YS157 – Yesaya 35:8-10 Jalan Suci (17 Apr '13)

Download MP3 Khotbah: YS157

 

YESAYA 35:8-10. JALAN SUCI.

DISITU AKAN ADA JALAN RAYA, SEBUAH JALAN YANG DISEBUT JALAN SUCI.

Luar biasa. Di padang gurun, padang pasir yang tandus, sepi, kering, sekarang ada segala-segalanya seperti tanah yang subur, dengan pancaran air, sungai di gurun, kembang-kembang mawar, rumput dll, menjadi taman yang indah penuh dengan bunga-bunga. luar biasa!
Lalu ada jalan raya. Ini betul-betul pekerjaan Roh Kudus yang luar biasa, bahkan puncak-puncak pekerjaan Roh Kudus yang heran, bahkan ini menjadi bagian terakhir (Hujan akhir) dari pekerjaan Allah untuk menyelesaikan, menggenapkan rencana Allah yang besar dan heran.
Ini jalan raya, lebar dan besar, seperti jalan tol zaman sekarang, high way, sehingga orang bisa melewatinya dengan mudah dan cepat sampai di tujuan. Ini menceritakan pertumbuhan orang-orang beriman, anggota Gereja Hujan akhir (lima gadis bijak) yang berjalan disini dengan cepat dan bebas hambatan, atau lebih tepat dengan kemenangan yang besar, mengalahkan iblis, meskipun keadaan dunia, dosa, iblis sangat dahsyat. Tetapi dengan kuasa Allah yang besarmereka semua tumbuh dengan heran dan cepat.
Jalan suci. Pekerjaan Roh Kudus akan terus meningkat, sebab dosa-dosa dunia juga terus meningkat makin luar biasa seperti yang bisa disaksikan setiap orang. Wah 22:11. Biasanya kesucian akan meningkat lebih dahulu, sebab Tuhan tidak ingin kekasih-kekasihNya jatuh baru disucikan, tidak! Tuhan ingin kita tumbuh di dalam kesucian (tumbuh dalam Ruangan Suci), bukan jatuh bangun dalam dosa (ini Halaman). Jangan ragu-ragu, meningkatlah dalam kesucian dan kemampuan-kemampuan ilahi. Target rencana Allah untuk menyempurnakan orang-orang beriman sampai 144.000 akan cepat digenapi dan bahkan semua anggota Gereja Hujan akhir tumbuh dan meningkat dengan cepat. Rata-rata dalam 3,5 tahun orang menjadi sempurna, luar biasa cepatnya. Pertumbuhan bisa dihitung dalam ukuran hari. Semua tumbuh meskipun tidak semua menjadi sempurna tetapi mereka mencapai tingkatan-tingkatan di bawah kesempurnaan.
Juga sekarang kita sudah bisa me-nerima semua yang ada dalam puncak pekerjaan Roh Kudus secara pribadi, meskipun belum secara massal, sebab fasilitas Wasiat Baru sudah lengkap dan tidak berubah, bahkan bertambah-tambah terus. Sekarang sudah ada kegerakan Roh Kudus yang heran, hanya belum sampai puncaknya juga pembukaan-pembukaan Firman Tuhan (meskipun masih tersembunyi, belum global), tetapi kita bisa mencapai puncak secara pribadi seperti Henokh, Elia, Putra manusia Yesus dll. Tumbuhkanlah terus dalam jalan yang suci ini, sampai seperti Kristus, bahkan sekarangpun sudah bisa lebih cepat!

YANG NAJIS TIDAK AKAN MELEWATINYA.

Hukum dalam Gereja akan sangat keras 2Kor 10:6 sehingga tidak lagi ada orang beredar-edar dalam Gereja atau tubuh Kristus dengan tidak tulus, dengan sombong, dengan kenajisan, dengan tidak jujur seperti Yudas, Akhan dll, sebab semua yang tidak mau bertobat akan dihukum mati di tempat, dahsyat seperti dalam puncak pertama Hujan-awal Kis 5. Disiplin (ketertiban) dalam Hujan akhir sangat tinggi dan ketat.
Mulai sekarang kita sudah harus mendisiplinkan mulut, telinga, tangan, mata, hati, pikiran kita, bahkan seluruh segi-segi hidup. Orang yang tidak biasa hidup dalam kesucian, tidak mahir menyangkal diri akan jatuh dan mati dalam zaman ini. Dahsyat. Sebab itu hal ini sudah harus dimulai sekarang. Semua yang tidak mau taat akan gugur dan mati dalam dosa atau masuk zaman Antikris dan mengalami aniaya yang dahsyat sampai mati! Jangan malas, lengah dan tidak peduli! Akibatnya dahsyat, sebab kejatuhan itu bisa sewaktu-waktu, juga bisa mulai sekarang (apalagi dalam hari-hari yang akan datang) sebab dosa itu terus meningkat. Tetapi orang-orang yang meningkat terus dalam kesucian akan mengalami pekerjaan Roh Kudus yang makin meningkat dan hidup berkemenangan yang makin besar. Penggembalaan zaman sekarang harus terus memperhatikan supaya domba-domba Tuhan tumbuh, tidak macet atau tinggal begitu-begitu saja. Kalau tidak tumbuh berarti ada dosa dan suasana neraka mulai masuk, tidak ada kesukaan dan kepuasan di dalam Tuhan. Orang yang tidak tumbuh rohaninya, lambat atau cepat akan jatuh, kemudian mati dalam dosa atau ketinggalan! Tetapi domba-domba yang tumbuh dalam kesucian akan hidup berkemenangan, sukacita, dan heran dalam jalan suci, yaitu rencana Allah yang indah di akhir zaman ini. Tidak ada orang najis dalam jalan suci ini, semua suci, semuanya seperti lima gadis bijak, sebab dalam masuk puncak kegerakan akhir zaman.Zaman ini tidak ada orang yang najis atau setengah hati, sebab yang suci makin suci, yang najis makin najis Wah 22:11. Orang yang setengah hati atau suam terseret dalam arus banjir bandang (tsunami) dosa, dahsyat. Tanpa sungguh-sungguh berakar dalam Tuhan, tidak ada yang bisa bertahan Mat 24:22 atau mereka masuk Gereja jalan lebar, sebab disini mereka masih bisa berdosa dan menikmatinya! Dan tentu akhirnya mati dalam dosa atau tertinggal!

KARENA IA SENDIRI AKAN BESERTA DENGAN MEREKA, ORANG-ORANG PERJALANAN.

Tuhan akan menyertai orang-orang yang berjalan disini, orang-orang perjalanan. Kita ini orang musafir di dunia, orang perjalanan yang sedang berjalan mencari negeri yang sudah disediakan Tuhan bagi orang-orang yang percaya Ibr 11:15-16. Seperti orang masuk hotel, ada saatnya untukcheck ini dan check out. Jangan lupa, sekalipun kita tidak tahu kapan, tetapi pasti ada saat untuk keluar dari dunia ini. Kita hanya penumpang atau berkemah di dunia ini 1Pet 1:17, 2Kor 5:1-5.
Tentu selama dalam perjalanan kita harus terus hidup dalam kesucian, jangan ketularan dosa-dosa dunia di sekitar kita, bahkan jangan ingin! Supaya jangan pindah jalur kejalan lebar yang menuju ke neraka.
Orang yang tidak mau dan tidak bisahidup suci, tidak akan bisa berjalan disini. Asal mau hidup suci, taat akan Tuhan, tidak peduli orang bodoh atau pintar, semua akan bisa hidup suci dan sampai di tempat tujuan. Dalam zaman ini asal sungguh-sungguh mau suci, pasti bisa hidup dalam Gereja zaman ini, sebab Roh Kudus (lebih-lebih dalam pengurapan yang limpah untuk semua orang) akan memampukan kita untuk terus hidup dalam kesucian, setiap orang percaya yang mau.
Selama dalam perjalanan ini, Tuhan Yesus, Ia sendiri akan menyertai kita Kel 32:15,17. Disertai Tuhan itu perkara yang sangat penting, sebab segala per-kara yang indah, heran, ajaib dan pertumbuhan yang cepat kepada ke-sempurnaan itu hanya mungkin kalau Dia di dalam kita dan kita di dalam Dia Yoh 6:56 (Tidak heran kalau Perjamuan Suci menjadi menu atau kebutuhan setiap hari, seperti dalam puncak pertama Kis 2:45). Semua hanya mungkin dengan Dia, tanpa Dia, semua sia-sia dan tidak berarti. Berjalan dengan Tuhan itu berarti hidup dipimpin Roh, sebab Roh Kudus yang bertugas memimpin kita dan itu termasuk juga Bapa dan Putra ada di dalam kita oleh Firman dan Roh Kudus.

SEKALIPUN ORANG BODOH, TIDAK AKAN TERSESAT DI DALAMNYA.

Mengapa? Sebab :
1. Ini jalan suci.
2. Disertai Tuhan.
Kekristenan ini ajaib atau aneh. Sebab orang yang paling bodohpun bisa jadi luar biasa asal mau percaya dan selalu taat di jalan suci, maka ia akan disertai Tuhan. Kalau disertai Tuhan, mau taat terus akan pimpinanNya, tidak mungkin tersesat. Orang akan mudah tersesat kalau jalan sendiri, biarpun orang rohani, sebab iblis lebih pintar dari orang yang sangat rohani tetapi berjalan sendiri tanpa Tuhan. Sebab yang memberi kekuatan dan hikmat adalah Tuhan. Siapa saja sekalipun bodoh, lemah, rendah, hina, tidak berharga (sudah dibuang dari dunia) tetapi kalau ia mau percaya kepada Tuhan, Tuhan sanggup memberi segala kemuliaan dan keajaiban Allah dalam hidupnya. Sebab itu waktu memilih orang, Allah tidak tergantung dari bodoh, lemah, hina, rendah atau berapa harganya dalam masyarakat, tetapi apakah ia mau percaya dan taat sungguh-sungguh; Kalau mau maka Tuhan yang menjadi kekuatan, hikmat, kuasa, jadi berarti dan kemuliaan di dalam hidupnya 1Kor 1:26-29. (Perhatikan, Tuhan tidak membedakan orang, rendah, bodoh, hina dsb asal itu bukan karena dosa, malas, tidak tahu bertanggungjawab, seenaknya sendiri dll, itu penaburan yang jelek dan orang seperti ini akan mendapat penuaian yang sesuai, tidak dipilih oleh Tuhan sampai ia bertobat dari tabiat-tabiat atau perilaku yang jelek itu, lalu tumbuh dengan baik dalam kesucian Tuhan). Tidak jadi soal kalau bodoh atau tidak tahu, bahkan justru orang yang merasa tahu dan menuruti kehendaknya sendiri, lalu tidak mau taat pada Firman Tuhan dan pimpinan Roh Kudus, orang itu akan dipermalukan dan dihinakan Tuhan.
Berapa banyak orang yang meninggikan dirinya, tidak mau tunduk dan taat pada Tuhan, akhirnya rusak dan hancur seperti Israel merasa pintar waktu menghadapi Gibeon, akhirnya celaka besar. Waktu menghadapi Ai merasa kuat dan akhirnya kalah dan 36 orang mati. Tetapi Daud yang tidak berpengalaman, lemah, bodoh namun harap Tuhan, ia berkemenangan besar dan menyelamatkan seluruh bangsa Israel. Belajar bersandar pada pimpinan Roh Kudus, kita tidak akan tersesat dalam segala perkara yang kita hadapi. Seringkali kita emosi atau kuatir lalu bertindak tergesa-gesa sehingga keliru jalan dan celaka. Tetapi kalau kita berjalan dengan Tuhan dalam jalan suci ini, meskipun dalam zaman Antikris yang sulit ini (3,5 tahun sebelum pengangkatan) kita tidak akan tersesat, malah tumbuh dengan cepat dalam masa puncak kegerakan Roh Kudus (3,5 tahun sebelum pengangkatan). Ini jalan suci, tidak akan ada orang yang tersesat, sebab semua mau taat, semua bisa mendengar suara Roh, Tuhan beserta pada semua orang dalam jalan ini. Tidak ada orang setengah hati disini, atau orang suam, orang keras hati atau pura-pura, ada dengan keinginan yang jahat, sebab semua langsung binasa di hadapan Tuhan dalam peraturan hukum yang keras ini, tetapi ini menjadi zaman keemasan Gereja, Surga di bumi, luar biasa). Sebab itu jalan suci dalam Gereja ini adalah jalan raya dan tidak akan ada orang yang tersesat, atau keliru jalan, semua berjalan dipimpin Roh dalam kesucian, tumbuh terus sampai sempurna atau di bawahnya, semua tumbuh dengan cepat. Zaman sekarang kalau jalan lurus 100 meter, maka jalan yang keliru, yang sesat, keluar dari jalan suci, itu bisa berputar-putar bisa sampai 1.000 meter atau lebih, sebab itu tidak akan sampai di tujuan karena keluar dari rencana Allah. Tetapi kalau berjalan di jalan suci, tidak ada yang sesat, akan langsung sampai di tujuan. Sebab itu pertumbuhan orang dalam zaman puncak kegerakan Roh Kudus ini cepat sekali sehingga banyak yang menjadi sempurna; semua menjadi indah, ajaib, heran, sukacita, gembira, betul-betul puas seperti Surga di bumi. Tidak ada kekurangan lagi, tidak ada dosa (benci, iri, tidak senang, jengkel, zina, bohong dll) sehingga persekutuan tubuh Kristus itu luar biasa, betul-betul manis, penuh dengan kasih Kristus dalam kesucian. Tidak ada iri atau egois, prasangka dll keadaannya sangat indah. Semua harus kita “cicil”, mulai sekarang dan itu indah bukannya berat atau celaka. 1Yoh 5:3.
YES 35:9. TIDAK ADA SINGA DAN BINATANG BUAS DI JALAN SUCI.
TIADA SINGA DISANA,
Singa adalah bayangan dari iblis 1Pet 5:8. Iblis boleh beredar-edar di dunia di mana-mana saja. Ay 1:7. Kalau kita mengusirnya dari dunia atau dari daerah lingkungan kita, itu sia-sia, sebab belum waktunya. Bahkan Tuhan Yesus pada waktu di Gadara; Ia sendiri tidak mengusir setan-setan kembali ke neraka, tetapi dibiarkan di Gadara, juga waktu di dalam bait Allah, atau di tengah-tengah Perjamuan Suci, iblis ada di dalam Yudas. Kalau belum waktunya, sekalipun kita usir kembali ke neraka, ia bisa kembali lagi sebab Tuhan yang menentukan waktuya.
JUGA TIDAK ADA BINATANG-BINATANG BUAS BERJALAN DI ATASNYA, ITU TIDAK AKAN DIDAPATINYA DISITU,
(Buas atau pemangsa, rakus, ravenous).
Ayat ini adalah keadaan di dunia, jadi sebetulnya iblis dkknya masih bisa keliling di mana-mana, juga dalam Gereja (bahkan bertahta di Pergamus, Gereja jalan lebar). Tetapi ia sangat dibatasi oleh hukum-hukum Allah. Ia tidak boleh mencobai lebih dari kekuatan dan kalau menggoda manusia harus selalu dengan izin Allah seperti dalam Ay 1:11-12.
Tetapi disini binatang-binatang buas ini (yaitu iblis dan kaki tangannya, termasuk orang-orang yang dikuasai iblis, yang biasanya menipu, menjerat dan menjatuhkan orang), itu semua tidak ada dalam jalan suci ini. Heran! Padahal waktu ini setan masih bisa beredar-edar di mana-mana di seluruh dunia, termasuk di antara orang beriman, ini zaman tiga antikris pertama (Dan 7). Tetapi mengapa ia tidak bisa masuk disini? Sebab hadirat dan kemuliaan tiga Pribadi Allah dengan kuat ada di dalam Gereja Wah 12:1. Tubuh Kristus penuh dengan kemuliaan Allah, sekalipun di dunia sekitarnya, dosa dan pekerjaan iblis sangat dahsyat dan hebat, bahkan meningkat sangat tinggi. Tetapi disini (di dalam Gereja hujan akhir, Gereja akhir zaman) pekerjaan setan diusir sama sekali, sehingga tidak ada dosa-dosa lagi di dalamnya, suasananya seperti Surga sebab semua ada dalam hadirat Tuhan yang sangat kuat, seperti di Tirai. Orang berimanpun yang berani berdosa di tengah-tengahnya, akan mati di tempat karena hadirat Allah yang kuat ada dalam Gereja. (Minta hadirat Allah yang kuat ada konsekwensinya, yaitu semua orang berdosa bisa dihukum keras seperti disini, bahkan mereka mati di dalam hadirat Tuhan; sebab itu Tuhan tidak bisa mengabulkan permintaan orang-orang bodoh, yang sesuka hatinya minta hadirat Tuhan yang kuat, padahal masih bermain-main dalam dosa! Yang penting, dalam zaman sekarang, untuk menghadapi hari-hari terakhir ini, kita harus tumbuh terus di dalam kesucian dan taat melakukan kehendak Allah dalam “MAK” (dimana saja, kapan saja dan dalam hal apa saja) sehingga suasananya betul-betul suci seperti dalam kerajaan Allah. Semua tipu daya setan kalau toh ada itu ditelanjangi semua, terang-terangan tampak semua dan langsung dihukum keras. Sebab itu singa dan binatang buas, pelahap, tidak ada sama sekali disini. Ini daerah khusus, jalan suci dari Allah dan Gereja. Hampir-hampir tidak ada orang yang jatuh dalam dosa lagi. Jiwa baru akan langsung tumbuh dengan cepat, sehingga dalam 1 minggu jiwa baru itu sudah seperti orang Kristen yang dalam zaman sekarang sudah 1 tahun.
TETAPI ORANG-ORANG TEBUSAN AKAN BERJALAN DI SANA.
Ini bukan saja orang tebusan seperti sekarang (yang baru ditebus rohnya, tetapi tubuhnya belum) tetapi juga orang-orang yang sudah lengkap ditebus tubuh dan rohnya yaitu orang-orang sempurna, juga ada dan melayani dalam tubuh Kristus zaman ini. Luar biasa. Jadi orang-orang tebusan ini adalah golongan orang sempurna yang ada di tengah-tengah umat Tuhan yang belum sempurna tetapi dalam kesucian yang sungguh. Keadaannya seperti murid-murid dengan Putra manusia Yesus sesudah kebangkitan. Sesudah kebangkitan, Putra manusia Yesus tidak lagi ada di tengah-tengah orang umum. Bukan tidak mau atau sembunyi-sembunyi, tetapi orang berdosa tidak akan tahan, bisa mati di hadapanNya. Paling banyak hanya 500 orang yang pernah ada dengan Putra manusia Yesus waktu Tuhan Yesus naik ke Surga 1Kor 15:6. Dalam 40 hari sesudah kebangkitanNya, Ia hampir selalu berada dengan 12 muridNya saja, sebab orang umum tidak akan bisa tahan dengan pengajaran, tindakan-tindakan dan hadiratNya (Yoh 20:17 Maria Magdalena waktu itu tidak boleh menjamahnya). Begitu juga disini, keadaanya luar biasa, seperti di Tirai (atau Ruangan Maha Suci) begitu indah! Kalau kita berada bersama-sama dengan banyak orang sempurna, dalam hadirat Allah, kita akan merasakan suasana Surga yang mulia dan indah dan persekutuan yang manis tanpa dosa (sebab ada hukum yang keras, sehingga tidak lagi ada dosa di dalam Gereja Hujan akhir). Betul-betul keadaannya manis, heran dan ajaib seperti disebutkan dalam Wah 12:1. Keadaannya seperti pada waktu Putra manusia Yesus berjalan di bumi sesudah kebangkitanNya, begitu juga pada waktu ini banyak orang sempurna berjalan di dunia, juga ber-sama2 dengan Tuhan Yesus yang memimpin semuanya dan ada di tengah-tengahnya.
YES 35:10. DATANG KE SION.
ORANG YANG DITEBUS TUHAN AKAN KEMBALI DAN DATANG KE SION DENGAN NYANYIAN DAN KESUKAAN ABADI DAN KEGIRANGAN.
Luar biasa! Orang-orang tebusan datang ke Sion. Ini tempat yang mulia dalam dunia dan ini adalah gambaran tempat orang-orang yang menjadi sempurna seperti dalam Wah 14:1. Ini menceritakan bagaimana orang-orang suci dalam puncak kegerakan Roh Kudus ini banyak yang menjadi sempurna dan sampai di Sion (= tempat penggenapannya). Jumlah orang sempurna (144.000) digenapkan lalu Tuhan Yesus datang. Rencana Allah genap dan orang-orang datang di Sion dengan kata lain menjadi sempurna, maka tubuhnya akan langsung berubah menjadi tumbuh kemuliaan seperti Elia, Henokh dan bisa keluar masuk dari Ruangan Maha Suci ke Ruangan Suci. Tetapi orang-orang suci masih di Ruangan Suci menuju Tirai, tetapi sebab Tirai sudah pecah Ibr 10:20, mereka bisa melihat sampai Ruangan Maha Suci, ada hubungan, persekutuan dengan orang-orang yang sempurna. Orang-orang suci bisa bersekutu dengan orang-orang sempurna sebab sama-sama dalam kesucian, seperti Tuhan Yesus di puncak gunung bersekutu dengan murid-murid, tetapi tidak bisa bersekutu dengan orang Halaman apalagi dengan Luar Halaman, bisa mati seperti Ananias. Ini merupakan puncak-puncak kegerakan Hujan akhir yang luar biasa. Di setiap tempat ada pelayanan orang sempurna yang heran, mulia tetapi keras (tertib). Firman Tuhan terbuka total, orang-orang sempurna bisa menceritakan semua rahasia Firman Tuhan, tidak ada yang tertutup, semua terbuka Mat 10:26-27, semua dibukakan dengan jelas, dalam hikmat dan kuasa Roh yang amat limpah. Orang-orang tumbuh sangat cepat. Apa yang tidak bisa dicapai dalam 70-80 tahun (seumur hidup), bisa dicapai dalam kurang dari 3,5 tahun. Ini kegerakan yang luar biasa dan hasilnya nyata, rencana Allah genap, semua orang-orang tumbuh dengan luar biasa.
DENGAN NYANYIAN DAN KESUKAAN ABADI DI ATAS KEPALANYA; MEREKA AKAN MENDAPATKAN KESUKAAN DAN KEGIRANGAN.
Suci itu indah, apalagi kalau sudah sampai sempurna. Ada kesukaan dan kegirangan yang luar biasa di atas kepalanya yaitu tempat pengurapan Pkh 9:8. Dalam Hujan akhir ada pengurapan yang sangat limpah dan besar, sukacita yang heran, bahkan sudah terasa kesukaan yang abadi, yaitu tan-pa batas. Sampai-sampai Petrus dkk minta tetap tinggal di puncak gunung, tidak mau turun lagi, sebab kesukaan dari orang-orang sempurna itu sangat indah, tanpa batas. Petrus dkk sudah merasakan kesukaan yang besar dari Putra manusia Yesus waktu diper-muliakan; sangat indah lebih dari pesta, tour, kekayaan dan kemanisan dunia (di gunung ini tidak ada kemewahan atau pesta dll seperti yang ada dalam kesukaan dan pesta dunia). Tetapi ini kesukaan yang asli sampai-sampai Petrus masih merasakannya terus puluhan tahun berikutnya, masih terasa indah 2Pet 1:16-18. Begitu juga kalau orang-orang sempurna ada di tengah-tengah umat Tuhan dalam Minggu ke-70 Daniel. Carilah kesukaan dari Tuhan, jangan kesukaan dunia yang palsu Rom 3:17, Ams 14:12-14. Kesukaan Tuhan yang asli itu memancar terus, bersambung sampai Surga dan makin lama makin indah dan senang. Yoh 4:14.
MAKA KEDUKAAN DAN KELUH KESAH AKAN TERBANG LENYAP.
Luar biasa. Tidak ada lagi dukacita dan sengsara, penderitaan. Padahal mereka masih di bumi, di dunia, dan disekitarnya masih ada begitu banyak penderitaan yang dahsyat, lebih-lebih dengan dosa yang sangat dahsyat, orang semua ketakutan, tidak ada damai, kejahatan dimana-mana, korban limpah setiap hari, segala macam kejahatan dan penderitaan limpah. Mungkin hal-hal ini membuat orang-orang beriman yang unduryang rindu kesukaan yang heran itu bertobat kembali atau orang berdosa mau percaya sebab melihat suasana yang indah ini. Mungkin masih ada banyak orang yang bertobat atau kembali pada Tuhan, meskipun hukumnya itu keras sekali, saringannya berat sekali. Tetapi jelas untuk orang-orang suci, semua dukacita dan susah hilang lenyap, terbang pergi dan sudah bisa menikmati kesukaan Surga yang betul meskipun masih di dunia; inilah Surga di dunia.