M3617 – Wahyu 20:4-6 Kerajaan 1000 Tahun (9 Juni ’13)

Download MP3 Khotbah: M3617

 

MATIUS 11:28-30. KESUKAAN DI JALAN SEMPIT DAN KERAJAAN 1000 TAHUN.

I. DUNIA MAKIN INDAH DAN MAKIN RUSAK.
Dibeberapa negara maju, keadaan negaranya makin indah. Dari WC, tempat plus macam-macam sampah, jalan-jalan sampai seluruh negaranya diatur rapi dan indah. Di taman-taman cagar alam, binatang-binatang hidup bebas dan menjadi pemandangan yang indah seperti kebun binatang terbuka atau taman safari. Dunia menjadi makin indah sehingga orang bepergian ke berbagai negara untuk melihatnya. Negara kita juga terkenal karena keindahan alamnya dari Sabang sampai Merauke dan juga ada banyak hal-hal lainnya yang indah, sehingga turis di seluruh dunia datang. Tetapi tidak semua orang bisa keliling dunia, meskipun ongkos perjalanan ada yang murah. Bagaimana keadaan dunia di hari-hari yang akan datang? Di satu pihak dunia akan makin rusak oleh peperangan seperti di Timur Tengah dll  dan keadaan rakyatnya makin menderita, dibeberapa tempat menjadi makin indah, tetapi tetapi kalau toh makin indah di hari-hari yang akan datang tidak semua bisa melihatnya, apalagi kalau sudah mati lebih dahulu.
II. NUBUATAN FIRMAN TUHAN
Firman Tuhan dengan jelas menubuatkan bahwa satukali sebelum kiamat 2Pet 3:10 seluruh bumi akan dipulihkan sepert Eden Kis 3:21 menjadi sangat indah bahkan lebih indah dari Eden, sebab bumi akan menjadi seperti Surga tingkat pertama ( Halaman) yaitu seperti Eden, sebab Tuhan Yesus dalam kemuliaanNya ada di tengah-tengahnya memerintahkan dunia seperti yang di nubuatkan dalam Luk 1:32. (Tuhan Yesus dalam Kerajaan 1000 tahun tidak sebagai Putra Manusia seperti kita sekarang tetapi dalam tubuh kebangkitan yang sangat mulia luar biasa sejak kebangkitan dari kematianNya). Semua orang beriman yang selamat akan mengalaminya, bahkan bisa keliling ke seluruh dunia, tanpa biaya, tanpa bahaya apapun, hanya penuh sukacita luar biasa. Semua orang beriman bisa menikmati bumi ini dalam keadaan yang paling indah yang tidak mungkin di dapatkan dalam dunia sekarang. Kalau kita mengerti tentang Kerajaan 1000 tahun, maka seperti keledai Isachar dalam Kej 49:14-15, kita akan mendapat semangat, dan gairah yang besar dari Roh Kudus untuk mempersiapkan diri kita menuju kesana pada waktunya. Rasa-rasanya waktu itu tidak lama lagi; kalau pengangkatan terjadi sepuluh tahun lagi (itu sangat mungkin) maka Kerajaan 1000 tahun akan kita nikmati tiga belas setengah tahun lagi. Hari-hari yang akan datang bagi orang beriman itu sangat indah dan mulia, bahkan sejak sekarang di dunia kalau kita mau berjalan dengan Tuhan senantiasa. Tidak ada hidup yang lebih indah daripada hidup di dalam kesucian dan dipimpin Roh, sekalipun kita masih hidup dalam dunia yang penuh kesusahan dan penderitaan, bahkan dalam hari-hari yang makin sulit dan susah 2Tim 3:1-5 orang-orang yang penuh dan dipimpin Roh seperti lima gadis bijaksana akan mengalami zaman keemasan dan yang sangat indah.
III. RENCANA ALLAH: SUKACITA DI JALAN SEMPIT.
Ini dimulai dari sekarang yaitu sebagai berikut:
A. Kalau kita mau berjalan dengan Tuhan, maka saldo sukacita kita akan terus meningkat, mulai sekarang Yoh 4:14 sampai masuk dalam Surga Bumi Baru, kesukaannya penuh, tidak lagi dikurangi macam-macam penderitaan. Gambaran ini jelas digambarkan dalam Yer 47 sebagai sungai air hidup yang dimulai dengan suatu pancaran air yang mula-mula kecil (Yez 47:2) lalu bertambah besar sampai di mata kaki, lalu ke lutut lalu ke pinggang, akhirnya sampai tenggelam dan begitu dalam dan luas, tidak bisa diseberangi lagi, terlalu luas.
B. Rincian rencana Tuhan adalah sebagai berikut:
1. Waktu Percaya, kita beroleh sejahtera dan sukacita dari Tuhan Kis 3:19-20 seperti yang diberikan Tuhan Yesus pada perempuan Samaria yang mau percaya dan mengakui dosanya.Sebelumnya ia sembunyi-sembunyi mencari kesukaan sex (berzina) dengan banyak laki-laki Yoh 4:14-16. Sida-sida Habsyi Kis 8:39.Begitu setiap orang yang menerima Tuhan Yesus akan mendapat kesukaan dari Tuhan. Tetapi seringkali kesukaan ini lekas habis sebab masih ada dosa-dosa yang tidak dibuang Mat 13:20-21 atau jadi kabur karena tipu daya iblis yang menggoda dan menawarkan kesukaan dosa yang sesaat seperti ular yang menggoda Hawa dengan kesukaan dalam buah larangan. Juga dunia ini penuh dengan advertensi dan godaan kesukaan dosa, dimana-mana, baik dalam pergaulan, dalam tempat-tempat hiburan di dunia, bahkan iblis juga menggoda lewat daging kita. Sebab itu sesudah bertobat lebih baik dibimbing dania harus percaya dan mengerti Firman Tuhan supaya jangan terftipu oleh iblis dan semua kaki tangannya 2Kor 2:11. Juga kita perlu saling mengingatkan dan menasehati, serta dididik di rumah (oleh orang tua atau orang-orang yang mengerti dan percaya Firman Tuhan) dan di Gereja. Fungsi Gereja selain persekutuan tubuh Kristus juga harus ada pengajaran seperti sekolah yang mendidik anggota-anggota sidang dalam seluruh Firman Tuhan Kis 20:20,27, sehingga kita bisa tumbuh makin seperti Kristus dan tidak kena tipu daya iblis, dunia. dosa dan daging!
2. Baptisan Roh Kudus membawa kesukaan khusus seperti Kis 2:13 dari kesukaan yang sedikit sampai banyak dan tidak terbatas, seperti sungai air Hayat dalam Yez 47, dari hanya merembes (basah) dari bawah rumah sampai menjadi begitu dalam dan luas sehingga tidak terseberangi. Demikianlah Roh Kudus memberi pengalaman baru dan kesukaan yang indah, yang limpah sampai tidak habis-habisnya. Kesukaan manusia itu sangat terbatas, bahkan kena kesukaran atau gangguan sedikit sudh habis sma sekali jadi susah, pandai, putus asa. Tetapi kesukaan ilahi, sekalipun kena gangguan, problem masih ada saldo Yoh 16:22. Kesukaan dari Roh Kudus itu dapat diumpamakan seperti kita mendapat sepeda motor atau mobil pertama kali, betapa senang rasanya. Tetapi hidup penuh dan dipimpin Roh itu lebih ajaib daripada itu, ini sekedar untuk membandingkan. Kalau kita makin mahir dipimpin Roh, kesukaan kita akan meningkat seperti naik kapal yang indah atau naik kapal terbang dan bisa meningkat terus sampai seperti naik roket ke bulan, bahkan lebih lagi dari ini, sebab Roh Kudus itu Allah yang maha kuasa dan tidak terbatas; sebab itu dengan Roh Kudus, kita bisa mendapatkan segal perkara yang indah-indah sampai tidak terbatas dan kekal.
3. Setiap pertumbuhan rohani itu membawa segi kesukaan dan pengalaman hal-hal baru yang indah, dan bisa terus meningkat, terus menerus sampai tanpa batas sebab Tuhan mengharapkan kita bertumbuh terus sampai menjadi seperti Kristus 1Kor 11:1 itulah tingkat sempurna tanpa batas. Dan ini bisa didapatkan dengan:
a). Terus bertumbuh dalam Firman Tuhan 2Pet 3:18, sebab ini jalannya (seperti anak sekolah SD sampai Fakultas, itu membawanya bertumbuh dalam keadaan dan pangalaman yang makin indah).
b). Juga dengan bertekun berdoa dalam Roh dan kebenaran Mat 21:13 sehingga makin mahir dipimpin Roh dalam jalan-jalan menuju pertumbuhan.
c). Bersaksi dan pelayanan itu langsung meningkatkan pertumbuhan kita 2Tim 2:20-21 dan
d). Ibadah dan e). Persekutuan mempercepat pertumbuhan kita, lebih-lebih dalam kesukaran dan penderitaan, mengolah kita lebih efektip untuk tumbuh. Ibr 2:10. Tentu semuanya harus dalam
f). Kesucian, jalan salib dan
g). Dipimpin Roh.
Kita bisa terus bertumbuh dan ini membawa pengalaman dan kesukaan yang terus meningkat makin indah dalam hidup berjalan dengan Tuhan.
4.Menjadi sempurna seperti Henokh, Elia (dan Musa) juga Putra Manusia Yesus adalah pengalaman yang luar biasa, tetapi tidak semua orang mengalami sampai puncak, tetapi kesukaan dan pengalaman berjalan dengan Tuhan itu sudah luar biasa indahnya.
5. Mati di dalam Kristus itu untung Pil 1:21. Sebab pada waktu ini kita akan bertemu dengan Tuhan Yesus bahkan ketiga pribadi Allah dan melihat surga dengan langsung. Semua yang dirindukan sekarang menjadi kenyataan penuh. Kita masuk dalam negeri tujuan yang indah seperti yang dilihat keledai Isakhar.
6. Pengangkatan. Ini pengalaman yang indah baik bagi yang masih hidup dan bersedia seperti lima gadis bijaksana, juga bagi yang sudah mati di dalam Tuhan sebab orang-orang yang mati di dalam Tuhan akan bangkit dalam tubuh kemuliaan (seperti tubuh Tuhan Yesus sesudah bangkit Pil 3:21), suatu tubuh yang sempurna dan mulialebih indah dari tubuh Adam pada waktu diciptakansebab tubuh kemuliaan ini sudah teruji dan tidak bisa kembali jatuh dalam dosa, tetap suci dan mulia untuk kekal. Juga orang yang masih hidup akan berubah dalam sekejap menjadi tubuh kemuliaan, ini suatu kesukaan dan pengalaman yang luar biasa dan kemudian terjadi pertemuan  terbesar di udara (dalam hadirat Tuhan) dengan semua orang-orang yang masuk surga, suatu pertemuan yang indah, mungkin bisa 3-5 milyar orang, lalu bersama-sama masuk ke Surga. 7. Pesta Kawin Anak Domba.
Pesta surga selama tiga setengah tahun, luar biasa. Ahasweros berpesta 6 bulan itu sudah rekord tertinggi di dunia, tetapi ini lebih lagi dan di surga. Kesukaan dan pengalaman-pengalaman indah kita tidak terpermanai banyaknya bahkan sampai kekal, terus ada. Kita tidak tahu semua yang ada dalam kekekalan, Allah akan menyediakannya begitu banyak. Sungguh rugi orang yang percaya akan tipu daya Iblis dengan kesukaan dosa yang sesaat lalu masuk dalam neraka yang kekal tempat tangis dan kertak gigi. Jangan bodoh. Tetap pikul salib, menyangkal diri taat akan Firman Tuhan itu hidup yang terindah untuk kekal.
8. Pembagian pahala dan mahkota.
Di sini juga ada pembagian pahala. Semua yang kita buat dengan tulus untuk Tuhan (bukan mencari kepujian manusia) akan mengikut kita untuk kekal Wah 14:13. Pensiunan di negara-negara maju itu cukup besar bisa hidup cukup baik sampai mati tetapi ini lebih dari pensiun sebab untuk kekal dan amat sangat indah dan mulia, luar biasa (tidak bisa dikatakan dengan kata-kata 2Kor 12:1-4). Pahala plus Mahkota dibagikan. Mahkota dunia dicari dengan banyak pengorbanan tetapi semua ada akhirnya, bahkan waktu berakhir sering kali sangat pahit, tetapi pahala plus mahkota dari Allah tidak berakhir, terus sampai kekal. Begitu heran rencana Allah.
9. Menang dalam perang Harmagedon
Pada Akhir Pesta kawin anak domba, Tuhan Yesus dan kita semua turun kembali kedunia dan terjadilah perang Harmagedon yang hebat tetapi hanya dalam sekejab Wah 19:19-21. 2Tes 2:8.
Iblis dan tentaranya di tangkap dan dipenjarakan dalam Abusos untuk 1000 tahun dan antikris serta nabi palsu yang jahat itu sekarang di hukum untuk semua perbuatannya, dan merekalah yang pertama masuk dalam Tasik Api tempat aniaya yang dahsyat, lalu semua pengikut antikris di bunuh mati, menunggu kebangkitan orang berdosa untuk diadili dalam Tahta Putih yang besar lalu di hukum dalam dalam Tasik Api bersama-sama antikris. Semua yang jahat pasti menerima hukumannya tanpa terkecuali.
10. Kerajaan 1000 tahun
Disini bumi yang sudah rusak oleh antikris, iblis dan tentaranya sekarang dipulihkan kembali Kis 3:21 dan mulailah kerajaan sejahtera 1000 tahun yang sangat indah di bumi kita yang sekarang sebelum Kiamat. Semua dipulihkan dan orang-orang dalam jaman antikris yang tidak kena meterai antikris ( 144.000 orang Israel dan sejumlah orang kafir) mereka menjadi penduduk Kerajaan 1000 tahun dalam keadaan tubuh manusiawi seperti kita sekarang tetapi praktis tidak ada akibat dosa (penyakit, menua, dll sekarang hidupnya kembali seperti seperti di Eden , bisa lebih dari 1000 tahun). Kita yang sudah ikut pengangkatan akan turun ikut memerintah dengan Tuhan Yesus dalam kerajaan 1000 tahun dalam tubuh kemuliaan yang heran itu.
Ini suatu pengalaman yang indah dan sukacita yang luar biasa, sebab Kerajaan 1000 tahun itu seprti Surga tahap pertama ( Halaman) karena Kristus memerintah di tengah-tengahnya.
11. Perang Gog dan Magog. Sesudah kerajaan 1000 tahun terjadi perang Gog dan Magog dan semua penduduk yang mengikut iblis dibinasakan. Tuhan Yesus dan orang-orang suci mengalami kemenangan yang besar. Ini perang terakhir antara Kristus dan iblis serta orang-orang yang percaya kepadanya. Lalu mereka (iblis cs)masuk dalam hukumannya yang kekal.
12. Tahta Putih yang Besar didirikan.
13. Kiamat seluruh Surga dan bumi yang lama dibakar habis dan orang berdosa dibangkitkan dalam tubuh kebangkitan orang berdosa Yes 66:24 begitu keji dan penuh sengsara, bisa hidup kekal seperti Allah (sebab asalnya semua dari Allah, juga iblis), tetapi merasai siksa dan sakit seperti manusia lahiriah 1Pet 4:6. Semua dosa yang diperbuatnya, sebagian mengalami akibat yang pahit di dunia tetapi juga ada hukumannya lengkap untuk semua kejahatannya sampai kekal di Neraka dan Tasik api! Sebab itu jangan berdosa meskipun bisa menghindar dari akibatnya, pasti kena hukuman Hakim seluruh bumi ini, tidak ada yang bisa lepas!
14. Surga Bumi Baru. Ini terpisah dari Tasik api, sampai dalam pikiran Allah (juga manusia) tidak teringat lagi 2Tes 1:9, Yes 65:17. Kalau di dunia ada begitu banyak rencana Allah yang indah-indah di tengah dunia yang penuh dengan dosa, lebih-lebih di Surga Bumi Baru tanpa dosa, kasih Allah akan memenuhi kita dengan begitu banyak rencana Allah yang indah, dengan kesukaan yang sungguh-sungguh puas, dengan variasi yang limpah. Dalam dunia yang rusak oleh dosa kita masih melihat variasi Allah yang tidak terhingga, misalnya buah yang manis berbeda antara tebu, mangga, salak, durian, sawo dll, juga bunga dsb. Lebih-lebih bagi manusia yang dicintai Allah, dalam Surga Bumi Baru yang amat indah untuk kekal.
IV. PERBEDAAN BUMI SEKARANG DAN DALAM KERAJAAN 1000 TAHUN. Wah 20:4-6.
1. Bumi sekarang mengalami kerusakan lahir batin akibat dosa, sekalipun di bagian lain dibangun makinindah. Dalam Kerajaan 1000 tahun bumi sudah dipulihkan, sehingga praktis semua akibat dosa tidak lagi tampak.
Bumi yang sekarang memang makin indah, tetapi itu tidak sebanding dengan Kerajaan 1000 tahun sebab dalam kerajaan 1000 tahunbumi sudah dipulihkan dan jadi lebih indah dari Eden. Bumi yang sekarang sebagian diatur makin indah, tetapi akibat dosa sangat nyata meskipun manusia berusaha mengatasinya, tetap ada banyak hal yang tidak bisa di cegah seperti bencana alam, kebuasan binatang, penyakit-penyakit pada tumbuh-tumbuhan, binatang, perusakan oleh manusia ( perang, kerusakan oleh industri dll) dll.  Sebab itu keadaan meskipun diperindah, di negeri-negeri maju, dibandingkan dengan Kerajaan 1000 tahun itu seperti bumi dan langit, sangat jauh bedanya.
2. Iblis dan tentaranya sekarang memerintahkan (mengacaukan) dunia, istimewa diantara orang-orang berdosa, tetapi dalam Kerajaan 1000 tahun mereka semua tidak ada, semua di penjarakan dalam Abusos.
3. Bumi sekarang didiami oleh orang berdosa dan orang-orang beriman yaitu anak-anak Allah dan anak-anak iblis 1 Yoh 3:10, tetapi dalam Kerajaan 1000 tahun semua orang (manusia lahiriah) baik-baik sebabdiperintahkan oleh tongkat besi sehingga tidak ada yang berani berdosa sebab langsung diketahui dan dihukum keras.
4. Semua orang beriman yang selamat (ikut pengangkatan, mati dalam Kristus dan juga orang-orang yang mati dalam jaman antikris kerena mengakui percaya kepada Tuhan), semua akan ikut memerintah Kerajaan 1000 tahun dengan tubuh kemuliaan (yang tidak lagi bisa berdosa untuk selamanya) yang turun dari Surga bersama-sama Tuhan Yesus, memeritah Kerajaan 1000 tahun bersama Tuhan Yesus. Dengan tubuh kemuliaan kita bisa menikmati kerajaan 1000 tahun dengan sangat puas.
5. Bumi menjadi Kerajaan Allah sebab diperintah oleh Tuhan Yesus dalam kemuliaan dan kuasaNya, seperti Surga tingkat pertama (seperti taman Eden) dengan manusia lahiriah yang diperintah denga tongkat besi. Bumi dalam kerajaan 1000 tahun adalah sama dengan bumi yang sekarang ini (ada perubahan peta tetapi tidak banyak sebab semua dipulihkan dan dalam Kerajaan 1000 tahun) semua pemulihan atau perbaikan terjadi sepenuh-penuhnya. Juga kita tidak memakai tubuh lahiriah yang bisa lelah, sakit, tua, dan mati, tetapi memakai tubuh kebangkitan yang sempurna dan sangat indah dan mulia.
Jadi, sekalipun dunia makin indah di beberapa tempat, tetapi apa yang akan kita alami mulai sekarang itu jauh lebih indah dan makin lama makinmulia. Sebab itu jangan tertipu atau hanyut dalam kesukaan dosa yang sesaat, sebab kesukaan kita jauh lebih daripada semua yang di dunia (Ilustrasi: Lurah-lurah yang masing-masing mendapat sepasang kambing, tetapi ada lurah yang bijaksana, memelihara kambing itu sampai akhirnya menjadi banyak sekali. Lurah lain langsung menyembelih dan berpesta tetapi hanya satu kali dan habis, tetapi lurah yang bijak, sesudah kambingnya menjadi sangat banyak, bisa terus menerus berpesta dan kambingnya masih banyak, tidak pernah habis, meskipun mula-mula mereka harus menyangkal diri beberapa lama tetapi akhirnya berkelimpahan). Begitu seringkali daging harus disangkali (meskipun sebetulnya dalam Roh ada sukacita yang lebih besar), tetapi akhirnya kita mendapat kesukaan dan kemuliaan yang tidak habis-habisnya dalam rencana Allah yang indah sepanjang zaman sampai kekekalan. Justru kalau kita menyangkal diri, menderita sengsara karena Kristus, itu menjadi kemuliaan kita untuk kekal Rom 8:17,18.
Sesudah 1000 tahun ada ujian bagi semua penduduknya untuk memilih antara Tuhan dan iblis yang menyesatkan.
V. KESIMPULAN.
Dalam buku kerajaan 1000 tahun diceritakan segala sesuatu tentang kerajaan 1000 tahun. Tetapi kita sudah belajar prinsipnya dan nyata benar bedanya dengan bumi, meskipun sebagian sudah diperindah tetapi sewaktu-waktu bisa rusak karena dosa misalnya oleh perang, tornado dll. Orang yang mengerti tidak mau terikat dengan kesukaan dunia ini, tetapi mengalami kesukaan kalau rohaninya meningkat, meskipun ramainya tidak seperti keramaian Sodom Gomora. Seperti Daud kalau mendapat rahasia Firman Tuhan (bisa mengerti dan melakukannya) itu seperti mendapat emas Maz 119:127, seperti permata-permata yang mahal Ams 3:13-15, seperti madu Maz 119:103 dll. Meskipun miskin seperti Lazarus tetapi kalau rohani kita meningkat, orang yang mengerti tetap bersukacita, sebab sesudah masuk Surga/ pengangkatan keadaannya menjadi kaya danmulia untuk kekal. Masih banyak orang Kristen yang bersukacita kalau mendapat berkat-berkat jasmani lebih daripada mendapat berkat rohani dari Firman Tuhan dan Roh Kudus. Orang seperti ini bisa mudah tertipu oleh keindahan dan kekayaan dunia ini seperti Gehazi dan Yudas sehingga binasa jiwanya. Kita harus bisa berpada dengan semua yang fana dalam dunia ini 1Tim 6:8, seperti orang yang tidak memakai, tidak terikat 1Kor 7:31. Kita mempunyai kesempatan yang sangat besar untuk menjadi mulia dan bersukacita lebih dari semua yang dalam dunia, sebab itu tebus waktu dan kejar perkara-perkara yang kekal yang di Atas, sebab itu mengikut kita untuk kekal Kol 3:1-3. Waktu, tenaga, hati, pikiran yang dipakai untuk mencari perkara-perkara yang fana itu akhirnya hilang dan sia-sia. Kita tetap perlu mencari hal-hal yang fana dan sia-sia seperti sekolah, uang, pengalaman kerja, masak dll sebab kita masih butuh uang, makanan, transportasi dll, tetapi usahakan secukupnya saja dan mencari yang kekal sebanyak mungkin sehingga kita menjadi kaya dan mulia di Surga. Biasanya orang yang berani miskin dan rohaninya kaya, bisa dipercayai Allah juga dengan harta yang limpah (dan hal-hal fana lainnya) seperti Abraham, Ishak, Yohanes, Yusuf, Daud dst. Sebab ini bisa dipakai sebagai fasilitas untuk tumbuh dan berbuah-buah bagi Tuhan. Sebab mereka tidak terikat dengan yang fana, tetap mencari yang kekal. Jangan kaya di dunia, tetapi di Neraka jadi pengemis, gagal hanya minta air  1 tetes. Yang ekstrem Lazarus sangat miskin, pengemis di dunia tetapi kaya dan mulia di Surga. Kejar sebanyak-banyaknya yang kekal dan kita juga mendapat sukacita ilahi yang limpah dalam dunia seperti sungai dalam Yez 47.
Nyanyian:
– Biar saya miskin disini, tapi kaya di Surga.
– Betapa s’nang ikut Yesus Juru s’lamatku.