YS170 Yes 40:10-15 Tuhan yang maha besar menyelesaikan rencanaNya

YS170 Yes 40:10-15 Tuhan yang maha besar menyelesaikan rencanaNya
 
YESAYA 40:10-15. TUHAN YANG MAHA BESAR MENYELESAIKAN RENCANANYA.
 
YES 40:10. TUHAN DATANG DENGAN PAHALANYA.
 
LIHATLAH, TUHAN ALLAH DATANG MELAWAN TANGAN YANG KUAT, DAN LENGANNYA AKAN MEMERINTAH BAGINYA.
Ini kedatangan Tuhan yang mana. Tuhan datang hanya dua kali yaitu yang I dan II. Yang I di Betlehem, yang ke II dalam 2 tahap yaitu pengangkatan di awan2 dan kedatangan II di atas bumi. (Perbedaan 2 tahap ini sangat nyata benar, sebagai “Pencuri” dan sebagai Raja segala raja. Karena Ia datang dengan pahala, itu berarti kedatangan yang kedua yang terdiri dari 2 tahap. Ini keadaan yang dahsyat sebab:
A. Bagi Gereja itu sukacita yang besar yaitu bagi orang2 yang cinta Tuhan, yang sudah menunggu dalam kesucian dan kerja keras dipimpin Roh dalam Hujan akhir. Semua bekerja keras untuk tumbuh sampai se-tinggi2nya untuk mengambil andil dalam penyelesaian rencana Allah. Ini hari yang di tunggu2, Maranatha 1Kor 16:22, Wah 22:20. Kita akan menerima pahala dan mahkota kita dari Tuhan, suatu kemuliaan yang kekal.
B. Untuk dunia. Ini juga dahsyat, dan juga terdiri dari dua tahap yaitu tahap I, antikris akan datang lebih dahulu dan mengakhiri seluruh negara2 dunia, semua dikuasai pemerintahan Antikris, tetapi Gereja tetap menang atas Antikris dan menjadi ajaib Wah 12:1. Sesudah pengangkatan baru Antikris berkuasa penuh di seluruh dunia, menjadi kerajaan dunia yang sangat gelap dan kotor. Iblis, Antikris berkuasa penuh atas seluruh dunia dan orang2 yang ada termasuk orang Kristen yang tertinggal. Sesudah Antikris berkuasa penuh selama 1260 hari. Baru sesudah itu Tuhan Yesus datang tahap II Tuhan Yesus datang mengalahkan seluruh dunia yang memberontak pada Allah di bawah Antikris dan Tuhan Yesus sebagai Raja di atas segala raja akan menang Wah 19:11-21. Seluruh bumi yang sudah dikuasai Antikris dikalahkan dan habis, juga antikris, iblis dan nabi palsu dengan semua pengikutnya dibinasakan semua, sangat dahsyat tetapi hanya dalam sekejab 2Tes 2:8. Tangan yang kuat dari Antikris (yang terdiri dari 4 binatang Dan 7) akan dikalahkan. Tiga Antikris pendahulu dikalahkan oleh tubuh Kristus yaitu Gereja Hujan akhir dan Antikris yang ke-4, yang sesungguhnya akan dimusnahkan oleh Tuhan Yesus sendiri dengan nafas mulutNya dan dibinasakan dengan cahaya kedatanganNya. 2Tes 2:8. Allah adalah pemenang, tidak mungkin dan tidak pernah kalah, begitu juga orang2 yang ada Allah di dalamnya dan dikendalikan, dipimpin Roh Allah akan jadi pemenang, bahkan lebih dari pemenang Rom 8:31,37.
 
LENGANNYA AKAN MEMERINTAH BAGINYA.
Siapa lenganNya? Gereja akhir zaman. Dalam Kerajaan 1000 tahun Ia sendiri akan memerintah dengan tongkat besi, tetapi sebelum Dia datang, Dia tetap memerintah di bumi lewat tubuhNya yaitu tubuh Kristus global dalam kemuliaan dan kuasa yang besar. Pada waktu ini Gereja atau tubuh Kristus global akan tumbuh kepada kesempurnaan, bersatu di seluruh dunia (sebelumnya tidak mungkin, baru sesudah bisa bersatu Gereja akan tumbuh dengan cepat kepada kesempurnaan Yoh 17:21-23. (Orang yang tidak bisa bersatu dengan betul tidak akan ikut rencana penyempurnaan Gereja, tidak bisa ikut dalam persekutuan tubuh Kristus, tidak bisa ikut pengangkatan, apalagi menjadi sempurna harus bisa bersekutu. Dalam Kasih dan kesucian ilahi 1Yoh 1:7. Ini Gereja Hujan akhir yaitu orang2 atau anggota tubuh Kristus global akhir zamanyang tumbuh dengan cepat dalam 3,5 tahun kepada kesempurnaan. Musuh yang kuat yaitu tiga Antikris pendahulu akan dikalahkan oleh Gereja, kita tetap menang, Gereja tidak akan kalah atau bangkrut sampai pengangkatan. Baru sesudah pengangkatan, Gereja yang tertinggal akan dikalahkan Antikris yang sesungguhnya (binatang yang ke-4), tetapi hanya untuk 1260 hari, tetapi semua mati dalam aniaya yang paling besar Mat 24:21.
Ini hari2 yang luar biasa, kita harus bersedia dengan kerja keras dipimpin Roh untuk siap masuk dalam pertempuran besar dan terakhir bagi Gereja. Jangan menunggu kedatangan Tuhanseperti orang menunggu kereta api dengan bergurau dan main2. Tetapi dengan sungguh2 ikut serta dalam proses penamatan rencana Allah, yaitu dalam persekutuan tubuh Kristus global (kalau lokal saja tidak bisa bersekutu dengan baik, apalagi global!) dan penggenapan 3 angka kedatangan Tuhan. Kita akan memerintahkan seluruh dunia dengan kuasa Allah yang besar, bahkan tiga Pribadi Allah akan bekerja dalam Gereja Wh 12:1 dan Gereja tetap jadi pemenang besar dan Antikris dikalahkan tetapi ia tetap memerintah dunia yang dipenuhi dosa. Gereja akan tumbuh dalam kesucian dan menang atas dosa yang meningkat tetapi antikris tetap berkuasa dalam dunia yang tumbuh sangat pesat dalam dosa. Ada dua penguasa dalam dunia, Surga dan neraka bertetangga, tetapi Antikris tidak bisa mengalahkan Gereja.
 
LIHATLAH PAHALANYA ADALAH BERSAMA-SAMA DIA.
Orang2 yang ikut dengan pengangkatan, ber-sama2 Tuhan masuk dalam Pesta Kawin Anak Domba (PMPAD = Perjamuan Malam Pernikahan Anak Domba) dan dalam KPK (Kursi Pengadilan Kristus) kita menerima pahala dan mahkota kita sesuai dengan perbuatan kita Rom 2:16. Kemenangan dan pengorbanan kita karena Kristus dalam hidup ini Tidak pernah sia2 1Kor 15:58, semua ada pahalanya yang nyata dalam KPK. Berkat2 yang kita terima sekarang itu bukan pahala, hanya fasilitas yaitu:
1. Berkat jasmani, waktu mati atau waktu pengangkatan semua akan hilang lenyap, atau ditinggal, tidak berarti lagi. Sebab itu pakailah baik2 semua berkat jasmani ini sesuai dengan pimpinan Roh Kudus untuk memperkenankan Tuhansehingga menjadi pahala dan menumbuhkan kita seperti Kristus.
2. Berkat2 rohani, ini juga fasilitas. Mungkin bisa mengajar, mengusir setan, berbuat mujizat, menyembuhkan dll tetapi kalau hidupnya tidak benar, berbuat dosa, meskipun pernah dipakai Tuhan dengan heran, itu sia2, itu hanya fasilits saja; siapa saja yang berdosa dan tidak mau bertobat akan ditolak dari Surga, masuk neraka Mat 7:22-23. Kita senang Tuhan mau memakai kita, tetapi itu hanya fasilitas untuk menyenangkan hati Tuhan dan membuat banyak pahala dan pertumbuhan, tetapi tanpa kesucian dan kasih, semua itu menjadi sia2. Tujuan kita bukan dipakai Tuhan dengan heran (biasanya ini ambisi atau suka puji, itu justru akan menjerumuskan dia, direndahkan dalam kejatuhan), tetapi tujuan kita akan memperkenankan Tuhan, yaitu dengan memuliakan nama Tuhan, menangkan jiwa2, semua ini memperkenankan Tuhan, termasuk kasih dan kesucian. Jangan hanya ingin banyk pelayanan dan dipakai Tuhan, tetapi semua itu harus dalam kesucian dan kasih, memperkenankan Tuhan.Disinilah harga atau nilai yang sebenarnya diberikan yaitu dalam KPK, kita mendapat kepujian dari Tuhan, itu betul2 kepujian yang sesungguhnya Rom 2:29, 1Kor 1:31.
 
DAN PEKERJAANNYA ADALAH DI HADAPANNYA.
Koq aneh? PekerjaanNya! Apa Tuhan masih akan bekerja lagi? Bukankah Ia sudah menyelesaikan pekerjaanNya menciptakan semesta dan menebus kita. Bukankah Ia sudah berkata sudah selesai di atas salib Yoh 19:30. Pekerjaan apa lagi? Selama Gereja di dunia Tuhan Yesus sudah bekerja sebagai Juru Syafaat dan tetap ikut bekerja dalam GerejaNya sebagai KepalaNya. Tetapi sekarang Gereja sudah selesai, diangkat dan kemudian sisanya yang dibunuh Antikris juga dibangkitkan. Lalu pekerjaan apalagi? Ia menyelesikan nubuat yang belum selesai untuk Israel dan memerintah dalam Kerajaan 1000 tahun dengan tongkat besi, maka baru sesudah itu semua selesai, lalu Surga Bumi Baru diciptakan dan dimulai, semua sudah selesai. Pekerjaan ini ada di hadapanNya dan pasti semua juga diselesaikan dengan sempurna.
Ini justru fasilitas sukacita yang bahagia bagi Gereja, sebab kita ikut memerintah dalam kerajaan 1000 tahun, kita tidak mungkin lagi jatuh, sudah teruji, sudah selesai! Indah! Indah seperti di Eden pada permulaan, tetapi kitabukan seperti Adam Hawa yang belum teruji, belum lulus; kita masuk Kerajaan 1000 tahun lebih indah dari Eden dalam keadaan sudah teruji, sudah lulus, sangat indah dan mulia dan akan bersambung sampai kekal. (Raja atau pemerintah sekarang memerintah dengan setengah senang, setengah menderita, bisa2 diturunkan, diadili dan dihukum. Tetapi kita ikut memerintah 100% bahagia).
 
YES 40:11. SEPERTI SEORANG GEMBALA.
 
SEPERTI SEORANG GEMBALA IA AKAN MEMBERI MAKAN KAWANAN TERNAKNYA. IA AKAN MENGUMPULKAN ANAK-ANAK DOMBA DENGAN LENGANNYA DAN MEMBAWANYA DALAM PANGKUANNYA DAN AKAN MEMIMPIN DENGAN LEMBUT DOMBA-DOMBA YANG BERSAMA-SAMA DENGAN YANG MUDA-MUDA.(* MENYUSUI).
Tuhan Yesus sebagai gembala untuk domba2 dalam dunia itu berbeda dengan Tuhan Yesus sebagai gembala untuk domba2 dalam Kerajaan 1000 tahun dan di Surga. Tugas gembala di dunia jauh lebih berat, sebab ada yang dimakan serigala, ada yang nakal dan meninggalkan gembalanya, ada yang mati dsb. Misalnya Yoh 17:12. Tetapi sekarang dalam Surga dan kerajaan 1000 tahun kita terpelihara dengan sangat nikmat. Masih ada tingkatan2 sesuai dengan tingkat rohani terakhir di dunia, itu menjadi ukuran kita untuk kekal di Surga. Dalam keadaan tubuh kemuliaan, semua dewasa seperti Adam dan Hawa (tidak ada perbedaan jenis, tidak ada kawin mengawinkan lagi, seperti malaikat Mrk 12:25). Disini tidak ada ujian lagi, hanya perhentian yang mutlak dan sukacita. Sekalipun tingkatan rohaninya rendah seperti kanak2 atau seperti orang menerusi api (1Kor 3:15), tetapi semuanya tetap indah dalam pangkuan kasih Allah. Semua dengan lembut, sukacita, gembira, indah untuk kekal, tidak lagi ada teguran, pukulan, hajaran dll sebab semua sudah selesai teruji dan masing2 menempati kedudukan atau tingkat2nya dengan puas sampai kekal. Tidak ada iri atau ambisi, tidak ada lagi yang jatuh seperti Lucifer, semua sudah teruji, ujian sudah selesai. Segala kesukaan dan kenikmatan dialami tanpa batas. Kesukaan yang tertinggi di dunia sudah masuk bak sampah, sebab kita mempunyai kesukaan yang asli yang jauh lebih tinggi dari kesukaan manapun di dunia (yang sudah dimulai di dunia meskipun dalam ukuran yang sangat kecil Yoh 4:14). Kita betul2 bisa menyanyi senang selalu senang untuk se-lama2nya.
 
YES 40:12-31.
Ayat2 selanjutnya menceritakan tentang Tuhan, dengan siapa kita akan tinggal untuk kekal. Dahulu di dunia kita hidup dengan Tuhan hanya untuk sesaat supaya kita diolah dan mendapat hidup yang indah untuk kekal. Di dunia belajar dari TK sampai S1-3 itu kurang lebih dari umur 5-25 tahun), kira2 25 tahun, tetapi orang yang sekolah dengan penuh pengorbanan, hanya menikmati kehidupannya rata2 sampai 75 tahun, berarti hany dua kali lipat (50 tahun) dari waktu pengolahan. Belum lagi uang dll yang dibutuhkan. Sekolah 25 tahun untuk bisa hidup dengan baik dan menikmatinya untuk dua kali dari waktu pengolahan. Ada yang sampai 3 kali. Tetapi Tuhan mengolah kita di dunia 70-80 tahun untuk penuaian ber-milyar2 kali lebih lama, bahkan sampai kekal. Dan Guru atau Penjunannya luar biasa besar dan hebatnya dan maha kuasa, maha besar, pasti 100% berhasil, hanya tergantung dari kita mau atau tidak! Terlalu bodoh kalau kita tidak mau memakai kesempatan ini baik2.
Dalam ayat2 berikut mata kita dicelikkan, betapa besar rencana Allah, yang mengolah kita sebentar saja (kalau mau) maka sesudah itu kita akan menjadi mulia dan senang, senang sampai kekal. Jangan sia2kan kesempatan yang besar ini.
 
YES 40:12. SEMUA DALAM TANGAN KUASA ALLAH.
 
SIAPAKAH YANG TELAH MENAKAR AIR DALAM LEKUKANTANGANNYA?
Allah sanggup menolong kita, mengolah kita, membuat kita jadi apa saja asal kita mau taat terus menerus. Air dalam tangan Allah untuk diberikan pada kita.
Dalam kelaparan, orang2 minum air dengan diukur atau ditakar, sebab persediaan sangat sedikit Yez 4:11,16. Begitu orang2 dalam dunia mencari kepuasan hatinya dan itu sangat terbatas, sangat sedikit, ditakar, bahkan beracun. Kesukaan berdosa dari iblis kalau diminum akhirnya mati Ibr 11:25, Rom 6:23.
Perempuan Samaria itu minum kesukaan dosa zina, ia senng sebentar, susahnya terusdan menderita. Tetapi kalau kita percaya Tuhan Yesus kita akan dapat kepuasan yang berlimpah Yoh 4:13-14; 7:38 bahkan menjadi sumber mata air hidup di dalam kita, milik pribdi, yang bisa terus menerus danbertambah sampai ukuran tanpa batas. Yez 47:5. Itulah tangan Allah kita yang luar biasa.
 
DAN MENGUKUR LANGIT DENGAN JENGKAL DAN MENAKAR DEBU BUMI INI.
Langit yang begini luas diukur dengan jengkal Allah. Manusia mengukur tingginya saja tidak bisa apalagi luasanya, bagaimana bisa mengukur dengan jengkalnya, tetapi Allah sanggup. Juga debu bumi ini ditakar Allah. Tidak ada yang sulit atau mustahil bagiNya (ayat 15), sebab Dia yang menciptakan Surga dan bumi dari tidak ada apa2, juga Surga Bumi Baru, luar biasa. Surga yang tanpa batas disediakan bagi kita yang setia sampai mati, bukan yang melawan dan tidak mau taat dan setia. Taatlah sekalipun harus pikul salib, Tuhan menyediakan Surga Bumi Baru yang terlalu besar untuk kekal bagi yang mau setia sampai mati.
 
YES 40:12B. DACIN.
 
DAN MENIMBANG GUNUNG-GUNUNG DENGAN DACIN DAN BUKIT-BUKIT DENGAN NERACA.
Luar biasa. Juga segala gunung dan bukit bisa ditimbang oleh Tuhan. Semua yang tinggi2 diukur oleh Tuhan. Allah lebih besar dari semuanya, itu semua tidak ada artinya bagi Allah. Jangan kagum pada gunung dan bukit pada orang2 yang tampak sukses dan besar. Jangan kagum lalu taat akan dosa2nya, tetapi kagum dan taat akan Tuhan dan FirmanNya. Kagumlah pada Allah yang maha besar dan tunduklah serta takut akan Allah, maka Ia akan mengangkat kita lebih tinggi dari segala gunung dan bukit dimanapun, sebab kita akan duduk dengan Allah dalam kemuliaanNya yang besar untuk kekal, kagum dan taatlah mulai sekarang, jangan baru kagum dan takut kalau sudah di neraka seperti orang kaya teman Lazarus.
 
YES 40:13. ALLAH ITULAH PENCIPTA DAN MANUSIA ADALAH CIPTAANNYA.
 
SIAPAKAH YANG SUDAH MENGATUR ROH TUHAN, ATAU MENJADI PENASEHATNYA YANG SUDAH MENGAJARI DIA?
Seringkali manusia merasa lebih pintar dari Allah sehingga bisa menunjukkan jalan pada Tuhan, mengajarkan bagaimana bertindak, berbuat dst. Ini sungguh2 terlalu hina dan naif. Bayi yang kita lahirkan mau mengajari kita, mengatur dan memberi petunjuk, itu sama sekali tidak mungkin, sebab untuk mengatasi dirinya saja tidak bisa. Tanpa ditolong, bayi manapun akan mati, apalagi manusia dengan Sang PenciptaNya, perbedaannya 1 triliun kali lebih besar! (bahkan lebih lagi). Sebab itu mengerti atau tidak, setuju atau tidak, taati saja Firman Tuhan dan pimpinan Roh Kudus, maka pasti kita jadi bahagia dan beruntung se-besar2nya. Jangan kita membantah dan mengajari Tuhan, memimpin Tuhan, itu terlalu hina. Tanpa Dia semua orang mati dalam dosanya, tidak mungkin hidup di hadapan Tuhan. Jangan minteri (bersikap lebih pandai) dari Allah, itu sangat ber-lebih2 dan tidak pantas. Mintalah pimpinanNya, pasti Roh Kudus akan memberikannya dan jangan melawan tetapi taat. Seringkali iblis menipu kita seperti pada Hawa sehingga tidak mau taat, merasa lebih pintar dari Allah, bisa mencari celah2 kebodohan Allah, tidak mungkin sama sekali! 1Kor 1:25.
Maria, gadis desa, tidak hanya mengerti, apalagi  pikiran Allah yang disampaikan malaikat Gabriel, tetapi ia berserah dan taat sebab itu ia dijadikan besar dan bahagia Luk 1:34,38. Sebab itu taatlah, jangan membantah, bahkan jangan bimbang dan menunda, kalau sudah yakin itu kehendak Tuhan, lakukan segera seperti Abraham Kej 22:2-3. Sekalipun terlalu amat sangat sakit bagi Abraham, tetapi ia taat dan Abraham berbahagia untuk selamanya, ia lulus ujian akhir sebab taat, bukan sebab pintar atau baik, tetapi sebab percaya dan taat dengan segenap hati tanpa ragu2.
 
YES 40:14. DIA ADALAH FIRMAN.
 
KEPADA SIAPA DIA MINTA NASEHAT? DAN SIAPA YANG MEMBERI PERINTAH DAN MENGAJARI DIA DALAM JALAN-JALAN KEADILAN DAN MENGAJAR DIA PENGETAHUAN DAN MENUNJUKKAN KEPADANYA JALAN PENGERTIAN?
Tuhan itulah Firman, Dia maha tahu semuanya. Bukan kita yang menjadi firman yang harus ditaati oleh Tuhan tetapi Firman Tuhan yang harus kita taati. Kalau kita mau taat sungguh2, kita akan mengerti lebih banyak sehingga bisa taat lebih banyak, mengerti lebih banyak dan begitu selanjutnya. Mat 13:12. Bukan Allah yang belajar atau taat pada kita, tetapi Tuhan itu Firman dan kita yang harus taat akan Firman Tuhan dan Firman itu mengajar, mendidik, memimpin dan mengarahkan kita. Berbahagialah orang yang mau belajar terus akan Firman Tuhan, ia akan makin mengerti Firman Tuhan dan Roh Kudus akan menolongnya untuk tumbuh makin lama makin indah di hadapan Tuhan. sehingga akhirnya sama seperti Kristus.
 
YES 40:15. SESUNGGUHNYA BUMI DAN ISINYA SEPERTI DEBU.
 
LIHATLAH BANGSA-BANGSA ITU SEPERTI SETETES AIR DALAM EMBER DAN DIHITUNG SEPERTI DEBU YANG KECIL PADA NERACA. LIHATLAH IA MENGAMBIL PULAU-PULAU SEPERTI BARANG YANG SANGAT KECIL.
Bangsa2 itu seperti satu tetes air dalam timba (1cc = 20 tetes air), bahkan seperti debu di neraca, sehingga neracanya tidak bergerak, juga pulau2 dan bumi ini tidak berarti bagi Tuhan. Sebab itu jangan kecil hati, mintalah seluruh bumi kalau perlu, Tuhan bisa memberikannya. Jangan kuatir akan segala perkara. Tuhan kita terlalu amat besar. Umat Tuhan bisa bebas kuatir. Jangan takut akan apapun jua. Orang yang tidak bisa melihat Allah akan terbentur dengan semua perkara2 besar di sekitarnya yang tidak bisa ditembus, tetapi bagi Allah tidak ada yang mustahil. Kita bukan apa2, tetapi kalau Allah ada di dalam kita, kita jadi luar biasa. Begitu besar dan baiklah Dia yang mau menderita, dihina, direndahkan oleh manusia yang berdosa tetapi tetap mencintai manusia sehingga manusia diselamatkan dan jadi besar dan mulia dalam Surga kekal. Tetapi yang tidak mau percaya akan dibuang buat se-lama2nya. Jangan melawan Allah, percaya dan taat pasti hidup ini jadi indah.
 
KESIMPULAN.
Tuhan datang dan menyelesaikan rencanaNya untuk memberi manusia yang tidak berharga, tetapi yang mau percaya dijadikan anak2 dan putra2Nya, dibawa ke Surga untuk kekal. Tetapi mereka yang tidak percaya, dan yang melawan Allah, apalagi yang undur kembali, dibawa iblis (dalam dua tahap) ke dalam tempatnya yang kekal. Kalau Allah tetap tinggal di dalam kita, kita juga akan jadi luar biasa dan berbuat luar biasa untuk memperkenankan Tuhan. Maz 60:14.
 
Nyanyian:
Allah ku luar biasa.
Elia luar biasa.
Sayapun luar biasa, amin.
 
 
�a!0t�� � 324.0pt 360.0pt 396.0pt 432.0pt; mso-layout-grid-align:none;text-autospace:none’>Pergumulan Hizkia (mungkin sudah mulai sebelum ia diberitahu akan mati oleh Hizkia, sebab borok2nya jahat), penderitaan ini membuat pergumulan dalam hatinya dan ini dituliskan untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita bisa hidup dengan betul dan efisien memakai semua kesempatan hidup yang kita miliki dari Tuhan.
 
Jangan tunggu terlambat seperti orang kaya (dan Lazarus) yang sudah tidak bisa kembali, betul ia sekarang mengerti ke-sia2annya tetapi terlambat. Oleh Firman Tuhan dan Roh Kudus kita bisa dididik dan dicelikkan sehingga bisa melihat hidup ini sebagai kesempatan besar untuk mencapai taraf kemuliaan yang se-tinggi2nya dan tidak sampai ditipu oleh dunia ini.
Angka masing2 berbeda seperti Putra manusia Yesus, Elia, Henokh, Musa, Daud, Yusuf, Daniel, Simson, Hizkia dan yang bodoh2 seperti Eli, Saul, Achan dll yang buta dan binasa. Untung Simson dan Salomo masih bisa bertobat pada kesempatan terakhir.