YS154 – Yesaya 35:1-10 Kegerakan Roh Kudus yang Heran (27Mar'13)

Download MP3 Khotbah: YS154

 

PENDAHULUAN

 

Pasal ini menceritakan tentang kegera-kan Roh Kudus yang luar biasa, yang tidak ada dalam Wasiat Lama, baru sesudah manusia ditebus (ayat 9-10) oleh darah Yesus, maka hal ini bisa terjadi Yoh 7:39. Dan ini terjadi dalam Hujan-awal dan Hujan-akhir. Memang sepanjang zaman sesudah Pentakosta, Roh Kudus sudah bekerja dengan he-ran, tetapi naik turun, tergantung umat Tuhan dan kita sekarang ini sudah mengalami pekerjaan Roh Kudus yang heran. Ini yang bisa memulai dan mem-bangunkan Gereja, serta membuat Injil sampai di seluruh bumi dan Gereja disempurnakan.

 

Ada dua puncak pekerjaan Roh Kudus yang besar seperti yang dinubuatkan dalam Ul 11:14, yaitu Hujan-awal dan Hujan-akhir. Hujan-awal sudah terjadi dalam zaman rasul2 dengan puncak2 yang heran. Sesudah itu ada hujan sepanjang zaman, naik turun. Dalam zaman kita sekarang ada cukup banyak hujan Roh Kudus, tetapi ini belum Hu-jan-akhir, sebab Hujan-akhir itu lebih deras dari Hujan-awal (dua kali ganda). Sedangkan sekarang kita belum seting-gi Hujan-awal. Sebab itu dalam menik-mati pekerjaan Roh Kudus yang limpah sekarang, kita masih akan mengalami dan menikmati Hujan-akhir yang lebih besar, yang akan menyempurnakan Ge-reja lalu terjadi pengangkatan. Sebab itu kita harus bersedia untuk Hujan-akhir yang sudah dijanjikan Tuhan dan ayat2 ini adalah nubuatan Tuhan untuk puncak2 pekerjaan Roh Kudus, isti-mewa dengan adanya jalan raya yang disebut jalan suci yang heran itu. Luar biasa.

 

Kita akan mengalami dan menikmati hari2 yang jauh lebih heran dan lebih manis dengan datangnya Hujan-akhir. Sebab itu kita harus bersedia baik2 sesuai dengan nasehat Firman Tuhan, supaya kita betul2 ikut mengalaminya, jangan hanya sebagai penonton atau afkirannya.

 

Untuk mengalami Hujan-akhir yang sa-ngat besar dan sangat indah itu kita harus bersedia, sbb:

 

1. Miliki kerbat baru Luk 5:38-39. Ja-ngan hidup lama, tetapi hidup dalam kesucian dan dipimpin Roh “MAK” (dimana saja, dalam hal apa saja dan kapan saja) dan tumbuh dalam tabiat baru. Kerbat lama kalau kena anggur baru yaitu hujan Roh yang limpah (Hujan-akhir) akan pecah seperti Ana-nias dan Safira Kis 5.

 

2. Selalu dalam jalan sempit, pikul sa-lib, di atas Mezbah, sehingga kita men-jadi orang yang mahir dalam sengsara karena kebenaran seperti Kristus Yes 53:3.

 

Inilah orang2 yang berjalan dalam Roh, dipimpin Roh. Sekalipun belum Hujan akhir, kita sudah harus terus berjalan dalam Roh, itu sangat indah, heran dan sukacita.

 

3. Tekun berdoa dalam Roh dan ke-benaran karena bisa menikmatinya te-rus menerus 1Tes 5:10,17, Ef 6:18, Jud 20 sehingga kita punya dua pohon Zaitun, maka pelitanya bisa tahan me-nyala terus menerus dalam segala kea-daan Zak 4:2.

 

4. Tekun belajar Firman Tuhan se-hingga mendapat 2 gomer manna Kel 16:22, 2Pet 3:18, sebab suka dan bisa menikmatinya Maz 119:103, yaitu me-ngerti dan mentaatinya, sehingga roha-ninya tumbuh terus.

 

5. Bisa bersekutu dalam tubuh Kristus dengan betul (disucikan dari segala do-sa besar dan kecil, termasuk jengkel, ti-dak senang, tidak mau bicara, tidak mau duduk di dekatnya dll), dengan te-rang dan kasih ilahi 1Yoh 1:7 sehingga ada persekutuan yang manis dan ke-kuatan meningkat dengan limpah Im 26:8.

 

6. Bertekun dalam ibadah, bersukacita dan menikmatinyaseperti pesta besar Kis 2:42, Ibr 10:25. Ibadah ini tidak lim-pah dengan acara2 fana dan duniawi (acara jalan lebar seperti di dunia), te-tapi limpah dengan perkara2 dari Atas, Firman Tuhan, doa, persekutuan dalam Roh dan kuasa, karunia2, mujizat, ke-saksian, saling menolong dan melayani dalam Roh.

 

7. Bertekun dengan pelayanan yang suci dan tulus. Kalau dengan tulus, ker-jasama dengan baik dan taat dalam pe-layanan pekerjaan Tuhan yang suci, maka kita akan cepat berubah dari tanah menjadi kayu, lalu menjadi perak dan emas 2Tim 2:20-21. Jangan hanya menjadi penonton tetapi ikut terbeban dan satu kali juga ikut dipermuliakan. Ikutlah mem-bagi2 makanan, men-doakan, bersaksi sehingga menjadi ber-kat, bukan ikut campur dalam urusan orang lain, tetapi jadi berkat dari Tuhan Kis 20:35.

 

YES 35:1. PADANG GURUN BER-BUNGA2 SEPERTI MAWAR.

 

PADANG GURUN DAN TEMPAT2 TERPENCIL AKAN BERGEMBIRA BAGI MEREKA.

 

Padang gurun. Hidup sebagai orang Kristen yang betul (bukan di jalan lebar, itu seperti padang gurun, kosong, sepi, kering, tidak ada keindahannya. Biasa-nya orang tidak tahan, apalagi di kota besar dan di akhir zaman yang penuh dengan tempat rekreasi (yang tidak membedakan lagi kesukaan yang suci dan kesukaan dosa sesaat), apalagi ka-lau kaya, maka hidup di padang gurun itu celaka dan hanya sedikit orang yang tahan. Berapa banyak orang Kristen merana dan tidak tahan, apalagi di sekitarnya banyak kesukaan jalan lebar. Banyak yang seperti Lot, iri, ngiler, ingin dan harap bisa menikmati ke-sukaan jalan lebar sebab tampaknya sangat meriah.

 

Tempat2 terpencil. Hidup Kristen yang betul di jalan sempit itu sunyi, sedikit dan terpencil sehingga banyak tidak tahan. Dengan cara2 modern, orang di penjarapun bisa bersukacita dalam ja-lan lebar, sebab lewat dunia maya, orang2 bisa masuk dalam tempat2 dosa yang paling hot dalam jalan lebar. Orang beriman yang terpikat dengan tempat2 dosa atau kesukaan jalan le-bar itu sudah masuk dalam Sodom Gomora, sekalipun orangnya masuk ke Gereja atau si pelayan Tuhan masih pelayanan dalam Gereja seperti Hofni Pinehas, tetapi dalam hatinya sudah ada dalam kesukaan dosa, sehingga la-ma2 Gerejanyapun berubah jadi Gereja jalan lebar seperti 4 Gereja jalan lebar dalam Wah 2 dan 3.

 

Akan bergembira bagi mereka. Waktu seorang dipenuhi Roh Kudus, mereka akan bersukacita dan bergembira se-kalipun masuk di padang gurun atau tempat terpencil, sebab orangnya di-situ tetapi dalam hati ada suasana Surga karena Roh Kudus turun ke atas-nya seperti dalam Kis 2:13. Ada su-kacita dan kegirangan yang limpah kalau Roh Kudus turun dan terus ting-gal dalam hati kita. Kalau Roh Kudus terjepit, dilawan Kis 7:51 didukakan Ef 14:30, dipadamkan 1Tes 5:19, apalagi dihojat Mat 12:31, maka pasti tidak terasa suasana Surga. Tetapi kalau kita dengan tulus, mau dipimpin Roh, apa-lagi makin mengerti Firman Tuhan se-hingga bisa bekerjasama dengan baik, maka suasana Surga akan tetap dalam hati dan hidup kita.

 

Nyanyian2 kuno limpah dengan cerita suasana Surga turunlah; S’karang kura-sa Surga turun dll, sebab Roh Kudus yang membuat suasana Surga itu sejak zaman rasul2.

 

DAN PADANG PASIR AKAN BER-SORAK2.

 

Orang akan heran, sebab tempatnya di padang pasir, tidak cukup rekreasi dan kesukaan dunia, bahkan seperti Lazarus dalam kemiskinan, Paulus dalam pen-jara, Putra manusia dalam keseder-hanaan (berpada) dll, tetapi mereka bisa bersukacita. Orang yang tidak bisa berpada, puas dengan apa yang ada, lambat atau cepat akan jatuh dalam dosa uang dan kesukaan2 jalan lebar. Tetapi orang2 yang punya Surga dalam hatinya bisa tahan semua godaan dunia yang begitu meriah dan semarak, sehingga bisa berpada.

 

Kalau ada Kristus dalam hati, padang gurun tidak menjadi masalah, bisa te-rus bersukacita di mana saja, kapan saja, dalam hal apa saja.

 

DAN BER-BUNGA2 SEPERTI MAWAR.

 

Dalam Alkitab hanya ada dua ayat tentang mawar (Unger’s Bible Dictionary: Ada 7 jenis mawar di Israel). Dalam Kid 2:1 mawar saron adalah sa-lah satu bentuk keindahan dari Sulamit, kekasih Salomo. (Ada tafsiran lain yang menafsirkan Tuhan Yesus sebagai Ma-war dari Saron). Kalau Roh Kudus be-kerja maka mawar saron akan timbul dengan limpah, ini menunjukkan tim-bulnya Gereja mempelai yang akan menghasilkan banyak orang2 yang menjadi pengantin Kristus masuk da-lam pernikahan Anak domba Allah. Tanpa pekerjaan Roh Kudus, orang Kristen hanya menjadi padang gurun yang kering, kosong, sepi, sedih, terpencil, terisolir dari keramaian dan kesukaan dunia, hanya itu. Tetapi de-ngan kelimpahan pekerjaan Roh Kudus, orang2 beriman akan menjadi orang2 yang indah, yang akan menjadi mem-pelai Kristus.

 

Begitu heran pekerjaan Roh Kudus, mu-lai dari percaya dan lahir baru, terus tumbuh sampai jadi mempelai Kristus, luar biasa. Sebab itu orang yang selalu penuh dan dipimpin Roh bisa tumbuh cepat dan betul sampai sempurna. Roh Kudus juga yang membawa kita pada segala kebenaran dari Firman Tuhan Yoh 16:13.

 

YES 35:2. KEINDAHAN LIBANON, KARMEL DAN SHARON.

 

Padang gurun yang kering kerontang akan limpah dengan kemuliaan Liba-non, Karmel dan Sharon, sebab Roh Kudus yang mengubahkannya, bukan saja senang dan sukacita tetapi juga limpah dengan kemuliaan yg indah itu.

 

IA AKAN BER-BUNGA2 DENGAN LIMPAH, BER-SORAK2 DAN BERSORAK SORAI DENGAN NYANYIAN.

 

Ini keadaan yang luar biasa. Dari pa-dang gurun yang sepi dan terpencil, menjadi tempat yang penuh sorak sorai dan nyanyian2 indah!

 

Nyanyian orang dunia jugameriah, apalagi kalau dicampur dengan segala kesukaan dosa sesaat, sex, harta ke-mewahan, makan minum, kebesaran duniawi dll.

 

Tetapi nyanyian yang diurapi Roh Ku-dus itu kekuatannya seperti doa, seper-ti kita berdoa dalam Roh dan kebe-naran (yang ada di dalam nyanyian ter-sebut, dari Firman Tuhan). Nyanyian yang limpah dalam Roh itu mengalirkan minyak urapan. Ini pekerjaan Roh Ku-dus yang luar biasa, sampai ada sorak sorai yang spontan dan murni dari dalam kita. Sebab itu belajarlah selalu penuh dan hidup dipimpin Roh.

 

KEMULIAAN LIBANON AKAN DIBERIKAN KEPADANYA.

 

Apa kemuliaan Libanon? Libanon baru masuk dalam wilayah Israel, sesudah ia berkembang dalam kemuliaan penuh, yaitu dari sungai Mesir sampai sungai Efrat Kej 15:18, Ul 1:7; 11:24. Sehingga Salomo bisa membuat istananya dari Libanon 1Raj 7:2. Libanon termasuk dalam batas2 Israel waktu berkembang maksimal. Bukan saja dengan kembang tetapi juga dengan pohon2 yang lain.

 

Ini menceritakan macam2 keindahan dan kemuliaan ilahi yang sekarang be-lum ada, yang akan timbul oleh peker-jaan Roh Kudus yang luar biasa, meng-hiasai Gereja lebih2 pada akhir zaman (Minggu ke-70 Daniel) dimana Gereja terhias seperti mempelai perempuan bagi suaminya untuk masuk dalam pe-ngangkatan dan kesempurnaan. Gereja akan diisi dengan begitu banyak kein-dahan dan kemuliaan yang akan da-tang, luar biasa, lebih2 pada waktu za-man keemasan Gereja dalam 3,5 tahun sebelum pengangkatan. Luar biasa, ke-muliaan Libanon akan diberikan kepada Gereja yang menjadi sempurna.

 

KEUNGGULAN KARMEL DAN SHARON.

 

Ini kemuliaan Allah yang luar biasa, tetapi sesudah pengangkatan, sisanya akan dibinasakan semuanya oleh An-tikris, yaitu dari Gereja yang tertinggal. Libanon, Sharon dan Karmel jadi rusak total kembali Yes 33:9. Sama seperti Eden sesudah kejatuhan manusia, Tu-han meninggalkan Eden dan Eden men-jadi rusak, sama jeleknya seperti dunia sekitarnya yang rusak karena dosa. Se-perti burung yang indah, sesudah mati, hanya menjadi bangkai busuk seperti kebusukan2 lainnya. Ini kemuliaan o-rang atau Gereja yang sempurna itu luar biasa. Tetapi itu baru terjadi dalam zaman keemasan Gereja, waktu Gereja tumbuh menjadi sempurna dalam Minggu ke-70 Daniel. Ini terjadi sesu-dah masa hukuman Rumah Allah 1Pet 4:17. Disini hukum dalam Gereja sangat keras sehingga setiap dosa dihukum ke-ras 2Kor 10:6 dan Gereja betul2 hidup dalam kesucian dan segala kemuliaan Allah yang amat besar limpah dalam Gereja.

 

MEREKA AKAN MELIHAT KEMULIAAN TUHAN DAN KEUNGGULAN TUHAN KITA.

 

Pada waktu ini kemuliaan Tuhan sendiri yang tampak pada waktu ini, sebab Gereja mencapai tingkatan sempurna seperti Kristus. Yoh 14:12. Ini masa yang sangat indah dan mulia, ini zaman keemasan Gereja, seperti Surga di bumi, begitu indah dan mulia. Jangan takut akan godaan dunia yang tam-paknya sangat indah dan meriah. Dunia menawarkan segala kesukaan yang sesaat, semua kenikmatan dosa, tetapi Tuhan akan memberi yang murni, jauh lebih besar dan mulia.

 

Yang tampak itu betul2 kemuliaan Tu-han sendiri, luar biasa, sebab Tuhan ada dalam GerejaNya, bahkan ketiga Pribadi Allah yang maha mulia ada da-lam GerejaNya Wah 12:1. Jangan ter-kecoh dengan segala umpan manis du-nia ini, kita mempunyai yang jauh lebih besar dari Tuhan Yesus Kristus yang maha kuasa, sejak sekarang! Begitu in-dah, nikmat dan mulia, jangan sedi-kitpun tergoda oleh kemuliaan dunia yang palsu.

 

YES 35:3. PENGHARAPAN YANG MENGUATKAN KUATKANLAH TANGAN2 YANG LEMAH DAN TEGUHKAN LUTUT YANG LEMAH.

 

Kalau mata kita bisa melihat kemuliaan yang akan datang, yang begitu besar, maka kita akan menjadi kuat seperti keledai Isakhar Kej 49:14-15. Ini semua dikerjakan oleh Roh Kudus yang men-celikkan mata kita 1Kor 2:9, Yoh 16:13. Sebab itu kita harus makin penuh dan selalu dipimpin Roh seperti ligabis (Lima Gadis Bijaksana). Maka tangan2 yang lemah akan menjadi kuat. Kita bisa melakukan hal2 yang besar de-ngan kuasa Roh Kudus seperti murid2 dalam Hujan-awal, demikian juga da-lam Hujan-akhir Maz 60:14. Roh Kudus akan bekerja dengan penuh ber-sama2 Bapa dan Putra seperti Wah 12:1. Pencobaan, kejahatan, tantangan2 be-gitu besar dalam dunia dan ini makin ber-tambah2, lebih2 dengan occult-isme. Kalau tidak dengan pertolongan Roh Kudus tidak ada yang tahan, bahkan jatuh dalam dosa, undur dan mati. Kita tidak bisa bertahan dengan kekuatan sendiri, tidak akan tahan bahkan mati.

 

Lutut yang lemah, tidak lagi bisa ber-doa, takut, putus asa,akan menjadi kuat dan doa menjadi kuat di dalam Roh dan kebenaran. Sebab itu ber-doalah dalam Roh dan kebenaran, ini membuat kita menjadi kuat sekali, sebab bukan kita yang berdoa tetapi Roh Kudus berdoa untuk kita kepada Bapa di Surga. Rom 8:26,27. Begitu he-ran Allah mempersiapkan dan memberi kekuatan pada umat dan GerejaNya. Sebab itu jangan berhenti berdoa da-lam Roh dan kebenaran 1Tes 5:10,17 dan terus hidup dipimpin Roh seperti Putra manusia Yesus Luk 4:1,18. Ini senjata rohani yang luar biasa, ber-sa-ma2 Firman Tuhan dan tubuh Kristus. Tumbuhlah! Kita bergantung pada Tu-han, bukan bergantung pada diri kita sendiri.

 

YES 35:4. DATANG DENGAN HUKUMAN DAN PAHALA.

 

KATAKANLAH KEPADA MEREKA YANG HATINYA KETAKUTAN, JADILAH KUAT, JANGAN TAKUT.

 

Ini cerita tentang kedatangan Tuhan pada umatNya waktu pengangkatan. Luar biasa indahnya! Sebab itu kita ti-dak perlu ketakutan, sebab Tuhan sanggup menjaga dan memelihara kita sampai semua anggota Gereja akhir zaman tidak ada yang mati tetapi ikut dalam pengangkatan 1Kor 5:37-52, bahkan sebagian menjadi sempurna! Luar biasa! Jadilah kuat dengan selalu berjalan dengan Tuhan, dipimpin Roh, berharap pada Tuhan. Sebab kalau Tuhan beserta kita, siapa lawan kita Rom 8:31, 1Yoh 4:4. Jangan ragu2 akan kuasa dan kemampuan Allah yang ma-ha besar. Dia juga maha tahu, semua ada dalam tanganNya dan akan jadi sesuai dengan kehendak (nubuat)Nya yang heran!

 

LIHATLAH ALLAHMU AKAN DATANG DENGAN PEMBALASAN.

 

Semua yang jahat, lebih2 begitu banyak korban, termasuk orang beriman yang tidak berjalan dalam Roh (ligabo, ber-jalan dengan Tuhan setengah2) akan ja-di korban yang dahsyat dan menge-rikan. Siapa bisa menghadapi Antikris yang sudah merajalela (3 binatang An-tikris pertama Dan 7). Tetapi semua akan ada pembalasannya pada waktu perang Harmagedon (tetapi sebelum-nya mereka diberi waktu dan akan jaya 7 tahun, lebih2 3,5 tahun dalam zaman Antikris). Sesudah perang Gog dan Ma-gog, dalam Tahta Putih yang Besar me-reka akan dihukum untuk se-lama2nya.

 

ALLAH DENGAN GANJARAN.

 

Tuhan akan datang dan kita mendapat pahala kita Wah 22:12. Allah itu adil 100% dan sanggup menjalankan ke-adilanNya. Banyak orang ingin melaku-kan keadilan dan kalah kuat, tetapi Allah sanggup dan kita akan dapat pa-hala dan kemuliaan yang maha besar.

 

IA AKAN DATANG DAN MENYELAMATKAN ENGKAU.

 

Ia pasti datang, baik secara pribadi maupun secara umum pada saat peng-angkatan. Tuhan tahu yang mana yang tepat untuk kita, jangan bingung. Kita pasti akan mendapat pahala kita dan di dalam Tuhan, dipimpin Roh, kita yang sungguh2 mau, tidak akan gugur, tetapi menang dalam kesukaan dan kemu-liaan yang amat besar. Jangan tukar dengan kesukaan dosa sesaat yang pal-su. Bersedialah baik2, Terus Meningkat Sampai Puncak bahkan sampai dalam kemuliaan Allah yang besar. Ia pasti datang menyelamatkan kita. Ia sanggup menyelamatkan kita sampai akhirnya, sampai sempurna.

 

Nyanyian: Tabernakel Glori 102.

Marilah hari mulia, hari bahagia!