YS149 – Yesaya 34:4-8 Hari Pembalasan Tuhan (20Feb’13)

Download MP3 Khotbah: YS149

 

YESAYA 34:4. TENTARA LANGIT BERGUGURAN.

DAN SEMUA TENTARA LANGIT AKAN LARUT DAN SEGALA LANGIT AKAN DIGULUNG BERSAMA SEPERTI SATU GULUNGAN.

Tentara langit adalah matahari, bulan dan bintang-bintang Kejadian 2:1 (yang sering disembah orang Israel. Ulangan 4:19; 17:3, 2Raja 17:16; 21:3, bisa juga berarti isi Surga 1Raja 22:19, Lukas 2:13).
Langit akan digulung ini digenapkan dalam Wahyu 6:14. Langit biasanya menunjukkan kerajaan Surga Matius 3:16. Digulung berarti lenyap, berarti hubungan dengan Surga lenyap, tidak ada hubungan sebab Allah sudah meninggalkan dunia dan sudah diserahkan dalam tangan iblis yaitu dalam zaman Antikris.
 

DAN SEGALA TENTARANYA AKAN BERGUGURAN SEPERTI DAUN YANG GUGUR DARI POHON ANGGUR, SEPERTI BUAH ARA YANG GUGUR DARI POHON ARA.

Tentara di langit menceritakan tentang orang-orang beriman (turunan Abraham seperti pasir di pantai laut, hanyut dan tenggelam dalam arus dosa; dan seperti bintang-bintang, ini sebetulnya orang-orang yang indah, penuh Roh Kudus (bintang-bintang cerita tentang pekerjaan Roh Kudus, bulan tentang Tuhan Yesus dan matahari tentang Allah Bapa) tetapi mereka tertinggal seperti ligabo (lima gadis bodoh) yang penuh Roh Kudus tetapi tertinggal sebab hidup mendua, sebentar dalam Roh, sebentar dalam daging dan orang yang tertinggal, masuk dalam zaman Antikris dan dihukum, dianiaya Antikris. Kalau mau bertobat dan tetap percaya Tuhan Yesus, mereka selamat masuk di aniaya Antikris sampai mati. Ini seperti buah ara yang belum matang dan gugur kena goncangan dan angin tipu daya setan dan dunia ini, sebab tidak sungguh-sungguh terus menerus tetap dipimpin Roh. Sebentar menyala dengan heran seperti Simson, tetapi sebentar menuruti daging, penuh dengan kedagingan. Orang-orang ini gugur seperti buah ara yang busuk sekali sehingga tidak bisa dimakan Yeremia 29:17. Kalau mati dalam dosa, binasa. Kalau masih hidup dan tertinggal masuk zaman Antikris dan mau bertobat, masih bisa selamat. Ini tentara langit yang gugur. Sayang, sudah menjadi bintang, penuh Roh Kudus dan pekerjaan Putra dan Bapa, tetapi akhirnya gugur, dahsyat sekali. Jangan setengah hati, tetap penuh Roh Kudus, buang segala keinginan dosa dan disucikan oleh Firman Tuhan dan doa dari segala kemungkinan-kemungkinan dosa Mazmur 119:11, 1Timotius 4:5
 

YESAYA 34:5. PEDANG TUHAN DI LANGIT.

KARENA PEDANGKU AKAN MANDI DI LANGIT. LIHATLAH IA AKAN TURUN KE EDOM DAN KE ATAS BANGSA YANG KENA KUTUKKU KARENA PENGHAKIMAN.

Mandi disini adalah mandi darah (ayat 6) membunuh tentara langit, sebab mereka berbuat jahat dan kena hukuman.
Kalau Tuhan tidak mengizinkan, iblis, Antikris dkk tidak berdaya. Tetapi ini sudah diperingatkan terus menerus supaya jangan keras hati dalam dosa, jangan simpan dosa, tetap sungguh-sungguh hidup berkenan pada Tuhan. Tetapi ini orang-orang yang melawan Tuhan, mereka akan menuai hukumannya.
Edom adalah cucu Abraham yang mempunyai kesempatan dan fasilitas yang sama dengan Yacob untuk selamat dan menjadi mulia dalam janji Allah kepada Abraham, bahkan ia mempunyai hak sulung, jadi yang pertama, yang utama. Tetapi ternyata ia jadi yang terakhir dan terhilang Matius 20:16. Berapa orang sudah mulai dengan baik dan mendapat kesempatan dan hak-hak yang indah seperti Saul, Yudas dll. Tetapi sebab tidak setia dan tidak taat, terus berdosa dan berontak, akhirnya jadi celaka, hilang segala kesempatan dan kemuliaan yang sudah didapatnya. Surga sudah di tangan, dilepaskan, masuk dalam jerat dan perangkap iblis, sangat bodoh dan rugi besar!
Apakah Tuhan menghukum dan mengutuki?
Sebagai Hakim yang adil, Dia harus menjatuhkan hukuman tetapi yang menghukum dan membinasakan adalah iblis. Segera Tuhan mengangkat tangannya dari seseorang, maka iblis langsung merebut dan membinasakannya. Iblis terus siap, bahkan menuntut untuk membinasakan, sebab itu kerinduan dan kehendaknya. Dia pembunuh dari mulanya Yohanes 10:10. Orang yang berbuat dosa itu menarik hukuman Allah atas dirinya sendiri dan Allah itu adil; yang tidak bertobat sampai akhir itu menarik hukuman dan kutuk Allah ke atas dirinya sendiri, dan iblis akan berpesta ria menghukum dan menyiksa orang-orang berdosa yang jatuh ke tangannya.
 

YESAYA 34:6. PEDANG TUHAN PENUH DENGAN DARAH DAN GEMUK.

PEDANG TUHAN PENUH DENGAN DARAH, MENJADI GEMUK DENGAN LEMAK DAN DENGAN DARAH ANAK DOMBA DAN KAMBING DAN DENGAN KEGEMUKAN DARI GINJAL DOMBA JANTAN.

Darah anak domba dan kambing; ini adalah binatang korban, binatang sembelihan. Selain Tuhan Yesus jadi Anak domba Allah, kita juga jadi seperti Kristus, jadi domba sembelihan Roma 8:36, naik di atas mezbah Tuhan Roma 12:1-2. Sebetulnya ini sudah menjadi permulaan yang betul dan indah, tetapi kemudian mundur, ingin isi dunia 1Yohanes 2:15-16, sebab itu pindah jalur jalan lebar seperti Lot, yang kemudian lepas dari Abraham, akhirnya masuk neraka. Sekalipun pada mulanya percaya, taat, ikut korban, keluar dari Urkasdim, tetapi akhirnya masuk hukuman Sodom Gomora (meskipun sudah dua kali dilepaskan dari hukuman dahsyat). Sudah jadi anak domba yang dikorbankan, masih bisa kena hukuman, sebab di dunia masih bisa pindah jalur, sebab itu hati-hati jaga diri baik-baik, tetap setia sampai akhir. Jangan mulai dalam Roh berakhir dengan daging Galatia 3:3-4, akhirnya binasa seperti Saul, Simson, Yudas dll.
 

GEMUK OLEH LEMAK.

Darah menceritakan tentang pengorbanan dan lemak atau kegemukan menceritakan tentang berkat-berkat dari Tuhan. Ia sudah menerima dengan limpah seperti Salomo menjadi gemuk di dalam Tuhan, oleh berkat Tuhan, tetapi sayang, akhirnya berbalik menuruti hawa nafsunya. Ini sungguh-sungguh mengerikan, orang yang sudah menerima begitu banyak dari Tuhan seperti Salomo, Saul, Gehazi, Yudas bisa berbalik sehingga kena hukuman Tuhan. Sebab itu setialah, jangan menuruti daging. Belajar banyak Firman Tuhan supaya bisa mengenali tipu daya iblis dan dunia ini, supaya jangan tertipu dan terus dipimpin Roh dengan hati yang rindu untuk setia dan taat. Orang yang tidak taat, juga terhadap hamba-hambaNya, pada pemimpin-pemimpinnya itu berbahaya, sebab menuruti daging bisa celaka dan binasa seperti orang-orang ini.

Dengan kegemukan dari ginjal domba jantan.

Ini dipakai dalam korban tahbisan imam. Keluaran 29:22 dan korban syukur Imamat 9:19. Dan kalau dibakar berbau harum bagi Tuhan. Tetapi sekarang ini justru menjadi hukuman. Dalam Lukas 13:1,4. Bagaimana darah orang-orang Galilea dicampur dengan korbannya. Orang Yerusalem pun bisa mengalami hukuman Allah, sekalipun punya pengalaman-pengalaman indah dengan Tuhan seperti Salomo. Sebab itu setialah dan jangan beri kesempatan pada iblis, jangan main-main dan jangan spekulasi, lebih baik taat akan Firman Tuhan

Sebab Tuhan mempunyai korban sembelihan di Bozrah dan suatu pembantaian yang besar di tanah Edom.

Bozra adalah suatu kota besar dari Edom 1Tawarikh 1:43-44. Betul Edom dan Bozra adalah negeri yang besar, tetapi ada di dalam kutuk dan hukuman Allah Yesaya 63:1, Yeremia 49:13,22, Amos 1:22. Orang-orang yang kenal Tuhan, tahu tetapi mempermainkan Tuhan dengan hidup duniawi, mendua seperti Laodikea dan Gereja-gereja lainnya yang kenal Tuhan tetapi hidup dalam jalan lebar, akan mengalami hukuman yang dahsyat pada saatnya, istimewa dalam Minggu ke-70 Daniel.
Orang Kristen Halaman dan orang Ruangan Suci yang mendua seperti ligabo, semua akan mengalami celaka besar dalam Minggu ke-70 Daniel, istimewa dalam zaman Antikris, puncak hukuman yang dahsyat dalam dunia, lalu diteruskan dalam neraka kekal. Selama masih di dunia, sekalipun hukuman dahsyat masih bisa bertobat seperti orang-orang dalam zaman Antikris, tetapi di neraka, tidak ada kemungkinan selamat sama sekali. Beda neraka di dunia (dalam tubuh nafsani, itu dahsyat sekali) dan neraka sesudah kematian adalah kesempatan untuk selamat masih ada kalau masih hidup! Tetapi paling baik kalau kita tetap lekat pada Tuhan, betul-betul lekat pada Pokok yang benar. Tuhan sanggup menyelamatkan kita sampai akhir Pilipi 1:6, Ibrani 7:25. Asal kita betul-betul mau dan taat dengan sepenuh hati, tidak spekulasi atau mendua! Sebab itu setia sampai ke akhir dan taat sekalipun kecil, tetapi hidup berkenan pada Tuhan dan saling tolong menolong.
 

YESAYA 34:7. BINATANG BERTANDUK SATU

DAN BINATANG BERTANDUK SATU AKAN DATANG DENGAN MEREKA, LEMBU JANTAN MUDA DENGAN LEMBU JANTAN.

Binatang bertanduk satu itu sangat kuat Bilangan 23:22, 24:8, Ulangan 33:17, Ayub 30:9-10, Mazmur 22:21 dsb.
Siapakah binatang bertanduk satu disini? Inilah tanduk satu yang kuat luar biasa, yaitu antikris Daniel 8:8-10. Tanduk ini sampai ke langit dan menggugurkan bintang-bintang di langit dan menginjak-injak dengan kakinya, luar biasa. Ini tanduk dengan mulut yang mengatakan perkara-perkara besar Daniel 7:8, Wahyu 13:5. Lembu-lembu muda inilah orang-orang besar yang murtad seperti Antikris itu sendiri (Yudas, rasul Tuhan, tetapi murtad itu jadi antikris pertama). Antikris itu berasal dari antara kita 1Yohanes 2:19 dan orang-orang yang mula-mula besar dan undur, ini menjadi 4 binatang Antikris dan pembesar-pembesar lain dalam kerajaan Antikris dan ini yang dipakai iblis untuk membinasakan banyak orang beriman dalam Minggu ke-70 Daniel, apalagi dalam zaman Antikris.

DAN NEGERINYA AKAN DIRENDAM DENGAN DARAH DAN DEBUNYA AKAN MENJADI GEMUK DENGAN LEMAK.

Belum pernah terjadi Matius 24:21, Yoel 1:2-3, Daniel 12:1, Yehezkiel 5:9. Begitu banyak pembunuhan di atas bumi, sehingga negeri Antikris ini terendam dengan darah, sangat dahsyat. Banyak orang mengabaikan dan sembarangan, kalau mereka mengalaminya, masuk zaman Antikris, tidak bisa lari dan tidak ada kemungkinan lain bagi orang-orang ini, sebab semua sudah diserahkan dalam tangan Antikris Wahyu 13:7. Sebaliknya di atas, di dalam Surga yang sudah terputus hubungannya dengan dunia (langit sudahtergulung seperti gulungan) ada sukacita yang sangat indah yaitu Pesta Kawin Anak Domba selama 3,5 tahun, tepat berlawanan dengan yang dalam kerajaan Antikris. Di atas pesta ilahi yang penuh dengan kasih dan sukacita, di bawah pesta antikris dan seluruh isi neraka yang penuh dengan kebencian.
Debunya gemuk dengan lemak. Semua orang-orang besar yang jatuh menjadi makanan dan pesta dari Antikris. Sebagian berbalik menjadi pengikut Antikris, mereka tampaknya bersukacita, tetapi pada waktunya sesudah orang yang percaya habis, maka juga akan dibantai oleh si pengkhianat, bahkan mereka saling membunuh sama sendirinya, sebab pesta itu terus dilanjutkan, baik dengan orang-orang beriman yang ada atau dengan pengikut-pengikut Antikris sendiri yang 100% ada dalam tangan Antikris.
 

YESAYA 34:8. HARI PEMBALASAN TUHAN.

KARENA ITULAH HARI PEMBALASAN TUHAN DAN TAHUN PEMBAYARAN KEMBALI (M,G: REPAY) UNTUK PERTENTANGAN DARI ZION.

Tuhan membalas? Tuhan tidak dendam, tetapi harus memberi tuaian dari perbuatan setiap orang, sebab Dia Hakim yang adil Wahyu 22:12.
Setiap orang akan menuai sesuai dengan perbuatannya. Galatia 6:7-8. Sebab Tuhan tidak bisa memberi penuaian yang baik bagi orang yang menabur jelek atau sebaliknya. Semua yang menabur dalam daging ada dalam neraka dan semua yang menabur dalam Roh (dengan penyangkalan diri, mematikan daging, taat akan Tuhan) semua ada dalam Surga, semua akan menerima pembalasan yang sesuai, tidak ada yang terlepas dan Tuhan adalah Hakim bumi untuk semua orang 2Timotius 4:1, Kejadian 18:25. Semua ada akibatnya dan orang yang semaunya sendiri akan celaka, sebab semaunya sendiri itulah kehendak daging dan ia menghadapi Allah dan pasti menerima hukumannya.

TAHUN PEMBAYARAN KEMBALI.

Arti yang sederhana adalah orang yang mengambil uang atau hak orang lain, sebab kuat, ia tinggal merampasnya dan tidak ada orang berani menuntutnya sampai mati Mazmur 73:4. Ini bisa terjadi, orang jahat mati tanpa pembalasan, tetapi itu hanya sementara di dunia, sebab sesudah mati akan ada perhitungan untuk semua kejahatannya dan ia mendapatkan hukuman yang sesuai, ia harus membayar kembali bahkan terus menerus sampai kekal! Sebab itu bereskan semua salah yang ada dan minta ampun pada Tuhan Yesus (orang yang tidak kenal Tuhan, tidak punya korban tebusan, tidak ada pengampunan baginya, sebab itu pasti masuk Neraka dan ia harus membayar semua dosa dan kejahatannya). Kalau sudah beres, tidak ada pembayaran kembali. Kita harus mengerti cara pemberesan dengan betul, supaya jangan sampai keliru sebab akibatnya besar, sebab semua pembayaran kembali itu di dalam neraka, tidak masuk Surga Wahyu 21:27. Roh Kudus akan menolong orang yang sungguh-sungguh mau bertobat dan percaya Tuhan Yesus, sehingga beres betul 1Yohanes 3:21.

UNTUK PERTENTANGAN DALAM SION.

Ada hal-hal yang bertentangan, tampak dari luar bersih dan putih, tetapi di dalamnya banyak bangkai, kotoran dan hal-hal yang keji di hadapan Allah seperti kuburan Matius 23:27, juga seperti Gereja-gereja jalan lebar misalnya Sardis yang tampak hidup, baik dan besar tetapi sebetulnya mati (bangkai) di hadapan Tuhan. Banyak pertentangan yang ada atau kemunafikan, kebodohan dan tertipu oleh iblis seperti yang ada dalam Gereja-gereja jalan lebar; semua percaya Tuhan Yesus, tetapi hidupnya sangat jahat, bahkan iblis bertahta di dalamnya. Kalau pertentangan itu bukan dosa, kita tidak perlu takut, sebab Tuhan adalah Hakim yang adil. Kalau kita benar dan orang menentang kita, asal kita tidak bereaksi dosa dan selalu dipimpin Roh itu tidak akan ada hukumannya. Juga perbedaan-perbedaan pendapat dll, asal tulus, rendah hati dan mau taat pada Firman Tuhan, akhirnya pertentangan itu akan jelas dan bisa bersatu Markus 3:25, 1Korintus 1:10. Kalau dalam pertentangan itu ada dosa, ada hukumannya apalagi seperti orang Parisi yang penuh dengan pertentangan, luar dalam tidak sama, maka ular-ular biludak ini pasti akan mendapat hukumannya Matius 23:33.
 

KESIMPULAN.

Ada hari pembalasan Tuhan untuk setiap perbuatan dosa, termasuk tabiat, sombong, tidak setia, tidak benar dsb dan semua dosa dengan cara apapun. Pembalasan itu ada dua macam, dalam dunia dan dalam kekekalan. Tuhan akan memberi pembalasan  lebih2 pada umatNya, sebanyak mungkin di dunia sebab di dalam hajaran atau hukuman masih adaitu suatu kesempatan untuk bertobat sekalipun. Misalnya Niniwe, Achab masih dapat pengampunan. Simson, Zedekia dsb yang bertobat masih bisa selamat, asal masih dalam dunia ini; sesudah kematian, tidak ada kesempatan sama sekali! Jangan marah atau bersungut-sungut kalau datang celaka apapun, sebab itu bisa ujian (lulus, akan naik makin mulia) atau hajaran, hukuman (kalau tobat, bisa dapat ampun, dan bisa dipulihkan tergantung kasus masing-masing, kalau marah, melawan Allah, tambah celaka).
Yang terbaik hidup benar dan tabur sebanyak-banyaknya, jangan pikir penuaian. Belajar Firman Tuhan secara maksimal, dipimpin Roh, berpada dalam segala hal sesuai Firman Tuhan dan lakukan sebanyak mungkin untuk Tuhan dalam pimpinan Roh, satu kali kita pasti akan menuai, Dia adil. Takutlah akan Dia.
 
Nyanyian:
Hidupku bukannya aku lagi.