YS144 – Yesaya 33:7-14 Menghadapi Pemilihan Akhir Zaman yang Dahsyat (16Jan’13)

Download MP3 Khotbah: YS144

YESAYA 33:7   SARINGAN YANG SANGAT KETAT

Keadaan pada akhir zaman, lebih-lebih dalam Minggu ke-70 Daniel itu begitu dahsyat sehingga dinubuatkan dan diperingati berulang-ulang kali supaya orang-orang beriman sadar, mengerti, dan jangan hal ini diremehkan. Tuhan memberi nubuatan, nasehat dan peringatan begitu banyak, istimewa dalam kitab nabi Yesaya ini, Tuhan selalu bisa berkata, sudah kukatakan kepadamu lebih dahulu! Keadaan akhir zaman, lebih-lebih pada saat-saat penamatan, ini menjadi suatu saringan bagi Gereja dan umat Tuhan. Betul-betul orang Kristen akan disaring, bahkan lebih ketat sehingga hanya sebagian yang lolos, sebab saringannya ketat, sehingga yang imannya besar-besar saja yang bisa bertahan, yang ukuran sedang atau kecil habis semua, gugur. 1Timotius 4:1, 2Tesalonika 2:3.

LIHATLAH, ORANG-ORANGMU YANG GAGAH BERANI AKAN MENANGIS SEDIH DI LUAR.

Ini orang-orang gagah berani, seharusnya mereka ada di dalam dan dipermuliakan, sebab mereka pahlawan-pahlawan rohani. Tetapi ternyata mereka tidak lulus saringan akhir zaman, sehingga ditolak dan menangis dengan sedih di luar, seperti 5 gadis yang bodoh Matius 25:10-13 itu betul-betul mengejutkan bagi orang itu sendiri dan bagi orang banyak. Ini orang-orang yang gagah, hebat, besar, berani, tetapi ditolak seperti dalam Matius 7:23. Sesudah pengangkatan akan ternyata siapa yang ditolak. Akan ada orang-orang besar dalam Gereja, mungkin terkenal di seluruh dunia tetapi tertinggal. Berapa persen dari anggota-anggota setiap Gereja yang tertinggal juga pendeta dan tokoh-tokohnya semua akan tampak dengan jelas waktu itu. Orang-orang akan terkejut sebab mereka sama-sama tertinggal, padahal orang-orang atau pahlawan-pahlawan ini seharusnya ikut pengangkatan.
Mengapa mereka ditolak? Sebab ternyata kegagahan dan keberaniannya itu palsu atau tidak benar, ternyata mereka tidak memperkenankan Tuhan, tidak ada kesucian bahkan keji sehingga ditolak Tuhan. 1Samuel 16:7. Ada banyak orang-orang yang tampaknya besar, gagah dari luar, tetapi sebetulnya ditolak Tuhan sebab cacat, sebab tidak taat akan Firman Tuhan, hidup dengan banyak dosa yang tersembunyi. Kita harus hidup benar, tulus, suci di hadapan Tuhan, jangan hanya besar di hadapan manusia. Sebagian diam-diam penuh dengan percintaan uang, semua dikerjakan karena uang. Sebagian rusak hidup nikahnya sehingga tokoh-tokoh global ini tahu-tahu minta cerai. Sebaliknya ada orang yang tampaknya tidak bisa berbuat banyak, tetapi hidupnya indah di hadapan Tuhan seperti cincin emas dan ia terangkat. Tetapi cowek dan uleg-uleg yang hanya fungsinya besar sebab dapat talenta dan karunia dari Tuhan, sehingga kemampuannya besar dan terkenal, tetapi hidupnya tidak taat akan Firman Tuhan, bahkan menghina Firman Tuhan. Ia akan tertinggal di luar dan menangis sedih! Matius 25:10-13.

UTUSAN-UTUSAN UNTUK PERDAMAIAN AKAN MERATAP DENGAN PAHIT.

Ini orang yang besar jasanya, mendamaikan orang, baik dengan Allah dan sesamanya, sudah banyak memenangkan jiwa, tetapi ditolak Tuhan. Mengapa? Sama saja, hidupnya tidak sesuai Firman Tuhan, diam-diam penuh dengan dosa dan menurut daging dan kehendak sendiri. Mereka meratap dengan pahit sebab tertolak, lebih-lebih sesudah tertinggal dalam pengangkatan, sungguh pahit tangisannya. Mengapa semuanya ini terjadi? Sebab diam-diam hidup dalam dosa. Sebetulnya ini sudah bisa dilihat lebih dahulu beberapa tahun sebelum pengangkatan. Mereka tidak lolos dalam saringan akhir zaman.
Pada waktu Tuhan hendak menamatkan rencanaNya, maka Gereja akan disempurnakan. Dalam Hujan awal Gereja ditumbuhkan dari biji menjadi kecambah dst. Dalam Hujan akhir Gereja akan disempurnakan seperti gandum yang berbuah-buah.
Begitu juga Gereja. Untuk menjadi sempurna, kita harus terus meningkat lebih tinggi dan tingkat yang lebih tinggi berarti ujiannya lebih berat. Sebab itu Tuhan membiarkan dosa terus meningkat sampai puncak-puncaknya. Lihatlah di sekitar kita, dosa merajalela dan tumbuh luar biasa. Tetapi ingat juga kesucian meningkat oleh Hujan akhir, oleh kelimpahan Firman Tuhan (2 gomer) dan persekutuan dalam tubuh Kristus yang suci Yohanes 17:23.  Orang-orang beriman harus bisa tahan dan lulus dalam dosa dan kejahatan yang meningkat tinggi, sebab ini menjadi ujian bagi umat Tuhan yang meningkat. Orang yang tidak mau bersedia sekarang akan mengalami kesulitan dalam masa yang amat sulit ini dan semua harus mengalami masa-masa (atau ujian) yang sangat sulit ini. Dalam zaman dahulu ujian akhir hanya untuk orang-orang yang sudah mencapai taraf rohani yang tinggi seperti Abraham, Ayub, Yusuf, Daniel dll, tetapi pada akhir zaman ini semua akan masuk dalam zaman ujian. 1Petrus 4:17. Mereka yang tidak mau bersedia sekarang, pasti akan gugur Matius 24:42. Tetapi yang mau bersedia sungguh-sungguh akan diperlengkapi Allah dengan fasilitas-fasilitas rohani yang limpah. Tuhan mengirim Hujan akhir yang luar biasa, pembukaan Firman Tuhan yang penuh dan pekerjaan 3 Pribadi Allah meningkat penuh, sehingga persekutuan tubuh kristus menjadi begitu indah sehingga bisa tahan dalam masa ujian yang berat. Sebab itu kita harus bersedia sekarang Matius 24:42. Kalau tetap tinggal jadi sekam akan terpisah dari gandum Matius 3:12. Kalau tidak mau penuh dan dipimpin Roh seperti ligabis (Lima Gadis Bijaksana), maka dengan kekuatan sendiri, orang itu akan terseret arus banjir dosa akhir zaman yang hebat dan ia akan jatuh seperti yang sudah dinubuatkan dalam Yehezkiel 9:6-8. Biarpun sudah jadi orang besar tetapi hidupnya tidak ada meterai Allah Roma 8:9, Efesus 4:30 akan jatuh, bahkan mati dalam rumah Allah. Dosa akan masuk dalam Gereja dan orang-orang yang tidak bersedia, hidup dalam dosa akan mati dalam pelayanan seperti Nadab Abihu, Korak dkk. Tanpa Roh Kudus orang mudah dikalahkan daging dan dunia ini sehingga meskipun menjadi orang-orang besar seperti yang diceritakan disini, tetapi sebetulnya rapuh. Waktu kena pencobaan akhir zaman yang dahsyat, berguguran, sebab semua harus masuk masa hukuman rumah Allah 1Petrus 4:17.
Hukum dalam Gereja akhir zaman menjadi makin keras 2Korintus 10:6 dan siapa yang tidak biasa hidup suci, apalagi yang selalu minum anggur lama tidak akan sanggup mentaatinya dan gugur. Misalnya Ananias dan Safira yang biasa bohong dengan mulutnya mereka jatuh dalam ujian hujan awal, apalagi dalam hujan akhir. Orang-orang yang tidak setia itu akan terpisah dari yang setia 1Korintus 11:19. Yang tidak bersedia dari yang bersedia seperti sekam dari gandum. Matius 3:12. Bahkan mereka akan keluar dari kita dan ikut bergabung dengan orang-orang yang sama-sama suka hidup dalam dosa yang akhirnya menjadi golongan antikris 1Yohanes 2:19.. Sebab itu bersedialah mulai sekarang, jangan sampai seperti orang-orang ini, akhirnya menyesal, menangis pahit dan ditinggal di luar.
 

YESAYA 33:8. KERUSAKAN DIMANA-MANA.

JALAN RAYA MENJADI RUSAK, ORANG-ORANG PERJALANAN BERHENTI.

Perjalanan berhenti, perkembangan berhenti, meskipun dari luar tampaknya seperti biasa. Gereja Sardis tampaknya makin maju dan berkembang tetapi Tuhan mengatakan ini Gereja yang mati, berbau busuk kematian akibat dosa. Begitu Gereja-gereja jalan lebar lainnya, sebab hanyut oleh dosa akhir zaman yang meningkat dahsyat. Kalau tidak berjalan dengan Tuhan, dalam Ruangan Suci, dan bersekutu bersama-sama dalam tubuh Kristus, tidak bisa tahan menghadapi dunia akhir zaman. Orang yang berdiri sendiri, sekalipun orang pilihan akan jatuh dalam masa kesukaran akhir zaman Matius 24:22. Orang-orang beriman yang bersaingan, iri, saling sikut, tidak mau bersatu, semuanya akan jatuh dalam dosa akhir zaman. Kalau mau bersatu seperti Allah baru bisa tahan dan bisa menjadi sempurna Yohanes 17:23. Semua perjalanan rohani macet semua. Hanya luarnya besar tetapi sia-sia sebab bertumbuh dalam dosa dan ketinggalan dalam pengangkatan.

IA MEMECAHKAN PERJANJIAN, IA MENGHINAKAN KOTA-KOTA DAN TIDAK MEMPEDULIKAN SEORANGPUN.

Siapa orang ini? Inilah Antikris dengan pengikut2nya yang dahsyat dan menakutkan orang-orang yang tidak punya iman, tidak punya Tuhan, hidupnya penuh tipu daya, lihai tetapi berhasil merebut kuasa. Ia biasa suka ingkar janji dan memecahkan perjanjian dengan segala macam alasan yang baik apalagi perjanjian Allah, dengan cara halus atau yang kasar dan jahat. Antikris sudah merajalela dalam dunia; mereka yang tidak berjalan dengan Allah akan mudah ditipu dan ditaklukkan oleh Antikris sebab orang yang tidak ikut dalam rencana Allah, dalam kelimpahan hujan akhir dan Firman Tuhan, akan hanyut dalam dosa dan dikuasai Antikris. Antikris berdiri di dalam bait Allah 2Tesalonika 2:4. Semua yang masuk dalam perkara-perkara iblis yang dalam, menyembah setan melawan Firman Tuhan, hidup cara dunia seperti dalam Gereja-gereja jalan lebar, sudah satu jalan dengan Antikris yang memang juga berdiri dan bekerja dalam Gereja-gereja yang memberi tempat kepadanya (yaitu Gereja-gereja dan pemimpin-pemimpin di jalan lebar). Dalam Minggu ke-70 Daniel, ia sudah menguasai semuanya sebab itu ia tidak mempedulikan seorangpun, yaitu semua yang di luar Gereja Tuhan. Semua yang hidup dalam dosa, cocok dan bersukacita mengikutinya 1Korintus 11:19, 1Yohanes 2:19, sebab hatinya cocok, seperti Lot diajak masuk dalam Sodom Gomora, itu sesuai dengan keinginan hatinya, sebab itu mereka malah mendukung orang-orang hebat ini yang tidak lain adalah Antikris. Sebab itu Antikris menguasai semuanya, tidak mempedulikan siapapun, juga semua kota-kota di Israel, semua perhimpunan orang-orang beriman yang tidak di jalan sempit, yang hidup dalam dosa sekalipun Kristen dan Gereja, semua dikuasai dan ikut dengan dia kecuali orang yang hidup di dalam Kristus.
 

YESAYA 33:9. BUMI, LEBANON, SARON, BASHAN DAN KARMEL RUSAK SEMUA.

BUMI MERATAP DAN MELEMAH.

Sama seperti dalam Yesaya 24:4, juga disini bumi meratap dan menjadi lemah sebab dosa meningkat, menguasai seluruh dunia. Hidup dalam dosa itu lemah dan dikuasai Antikris, sebab itu hidupnya pahit dan tiada sejahtera Roma 3:17. Dosa makin mengikat dan menguasainya. Biasanya orang2 ini tidak sadar, bahkan mereka bersukacita dalam kesukaan dosa, mereka merasa beribadah sungguh-sungguh (Yohanes 16:2), tahu-tahu ketinggalan dan dibinasakan Allah pada akhir zaman Antikris atau dibinasakan oleh Antikris sendiri.

LIBANON MENJADI MALU DAN DITEBANG.

Libanon termasuk dalam negeri perjanjian umat Tuhan, dan itu akhirnya dicapai waktu Daud dan Salomo Ulangan 1:7; 3:25; 11:24, Yusak 1:4. Disini Salomo mendapatkan kayu Arasy untuk bait Allah 1Raja 5:6,9, juga istananya ada di Libanon 1Raja 9:17; 10:17,21. Tetapi suara Tuhan bisa menjatuhkan arasy di Libanon Mazmur 29:5 kalau mereka tidak lagi hidup dalam kesuciannya. Semuanya keindahan Libanon hancur dan lenyap sebab dosa, bahkan dosa dan dunia sudah masuk dalam umat Tuhan.

SARON MENJADI SEPERTI PADANG GURUN.

Yesaya 35:2 seperti bunga mawar ia akan berbunga lebat, akan bersorak-sorak, ya bersorak-sorak dan bersorak-sorai. Kemuliaan Libanon akan diberikan kepadanya, semarak Karmel dan Saron; mereka itu akan melihat kemuliaan TUHAN, semarak Allah kita.
Terkenal karena kesuburan dan bunga-bunganya yang indah Yesaya 35:2, Kidung 2:1. Gereja-gereja yang dahulunya indah, bahkan meskipun sesudah merosot (seperti Gereja-gereja jalan lebar), masih ada sisa-sisa keindahan dari setiap Gereja yang undur di hadapan Tuhan dan Tuhan masih melawat mereka (bukan sebab keindahan-keindahan ini tetapi sebab kasihNya 2Petrus 3:9). Sebab sekalipun ada indahnya, tetapi dosa menariknya ke Neraka Wahyu 21:27. Niniwe yang jahat, Tuhan juga melawatnya sampai Yunus dihajar Tuhan habis2an sebab tidak mau, ke Niniwe, meskipun Niniwe tidak mempunyai keindahan apapun. Gereja-gereja akhir zaman yang rusak dilawat Tuhan karena kasihNya, Ia masih mengharapkan mereka bertobat dan diselamatkan.Tetapi sekarang semuanya lenyap, jadi rusak penuh, menjadi seperti padang gurun hanya perkara-perkara kejahatan yang ada di dalamnya, seperti Neraka, lebih-lebih dalam zaman Antikris.
 

BASHAN DAN KARMEL MELURUHKAN BUAHNYA.

Terkenal dengan pohon dan bunga-bunganya, ternaknya Yesaya 2:13, Yesaya 35:2.
Di dalam zaman Antikris (sesudah pengangkatan) semua sisa-sisa keindahan dalam semua Gereja (yang tertinggal), semuanya habis, tidak ada sisanya.
Sebaliknya Gereja yang mengalami zaman keemasan dalam 3,5 tahun I itu begitu indah seperti Surga di dunia, penuh dengan pekerjaan dan kemuliaan ke-3 Pribadi Allah (diceritakan dalam ayat berikut) tetapi dalam zaman Antikris, dalam 3,5 tahun II, seluruh bumi dan dunia ini sudah habis dari segala perkara yang indah dari Tuhan, semua lenyap, habis dan keadaannya sama seperti Neraka, betul-betul neraka di dunia, begitu rusak dan keji. Bumi lemah dan semua keindahan Libanon, Saron, Bashan dan Karmel rusak dan lenyap, hanya tersisa perkara-perkara yang jahat dan keji dalam dosa dari pemerintahan Antikris.Sebab itu sekarang ini jangan kita hidup sembarangan, tetapi harus sungguh-sungguh bertobat, hidup suci, berkenan pada Tuhan danbersedia, supaya tidak masuk dalam neraka di dunia ini lalu masuk ke dalam nereka kekal yang sepenuh-penuhnya jahat dan keji untuk selamanya.
 

YESAYA 33:10. KETIGA PRIBADI ALLAH BANGKIT.

SEKARANG AKU AKAN BANGKIT KATA TUHAN, SEKARANG AKU AKAN DITINGGIKAN, SEKARANG AKU AKAN MENGANGKAT DIRIKU SENDIRI.

Allah itu kasih, tidak heran tiga Pribadi Allah seringkali muncul bersama-sama, baik dalam bekerja, baik dalam kesukaan dan kemuliaan. Misalnya dalam menumbuhkan dan menggarap Gereja 1Korintus 12:4-6, dalam kelahiran baru Matius 28:19, juga waktu baptisan Putra manusia Yesus Matius 3:16-17, dalam Wahyu 1:4-5; 12:1 dll.
Juga disini Allah bangkit, itu dikatakan tiga kali, sebab ketigaNya bangkit bersama-sama menyelesaikan rencana Allah yang dibuat bersama, mulai dari Kej 1 dan sekarang pada akhirnya ditamatkan bersama.
Mengapa harus dikerjakan ketiganya? Bukan berarti satu Pribadi Allah tidak cukup, atau kurang kuat, tidak. Satu Pribadi Allah sudah lebih dari cukup, tetapi sebab kasih, mereka selalu bersama-sama, dari permulaan, penciptaan dunia sampai penamatannya.
Sebab itu disini Mereka bekerjasama dalam Gereja akhir zaman dengan sepenuh-penuhnya Wahyu 12:1. Mereka bangkit dan Masing-masing mengambil sebagian pekerjaan ini dan menyelesaikannya bersama-sama. Luar biasa, ada perkara yang sangat besar terjadi, sebab itu Gereja akhir zaman sebelum pengangkatan itu begitu penuh dengan kemuliaan Allah sehingga rasanya seperti Surga pindah ke bumi, tinggal diantara orang-orang yang diperkenanNya Lukas 2:14, yaitu Gereja Hujan akhir, Gereja akhir zaman yang sangat memperkenankan Tuhan. Jadi dalam bagian terakhir ini, waktu Gereja disucikan dalam hujan akhir dan Firman Tuhan yang limpah, 2 gomer Matius 10:27, maka Surga turun dalam dunia dalam GerejaNya yang diperkenanNya. Begitu indah, heran dan mulia. Kalau Tuhan bangkit, ada di tengah-tengah GerejaNya, Gereja akan mengalami kemenangan yang besar, sama sekali tidak bisa dikalahkan Antikris dll, tetapi penuh kemenangan, mulia, luar biasa!
Dia bangkit mengangkat diriNya yang memang paling besar dan paling mulia di antara semuanya dan ditinggikan di atas segala-galanya.
 

YESAYA 33:11. MERANG DAN JERAMI DIBAKAR HABIS.

KAMU AKAN MENGANDUNG MERANG, ENGKAU AKAN MELAHIRKAN JERAMI (DAN) NAFASMU SEPERTI API, AKAN MENGHABISKAN KAMU.

Gereja dibersihkan, disucikan, dimurnikan, sehingga semua yang seperti merang dan jerami akan dibakar habis.
Ini orang-orang yang mengandung merang, bukan Firman Tuhan yang ditaruh dalam hatinya, hanya perkara-perkara dari manusia dan dunia, segala falsafah dan ajaran manusia, segala kesukaan dan kemuliaan manusia, ini akan habis, tidak tahan di hadapan Tuhan juga tidak tahanmenghadapi pekerjaan setan yang limpah dalam dunia, mereka dikalahkan, dikuasai dan dirasuk sampai dosanya meningkat sampai puncak-puncaknya, sekalipun masih tinggal dalam Gereja, seperti Gereja-gereja jalan lebar dalam Wahyu 3,4.
Orang-orang ini akan melahirkan jerami, tidak ada artinya. Ia tidak melahirkan jiwa-jiwa, tetapi semua yang dihasilkan itu fana dan sia-sia. Kalau toh memenangkan jiwa, jiwa-jiwa itu menjadi isi neraka dua kali ganda Matius 23:15.
Mereka binasa oleh api yang keluar dari mulutnya sendiri, baik kata-kata yang jahat, janji, kesaksian, amarah dll, semua ini mengalir keluar dari hatinya yang penuh dengan dosa dan perkara-perkara fana yang sia-sia. Dalam hatinya tidak ada Firman Tuhan, tidak ada minyak dan pekerjaan Roh Kudus, tidak ada kesucian dan hal-hal yang indah-indah dari Atas, hanya dosa, kekejian dan semua yang fana dan sia-sia. Banyak perkara ada di dalam hidupnya, tetapi semua sia-sia, bahkan di hadapan Tuhan seperti bangkai, bau busuk, seperti Sardis yang mati (bangkai di hadapan Allah) tetapi mereka mempunyai nama dan terkenal.
Mereka binasa sendiri karena dosa-dosanya, bukan karena Allah jahat dan kejam, tetapi dosa dan kejahatannya menyiksa dan membinasakan mereka; sebab sekalipun mereka orang beriman, tetapi hidup melawan Allah dan bersekutu dengan iblis.
 

YESAYA 33:12. SEPERTI KAPUR DAN DURI YANG DIBAKAR HABIS.

DAN ORANG-ORANG AKAN MENJADI SEPERTI PEMBAKARAN KAPUR, SEPERTI DURI YANG DIPOTONG, MEREKA AKAN DIBAKAR DALAM API.

Membakar tulang-tulang manusia sampai menjadi kapur (abu kapur) adalah kejahatan yang keji. Amos 2:1. Ini orang-orang yang tidak punya pengharapan dalam kebangkitan orang mati, bahkan menghinanya dan menghancurkannya dengan membakarnya sampai menjadi abu kapur. Orang yang mempunyai pengharapan dalam kebangkitan orang mati Pilipi 3:11, Yohanes 5:29 akan menguburkan orang-orangnya yang mati, tidak membakarnya, karena berharap “benih” yang ditanam ini 1Korintus 15:37 satu kali akan bangkit. Orang yang mempunyai pengharapan ini akan menyucikan dirinya 1Yohanes 3:2-3. Tetapi orang-orang yang hidup dalam dosa dan daging ini tidak mempunyai pengharapan dalam kebangkitan orang mati, menjadi seperti pembakaran kapur dan seperti pohon duri sesudah dipotong, tidak disayangkan, tetapi dibakar habis dengan api. Baik duri-duri yang sudah dipotong dan yang masih hidup itu semua tidak ada gunanya.
Orang yang hidupnya menjadi duri atau menghasilkan duri, akan dibakar habis, tidak disayang-sayang sebab tidak ada harganya. Orang-orang yang menjadi duri ini membawa orang dalam dosa dan penderitaan, seperti kena duri. Begitu orang-orang yang tidak ada harganya dan tidak berarti di hadapan Allah, meskipun secara dunia mereka berharga seperti orang kaya di dekat Lazarus ini orang besar, tetapi sesudah mati sama sekali tidak ada harganya.
 

YESAYA 33:13. JANGAN MENYIA-NYIAKAN KESEMPATAN.

ENGKAU YANG ADA DI JAUH, DENGARLAH APA YANG KULAKUKAN DAN ENGKAU YANG DEKAT, AKUILAH KUASAKU.

Perjanjian Tuhan itu bukan hanya bagi orang dekat, juga bagi orang-orang yang jauh-jauh Kisah 2:39. Semua orang-orang jauh tetapi sudah mendengar apa yang dilakukan Tuhan. Kalau mau percaya, Tuhan akan memberi keselamatan dan kemuliaan yang kekal. Semua diberi kesempatan, asal mau, lebih-lebih pada akhir zaman, Injil akan sampai ke seluruh dunia Matius 24:14 dan yang mau memakai kesempatan ini, bertobat dan taati akan Firman Tuhan dan penuh Roh Kudus akan masuk dalam kemuliaan yang besar seperti yang disebut dalam ayat 15 dst.
Biarpun orang dekat seperti Yudas, kalau tidak mau bertobat akan celaka kekal. Akuilah kuasa Allah, percayalah, pasti bisa berubah, pasti bisa tertolong sekalipun dalam keadaan sulit apapun.
 

YESAYA 33:14. ORANG BERDOSA DAN MUNAFIK DI SION TERKEJUT DAN KETAKUTAN.

ORANG-ORANG BERDOSA DARI SION KETAKUTAN, ORANG-ORANG MUNAFIK TERKEJUT PENUH KETAKUTAN.

Meskipun tinggal di Sion, orang besar tetapi munafik dan berdosa, semua akan ketakutan melihat kuasa Allah bekerja penuh dalam Gereja akhir zaman. Kalau tidak bertobat, mereka akan lari dari Tuhan sekalipun sudah di Sion Kisah 5:13. Harus hidup benar di hadapan Tuhan dan taat melakukan kehendakNya. Jangan lupa akan ada ujian dan pemurnian, yang akan mengakibatkan terjadinya perceraian yang dahsyat, bersedialah!
 

SIAPA DIANTARA KITA YANG MAU TINGGAL DENGAN API YANG MENGHANGUSKAN? SIAPA DIANTARA KITA MAU TINGGAL BAGI PEMBAKARAN YANG KEKAL?

Orang yang waras tidak mau tinggal dengan api yang menghanguskan dalam zaman Antikris, juga tidak mau tinggal bagi pembakaran yang kekal dalam neraka dan Tasik api. Tetapi jangan hanya mengetahui, melainkan bertobat dan bertindaklah. Seringkali orang-orang ini dibutakan mata hatinya sehingga tidak sadar, tidak tahu, dikira masuk Surga tetapi ternyata masuk api neraka di dunia dan kemudian di tasik api.
Pakai kesempatan sekarang ini untuk memilih suatu nasib yang kekal yang baik atau yang celaka! Sekarang ini kesempatan emas untuk bisa masuk Surga di bumi dan Surga Bumi Baru yang kekal selama-lamanya, jangan sampai masuk neraka di dunia lalu masuk ke neraka kekal selama-lamanya.
Bersedialah, jangan main-main. Jangan hanya sukacita dengan penilaian manusia dari luar, tetapi berkenanlah pada Tuhan sampai dalam hati. Ini suatu hidup yang indah, hidup seperti di Surga di bumi ini di tengah-tengah penderitaan, dosa dan kejahatan, tetapi tetap sejahtera, sukacita dari Tuhan dan akan diteruskan masuk dalam Surga kekal yang tidak ada air mata lagi. Pikir baik-baik dan jangan mabuk atau tertipu oleh iblis seperti Hawa!
 
Nyanyian:
Di dalam dunia, ada dua jalan,
lebar dan sempit, mana kau pilih.