YS163 Yes 38:1-8. Hizkia ditambahi umur 15 th.

Yes 163 Yes 38:1-8. Hizkia ditambahi umur 15 th.
 
YES 38:1. AJAL HIZKIA TIBA.
 
PADA HARI2 ITU HIZKIA SAKIT YANG MEMATIKAN. MAKA YESAYA BIN AMOS, NABI ITU DATANG KEPADANYA DAN BERKATA KEPADANYA, DEMIKIANLAH KATA TUHAN, BER-PESAN2LAH BAGI RUMAHMU KARENA ENGKAU AKAN MATI DAN TIDAK HIDUP.
Hizkia sakit yang fatal (mematikan).
Yesaya menyampaikan Firman Tuhan yang menyatakan bahwaHizkia akan mati dan disuruh pesan2 pada isi rumahnya. Semua orang tidak bisa menghindar darimenjadi tua dan mati, pasti satu kali akan kena. Masing2 orang punya jatah hidup tertentu dari Tuhan. Hanya saja kita tidak tahu berapa. Satu kali semua orang, termasuk anak2 Allah juga akan mati atau ikut pengangkatan.
 
YES 38:2-3. BOLEH MINTA TAMBAH UMUR?
 
2. LALU HIZKIA MEMUTAR WAJAHNYA KE TEMBOK DAN BERDOA KEPADA TUHAN.
3. DAN BERKATA: SAYA MOHON KEPADAMU, INGATLAH SEKARANG TUHAN. BAGAIMANA SAYA SUDAH BERJALAN DI HADAPAN MU DALAM KEBENARAN DENGAN HATI YANG SEMPURNA DAN SUDAH BERBUAT APA YANG BAIK DI PEMANDANGAN MU, LALU HIZKIA MENANGIS DENGAN SANGAT.
Hizkia merasa sudah hidup benar di hadapan Tuhan, tetapi  sebetulnya hidupnya belum sempurna, sebab ada kesalahan yang dibuatnya waktu menyerah pada raja Asyur, Sanherib dan mengelupas emas di dalam bait Allah. Tetapi apa yang baik yang sudah dibuatnya, Tuhan tidak lupa, bahkan yang salah kalau sudah bertobat Tuhan lupakan Yes 1:18; 43:25, Yez 43:25. Dosa yang diampuni hilang, tetapi kebaikan dan ketaatan tetap ada sampai kekal Wah 14:13 (kecuali yang dibuat karena ingin puji Mat 6:1-2).
Jatah umur Hizkia sudah habis.
Setiap orang mempunyai jatah umur dari Tuhan.
Ada 4 golongan orang tentang umurnya, yaitu:
1. Pasrah pada Tuhan.
2. Minta umur lebih panjang.
3. Minta lebih cepat mati biasanya karena putus asa dll (misalnya Elia, tetapi Tuhan tidak meluluskan, sebab ada rencana yang indah, yang hilang kalau permintannya dikabulkan.
4. Kombinasi.
Tetapi umur itu bisa ditambah, dikurangi karena sebab2 tertentu.
Umur bisa dikurangi, sebab:
1. Dosa melebihi batas, misalnya pada satu orang (Absalom) pada satu kota (Sodom Gomora) bahkan pada seluruh dunia (zaman Nuh).
2. Hamba2 Tuhan yang bersalah, misalnya Bil 30:24, 1Raj 13:22.
3. Diselamatkan dari yang jahat 1Raj 14:12-13.
4. Mati syahid, ada ekstra pahala Kej 4:9.
 
Umur juga bisa ditambah karena:
1. Taat Firman Tuhan Ams 3:1-2.
2. Dapat hikmat Allah Ams 9:11.
3. Tugas belum selesai, tetapi bukan karena salahnya sendiri Luk 2:29,37, Kej 15:15.
4. Hidup berkenan: Daud, Salomo.
5. Doa syafaat Kel 32:9-11,33-35.
6. Minta terus Luk 11:8,18:1.
7. Bangsa kafir bertobat sungguh2 Yun 3:10.
8. Kombinasi Kel 11:21, Maz 91:16.
 
Bolehkah minta panjang umur atau tambahan umur? Banyak orang minta tambahan umur, tetapi sebagian ditolak, tetapi ada juga yang dikabulkan seperti Hizkia ini. Orang yang hidup benar di hadapan Allah, doanya penuh kuasa Yak 5:16 doa yang betul, akan diluluskan. Meskipun bukan kehendak Allah, tetapi kalau orang ini minta terus menerus, bisa diberi sebab minta terus menerus Luk 18:1. Tetapi akibatnya tidak baik, sebab rencana Allah itu yang terbaik. Seperti dalam kasus ini, Hizkia minta tambahan umur menurut kehendaknya sendiri, ini tidak sebaik rencana Allah. Dalam tambahan umur ini Hizkia berbuat salah terhadap utusan dari raja Babel, sehingga hartanya habis dijarah (berarti akan kalah dari raja Babil dan Daniel adalah salah satu korban kebodohan Hizkia, sehingga Daniel dibuat jadi sida2 Babil 2Raj 20:17-18. Semua ini sebab kehendaknya sendiri dipenuhi Tuhan, bukan kehendak Tuhan seperti pada Hizkia.
Juga Abraham orang benar yang minta menurut kehendak sendiri tentang Ismail, diluluskan Tuhan, tetapi ini justru menjadi duri untuk Israel, sebab bukan kehendak Tuhan.
Putra manusia Yesus juga minta menurut kehendak sendiri yang sudah tidak tahan, tetapi doaNya ditambahi dengan: bukan kehendakKu, tetapi kehendakMu yang jadi Mat 26:39; sebab itu tidak ada hal2 negatif yang merugikan terjadi oleh doaNya.
Boleh minta tetapi jangan dipaksakan, lebih baik berdoa seperti Putra manusia Yesus, minta sesuai dengan rencana Allah, sebab rencana dan jalan Tuhan itu yang terbaik.
Umur panjang itu belum tentu karena rohaninya lebih baik. Misalnya Saul, Daud, Salomo, masing2 memerintah selama 40 tahun, tetapi ukuran rohani masing2 ber-beda2 bahkan sangat jauh.
 
YES 38:4-5. DOA HIZKIA DIJAWAB TUHAN.
 
4. LALU DATANGLAH FIRMAN TUHAN KEPADA YESAYA KATANYA:
5. PERGI DAN KATAKANLAH KEPADA HIZKIA, DEMIKIANLAH FIRMAN TUHAN, ALLAH DAUD BAPAMU. AKU SUDAH MENDENGAR DOAMU, AKU MELIHAT AIR MATAMU, LIHATLAH, AKU AKAN MENAMBAHKAN KEPADA HARI2MU 15 TAHUN.
Air mata.
Umur Hizkia ditambah, doanya dijawab juga karena air matanya 2Raj 20:5. Apakah Allah suka akan air mata?
Peremupuan biasanya lebih mudah menangis, misalnya Est 8:3.
Tidak semua air mata diterima Tuhan seperti Mal 2:13. Orang yang menangis sebab susah, sebab menderita tetapi tidak mau bertobat, itu air mata yang sia2 seperti air mata Esau Ibr 12:17. Dan Esau penuh dengan kebencian.
Air mata yang diterima Tuhan adalah karena mau bertobat, mau menyangkal diri, mematikan daging seperti Maz 126:5; juga sebab sakit karena taat akan Tuhan seperti Putra manusia Yesus Ibr 5:7, seperti Ayub 16:20, Daud Maz 6:6; 39:12; 42:3; 56:8, seperti Yeremia, Paulus Kis 20:19,31, 2Kor 2:4, 2Tim 1:4.
Jadi air mata itu boleh keluar tetapi yang penting karena mau taat dengan segenap hati akan Firman Tuhan dalam kesucian, bukan hanya karena sakit, menderita sengsara, pahit tetapi tidak mau bertobat, tetap dalam dosa, semua air mata ini sia2.
Jadi air mata ini menceritakan tentang sengsara salib seperti yang diderita Tuhan Yesus dan semua orang suci, meskipun sangat sakit, tetapi tetap rela menderita karena Tuhan.
Hizkia berdoa dengan air mata bukan sebab melawan atau hidup dalam dosa, tetapi sebab mau taat sekalipun baginya keputusan ini sangatsakit dan Tuhan mendengarnya.
15 tahun. Tidak disebutkan Hizkia minta tambahan umurberapa tahun, tetapi Tuhan yang memberikan 15 tahun, suatu waktu yang cukup panjang. (Mengapa 15 tahun? Mungkin ini waktu antara dua kebodohan Hizkia. Kebodohan pertama tidak lama sesudah sembuh, waktu raja Berodach Baladan dari Babil mengirim hadiah lewat utusan dengan bodohnya Hizkia membuka semua rahasia (iman), sehingga datang malapetaka atas Israel dan kebodohan kedua yang mungkin akan terjadi (sebab Tuhan tahu lebih dahulu) sesudah 15 tahun, sebab itu sebelum kebodohan kedua, Hizkia harus pulang dahulu supaya jangan ada malapetaka yang lebih dahsyat).
 
YES 38:6. HIZKIA DAN YERUSALEM DITOLONG TUHAN.
 
DAN AKU AKAN MELEPASKAN ENGKAU DAN KOTA INI, KELUAR DARI TANGAN RAJA ASYUR, DAN AKU AKAN MEMPERTAHANKAN NEGERI INI.
Bila peristiwa ini terjadi? Kalau dilihat urut2an penulisannya, waktunya adalah sesudah raja Sanherib dibunuh dalam kuilnya. Ini suatu peneguhan dari Tuhan untuk Yerusalem dan Hizkia, sehingga mereka betul2 tetap bebas, tidak seperti pengalaman yang lalu, yaitu sesudah Hizkia melepaskan diri dari Sanherib, akhirnya ia kalah dan kembali menyerah dan dijajah kembali, juga harus membayar upeti. Tetapi sekarang Hizkia dan Yerusalem akan bebas untuk seterusnya, tidak lagi diperbudak oleh Asyur. Memang seharusnya demikian, sekali merdeka tetp merdeka, jangan diperhambakan lagi Gal 5:1. Selama kita tinggal dalam Kristus dan terus menerus mematikan daging, bahkan sampai dalam pikiran dan angan2 kita, maka kalau Tuhan di dalam kita, siapa lawan kita Rom 8:31. Jangan takut akan ancaman dan serangan2 dari iblis dan kaki tangannya. Jangan kuatir, sebab tidak ada yang mustahil bagi Allah, asal kita jangan lengah dan mau terus berjalan dalam Roh, taat setiap diingatkan oleh Roh, jangan menuruti daging atau kehendak sendiri Gal 5:16,17. Memang waktu Hizkia masih hidup, Asyur tidak lagi datang mengganggu atau menyerang dan Yerusalem tetap aman dan selamat. Selama di dalam Kristus, kita akan kuat, bahkan kalau kita mau taat penuh, kita jadi seperti Kristus, penuh sukacita dan kepuasan dan akan mengalami rencana Allah yang indah2. Mengapa bisa demikian? Sebab bukan kita lagi yang hidup, tetapi Kristus yang hidup dan memerintahkan di dalam kita, sampai dalam hati dan pikiran, semua dikuasai oleh Kristus Gal 2:21 dan kita terus berkemenangan, sebab Kristus yang menghadapi segala problem kita.
 
YES 38:7-8. TANDA DARI TUHAN.
 
7. DAN INI AKAN MENJADI TANDA DARI TUHAN, BAGIMU YAITU BAHWA TUHAN AKAN MELAKUKAN HAL INI YANG SUDAH DIKATAKANNYA.
8. LIHATLAH, AKU AKAN MEMBAWA LAGI, BAYANGAN DARI ANAK TANGGA YANG SUDAH TURUN DALAM TANGGA MATAHARI AHAZ, 10 ANAK TANGGA KE BELAKANG. SEBAB ITU MATAHARI KEMBALI 10 ANAK TANGGA, YANG PADA TANGGA MATAHARI ITU, IA SUDAH TURUN.
Kadang2 Tuhan memberi tanda, untuk peneguhan, tetapi kebanyakan tidak diberi tanda, kita harus berjalan dengan iman. Kalau kita menunggu tanda baru bertindak, itu terlalu terbatas. Tetapi kalau kita bisa percaya Mrk 9:23, mau berjalan dengan iman (ini cara Tuhan 2Kor 5:7), maka semua janji dalam Alkitab jadi milik kita, asal kita dengan tulus, dalam kesucian mau memenuhi syarat2nya dan terus taat dipimpin Roh. Orang yang mau berjalan dengan iman akan mengalami semua janji2 Tuhan. Kalau kita mau belajar terus berjalan dalam Roh maka Roh Kudus akan menguatkan kita terus (Rom 8:14, Gal 5:16,17) sehingga terus percaya dan bisa berjalan dengan iman dan kita beroleh kuasa untuk terus taat dalam pimpinan Roh, tidak menuruti daging yang harusterus dimatikan. Rom 6:6.
Apa yang tertulis dalam Firman Tuhan itu juga dikatakan dan diberikan bagi kita. Bagi orang yang berjalan dalam Roh, maka Firman Tuhan menjadi hidup, bicara langsung pada kita sehingga kita bisa percaya dan menerima Firman Tuhan sebagai kata2 dan janji Tuhan bagi kita pribadi; Memang tidak seluruhnya sekaligus, tetapi bertahap sesuai dengan kebutuhan kitadan Roh Kudus terus mengingatkan dan menghidupkan ayat2 atau janji2 Allah yang kitadiperlukan Yoh 14:26. Tuhan pasti akan menggenapkan semua janjiNya asal kita percaya Mat 8:13.
Mengapa Hizkia diberi tanda? Ini adalah tanda khusus bagi Hizkia dan Yerusalem, umat Tuhan, yang mempunyai arti nubuat untuk Gereja yaitu tubuh Kristus, umat Tuhan akhir zaman.
Tanda yang diberikan adalah tanda pada ukurn waktu matahari dari Ahaz (K: sun dial. B: petunjuk matahari). Menurut Unger’s Bible Dictionary itu adalah suatu tiang di tengah2 lingkaran2 bulat yang consentris ber-tingkat2 ke bawah. Anak tangga ini menunjuk jam dari bayangan tiang oleh matahari. Siang hari bayangan ada pada lingkaran yang paling atas, tetapi pada waktu matahari tenggelam, bayangannya ada pada lingkaran yang paling atas. Bayangan yang sudah lanjut, kembali 10 derajat (anak tangga) dan mujizat ini sebagai tanda bahwa umur Hizkia ditambah 15 tahun dan Yerusalem bebas merdeka. Tidak disebutkan ada berapa derajat (lingkaran2) atau anak tangga pada ukuran ini, tetapi matahari kembali 10 derajat. Tidak dijelaskan apakah hanya bayangannya yang kembali atau mataharinya yang kembali (KJ: so the sun return 10 degrees). Mungkin mataharinya yang (tiba2) kembali 10 derajat (bandingkan waktu Yusak, matahari berhenti 1 hari penuh Yus 10:12-13. Kalau ini bisa terjadi, tentunya mengembalikanmatahari 10 derajat juga bisa terjadi).
Tanda ini meneguhkan kesembuhan Hizkia. Perhitungan jam (1 hari menjadi 24 jam), baru disebut dalam Dan 3:5 (KJI). Dalam WB Petrus menyebut jam 9 pagi. Makin lama pembagian waktu makin teliti bahkan zaman sekarang sudah ada piko detik yang berarti satu per triliun detik. Pada akhir zaman, karena waktunya makin dekat maka perhitungannya makin teliti, supaya dunia tidak kehilangan waktu. Begitu juga dengan Gereja Tuhan, tubuh Kristus yang adalah proyek dari Allah yang maha kuasa. Tuhan juga memberi tanda waktu yang ajaib, sehingga apa yang mustahil bisa terjadi. Tanda waktu yang ajaib itu bisa kita kerjakan sesuai dengan nubuat Firman Tuhan yang terdiri dari:
1. Menebus waktu Ef 5:16 dan juga
2. Dengan mujizat Allah. Kis 8:40. Pilipus dalam detik yang sama bisa pindah dari jalan sunyi ke Gaza, tahu2 ada di Asdod. Gereja Tuhan di akhir zaman juga akan mengalami tanda waktu ini. Tuhan akan menolong kita dengan waktu, sebab kita harus menyelesaikan rencana Allah dalam waktu yang tepat.
3. Dengan berjalan dalam Roh Rom 8:14 seperti Putra manusia Yesus Luk 4:1,18, maka kita bisa menghemat memakai waktu dengan sangat teliti dan hemat, sehingga bisa ikut dalam rencana Allah yang heran.
Tuhan memberi tanda waktu bagi Hizkia, begitu juga sekarang dengan 3 cara ini Tuhan memberi juga tanda waktu yang ajaib itu bagi kita di dalam RohNya, sebab Allah tidak dikuasai waktu tetapi menguasai waktu asal kita mau taat dipimpin RohNya.
Mengapa disini disebut 10 derajat atau anak tangga? Padahal Hizkia mendapat lagi 15 tahun. Mengapa tidak 15 derajat? 10 menceritakan Firman Tuhan (10 hukum Taurat). Ini tanda yang diberikan yaitu hukum atau Firman Tuhan. Firman Tuhan akan terbuka dan kita akan mengerti sehingga kita bisa melihat tanda2 yang terjadi di dunia. Oleh pekerjaan Roh Kudus dan pembukaan Firman Tuhan, kita akan mengerti rahasia akhir zaman, lebih2 tentang waktu, sehingga kita bisa menyelesaikan semua rencana Allah pada waktunya. Sungguh mustahil untuk bisa jadi sempurna atau menyelesaikan rencana Allah sekalipun kita bisa hidup 1000 tahun (seperti orang2 zaman Adam sampai Nuh, Nuh  hidup 950 tahun), apalagi kita hanya hidup 70-80 tahun. Tetapi dengan mujizat tanda waktu (yaitu kalau kita sepenuhnya dipimpin Roh), maka kita juga dengan pertolongan Roh Kudus dan Firman Allah akan bisa menyelesaikan rencana Allah dalam hidup kita yang pendek ini,dan dalam tubuh Kristus global.
Tuhan Yesus dipimpin Roh bisa menyelesikan rencana Allah dengan sempurna dalam 3,5 tahun. Begitu juga Gereja akan dapat menyelesaikan rencana Allah yang mustahil bagi manusia (tetapi tidak mustahil bagi Allah) dalam 3,5 tahun. Ini ukuran waktu dari Tuhan Yesus menjadi jalan dan contoh serta ukuran waktu dari Gereja Tuhan di akhir zaman juga. Hal2 yang mustahil dilakukan oleh nenek moyang kita dalam 1000 tahun, bisa diselesaikan Putra manusia Yesus dalam 3,5 tahun pelayananNya dan juga Gereja akan ikut meniru seperti Kristus (1Kor 11:1) yaitu juga dalam 3,5 tahun seperti yang dinubuatkan Firman Tuhan dalam Dan 9:27 dan Wahyu. Pada waktu itu ada Hujan akhir yang begitu limpah Kel 11:14, Kis 2:17 dan pembukaan Firman Tuhan sampai tuntas semua Mat 10:26-27 sehingga Gereja Tuhan dapat menyelesaikan rencana Allah, masuk dalam kesempurnaan dan semua angka2 kedatangan Tuhan diselesaikan dalam 3,5 tahun lalu Tuhan Yesus datang, luar biasa!
Angka I: Injil sampai di seluruh dunia Mat 24:12,
Angka II: jumlah yang selamat genap Rom 11:25 dan
Angka III: jumlah yang sempurna genap yaitu 144.000 orang sempurna Wah 14:11.
Sekarang ini untuk hidup suci saja sulit, sehingga orang2 mencari Gereja yang tidak perlu kesucian, hanya berkat dan sukacita dalam anugerah Tuhan, tanpa selamat tanpa sengsara Pil 1:29, Kis 14:22, Luk 9:23, 2Tim 3:12 dst. Sebab mustahil bisa hidup suci dalam kubangan lumpur dosa dan tsunami dosa di mana2 di seluruh dunia. Tetapi jangan ragu2, sebab bukan hanya dosa akan meningkat sampai puncak2nya Wah 22:11, tetapi juga kesucian akan terus meningkat sampai puncak2nya, sampai rencana Allah selesai dan “sudah genap” dikatakan Allah Wah 21:6. Allah tidak pernah gagal, semua FirmanNya pasti jadi Luk 1:37. Orang yang percaya dan hidup dalam kesucian di jalan sempit, meskipun dalam banyak sengsara dan air mata, akan ikut dalam rencana Allah.Jangan menyerah, jangan putus asa, sebab rencana Allah akan digenapkan, mulai sekarang! Kita bisa hidup dalam kesucian dan melakukan kehendak Allah, bahkan dalam 3,5 tahun I kita, Gereja Tuhan akhir zaman yang tetap percaya, setia dalam kesucian akan ikut menggenapinya dengan ajaib. Yang mustahil akan digenapkan. Dalam zaman ini kadang2 orang beriman mengeluh seperti Elia minta mati, sebab siapa yang bisa tahan? 1Raj 19:4. Akan ada banyak orang yang menangis seperti Elia sebab tidak tahan. Tetapi orang2 yang menangis karena salib, Mezbah, penyangkalan diri ini akan diberi makan dua kali dari roti dan air dari Allah (hujan Akhir dan pembukaan Firman Tuhan dua kali ganda dari Hujan awal, luar biasa) dan akan jadi kuat sehingga bisa berjlan 40 hari 40 malam sampai di gunung Allah lalu kemudian jadi sempurna. Jangan putus asa atau menyerah, taat, maju terus, sekalipun dengan ber-linang2 air mata, sebab akan ada penuaian dengan sorak sorai yang kekal, luar biasa!
Ini tanda waktu yang diberi Tuhan, sebab khususdiperlukan untuk Gereja akhir zaman supaya tetap teguh dan tidak goyah untuk tumbuh dan maju terus dalam kesucian sampai sempurna.
 
KESIMPULAN.
1. Umur kita dalam tangan Tuhan, pergunakan baik2 seperti arti rohani dari tanda waktu dari Hizkia, sehingga kita sekarang sudah tumbuh dalam kesucian Tuhan dan besok tumbuh dalam rencana kesempurnaan Allah.
2. Orang yang mau taat seperti Hizkia, Tuhan akan sanggup menumbuhkannya dalam rencana Allah. Juga sekalipun ada kekurangan kecil (atau besar) asal bertobat kembali sungguh2, Tuhan sanggup memulihkan dan menumbuhkan dalam rencana Allah yang mulia.
 
Nyanyian: Gal 2:20.
Hidupku bukannya aku lagi,
tapi Kristus dalam ku.