YS142 – Yesaya 32:15-20 Hujan Roh dari Atas (2Jan’13)

Download MP3 Khotbah: YS142

YESAYA 32:15  PADANG GURUN MENJADI LADANG BUAH-BUAHAN

Sampai Roh itu akan dicurahkan atas kita dari dalam ketinggian, maka padang gurun akan menjadi ladang yang berbuah-buah dan ladang yang berbuah-buah akan dihitung seperti hutan.

Ini adalah nubuatan tentang Hujan Roh yang dicurahkan atas umatNya. Biasanya dalam Wasiat Lama Roh Kudus hanya turun atas orang-orang secara pribadi satu per satu. Misalnya Daud, Simson, Saul dll. Tetapi ini hujan Roh, limpah, dicurahkan atas orang banyak. Ini adalah nubuatan tentang pencurahan Roh Kudus yang digenapkan dalam Hujan awal pada hari Pentakosta dan Hujan akhir pada akhir zaman sebelum pengangkatan.
Mengapa dahulu hanya satu per satu yang penuh Roh Kudus, tetapi sekarang limpah? Mengapa ada perbedaan ini? Sebab Roh Kudus tidak bisa tinggal terus menerus di dalam umat Tuhan dalam Wasiat Lama, sebab belum ada penebusan dengan darah Yesus, baru dengan darah binatang, itu hanya menudungi dosa, tidak bisa menghapus dosa Ibrani 10:4. Sesudah manusia ditebus, bisa lahir baru maka Roh Kudus baru bisa turun dan tinggal di dalam manusia Yohanes 14:16-17.  Pada waktu ini setiap orang bisa diubah menjadi orang yang indah-indah, seperti Kristus (dalam Wasiat Lama sulit, hanya beberapa orang saja yang bisa menjadi nabi, imam, raja yang di atasnya Roh Kudus bisa hinggap dan pergi seperti pada Simson). Sekarang setiap orang percaya bisa menjadi indah dan luar biasa dengan pertolongan Roh Kudus, asal mau selalu penuh dan dipimpin Roh dalam kesucian melakukan kehendak Tuhan saja.
Hasil kepenuhan Roh Kudus, setiap orang bisa menjadi Imam dan masuk dalam Ruangan Suci sertamelayani disini dan menjadi raja-raja di hadapan Tuhan. Sebab itu orang-orang percaya yang penuh dengan Roh Kudus itu bisa menjadi imam-imam dan raja-raja di hadapan Tuhan Wahyu 1:6, 1Petrus 2:9.  Luar biasa, semua yang sudah penuh Roh Kudus bisa menjadi raja dan imam di hadapan Tuhan. Ini suatu posisi yang luar biasa. Raja-raja limpah dengan kuasa dan imam-imam limpah dengan pelayanan dalam kesucian sehingga berbuah-buah lebat bagi Tuhan.
 

MAKA PADANG GURUN AKAN MENJADI LADANG YANG BERBUAH-BUAH.

Dahulu hanya 1 atau 2 orang bisa berbuah-buah dari Roh Kudus, sebagai Raja dan Imam. Tetapi sekarang setiap orang, siapa saja yang penuh dan dipimpin Roh, bisa hidup berkemenangan sebagai raja atas dunia, iblis, daging dan dosa. Dahulu hanya pahlawan dan orang-orang tertentu seperti Simson yang bisa hidup berkemenangan dengan luar biasa, lebih dari orang biasa. Tetapi sekarang setiap orang beriman yang dipimpin Roh bisa hidup berkemenangan atas segala pencobaan, godaan, kesukaran dll. Ada kuasa Allah yang menyertai raja-raja yang diangkat Tuhan Kisah 1:8. Sebab itu kalau kita banyak berdoa dalam Roh dan kebenaran, kita diisi dengan kuasa dari Atas, dari Allah Lukas 24:49. Limpahlah dengan doa senantiasa dalam Roh dan kebenaran 1Tesalonika 5:17.  Juga Roh Kudus mengurapi kita sebagai imam-imam di hadapan Tuhan untuk melayani jiwa-jiwa. Roh Kudus yang memberi karunia-karunia, buah dan pimpinan untuk bisa melayani dengan betul sehingga menghasilkan banyak buah-buah. Ada kegerakan Roh Kudus dalam pelayanan orang-orang yang penuh dan dipimpin Roh. Kalau Roh Kudus bekerja, hati jiwa-jiwa yang dilayani akan dijamah oleh Roh Kudus seperti tanah kering yang dihujani sehingga menjadi subur dan benih yang ditanam bisa tumbuh. Itu sebabnya tanah yang biasanya hanya menghasilkan hutan yang liar, yang tiada berbuah, tetapi dengan hujan Roh berubah menjadi tanah yang subur, menjadi ladang yang berbuah-buah. Pekerjaan Roh Kudus yang membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Hutan yang tidak ada buahnya menjadi ladang buah-buahan. Ini karena Roh Kudus, sebab itu Roh Kudus dan Firman Tuhan harus menjadi tiang-tiang dan pokok utama dari Gereja, bukan perkara-perkara yang lain. Banyak orang mencari hal-hal lain untuk menjadi tiang-tiang dari Gereja, tetapi yang sungguh-sungguh harus menjadi tiang dari Gereja adalah Roh Kudus dan Firman Tuhan, tanpa ini Gereja tidak bisa hidup dan berkembang, kecuali Gereja jalan lebar.
Sebab itu Petrus berkata bahwa ia tidak akan meninggalkan doa (sehingga penuh dengan Roh Kudus) dan Firman Tuhan Kisah 6:4. Gereja yang betul, tidak akan meninggalkan dua hal ini, yang diutus oleh Allah dan tidak bisa digantikan yang lain atau ditinggalkan Mazmur 43:3.  Sebab itu setiap orang beriman (apalagi pelayan Tuhan) harus penuh dengan Roh Kudus dan dipimpin Roh dan limpah kebenaran Firman Tuhan.

DAN LADANG YANG BER-BUAH-BUAH AKAN DIHITUNG SEPERTI HUTAN.

Ini perbandingan Wasiat Lama dan Wasiat Baru, dan perbandingan antara orang-orang yang percaya tanpa Roh Kudus dan dengan Roh Kudus. Tanpa Roh Kudus, hasilnya hanya hutan, tumbuhan-tumbuhan liar tumbuh merajalela. Tetapi kalau ada Roh Kudus, maka timbul ladang yang penuh dengan pohon buah-buah yang berbuah-buah. Pohon-pohon liar bisa diganti pohon buah-buah yang berguna. Orang yang biasanya penuh tabiat daging yang liar, yang tidak bisa dikalahkan, sehingga dengan kuasa Roh Kudus bisa menolak kehendak daging, bahkan mematikannya Galatia 5:17  dan hidup menurut Roh, ini pohon buah dan akan berbuah-buah. Ini kelebihannya kalau seorang penuh dan dipimpin Roh. Orang-orang yang dengan kekuatannya sendiri bisa berhasil hanya 1 atau 2 orang,  yang bisa menghasilkan pohon yang berbuah-buah seperti kehendak Tuhan. Tetapi setiap orang itu penuh dan dipimpin Roh akan menumbuhkan pohon-pohon buah yang berbuah-buah lebat, betul-betul cocok dengan hati Tuhan. Wasiat Lama menghasilkan Daud dan sedikit orang, tetapi Wasiat Baru menghasilkan begitu banyak orang, bahkan orang-orang biasa, orang-orang kecil dan siapa saja, No name (yang tidak dikenal) yang berbuah-buah lebat. Semua yang penuh dan dipimpin Roh bisa melakukan perkara-perkara yang besar dalam pimpinan Roh Mazmur 60:14. Begitu dalam hidup, keluarga dan Gereja kita. Kalau kita mau dibaptis Roh dan dipimpin Roh, dan tidak hidup menurut kehendak kita sendiri, maka hidup, pelayanan, Gereja kita akan menjadi ladang yang berbuah-buah. Hidup yang menyangkal Tuhan dan penuh kelemahan seperti murid-murid dan Petrus berubah menjadi hidup yang indah, dengan tabiat baru dan menghasilkan banyak jiwa-jiwa bagi Tuhan, buah-buah yang berkenan pada Allah dalam kesucian dan ketaatan.
Berdoa dalam Roh dan kebenaran yang limpah dan belajar Firman Tuhan, maka akan ada kegerakan Roh dan kegerakan Firman Tuhan seperti yang dijanjikan Tuhan pada akhir zaman ini dan dengan ini Gereja bukan saja berbuah-buah lebat tetapi juga tumbuh dengan cepat kepada kesempurnaan sesuai rencana Allah menjadi seperti Kristus.

YESAYA 32:16   KEADILAN DAN KEBENARAN ADA DI LADANG-LADANG BUAH

LALU KEADILAN AKAN DIAM DI PADANG GURUN.

Luar biasa. Padang gurun yang dihujani Roh Kudus akan menjadi ladang yang berbuah-buah dan keadilan akan diam disana. Bukan dosa, kejahatan, ketidakadilan, kekejian dll, semuanya lenyap diganti dengan keadilan. Dimana Roh Kudus bekerja makin kuat,  juga dosa akan dibersihkan dan keadaannya akan menjadi adil sebab ada di hadapan Tuhan.  Sebab itu hukum juga menjadi keras 2Korintus 10:6,  setiap salah akan disalahkan dan dihukum. Ananias dan Safira memberi banyak uang, biasanya salah sedikit-sedikit akan dibiarkan atau diampuni sebab ini orang kaya dan persembahannya besar, itu biasa diantara manusia. Tetapi di hadapan Tuhan lain, sekalipun persembahan besar, ia mati seketika sebab berdusta pada Roh Kudus Kisah 5. Sebab itu kalau kita ingin berbuah-buah limpah, kita juga harus hidup dengan tertib dalam kesucian, tidak minta pengecualian sebab Tuhan menghendaki keadilan di tengah-tengah ladang yang berbuah-buah. Dari yang diberi banyak (hasil pekerjaan Roh Kudus yang limpah) juga dituntut lebih banyak Lukas 12:48,  ini berarti kita harus sungguh-sungguh tertib dalam kesucian dan taat akan pimpinan Roh, Surga itu indah, sukacita, luar biasa, tetapi malaikat-malaikat  yang berdosa dihukum keras! 2Petrus 2:4. Pada waktu Israel tidak ada raja, tidak ada kebenaran, maka orang berbuat dosa seolah-olah tidak apa-apa, seolah-olah tidak ada akibatnya Hakim 21:25. Seperti orang kafir, tetapi akhirnya hukuman kekal tetap datang. (Dalam kesabaran Allah dosa juga dibiarkan untuk sementara, tetapi tetap akhirnya ada hukuman).
Sebab itu untuk mengharapkan pekerjaan Roh Kudus yang luar biasa, kita juga harus menyucikan diri kita baik-baik, supaya Roh Kudus bebas bekerja dalam hidup dan persekutuan tubuh Kristus yang mengharapkan banyak buah-buah.

DAN KEBENARAN TINGGAL DI LADANG-LADANG YANG BERBUAH-BUAH.

Firman Tuhan itu kebenaran mutlak! Keadilan, kesucian dalam ladang-ladang Roh Kudus itu selalu sesuai dengan Firman Tuhan yang adalah kebenaran Yohanes 17:17. Dimana ada pekerjaan Roh Kudus disitu ada lapar haus akan Firman Tuhan dan kekuatan untuk mentaatiNya. Sebab itu Firman Tuhan menjadi kesukaan dan kelimpahan dalam ladang-ladang yang berbuah-buah. Kalau ladang berbuah tetapi tidak ada Firman Tuhan, penuh dengan hal-hal yang melawan Firman Tuhan (kebenaran), biasanya itu buah-buah yang palsu, yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan. Waktu Yerobeam mendirikan kerajaan Israel, ia nampaknya berbuah-buah, sebab orang Israel mendukungnya dan taat pada kebijaksanaannya,  Kerajaannya menjadi besar dan makmur, tetapi disitu tidak ada Firman Tuhan sebab Firman Tuhan diputarbalikkan 2Petrus 3:16, begitu jahat melawan Allah. Ada berhala lembu emas dan Imamat yang mirip tetapi tidak sesuai dengan Firman Tuhan dan dosa-dosa lain. Ini juga bisa terjadi dengan ligabo, yang sebentar hidup dalam Roh tetapi juga kemudian dalam daging, sehingga tampaknya berkembang tetapi tidak ada kebenaran Firman Tuhan; perkara-perkara yang melawan Firman Tuhan tumbuh di dalamnya seperti dalam 4 type Gereja akhir zaman dalam Wahyu 2-3. Maju, berkembang, tidak kekurangan apa-apa seperti Laodikea tetapi tidak cocok dengan Firman Tuhan. Juga maju, punya nama, banyak pelayanannya dan tampaknya juga berbuah tetapi tidak ada kebenaran Firman Tuhan akhirnya Gereja Sardis menjadi mati, Tiatira penuh perkara-perkara yang najis dan Pergamus punya tahta iblis di tengah-tengahnya, sebab Firman Tuhan sudah tidak berdiam di tengah-tengahnya. Sebab itu kita harus penuh dengan Roh Kudus sehingga ada keadilan dan ada kebenaran Firman Tuhan yang ditegakkan dalam hidup dan pelayanan orang-orang yang penuh dan dipimpin Roh ini.

YESAYA 32:17   HASIL DARI KEBENARAN

DAN DARI PEKERJAAN KEBENARAN AKAN ADA SEJAHTERA.

Kalau kita taat menurut kebenaran Firman Tuhan (dengan pertolongan Roh Kudus) maka akan ada keadilan, kesucian dari Tuhan dan juga akan ada sejahtera dari Allah Pilipi 4:7. Kalau seorang hidup dalam dosa, sekalipun orang beriman, maka tidak akan ada sejahtera, tidak dikenalnya Roma 3:17. Hasil dari hidup yang dicocokkan dengan Firman Tuhan itu memperkenankan Allah sehingga sejahtera dari Allah tetap mengawali hatinya. Sejahtera ini tanda atau meteran yang peka, supaya kita bisa bekerja dengan bebas, cepat, tepat, tetapi tetap dalam sejahtera. Kalau gelisah, kacau, dukacita, bingung, hati tidak karuan dll, itu berarti hidup ini sudah keluar dari kebenaran Allah, harus berhenti dan periksa diri sambil berdoa terus dalam Roh Kebenaran. Jangan diteruskan, terangi dan cocokkan dengan Firman Tuhan. Kalau perasaan hatinya sudah rusak, meskipun berbuat dosa, tetap sejahtera dan masuk dalam perangkap iblis Amsal 14:16.

DAN PENGARUH DARI KEBENARAN ADALAH KETENANGAN DAN KEPASTIAN UNTUK SELAMA-LAMANYA.

Kalau kita terus berjalan dalam kebenaran, sesuai Firman Tuhan, maka kita akan tetap dalam kepastian selamat untuk selama-lamanya. Tidak sulit, sebab yang memimpin dan menjamin adalah Allah yang maha kuasa, maha tahu, maha besar. Ia yang memulai, ia sanggup meneruskan sampai ke akhir Pilipi 1:6 dan menyelesaikan sampai kesudahan atau kesempurnaannya Ibrani 7:25. Tergantung dari kita kalau mau taat, akan tetap dalam tangan Allah yang maha kuasa.

YESAYA 32:18   SEJAHTERA DARI ALLAH

Maka umat-Ku akan tinggal dalam tempat-tempat yang sejahtera.

Hidup selalu dalam sejahtera sekalipun dalam kekacauan atau tantangan-tantangan yang besar, sebab Allah kita yang memelihara kita adalah Allah yang maha kuasa. Bisa ada kesukaran tetapi kalau kita bereaksi dalam pimpinan Roh itu akan jadi kebaikan Roma 8:28  dan kita bisa tetap sejahtera dan selalu ada saldo sukacita Yohanes 16:22. Sejahtera Allah bukannya tanpa pergolakan atau peperangan, tetapi tetap sejahtera sebab kita berjalan dengan iman. Seharusnya Daud, Yusuf dll hidup gelisah karena pencobaan yang begitu dahsyat, tetapi dengan Tuhan mereka tetap sejahtera.

DAN DALAM TEMPAT TINGGAL YANG PASTI.

Ini selama di dunia, ini bisa berarti dalam:
1. 1Korintus 12:18. Kita sudah ditempatkan dalam tubuh Kristus, jangan pindah-pindah, nanti keluar dari rencana Allah. Juga suami isteri, keluarga jangan ditinggalkan, nanti rencana Allah akan batal dan dengan rencana sendiri akan menjadi mangsa iblis.
2. Talenta atau jabatan yang diberi oleh Tuhan seperti Roma 12:7-8, Efesus 4:11 dsb. Kalau itu dari Tuhan, jangan kuatir, Tuhan akan menjaga selama kita tetap mengerjakan pekerjaan yang diberikan oleh Tuhan. Jangan pindah dari talenta yang Tuhan beri. Jangan karena kurang terhormat, kurang dilihat dll lalu pindah, akan gagal dan jatuh dalam banyak dosa.
Jangan Nuh membuat kota, sebab Roh Tuhan memimpin untuk membuat bahtera. Yusuf tidak lari pulang ke Kanaan, sekalipun di Mesir keadaannya sulit, tetapi Yusuf tetap tinggal sesuai pimpinan Roh dan itu tempat yang pasti dan jadi keuntungannya.
3. Juga tempat-tempat sementara seperti rumah, pekerjaan, sikon dll, kalau Tuhan memimpin kita disitu, jangan takut, dengan Tuhan kita aman dan ada kepastian. Selalu berjalan dalam Roh dan tetap minta pimpinanNya.

DAN DALAM TEMPAT PERHENTIAN YANG TENANG.

Dalam Roh Kudus adalah tempat perhentian yang tenang Ibrani 4:10-11, Yesaya 28:12. Betapa indah kalau hidup dipimpin Roh, sebab bukan kita, tetapi Roh Kudus yang bekerja, yang berperang ganti kita dan kita tinggal taat menurut pimpinanNya, maka kita akan tetap dalam perhentian yang tenang. Jangan keluar dari perhentian sebab punya keinginan dan kekuatan sendiri, sebab punya kehendak dan tujuan sendiri. Tetapi kalau kita selalu cocok dalam pimpinan Tuhan kita ada dalam perhentian Roh dan itu indah dan berkemenangan, sebab Roh Kudus yang akan berperang ganti kita Zakharia 4:6

YESAYA 32:19   HUJAN ES DI HUTAN

Ketika hujan es turun di hutan, dan kotanya akan direndahkan, di tempat yang rendah.

Hujan es biasanya adalah tanda hukuman Keluaran 9:29 KJ. Kota Mesir hancur kena hujan es dan tanaman rusak. Kotanya direndahkan, semua rusak. Kalau orang-orang menolak pekerjaan Roh Kudus (sebab keras hati dalam dosa, tidak mau disucikan), maka hukuman dosa akan jatuh ke atasnya dan direndahkan dari hadapan Tuhan. Menolak pekerjaan Roh Kudus, lari seperti yang dibuat orang-orang yang tidak mau bertobat Kisah 5:13, maka iblis yang bekerja dan merusakkannya, hujan es akan datang (hukuman) sehingga hidup rendah dan hina di hadapan Tuhan, dibuang Tuhan dan tidak ikut dalam kegerakan Roh Kudus dan Firman. Hanya ada dua pilihan. Yang menolak Roh Kudus akan digarap iblis Wahyu 22:11 sehingga makin keji dan najis.

YESAYA 32:20   MENABUR DI TEPI,  BERBAHAGIA

BERBAHAGIALAH ENGKAU YANG MENABUR DI TEPI AIR.

Air menunjukkan tempat orang banyak Wahyu 17:15. Tuhan menghendaki orang-orang yang sudah mengalami hujan Roh, yang penuh dengan pengurapan dan Firman Tuhan, hidupnya begitu indah, senang dan mulia, tidak menikmatinya sendiri saja tetapi pergi menabur Mazmur 68:12. Tabur terus diantara orang-orang lain, supaya pekerjaan Roh Kudus yang indah itu menjadi berkat bagi banyak orang dan kita sendiri keberkatan. Hujan awal menumbuhkan Gereja, Hujan akhir mematangkan Gereja sampai sempurna. Semua yang dipakai Tuhan adalah orang-orang yang mengalami hujan Roh Kudus. Suatu tentara yang besar Yehezkiel 37:10, Yoel 2:11. Bergeraklah Kisah 1:8. Teruskan pada orang lain, lebih-lebih Hujan akhir untuk menyempurnakan Gereja.

YANG MENGUTUS KELUAR KAKI LEMBU DAN KELEDAINYA.

Kaki itu untuk berjalan. Lembu dan keledainya disuruh berjalan ke sana untuk menabur di tepi air. Lembu dan keledai menunjukkan harta dan segala yang ada padanya. Pakai semua yang sudah diberkati Tuhan untuk bergerak sebagai tentara Allah yang besar untuk memberitakan Firman Tuhan maka satu kali kita akan mendapat penuaiannya Pengkhotbah 11:1. Baik di dunia ini dan kita akan makin meningkat dalam pelayanan, apalagi di dalam Surga, ada penuaian dan pahala yang kekal.
 
Nyanyian: Tabernakel Glori No. 111.
O Roh Kudus dari Surga.
Masuk di hatiku.