan, maka kita akan mengalami kemenangan yang besar dengan Tuhan.
 
DAN BERKATA KEPADAMU: “JANGAN TAKUT, AKU AKAN MENOLONG KAMU,
Ber-ulang2 Tuhan berkata jangan takut (menurut perhitungan ada 365 kali jangan takut dalam Alkitab) sangat bayak untuk segala macam problem kita dalam segala sikon.
Bagaimana ini bisa terjadi? Kalau:
1. Kita hidup benar. Tuhan tidak akan menolong orang yang bersalah, itu tidak adil! 1Pet 4:12.
2. Tuhan menolong orang yang mau bekerjasama, sejalan dengan Dia, terus dipimpin Roh melakukan kehendak Tuhan. Menurut kehendak sendiri mungkin tidak salah, tetapi yang terbaik adalah mengerti dan menurut kehendak Allah. Menurut kehendak sendiri meskipun tidak bersalah (hidup benar), tetapi yang terbaik dan paling efektif kalau kita hidup menurut kehendak dan cara2 Allah, itu yang paling tepat dan paling indah, hidup kelas 1, sebab Allah yang tahu semuanya dan lengkap!
3. Tuhan menolong pada waktunya, yaitu waktu dari Tuhan, bukan waktu kita! Pkh 3:11. Perhitungan Tuhan tidak pernah salah. Mungkin kita belum cukup menderita (belum cukup diolah) maka Tuhan biarkan, belum ditolong, sebab itu melatih dan mengolah kita. Misalnya Yusuf tertolong betul sesudah kurang lebih 21 tahun menderita. Lama? Ya! Tetapi itu tepat pada waktunya. Sesudah waktu yang panjang ini Yusuf betul2 sudah siap menerima perkara2 yang paling besar tanpa jatuh dalam dosa! (Juga Putra manusia Yesus harus diolah cukup lama, 3,5 tahun dalam pelayanan, baru boleh keluar pelayanan Luk 3:23).
 
YES 41:14. JANGAN TAKUT ENGKAU CACING YAKUB.
 
er� ucl�� � >6. Tekun dalam ibadah, lebih2 di akhir zaman jangan dikurangi, malah ditambah Ibr 10:25.
 
7. Tekun dalam pelayanan, pekerjaan Tuhan ber-sama2 dalam tubuh Kristus yaitu memberitakan Injil untuk memenangkan jiwa dan saling menumbuhkan.
Kalau kita memenuhi bagian kita, Tuhan akan selalu beserta kita maka kita akan terus menang. Rom 8:31, 1Yoh 4:4. Kita bisa hidup lebih dari pemenang dengan Tuhan Yesus Rom 8:37. Hidup dalam pawai kemenangan 2Kor 2:14. Kalau kita disertai Tuhan (sebab mau taat dipimpin Roh sesuai Firman Tuhan) maka hasilnya akan luar biasa, tidak terbatas Maz 60:14.
Orang yang takut atau kuatir itu berarti ada yang tidak beres, mungkin tidak disertai Tuhan atau tidak percaya bahwa Tuhan di dalamnya itu lebih dari cukup. Kita harus percaya. Kalau takut perlu periksa diri, kalau tidak ada salah berdoalah terus dalam Roh dan hidup benar sampai ada sejahtera, takut hilang dan ada keberanian dari Tuhan sambil menunggu pimpinan Roh lebih lanjut.
 
JANGANLAH BIMBANG, KARENA AKULAH ALLAHMU.
Orang yang bimbang akan janji Tuhan jadi ketakutan waktu menghadapi problem, sebab itu jangan bimbang, jangan ragu2, pegang janij2 Tuhan meskipun belum melihat pertolongan Tuhan.
 
Kalau Allah beserta kita itu pasti luar biasa. Siapa Allah, tahukah kita?
Supaya jangan bimbang, 7 KPR harus selalu didapatkan yaitu Firman Tuhan (kumpul dan makan manna setiap hari, dikerjakan sendiri, masing2 di rumahnya. Kalau terus berjalan dalam Roh, RohKudus akan selalu mengingatkan kita ayat yang tepat, istimewa dalam problem Yoh 14:26. Juga Firman Tuhan ekstra yang kita baca, dalam kebaktian dsb) dan berdoa selalu dalam Roh kebenaran, paling sedikit hubungan baik dipelihara tanpa stop 1Tes 5:10,17. Kita juga bisa minta nasehat dan doa dari tubuh Kristus (gembala dan saudara2 seiman). Kalau kita hidup dalam kesucian dan mau taat, semua akan berjalan lancar dengan kemenangan. Dosa dan pikiran yang salah itu yang membuat banyak kekacauan dan kekalahan.
 
AKU MENGUATKAN ENGKAU.
Menjadi kuat itu indah. Ingat Yes 40:31 selalu kuat, tidak loyo atau lemas, selalu penuh gairah dan hasilnya juga terus limpah dan itu dibawa untuk kekal! Sebab itu jangan takut, asal jangan putus hubungan dengan Tuhan terus menerus (lustrasi: kalau listrik jalan terus, maka kipas, AC, lampu dll jalan terus. Segera listrik berhenti, semua juga berhenti dan kacau). Begitu kita harus pelihara hubungan dengan Tuhan, jangan bereaksi dosa (sikap, pikiran, bicara, perasaan hati dll) dan terus di ril Tuhan, ini lebih mudah kalau terus dipimpin Roh (kuncinya berjalan dalam Roh terus menerus, adalah berdoa dalam Roh terus menerus, ingat tiga bagian dari berdoa non stop 1Tes 5:17). Betapa indah kalau kuat terus, tidak lelah, tidak loyo, pelihra 7 KPR baik2, kita akan kuat terus sekalipun banyak beban pekerjaan, pelayanan, problem dan serangan2 dari iblis, dengan Tuhan kita akan kuat dan menang.
 
YA, AKU AKAN MENOLONG ENGKAU.
Kalau Tuhan tolong pasti berhasil dan menang, tanpa kecuali sebab Allah tidak pernah gagal, sebab itu jangan berjalan sendiri tetapi terus dipimpin Roh memperkenankanNya, maka hasilnya akan sangat indah! Kalau tidak berhasil, kita harus menyelidiki apakah kita masih di jalan Tuhan. Jalan Tuhan bisa “gagal” seperti Daniel masuk goa singa, Sadrakh, Mesakh, Abednego masuk api, baru sesudah itu tampak bahwa Allah tidak pernah gagal, sebab Dia mempunyai rencana yang indah di dalam kita.
 
YA, AKU AKAN MEMAPAH ENGKU DENGAN TANGAN KANAN KEBENARANKU.
Orang yang dipapah itu lemah atau sakit. Kalau toh kita mengalami kelemahan kita akan dipapah (up hold) sehingga dipulihkan dan menjadi kuat lagi seperti biasa dan berkemenangan.
Mengapa tangan kanan? Di kanan Allah ada Tuhan Yesus yang terus berdoa syafaat 1Yoh 2:1, Rom 8:34. Dengan tangan kanan berarti lebih besar, dua kali ganda, misalya Kej 48:13-14,17. Seharusnya Manasye yang sulung menerima dua kali ganda tetapi ternyata Efraim yang ditaruh di tangan kanan. Ini hak dan berkat anak sulung. Kalau Tuhan terus berjalan dengan kita, kita bisa mengalami berkat sulung, menjadi jemaat sulung yaitu masuk dalam kesempurnaan Ibr 12:23. Begitu heran, orang yang berjalan dengan Tuhan akhirnya bisa menjadi sempurna. Jangan lupa hidup ber-sama2 Allah dalamkebenaranNya yang selalu ada pada Allah. hilang.
 
KESIMPULAN.
Yes 42:7. Kesukaran yang akan datang makin dahsyat.
Yes 42:8. Tetaplah jadi hambaNya, bahkan kemudian menjadi sahabat dan mempelainNya, terus meningkat.
Yes 42:9. Kita sudah dipilih dan tidak akan dibuangnya, tergantung dari kita sendiri.
Yes 42:10. Tidak bimbang atau takut kalau terus jalan dengan Tuhan bahkan mendapat berkat tangan kanan kebenaranNya, yaitu akhir dari berjalan dengan Tuhan akan menjadi sempurna seperti Kristus.
 
Nyanyian: Yes 41:10
Janganlah takut karna Akulah sertaMu.