YS169 Yes 40:6-9 Kabar baik untuk Sion dan Yerusalem

YS169 Yes 40:6-9 Kabar baik untuk Sion dan Yerusalem
 
YESAYA 40:6-9. KABAR BAIK UNTUK SION DAN YERUSALEM.
 
YES 40:6. MENYERUKAN KUAT-KUAT.
 
SUARA ITU BERKATA, BERSERULAH! LALU IA BERKATA, APAKAH YANG AKAN SAYA SERUKAN?
Siapa yang disuruh? Tentu hamba2 Tuhan, disini nabi Yesaya. Kita harus menyerukan apa yang dikehendaki Tuhan. Apa yang Tuhan kehendaki untuk dikatakan, itu yang harus kita katakan. Apa yang ditekankan dalam Alkitab (Firman Tuhan) itu juga kita tekankan. Apa yang kurang dikatakan atau dijelaskan, kita juga tidak bisa dan tidak mau ber-kata2 lebih banyak, Ul 29:29. Tetapi kalau Tuhan terus menerus, ber-ulang2 ber-kata2, kita juga meniru, sebab semua kata2 itu bukan dari diri kita sendiri tetapi dari Allah. Kita hanya menyampaikan Firman Tuhan seperti pengeras suara , bukan menyaring atau menambah dan mengurangi, itu pemberita yang tidak setia. Banyak orang dengan sadar atau tidak, dengan tulus atau culas menambah / mengurangi Firman Tuhan, itu salah, itu tidak berkenan pada Tuhan, dia jadi yang paling kecil di Surga, bahkan mungkin bisa batal masuk Surga Mat 5:17-20. Sebab itu kita sendiri harus mengerti kehendak Tuhan dengan betul Ef 5:17 dan menyampaikannya apa yang dikatakan dan dikehendaki Tuhan. Kadang2 kita tidak mengerti, tetapi tetap hanya kata2 Allah yang kita sampaikan, itu hamba yang setiawan.
 
SEMUA DAGING ITU RUMPUT DAN SEMUA KEELOKANNYA ITU SEPERTI BUNGA DI PADANG.
Ini disebut juga dalam 1Pet 1:24-25. Tidak ada larangan memetik rumput dan kembang rumput di padang. Daging ini menceritakan tentang manusia yang fana, hanya sebentar di dunia. Kalau manusia melihat manusia, maka tampak ada manusia yang hebat, besar seperti Allah, apalagi pemimpin yang sukses dan besar. Tetapi kalau kita melihat akhir manusia dan bisa melihat Allah, maka tampaklah bahwa kemuliaan manusia yang mengagumkan itu hanya seperti kembang rumput yang akan layu dan berlalu. Lalu sesudah itu ke mana, di mana, sebagai apa dst. Semua kemuliaan manusia itu sia2 seperti orang kaya dan Lazarus. Luk 16:25.
Biasanya orang kaya dan orang berkuasa, itu selalu lebih limpah dosa dan kesalahannya, sebab kesempatan membuat tabiat daging itu muncul tanpa hambatan yaitu sombong, se-mena2, zina, menuruti benci dan nafsu2 lainnya.
Jangan kagum apalagi memuliakan dan menyembahnya. Orang yang kagum akan mudah terpengaruh dan ikut arus, serta mengecilkan Tuhan. Jangan kagum akan orang2 besar dunia sehingga taat kepadanya lebih daripada Tuhan Kis 4:19, baik di rumah, pekerjaan, masyarakat dll, takutlah akan Tuhan lebih dari semua! Hormatilah orang yang seharusnya dihormati dengansepatutnya tetapi taat dan permuliakan Allah lebih dari semua. Taat akan Firman Tuhan. Baik kita sendiri yang sukses harus ingat, esok bukan milik kita, bisa2 orang sombong dan melawan Allah itu seperti Rabsaki, hari ini mulut besar, menghina Tuhan dan umatNya, malamnya mati semua dan rajanya kemaluan2 pulang laludibunuh anaknya sendiri di dalam kuil berhalanya 2Raj 18-19.
 
YES 40:7. TUHAN BUKAN TANDINGANNYA MANUSIA.
 
RUMPUTNYA KERING, KEMBANGNYA LAYU, SEBAB NAFAS TUHAN BERHEMBUS DI ATASNYA. SESUNGGUHNYA MANUSIA ITU SEPERTI RUMPUT.
Manusia harus takut akan Allah, sebab Allah itu bukan tandingannya 1Kor 10:22. Orang dunia seringkali berani me-ngata2i Allah sebab buta matanya, tidak mengerti, tetapi kalau tidak percaya Tuhan, akhirnya tetap binasa. Tetapi kita yang sudah percaya, sudah melihat dengan mata iman, mengerti, harus takut akan Allah, jangan berani berbuat serong sebab mata Allah yang maha tahu melihat, baik yang baik (Dia ingat dan mencatat semuanya Mal 3:16) juga yang jahat, tidak ada yang lewat. Dia Hakim yang adil dan Bapa yang mencintai kita kalau mau tetap hidup dalam kesucian.Kalau jalan tidak lurus, bengkok, maka Ia sedih dan menegur, kalau sampai habis waktunya tidak bertobat, hukuman akan jatuh atas orang2 ini.
Tuhan berhembus di atasnya dan semua kemuliaan bunga rumput akan layu dan kering, lenyap! Sebab itu jangan sombong, jangan sembunyi atau berbuat yang Tuhan tidak berkenan, bisa mudah ikut arus yang salah.
 
 
YES 40:8. FIRMAN ALLAH KEKAL DAN PASTI JADI.
 
RUMPUTNYA KERING, KEMBANGNYA LAYU, TETAPI FIRMAN ALLAH TETAP SELAMA-LAMANYA.
Firman Tuhan dibandingkan dengan manusia yangseperti bunga rumput, terlalu jauh berbeda. Luk 21:33. Sebab itu ketaatan kita juga harus sangat jauh di atas ketaatan dan takut/ kagum akan manusia! Orang yang tidak suka memperhatikan Firman Tuhan itu sangat bodoh dan akan binasa Ams 13:13; 28:9 bahkan doanyapun kebencian kepada Tuhan. Betapa besar kesalahan dan celaka orang yang tidak mau menghormati, mengagumi Firman Tuhan, bahkan seharusnya dengan sendirinya (bagi orang percaya) Firman Tuhan menjadi kekaguman, juga jadi kesukaan dan kecintaan kita! Orang2 yang cinta Tuhan itu pasti indah hidupnya, Tuhan datang dan tinggal di dalam dia Yoh 14:21-23 sehingga perkara2 yang besar terjadi Maz 60:14. Ini perkara yang besar tetapi wajar, hanya orang buta, bodoh dan mabuk, lupa daratan yang bisa membenci dan menghinakan Firman Tuhan. Kalau ada raja lewat, lalu ada orang me-ngata2i, mungkin itu orang gila, sebab bagaimanapun juga orang biasa tidak akan berbuat demikian. Apalagi terhadap Allah dan FirmanNya yang begitu tinggi. Takutlah, pelajari dan taati, pasti untung besar, sebab Firman Allah terlalu tinggi dan kekal. Yang melawan Firman Tuhan, hukumannya juga pasti jadi, tidak ada yang bisa menghindar; Semua akibat yang dikatakan Firman Tuhan, yaitu yang baik dan yang jelek pasti jadi sebab Tuhan adalah Hakim yang adil.
 
YES 40:9. LIHATLAH ALLAHMU.
 
OH SION YANG MEMBAWA KABAR BAIK*, NAIKLAH KE ATAS GUNUNG YANG TINGGI.
(KJV: KETERANGAN: *) OH, ENGKAU YANG MENGATAKAN KABAR BAIK KEPADA SION.
 
 
LIHATLAH ALLAHMU.
Kabar dari Tuhan adalah kabar baik untuk yang mau percaya dan hidup benar. Tidak pernah Tuhan memberi kabar jelek bagi yang mau hidup benar. Berita Allah itu baik bagi yang benar dan dahsyat bagi yang jahat sebab Dia Hakim segenap bumi 2Tim 4:1, Kej 18:25. Bahkan orang sangat jahat, berdosa, kalau mau bertobat seperti penjahat yang di salib, masih dapat kabar baik, asal belum mati, sebab mati berarti tidak ada kesempatan lagi! Dalam bahasa Ibrani, ini bisa berarti: OH ENGKAU, YANG MENGATAKAN KABAR BAIK KEPADA SION.
Ini kabar baik untuk Sion dan Yerusalem, bukan kabar baik bagi orang berdosa yang belum percaya. (Ini kabar keselamatan). Tetapi kabar baik bagi Sion adalah kabar baik  yang lengkap, bukan hanya menerima Tuhan, bukan saja pengampunan, tetapi juga pertumbuhan sampai puncaknya, sampai menjadi seperti Allah, luar biasa. Kabar baik undian dunia (judi dunia) adalah uang banyak, tetapi belum tentu bahagia. Dapat medali olympiade, mungkin hanya satu kali atau beberapa kali saja, tetapi kabar baik untuk Sion dan Yerusalem adalah kabar kesempurnaan, untuk menjadi seperti Kristus untuk kekal. Ini baru diberikan pada saat2 terakhir yaitu kabar baik dari buku kecil dalam Wah 5:5 (buku yang termeterai dengan 7 Meterai). Ini kabar yang luar biasa. Mengapa harus naik ke gunung yang tinggi? Biasanya gunung tinggi untuk umat Tuhan itulah gunung Allah, tempat kesucianNya Maz 48:2. Terus meningkat dalam kesucian dengan berdoa dalam Roh dan kebenaran supaya bisa naik sampai di atas gunung Allah yang tinggi, penuh dengan kuasa dan urapan Roh Kudus. Untuk memberitakan kabar baik ini perlu pengurapan Roh Kudus limpah seperti Putra manusia Yesus Luk 4:18-19. Begitulahkabar baik ini bisa efektif kalau kita penuh dengan pengurapan Roh Kudus sehingga Sion dan Yerusalem bisa percaya dan mengerti, lebih daripada kabar baik yng mula2 Kis 1:8. Matanya dicelikkan dan bisa melihat kabar baik ini dan mengalaminya sampai menjadi sempurna seperti Kristus.Berdoalah, beritakan dengan kuasa Allah, sebab tanpa kuasa Allah Sion dan Yerusalem tidak akan bisa mengerti. Lebih2 pada akhir zaman ini dosa dan kuasa dosa meningkat luar biasa Wah 22:11. Sebab itu perlu kuasa Allah untuk bisa menembus kegelapan pekat dalam dosa yang banyak mempengaruhi orang2 beriman juga (sehingga ada banyak kejatuhan).
OH YERUSALEM YANG MEMBAWA KABAR BAIK**, ANGKATLAH SUARAMU DENGAN KUAT, ANGKAT NAIK, JANGAN TAKUT, KATAKANLAH KEPADA KOTA YEHUDA,
**) OH ENGKAU YANG MENGATAKAN KABAR BAIK KEPADA YERUSALEM.
Angkat suara, jangan diam, terus bicara, bahkan dengan keras (naikkan lagi suaramu, angkat naik) supaya kedengaran lebih luas.
Kita harus memberitakan lebih luas ke mana2 di seluruh Yehuda, yaitu orang2 beriman yang setia dan lebih mengasihi Tuhan daripada orang Israel. Dibandingkan dengan Israel, Yehuda lebih setia dan tetap memegang Firman Tuhan dengan utuh dan penuh. Israel memegang Taurat, tetapi yang sudah dicampur dengan hikmat Yerobeam.
Di Israel semua imam2 yang melayani bukan turunan Harun, tidak sesuai dengan Firman Tuhan, bahkan semua peraturan lain diubah. Tetapi mereka berkata bahwa mereka memegang Taurat Tuhan, masih menyembah Tuhan, tetapi mereka sebetulnya menyembah setan, berhala lembu emas di Dan dan di Betlehem, berhala Baal, bahkan nabinya palsu semua, 850 orang (yang betul hanya 1 yaitu Mica tetapi disingkirkan! Bagaimana dengan 100 “nabi Tuhan” yang dipelihara Obaja? 1Raj 18:4,13?).
Begitu pada akhir zaman ini, dengan lantang dan berani mereka berkata percaya dan menyembah Tuhan Yesus tetapi Firman Tuhan ditafsirkan sendiri sesuai dengan logikanya, dan di dalamnya ada banyak berhala2 modern (akal, ilmu pengetahuan, falsafah manusiawi, uang, zina, politik dll) seperti anak lembu emas, Baal dll. Israel lebih besar dari Yehuda dan lebih banyak orang2 di dalamnya yang beribadah seperti ini daripada orang2 yang beribadah denganbetul di Yehuda.
Ingat Gereja2 akhir zaman dalam Wah 2-3 begitu jelek seperti ibadah orang Israel bukan seperti Yehuda. Pergamus menyembah setan, juga Tiatira yang juga penuh dosa2 perzinaan dll. Sardis bahkan sudah mati dan Laodikea suam akan diludahkan Tuhan keluar. Begitu banyak Firman Tuhan diencerkan dengan pikiran manusia sehingga bisa menghalalkan hal2 yang keji menurut Firman Tuhan waktu Musa, ada 250 orang yang bukan imam membawa persembahan dupa, mereka dibakar habis dengan api dari langit, juga Korah, Datan, Abiram dengan keluarganya ditelan bumi hidup2an. Lebih2 dalam zaman Israel pada waktu Yerobeam dst, mereka begitu jelek. Perpecahan Israel dan Yehuda menjadi nubuatan bagi Gereja akhir zaman. Hal ini pasti terjadi, tidak akan dapat dihindari 1Kor 11:19, tetapi jangan sampai masuk dalam golongan Israel yaitu Gereja jalan lebar tetapi tetaplah di dalam jalan sempit, pegang Firman Tuhan dengan betul, supaya jangan binasa atau masuk dalam golongan Antikris. Satu kali orang2 yang menjadi Antikris dan kaki tangannya akan nyata bahwa mereka itu dahulunya berasal dari antara kita 1Yoh 2:19. Jangan mengencerkan Firman Tuhan dengan pikiran manusiawi, jangan dicampuri,diubah seperti orang Israel, tetapi tetap pada Firman Tuhan yang betul dan taat, supaya bisa tahan dan masuk dalam rencana penamatan Allah dan masuk dalam golongan mempelai yaitu Yerusalem baru.
Mereka yang mau taat akan Firman Tuhan dan mengerti dengan betul dalam pimpinan Roh Kudus 1Kor 2:10, Yoh 16:13, akan ikut dalam proses penyucian, pemurnian, yaitu masa hukuman rumah Allah (1Pet 4:17). Mereka yang tidak hidup dipimpin Roh akan gugur, terseret dalam arus dosa dunia yang limpah, tetapi mereka yang cinta Firman Tuhan, taat dengan segenap hatinya akan tumbuh dengan cepat dengan kabar baik ini, yaitu kabar baik dari Buku kecil (dengan 7 Meterai) yang dibuka pada akhir zaman ini Wah 5:5.
Jangan takut memberitakan, memang tidak semua mau percaya dan menerima, apalagi orang2 jenis Israel (bukan Yehuda). Orang2 yang mendapat rahasia ini akan naik ke atas untuk memberitakannya Mat 10:26-27. Inilah kabar baik, yaiturahasia2 akhir zaman yang dibukakan Tuhan untuk menyempurnakan GerejaNya. Tentu seluruh Firman Tuhan perlu, sebab itu menjadi dasar untuk mengerti kabar baik bagi Sion dan Yerusalem. Orang yang tidak cinta Firman Tuhan, tidak mengerti akan mudah beribdah seperti orang Israel dan mereka tidak akan mengerti dan tidak menerima kabar baik untuk Sion dan Yerusalem. Sekarang kita harus terus mempelajari seluruh Firman Tuhan dengan benar dalam pengurapan Roh Kudus, bukan diencerkan dengan pikiran Yerobeam sehingga semua berhala bisa masuk dan semua orang bisa melayani, tanpa memperhatikan syarat2 dari Allah. Tidak heran orang2 dini dibinasakan Tuhan seperti Nadab Abihu Im 10:1-2.
Jangan sembarangan dalam ibadah dan mentaati Firman Tuhan. Takut akan Tuhan. Jangan dicampur dengan dosa, cara manusiawi dan duniawi, sehingga menjadi ibadah seperti orang2 Israel dengan semua raja2 dan nabi2 dan imam2nya. Kalau kita mau bersedia dengan takut akan Tuhan, memegang seluruh Firman Tuhan dengan baik, maka kita akan mendapat dan mengerti kabar baik untuk Sion dan Yerusalem. Kita harus tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan yang betul 2Pet 3:18 dan taat dalam kesucian dipimpin Roh.
 
LIHATLAH ALLAHMU.
Apakah dari dahulu orang Israel tidak tahu Allahnya? Tahu, tetapi Allah dalam hari2 terakhir itu lebih dahsyat penampilanNya sehingga Yohanes yang begitu lekat dengan Tuhan Yesus jadi jatuh pingsan sebab ketakutan waktu melihat Tuhan Allahnya dalam hari2 terakhir ini Wah 1:13-17.
Biasanya Tuhan Yesus sebagai Gembala yang baik, tetapi sekarang disini di hadapan rasulYohanes (yang pernah bersandar di dadaNya) berubah sampai Yohanes ketakutan dan jatuh. (Juga Daniel waktu mendapat penglihatan akhir zaman Dan 8:1-7). Dahulu sebagai gembala yang baik Ia memberi makan domba2Nya dan mencari yang hilang; Se-olah2 tidak banyak yang dituntut dari domba2 itu. Tetapi sekarang luar biasa. Penampilan Tuhan Allah pada akhir zaman sangat dahsyat. Mengapa? Supaya Gereja Tuhan disiapkan, diolah, didisiplinkan dan ditumbuhkan sampai menjadi sempurna. Kalau dahulu Gereja Tuhan itu sepertikanak2 yang lebih banyak dilayani, tetapi pada akhir zaman Gereja harus betul2 menjadi dewasa supaya bisalulus dalam masa hukuman Rumah Allah 1Pet 4:17, yaitu masuk dalam baptisan api disiapkan untuk pengangkatan dan menjadi sempurna Mat 3:11, Luk 12:49. Setiap kesalahan dihukum dengan keras 2Kor 10:6 seperti kasus Ananias dan Safira dalam Kis 5. Begitu Gereja yang betul di akhir zaman akan ditertibkan dengan sangat keras (sementara itu Gereja jalan lebar tetap bersukacita dalam kesukaan dosa/ dunia yang sesaat, yang sudah dicocokkan dan dikawinkan dengan Firman Tuhan, sehingga seperti orang Israel, mereka bisa bersukacita dan ber-main2 dalam dosa dalam ibadah dan pelayanannya 1Kor 10:5-8). Kalau Gereja Hujan awal seperti kanak2 yang dituntut sedikit diberi banyak, tetapi Gereja Hujan akhir akan diberi banyak sekali tetapi juga  dituntut banyak sekali, sebab akan disempurnakan sesuai rencana Allah, menjadi seperti Kristus. Putri Sion atau Yerusalem akan ditertibkan supaya bisa masuk dalam golongan Yerusalem baru yang sempurna. Memang untuk penyempurnaan dituntut lebih banyak, diolah dan ditertibkan lebih berat, sebab itu jugapenampilan Tuhan di akhir zaman sangat dahsyat, tetapi itu cocok dengan rencana Allah untuk masuk dalam proyek penamatan rencana Allah. Orang yang takut akan Allah bersukacita, sebab waktunya sudah dekat dan rencana Allah akan diselesaikan segera. Maranatha 1Kor 16:22. Kita harus bisa membedakan dengan betul Luk 21:8. Saat2 terakhir itu lebih dahsyat Rom 13:11, sebab dosa sangat meningkat yang akan memulai masa orang kafir (antikris) Yez 30:3 seperti anak yang dewasa dituntut banyak, lebih banyak dari kanak2 apalagi bayi (hampir2 tidak ada yang dituntut dari kanak2). Sebab itu kita harus bersedia, supaya bisa tahan masuk dalam pengolahan akhir zaman yang dahsyat, yaitu baptisan api, tetapi itu sangat indah, sebab sebentar lagi kita masuk dalam kemuliaan yang kekal. Bertambahlah, tumbuhlah, berjalan dalam Roh dalam kesucian dan terus melakukan kehendak Allah seperti ligabis (= Lima Gadis Bijaksana), sebab ligabo akan gugur dan ketinggalan. Orang2 seperti Israel (bukan Yehuda)sudah hanyut dan mati dalam dosa, yang masih hidup dan sadar, dapat kesempatan terakhir dalam zaman Antikris.
Beritakanlah kabar baik untuk Sion dan Yerusalem, bukan lagi kabar baik tentang Injil, tetapi kabar baik untuk Sion dan Yerusalem, yaitu tentang kesempurnaan rencana Allah. Sebab itu naiklah ke gunung yang tinggi, meningkat makin tinggi dan selalu penuh dipimpin Roh dan kabarkan terus dengan berani berita2 penyempurnaan Gereja dengan kelimpahan pekerjaan Roh Kudus (Hujan akhir).
 
KESIMPULAN.
Kita harus mempunyai pengertian yang benar, yang menjadi dasar pendirian yang benar dan kuat, supaya kita tidak terseret dalam arus Gereja jalan lebar, tetapi tetap di jalan sempit seperti Yehuda bahkanseperti ligabis, terus bertumbuh sampai lulus dalam baptisan api dan masa hukuman rumah Allah.
Rencana Allah itu terlalu tinggi, jangan lupa tetap rendah hati, orang yang sombong akan direndahkan dan tidak bisa mengerti rahasia2 Allah yang dalam untuk Sion dan Yerusalem. Ingat kemuliaan manusia itu hanya kembang rumput, jangan sombong, takutlah akan Allah dan taat,  jangan kagum atau takut akan manusia, sebab semuanya hanya kembang rumput belaka. Tumbuhlah seperti ligabis, maka kita akan mengerti dan ikut memberitakan kabar baik untuk Sion dan Yerusalem.
 
Nyanyian:
Semua manusia seperti rumput
dan kemuliaannya seperti kembang rumput.
 
z�1.�� � family:”Times New Roman”,”serif”;color:black’>
 
Hizkia sangat bodoh sebab:
1. Ia tidak pulang sebagai pahlawan tetapi sebagai pembuat celaka, masih untung kalau masuk Surga.
2. Tidak mau berusaha memperbaiki seperti Niniwe, ia mem-buang2 waktu dan kesempatan untuk ber-suka2an yang tanpa batas, yang keliru. Achab yang jahat justru menyesal dan bertobat. Tetapi Hizkia sebab mabuk, sukacita dapat penghargaan raja Babil, orang besar duniawi (tetapi hina di hadapan Tuhan) tidak mau memperbaiki kesalahannya sama sekali. Ia menjadi begitu egois, asal ia selamat seperti Eli yang berkata seperti orang bodoh, masa bodoh 1Sam 3:18. Akhirnya mengerikan yang terjadi pada Eli dan anak2nya. Begitu akhir dari turunan Hizkia sangat mengerikan, dibunuh atau dijadikan sida2. Pokoknya selamat, lalu bersukacita seperti ajaran Anugerah yang setengah betul, sebab itu menyesatkan. Hizkia berkata, pokoknya saya senang2, toh selamat, begitu juga orang2 yang sesat ini (ajaran anugerah yang keliru), sebab berkata, toh di dalam Tuhan sudah selamat oleh anugerahNya, jangan takut atau kuatir, bersukacita saja. Ini adalah prinsip Hizkia, Eli, akhirnya binasa, sebab kita harus mengerjakan keselamatan kita dengan takut dan gentar Pil 2:12. Ini bukan berarti menderita dan berdukacita, tidak! Justru sejahtera dan sukacita, tetapi terus ber-jaga2 jangan sampai keluar batas, jangan sampai salah, sebab kalau terhilang itu rugi dan celaka yang besar se-lama2nya! Kita harus mau pikul salib Pil 1:29, sebab itu menjadi kemuliaan yang kekal Rom 8:17,18, 1Pet 4:14. Orang yang mengerti akan bersukacita dalam sengsara salib Kis 5:41. Simson bertobat sungguh2, ia masih menikmati kemuliaan yang besar di tengah2 penderitaan karena dosanya. Daud juga bertobat. Jangan masa bodoh seperti Hizkia atau imam Eli.
 
Nyanyian:
Cari apa di dalam dunia.
 
0pt;f�C fm�� � s New Roman”,”serif”;color:black’>
 
Kalau orang sudah (akan mati atau) mati, makamatanya celik, ia akan bisa melihat keindahan dari orang hidup. Hizkia rasa2nya ber-teriak2, yang hidup, yang hidup, luar biasa, itu suatu kesempatan yang besar untuk bisa berbuat banyak hal yang kekal, investasi yang menguntungkan untuk kekal. Belajar Firman Tuhan dan penuh pengurapan Roh Kudus supaya kita bisa melihat seperti Hizkia yang hampir mati ini, begitu indah dan gilang gemilang hidup ini. Bisa hidup dan me-muji2 Tuhan, itu luar biasa, dan memasyurkan kebenaran Allah (bersaksi, mem-bagi2 makanan rohani, mendidik orang lain dst) suatu kesempatan yang indah, sebab itu seperti keledai Isachar, bergairahlah untuk perkara2 kekal yang akan datang, jangan buang kesempatan, pakai setiap menit untuk yang kekal. Lebih lama kita hidup, lebih indah, jangan2 kita bisa sampai dalam kesempurnaan rencana Allah yang tinggi dan mulia itu.
 
KESIMPULAN.
Pergumulan Hizkia (mungkin sudah mulai sebelum ia diberitahu akan mati oleh Hizkia, sebab borok2nya jahat), penderitaan ini membuat pergumulan dalam hatinya dan ini dituliskan untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita bisa hidup dengan betul dan efisien memakai semua kesempatan hidup yang kita miliki dari Tuhan.
Jangan tunggu terlambat seperti orang kaya (dan Lazarus) yang sudah tidak bisa kembali, betul ia sekarang mengerti ke-sia2annya tetapi terlambat. Oleh Firman Tuhan dan Roh Kudus kita bisa dididik dan dicelikkan sehingga bisa melihat hidup ini sebagai kesempatan besar untuk mencapai taraf kemuliaan yang se-tinggi2nya dan tidak sampai ditipu oleh dunia ini.
Angka masing2 berbeda seperti Putra manusia Yesus, Elia, Henokh, Musa, Daud, Yusuf, Daniel, Simson, Hizkia dan yang bodoh2 seperti Eli, Saul, Achan dll yang buta dan binasa. Untung Simson dan Salomo masih bisa bertobat pada kesempatan terakhir.