YS177 Yes 41:1-6 Orang benar dari Timur

YS177 Yes 41:1-6 Orang benar dari Timur
YESAYA 41:1-6. ORANG BENAR DARI TIMUR.
 
YES 41:1. DATANG KEPADA PENGHAKIMAN.
 
DIAMLAH DI HADAPANKU, O PULAU2 DAN BIARLAH ORANG2 MEMPERBARUI KEKUATANNYA; BIARLAH MEREKA DATANG DEKAT, LALU BIARLAH MEREKA BICARA. BIARLAH KITA DATANG DEKAT BER-SAMA2 UNTUK BERHUKUM.
Siapakah “Aku” di sini? Dalam Yes 41:4 dikatakan bahwa Akulah Tuhan, yang awal dan yang terakhir. Jadi Aku disini adalah Tuhan.
Berdiam di hadapan Tuhan itu akan memperbarui kekuatan kita Yes 30:7,15.
Lebih2 untuk menghadapi akhir zaman, kita perlu banyak duduk diam, berdoa dan belajar Firman Tuhan, bersekutu dengan Tuhan. Jangan hanya berdoa, tetapi juga belajar Firman Tuhan supaya jangan pikiran kita terbang ke mana2 dalam pikiran dan dunia kita sendiri, tetapi masuk dalam pikiran Allah. Kita tahu pikiran Tuhan dari Firman dan Roh Kudus sehingga pikiran Kristus dimasukkan dalam kita sehingga kita mempunyai pikiran Kristus 1Kor 2:10,16. Yoh 16:13. Juga jangan hanya belajar Firman Tuhan tetapi juga berdoa dalam Roh dan kebenaran, maka ada persekutuan yang erat dengan Tuhan, sambil ber-cakap2, masuk dalam pikiran Kristus, bahkan pikiran Kristus (dari FirmanNya). Jadi duduk diam di hadapan Tuhan itu persekutuan yang erat dalam kesucian dengan Tuhan (kalau dalam dosa, tidak bisa bersekutu, kontakpun tidak bisa). Dalam persekutuan ini adalah kekuatan kita. Dalam menghadapi begitu banyak kasus dan kesukaran, tetapi dengan duduk diam2, semua bisa diatasi karena kita lekat dengan Tuhan 1Kor 6:17, sebab kuasa Tuhan di dalam kita itu lebih besar dari siapapun dan apapun dalam dunia 1Yoh 4:4.
Datanglah dekat dengan Tuhan dan berbicaralah, Tuhan mau mendengar. Nyatakan segala isi hati kepada Tuhan Pil 4:6. Tuhan itu baik dan akan mendidik kita, asal kita mau menurut. Roh Kudus akan mengingatkan ayat2 jawaban permintan atau kasus kita. Biar kita membicarakan masalah kita kepada Tuhan. Yang penting miliki telinga, sikap dan kelakukan seperti murid Yes 50:4, yaitu mendengar baik2, ber-tanya2 dan selalu taat seperti murid taat pada gurunya, maka problem kita akan segera selesai. Tetapi dengan sikap seperti penonton apalagi pemberontak, maka orang ini akan dihakimi dan pasti ia yang salah dan dihukum, sebab Tuhan tidak pernah salah! Miliki persekutuan yang manis dan akrab dengan Tuhan dan taat seperti murid pada gurunya, maka makin lama kita akan bertumbuh menjadi seperti Sang Guru yaitu Kristus Mat 10:24. Duduk diam di bawah kakiNya dalam doa dan meditasi Firman Tuhan ini akan menjadi kekuatan, kesukaan dan kemenangan kita sampai masuk dalam kemuliaanNya.
 
YES 41:2. ORANG BENAR DARI TIMUR.
 
SIAPAKAH YANG MEMBANGKITKAN ORANG BENAR DARI TIMUR, MEMANGGILNYA KEPADA KAKINYA?
Siapakah orang ini yang dibangkitkan dan datang dari Timur? Ini seperti dalam Yes 63:1-2. Orang yang datang dari Timur (dari Edom) dan bajunya terpercik dengan darah seperti keluar dari anggur? Tidak lain ini adalah Putra manusia Yesus yang mati di atas Salib, memikul dan menebus dosa semua manusia. Edom itu adalah orang2 dosa dan letaknya di Timur Israel, Dia datang dari Timur dari antara orang2 berdosa di sebelah Timur. Dari Timur Ia pergi ke Barat. Juga dalam Kemah Suci, ia mulai dari permulaan yaitu dari Pintu Gerbang dan naik di atas Mezbah menebus dosa manusia dan terus berjalan ke Barat untuk membukakan jalan, menjadi jalan bagi orang2 yang sudah ditebus dan mau taat, ikut dalam jalanNya sampai akhirnya masuk dalam kesempurnaan di Barat yaitu sampai di Tabut. Memang ini jalannya Putra manusia Yesus dari permulaan di Timur sampai datang dalam kesempurnaan di Barat.
Kalau semua sudah selesai, maka Ia menundukkan diriNya kepada BapaNya yang sudah menaklukkan segala sesuatu kepadaNya sebagai Putra manusia. Bapa dan Roh Kudus yang menolong Putra manusia Yesus untuk menang, bahkan tumbuh terus sampai sempurna, menjadi jalan bagi semua orang yang ditebusnya Yoh 14:6 dan yang mau tat sampai akhir, juga akan masuk dalam kesempurnaan, lewat jalan yang sudah dibuatNya, yang belum pernah dijalaniNya, semua ini dilakukan untuk menolong orang2 yang sudah ditebusNya.
 
MEMBERI BANGSA2 DI HADAPANNYA.
Seluruh bangsa diberikan kepadaNya. Tuhan Yesus sudah menang, ber-sama2 dengan GerejaNya. Pada waktu permulaan sampai ke seluruh dunia Mat 24:14 maka bangsa2 dimenangkan Maz 2:1-2,8. Segala bangsa dimenangkan bagi Kristus dan kemuliaan segala bangsa dibwa masuk dalam kerajaan Surga Wah 21:26. Segala bangsa, tetapi segala bangsa yang melawan dihakimi dalam neraka kekal, namun segala bangsa yang percaya dan taat akan masuk dalam kerajaan Surga.
Kemuliaan bangsa2 ini adalah korban, sengsara, penderitaan dari orang2 yang mau menyelamatkan segala bangsa, mau pergi ke segala bangsa, mau mencintai dan berkorban untuk mereka (bahkan beberapa sampai mati) untuk menyelamatkan mereka. Semua penderitaan, sengsara untuk mencapai segala bangsa ini adalah kemuliaan segala bangsadi hadapan Allah. Inilah sengsara karena Kristus untuk segala bangsa, menjadi kemuliaan bangsa2 Rom 8:17,18. Seringkali ada kebencian rasial, tetapi orang2 yang menang itu sudah membuangnya menjadi percintaan rasial (antar bangsa) dan inilah kemuliaan di hadapan Allah. Sebaliknya dari kebencian rasial orang yang punya kasih Kristus, mempunyai kasih rasial.
Kadang2 dari cerita, koran, kasus2, kebencian ini ditaburkan iblis, sebab itu jangan beri tempat, tetapi biarlah kasih Kristus memenuhi hati kita, lebih2 dalam konteks kebencian rasial turun temurun. Kita harus menang sehingga ada kasih antara suku bangsa.Jangan dinajiskan, boleh cerdik tetapi tetap tulus dengan kasih Kristus.
 
DAN MEMBUATNYA MEMERINTAH RAJA2.
Inilah Raja dari raja, yaitu Raja segala raja, yang memerintah segala raja2 Wah 19:16. Tentu Tuhan Yesus tidak memerintah raja2 yang jahat, raja dalam dosa, beraja di hati yang masuk neraka, sebab sesudah kedatanganNya dan kiamat, hubungan dengan neraka habis, putus sama sekali Yes 65:17, 2Tes 1:9. Tetapi kitalah raja2 (dan imam2 di hadapanNya) dan Tuhan Yesus tetap Raja di atas kita, raja2 di hadapan Alalh. Raja2 yang jahat masuk neraka dan raja2 yang benar dan suci masuk Surga dan Tuhanlah Raja di atas segala raja. Kita tetap tunduk kepada Kristus dan Kristus kepada BapaNya. 1Kor 11:3. Kita tetap punya pemimpin dan raja, sangat indah, meskipun kita sendiri juga pemimpin dan menjadi raja2 atas seluruh Surga Bumi Baru.
 
IA AKAN MEMBERINYA DEBU PADA PEDANGNYA DAN SEPERTI JERAMI YANG DIUSIR DARI BUSURNYA.
Dalam Yes 40:15 bangsa2 di dunia ini di hadapan Tuhan seperti satu tetes air dalam timba dan pulau2 seperti debu, tidak berarti di hadapan Tuhan Pencipta semesta. Begitu pula seluruh dunia, bangsa2 yang melawan Allah, sekalipun besar dan dahsyat, mereka itu seperti debu pada pedangNya, belum sampai ditusuk atau dipotong, sudah tidak ada artinya. Juga seperi jerami yang terbang pergi, diusir dari busurnya, belum sampai di panah atau tidak perlu memanahkan satu batang panahpun dan mereka sudah kalah 2Raj 19:32. Belum perang sudah menang besar. Debu dan jerami cukup diusir oleh angin. Dalam perang dunia, Harmagedon, Gog dan Magog dan yang akan datang, dalam beberapa banyak peperangan di seluruh dunia, jangan takut, Tuhan sanggup menyelamatkan kita.
Gereja tidak akan kalah atau bangkrut, tetap menang dan jaya sebab Tuhan Yesus tidak pernah kalah sampai pengangkatan. Baru sesudah itu Gereja akan kalah oleh Antikris Wah 13:7 dan dibinasakan semua tanpa ampun. Sebab itu apapun yang terjadi, naik turun, kalah menang menurut ukuran dunia atau siapapun, jangan kecil hati dan takut. Asal di pihak Tuhan, lekat dengan  Tuhan kita pasti menang dan berkemenangan!
 
YES 41:3. JALAN YANG BELUM PERNAH DILALUINYA.
 
IA MENGEJAR MEREKA, DAN LEWAT DENGAN SELAMAT, BAHKAN DI JALAN YANG BELUM PERNAH DILALUI DENGAN KAKINYA.
Jalan kemenangan yang dibuat Tuhan Yesus adalah jalan baru, yang belum pernah dilalui atau dilakukannya sebagai Putra manusia. Sebagai Allah, Ia maha kuasa Ia tidak pernah gagal atau kalah, tetapi sebagai Putra manusia Yesus, keadaanNya lain. Ia sudah lahir dan mati (sebagai manusia, sebagai Allah tidak akan pernah bisa mati, kurang sehatpun tidak mungkin) tetapi Ia bangkit sesudah 3 hari. Luar biasa! Ia menjalani jalan yang tidak pernah dilalui sebagai Allah dan sebagai Putra manusia, Ia melewatinya dengan kemenangan,mengalahkan musuhNya dan selamat. Yoh 14:6. Jangan takut menghadapi apapun dan siapapun. Sebab Tuhan di dalam kita sudah punya kemenangan resmi dan sempurna. Kalau kita taat kepadaNya, kita juga akan mengalami kemenangan yang sempurna bahkan bisa sampai di Barat (Tabut), jadi sempurna seperti Kristus, Dia sudah menyelesaikan dengan sempurna, juga kita akan menyelesaikannya, sampai musuh ada di bawah kakiNya yaitu kaki2 tubuhNya = Gereja yaitu umat Tuhan. Kita juga akan menang seperti Dia.
 
YES 41:4. YANG PERTAMA DAN YANG TERAKHIR.
 
SIAPAKAH YANG MELAKUKAN DAN MEMBUATNYA, MEMANGGIL SEMUA GENERASI DARI PERMULAANNYA?
Siapakah yang sudah mengerjakan semuanya ini? Allah yang maha kuasa. Sebelum dunia ini diciptakan semua sudah selesai, sebab Allah itu maha kuasa, maha tahu dan luar biasa, maha besar. Sebelum semuanya jadi Ia sudah jadi pemenang sampai terakhir.
Sebab itu jangan takut atau kuatir. Apa yang tertulis dalam Alkitab, kalau kita percaya, itu sudah menjadi kemenangan kita! Percayalah akan Firman Tuhan. Alkitab itu bukan hanya buku nubuatan, tetapi kebenaran yang mutlak, penuh Yoh 17:17. Percayalah dan pegang baik2, tentu dengan syarat2Nya (tinggal dalam Kristus, sesuai dengan Firman Tuhan dengan tulus dst), maka kita akan mengalami kemenangan yang sudah dibuat Allah sebelum dunia ini dijadikan Ef 1:4, 1Kor 2:7, 2Tim 1:9, Tit 1:2, Wah 13:8. Allah tahu lebih dahulu, bukan menentukan lebih dahulu Rom 8:27. Semua kemenangan ini tidak otomatis tetapi tergantung dari kita. Kalau kita mau dan percaya, pasti jadi dan Allah sudah tahu lebih dahulu apa yang akan kita putuskan dan bagaimana akhirnya tetapi bukan ditentukan lebih dahulu. Kalau tidak mau taat, pikul salib dan tekun dipimpin Roh, akan gugur dan Tuhan juga tahu lebih dahulu. (Kadang ini terlalu tinggi untuk pikiran manusia, tetapi Allah tidak pernah menentukan yang jahat bagi seseorang, Ia hanya tahu lebih dahulu). Luar biasa, percayalah dengan bulat hati dan taat, pasti menang. Tetapi yang ragu2 dan cinta dunia, tidak tulus akan kalah dan binasa.
 
AKULAH TUHAN YANG AWAL DAN DENGAN YANG TERAKHIR, AKULAH DIA.
Dialah Tuhan Yesus dengan Bapa dan Roh Kudus. Kita belum tahu semua rahasia Trinitas, tetapi itu tidak mempengaruhi. Semua yang kita perlukan untuk selamat dan tumbuh sampai sempurna sudah diberikan Tuhan, Dia tidak pernah salah dan kurang menyediakan, percayalah Ul 29:29. Dia yang awal, yang permulaan dari segala permulaan, dan yang terakhir, tetapi ini bukan berarti Allah akan berakhir sebab Dia kekal. Tetapi Allah itu kekal dan kita tetap ada ber-sama2 Dia sampai kekal.
Mulanya tidak ada siapa2, hanya Allah. Bahkan mula2 semuanya, keTiganya jadi satu; kalau Anak keluar dari Bapa, juga Roh Kudus datang dari Bapa, tetapi keTiganya kembali menjadi satu. Dari 1 menjadi 3, kembali menjadi 1 itu rahasia Allah. Tetapi pada permulaannya kita belum ada, tetapi pada akhirnya sudah ada putra2 Allah, Gereja, yaitu tubuh Kristus dan Dia akan ada ber-sama2 GerejaNya yaitu umat Tuhan sampai se-lama2nya, sampai ke akhir. Tidak ada orang bisa mengakhiri Allah, Allah selalu mengakhiri siapa saja, Allah masih ada untuk kekal.
 
YES 41:5. UJUNG2 BUMI MENDEKAT DAN DATANG DENGAN TAKUT AKAN TUHAN.
 
PULAU2 MELIHATNYA DAN TAKUT. UJUNG-UJUNG BUMI TAKUT, MENDEKAT DAN DATANG.
Pulau2 ini dihubungkan dengan bangsa2 di seluruh dunia, sampai ujung bumi. Allah itu Pencipta ujung2 bumi, Ia tidak lelah atau loyo, tidak kehabisan akal Yes 40:28. Orang yang takut akan Allah Sang Pencipta, datang mendekat sebagai anak2Nya dan terpelihara. Bukan datang mendekat untuk melawan dan perang, tetapi untuk membalas kasihNya dan bersukacita di dalam Tuhan. Orang yang takut dengan betul itu menjauhkan diri dari dosa dan kejahatan dan mendekat Tuhan Ams 16:6. Begitulah kita mendekat dan datang kepada Tuhan, sebab takut akan Tuhan dengan tulus bukan dengan alasan hanya untuk membenarkan diri sendiri tetapi dengan tulus dan itu berarti mendekat dengan Tuhan, itu untung besar dan menang terus Rom 8:31.
 
YES 41:6. JADILAH KU.
 
MASING2 MEREKA MENOLONG TETANGGANYA DAN SETIAP ORANG BERKATA KEPADA SAUDARANYA, JADILAH KU.
Dekat dengan Tuhan kita dipenuhi dengan kasihnya. Orang yang berkata cinta Tuhan tetapi tidak cinta tetangga dan saudaranya itu pembohong 1Yoh 4:20. Orang yang dekat dan cinta Tuhan itu juga mencintai orang2 di sekitarnya dan membawa mereka menjadi anak2 Allah Luk 10:27 (melahir barukan Gal 4:19). Dan sesudah menjadi anak2 Allah, maka mereka menjadi saudara2 kita di dalam Tuhan, kita bersekutu dan menjadi satu di dalam Kristus 1Kor 12:12.
Kalau kita mau bersekutu dengan betul, baik dengan tetangga kita (dengan melahirbarukannya) lalu dengan saudara2 kita, maka kita akan menjadi kuat. Kita tidak bisa kuat betul kalau sendirian, tetapi jadi kuat kalau bersatu di dalam Kristus, sebagai anggota2 tubuhNya satu beranggotkan yang lain Rom 12:5. Mengapa tidak bisa jadi kuat sendiri (terus lemah)? Sebab:
1. Sendiri berarti tidak sesuai dengan Firman Tuhan. Kita harus mengasihi orang sekitar kita, baik orang berdosa (sampai bertobat) dan orang2 beriman, bersekutu dengan betul, baru dengan demikian kita menjdi kuat. Ini kehendak Tuhan, jadi kuat kalau bersatu dengan manis dalam Kristus. Mulai dari suami istri, keluarga, kelompok kecil, Gereja dan tubuh Kristus global.
2. Orang yang tidak bisa bersekutu itu ada sesuatu yang salah dan harus diperbaiki atau bertobat dari kesalahan itu, yaitu tidak suka, benci, sombong (= tidak membutuhkan) jengkel, benci, dendam dsb. Orang seperti ini lemah, iblis bekerja di dalamnya. Tetapi kalau kita bisa saling mengampuni dan bersekutu dalam terang, itu persekutuan yang manis, kita menjadi kuat, terus menang dan diberkati Tuhan sebab Dia terus berserta. Sebab itu saling menolong karena kasih Kristus (ini tulus, terang dan benar) sehingga bisa bersekutu dan terus menjadi kuat di dalam Kristus.
 
n”,� |i”�� � ack’>2. Menunggu pimpinan Tuhan. Orang yang sungguh2 percaya dan menunggu Tuhan, tidak akan berbuat apa2 kalau Tuhan tidak memberi komando atau pimpinan. Kadang2 Putra manusia Yesus harus menunggu sebab belum ada pimpinan, misalnya Yoh 8:6. Juga Elisa tidak diberitahu apa2 oleh Tuhan, waktu perempuan Sunami datang kepadanya 2Raj 4:27, sebab itu terpaksa Elisa harus menunggu. Tuhan tidak pernah keliru menyuruh kita menunggu lambat atau cepat, semua ada perhitungan yang tepat supaya:
 
1. Kita siap sedia untuk bisa mentaati pimpinanNya.
2. Keadaan yang tepat untuk Tuhan bertindak! Sebab itu kalau belum ada pimpinan (berarti harus menunggu) maka berdoalah dalam Roh dan hidup benar, jangan ada dosa, terus berdoa dalam bahasa lidah sampai datang waktunya Tuhan beri pimpinan. Jangan emosi, marah, menurut daging. Sekalipun orang atau keadaannya menjengkelkan, jangan terpancing untuk berkata atau bertindak sendiri, nanti gagal dan kalah. Orang yang bicara jahat, maki2 (itu berarti sudah berdosa) atau emosi, pasti celaka, sebab itu bukan dari Tuhan, Tuhan tidak memimpin untuk berbuat dosa, dan Tuhan tidak besertanya. Sebab itu tunggu dan untuk menunggu kita harus menyangkali daging, jangan bereaksi sendiri, jangan emosi, marah, tamak dll, tetapi mutlak tunggu Tuhan.
Kalau Roh Kudus sudah bicara, kita akan mengerti, yakin dan ada sejahtera, dalambertindaklah (atau berkata) sesuai pimpinan Roh Kudus. Hasilnya akan sempurna penuh kemenangan dan kemuliaan Allah turun.
 
AKAN MEMPERBARUI KEKUATANNYA.
Kekuatan kita jadi baru, bukan kekuatan sendiri, tetapi kekuatan dari Allah. Misalnya waktu Daud  menghadapi Goliat, Simson menghadapi singa atau musuh lain, ia menunggu Roh Kudus turun atasnya. juga Daniel, Elia, Elisa dll. Bisa menunggu dan mendengar suara Tuhan dan taat, itu membuat kita menjadi luar biasa.
 
MEREKA AKAN MENDAKI NAIK DENGAN SAYAP RAJAWALI.
Bukan memakai kekuatan sendiri tetapi dengan sayap rajawali yang berari kemampuan ilahi Kel 19:4. Ini luar biasa. Mengapa Tuhan memakaiburung rajawali? Ay 42:30-33. Ini orang yang hidupnya tinggi dalam kesucian, tidak bisa dijamah oleh dosa2 atau cara hidup duniawi tidak bisa dijamah oleh banjir dosa se-olah2 sudah tidak mungkin lagi berdosa. Ia bisa melihat mangsanya dari jauh, pasti kena. Mata rohaninya tajam, dari jauh ia sudah tahu segala tipu daya iblis dan lepas dengan aman, bahkan juga dalam pikirannya ia juga tetapsuci. Inilah orang2 yang makan tubuh dan minum darah bersekutu dengan Tuhan dengan sangat erat menjadi satu 1Kor 6:16 dalam Perjamuan Suci Yoh 6:56, Pil 1:21, Gal 2:20. Orang2 ini akan tumbuh pesat dan melakukan hal2 yang besar sebab selalu lekat dengan Tuhan Yes 60:14.
Merekalah yang kuat menghadapi kedatangan Tuhan yang dahsyat Luk 17:37 (saat pengangatan itu dahsyat sekali, orang yang tidak bersedia, tidak akan tahan). Tetapi orang2 yang punya sayap burung rajawali bisa tahan bahkan ikut pengangkatan, mungkin sebagian menjadi sempurna. Naik dengan sayap burung rajawali, luar biasa.
 
MEREKA AKAN LARI DAN TIDAK MENJADI LELAH, MEREKA AKAN BERJALAN DAN TIDAK LEMAS.
Jalan tidak lemas, lari tidak lelah tetapi kuat terus. Bukan main, jalan atau lari tetap kuat dan berkemenangan. Orang seperti ini tidak akan lemah, lemas dan tidak berdaya tetapi kuat terus dan selalu berkemenangan.
 
KESIMPULAN.
Ada waktunya Gereja dan umat Tuhan akan mengalami goncangan yang besar, istimewa dalam Minggu ke-70 Daniel (3,5 tahun sebelum pengangkatan). Tetapi orang2 yang seperti ini, yang mau dan bisa menunggu Tuhan akan bisa tahan bahkan tumbuh dengan luar biasa dengan sayap rajawali dan akan menang, ikut pengangkatan.
Allah Bapa adalah Pencipta yang luar biasa, taatlah kepadaNya. Belajar taat sehingga perbuatan kita tetap di jalan Nya dan pikiran, angan2 kita cocok dengan Tuhan, Tuhan tahu.
Di dalam Tuhan tidak ada lemas (loyo), lelah atau kehabisan akal sampai putus asa, sebab Tuhan yang memberi kekuatan dan kuasa bagi orang yang sungguh2 mau taat dengan tulus. Kekuatan dan kemampuan manusia terbatas tetapi Tuhan tidak terbatas, sebab itu tunggu Tuhan sampai Ia bicara, kita mendengar dan taat betul2, maka kita akan menjadi kuat seperti Putra manusia Yesus, maka dengan sayap burung rajawali kita akan naik tanpa lemas, atau lelah atau kehabisan akal, tetap segar, kuat, lekat dengan Tuhan sehingga kuat menghadapi kedatangan Tuhan yang dahsyat sampai tumbuh dengan ajaib dan menang, ikut pengangkatan.
 
Nyanyian:
Tunggu dan berdoa dalam RohNya
Tunggu sampai dengar suaraNya.
Dengan pimpinanNya bertindak dengan taat
Trus menang dengan hikmat kuasaNya.
 
;co�F#ba��`�
 
1. Umur kita dalam tangan Tuhan, pergunakan baik2 seperti arti rohani dari tanda waktu dari Hizkia, sehingga kita sekarang sudah tumbuh dalam kesucian Tuhan dan besok tumbuh dalam rencana kesempurnaan Allah.
2. Orang yang mau taat seperti Hizkia, Tuhan akan sanggup menumbuhkannya dalam rencana Allah. Juga sekalipun ada kekurangan kecil (atau besar) asal bertobat kembali sungguh2, Tuhan sanggup memulihkan dan menumbuhkan dalam rencana Allah yang mulia.
 
Nyanyian: Gal 2:20.
Hidupku bukannya aku lagi,
tapi Kristus dalam ku.