YS146 – Yesaya 33:18-19 Surga dan Neraka Bertetangga (30Jan’13)

Download MP3 Khotbah: YS146

 

YESAYA 33:18   MERENUNGKAN TEROR.

HATIMU AKAN MERENUNGKAN KEDAHSYATAN (TEROR).

Dalam ayat 16  orang2 ini duduk di tempat tinggi.
Dalam ayat 17  matanya akan melihat Yang mulia.
Dalam ayat 18  hatinya akan merenungkan kedahsyatan (teror).
Dalam ayat 19  tidak lagi melihat bangsa yang bengis.
Dalam ayat 20  akan melihat Sion yang mulia.
Ini masih terus dalam sambungan dari orang yang berjalan benar, tetapi mereka juga berada di tengah-tengah yang dahsyat. Inilah keadaan pada akhir zaman dalam Minggu ke-70 Daniel. Di satu pihak ada Gereja yang mulia, rasanya seperti Surga, tetapi di sebelahnya penuh dengan hal-hal dahsyat seperti Neraka.
Memang ini keadaan akhir zaman yang dahsyat, yaitu suasana Surga dan suasana Neraka berada bersama-sama di dalam dunia yang sama, tetapi Gereja akan menjadi mulia dan sempurna lebih dahulu dalam 3,5 tahun I sebelum pengangkatan dan sesudah itu dalam 3,5 tahun II dunia berubah seluruhnya,  sepenuh-penuhnya menjadi seperti neraka, sangat dahsyat yaitu dalam zaman Antikris.
Kita biasanya senang kalau bisa berada dalam satu masyarakat dan lingkungan yang baik, semua jujur, adil, makmur dan semua sejahtera. Kalau keadaan menjadi jelek, penuh kejahatan, penuh tipu daya, perkelahian, pembunuhan, peperangan, ketidakadilan, malapetaka dll, ini berarti kita mengalami kedahsyatan dan ini akan terjadi di mana-mana.  Beginilah keadaan dalam zaman Antikris,  baik dalam 3,5 tahun I dan II (teror, ini baru nyata 20 tahun terakhir ini dan makin lama makin dahsyat). Orang-orang akan betul-betul merenung-renungkan kedahsyatan yang terjadi di mana-mana di seluruh dunia atas semua orang Wahyu 3:10. Tetapi orang-orang yang hidup dipimpin Roh itu bisa berlindung dan bersembunyi di dalam Kristus, keadaannya justru sebaliknya, sangat indah cemerlang seperti Surga di tengah-tengah bumi. Tetapi Surga ini bertetangga dengan neraka.
Mazmur 27:5 karena dalam masa kesukaran (jahat), Ia akan menyembunyikan saya dalam pondoknya, di dalam tempat rahasia dari kemahNya, Ia menaruh saya tinggi (N,D) di atas gunung batu.
Ini tempat yang tinggi dari orang-orang yang berjalan dengan benar di hadapan Tuhan. Kalau kita hidup benar dalam ayat 15-17, kita tidak perlu kuatir, sekalipun kita hidup dalam dunia yang penuh dengan kedahsyatan, tetapi jangan takut. Jangan mencoba menghadapinya dengan kekuatan dan kemampuan sendiri, sebab dengan kekuatannya sendiri, kalau kedahsyatan itu datang, ia akan hancur dan binasa di tengah-tengahnya. Tetapi kalau kita tetap tinggal di tempat tinggi, kita tidak perlu bingung atau kuatir. Betul hal-hal yang dahsyat itu limpah di sekitar kita, tetapi kalau kita tinggal dalam Tuhan, dalam tempat sembunyi Tuhan, kita akan selalu dipelihara Tuhan, kita akan mengalami kemenangan dan bisa bertahan bahkan mengalami masa-masa yang gilang gemilang seperti Surga di sebelah neraka yang dahsyat! Surga dan Neraka bertetangga dalam zaman Antikris (dari antikris yang pertama sampai yang ke empat. (Dan 7).
Bertetangga, berarti kita harus mempunyai pendirian yang teguh. Sebab orang yang tidak punya pendirian, setiap hari melihat kesukaan dosa dari Sodom Gomora, bisa tertarik seperti Lot dan masuk sehingga akhirnya binasa. Zaman Lot itu seperti zaman akhir Lukas 17:26. Abraham dan Lot, hidup bertetangga, tetapi Abraham dalam suasana Surga yang suci, Lot dalam Sodom Gomora yang penuh dengan dosa dan kenajisan).
 

DIMANAKAH JURU TULIS.

Juru tulis (Scribe) disini bukan saja juru tulis biasa tetapi orang penting, juga dalam zaman Daud.  Misalnya Barukh adalah juru tulis nabi Yeremia Yeremia 36:26, 2Samuel 8:17. Juru tulis atau Scribe adalah orang yang menulis dan mengerti tentang tulisan yang penting seperti Sekjen pemerintah.

DIMANAKAH ORANG YANG MENERIMA (MENIMBANG).

Ini adalah orang-orang yang menerima dan mengatur segala hal yang berkaitan dengan penerimaan dalam bait Allah atau kerajaan. Ia menerima, menimbang dan mengatur semuanya. Ini bisa diartikan seperti bendahara.

DIMANAKAH ORANG YANG MENGHITUNG MENARA-MENARA.

Menara itu penting di dalam pertahanan waktu berperang. Kalau banyak menaranya dan cukup tinggi atau kuat, itu menjadi salah satu hal penting dalam pertahanan. Dalam ayat 16 ada benteng-benteng tertentu dengan menara-menaranya dari batu gunung.
Dalam keadaan yang kacau seperti ini penuh kedahsyatan, lalu ditanyakan dimana orang-orang ini yang punya peran penting dalam pemerintah dan ibadah negeri Israel baik dalam segala catatan dan peraturan, dalam segala hal tentang keuangan dan ekonomi, juga dalam pertahanan peperangan rohani.
Mereka semua adalah orang-orang penting yang biasanya mengatur negeri menjadi teratur, rapi, makmur, aman dan sejahtera. Dimana mereka dalam zaman yang dahsyat ini?  Mengapa mereka tidak muncul dan memperbaiki segala kerusakan dan kekacauan ini supaya menjadi aman, sejahtera dan makmur. Semua menjadi kacau, sebab si pengacau (Antikris) itu berhasil merebut kekuasaan dan mulai bertindak semaunya sendiri untuk kepentingannya sendiri. Kadang-kadang ada presiden atau diktator yang tidak dikehendaki naik tahta, tetapi disini antikris bisa merebut semua posisi penting di seluruh dunia dan menguasainya. Iblis mengendalikan orang-orang jahat ini (Antikris) sehingga terjadi teror di mana-mana.
Begitulah keadaan dunia pada Minggu ke-70 Daniel, kacau balau dalam segala segi dan tidak ada orang yang bisa mengatur kembali. Umat Tuhan yang ada dalam tempat sembunyian Allah itu berada dalam pimpinan dan kuasa Allah. Ini bukan berarti mereka tersembunyi dalam suatu tempat tertentu, tidak! Mereka ada di tengah-tengah masyarakat seperti semua orang-orang lain pada umumnya, tetapi di dalam pemeliharaan Allah yang sangat kuat dan berkemenangan.
Seperti Putra manusia Yesus di dunia, Ia tidak sembunyi di Luar negeri atau dalam tempat-tempat sembunyi tertentu (ada yang salah mengerti, mereka mencari tempat sembunyi di dalam lautan, padang pasir atau tempat-tempat terisoler lainnya, sia-sia, sebab semua tempat akan kena teror ini). Mereka tetap ada di tengah-tengah masyarakat atau rakyat pada umumnya. Semua orang tahu bahwa imam-imam, orang Parisi, ahli Taurat dan orang Yahudi sudah bersepakat membunuh Putra Manusia Yesus. Sebab itu waktu Tuhan Yesus berjalan ke Yerusalem terang-terangan dan mengajar dengan bebas di bait Allah, orang-orang heran, mengapa Dia berani bicara dengan bebas dimana-mana? Ternyata Dia tetap aman dan bisa melakukan kehendak BapaNya dengan tidak terganggu. Kalau Allah Bapa tidak menyerahkan Putra manusia Yesus, sekalipun semua mau membunuhNya, Ia akan tetap lolos.
Pada akhirnya Tuhan Yesus tidak ditangkap dan dibunuh, tetapi Ia menyerahkan diriNya, baru orang-orang bisa menangkap Dia Matius 26:55-56.
Begitu juga Gereja dan umat Tuhan dalam zaman Antikris (I-III, 3,5 tahun I) mereka bebas beredar-edar di tengah-tengah keadaan yang dahsyat dan gawat, tetapi tidak kena bahaya dan kejahatan, sebab dipimpin Roh, tetap dalam perlindungan Allah. Tuhan memeliharanya dan tetap aman dalam perlindungan Allah, bahkan satu rambutpun tidak gugur Lukas 21:18. Hanya bedanya, waktu Tuhan Yesus dan Hujan awal, semua oang mati syahid sebagai benih yang tertanam bagi Gereja. Tetapi pada akhir zaman, semua anggota Gereja hujan akhir (Ligabis (Lima Gadis Bijaksana), yaitu orang-orang Ruangan Suci, yang selalu hidup dipimpin Roh) tidak ada yang mati, tetapi terpelihara lalu berubah dalam sekejab masuk atau ikut dalam pengangkatan 1Korintus 15:51-52 sebagai tuaian benih yang tertanam dalam Hujan awal Mazmur 126:5-6.
Tetapi ini bukan orang-orang yang berjalan sendiri, melainkan Lima Gadis Bijaksana (ligabis) yaitu orang-orang yang bisa berjalan dalam Roh, dipimpin Roh. Lima gadis bodoh (atau orang-orang yang naik turun Ruangan Suci, Halaman) dan orang-orang yang jatuh bangun dalam dosa, biasanya mereka terseret dalam dosa, banyak yang mati dan yang masih hidup akan tertinggal dan masuk dalam zaman Antikris.
Ancaman dan bahaya teror tetap merajalela di mana-mana, kemungkinan kena dan mati itu tinggi sekali, tetapi karena kuasa dan pimpinan Roh Kudus, semua terpelihara dengan ajaib dan mengalami macam-macam perlindungan dan berkat Tuhan, sehingga Gereja akhir zaman yang betul itu adalah suatu ajaib Wahyu 12:1. Pekerjaan Roh Kudus itu luar biasa. Sekalipun sudah mengalami penangkapan seperti Paulus atau Petrus dalam penjara, tetapi orang yang berjalan dalam Roh ini tetap terlepas dan kembali bebas melakukan tugas dan pelayanannya dengan kuasa dan kemenangan yang amat besar. Ajaib dan penuh kemuliaan. (Perhatikan keadaan akan langsung berubah 100% sesudah pengangkatan, sebab orang Kristen yang tertinggal dalam masa ini, inilah orang-orang berjalan sendiri, tidak dipimpin Roh). Sebab itu jangan menjadi ligabo (Lima Gadis Bodoh), tidak cukup, sebab Lima Gadis Bodoh masih bisa kena segala kesulitan dan hal-hal dahsyat bahkan sampai mati. Harus menjadi ligabis baru bisa lolos dan tumbuh dalam rohani dengan luar biasa dan kemudian ikut pengangkatan.
 

YESAYA 33:19. BANGSA YANG LUAR BIASA, BUKAN BENGIS.

ENGKAU TIDAK AKAN MELIHAT BANGSA YANG BENGIS.

Di mana-mana dosa dan kejahatan meningkat dan merata di seluruh dunia. Di mana-mana orang menjadi begitu jahat dan bengis. Seluruh dunia menjadi begitu egois mementingkan diri sendiri 2Timotius 3:1-4. Sebab kejahatan dan kedahsyatan meningkat begitu hebat, semua hanya mencari keselamatannya sendiri, sebab semua ada dalam bahaya. Bahkan mereka saling membunuh, juga diantara saudara dan keluarga sendiri Matius 10:21. Keadaan begitu dahsyat, sampai anak membunuh orangtuanya dsb. Mengapa ini terjadi? Sebab:
1. Ini tanda bahwa dosa dalam dunia sudah melebihi batas (sangat tinggi). Biasanya ikatan keluarga, anak-orangtua itu sangat kuat, sekalipun dalam dunia. Tetapi sebab dosa meningkat luar biasa melebihi batas, kasih turun dan tawar, timbul kebencian yang dahsyat Matius 24:13. Ini berarti keadaan sudah melebihi batas.
2. Ini disebabkan karena anak dan bapak tumbuh dan dididik di tempat yang berbeda, sehingga si anak diyakinkan oleh pelajaran-pelajaran dalam Gerejanya (seperti Gereja Pergamus yang membunuh Antipas di hadapan mereka semua, sebab yakin itu ibadah yang betul Wahyu 2:13), maka sebab itu ia berani membunuh bapaknya dan menganggap itu melakukan ibadah, berbakti kepada Allah. Yohanes 16:2. Ini juga karena si bapak tidak dipimpin Roh, sehingga bisa menjadi korban. Tetapi kalau si bapak atau siapa saja lainnya, hidup dipimpin Roh, maka ia tidak akan kena, lepas dan tidak akan mati 1Korintus 15:51-52, dan bisa ikut dalam pengangkatan.
Sebab anak dan bapak dibina dalam Gereja yang berbeda, berbeda pendapat dan keyakinannya sehingga seisi rumahnya tidak bisa bersatu tetapi pecah dan saling bertentangan Markus 3:25. Biasanya hanya berbeda pendapat dan terus bertentangan. Tetapi dalam zaman orang bengis ini, perbedaan yang jahat ini bisa mengakibatkan macam-macam kejahatan bahkan pembunuhan dalam rumah, sehingga kekejian yang dahsyat ini terjadi, begitu dahsyat. Dunia pada waktu ini sangat bengis. Di mana-mana orang sangat bengis seperti Antikris, apalagi dalam pemerintahan Antikris binatang yang ke-4, sangat dahsyat, semua dibinasakan tanpa ampun, sesudah di aniaya selama mungkin.

SUATU BANGSA YANG “DALAM” BICARANYA, ENGKAU TIDAK AKAN MENGERTI.

Bangsa yang dilihat ini tidak bengis, aneh; Inilah orang-orang yang penuh dan dipimpin Roh, hidup dalam kesucian dan perlindungan Allah, meskipun mereka ada di tengah-tengah masyarakat yang sangat bengis.
Ini dikatakan pada orang-orang yang keras hati dalam dosa. Mereka akan melihat orang-orang ini berjalan benar (ayat 15) dan duduk di tempat yang tinggi (ayat 16). Orang-orang yang masuk dalam tempat rahasia dari Allah yaitu ligabis adalah orang-orang yang bicaranya dalam Yehezkiel 3:5-6 TL. Inilah orang-orang yang dipimpin Roh dan berkata-kata dalam bahasa lidah memang bahasa lidah ini tanda khas baptisan Roh Kudus dan cara kerja Roh Kudus dalam Wasiat Baru, di dalamnya ada banyak rahasia dan pekerjaan Roh Kudus yang luar biasa.

SUATU LIDAH YANG GAGAP, SEHINGGA ENGKAU TIDAK BISA MENGERTI.

Gagap bicaranya dan tidak bisa mengerti. Ini semua adalah bahasa yang aneh seperti ditulis dalam Yesaya 28:11. Bahasa yang aneh, dalam, lain, gagap dsb. Ini menceritakan tentang perbedaan karunia Roh Kudus dalam Wasiat Baru yaitu bahasa lidah dan terjemahannya. Nubuat ini sangat aneh bagi orang Wasiat Lama, bahkan sampai sekarangpun masih ada orang yang tidak mau mengerti meskipun baptisan Roh Kudus ini sudah mencapai ratusan juta orang bahkan mungkin sudah 1 milyard. Hampir di setiap tempat orang-orang Kristen di seluruh dunia, selalu ada orang yang berkata-kata dalam bahasa lidah (yang tidak bisa dimengerti), mungkin sudah rata ada di seluruh dunia diantara orang-orang Kristen. Ini penggenapan nubuatan aneh yang tidak dimengerti ribuan tahun, tetapi itu nyata ada sekarang; dan ini sudah dinubuatkan Tuhan sejak dahulu, bahkan yang bicara dan menulispun tidak tahu dan tidak mengerti pada waktu itu. Tetapi sekarang begitu kenyataannya (bahasa lidah) itu begitu limpah ada di seluruh dunia, sebab waktunya sudah dekat. Sebab itu jangan menjadi ligabo tetapi mejadi ligabis, sebab hari-hari penggenapan itu sudah dekat. Dalam hari-hari yang dahsyat (teror) itu akan ada golongan orang ini, bukan orang bengis tetapi orang-orang yang penuh dengan bahasa yang ajaib, dalam, gagap, tetapi justru dengan bahasa Roh itu mereka limpah dengan kuasa dan keajaiban Allah yang luar biasa.
Mengapa ini dinubuatkan? Ini menjadi kunci yang unik yang tidak bisa ditiru dan menjadi meterai, sebab umat Tuhan yang diselamatkan, disembunyikan itu dimeteraikan dengan Roh Kudus Efesus 1:14; Efesus 4:30 dan ini yang membuat umat Tuhan menjadi kuat luar biasa dan penuh dengan hikmat dari Surga, inilah pekerjaan Roh Kudus yang ajaib, heran dan penuh kuasa! Sebab itu jangan sampai hilang meterai ini. (Mereka yang belum penuh Roh Kudus, mintalah, ini bukan tanda pangkat atau tanda rohani, tetapi ini suatu karunia, anugerah Kisah 2:38 dan ini meterai Allah dan Roh Kudus ini menjadi penolong untuk orang yang mau sungguh-sungguh hidup benar dan naik di tempat tinggi!).
 
Nyanyian:
Roh Kudus heranlah 2x
ya api Roh Kudus heranlah.