YS165 Yes 38:20-22 Hizkia sembuh dan dapat tanda waktu dari Tuhan

YS165 Yes 38:20-22 Hizkia sembuh dan dapat tanda waktu dari Tuhan
 
YESAYA 38:20-22. HIZKIA SEMBUH DAN MENDAPAT TANDA WAKTU DARI TUHAN.
 
YES 38:20. TUHAN AKAN MENYEMBUHKAN HIZKIA.
 
TUHAN SIAP UNTUK MENYELAMATKAN SAYA, SEBAB ITU KAMI HENDAK MENYANYIKAN NYANYIAN-NYANYIAN SAYA PADA KECAPI SEPANJANG HARI HIDUP KAMI, DI DALAM RUMAH TUHAN.
Ini sebelum sembuh, dan Tuhan menambahkan 15 tahun lagi untuk Hizkia (ayat 5). Ini yang dijanjikan Tuhan, tetapi waktu itu Hizkia belum sembuh, baru janji, Tuhan siap untuk menyembuhkan. Tetapi Hizkia percaya dan mereka (Hizkia dan keluarga dan orang2nya) hendak menyanyikan nyanyian Hizkia, pada kecapi. Ini nyanyian kesembuhan sebagai berkat pertolongan Tuhan kepada Hizkia, termasuk umurnya bertambah 15 tahun.
Ada orang2 menyanyi dengan heran sesudah sembuh, atau sesudah tertolong, itu baik, kalau dengan segenap hati dan iman.tetapi tidak banyak artinya sebab semua orang bisa saja menyanyi me-muji2 Tuhan sesudah sembuh, atau sesudah tertolong; Misalnya orang Israel sebelum laut Kolsom, dikejar Firaun, tidak ada jalan selamat, mereka marah dan ber-sungut2. Tetapi sesudah lepas dari laut Kolsom mereka menyanyikan suatu nyanyian kolosal yang amat dahsyat sampai seluruh Kanaan mendengarnya. Bahkan 40 tahun kemudian waktu Israel menyerang Yerikho, mereka masih ingat kehebatan Israel dalam menyeberangi Kolsom (mungkin Israel sendiri sudah lupa, sehingga ber-sungut2 terus, kalau ingat tidak akan ber-sungut2 tetapi percaya). Nyanyian kolosal dari Miryam dan orang2 Israel dan nyanyian Musa ada dalam Kel 15. Nyanyian Musa yang percaya habis2an pada Tuhan, diulang dalam Surga Wah 15:3 inilah nyanyian kemenangan iman. Israel hanya “nunut” (mbonceng iman Musa). Jangan tunggu sudah ditolong Tuhan baru nyanyi (itu nyanyian syukur, kalau dengan segenap hati), tetapi kalau ada iman kita bisa menyanyikan nyanyian iman sebelum dan sesudah Tuhan tolong, luar biasa. Jangan hanya nyanyian syukur (kalau dengan segenap hati itu baik) tetapi juga nyanyian iman yang bisa bersyukur dan me-muji2 Tuhan sebelumnya.
Sepanjang umur hidup nyanyilah terus, nyanyian2 kemenangan iman, nyanyian pengharapan, nyanyian kasih, nyanyian syukur dan segala yang lain. Nyanyi dengan segenap hati itu seperti doa, sama kuatnya. Ingat nyanyian Berachah, yang membuat Yosafat menang luar biasa 2Taw 20:20-27. Baik di rumah, baik di dalam rumah Tuhan, nyanyilah dengan segenap hati, semua nyanyian yang digerakkan Roh Kudus baik langsung atau lewat pemimpin puji2an.
 
YES 38:21. SEMBUH DENGAN ATAU TANPA OBAT.
 
SEBAB YESAYA BERKATA: BIARLAH MEREKA MENGAMBIL GUMPALAN BUAH-BUAH ARA DAN TARUHLAH SEBAGAI PLESTER DI ATAS PEMBENGKAKAN ITU DAN IA AKAN SEMBUH.
Dalam dunia ada kesembuhan dengan segala macam pengobatan. Ada yang dengan wajar menurut hukum2 alam yang diciptakan Allah Maz 148:6. Ini termasuk kesembuhan ilmiah kedokteran. Kurang gizi, vitamin, kapur dll, ya diberi, maka tubuhnya per-lahan2 sembuh. Juga dengan operasi dll, semua itu menurut peraturan2 yang sudah ditetapkan Allah. (Ada juga kesembuhan dari iblis, ia mempunyai sedikit kuasa yang juga bisa menyembuhkan dengan izin Tuhan, kalau Tuhan tidak mengizinkan orangnya tetap tidak sembuh dan mati). Orang yang memakai kuasa iblis tentu melawan Firman Tuhan dan akan dikuasai dan dibinasakan setan, kadang2 sulit dilepaskan, sebab ikatannya kuat pada orang dosa, kecuali mau percaya pada Tuhan Yesus.
Tuhan menyediakan kesembuhan lengkap bagi umatNya yaitu kesembuhan orang dalam (oleh darahNya) dan orang luar (oleh bilurNya) 1Pet 2:24. Biasanya Tuhan melakukan keduanya, bukan hanya lahirnya lalu batinnya tetap berdosa dan masuk Neraka, itu tidak ada gunanya Mat 16:26, sebab itu kalau ada dosa, ini yang lebih dahulu dibereskan. Pada satu kali Putra manusia Yesus sebelum menyembuhkan, Ia mengampuni lebih dahulu, sehingga orang2 yang mendengarnya jadi marah, menganggap Putra manusia Yesus menghojat Allah sebab mengampuni dosa, tetapi ini betul! Mrk 2:7, Luk 5:21. Sebab itu sebelum minta kesembuhan, seharusnya kita bereskan dosa2 kita.
Kalau orang dunia, juga minta ampun dosa, tetapi yang mutlak ia harus percaya dahulu kepada Tuhan Yesus, Allah dan juru selamat manusia. Tanpa percaya Tuhan Yesus tidak ada kesembuhan lahir batin. Jangan ragu2 minta dan menerima kesembuhan, sebab itu prinsipnya sama seperti menerima keampunan dosa, itu tanpa bukti apa2, kita menerima dengan iman. Begitu juga untuk kesembuhan jasmani, dengan iman terimalah dan kalau yakin, ucapkan syukur dan bertindak dengan iman.
Ada 4 hal yang sering menjadi halangan untuk kesembuhan, yaitu:
1. Dosa. Untuk orang beriman penyakit itu biasanya karena dosa atau ujian. Sebab itu kalau ada dosa, bertobat sungguh2 dan kembali di pihak Tuhan 1Yoh 1:9-10, Yak 4:7-8 lalu lawanlah iblis dengan segenap hati, dia akan lari dari kita dengan penyakitnya. Dosa sudah diampuni, penyakit juga disembuhkan.
Seringkali orang kurang peduli akan pengampunan dosanya tetapi sangat peduli dan mengharapkan akan kesembuhannya. Keduanya penting dan perlu! Sebab itu percayalah akan keduanya, beri perhatian dan bereskan baik2 akan dosa2nya lalu percayalah untuk kesembuhannya.
2. Percaya. Orang berdosa harus percaya lebih dahulu kepada Tuhan Yesus. Percayalah Dia Allah yang mengampuni dan menyembuhkan. Orang percaya kadang2 kurang percaya, sebab itu berdoalah terus dalam Roh dan kebenaran sampai imannya menjadi kuat dan bertindaklah.
3. Menunggu. Kadang2 kita harus menunggu sebab ada maksud tertentu dari Tuhan. Misalnya sesudah menang/ lulus ujian, baru Tuhan memberi kesembuhannya. Orang2 kusta yang didoakan Tuhan, berjalan pulang dahulu baru kemudian di tengah jalan sembuh Luk 17:14. Biasanya kesembuhan yang dibuat Putra manusia Yesus selalu langsung, hanya beberapa yang menunggu. Percayalah, sambil periksa diri dan bereskan hidup rohani ini supaya betul2 sembuh di hadapan Tuhan.
4. Obat. Dengan kemajuan tehnologi medis, maka obat, operasi dll itu memberi harapan yang lebih besar untuk kesembuhan dan banyak orang beriman memakainya bahkan itu sudah jadi cara hidupnya sehingga sakit berarti dokter dan obat. Memakai dokter dan obat dalam arti ilmiah tidak dilarang, tetapi jangan harap pada dokter atau obat, bisa terkutuk Yer 17:5. Kita bisa memakai obat dalam arti:
a. Sebagai hal yang wajar. Kalau lapar obatnya makan. Kalau sakit kurang vitamin atau zat2 tertentu, kita makan vitamin dll sehingga sembuh. Hal ini wajar, sebab dengan makan kita berharap jadi kenyang dan kita bersyukur pada Tuhan sudah memberinya bagi kita.
b. Tuhan bisa menyembuhkan dengan atau tanpa obat. Kesembuhan dan umur kita ada dalam tangan Tuhan. Mata yang buta disembuhkan dengan lumpur dari ludah Putra manusia Yesus dan dicuci di kolam Siloam. Hizkia disembuhkan dengan gumpalan buah ara. Orang2 yang keracunan oleh buah anggur hutan (hantal)  disembuhkan Tuhan (lewat Elisa) dengan tepung, dst. Semua ini di hadapan Allah tidak ada artinya, seperti tanah. Sebab tanpa semua ini Dia dapat menyembuhkan! Yang penting adalah percaya sungguh2 dan harap Tuhan, bertobat kalau berdosa, tanya maksud Tuhan mengapa semua ini terjadi.
Sebab itu jangan berharap pada obat dll tetapi harap dan percaya pada Tuhan. Kita boleh mencari dokter yang tepat, tetapi kalau tidak ada, harap Tuhan dan tanya Tuhan, Tuhan bisa pakai semuanya. Seringkali kita ditarik oleh akal kita dan berharap pada manusia. Sebab itu dalam memakai obat bersikap dan berharaplah pada Tuhan se-olah2 kita tidak memakainya sama sekali dan hanya bergantung pada Tuhan, sungguh2 berdoa, menambah iman, memeriksa diri dan berharap padaNya.
Kita mengharapkan supaya iman kita makin kuat, pengertian tentang kesembuhan ilahi makin jelas dan kuasa kesembuhan Allah dinyatakan makin limpah, lebih2 dengan pencurahan Hujan akhir dan akhir zaman. Harapkan, sebab sekarangpun hal ini sudah diberikan Tuhan dengan limpah tergantung iman kita, jangan menunggu Minggu ke-70 Daniel. Kesembuhan ilahi banyak diperlukan semua umat Tuhan dan sangat efektif dalam penginjilan. Semua orang percaya bisa dipakai untuk kesembuhan Mrk 16:17 sebagai tanda2 orang percaya selain sebagai karunia 1Kor 12:9 dan jabatan penyembuh 1Kor 12:28. Juga ini menguatkan orang yang melayani itu sendiri, percayalah dan berdoalah terus dalam Roh dan kebenaran. Kita mengharapkan kesembuhan dan terus melatih tetapi sebaliknya jangan mencobai Tuhan. Kalau bisa ditolong dengan makanan dan obat2an tertentu dan tersedia, jangan sombong atautertuduh untuk memakainya, tetapi tetap harap Tuhan, sebab sesungguhnya yang menyembuhkan itu Tuhan bukan gumpalan2 buah Ara. Lebih2 yang sudah mau masuk rumah sakit, minta pimpinan Roh sesuai dengan Firman Tuhan,jangan dengan tidak se-mena2 menolak minum obat. Lebih baik jangan masuk rumah sakit, supaya tidak tampak aneh atau menantang, sebab untuk apa masuk rumah sakit kalau tidak mau minum obatnya.
YES 38:22. TANDA HIZKIA, TANDA WAKTU DARI TUHAN.
 
HIZKIA JUGA BERKATA: APAKAH TANDANYA, BAHWA SAYA AKAN NAIK KE RUMAH TUHAN?
Mengapa Hizkia diberi tanda ini? Ini adalah tanda khusus bagi Hizkia dan Yerusalem, umat Tuhan, yang mempunyai arti nubuat untuk kita jugaGereja yaitu tubuh Kristus, umat Tuhan di akhir zaman.
Tanda untuk Hizkia, adalah tanda waktu pada ukuran waktu matahari dari Ahaz.
Dikatakan disini bahwa mataharinya tiba2 kembali 10 anak tangga (bandingkan waktu Yusak, matahari berhenti 1 hari penuh Yus 10:12-13. Kalau ini bisa terjadi, tentunya mengembalikanmatahari 10 anak tangga juga bisa terjadi).
Tanda ini meneguhkan kesembuhan Hizkia dan memberinya kesempatan 15 tahun untuk hidup lagi.
Pada akhir zaman, karena waktunya makin dekat maka perhitungannya makin teliti, sebab ini diperlukan dalam kemajuan tehnologi, misalnya dalam komputer, pesawat terbang, sekolah dll, semua seperti berjalan di atas “lopende band = jalan berjalan sehingga manusia bisa mencapai lebih banyak dengan lebih efektif dalam segala bidang.
Begitu juga dengan Gereja Tuhan, tubuh Kristus yang adalah proyek dari Allah yang maha kuasa. Tuhan juga memberi tanda waktu yang ajaib, sehingga Gereja Tuhan bisa memakai waktu dengan sangat efisien, lebih dari dunia; sebab ituapa yang mustahil zaman dahulu bisa terjadi dengan mudah pada akhir zaman, lebih2 dalam Minggu ke-70 Daniel. Tanda waktu dari Tuhan untuk Gereja itu bisa kita kerjakan sesuai dengan nubuat Firman Tuhan yang terdiri dari:
1. Menebus waktu Ef 5:16, tidak semua orang bisa atau mau mengerjakan ini. Tetapi orang2 yang rindu bekerjasama dengan Tuhan untuk menyelesaikan beban, tugas dan rencana Allah (misalnya seperti Paulus Kis 20:24, 2Tim 4:6-7), maka ia akan berusaha mengorbankan hal2 yang kurang berfaedah, yang fana, untuk bisa menebus waktu.
Sebab ternyata, orang2 zaman dahulu kala, waktu mereka bisa hidup samapi 1000 tahun (dari Adam sampai Nuh, Nuh hidup 950 tahun) mereka belum bisa mencapai kesempurnaan rencana Allah (kecuali Henokh dan Elia (dan Musa), bahkan mereka ber-tambah2 dalam dosa sehingga dibinasakan Tuhan dengan air bah. Apalagi kita zaman sekarang yang hanya mempunyai waktu 70-80 tahun Maz 90:10. Tanpa tanda waktu dari Tuhan, kita tidak akan bisa menyelesaikan rencana kesempurnaan Allah.
2. Dengan mujizat Allah. Kis 8:40. Misalnya: Pilipus dalam detik yang sama bisa pindah dari jalan sunyi ke Gaza, tahu2 ada di Asdod. Kis 8:40.
Juga pada waktu Tuhan Yesus berjalan di atas air, lalu naik ke dalam perahu, perahu itu tiba2 sudah smpai di tepi. Yoh 6:21.
Gereja Tuhan di akhir zaman juga akan mengalami mujizat tanda waktu ini. Tuhan akan menolong kita dengan waktu, sebab kita harus menyelesaikan rencana Allah dalam waktu yang sangat cepat.
3. Dengan berjalan dalam Roh Rom 8:14 seperti Putra manusia Yesus Luk 4:1,18, maka kita bisa menghemat memakai waktu dengan sangat teliti dan tepat,sehingga kita bisa menyelesaikan rencana Allah dengan penuh dan sempurna. Putra manusia menjadi ukuran dan contoh dan jalan untuk Gereja. Kepala tubuh adalah Kristus yang dalam waktu 3,5 tahun dalam pelayanan menjadi sempurna, sehingga Ia bisa mengatakan sudah genap atau sudah selesai Yoh 19:30. Begitu juga manusia yang mula2 gagal dengan 1000 tahun, tetapi orang2 yang ada Kristus di dalamnya, dalam Minggu ke-70 Daniel bisa mencapai dn mengalami seperti Kristus.
Tuhan memberi tanda waktu bagi Hizkia, begitu juga sekarang dengan 3 cara ini Tuhan memberi juga tanda waktu yang ajaib bagi Gereja, yaitu orang2 yang mau berjalan di dalam RohNya (seperti ligabis), sebab Allah tidak dikuasai waktu tetapi menguasai waktu. Begitu Allah akan menolong kita asal kita mau taat dipimpin RohNya.
4. 10 anak tangga.
Mengapa disini disebut 10 tapak atau anak tangga? Padahal Hizkia mendapat lagi 15 tahun. Mengapa tidak 15 anak tangga?
10 menceritakan Firman Tuhan (10 hukum Taurat). Ini tanda yang diberikan yaitu hukum atau Firman Tuhan. Firman Tuhan akan terbuka sehingga kita bisa mengerti, kita bisa melihat tanda2 yang terjadi di dunia. Oleh pekerjaan Roh Kudus dan pembukaan Firman Tuhan, kita akan mengerti rahasia akhir zaman, lebih2 tentang waktu, sehingga kita bisa menyelesaikan semua rencana Allah pada waktunya. Sungguh mustahil untuk bisa jadi sempurna atau menyelesaikan rencana Allah sekalipun kita bisa hidup 1000 tahun (seperti orang2 zaman Adam sampai Nuh),   apalagi kita yang hanya hidup 70-80 tahun, dengan cara2 yang biasa, tidak cukup, tidak bisa masuk dalam rencana kesempurnaan Allah, harus dengan cara ilahi, dengan tanda waktu dari Tuhan seperti tanda Hizkia yang ajaib ini!
Cara ilahi di dalam Kristus. Dengan mujizat tanda waktu (yaitu kalau kita sepenuhnya dipimpin Roh), maka dengan pertolongan Roh Kudus dan Firman Allah, kita akan bisa menyelesaikan rencana Allah dalam hidup kita yang pendek ini,yaitu dalam tubuh Kristus global.
Ada banyak segi, bahkan semua segi hidup dan pelayanan akan ditingkatkan, seperti persatuan, lihat Yoh 17:23, dengan persekutuan tubuh Kristus dll, juga dengan tanda waktu Hizkia, rahasia percepatan yang besar dan efisien.
Contoh dan jalan bagi kita: Hidup Putra manusia Yesus.
Tuhan Yesus dipimpin Roh bisa menyelesaikan rencana Allah dengan sempurna dalam 3,5 tahun. Ini adalah tanda waktu, mujizat waktu dari Allah, sehingga dalam ukuran waktu ini,Tuhan Yesus menjadi jalan dan contoh serta ukuran waktu dari Gereja Tuhan di akhir zaman juga. Dengan cara ini juga Gereja akan dapat menyelesaikan rencana Allah yang mustahil bagi manusia (tetapi tidak mustahil bagi Allah) dalam 3,5 tahun. Inilah tanda waktu dari Tuhan. Hal2 yang mustahil dilakukan oleh nenek moyang kita dalam 1000 tahun, bisa diselesaikan Putra manusia Yesus dalam 3,5 tahun pelayananNya dan juga Gereja kalau menjadi satu dengan Kristus 1Kor 6:17 (yang terdiri dari kepala = Tuhan Yesus dan tubuh = Gereja)akan ikut meniru seperti Kristus (1Kor 11:1) yaitu juga dalam 3,5 tahun pelayanan akan menjadi sempurna, seperti yang dinubuatkan Firman Tuhan dalam Dan 9:27 dan Wah 11:2. Pada waktu ini (dalam 3,5 tahun I dari Minggu ke-70 Daniel) akan ada Hujan akhir yang begitu limpah Kel 11:14, Kis 2:17 dan pembukaan Firman Tuhan sampai tuntas semua Mat 10:26-27 sehingga Gereja Tuhan dapat menyelesaikan rencana Allah, masuk dalam kesempurnaan dan semua angka2 kedatangan Tuhan diselesaikan dalam 3,5 tahun, lalu Tuhan Yesus datang, luar biasa!
Sekarang ini untuk hidup suci saja sulit, sehingga orang2 mencari Gereja yang tidak perlu kesucian, hanya berkat dan sukacita dalam anugerah Tuhan, selamat tanpa sengsara (ini berarti hanya setengah betul dan tentu itu salah) Pil 1:29, Kis 14:22, Luk 9:23, 2Tim 3:12 dst. Sulit, sebab mustahil bisa hidup suci dalam kubangan atau tsunami dosa yang adadi mana2 di seluruh dunia sekarang ini. Tetapi jangan ragu2, sebab bukan hanya dosa akan meningkat sampai puncak2nya Wah 22:11, tetapi juga kesucian akan terus meningkat sampai puncak2nya, sampai rencana Allah selesai dan “sudah genap” seperti yang satu kali akan dikatakan Allah dalam Wah 21:6. Allah tidak pernah gagal, semua FirmanNya pasti jadi Luk 1:37. Orang yang percaya dan hidup dalam kesucian di jalan sempit, meskipun dalam banyak sengsara dan air mata, Gerejaakan ikut dalam rencana Allah.Jangan menyerah, jangan putus asa, sebab rencana Allah akan digenapkan, mulai sekarang!
Sekarang kita sudah harus bisa hidup dalam kesucian dan melakukan kehendak Allah seperti ligabis (Lima Gadis Bijaksana)(yaitu hidup dalam kesucian terus menerus, tidak sebentar dalam kesucian, sebentar dalam daging seperti lima gadis bodoh). Kalau hanya penuh Roh Kudus tetapi tidak hidup dalam kesucian dan melakukan kehendak Allah, itu seperti ligabo yang akan tertinggal. Kalau kita sudah bersedia sekarang Mat 24:42, maka kita bisa ikut serta dalam proyek penamatan Allah yang heran. Sebab itu ber-ulang2 Tuhan Yesus berkata bahwa kita harus ber-jaga2 Luk 21:36. Maka orang2 dan Gereja yang bersedia, akan bisa tahan dalam 3,5 tahun I; tetap percaya dan setia, bisa mengalami tanda waktu Hizkia ini, sehingga bisa terus bertumbuh, ber-tambah2 dalam kesucian sampai puncak2nya, sehingga menjadi sempurna seperti Kristus,menggenapi rencana Allah terakhir yang ajaib. Yang mustahil akan digenapkan.
CARA ELIA DISEMPURNAKAN.
Dalam zaman ini kadang2 orang beriman mengeluh dan putus asaseperti Elia minta mati, sebab siapa yang bisa tahan? 1Raj 19:4. Akan ada banyak orang yang menangis seperti Elia sebab tidak tahan. Tetapi orang2 yang menangis karena salib, Mezbah, penyangkalan diri ini akan ditolong Roh Kudus seperti Elia.
Ini tanda waktu yang diberi Tuhan, sebab khususdiperlukan untuk Gereja akhir zaman (dalam Hujan akhir)supaya tetap teguh dan tidak goyah untuk tumbuh dan maju terus dalam kesucian sampai sempurna.
Kita harus bersedia sekarang dalam segala segi hidup, termasuk harus memakai tanda waktu dari Tuhan (seperti Hizkia) supaya bisa masuk dalam kesempurnaan rencana Allah. Hizkia dapat tanda waktu ini untuk meneguhkan janji Allah untuk kesembuhanHizkia, dan ia bebas dari Asyur dan Yerusalem tetap merdeka, dilindungi Tuhan sampai Yerusalem berubah menjadi Yerusalem baru yang sempurna. Ini betul2 digenapkan, Israel yang hancur dan habis oleh Asyur, tetapi Yehuda, tetap teguh (hanya sayang karena kebodohan Hizkia, maka Babil kemudian datang mengalahkan dan menjarah Yehuda dan menawan turunannya menjadi sida2 di Babil. Oleh karena itu Yerusalem tidak dikalahkan Asyur tetapi dikalahkan Babil sebab kebodohan Hizkia. Memang yang terbaik, Tuhan menyuruh Hizkia mati, sebab melihat kebodohan Hizkia, tetapi Allah yang maha tahu masih membiarkannya hidup 15 tahun lagi, sebab selain Hizkia, juga Zedekia yang undur dari Tuhan, ikut menentukan kehancuran Yerusalem. Yerusalem jasmani gagal, tetapi Yerusalem rohani akan berhasil menjadi Yerusalem baru.
 
uk me� ;t �� � man Tuhan) dan lebih kuat (dengan lebih banyak berdoa) supaya kita bisa tahan lebih banyak sengsara karena Tuhan sehingga meningkat lebih tinggi, lebih indah, lebih mulia sebab semua itu untuk kekal. Jangan mudah menyerah. Kesulitan yang sebentar akan mengerjakan kemuliaan yang limpah dan penuh 2Kor 4:17.
 
 
YES 38:l7. HIZKIA SADAR KEKURANGANNYA DAN MELIHAT KASIH ALLAH.
 
LIHATLAH, UNTUK SEJAHTERA SAYA MENDAPATKAN KEPAHITAN YANG BESAR. TETAPI DENGAN KASIH ENGKAU MELEPASKAN JIWAKU DARI LUBANG KEBINASAAN. SEBAB ENGKAU SUDAH MEMBUANG SEMUA DOSA SAYA DI BELAKANG PUNGGUNG MU.
Sekarang Hizkia mulai melihat kekurangan dan salahnya dan yakin akan kasih Allah yang membuang semua dosanya jauh di belakang Tuhan dan melepaskan jiwanya dari lubang kebinasaan (tempat orang berdosa). Ia bersyukur, dan sekarang mulai bisa menerima kepahitan yang besar. Ia mulai bisa melihat bahwa sengsara dan penderitaan karena kebenaran itu tidak sia2, mendatangkan sejahtera. Kalau kita makin mahir menderita sengsara karena Kristus, tanpa bereaksi dosa atau ber-sungut2 maka hasilnya akan jadi indah2, sejahtera, kemuliaan, peningkatan yang besar. Jangan takut, tidak ada yang kebetulan dan tidak akan lebih dari kekuatan kita. Kalau kita makin tekun berdoa lebih2 dalam Roh dan kebenaran, maka kekuatan kita makin besar dan pencobaan itu makin ringan, hasil ujian kita makin tinggi dan ini berarti kemuliaan kekal di Surga meningkat, juga yang di dunia makin indah.
 
YES 38:18. TIDAK ADA YANG BISA DIKERJAKAN DALAM KUBUR.
 
SEBAB KUBURAN TIDAK BISA MEMUJI ENGKAU, KEMATIAN TIDAK BISA MERAYAKAN DIKAU. MEREKA YANG TURUN KE LUBANG, TIDAK BISA BERHARAP KEBENARANMU.
Semua berhenti waktu mati, meskipun tugas dan pelayanan kita belum selesai seperti Paulus 2Tim 4:6-7, semua harus berhenti. Hizkia melihat dari segi ini, ini betul, tetapi ia tidak tahu bahwa Tuhan yang maha tahu melihat hal2 yang jelek kalau ia tetap hidup. Sebab itu kita harus tumbuh sambil makin mahir pikul salib, jangan berdosa dan terus ditingkatkan segala segi. Elia dibiarkan (bahkan didorong untuk hidup) sebab ia sudah mati dari semuanya seperti Paulus Gal 6:14, sudah dikosongkan dari segala perkara2 dunia yang fana apalagi yang jahat Pil 2:7, sebab itu terus dibersihkan sehingga tidak bercacat cela seperti Yusuf, Elia, Putra manusia Yesus itu sangat indah. Ef 5:26-27 sampai tidak bercacat cela sehingga meskipun hidup terus, Elia tetap dalam kesucian bahkan bisa tumbuh menjadi sempurna. Tingkatkan nilai rohani kita se-tinggi2nya seperti Elia, Henokh, Putra manusia Yesus dll.
 
YES 38:19. HIDUP ITU SUATU KESEMPATAN.
 
YANG HIDUP, YANG HIDUP, IA YANG AKAN MEMUJI-MUJI ENGKAU, SEPERTI YANG SAYA PERBUAT HARI INI, BAPA AKAN MEMASYURKAN KEBENARANMU KEPADA PUTRA-PUTRANYA.
Kalau orang sudah (akan mati atau) mati, makamatanya celik, ia akan bisa melihat keindahan dari orang hidup. Hizkia rasa2nya ber-teriak2, yang hidup, yang hidup, luar biasa, itu suatu kesempatan yang besar untuk bisa berbuat banyak hal yang kekal, investasi yang menguntungkan untuk kekal. Belajar Firman Tuhan dan penuh pengurapan Roh Kudus supaya kita bisa melihat seperti Hizkia yang hampir mati ini, begitu indah dan gilang gemilang hidup ini. Bisa hidup dan me-muji2 Tuhan, itu luar biasa, dan memasyurkan kebenaran Allah (bersaksi, mem-bagi2 makanan rohani, mendidik orang lain dst) suatu kesempatan yang indah, sebab itu seperti keledai Isachar, bergairahlah untuk perkara2 kekal yang akan datang, jangan buang kesempatan, pakai setiap menit untuk yang kekal. Lebih lama kita hidup, lebih indah, jangan2 kita bisa sampai dalam kesempurnaan rencana Allah yang tinggi dan mulia itu.
 
KESIMPULAN.
Pergumulan Hizkia (mungkin sudah mulai sebelum ia diberitahu akan mati oleh Hizkia, sebab borok2nya jahat), penderitaan ini membuat pergumulan dalam hatinya dan ini dituliskan untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita bisa hidup dengan betul dan efisien memakai semua kesempatan hidup yang kita miliki dari Tuhan.
Jangan tunggu terlambat seperti orang kaya (dan Lazarus) yang sudah tidak bisa kembali, betul ia sekarang mengerti ke-sia2annya tetapi terlambat. Oleh Firman Tuhan dan Roh Kudus kita bisa dididik dan dicelikkan sehingga bisa melihat hidup ini sebagai kesempatan besar untuk mencapai taraf kemuliaan yang se-tinggi2nya dan tidak sampai ditipu oleh dunia ini.
Angka masing2 berbeda seperti Putra manusia Yesus, Elia, Henokh, Musa, Daud, Yusuf, Daniel, Simson, Hizkia dan yang bodoh2 seperti Eli, Saul, Achan dll yang buta dan binasa. Untung Simson dan Salomo masih bisa bertobat pada kesempatan terakhir.