M3611 – Kisah Para Rasul 1:11, Zakharia 14:4 Tuhan Yesus Naik Turun dari Bukit Zaitun (9 Mei ’13)

Download MP3 Khotbah: M3611

 
KISAH PARA RASUL 1:11, ZAKARIA 14:4. TUHAN YESUS NAIK TURUN DARI BUKIT ZAITUN.
Tuhan Yesus naik ke Surga dari Bukit Zaitun, lalu mulailah Hujan awal. Pada tempat yang sama kelak Tuhan Yesus dan orang-orang suciNya akan mendarat dan sisa2 Hujan-akhir habis sama sekali dan terjadi perang Harmagedon. Jadi Bukit Zaitun adalah tempat me-nunggu kedatangan Tuhan yang kedua kalinya (bukan pengangkatan, ini tahap I), tetapi kita diingatkan untuk menung-gu kedatangan Tuhan (pengangkatan) dan kedatangan Tuhan Yesus yang ke-dua kalinya. Mengapa Tuhan Yesus ti-dak tinggal terus di dunia membantu murid-muridNya. Mengapa Ia harus diangkat dan kembali ke Surga? Sebab ini akan memulai suatu masa baru yang sangat mutlak perlu untuk Gereja akhir zaman yaitu Yoh 16:7. Masa Roh Kudus. Sebab penebusan sudah lengkap maka Roh Kudus bisa bekerja dengan penuh dan bebas dalam orang beriman, bahkan bisa menolong orang itu berubah menjadi seperti Kristus. Jadi dengan adanya Roh Kudus satu Kristus hilang, muncul beribu-ribu Kristus baru yaitu orang beriman yang tumbuh seperti Kristus.
KIS 1:11. PADA SAAT TUHAN YESUS NAIK KE SURGA:
1. Orang-orang Galilea melihat Tuhan Yesus naik, tetapi waktu Tuhan Yesus turun, seluruh dunia melihatnya dan ini mengakhiri semua kesempatan untuk selamat bagi orang-orang yang tertinggal sekaligus mengakhiri kerajaan Antikris dalam perang Harmagedon.
2. Mereka melihat ke langit dan Tuhan Yesus lenyap dalam awan-awan. Orang-orang yang bersedia melihat Tuhan di awan-awan dan bertemu dengan Dia pada saat pengangkatan. Tetapi pada hari ini semua orang berdosa di dunia yang ada cap Antikris akan melihat dan binasa.
3. Tuhan Yesus terangkat dari bumi; waktu Tuhan Yesus datang kembali Dia mendarat di bumi dan terus tinggal di bumi 1000 tahun, memerintah kera-jaan 1000 tahun.
4. Tuhan Yesus pergi dan akan datang kembali. Waktunya akan datang dimana semua nubuat ini digenapkan. Pasti Allah sanggup menggenapkannya dan berbahagialah orang yang setia dan taat pada Allah.
5. Dengan cara yang sama murid melihat Tuhan Yesus naik ke Surga dan mereka (bersama kita) juga akan ikut Tuhan Yesus turun dan melihat Tuhan Yesus mendarat di bumi. Tuhan Yesus naik ke Surga sendirian, tetapi turun ke bumi dengan kita semua Yud 11.
ZAK 14:4. TUHAN YESUS MENDARAT DI BUKIT ZAITUN (KEDATANGAN TUHAN YESUS II) PADA HARI ITU
Bilamana?
Inilah kedatangan Tuhan Yesus ke II, Ia mendarat di atas Bukit Zaitun. Ini tahap ke II. Pada tahap I Tuhan Yesus tidak mendarat, tetapi menunggu di udara (se-perti “helikopter” menunggu di atas, begitu juga Elia ditunggu kereta api di udara). Ini hal-hal yang luar biasa yang akan terjadi, tetapi hanya satu kali (lebih-lebih) pengangkatan, dari permulaan sampai selesai itu terjadi hanya dalam sekejab. Sebab itu kalau luput satu kali, luput untuk selamanya). Hari-hari yang akan datang bagi umat Kristen itu sangat gilang gemilang, jangan menukar dgn apapun, lebih-lebih dengan segala umpan dosa yang fana, tipu daya dan rayuan si iblis dan dunia ini.
KAKINYA AKAN BERDIRI DI ATAS BUKIT ZAITUN.
Luar biasa. Ini suatu nubuatan yang akan terjadi. Ini juga dikatakan oleh malaikat-malaikat pada waktu Tuhan Yesus naik ke Surga, yaitu sebagaimana Ia naik dari Bukit Zaitun, begitu juga Ia akan turun dan datang ke atas Bukit Zaitun Kis 1:11. Tempat di mana Tuhan Yesus menjejakkan kaki-Nya terakhir di bumi, itu begitu penting, sebab di tempat itu kaki Tuhan Yesus terangkat naik dan kakiNya akan kembali turun di tempat yang sama (di situ didirikan suatu bangunan gereja yang disebut “Gereja Kenaikan”. Tetapi sebetulnya orang tidak tahu tepat tempat itu, sebab ada dua gereja Kenaikan, satunya oleh orang-orang Rusia, pasti hanya satu yang benar atau keduanya salah?). Tempat ini pasti ada di atas Bukit Zaitun (meskipun tepatnya tidak diketahui) dan ini sangat penting, sebab satu kali Tuhan Yesus akan datang kembali dan turun di “tempat yang sama” (lalu masuk ke Yerusalem). Betapa dahsyat dan indah rencana Allah. Ini pasti akan digenapi seperti nubuatan- nubuatan lain tenang kedatangan Tuhan Yesus. Nubuat ten-tang kedatanganNya begitu banyak dan semua akan digenapi. Kita juga akan menyaksikan dengan mata kepala kita sendiri, sebab kita akan ikut serta dengan Tuhan Yesus turun di sini, seperti yang sudah dinubuatkan oleh Henokh ribuan tahun yang lalu Yud 14. Betapa indah dan penuh sukacita hari-hari yang akan datang bagi yang setia mengikut Tuhan Yesus (bukan yang hanya mencari kehen-daknya sendiri). Sebab itu jangan ibadah dan pelayanan semau kita sendiri, atau menuruti orang banyak, tetapi menuruti kebe-naran Firman Allah!
Mengapa di Bukit Zaitun? Ada dua sebab:
1. Ini adalah tempat minyak, penuh dengan pokok zaitun.
2. Dari sini Tuhan Yesus memberi ama-nat/ komando supaya pergi ke seluruh dunia untuk menyelesaikan rencana Allah yang mulia itu Mat 28:18-20/ Mar 16:15-20/ Luk 24:50-53/ Kis 1:4-12. Dari titik ini perintah itu diberikan dan satu kali juga sesudah Injil sampai ke seluruh bumi, Ia kembali pulang ke titik ini. Injil akan sampai ke seluruh bumi, (sebagian dari) segala bangsa akan menjadi murid Tuhan dan sesudah tubuh Kristus dibentuk dan disem-purnakan, Tuhan Yesus datang kembali dan sesudah sisa segala bangsa yang tertinggal selamat (lewat kematian dalam zaman antikris), maka Tuhan Yesus datang kembali di Bukit Zaitun. Bukit Zaitun adalah tonggak peringatan dari Allah, bahwa rencana Allah akan sampai di seluruh dunia dan digenapkan sehingga tamatlah rencana Allah dengan sempurna. Berbahagialah orang yang percaya akan Firman, rencana dan janji-janji-Nya, sebab sangat indah dan mulia segala rencana-Nya untuk kekal bagi orang yang mau percaya. Orang yang mau percaya akan ikut menggenapkan ke tiga angka kedatangan Tuhan dengan segenap hatinya. Jangan berhenti dalam proyek ini, jangan ditipu iblis, jangan karena tersinggung atau kecewa pada sese-orang lalu berhenti dalam proyek Allah yang mulia ini, maju terus sebab amat mulia dan kekal pahalanya. Kalau seorang berhenti di tengah jalan, padahal kurang sedikit, ia akan menyesal untuk kekal, setialah sampai mati!
YANG ADA DI DEPAN YERUSALEM DI SEBELAH TIMUR.

Bukit Zaitun ada di sebelah Timur Yerusalem. Mengapa Tuhan Yesus turun di Bukit Zaitun? Sebab sesudah ini Ia akan masuk ke Yerusalem (lewat pintu Elok Kis 3:2). Di sini Tuhan Yesus akan membangun kerajaanNya yang 100% bisa dikontrol sehingga timbul kerajaan damai yang tidak pernah ada di bumi sejak penciptaannya (sejak kejatuhan, baru ada manusia dan bisa menjadi kerajaan-kerajaan). Sesuai dengan janji dan nubuatan Alkitab, maka Tuhan Yesus akan duduk di tahta Daud Luk 1:32 menggenapkan rencana Allah bagi Isarel dan mengakhiri rencana Allah dalam seluruh sejarah manusia. Kerajaan Allah sekarang sudah ada di dalam hati orang-orang yang percaya Luk 17:21. Secara pribadi dan kelompok dalam gereja atau tubuh Kristus. Kristus bertahta dalam manusia, menjadi raja pribadi dan raja dalam umatNya. Kalau Kristus disembah dan didudukkan di atas tahta hati kita, artinya Dia yang menjadi raja dan berkuasa, maka akan ada damai yang indah dalam hidup kita Pil 4:7. Ini mutu damai dan sejatera Illahi seperti yang ada dalam Putra manusia Yesus Yoh 14:27. Kalau Kristus sungguh-sungguh memerintah dalam hati kita, pasti hidup ini akan menjadi seperti Kerajaan 1000 tahun penuh dengan damai yang asli dan berkat Tuhan yang luar biasa. Juga rumah tangga di mana Kristus bertahta, menjadi raja, disembah dan ditaati, maka rumah tangga itu akan penuh damai dan keberkatan seperti Obed Edom 2Sam 6:11. Begitu pula dalam gereja ,kalau Dia yang ditaati seperti dalam kerajaan Daud, Hizkia dan sebagainya, maka gereja itu akan menjadi damai dan penuh berkat seperti kerajaan Daud dan sebagainya. Sangat penting taat, jangan berontak, baik kepada Tuhan dan kepada pemimpin-pemimpin yang sudah diangkat Tuhan Ibr 13:7,17. Perlu ketaatan, kalau tidak kerajaan Kristus dalam kita bubar! Sangat indah kalau Kristus bertahta di mana saja. Bahkan ada yang berkata, dengan Kristus di Neraka pun mau, sebab Neraka akan berubah menjadi Sorga. Kalau Yesus ada dalam hati, dalam nikah, dalam keluarga, dan bertahta disitu (ditaati FirmanNya, yang tertulis dalam Alkitab bukan dalam mimpi atau hanya dalam nubuatan), maka semua itu akan berubah menjadi kerajaan damai bebe-rapa saat, selama terus taat kepada Kristus dan hamba-hambaNya).

Di sebelah Timur.
Perjalanan dari Bukit Zaitun ke Yerusalem adalah dari Timur ke Barat. Juga orang Majus. Begitu juga dari Pintu Gerbang sampai Tabut itu dari Timur sampai Barat. Ini menceritakan perjalanan dari mulai percaya sampai menjadi sempurna, dari nol sampai sempurna. Rencana Allah di dalam kita akan disempurnakan asal kita mau taat kepada Firman-Nya. Suatu perjalanan yang indah kalau kita mau bertumbuh dalam iman sesuai rencana Allah.
Dari Barat ke Timur itu perjalanan yang celaka, seperti perjalanan Elimelekh dari Bethlehem (Rumah roti) ke Timur ke Moab dan ia binasa. Jangan undur atau merosot sebab menuruti daging, tetapi bertumbuhlah terus ke Barat, itu hidup yang indah, maju dan meningkat dalam rencana Allah sampai puncak rencana Allah yaitu menjadi seperti Kristus Rum 8:29. Kita sudah melihat orang atau keluarga, atau gereja seperti Kerajaan 1000 tahun, tetapi belum ada satu negeri seperti Kerajaan 1000 tahun apalagi seluruh dunia. Tetapi pada waktu ini dimana-mana saja, bahkan seluruh dunia akan sungguh-sungguh berubah menjadi Kerajaan 1000 tahun yang diperintah langsung oleh Kristus dan ….kita! Sekarang yang sudah bisa menjadi Kerajaan 1000 tahun yaitu pribadi, rumah tangga, gereja atau kelompok (bertambah besar bertambah sulit, apalagi kalau ingin meningkat dalam ukuran yang semakin tinggi). Tetapi sebelm Tuhan Yesus datang, gereja atau tubuh Kristus global akan meng-alami keadaan yang amat indah sebab ada Hujan Akhir dan semua fasilitas Sabat ke 70 Daniel. Apa yang sudah dinubuatkan Allah pasti terjadi, yaitu pribadi-pribadi menjadi sempurna sampai tubuh Kristus global, tetapi bukan seluruh negara atau seluruh dunia, tetap ada Yudas, tetap ada Demas, tetap ada pengkhianat, pemberontak dan yang undur, tetapi jangan kita termasuk yang diolah iblis, tetapi yang mau diolah oleh Allah, itu sangat indah, bahkan mulai sekarang sudah bisa menjadi indah, kalau mau mematikan daging dan taat dipimpin Roh Rum 8:13-14.
DAN BUKIT ZAITUN AKAN TERBELAH DI TENGAH2NYA.
Mengapa Bukit Zaitun yang terbelah? Bukit Zaitun adalah tempat minyak. Minyak adalah lambang Roh Kudus. Ini sangat penting dalam rencana Allah yang Maha besar yaitu Roh Kudus.
MAKA AKAN ADA SUATU LEMBAH YANG SANGAT BESAR
Jarak dari Bukit Zaitun yang di Utara dan yang di Selatan menjadi sangat jauh dan sangat berbeda sebab ada lembah yang sangat besar memisahkan kdua-duanya. Perbedaan ini akan semakin lama semakin besar. Semua orang-orang dari kerajaan Antikris itu pergi ke Selatan dan dibunuh semua. Yang sudah mati dibunuh Antikris karena percaya Tuhan Yesus itu ada di Utara dan akan bangkit dibawa oleh Tuhan Yesus dalam Kerajaan 1000 tahun. Perpecahan Bukit Zaitun yang bergerak ke Utara dan Selatan dan ada celah yang sangat besar (yang tidak bisa dilewati) ini adalah peristiwa yang terjadi pada waktu Tuhan Yesus datang menjejakkan kakiNya ke bumi pada kedatanganNya yang kedua. Inilah perang Harmagedon.
Yang pergi ke Selatan adalah semua orang yang ada cap atau meterai Antikris dibunuh semua lalu masuk dalam Neraka, menunggu kebangkitan orang berdosa lalu masuk dalam Tahta Putih Yang Besar dan sesudah itu masuk dalam Tasik Api untuk kekal. Wah 19:19-21. Antikris dan nabi palsu langsung dilempar ke dalam Tasik api, sedangkan iblis dan semua tentaranya ditangkap dan dimasukkan dalam Abusos untuk 1000 tahun. Ada pemi-sahan yang besar dan kekal.
Yang pergi ke Utara adalah orang-orang yang mati oleh Antikris karena tetap memegang nama Tuhan Yesus, mereka akan bangkit (rohnya yang tinggal dalam Mezbah Tuhan Wah 6:9-11) dan ikut Tuhan Yesus masuk dalam kera-jaan 1000 tahun, memerintah dengan Tuhan (tentu dalam tingkat yang paling rendah Wah 20:4).
KESIMPULAN.
Peringatan kenaikan Tuhan ini berarti bagi kita:
1. Penebusan selesai, kita bisa menik-mati hasilnya yang luar biasa, sehingga kita bisa mencapai hal-hal yang jauh lebih besar dari orang Wasiat Lama Ibr 11:39-40. Jangan sia-siakan kesempatan ini, pakai baik-baik, istimewa dengan adanya baptisan Roh Kudus, jadilah ligabis, sebab itu untung dalam segala-galanya.
2. Kita hidup di bagian terakhir proyek Allah ini bukan kebetulan. Semua sudah diatur Tuhan dengan teliti, kita mendapat kesempatan yang sangat besar dan mulia untuk masuk dalam rencana kesempurnaan Allah, jangan sampai ketinggalan, rugi besar. Bertekunlah dalam 7 Kebutuhan Pokok Rohani Yoh 15:5, maka kita akan tumbuh dalam rencana Allah yang indah dan bisa masuk dalam tingkatan-tingkatan yang mulia untuk kekal.
3. Belajar menghadapi semua peristiwa dengan pimpinan dan kuasa, hikmat Roh Kudus. Jangan pakai kekuatan sendiri, akan jadi korban dan berantakan. Musuh menjurus menjadi Antikris, jadi orang jahat dan sukses. Kalau kita menghadapi dengan kekuatan sendiri pasti jadi korban dan hancur. Belajar banyak berdoa dalam Roh dan kebenaran, berjalan dalam Roh, pakai karunia-karunia dan buah Roh, hikmat dan kuasaNya, pelayanan dengan jabatan-jabatan dari Tuhan, semua dicocokkan dengan Firman Tuhan, maka kita bisa bertahan sampai masuk hari-hari yang sulit itu yang akan menjadi zaman keemasan Gereja dan ikut dalam pengangkatan, tidak sampai ter-tinggal.
Dengan singkat, hiduplah seperti ligabis, jangan merosot nanti menjadi ligabo, masuk jerat iblis dan akhirnya tertinggal.