YS178 Yes 41:7-10 Jangan takut menghadapi musuh top yg akan datang.

YS178 Yes 41:7-10 Jangan takut menghadapi musuh top yg akan datang.
 
YESAYA 41:7-10. JANGAN TAKUT MENGHADAPI MUSUH TOP YANG AKAN DATANG!
 
YES 41:7. TUKANG KAYU DAN PANDAI EMAS.
 
MAKA TUKANG KAYU MENDORONG PANDAI EMAS (= PENDIRI) DAN IA YANG MENGHALUSKAN DENGAN PALU, IA YANG MEMUKUL LANDASAN TEMPA, KATANYA SUDAH SIAP UNTUK PENSOLDERAN, LALU IA MELEKATKANNYA DENGAN PAKU SUPAYA JANGAN BERGERAK.
Tentang apa ini? Dalam ayat berikutnya Tuhan berkata tentang Israel, benih Abraham yang dipilih dan Israel tidak perlu takut menghadapi semuanya; maka kita mendapat kesimpulan bahwa ayat 7 ini tentang orang2 yang menakuti Israel, musuhnya. Juga  ayat 7 disambung dengan ayat 8 dengan kata: “tetapi”, ini lebih meneguhkan supaya Israel jangan takut terhadap musuh yng dikatakan dalam ayat 7 ini. Dalam ayat ini ada 4 macam orang yaitu:
1. Tukang kayu.
2. Ahli pandai emas.
3. Orang yang menghaluskan dengan palu.
4. Orang yang memukul di atas landasan penempaandan ada dua ikatan untuk melekatkan yaitu dengan solder dan paku.
(Kayu = kedagingan, kemanusiaan.
Emas = Kemuliaan dan kesukaan dunia ini dengan segala macam kemuliaan yang fana lainnya.
Palu = Tekanan dan pukulan yang kuat sehingga orang2 takut oleh ancaman2 dosa dan kejahatan ini. Macam2 kejahatan dan kesadisan memalu manusia).
Semua ini secara jasmani mengancam Israel. Mereka bersatu dengan kuat dengan solder dan dipaku.
Ini menceritakan dengan berhala2 orang kafir dan Yakob adalah benih dari Abraham yang dipanggil keluar dari antara penyembah2 berhala, untuk percaya dan menyembah Allah yang hidup. Penyembah2 berhala itu  membuat patung2 berhalanya oleh tukang kayu dan disalut dengan emas oleh pandai emas dan semua diikat sampai kuat dengan solder dan dengan paku2 dll.
Ini berhala2 perbuatan manusia yang dahsyat, baik patung2 maupun berhala2 mammon yang dahsyat (memberi kesukaan dosa dan dunia yang limpah) dengan segala budaya2 Sodom yang limpah dengan dosa kekejian, perzinaan, kebencian, pembunuhan, juga penuh dengan berhala2 tehnologi dengan komputer2 yang canggih menyeret banyak orang dalam pergaulan dunia dan dosa limpah dengan dosa Sodom Gomora yang sangat jahat di hadapan Allah. Semua ini menyerang umat Tuhan, tetapi jangan kuatir. Bagaimanapun hebatnya serangan2 ini asal kita tetap di dalam Tuhan, dalam kesucian, dengan taat dan tulus melakukan FirmanNya, apalagi dengan pengurapan dan penyertaan Roh Kudus, kita akan menang menghadapi semua musuh, berhala2 modern seperti komputer zaman sekarang ini sungguh tidak terpikir dalam zaman yang lalu. Ini semua membuat budaya Sodom begitu dahsyat yang se-olah2 akan menenggelamkan Gereja dan umat Tuhan. Ini membuat ikatan2 yang sangat kuat seperti disolder (dipatri) dan juga dengan paku2 sehingga lekat sekali, begitulah manusia diikat dengan budaya dosa yang mencengkeram semua orang kecuali orang2 yang mempunyai Kristus dalam dirinya, baru bisa lepas dan bebas, merdeka dari semua ikatan2 dosa yang limpah ini.
Ini yang sekarang, belum lagi di hari2 yang akan datang, tidak bisa dibayangkan betapa dahsyat serangan2 pada umat Tuhan (kerusakan karena tehnologi, senjata2 pemusnah, juga kerusakan akibat internet dengan hubungan globalyang begitu dahsyat). Memang tehnologi itu ada faedahnya juga tetapi akibat kejahatannya jauh lebih dahsyat (zaman dahulu tidak ada pesawat terbang, komputer, internet dll, tetapi  hidup masih bisa berjalan mulus. Ada satu golongan orang yang mau tetap hidup cara kuno supaya tidak kena pengaruh tehnologi yaitu: orang2 Amish, tetapi mereka tidak akan menang hanya dengan lari dari dunia modern).
Apalagi musuh2 di hari2 yang akan datang lebih dahsyat dalam perzinaan, dalam kesadisan, dalam kemewahan, dalam bertuhankan perut, dalam uang, dalam kebencian, dalam pembunuhan, narkotik dsb (data penjara, Direktorat jendral pemasyarakatan September 2013 ada 55.650 orang dalam penjara karena kasus psikotropika (narkoba) 30.644 tergolong bandar dan 25.006 karena penggunaan atau penyalahgunaan narkotika. Ini sekarang, belum hari2 esok yang jalan makin cepat,mengerikan!). Satu kasus narkoba dihukum di Surabaya 1 tahun, oleh MA dinaikkan hukumannya jadi 20 tahun, tgl 21 Oktober 2013 dalam koran kompas 22 Oktober 2013. Tidak bisa dibayangkan bagaimana kejahatan dan dosa akan naik sampai puncak2nya dalam hari2 yang akan datang, lebih2 dalamMinggu ke-70 Daniel. Kita harus  betul2 bersedia Mat 24:42, selalu penuh dan dipimpin Roh, memakai selengkapsenjata Allah dan bersatu dalam tubuh Kristus, jangan berkelahi, baik dalam Gereja dan antara Gereja. Mereka yang berontak dan melawan seperti Korah dkk atau seperti Hofni Pinehas, serahkan pada Tuhan saja, biar Tuhan yang menghukumkan sendiri, sebab kita harus bersatu menghadapi dunia yang akan datang yang terlalu jahat dan keji yang tidak bisa kita bayangkansekarang. Sebab itu belajar betul2 berjalan dengan Tuhan seperti ligabis supaya bisa tahan menghadapi segala macam kejahatan dan kekejian dan ajaran2 sesat, dosa dan kejahatan, tehnologi dan occultisme. Hanya kalau Tuhan benar2 ada dalam hidup kita terus menerus seperti ligabis, kita bisa tahan menghadapi semuanya ini.
 
YES 41:8. HAMBAKU YANG SUDAH KUPILIH.
 
TETAPI ENGKAU ISRAEL, HAMBAKU, YAKUB YANG SUDAH KUPILIH, BENIH ABRAHAM, SAHABATKU.
Ini menjadi kunci untuk bisa ditolong Tuhan yaitu:
1. HAMBAKU.
Kita harus selalu taat pada Tuhan yang menjadi Tuan kita. Taat dipimpin Roh Kudus yang menjadi Tuan kita (Yes 11:1 Roh Tuhan Kis 5:4; 8:39, Luk 4:18. Belajar mahir dipimpin Roh sebagai Tuan kita. Begitu pula Firman Tuhan adalah Tuan kita, hidup selalu dicocokkan dengan Firman Tuhan. Maz 119:105.
Ini cara hidup Putra manusia Yesus yang selalu lolos dari bahaya jasmani dan rohani, menang atas segala pencobaan yang sangat dahsyat, sebab taat dipimpin Roh Luk 4:1,18, Mat 4:1.
2. SUDAH KUPILIH.
Kita dipilih Tuhan bukan karena ditentukan Tuhan, tetapi karena Tuhan sudah tahu lebih dahulu Rom 8:29 TL, KJI! Allah itu adil. Kalau kita mau taat dengan tulus dengan segenap hati, Allah tahu lebih dahulu, sesudah itu barukita dipilih untuk hal2 yang indah, besar dan menang terus sampai akhir bahkan sampai sempurna. Ini tergantung dari ketulusan dan kesungguhan kita untuk sungguh2 memilih Tuhan dan Roh Kudus sebagai Tuan kita Luk 12:57, Yes 24:10.
3. BENIH ABRAHAM.
Ini orang2 yang berjalan dengan iman, benih dari Abraham bapa orang percaya Rom 4:11. Kita harus bisa berjalan dengan iman, jangan dengan kuatir atau ragu2 Yak 1:6-7 baik dalam keuangan, dalam kesukaan dan rekreasi dll, percayalah bahwa kesukaan Tuhan lebih dari kesukaan dunia Yoh 4:14. Juga dalam hidup suci, dalam melakukan kehendak Tuhan dan lain2nya, kerjakan semua dengan iman lebih daripada dengan akal dan kekuatan sendiri.
4. SAHABATKU.
Tumbuhlah terus sehingga bukan lagisebagai hamba yang taat, tetapi juga sebagai sahabat yang bisa tahu semua rahasia firman Tuhan Yoh 15:5. Mengenal, mengerti rahasia Firman Tuhan membuat kita tidak takut atau kuatir, tetapi berani dan tidak ragu2 bertindak dengan iman, sehingga kemenangan makin limpah Mat 13:23, sebab semua sudah dinyatakan Allah dalam SabdaNya. Tumbuhlah terus dalam rahasia pengertian Firman Tuhan 2Pet 3:18. Jangan hanya sebagai hamba, tetapi meningkat sebagai sahabat dan akhirnya sebagai mempelai, kasihnya penuh kepada Tuhan, dari hamba (taat) menjadi sahabat (tahu rahasia Firman Tuhan) dan akhirnyamenjadi mempelai, kasihnya menjadi sempurna.
 
YES 41:9. DIPILIH DAN TIDAK DIBUANG.
 
ENGKAU TELAH KUAMBIL DARI UJUNG2 BUMI DAN YANG KUPANGGIL DARI ORANG2 UTAMA* DAN BERKATA KEPADAMU, ENGKAU ADALAH HAMBAKU, AKU TELAH MEMILIH ENGKAU DAN TIDAK MEMBUANGMU.
(* Terj.Baru: Dari penjuru2nya; Terj.Lama: bangsa2 yang termulia; Green,Modern: It’s sides; NIV:Farthest region; Young: near place, Darby: The extremities).
 
DARI UJUNG2 BUMI.
Injil diberitkan sampai ujung2 bumi Kis 1:8 dan sesudah percaya, mereka semua diambil dan dikumpulkan Tuhan dari ujung2 bumi, dari mana?
Dari antara orang2 yang utama, sebab kita menjadi lebih dari yang utama, mulia sampai kekal, yaitu mereka yang mau percaya kepada Tuhan Yesus.
 
ENGKAU ADALAH HAMBAKU.
Ini yang khas, mau taat sebagai hamba kepada Tuhan Yesus Kristus. Ketaatan itu yang  utama sehingga kita bisa tumbuh di dalam Kristus.
 
AKU TELAH MEMILIH ENGKAU.
Kita dipilih di dalam Kristus Ef 1:4, semua yang mau percaya pada Tuhan Yesus itu dipilih untuk menjadi mulia kekal, sangat mudah dan cuma2 asal sungguh2 mau percaya. Begitu indah Tuhan memilih kita bukan ditentukan oleh Tuhan tetapi sebab Ia tahu lebih dahulu kesungguhan dan ketaatan kita Rom 8:29.
 
DAN TIDAK MEMBUANGMU.
Kalau kita sudah termasuk orang pilihan, itu indah. Sebab banyak yang dipanggil tetapi sedikit yang dipilih Mat 22:14. Tuhan ingin memanggil dan memilih semua orang, tetapi tidak semua mau, bahkan mereka menganiaya dan membunuh orang2 yang memanggilnya Mat 22:6. Ajaklah semua orang, sebab ini kehendak Allah atas kita, beban dan tanggungan kita. Kalau kita tidak mau bicara dan menerangkan Injil keselamatan ini pada orang2 di sebelah kita, itu berarti garam yang tidak asin, akan di-injak2, nasib yang celaka! Mat 5:13. Sebab itu beritkanlah injil Tuhan kepada semua orang yang kita temui dengan kasih Kristus Luk 10:27. Tuhan tidak pernah membuang orang yang percaya, kecuali Ia sendiri membuang dirinya karena berkeras hati di dalam dosa. Kalau kita mau taat dengan tulus, jangan kuatir, Ia sanggup menyelesaikan keselamatan dan pertumbuhan ini sampai ke akhir Pil 1:6, Ibr 7:25. Meskipun dosa dan kejahatan meningkat sampai puncak, Allah kita lebih besar dan Ia pasti sanggup menyelamatkan kita sampai ke akhir asal kita percaya dan taat, tidak menurut dunia tetapi menurut Tuan kita yaitu Roh Kudus dan Firman Tuhan. Apapun yang terjadi Tuhan sanggup menyelamatkan kita jasmani dan rohani sampai ke akhir. Ini tergantung dari kita, sebab dari Allah, Ia tidak membuang kita!
 
YES 41:10. JANGAN TAKUT TUHAN JAMINAN KITA.
 
JANGANLAH TAKUT KARENA AKULAH SERTAMU.
Asuransi harus dibayar dengan premi hanya untuk kerugiannya, tetapi kalau kita tinggal dalam Kristus seperti carang dalam pokok, maka Dia menjadi jaminan kita untuk mencegah segala kerusakan dan bisa tumbuh sampai sempurna.
Supaya semua janji2 Allah berlaku dalam hidup kita, perhatikan baik2 bagian kita yaitu tetap tinggal dalam Kristus. Ingat 7 KPR (Kebutuhan Pokok Rohani) antara lain:
1. Terus memikul salib di jalan sempit, jangan di jalan lebar.
2. Hidup suci dipimpin roh.
3. Pelihara persekutuan tubuh Kristus supaya kita jangan lepas dan ikut membina tubuh Kristus.
4. Tumbuh dalam Firman Tuhan (juga Perjamuan Suci) karena tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan dan terus taat.
5. Doa tanpa stop dalam Roh dan kebenaran.
6. Tekun dalam ibadah, lebih2 di akhir zaman jangan dikurangi, malah ditambah Ibr 10:25.
7. Tekun dalam pelayanan, pekerjaan Tuhan ber-sama2 dalam tubuh Kristus yaitu memberitakan Injil untuk memenangkan jiwa dan saling menumbuhkan.
Kalau kita memenuhi bagian kita, Tuhan akan selalu beserta kita maka kita akan terus menang. Rom 8:31, 1Yoh 4:4. Kita bisa hidup lebih dari pemenang dengan Tuhan Yesus Rom 8:37. Hidup dalam pawai kemenangan 2Kor 2:14. Kalau kita disertai Tuhan (sebab mau taat dipimpin Roh sesuai Firman Tuhan) maka hasilnya akan luar biasa, tidak terbatas Maz 60:14.
Orang yang takut atau kuatir itu berarti ada yang tidak beres, mungkin tidak disertai Tuhan atau tidak percaya bahwa Tuhan di dalamnya itu lebih dari cukup. Kita harus percaya. Kalau takut perlu periksa diri, kalau tidak ada salah berdoalah terus dalam Roh dan hidup benar sampai ada sejahtera, takut hilang dan ada keberanian dari Tuhan sambil menunggu pimpinan Roh lebih lanjut.
 
JANGANLAH BIMBANG, KARENA AKULAH ALLAHMU.
Orang yang bimbang akan janji Tuhan jadi ketakutan waktu menghadapi problem, sebab itu jangan bimbang, jangan ragu2, pegang janij2 Tuhan meskipun belum melihat pertolongan Tuhan.
 
Kalau Allah beserta kita itu pasti luar biasa. Siapa Allah, tahukah kita?
Supaya jangan bimbang, 7 KPR harus selalu didapatkan yaitu Firman Tuhan (kumpul dan makan manna setiap hari, dikerjakan sendiri, masing2 di rumahnya. Kalau terus berjalan dalam Roh, RohKudus akan selalu mengingatkan kita ayat yang tepat, istimewa dalam problem Yoh 14:26. Juga Firman Tuhan ekstra yang kita baca, dalam kebaktian dsb) dan berdoa selalu dalam Roh kebenaran, paling sedikit hubungan baik dipelihara tanpa stop 1Tes 5:10,17. Kita juga bisa minta nasehat dan doa dari tubuh Kristus (gembala dan saudara2 seiman). Kalau kita hidup dalam kesucian dan mau taat, semua akan berjalan lancar dengan kemenangan. Dosa dan pikiran yang salah itu yang membuat banyak kekacauan dan kekalahan.
 
AKU MENGUATKAN ENGKAU.
Menjadi kuat itu indah. Ingat Yes 40:31 selalu kuat, tidak loyo atau lemas, selalu penuh gairah dan hasilnya juga terus limpah dan itu dibawa untuk kekal! Sebab itu jangan takut, asal jangan putus hubungan dengan Tuhan terus menerus (lustrasi: kalau listrik jalan terus, maka kipas, AC, lampu dll jalan terus. Segera listrik berhenti, semua juga berhenti dan kacau). Begitu kita harus pelihara hubungan dengan Tuhan, jangan bereaksi dosa (sikap, pikiran, bicara, perasaan hati dll) dan terus di ril Tuhan, ini lebih mudah kalau terus dipimpin Roh (kuncinya berjalan dalam Roh terus menerus, adalah berdoa dalam Roh terus menerus, ingat tiga bagian dari berdoa non stop 1Tes 5:17). Betapa indah kalau kuat terus, tidak lelah, tidak loyo, pelihra 7 KPR baik2, kita akan kuat terus sekalipun banyak beban pekerjaan, pelayanan, problem dan serangan2 dari iblis, dengan Tuhan kita akan kuat dan menang.
 
YA, AKU AKAN MENOLONG ENGKAU.
Kalau Tuhan tolong pasti berhasil dan menang, tanpa kecuali sebab Allah tidak pernah gagal, sebab itu jangan berjalan sendiri tetapi terus dipimpin Roh memperkenankanNya, maka hasilnya akan sangat indah! Kalau tidak berhasil, kita harus menyelidiki apakah kita masih di jalan Tuhan. Jalan Tuhan bisa “gagal” seperti Daniel masuk goa singa, Sadrakh, Mesakh, Abednego masuk api, baru sesudah itu tampak bahwa Allah tidak pernah gagal, sebab Dia mempunyai rencana yang indah di dalam kita.
 
YA, AKU AKAN MEMAPAH ENGKU DENGAN TANGAN KANAN KEBENARANKU.
Orang yang dipapah itu lemah atau sakit. Kalau toh kita mengalami kelemahan kita akan dipapah (up hold) sehingga dipulihkan dan menjadi kuat lagi seperti biasa dan berkemenangan.
Mengapa tangan kanan? Di kanan Allah ada Tuhan Yesus yang terus berdoa syafaat 1Yoh 2:1, Rom 8:34. Dengan tangan kanan berarti lebih besar, dua kali ganda, misalya Kej 48:13-14,17. Seharusnya Manasye yang sulung menerima dua kali ganda tetapi ternyata Efraim yang ditaruh di tangan kanan. Ini hak dan berkat anak sulung. Kalau Tuhan terus berjalan dengan kita, kita bisa mengalami berkat sulung, menjadi jemaat sulung yaitu masuk dalam kesempurnaan Ibr 12:23. Begitu heran, orang yang berjalan dengan Tuhan akhirnya bisa menjadi sempurna. Jangan lupa hidup ber-sama2 Allah dalamkebenaranNya yang selalu ada pada Allah. hilang.
 
KESIMPULAN.
Yes 42:7. Kesukaran yang akan datang makin dahsyat.
Yes 42:8. Tetaplah jadi hambaNya, bahkan kemudian menjadi sahabat dan mempelainNya, terus meningkat.
Yes 42:9. Kita sudah dipilih dan tidak akan dibuangnya, tergantung dari kita sendiri.
Yes 42:10. Tidak bimbang atau takut kalau terus jalan dengan Tuhan bahkan mendapat berkat tangan kanan kebenaranNya, yaitu akhir dari berjalan dengan Tuhan akan menjadi sempurna seperti Kristus.
 
Nyanyian: Yes 41:10
Janganlah takut karna Akulah sertaMu.