YS159 – Yesaya 36:11-22 Rabsaki Menghina Hizkia dan Tuhan (1 Mei '13)

Download MP3 Khotbah: YS159

YESAYA 36:11-22. RABSAKI MENGHINA HIZKIA DAN TUHAN.

Ini juga dicatat 2Raj 18:26-37, 2Taw 32:17-19.
YES 36:11. RABSAKI MENCELA DALAM BAHASA YAHUDI.
LALU BERKATALAH ELYAKIM DAN SEBNA DAN YOAH KEPADA RABSAKI, SAYA MINTA PADAMU, BERBICARALAH KEPADA HAMBA-HAMBAMU INI DALAM BAHASA ASYUR, SEBAB KAMU MENGERTI DAN JANGANLAH BERBICARA KEPADA KAMI DALAM BAHASA YAHUDI, DALAM TELINGA ORANG-ORANG YANG ADA DI ATAS TEMBOK.
Para utusan minta Rabsaki bicara dalam bahasa Asyur supaya orang-orang Israel tidak mengerti dan tidak terbujuk atau hanyut oleh kata-kata Rabsaki. Memang orang dunia dan orang-orang yang undur dari Tuhan, kata-katanya itu bisa merusak dan meracuni orang-orang yang mendengar, apalagi pendengar yang tidak mempunyai pendirian yang teguh Mat 7:24-28, bisa keracunan oleh kata-kata penghasut-pengahasut itu. Kalau dahulu hanya Rabsaki tetapi sekarang setiap orang yang undur dan murtad, bahkan semua kaki tangannya iblis bisa bicara dengan bermacam-macam cara dalam zaman komunikasi ini (facebook, internet dll). Sebab itu semua umat Tuhan perlu tumbuh dalam Firman Tuhan dan kesucian. Gembala harus mengatakan dengan jujur bahwa itu serigala-serigala dan menguatkan, tetapi jangan dengan marah, benci atau dosa-dosa lainnya, tetapi tetap dipimpin Roh. Orang yang kena hasutan akan rusak rohaninya, tetap harapkan anak terhilang kembali, minta pimpinan Roh untuk melayaninya (tetapi ada yang tidak mau kembali seperti Yudas, wai).
YES 36:12. ANCAMAN YANG MENAKUTKAN.
TETAPI RABSAKI BERKATA: ADALAH TUANKU MENGUTUS AKU KEPADA TUANMU DAN ENGKAU SAJA UNTUK MENGATAKAN KATA-KATA INI? BUKANKAH JUGA KEPADA ORANG-ORANG YANG DUDUK DI ATAS TEMBOK, YANG AKAN MAKAN TAHINYA SENDIRI DAN MINUM KENCINGNYA SENDIRI BERSAMAMU?
Dengan yakin Rabsaki mengatakan bahwa mereka akan binasa, makan tahi dan minum kencingnya sendiri. Suatu ancaman yang dahsyat. Jangan berkelahi, pakai kuasa Allah, berdoa dan terus minta pimpinan Roh Kudus. Ter-nyata akhirnya mereka sendiri yang mati 2Raj 19:35. Seringkali kita harus menunggu berapa lama, tetapi tetap tinggal dalam Kristus, jangan bereaksi dosa atau dengan kekuatan sendiri. Masa menunggu itu melatih iman kita. Jangan takut, Allah kita sanggup menolong dan melepaskan setiap orang yang percaya dan harap kepadaNya.
YES 36:13-14. RABSAKI MENYEBUT HIZKIA PENIPU.
13. LALU RABSAKI BERDIRI DAN BERTERIAK DENGAN SUARA YANG NYARING DALAM BAHASA YAHUDI, DENGARLAH KAMU KATA-KATA DARI RAJA YANG BESAR, RAJA ASYUR.
14. DEMIKIANLAH KATA RAJA, JANGANLAH HIZKIA MENIPU KAMU, SEBAB DIA TIDAK AKAN SANGGUP MELEPASKAN KAMU.
Hizkia sama sekali bukan penipu. Tetapi ia berharap pada Tuhan. Jangan takut difitnah atau dituduh, tetap harap Tuhan dan jangan bereaksi dosa. Kalau bisa dijelaskan, usahakanlah supaya orang-orang yang tidak mengerti dan yang lemah rohaninya jangan tertipu dan binasa dalam tangan penipu. Setiap orang beriman, lebih-lebih pemimpin akan mengalami fitnah atau tuduhan yang jahat, tetapi jangan dendam, tetap bertindak bijaksana dalam pimpinan Roh (termasuk cerdik) dalam kesucian dan kasihNya.
YES 36:15. HIZKIA MENGAJAR ISRAEL BERHARAP PADA TUHAN.
JANGANLAH HIZKIA MEMBUATMU BERHARAP KEPADA TUHAN, KATANYA, TUHAN PASTI AKAN MELEPASKAN KAMU, KOTA INI TIDAK AKAN DISERAHKAN KE DALAM TANGAN RAJA ASYUR.
Heran, Rabsaki tahu banyak keadaan Hizkia dan Isarel, ia tidak ngawur se-cara akal, tetapi melawan Allah. Memang Hizkia mengajak orang Israel berharap Tuhan dan itu yang benar. Tetapi semua orang, masing-masing akan diuji dan akhirnya orang yang percaya dan berharap pada Tuhan akan menang dan tidak akan dipermalukan. Rom 10:11. Jangan bimbang, tetap percaya dan harap Tuhan, tetapi kita harus juga memenuhi syaratnya yaitu hidup dan maksud kita harus benar. Tidak semua orang yang percaya dan harap Tuhan berhasil, sebab Tuhan tidak akan mendukung dan meluluskan permintaan orang yang salah. Misalnya Zedekia harap Tuhan, tetapi ia tetap binasa sebab hidup dalam dosa dan tidak mau bertobat. Daniel sekalipun ditawan, justru hidupnya makin indah dalam rencana Allah, sebab hidupnya berkenan pada Tuhan.
YES 36:16. SIASAT SANHERIB RAJA ASYUR.JANGANLAH MENDENGARKAN HIZKIA, KARENA DEMIKIANLAH KATA RAJA ASYUR; BUATLAH SUATU PERJANJIAN DENGAN SAYA DENGAN SEBUAH PEMBERIAN* (Y: A BLESSING), LALU KELUARLAH KEPADA SAYA, DAN MASING-MASING MAKANLAH DARIPADA POHON ANGGURNYA DAN MASING-MASING DARI POHON ARANYA DAN MASING-MASING KAMU MINUMLAH AIR DARI TEMPAT AIRNYA** SENDIRI.
Janji-janji raja Sanherib cukup baik. Disuruh membuat perjanjian (dengan mem-bawa hadiah, pemberian,Y: Berkat) dan orang-orang Israel akan bisa makan minum dan tinggal dengan nyaman, tidak kena celaka. (minum anggur = kesukaan dan ara = kenyang) sehingga puas dan selamat kalau membuat perjanjian dengan Sanherib, tidak akan rugi. Iblis itu pembohong dari mulanya. Yoh 8:44, Hawa percaya dan celaka untuk selamanya, menyesal tetapi terlambat Jangan sampai terlambat di Neraka, tidak bisa diperbaiki, kalau masih di dunia (masih hidup), masih bisa diperbaiki asal tidak keras hati dan mau bertobat. Iblis, dunia, daging dan dosa selalu menawarkan yang indah-indah dan menyenangkan, dan iblis ingin membuat perjanjian yang bagus, yang bisa diterima dengan baik, masuk akal!). Jangan buat perjanjian dengan dosa atau daging, tetap pegang Firman Tuhan baik-baik, jangan mau dikurangi, sekalipun sedikit atau yang lazim diterima orang banyak. Pegang Firman Tuhan sepenuh-penuhnya, supaya jangan sampai tertipu seperti Hawa, apalagi seperti Saul, Achan, Yudas, tidak bisa kembali lagi dari neraka. Mereka dijanjikan masih minum anggur, ara dan airnya sendiri, tetapi itu hanya permulaannya saja. Ka-lau satu orang sudah membuat perjanjian dengan daging, akhirnya orang itu meninggalkan Tuhan, maka maka-nan dan minuman rohani yang asli tidaklah lagi menarik dan mereka akan makan dan minum campuran, lama-lama menu dunia dan daging, sekalipun masih ada ayat-ayat dan tradisi Kristen yang dipegang, tetapi dosa merajalela seperti dalam Gereja-gereja jalan lebar! Jangan percaya pada tawaran daging, belajar terus dipimpin Roh sesuai Firman Tuhan, sebab kemuliaan yang akan kita terima terlalu besar, jangan sampai lenyap oleh kesukaan dosa sesaat Ibr 11:25.
YES 36:17. DIBAWA KE NEGERI GANDUM DAN ANGGUR TETAPI TERTAWAN.
SAMPAI SAYA DATANG DAN MEMBAWAMU KE SUATU NEGERI YANG SEPERTI NEGERIMU, SUATU NEGERI GANDUM DAN AIR ANGGUR, NEGERI ROTI DAN KEBUN ANGGUR.
Kata-kata dari iblis selalu menawan dan menarik seolah-olah menjadi tawanan itu tidak apa-apa, bahkan ada baiknya, indah, sehingga terikat dalam dosa itu senang; memang itu kata-kata manis bapak pembohong. Lot juga tertarik ke Sodom dan disini orang-orang Israel diajak ke Asyur atau negeri-negeri yang lain dengan jaminan pasti senang (anggur) dan puas (roti). Hati-hati, jangan sampai tertipu. Orang yang sudah ingin akan hal-hal dunia dan daging, akan melihat perkara-perkara dosa itu indah, itu sudah tertipu sehingga timbul keinginan, gairah dan usaha untuk memperolehnya dan dengan mudah me-ninggalkan yang asli dari Tuhan. Apalagi dalam kesukaran seperti Elimelekh, ia meninggalkan Betlehem dan mendapatkan Moab. Untung, meskipun meninggalkan Tuhan justru hidupnya makin enak. Hasilnya cukup baik, tetapi tidak berapa lama ia mati, juga kedua putranya. Anggur dunia ini anggur Sodom, itu racun ular biludak Ul 32:32-33. Juga nampaknya kenyang dan puas tetapi itukepuasan daging dan tertawan oleh iblis.
YES 36:18. SIAPA PENIPU? HIZKIA ATAU SANHERIB ?
BERHATI-HATILAH, JANGAN SAMPAI HIZKIA MEMBUJUK KAMU, KATANYA TUHAN AKAN MELEPASKAN KITA. SUDAHKAH ALLAH BANGSA-BANGSA INI MELEPASKAN NEGERINYA KELUAR DARI TANGAN RAJA ASYUR?
Semua orang tidak akan mengatakan Allah itu penipu,tetapi sebab tidak bisa membedakan, apalagi hanya melihat fakta, maka Sanherib disebutsahabat yang baik dan Hizkia adalah penipu. Tidak semua orang bisa membedakan pemimpin-pemimpin yang tulus dan betul dari pemimpin-pemimpin yang salah dan palsu misalnya Daud dan Saul. Hampir seluruh tentara Israel ikut Saul untuk membunuh Daud padahal Daud adalah pemimpin yang betul dan diperkenan Tuhan. Kalau hanya melihat dari fakta, (toko atau restoran yang ramai itu yang dianggap baik), tetapi di dalam Tuhan belum tentu, sebab banyak orang buta mata hatinya oleh dosa 2Kor 4:4. Kalau orang itu sendiri tidak lahir baru dan dipimpin Roh, dengan mudah ia dise-satkan oleh pilihan mata dan akal. (Bahkan Samuel bisa keliru 1Sam 16:7). Betapa menyedihkan kalau pemimpin2 yang betul ditinggalkan oleh domba-dombanya yang memilih pemimpin yang salah seperti Saul, Sanherib, dll. Juga antara Yehuda dan Israel, hanya sebagian kecil memilih Allah yang di Yerusalem, sebagian besar memilih Yerobeam sekalipun ada dua anak lembu emas yang pasti sesat dan juga Baal dan orang-orang yang hidup dalam dosa! Heran umat Tuhan tidak bisa membedakan yang baik dan yang jahat, lebih-lebih kalau dunia penuh dengan godaan dan daya tarik duniawi yang ma-nis, sehingga tidaklah heran kalau banyak orang beriman tertinggal waktu Tuhan datang, sebab tidak bisa memilih yang betul. Orang yang memilih yang salah akan hanyut dalam dosa dan jalan lebar, tidak mau bersedia dalam hidup yang suci di jalan sempit. Sebab itu tumbuhlah dalam kesucian, pikul salib, dipimpin Roh, tekun dalam Fir-man Tuhan, doa, ibadah, persekutuan dan pelayanan yang suci, supaya jangan sampai tidak bisa membedakan yang betul dan salah, tertipu oleh iblis, dunia dan daging ini, sehingga binasa!
YES 36:19. FAKTA-FAKTA YANG MENGELILINGI.
DIMANAKAH ALLAH HAMAT DAN ARPAD? DIMANAKAH ALLAH SEFARWAIM? SUDAHKAH MEREKA MELEPASKAN SAMARIA KELUAR DARI TANGAN SAYA.
Sanherib memberi fakta bahwa semua negeri dan allah-allahnya takluk kepadanya. Orang percaya bisa melihat kebenaran Firman Tuhan menembusi segala fakta yang mengepungnya. Ini perlu pekerjaan Roh Kudus, sebab itu tinggallah dalam kesucian, supaya Roh Kudus bisa terus bekerja dalam hidup kita sehingga kita bisa melihat menembus fakta-fakta yang limpah melalui kita. Israel di padang gurun hanya bisa melihat fakta-fakta sekitarnya tetapi tidak bisa melihat Tuhan yang tidak kelihatan, sebab itu bersungut-sungut terus. Tetapi Musa bisa melihat yang tidak tampak Ibr 11:27. Sebab itu ia penuh gairah dan maju terus sekalipun dilawan orang Israel; Ia dianggap menghancurkan hidupnya sendiri (bunuh diri) sebab mau masuk negeri raksasa, danjalan di padang gu-run yang tandus (tetapi sebetulnya sudah terbukti bahwa mereka dipe-lihara Tuhan, mereka sudah melihat fakta, tetapi tetap masih belum bisa percaya, sehingga terus bersungut-sungut sampai binasa. Memang orang Kristen yang bisa maju itu bisa berjalan dengan iman 2Kor 5:7, bukan atas penglihatan, tetapi berdasar janji-jamji Firman Tuhan Mat 4:4. Kalau kita tidak makan manna setiap hari, mana bisa hidup apalagi tumbuh. Pasti mudah ikut arus orang banyak menuruti fakta dan tersesat.
Sanherib memberi fakta-fakta kekalahan dari begitu banyak bangsa dengan allah-allahnya, sebab memang allah-allah manu-sia, termasuk iblis itu terbatas kekuatannya. Sekalipun dunia penuh dengan tehnologi sampai Mars, macam-macam kemajuan, semua tetap terbatas, seperti Sanherib yang gagah perkasa, mengalahkan banyak bangsa dan allahnya, tetapi akhirnya habis tentaranya dan ia mati. Siapa bisa melawan Allah 1Kor 10:22. Harap, percaya, taat dan cintai Tuhan Yesus Kristus, pasti terbaik, sekalipun terjepit seperti Hizkia, Ayub, Yusuf, Daud dan Daniel dst.
YES 36:20. YERUSALEM DI TANGAN SANHERIB ?
SIAPAKAH DIANTARA ALLAH-ALLAH DARI NEGERI-NEGERI INI YANG SUDAH MELEPASKAN NEGERINYA KELUAR DARI TANGAN SAYA, SEHINGGA TUHAN AKAN MELEPASKAN YERUSALEM KELUAR DARI TANGAN SAYA?
Dengan sombong Rabsaki mengatakan bahwa Yerusalem ada masuk dalam tangan Sanherib. Mungkinkah Yerusalem kota Allah masuk dalam tangan musuh? Itu tergantung dari siapa rajanya!
Waktu Zedekia jadi raja Yehuda, Yerusalem jatuh ke tangan Babil. Tetapi waktu Hizkia, sekalipun ada kekurangan-kekurangan Hizkia, Yerusalem tidak mungkin jatuh dalam tangan musuh. (Dalam sejarah pada tahun 70 AD, Yerusalem juga jatuh dalam tangan musuh). Semua tergantung dari siapa pemimpinnya. Nama Tuhan bisa dirusak dan dihancurkan anak-anak Allah sendiri yang hidup dalam dosa melawan Allah Rom 2:24. Allah di dalam dunia itu keindahan, kebesarannya dalam sifatNya, dinyatakan, dijelmakan dalam dunia sesuai dengan keadaan rohani umat Tuhan. Kalau umat Tuhan taat dan setia, terus dipimpin Roh, akan tampak Allah orang beriman yang kuat. Sebaliknya Allah orang beriman itu begitu lemah, bisa dirampasi dan dijarahi se-bab orang-orang beriman hidup begitu rendah dan hina di hadapan Tuhan. Tetapi rencana Allah akan tetap digenapi, sebab Allah tahu lebih dahulu, dan maha kuasa. Kalau seorang tidak mau taat melakukan kehendak Allah, Tuhan akan mendapatkan orang lain yang mau sebab Tuhan sudah tahu lebih dahulu dan rencana Allah pasti jadi. Mat 21:43, 1Sam 13:14. Kalau lemah, apa boleh buat (itu bukan kehendak Tuhan, sebab Tuhan menghendaki kita selalu kuat Ef 6:10) tetapi asal kita mau, berseru pada Tuhan, harap betul-betul pada Tuhan dan tidak mau meninggalkan Tuhan, Tuhan ma-sih sanggup menolong kita seperti Hiz-kia yang lemah (yang sudah kalah dari Sanherib dan merusakkan bait Allah, mengelupas perak dan emasnya) tetapi ia tetap harap Tuhan dan Tuhan sanggup memulihkannya danmembuatnya menang.
Tuhan selalu tanya apa mau ambil keputusan yang betul, taat pada Tuhan, Tuhan tidak menuntut kita sanggup, te-tapi mau taat Luk 12:57. Tuhan sang-gup menolong sekalipun dengan banyak kesulitan sebab lemah dan kurang kuat, kurang percaya). Sebab itu harap Tuhan dengan sungguh-sungguh, cari hadiratNya dan taat 1Taw 16:11.
YES 36:21. DIAM, TIDAK BISA, TIDAK MAU MENJAWAB.
TETAPI MEREKA DIAM SAJA, TIDAK DISAHUTINYA SEPATAH KATAPUN, KARENA RAJA BERPESAN KATANYA” JANGAN MENJAWAB KATA-KATANYA.
Utusan raja Hizkia tidak bisa menjawab, sebab mereka tidak berdaya dan mereka juga tidak mau menjawab sebab taat pada pesan raja Hizkia. Kita adalah utusan Allah dan kalau Tuhan tidak memberi pesan, tidak yakin ada pesan dari Tuhan, hendaklah kita diam dan terus mencari pimpinanNya, daripada membuat salah sehingga keadaan akan menjadi ruwet. Tetapi kita harus terus menerus dalam hubungan baik dengan Allah 1Tes 5:10, bukan putus hubungan karena dosa Yes 59:2. Kalau hubungan baik dan kita belum mendengar dari Tuhan jawabannya, lebih baik kita diam (tidak ada ilham, tidak ada sejahterah). Kalau menjawab dari diri sendiri, akan mudah terjadi ke-kacauan, kekalahan, bisa-bisa binasa. Yang pertama terhadap Sanherib, Hizkia sudah berkata-kata minta ampun dan merusak bait Allah (ini pasti bukan disuruh Tuhan) 2Raj 18:14,16. Ia sebab kalah, panik dan bodoh, Hizkia gelisah dan tidak tenang. Sekarang, dengan musuh sudah di mukanya, Hizkia tidak lagi mau menjawab tetapi berdoa mencari Tuhan dan menunggu kata-kata Tuhan, ternyata Tuhan tidak memberi jawaban untuk disampaikanpada Rabsahi atau Sanherib, hanya berfirman kepada Hizkia dan akhirnya tentara Asyur, Rabsahi dan Sanherib dibinasakan Tuhan habis-habisan dalam seketika. Jangan banyak bicara kecuali disuruh Allah. Dalam kebanyakan bicara ada banyak salah Ams 10:19. Lebih baik mencari hadirat Tuhan dan minta pimpinanNya, sebab jalan Tuhan itu paling tepat dan tidak pernah salah, pasti berhasil, seperti ternyata pada Hizkia. Semua kata-kata Tuhan pada Hizkia jadi dengan sepenuhnya dan Hizkia bebas! Kalau kata-kata itu dari Tuhan, biarpun sedikit, kadang-kadang kurang rasanya kurang tepat atau kurang logis menurut akal tetapi hasilnya sempurna. Elisa kata-katanya sederhana, murid-murid yang keracunan isi kuali disuruh makan lagi, ini berarti makin cepat matinya, tetapi ternyata sembuh. Mata kapak yang hilang diambil dengan sepotong carang.
Belajar terus berjalan dalam Roh supaya punya kata-kata yang tepat dari Tuhan dan itu akan berhasil.
YES 36:22. UTUSAN RAJA TIDAK MELIHAT JALAN.
LALU DATANGLAH ELYAKIM PUTRA HILKIAH YANG MENGEPALAI RUMAH* DAN SEBNA PENULIS ITU DAN YOAH PUTRA ASAF PENGARSIP KEPADA HIZKIA DENGAN PAKAIANNYA DI ROBEK-ROBEK DAN MENGATAKAN KEPADANYA KATA-KATA DARI RABSAKI.
 
Utusan ini merobek-robek pakaiannya tanda berdukacita sebab mereka tidak melihat jalan lepas, hanya melihat bahaya. Mereka menyampaikan kata-kata Rabsaki pada Hizkia dan tidak bisa berbuat apa-apa, tidak ada usul atau rencana. Kalau utusan ini penuh dan dipimpin Roh, pasti mereka akan mendapat pimpinan Roh. Seperti 12 pengintai, 10 pulang dengan dukacita, putus asa dan keluhan yang mempengaruhi seluruh Israel sehingga mereka memberontak kepada Musa. Tetapi dua utusan yang punya iman, reaksinya menguatkan. Disini utusan ini sudah putus asa, sebab juga pemimpinnya bingung. Semua bagian-bagian tugas dan hidup kita itu harus dipimpin Roh, kalau tidak, maka dalam bagian-bagian yang kita jalani sendiri akan ditipu dan dikuasai iblis sehingga semua jadi kacau menuju kebinasaan.
Dalam segala hal berdoa dan minta pimpinan Tuhan maka iblis tidak dapat pintu masuk, kita tetap, tidak keluar dari jalan Tuhan dan dengan Tuhan akan mengalami kemenangan yang gilang gemilang. Untung Hizkia kembali mencari Tuhan. Dalam segala hal lari ke Tuhan Yesus, tidak ada yang mustahil bagiNya, asal kita di dalam jalanNya (atau mengubah hidup kita dicocokkan kembali dengan Tuhan), maka pasti ada pertolongan dari Tuhan. Orang yang dengan tulus mencari Tuhan akan tertolong Ibr 11:6; 4:16.s
KESIMPULAN.
Ada banyak Sanherib dan Rabsaki di sekitar kita, lebih-lebih dalam problem dan kesukaran. Rabsaki menggambarkan akal yang teliti dan tepat, tetapi untuk orang jalan buntu, justru ia akan makin terpuruk. Tetapi semua itu tidak ada yang kebetulan. Cari Tuhan, tanya Tuhan sebab-sebabnya, perbaiki yang salah, berharap dan percaya kepadaNya, Allah sanggup menolong problem manapun, asal belum mati. Menang kalau lanjut dalam dosa, banyak rencana Allah yang indah jadi rusak.
Kalau dari permulaan tetap dalam rencanaNya, semuanya akan tetap utuh dan indah.