M3601 – Markus 5:1-20 Gila Gadara, Tantangan Masa Kini (24 Mar’13)

Download MP3 Khotbah: M3601

MARKUS  5:1-2  ORANG-ORANG YANG DIRASUK ROH NAJIS

Putra manusia dengan murid-muridNya tiba-tiba dihadapkan pada orang yang dirasuk oleh roh najis yang biasa hidup di kuburan. Kadang-kadang kita tidak sadar bahwa kita dalam masa kini menghadapi orang-orang yang dirasuk dan dikuasai roh-roh najis, lewat website, internet (dunia maya). Dengan alat-alat masa kini, hampir semua orang bisa masuk dalam dunia yang sangat najis di mana saja di seluruh dunia. Begitu dahsyat dan keji sehingga rasa-rasanya belum apa-apa sudah ada beberapa yang menyerah.
Tetapi kita tidak perlu berkecil hati, seperti Putra manusia dan murid-murid, tanpa dikira tiba-tiba mereka harus menghadapi orang gila Gadara yang dahsyat ini. Bagi Allah tidak ada yang mustahil dan apapun bisa ditangani dengan baik dan berkemenangan, juga bagi kita, semua yang diizinkan datang pada kita, itu tidak lebih dari kekuatan dan kemampuan kita bersama-sama Tuhan 1Korintus 10:13, Roma 8:31.
Orang gila Gadara yang kita hadapi ini bukan saja orang gila secara jasmani, tetapi juga orang gila secara rohani, yang juga mengakibatkan hal-hal dahsyat secara lahiriah. Dengan alat-alat canggih ini banyak orang terikat dan dikuasai roh-roh najis baik dalam hal sex, perzinaan, kebencian,  pembunuhan, occultisme, kekurangajaran dll.  Kita ini betul-betul menghadapi iblis dan tentaranya bukan hanya menghadapi orangnya saja Efesus 6:12. Orang yang dirasuk atau dikuasai setan itu jadi terlalu jahat, nekad, berani, kurang ajar dan bisa memakai segala dosa lain, menghalalkan segala cara, sebab itu kita harus bisa menghadapi dengan betul, yaitu dengan hikmat dan kuasa Allah, sebab bermacam-macam cara manusiawi tidak akan bisa mengalahkan iblis cs. Hanya Tuhan Yesus yang bisa menolong dan membebaskan, memulihkan orang-orang yang dirasuk oleh iblis ini. Kita tidak bisa memakai cara manusiawi yang biasa, tetapi perlu hikmat, kuasa Allah serta fasilitas-fasilitas rohani lainnya seperti karunia-karunia Roh, buah Roh (sebab kita juga harus menghadapi orang yang terikat ini dengan kasih, belas kasihan akan jiwanya tetapi benci dosanya Judas 23).
Memang makin lama iblis makin dahsyat bekerja lewat orang2 yang bisa diperalat menjadi kaki tangannya.
 

MARKUS 5:3-4  TIDAK BISA DIKUASAI SIAPAPUN

Keadaan seperti ini tidak bisa diatasi dengan cara dan kekuatan manusiawi. Kita harus menghadapinya dengan pimpinan Roh (disini termasuk segala karunia-karunia, buah roh, hikmat dan peralatan yang diberikan Roh Kudus untuk menghadapi orang-orang yang memakai kuasa gelap atau dikuasai iblis dkk).
Macam-macam cara manusiawi yang dipakai, ada yang bisa dipakai (misalnya: sikap yang baik, mendampingi si anak, mengikuti apa yang dilakukan si anak, memberi nasehat, memperhatikan pergaulannya dll), tetapi semua ini tidak cukup, tidak bisa melepaskan orang dari ikatan dan kekuasaan iblis seperti orang gila Gadara ini. Sekalipun secara dunaiwi mereka ahli tetapi tidak akan sanggup menghadapi iblis kecuali dengan Tuhan Yesus. 1Yohanes 3:10, Yohanes 8:34.
Iblis lebih kuat dari semua manusia dan cara-caranya. Kadang-kadang iblis melepaskan 1 atau 2 tawanannya sekedar sebagai siasat, tetapi sebetulnya tidak ada manusia (tanpa Tuhan Yesus) yang bisa mengalahkan perhambaan atau ikatan iblis. Hanya oleh Kristus dan orang yang milik Kristus, yang mau taat dipimpinNya Galatia 2:20, bisa menghadapi dan mengalahkan iblis dkk. Sebab itu kita harus betul-betul lekat dengan Tuhan dan bisa hidup dipimpin Roh seperti Putra manusia Yesus Matius 4:1, Lukas 4:1, seperti Rasul-rasul Kisah 11:12, Belajarlah untuk makin mahir berjalan dalam Roh. Memang seharusnya kita semua itu hidup dengan Tuhan, berjalan dengan Tuhan seperti Nuh Kejadian 6:9, Galatia 5:16,25. Makin lama makin banyak orang beriman yang jalan sendiri masuk dalam perhambaan modern ini.
 

MARKUS 5:5  TIDAK BISA LEPAS DARI SIKSAAN IBLIS

Orang gila Gadara ini tersiksa sehingga menjerit-jerit dan memukuli dirinya sendiri dengan batu, tinggal di kuburan-kuburan, makan seadanya, berteriak-teriak, menoreh dirinya dengan batu. Setan bisa menyiksa dengan cara apapun, sebab ia sudah menguasainya. Memang orang ini tidak mudah dibunuh oleh setan-setan itu, sebab harus dengan izin Allah. Pasti makan tidur, kesehatannya sama sekali tidak terpelihara, tetapi masih hidup, namun hidup dengan sia-sia. Begitu orang-orang yang terjerat oleh macam-macam ikatan tehnologi tinggi ini, sesungguhnya mereka disiksa dan dianiaya iblis sehingga jiwanya merana. Mereka kena tipu iblis, dikira semua itu kesukaan yang indah dan nikmat, tetapi semua itu hanya kesukaan sesaat yang mengikatnya erat untuk satu kali masuk dalam hukuman kekal sebab upah dosa adalah maut Roma 6:23. Mereka sama sekali tidak ada sejahtera, tidak ada damai dan sukacita, terus marah, jengkel, berkelahi, menyalahkan orang, semaunya sendiri dst,tetapi jiwanya terus haus dan menderita. Mungkin senang sejenak, tetapi kemudian dalam hati-pun penuh dukacita Amsal 14:12-14 dan akhirnya kebinasaan belaka.
Mereka tidak mau dilepaskan, mereka memegang ikatan iblis erat-erat sebagai kesukaan dan kebutuhannya. Kita harus melepaskan ikatan iblis dan mencelikkan matanya dengan kuasa Allah baru mereka bisa sadar dan terlepas dari semua ikatan aniayanya! Ada banyak ikatan-ikatan yang dahsyat, banyak orang Kristen yang tidak terikat, tidak tahu betapa dahsyatnya ikatan ini. Memang kita perlu tahu secukupnya sehingga mengerti bahaya dan akibat-akibatnya yang dahsyat dan akhirnya akan binasa dalam neraka. Orang yang mengerti dan dipimpin Roh bisa terbeban untuk melepaskan orang-orang yang terikat dalam isi rumah, isi panci kita serta semua orang yang sudah jadi tanggungjawab kita di Gereja dan di kantor, sekolah dll.
Jangan lupa, hanya Tuhan Yesus yang bisa menolong, bahkan orang-orang yang mau menolong dengan kekuatannya sendiri (atau tidak bertobat sungguh-sungguh) bisa ketularan dosa dan makan umpan dosa mereka sehingga diam-diam bisa terikat juga. Sebab itu jangan pelayanan sendirian, tetapi paling sedikit berdua atau suami-istri dan sama-sama bisa saling berdoa dan mengingatkan dengan sehati, sehingga kekuatannya makin besar (Imamat 26:8) dan kalau ada yang terpengaruh, tertipu, putus asa dll, maka yang lain bisa menolong, lebih-lebih gembala-gembala di Gereja, semua seharusnya siap menolong.
Berdoa senantiasa dalam Roh dan kebenaran, sebab ini kunci untuk berjalan dalam Roh, dalam pimpinan Roh, juga berpuasa sesuai pimpinan Roh Kudus. Beberapa ikatan dan siksaan iblis antara lain:
1. Nyanyian duniawi. Dengan nyanyian yang menarik iblis mengisi pikiran orang-orang dengan pikiran yang jahat. Mereka diisi dengan pikiran yang salah dan sesat dan biasanya mereka hanya menerima dan bahkan menikmatinya. Misalnya, dalam nama cinta, engkau bunuh diri (bukan dalam nama Tuhan Yesus, tetapi dalam macam-macam nama lain untuk menyesatkan. Misalnya kadang-kadang demi dia aku rela meninggalkan pacarku, istriku atau murtad, masuk Neraka, dll pikiran-pikiran  yang gila dan mengerikan. Kata-kata itu diulang-ulang terus, dengan musik yang menarik, terus diisi, dipengaruhi oleh kuasa roh-roh keji itu. Macam-macam kata-kata yang menyesatkan dinyanyikan terus menerus berulang-ulang dengan musik yang enak sehingga mereka dikuasai oleh segala pikiran dan pengajaran yang salah dan jahat. Belum lagi macam-macam nyanyian porno, kenikmatan dosa sex.
2. Dengan film-film, banyak tabiat dan cara hidup yang jahat, keji, kejam, kotor diajarkan. Bahkan saling membunuh dan membunuh orangtuanya, saudaranya dengan contoh-contoh yang jahat. Heran semua ini mudah didapat, ada begitu banyak orang-orang memproduksi film-film yang sadis, bengis dan jahat dan heran, masih banyak orang meloloskan, membiarkan, sebagian dengan cara gelap, sebagian terang-terangan karena uang. Macam-macam film yang jahat dan gila itu menjadi seperti kursus pribadi yang kuat, dengan contoh-contoh untuk segala macam-macam kekejian dan semua ini dijual murah.
Segala fantasi yang jahat, keji, amoral itu bisa dituangkan habis-habisan dalam dunia maya. Kadang-kadang orang hanya berpikir, ini bukan yang sesungguhnya hanya fantasi, tetapi ini menguatkan keinginan dosa dalam hatinya sampai kuat, mantap lalu lahirlah dalam perbuatan-perbuatan dosa yang sangat keji Yakobus 1:14-15. Kekejian dan kebinatangan dalam dunia maya ini jadi sekolah dan latihan untuk kemudian dilakukannya sungguh-sungguh dalam dunia nyata. Hidupnya jadi rusak, sia-sia dan binasa dalam Neraka.  Apalagi anak-anak dan kaum muda tidak bisa berpikir dewasa, lebih-lebih  yang tidak mengerti kebenaran Firman Tuhan (yang memerdekakan Yohanes 8:32) mudah mengambil hal-hal yang jelek dan jahat. Kadang-kadang  tidak tahu bahasanya (Inggris dll), tetapi bisa cekatan meniru hanya dengan melihat contoh-contoh  film yang jahat dan keji.
3. Film-film kanak-kanak yang tampaknya tidak berbahaya film kartun, lelucon dll, tetapi isinya menyesatkan dan sangat jahat.
Apalagi kalau ada bermacam-macam bentuk dan mode yang cepat mewabah di seluruh dunia seperti Harem shake yang bisa membuat orang spontan bergerak-gerak, nampaknya dengan kuasa gelap. Ada banyak bentuk-bentuk dan sangat kreatif dan limpah begitu cepat meluas. Orang-orang yang sudah dikuasai roh-roh najis ini, sulit dilepaskan dengan cara biasa, sebab ada setan-setan di belakangnya.
Semua orang tidak bisa melepaskan orang gila Gadara ini, hanya Tuhan Yesus. Begitu juga dengan ikatan-ikatan dunia maya ini, jangan mengandalkan kekuatan, wewenang dll. Orang-orang yang dikuasai iblis ini harus dikalahkan dengan kuasa dan hikmat Allah serta dengan kasih, bukan dengan benci, marah dan emosi. Justru kalau marah, benci dan jadi dosa, kuasa Tuhan tidak bisa bekerja, sebab Allah tidak bisa dicampur dengan dosa. Berdoalah supaya jangan berdosa, emosi, benci, marah dll bahkan bisa ketularan sendiri! Belajar terus menerus berdoa dalam Roh kebenaran. Orang yang bisa menikmati 2 gomer manna (Firman Tuhan), dua pohon Zaitun (Zakaria 4 menikmati doa dalam Roh dan kebenaran, akan suka limpah berdoa) dan persekutuan tubuh Kristus yang betul, maka ia punya cukup kuasa untuk menghadapi orang gila Gadara zaman dahulu dan zaman sekarang.
Ikuti terus anak-anak itu, tetapi jangan ketularan segala dosa-dosanya, sebab itu bisa menular, baik kebencian, zina, pornografi, hedonism, kemewahan dll. (seperti penyakit-penyakit jasmani bisa menular kalau tidak hati-hati seperti flu, ebola, herpes dll). Anak-anak diajak dari kecil sungguh-sungguh beribadah, usahakan juga penuh Roh Kudus supaya tidak sampai kena racun-racun orang gila Gadara ini. Yang sudah kena harus dilepaskan dengan kuasa Allah (ayat 6). Minta pimpinan Tuhan untuk bisa memberi nasehat, tindakan tegas, larangan dan hukuman dengan tepat. Jangan karena emosi atau marah, tetapi perlu kelimpahan kuasa dan hikmat Allah (dipimpin Roh) sebab kita menghadapi kuasa gelap yang hanya bisa diusir dengan kuasa Allah Markus 16:15-16, Kisah 1:8. Berdoa dan belajar Firman Tuhan dengan limpah, supaya kita bisa lebih mudah bekerjasama dan dipimpin Roh serta mengerti siasat iblis dan tidak tertipu. Jangan belajar buku-buku duniawi, apalagi yang nyata-nyata memakai kuasa gelap.
Akibat-akibat dari perusakan ini, imannya jadi hancur, tabiatnya rusak, penuh pemberontakan dan hidupnya menjadi sia-sia. Tidak mau belajar, sekolah, bekerja, tidak mau bertanggungjawab atas segala perbuatannya, semaunya sendiri, sikap yang melawan, kurang ajar, suka berkelahi dll tabiat iblis. Mereka merasa senang, enjoy dengan kesukaan daging yang dinikmatinya, tetapi sesungguhnya mereka itu terikat dengan ikatan roh najis ini, dan timbul macam-macam dosa yang najis, mula-mula dalam dunia maya (ini hanya denganpikiran dan mulut) tetapi lama-lama dalam perbuatan.
 

MARKUS 5: 6-8  GILA GADARA TUNDUK PADA PUTRA MANUSIA YESUS

Orang gila Gadara ini berteriak, tetapi sesungguhnya bukan dia tetapi setan-setan yang ada di dalamnya. (Ada lebih dari 2000 setan bekerja, merasuk).
Mengapa tidak semua orang Gadara dirasuk? Mengapa hanya satu orang ini (ada lagi satu yang tidak begitu ganas, yang ditulis oleh Matius 8:22). Setan-setan tidak mudah bisa masuk dan menguasai seseorang. Mereka harus merayu, membujuk dan menipu, dengan bermacam-macam siasat untuk mendapat persetujuan masuk dari orang itu, baru bisa masuk. Orang sehat tidak mau kemasukan setan, tetapi sebab umpan yang manis, sebab bisa menuruti kehendak hati dan hawa nafsunya, dengan sadar atau setengah sadar mereka mengizinkan masuk, baru setan masuk. (Mula-mula ia hanya hinggap, seperti pada Petrus Matius 16:23, Yakobus dan Yohanes Lukas 9:55 KJI).
Biasanya kalau setan sudah masuk maka perbuatan orang itu jadi kelewat jahat dari biasanya, brutal, melawan, berontak, kurang ajar dll sifat satanik. Juga rasa takut mencengkeram mereka sebab rohnya (yang tidak dimengerti orang-orang ini) merasa ketakutan (seperti orang naik tinggi di atas tembok atau pohon sekalipun tidak mengerti, akan timbul rasa takut) sebab ada ancaman maut (neraka) tetapi mereka tidak sadar. Biasanya imannya luntur dan bisa timbul macam-macam perbuatan yang tidak dikehendaki, seperti pada orang gila Gadara ini, memukul diri sendiri, gerakan-gerakan yang aneh dll.
Putra manusia menyuruh setan itu keluar, langsung 2000 lebih setan-setan keluar dari orang gila Gadara itu. Betapa hatinya lega, ikatan dan tindasan berat lenyap seketika.
Setiap orang beriman punya kuasa atas setan untuk mengusirnya pergi Markus 16:17. Jangan takut atau ragu-ragu, sebab kalau kita ragu-ragu setan tahu, sebab tidak ada kuasa yang memukul mereka dan mereka tidak mau keluar, orang itu tetap jahat, tetap terikat dan tetap tersiksa. Tetapi kalau dengan yakin, karena berpegang akan Firman Tuhan yang tidak pernah berubah, kita bicara dengan yakin seperti Putra manusia, maka setan-setan akan pergi. Kadang-kadang bertahap. Kalau terasa masih ada sisa-sisa setan, usir terus sampai bersih, sampai semua setan pergi. Orang-orang yang dirasuk setan, kalau sesudah lahir baru, lalu berdosa atau main-main kembali dengan kuasa gelap, setan bisa kembali dengan teman-temannya. Matius 12:43-45). Sebab itu jangan ragu-ragu, usir keluar.
Jangan mengandalkan suara keras atau emosi, tetapi kuasa Allah, sekalipun dengan pelan, setan akan lari! Berdoalah terus dalam Roh dan kebenaran, pasti kita sanggup mengusir setan sesuai dengan janji-janji Tuhan dalam banyak ayat-ayat Firman Tuhan (Kisah 1:8, Lukas 10:17-20, Matius 10:1 dll).
Kadang-kadang setan bicara beberapa kebenaran-kebenaran rohani seperti orang gila Gadara ini, jangan heran, itu bukan orangnya yang rohani, tetapi setan-setan yang mengenali orang yang ada kuasa Allah, sebab terasa, apalagi Putra manusia Yesus, Putra Allah, mereka tahu dan kenal. Kadang-kadang banyak alasan atau kata-kata yang pintar dari orang-orang (anak-anak) yang dikuasai setan ini, sebab itu jangan perang dengan mereka, tetapi dengan setan-setannya Efesus 6:12. Berdoa sungguh-sungguh, bahkan lebih baik sebelumnya dengan doa dan puasa dalam hidup yang suci Matius 17:21.
 

MARKUS 5:9-10  SETAN DIIZINKAN TETAP DI DUNIA

Mengapa Tuhan begitu “bodoh” mengizinkan setan tetap di Gadara? Tidak, Tuhan sangat pintar, maha tahu, maha kuasa. Setan dan semua hal dahsyat dalam dunia ini hanya seperti api yang memurnikan kita sehingga bisa menjadi seperti Kristus.
Kapan kita diolah rendah hati, mau taat dalam sengsara sampai mati, mau pikul salib, memakai tabiat baru dan terus tumbuh seperti Kristus, mau dirugikan, mau disucikan, mau terlepas dari kedagingan dan segala tabiat lama, maka kita dimasukkan dalam api dunia yang dahsyat ini, apalagi untuk menyelesaikan rencana Allah, menjadi sempurna, api itu tambah besar, lebih-lebih waktu iblis dilempar ke dunia Wahyu 12:12. Orang yang tidak mengerti menganggap Tuhan jahat, bodoh dll, tetapi orang yang mengerti bersyukur bisa masuk dunia ini, sehingga bisa dimurnikan menjadi seperti Kristus.
Yusuf masuk dalam perbudakan yang kejam dan bisa menjadi begitu indah seperti Kristus. Siapa saja yang percaya dan mau diolah pasti jadi. Allah yang maha kuasa, maha tahu, Dia sanggup mengolah kita. Jangan tertipu oleh tawaran-tawaran setan. Itu seperti semua janji iblis, itu bohong dan sia-sia.
Pasti lebih indah, enak, senang, sukacita, bahagia sampai kekal kalau ikut Tuhan dalam kesucian, daripada ikut iblis yang penuh dusta dantipu daya, dengan sukacita dan kesenangan palsu lalu masuk neraka kekal.
Allah kita tidak salah membiarkan semua dosa, siasat, tantangan-tantangan dan godaan dari iblis terjadi, sebab kalau kita mau, pasti bisa lepas dan tumbuh sampai sempurna. Apalagi dalam hari-hari yang dahsyat dari Minggu ke-70 Daniel, kita akan mengalami suasana Surga di bumi sebab Gereja masuk dalam zaman keemasan.
 

KESIMPULAN.

Jangan berkecil hati atau takut meskipun seringkali pergumulan ini kadang-kadang berat dan lama. Kalau kita berperang sungguh-sungguh dengan Tuhan pasti akan berhasil. Hidup dengan Tuhan itu jauh lebih indah, senang, bahagia, terjaga, terpelihara dan diberkati bersama-sama Tuhan. Hadapi terus kasus-kasus yang sulit dengan kuasa Allah. Tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran, kalau perlu juga berpuasa (ingat Matius 17:21) dan pegang Firman Tuhan, janji-janji dan rencana Allah yang indah. Dengan Tuhan kita menang dan bisa melakukan perkara-perkara yang besar Roma 8:31, 1Yohanes 4:4, Mazmur 60:14.
 
Nyanyian:
Dalam nama Yesus (2x)
ada kemenangan.