YS164 Yes 38:9-19 Isi hati Hizkia dalam kesedihan

 
YESAYA 38:9-19. ISI HATI HIZKIA DALAM KESEDIHAN.
YES 38:9. TULISAN HIZKIA.
 
TULISAN HIZKIA, RAJA YEHUDA, KETIKA IA SAKIT DAN SEMBUH DARI PENYAKITNYA.
Ketika ia sakit dan sembuh. Ia sangat susah dan pada waktu belum tertolong atau belum dijawab Tuhan, kita lihat isi hatinya dicurahkan. Kesusahan ini sebetulnya adalah reaksi yang salah dari Hizkia. Kalau Hizkia menyerah dan taat kepada Tuhan, ia mati bahagia sebab menerima kemuliaan. Memang ia ingin hidup dan akhirnya diluluskan oleh Tuhan, tetapi ia menimbulkan malapetaka bagi bangsa Yehuda dan pada turunannya. Yehuda bebas dari Asyur tetapi sekarang akan dihancurkan dan dijaraholeh Babil, meskipun bukan dalam zamannya tetapi dalam zaman Zedekia yang memang waktu itu hidup tidak memperkenankan Allah. Tetapi turunannya yaitu Dan dkk ditawan dan menjadi sida2 di Israel, suatu hidup yang dibuat cacat oleh karena kesalahan Hizkia, yang mungkin tidak akan ada kalau Hizkia mati. Tetapi Tuhan adil, sekalipun sebagai akibat dari Hizkia tetapi orang yang menerimanya itu memang sudah sepantasnya mengalami atau sebagai ujian dengan kemuliaan sesuai berat ujiannya Yer 15:2.
 
YES 38:10. UMUR DIPOTONG?
 
SAYA BERKATA TENTANG PEMOTONGAN HARI2 SAYA, BAHWA SAYA AKAN PERGI KE GERBANG SHEOL; SISA-SISA TAHUNKU DICABUT DARIPADAKU.
Apakah umur Hizkia dipotong Tuhan? Tidak jelas, mungkin juga ya. Tetapi oleh karena dosa umur bisa dipotong seperti umur dari 250 orang yang membawa pedupaan tembaga dan Korah cs; Umur mereka  dipotong karena dosa.
Ada juga pemotongan umur dengan maksud yang baik seperti putra Yerobeam supaya jangan jadi celaka sehingga mati muda dan putranya iniselamat 1Raj 14:13. Mungkinkah ini juga rencana Allah pada Hizkia? Rencana Allah pada orang2 Israel dibatalkan Musa, tetapi mereka tetap akan mati di padang belantara dan tidak bisa masuk Kanaan Kel 32:10-14.
 
YES 38:11. DUNIA ORANG MATI (alam berzakh).
 
SAYA BERKATA, SAYA TIDAK AKAN MELIHAT TUHAN, BAHKAN TUHAN DI NEGERI ORANG HIDUP; SAYA TIDAK AKAN MELIHAT MANUSIA LAGI DAN SEGALA PENDUDUK DUNIA INI.
Dalam zaman Hizkia, orang mati masih ditawan di dunia bagian bawah. Baru sesudah Tuhan Yesus mati di salib, menebus dosa manusia, mereka lepas dari tawanan iblis dan dibawa naik ke atas Ef 4:8-10. Mungkin Hizkia ada disini kecuali Abraham, Ishak, Yacob yang menyandang Nama Allah. Tetapi sebab doanya ia tertunda 15 tahun, tetapi akhirnya toh masuk disini. Pasti iblis tidak berhak mengganggunya, lalu apa yang mereka perbuat? (Kita masih harus menemukan ayat2 lain yang menjelaskannya). Pasti ada sukacita sebab rencana Allah sudah mereka ketahui dan pasti mereka akan dimerdekakan. Meskipun di bawah (seperti orang kaya dan Lazarus) mereka bisa melihat isi Surga dan itu menghibur dan menyukakan hati mereka. Mereka tidak lagi melihat orang hidup dan pekerjaan Tuhan di negeri orang hidup seperti sebelum mati, sebab sekarang mereka tidak bisa ikut serta berinteraksi dengan orang hidup. Orang kaya itu bisa melihat saudara2nya dan menjadi bijak, minta Lazarus menginjili  mereka tetapi ditolak Abraham.
Sekarang kita tidak bisa melihat seperti Hizkia (dalam tempat tawanan, ia pasti bisa melihat lebih baik daripada orang kaya yang menderita dalam Neraka). Kita sekarang belum melihat Surga dan Neraka, seperti Hizkia dahulu, tetapi dengan iman kita sudah melihat dan harus berjalan dengan iman, hidup berkenan pada Tuhan, sebab meskipun belum melihat Surga Neraka dengan mata kepala sendiri, tetapi dengan iman kita sudah melihat dalam Alkitab. (Banyak penglihatan tentang Surga Neraka, jangan terlalu percaya, cocokkan dengan Firman Tuhan; lebih baik lakukanlah seperti apa yang ditunjukkan dalam Alkitab, itu pasti betul Yoh 17:17.
 
YES 38:12. UMUR HABIS.
 
UMUR SAYA SUDAH PERGI DAN DIPINDAHKAN DARIPADAKU SEPERTI TENDA GEMBALA; SAYA DIPUTUSKAN SEPERTI PETENUN, BEGITULAH HIDUP SAYA. IA HENDAK MEMUTUSKAN SAYA  SEPERTI BENANG TENUNAN*, DARI SIANG SAMPAI MALAM, ENGKAU HENDAK MENGAKHIRI SAYA.
(* Weaver).
(*K: with pining sickness).
 
UMUR SAYA SUDAH PERGI.
Heran umur bisa pergi dari kita se-waktu2, sebab itu siaplah menghadap Tuhan Amos 4:12. Untuk orang2 tua waktunya lebih dekat, tetapi yang muda jangan spekulasi, bisa tiba2 hilang apalagi kalau tidak mau bertobat. Kita perlu mengerti dan mempercayai juga bisa mengalami hidup dengan mata yang celik. Sebab hidup bersedia dengan sungguh2 itu amat indah.
Orang yang hidup benar, betul di jalan sempit dan pikul salib, ia ada dalam rencana Allah yang sangat indah seperti Daud, Yusuf, Daniel, Abraham dll. Rencana Allah itu sangat indah, memang dicampuri banyak penderitaan, tetapi itu pengolahan, supaya kita meningkat setinggi mungkin dalam kemuliaan Allah dan ber-buah2 sebanyak mungkin.
 
DAN DIPINDAHKAN DARIPADAKU SEPERTI TENDA GEMBALA.
Paulus mengatakan yang sama dalam 2Kor 5:1, sebab hidup kita di dunia ini seperti tenda dan hidup di Surga seperti rumah yang kekal. Sadarlah akan hal ini, pakailah dunia ini seperti orang yang tidak memakai 2Kor 7:31 dan jangan terikat, jangan sampai jadi dosa, tetapi kesukaran ini (sebab harus hidup benar, berkenan pada Allah dalam dunia yang tidak enak untuk rohani kita = salib) menjadi pengolahan untuk kemuliaan dan pahala yang kekal Rom 7:18-19.
 
SAYA DIPUTUSKAN SEPERTI PETENUN, BEGITULAH HIDUP SAYA. IA HENDAK MEMUTUSKAN SAYA SEPERTI BENANG TENUNAN.
Petenun itu pada satu saat memutuskan benang2nya atau ia harus berhenti dan pergi istirahat atau melakukan yang lain. Semua hidup di dunia ini fana, jangan bodoh, melekat dan mengejar yang fana. Tetapi pakai yang fana untuk menghasilkan yang kekal.
 
DARI SIANG SAMPAI MALAM, ENGKAU HENDAK MENGAKHIRI SAYA.
Sebab Hizkia tidak mengerti, ia merasa seperti dikejar dan mau diputuskan umurnya, itu bertentangan dengan kehendaknya sendiri. Sebetulnya Tuhan itu kasih, memberi yang terbaik bagi Hizkia. Berdoalah ber-tanya2 akan Tuhan 1Taw 16:11. Kalau tidak ada dosa, pasti semua yang Tuhan buat itu ada maksud yang baik bagi kita. Percayalah dan bersukacita, Allah pasti betul, jujur, baik, cinta, tidak mungkin Ia hendak menghancurkan kita, bersukacitalah Pil 4:4.
 
YES 38:13. SINGA YANG MEMATAHKAN SEMUA TULANG2 SAYA.
 
SAYA MEMPERTIMBANGKAN SAMPAI PAGI;  SEPERTI SEEKOR SINGA, BEGITULAH IA AKAN MEMATAHKAN SEMUA TULANG-TULANG SAYA; DARI SIANG SAMPAI MALAM, ENGKAU AKAN MENGAKHIRI SAYA.
Apakah betul Tuhan itu seperti singa yang menerkam lalu mematahkan semua tulang2 kita? Pasti tidak!
Memang orang yang tidak mengerti, tampaknya Tuhan begitu “jahat”, seperti yang dialami Ayub habis2an. Sampai teman2nya mengira ia dihukum berat oleh Allah, padahal itu ujian. Juga Yusuf, Daud dan kita, bisa saja mengalami banyak penderitaan, tetapi semua itu sudah diukur Tuhan tidak lebih dari kekuatan kita dan kalau lulus ia akan menjadi sangat mulia seperti Ayub, Yusuf, Daud dll. Yang penting sebagai dalil, jangan menyalahkan Allah, Allah tidak pernah salah, jahat, kejam dsb. Ay 34:12, Maz 34:9.Kalau kesan kita demikian itu berarti pandangan kita salah atau ditipu oleh iblis. Orang yang yakin Allah itu baik dan maha kuasa akan menemukan pikiran, pandangan dan jalan yang betul sehingga akhirnya mengalami hidup yang indah dan luar biasa dibalik sengsaranya yang besar, sebab Allah itu baik dan segala perbuatanNya tidak ada yang salah.
 
YES 38:14. ORANG YANG MENDERITA DAN TERTEKAN.
 
SEPERTI BURUNG BANGAU ATAU LAYANG-LAYANG BEGITULAH SAYA MENGOCEH. SAYA MERATAP SEPERTI BURUNG MERPATI: MATA SAYA MEMANDANG KE ATAS DENGAN SIA-SIA. O TUHAN, SAYA TERTEKAN, LEPASKANLAH SAYA
(L,M: TEBUS; B: JAMIN, KJ: UNDERTAKE).
Hizkia mengambil contoh burung bangau dan burung layang2 (kombinasi ini hanya dalam 2 ayat + Yer 8:7) dan Hizkia begitu mengasihani diri sendiri, se-olah2 Allah salah dan jahat, Ia merasa tertekan dan minta dilepaskan. Putra manusia Yesus justru sebaliknya, meskipun doaNya tidak dijawab, Ia tetap pergi minum cawan Bapa dengan sukacita tidak mau dibela pedang Petrus dan akhirnya menjadi sempurna (sebagai manusia). Yusuf juga selalu bergembira sekalipun penderitaannya banyak dan akhirnya mengalami rencana Allah dengan penuh, sangat indah, sampai kekal.
Daud beberapa kali merasa tidak kuat dan pernahlari ke Filistin, tetapi ia segera kembali sebab dipanggil kembali dan tetap bertahan. Akhirnya sangat indah!Jangan putus asa. Seperti Elia, terus berdoa dan makan Firman Tuhan dan miliki pikiran dan pendirian yang betul, bahwa Allah tidak pernah salah.
Penderitaan2 yang berat itu biasanya untuk orang2 yang rohani (bisa ujian tingkat tinggi) dan kalau lulus, hasilnya luar biasa. Semua orang2 besar Tuhan harus mengalami pengolahan dan ujian tingkat tinggi, hasilya sangat indah. Jangan ragu2, tetapi sukalah memeriksa diri seperti Daud Maz 139:23-24 supaya jangan kita keliru atau salah lalu menyalahkan Allah, tetapi bisa tahan, lulus dan mulia.
 
YES 38:15. KEPAHITAN JIWANYA.
 
APAKAH YANG AKAN KUKATAKAN? IA BERKATA-KATA KEPADA SAYA DAN DIA SENDIRI YANG SUDAH MELAKUKANNYA. SAYA AKAN PERGI DENGAN PERLAHAN-LAHAN DALAM SEMUA TAHUN-TAHUNKU DALAM KEPAHITAN DARI JIWAKU.
Hizkia merasakan jiwanya sangat pahit karena Tuhan yang melakukannya seperti pada Ayub, tetapi Ayub tidak bicara seperti ini, hanya ia menyesali kelahirannya Ay 3:3-4. Tetapi Ayub tetap harap Tuhan sekalipun Tuhan akanmembunuhnya Ay 13:15. Hampir semua yang mengalami kepahitan merasa seperti Ayub, Elia, Hizkia tetapi Elia lulus dan jadi sempurna. Ayub diberkati Tuhan dua kali lipat, tetapi Hizkia membuat kesalahan yang besar untuk turunannya. Angka yang dihasilkanber-beda2, mungkin 90-100 untuk Elia, 80-90 untuk Ayub dan 70-80 untuk Hizkia. Putra manusia Yesus dapat angka 100 sebab Ia tidak minta mati (sebagai manusia) tetapi mau melakukan apa yang pahit dan yang tidak disukaiNya (Yoh 21:18) dengan senang hati, sebab itu Ia lulus dengan angka 100. Orang yang mahir pikul salib dan lulus, ia yang akan mengalami kemuliaan dan angka yang se-tinggi2nya. Sebab itu jangan menyalahkan Allah dan percayalah meskipun belum mengerti mengapa kita menderita begitu banyak, sebabTuhan itu baik dan penuh kasih, paling sedikit ini ujian. Kita harus  belajar makin mahir menanggung sengsara Kristus seperti Putra manusia Yes 53:3. Ini kemenangan yang menghasilkan keindahan dan kemuliaan yang kekal.
 
YES 38:16. PULIHKAN DAN HIDUPKAN SAYA.
 
O TUHAN, OLEH HAL-HAL INI, MANUSIA HIDUP, DAN DALAM SEMUA HAL INI ADALAH KEHIDUPAN ROH SAYA. DEMIKIANLAH, ENGKAU AKAN MEMULIHKAN SAYA DAN MEMBUAT SAYA HIDUP.
Hizkia yang memang benar di hadapan Tuhan (meskipun ada sedikit kelemahan dan kekurangannya dalam menghadapi raja Asyur) tetapi ia masih cukup baik dan bagaimanapun mengharap Tuhan memulihkan dan menghidupkannya. Memang tidak semua orang sama mutunya, tetapi Allah yang adil dan murah menolong masing2 kita untuk bertekun dan akhirnya bisa tahan segala kesukaran. Sebab itu Tuhan membawa Hizkia pulang (dipotong umurnya?), sebab Tuhan melihat masih ada kelemahan2 yang akan dibuatnya. Betapa indah kalau kita berusaha dengan lebih sungguh2 untuk mengerti (dari Firman Tuhan) dan lebih kuat (dengan lebih banyak berdoa) supaya kita bisa tahan lebih banyak sengsara karena Tuhan sehingga meningkat lebih tinggi, lebih indah, lebih mulia sebab semua itu untuk kekal. Jangan mudah menyerah. Kesulitan yang sebentar akan mengerjakan kemuliaan yang limpah dan penuh 2Kor 4:17.
 
YES 38:l7. HIZKIA SADAR KEKURANGANNYA DAN MELIHAT KASIH ALLAH.
 
LIHATLAH, UNTUK SEJAHTERA SAYA MENDAPATKAN KEPAHITAN YANG BESAR. TETAPI DENGAN KASIH ENGKAU MELEPASKAN JIWAKU DARI LUBANG KEBINASAAN. SEBAB ENGKAU SUDAH MEMBUANG SEMUA DOSA SAYA DI BELAKANG PUNGGUNG MU.
Sekarang Hizkia mulai melihat kekurangan dan salahnya dan yakin akan kasih Allah yang membuang semua dosanya jauh di belakang Tuhan dan melepaskan jiwanya dari lubang kebinasaan (tempat orang berdosa). Ia bersyukur, dan sekarang mulai bisa menerima kepahitan yang besar. Ia mulai bisa melihat bahwa sengsara dan penderitaan karena kebenaran itu tidak sia2, mendatangkan sejahtera. Kalau kita makin mahir menderita sengsara karena Kristus, tanpa bereaksi dosa atau ber-sungut2 maka hasilnya akan jadi indah2, sejahtera, kemuliaan, peningkatan yang besar. Jangan takut, tidak ada yang kebetulan dan tidak akan lebih dari kekuatan kita. Kalau kita makin tekun berdoa lebih2 dalam Roh dan kebenaran, maka kekuatan kita makin besar dan pencobaan itu makin ringan, hasil ujian kita makin tinggi dan ini berarti kemuliaan kekal di Surga meningkat, juga yang di dunia makin indah.
 
YES 38:18. TIDAK ADA YANG BISA DIKERJAKAN DALAM KUBUR.
 
SEBAB KUBURAN TIDAK BISA MEMUJI ENGKAU, KEMATIAN TIDAK BISA MERAYAKAN DIKAU. MEREKA YANG TURUN KE LUBANG, TIDAK BISA BERHARAP KEBENARANMU.
Semua berhenti waktu mati, meskipun tugas dan pelayanan kita belum selesai seperti Paulus 2Tim 4:6-7, semua harus berhenti. Hizkia melihat dari segi ini, ini betul, tetapi ia tidak tahu bahwa Tuhan yang maha tahu melihat hal2 yang jelek kalau ia tetap hidup. Sebab itu kita harus tumbuh sambil makin mahir pikul salib, jangan berdosa dan terus ditingkatkan segala segi. Elia dibiarkan (bahkan didorong untuk hidup) sebab ia sudah mati dari semuanya seperti Paulus Gal 6:14, sudah dikosongkan dari segala perkara2 dunia yang fana apalagi yang jahat Pil 2:7, sebab itu terus dibersihkan sehingga tidak bercacat cela seperti Yusuf, Elia, Putra manusia Yesus itu sangat indah. Ef 5:26-27 sampai tidak bercacat cela sehingga meskipun hidup terus, Elia tetap dalam kesucian bahkan bisa tumbuh menjadi sempurna. Tingkatkan nilai rohani kita se-tinggi2nya seperti Elia, Henokh, Putra manusia Yesus dll.
 
YES 38:19. HIDUP ITU SUATU KESEMPATAN.
 
YANG HIDUP, YANG HIDUP, IA YANG AKAN MEMUJI-MUJI ENGKAU, SEPERTI YANG SAYA PERBUAT HARI INI, BAPA AKAN MEMASYURKAN KEBENARANMU KEPADA PUTRA-PUTRANYA.
Kalau orang sudah (akan mati atau) mati, makamatanya celik, ia akan bisa melihat keindahan dari orang hidup. Hizkia rasa2nya ber-teriak2, yang hidup, yang hidup, luar biasa, itu suatu kesempatan yang besar untuk bisa berbuat banyak hal yang kekal, investasi yang menguntungkan untuk kekal. Belajar Firman Tuhan dan penuh pengurapan Roh Kudus supaya kita bisa melihat seperti Hizkia yang hampir mati ini, begitu indah dan gilang gemilang hidup ini. Bisa hidup dan me-muji2 Tuhan, itu luar biasa, dan memasyurkan kebenaran Allah (bersaksi, mem-bagi2 makanan rohani, mendidik orang lain dst) suatu kesempatan yang indah, sebab itu seperti keledai Isachar, bergairahlah untuk perkara2 kekal yang akan datang, jangan buang kesempatan, pakai setiap menit untuk yang kekal. Lebih lama kita hidup, lebih indah, jangan2 kita bisa sampai dalam kesempurnaan rencana Allah yang tinggi dan mulia itu.
 
KESIMPULAN.
Pergumulan Hizkia (mungkin sudah mulai sebelum ia diberitahu akan mati oleh Hizkia, sebab borok2nya jahat), penderitaan ini membuat pergumulan dalam hatinya dan ini dituliskan untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita bisa hidup dengan betul dan efisien memakai semua kesempatan hidup yang kita miliki dari Tuhan.
Jangan tunggu terlambat seperti orang kaya (dan Lazarus) yang sudah tidak bisa kembali, betul ia sekarang mengerti ke-sia2annya tetapi terlambat. Oleh Firman Tuhan dan Roh Kudus kita bisa dididik dan dicelikkan sehingga bisa melihat hidup ini sebagai kesempatan besar untuk mencapai taraf kemuliaan yang se-tinggi2nya dan tidak sampai ditipu oleh dunia ini.
Angka masing2 berbeda seperti Putra manusia Yesus, Elia, Henokh, Musa, Daud, Yusuf, Daniel, Simson, Hizkia dan yang bodoh2 seperti Eli, Saul, Achan dll yang buta dan binasa. Untung Simson dan Salomo masih bisa bertobat pada kesempatan terakhir.