YS139 – Yesaya 31:5-10 Tuhan yang Mempunyai Api dan Dapur Api (5Des’12)

Download MP3 Khotbah: YS139

YESAYA 31:5. SIKAP TUHAN TERHADAP YERUSALEM.

A. Seperti burung yang terbang, begitulah Tuhan bala tentara mempertahankan Yerusalem.
Yerusalem = ibu kota Israel, bayangan dari umat Tuhan. Tuhan digambarkan seperti burung yang terbang, maksudnya Ia bisa datang dengan segera untuk menolong umatNya, tidak ada halangan bagi Tuhan untuk terbang dan mempertahankan atau menjaga Yerusalem. Tidak ada kesukaran sama sekali bagi Allah untuk mempertahankan Yerusalem atau umatNya. Bagi kita yang penting adalah hidup berkenan pada Tuhan, tinggal dalam kesucian dan melakukan kehendakNya, dipimpin oleh RohNya. Kalau kita mengerti Firman Tuhan, tetap tinggal dalam Dia dan melakukan kehendak Tuhan, semua akan beres, Tuhan sanggup datang untuk menjaga dan memelihara umatNya, sekalipun ada banyak ancaman dan kejahatan, Tuhan selalu siap menjaga umatNya.
 
B. DENGAN MEMPERTAHANKAN IA JUGA MENYERAHKANNYA* DAN DENGAN MELOMPATINYA **, IA JUGA AKAN MEMELIHARANYA.
* Deliver, bisa berarti melepaskan dari musuh, bisa juga menyerahkan pada musuh.
** Melompati atau melewati,  (bisa berarti tidak kena hukuman oleh malaikat maut seperti Paskah atau dilewati, ditinggalkan oleh Tuhan). Disini berarti seperti melaluinya, ditinggalkannya tetapi juga akan memeliharanya. Semua ini bisa berarti baik dan jahat.
Tuhan selalu mengikuti dan tahu semua keadaan orang Israel, tetapi tindakanNya terhadap umatNya tergantung dari sikap dan perbuatan umat itu sendiri. Kalau mereka hidup dalam dosa, Tuhan bisa menyerahkannya pada musuh dan melewati atau meninggalkannya seperti Simson sebab berdosa 4 kali dan tidak bertobat. Tetapi sebaliknya, kalau Israel bertobat, Tuhan bisa melepaskannya dari segala musuh dan penderitaannya. Yang terjadi pada hari-hari dalam nubuatan ini,  bisa dua macam sikap Allah, menjaga umatNya atau menyerahkannya pada musuh, sebab pada waktu ini (Minggu ke-70 Daniel), baik untuk Gereja dan Israel, yang keras hati dalam dosa akan hancur, tetapi yang taat dan berkenan pada Tuhan akan dipelihara. Allah bisa melakukan keduanya sebab Dia adil, Dia bisa menjaga dan memelihara umatNya, tetapi Dia juga bisa menyerahkan umatNya yang keras hati pada musuhnya.
Hari-hari ini sangat gawat, yang keras hati dalam dosa akan binasa, tetapi yang taat akan mengalami pertolongan Tuhan yang luar biasa bahkan top sehingga tumbuh kepada kesempurnaan rencanaNya. Umat Tuhan bukan mesin atau robot, tetapi mahluk bebas, sebab itu bisa taat, bisa berontak Bedanya disini, semua akan mengalami puncak-puncak pekerjaan Allah yang baik atau yang jahat, sebab rencana Allah akan digenapkan! Mereka yang setengah hati atau main-main harus ikut salah satu, yaitu untuk sungguh-sungguh suci atau sungguh-sungguh najis, tidak bisa setengah-setengah lagi. Wahyu 22:11. Yang plin plan akan hanyut dalam dosa dan kenajisan, sebab semua orang lebih mudah begini karena ditarik oleh kedagingannya. Ini cerita tentang penyucian, pemurnian pada saat finishing untuk menjadi makin suci atau makin najis, sebab semua yang setengah hati, (di Halaman) akhirnya akan diserahkan pada Antikris untuk diinjak-injak.
 

YESAYA 31:6. KESEMPATAN TERAKHIR.

Berbaliklah kamu kepadaNya, yang kepadaNya bani Israel sudah berontak sangat mendalam.
Israel sudah berontak sangat mendalam, kejatuhannya luar biasa. Begitu juga Gereja, sebagian jatuh begitu dalam seperti 4 Gereja jalan lebar dalam Wahyu 2-3. Tetapi Tuhan tetap melawat semuanya, bukan sebab ia setuju dengan perbuatanya yang sangat jahat dan keji, tetapi sebab kasih dan kemurahanNya untuk memberi kesempatan lagi untuk bertobat 2Petrus 3:9.
Wai yang tidak sadar, yang tidak bisa membedakan antara pemberontakan yang dalam dan hidup benar. Ada Gereja yang mengawinkan homo, tetapi tetap mengakui Gereja Tuhan; Mereka tidak sadar, tidak bisa mengerti bahwa itu perkara yang sangat keji dan najis Roma 1:24-27 dll; ada yang limpah dengan macam-macam dosa dan keduniawian bahkan dosa-dosa yang keji, tetapi tetap mengakui Gereja Tuhan, sebab mereka tidak sadar, lebih-lebih anggota-anggotanya. Sebab itu masing-masing kita harus mempunyai pengertian yang betul sendiri-sendiri, punya fondasi Firman Tuhan yang kuat (juga dengan demikian kita bisa menolong orang-orang dekat kita).
Sebab orang yang tidak mengerti membedakan yang benar dan yang salah, akan hanyut dan binasa. Beri waktu lebih banyak untuk Firman Tuhan dan hidup dipimpin Roh, sebab Roh Kudus yang membawa kita pada segala kebenaran Yohanes 16:13.Memang pada hari ke-6 (yaitu akhir zaman ini) kita harus mengumpulkan manna dua kali ganda Keluaran 16:22, untuk bisa mengatasi pertumbuhan dosa dan keadaan dunia ini sangat cepat, (bisa-bisa lebih dari dua kali, misalnya dalam bidang komunikasi, komputer dll) supaya jangan ditipu iblis dalam macam-macam perkara yang begitu banyak muncul pada akhir zaman ini. Setan bisa menyerang dan masuk lewat dari semua segi hidup yang begitu banyak, kalau kita tidak cepat tumbuh dan mengerti semua segi hidup itu dalam terang Firman Tuhan, bisa ditipu dan disesatkan iblis atau arus orang banyak. Cepat-cepat tumbuhlah, pasti kalau bisa tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan lebih cepat lebih untung 2Petrus 3:18 asal tetap memelihara kesucian dan hidup dipimpin Roh.
 

YESAYA 31:7. BERHALA-BERHALA DIBUANG.

Karena pada hari itu setiap orang akan membuang berhala-berhala peraknya dan berhala-berhala emasnya, yang dibuat oleh tanganmu sendiri menjadi dosa.
Ini adalah orang-orang yang mau meningkat dalam kesucian, yang mau sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan, setiap orang membuang segala berhala-berhalanya. Pada waktu ini dalam Gereja Hujan akhir tidak ada lagi yang setengah hati, yang main-main. Semua tertinggal dalam Gereja jalan lebar. Semua dalam Gereja hujan akhir yaitu Gereja jalan sempit, hidup suci dan tumbuh dalam rencana Allah sehingga tidak ada satupun yang mati tetapi setiap orang ikut dalam pengangkatan bahkan ada yang menjadi sempurna 1Korintus 15:51.
Ini Gereja yang luar biasa, sebab itu Gereja akan mengalami zaman keemasannya Wahyu 12:1 begitu ajaib dan penuh kemenangan. Tanpa kuasa Allah kita tidak bisa menghadapi tantangan dan godaan dunia dan juga orang-orang yang sangat jahat yang melawan Gereja. Zaman sekarang orang-orang yang jahat melawan Gereja sudah hebat dan banyak, tetapi puncaknya ada dalam zaman ini (dalam permulaan Minggu ke-70 Daniel sudah ada tiga Antikris yang sangat jahat seperti iblis Dan 7) dan tanpa berjalan dalam Roh dengan kuasa dan hikmat Allah yang besar, tidak ada yang bisa tahan. Tetapi Gereja yang berjalan dengan Tuhan akan sangat berkemenangan.
Berhala adalah barang-barang yang disembah juga segala perkara yang dicintai lebih dari Tuahn sehingga terikat dan menyembahnya.
Berhala-berhala perak ini menceritakan berhala tingkat rendah menurut akalnya Hosea 13:2. Lawannya dari keselamatan dan penebusan. Ada banyak berhala-berhala, bahkan banyak orang Kristen sudah biasa mempunyai macam-macam berhala yang dicintainya lebih dari Tuhan dalam hidup sehari-hari, baik uang, puji, kemuliaan dunia dll. Semua ini merusakkan rohani dan keselamatan sehingga binasa.
(Berhala perak adalah lawannya Halaman dan Ruangan Suci, tetapi berhala emas adalah lawannya Ruangan Suci dan Ruangan Maha Suci, puncak kejahatan, dosa sempurna).
Berhala emas. Emas lebih mahal dan ini topnya. Disini bukan saja berhala tetapi juga iblis terang-terangan disembah di dalamnya. Israel membuat dua lembu emas, bukan dari perak lagi, tetapi emas. Ini persembahan iblis padahal sudah mengerti Firman Tuhan dan sudah percaya Tuhan akan Allah yang hidup; ini dosa dengan sengaja, dengan pengertian, terlalu jahat.
Dalam berhala emas ini iblis langsung disembah dengan sadar. Ini orang-orang yang murtad dan meningkat dalam dosa yang sempurna. Dengan sengaja dan dengan pengertian mereka menyembah iblis; Ini dosa-dosa sengaja yang dengan cepat bisa menjadi sempurna dan beberapa dari antaranya menjadi Antikris dan pemerintah di seluruh dunia. Mereka begitu jahat dan tidak lagi bisa atau mau bertobat. Kalau dalam Gereja Hujan akhir ada banyak orang sempurna (jumlahnya 144.000 orang), maka dalam dunia akhir zaman juga ada banyak orang-orang sempurna dalam dosa, mungkin seperti angka ini atau lebih banyak lagi. (Sebab asalnya dari jalan lebar yang jumlahnya lebih banyak dari jumlah orang-orang dalam jalan sempit Matius 7:13-14).
Kalau ada satu orang sempurna dalam dosa menjadi penguasa dalam satu kota atau kabupaten (di seluruh dunia dan negara-negara pasti banyak), maka bisa dibayangkan betapa dahsyat jahatnya orang-orang yang melawan tubuh Kristus disitu; tetapi tubuh Kristus yang benar itu penuh dengan kemuliaan dan kuasa Allah, tetapi mereka yang main-main semua dibinasakan atau undur dan berbalik masuk golongan Antikris, dahsyat, sebab akhirnya akan binasa dalam neraka.
Begitu banyak orang jahat yang sempurna muncul dan tetap tinggal dalam Gereja dan mereka betul-betul  menyembah iblis, Antikris dan penguasa-penguasanya dengan segenap hati dan sadar (seperti iblis yang melawan Allah dengan pengertian dan percaya Yakobus 2:19). Sebab itu dosa-dosa diantara orang-orang yang tidak bertobat itu dahsyat. Sebagian masih ada yang bertobat, yang lain masuk dalam golongan Antikris dan Gereja jalan lebar yang makin dahsyat dalam dosa dan kejahatannya! Tetapi orang-orang berimandi dalam Gereja Hujan akhir semua sudah dibersihkan total, tidak ada lagi yang punya berhala apapun, semua sudah dibuang dan semua selamat, ikut pengangkatan.
 

YESAYA 31:8. ASYUR AKAN JATUH OLEH PEDANG

A. Maka orang Asyur akan jatuh oleh pedang, bukan oleh pedang manusia dan pedang yang bukan dari manusia akan memakannya habis.
Asyur (Lihat Yesaya 30:31).adalah kerajaan besar dan kejam, jahat, dengan ibu kotanya Niniwe (kira-kira sekarang di Irak Utara). Kerajaan ini menghabiskan bangsa Israel sampai habis total dalam pemerintahan Hosia 2Raja 17:3-6. Israel musnah oleh Asyur, Asyur yang membinasakan umat Tuhan yang jahat ini adalah gambaran dari Antikris, yang juga membinasakan seluruh Gereja yang tertinggal.
Disini Asyur jatuh bukan oleh pedang manusia tetapi pedang Allah. Ini kejatuhan Antikris pada akhirnya, bukan oleh manusia atau Gereja, sebab Gereja yang tertinggal sudah habis, Israel tinggal sisa-sisa yang tidak berdaya, sehingga bagi Antikris tidak ada lawannya. Asyur disini gambaran kerajaan Antikris waktu ini, adalah penguasa seluruh dunia yang mendapat kuasanya dari iblis Wahyu 13:4. Tidak ada pedang atau kuasa manusia bisa mengalahkannya. Tetapi sesudah habis waktunya (1260 hari, ini sudah diketahui Allah lebih dahulu. Allah tahu bahwa waktu ini cukup untuk membinasakan semua orang beriman yang tertinggal dan orang-orang Israel dipotong sampai sisa hanya 144.000 orang Wahyu 7:4; Pada saat ini waktu Antikris habis dan Tuhan turun  membinasakan Antikris dalam perang Harmagedon, dahsyat! Ini semua sudah diketahui dan diatur Allah dengan tepat!).
Dengan pedang yang keluar dari mulut Tuhan Yesus (waktu turun dalam perang Harmagedon) 2Tesalonika 2:8, Wahyu 19:15,20 antikris dan nabi palsu ditangkap dan dilempar dalam Tasik api, iblis dkknya dimasukkan Abusos (lubang tanpa alas) dan pengikut-pengikutnya dibunuh, masuk dalam alam berzakh untuk kemudian dibangkitkan sesudah Kerajaan 1000 tahun dan dibawa ke dalam pengadilan Tahta Putih yang Besar.
 
Tetapi ia akan lari dari pedang dan orang-orang mudanya akan meleleh.*
(* KJV: Bejana, L:Hancur, B:Budak rodi, DY:Upeti, Ibr:Melting = meleleh).
Semua ini lari dari pedang, sebab mereka belum kena hukumannya, karena rencana Allah belum selesai. Nanti sesudah kerajaan 1000 tahun, baru semuanya akan selesai, sebab sesudah kerajaan 1000 tahun iblis dan setan-setan masih akan dilepas lagi dan mempengaruhi orang-orang yang muda.
Siapa orang muda-orang ini? Ini orang yang meskipun sudah lanjut umurnya masih muda sebab mereka tidak mati tetapi hidup terus, bahkan kalau kerajaan 1000 tahun berlangsung terus, mereka masih akan hidup terus, masih muda, masih bisa berbiak dan berkarya. Ini penduduk kerajaan 1000 tahun yaitu orang-orang yang luar biasa karena diberi kesempatan hidup dalam bumi yang istimewa, yaitu bumi yang dipulihkan dan diberkati serta diperintah oleh Tuhan Yesus sendiri dengan orang-orang sucinya. Ini seperti Surga di bumi. Praktis tidak ada dosa (oleh tongkat besi) dan semua terpelihara dengan sempurna.
Tetapi orang-orang muda ini akan hancur (meleleh) oleh api yang turun dari Surga dalam perang Gog dan Magog. Sesudah ini baru semua (iblis cs dan semua orang berdosa dan semua roh-roh jahat) dimasukkan dalam penghukuman kekal.
Jadi ayat ini menceritakan tentang berakhirnya kerajaan Antikris oleh tangan Allah sendiri dan kemudian orang-orang mudanya, yaitu mereka (orang-orang Israel dalam kerajaan Putra Daud, juga ada orang-orang kafir) yang berontak, jumlahnya banyak, dilelehkan oleh api dari langit yang membinasakan semuanya (Wahyu 20:9). Sesudah itu semua orang dosa dibangkitkan untuk masuk dalam Pengadilan Tahta Putih yang Besar dan hukuman kekal.
 

YESAYA 31:9. TUHAN YANG APINYA ADA DI SION DAN TANURNYA DI YERUSALEM.

Dan benteng (atau gunung batu) nya akan lenyap oleh ketakutan* dan penghulu-penghulunya akan gemetar oleh panji itu, kata Tuhan yang apiNya ada di Sion dan tanurNya di Yerusalem.
(Ini terjemahan Ibrani, dalam note KJ: Dalam teks, KJI Sendiri tertulis sbb: Dan ia akan melewatinya ke bentengnya karena takut).
Benteng iblis dkk akan lenyap untuk selama-lamanya. Mereka akan penuh ketakutan sebab hukuman akan dijatuhkan untuk kekal. Dari permulaan iblis belum dihukumkan, hanya kadang-kadang ditahan dalam Abusos.Setan-setan yang tidak mau tunduk, dipenjarakan dalam Lutal (= Lubang tanpa alas). Tetapi pada saat ini, mereka betul-betul akan masuk tempat hukumannya yang sudah disediakan untuk iblis dan pesuruh-pesuruhnya Matius 25:41. Benteng iblis sejak permulaan belum pernah dihancurkan total, tetapi sekarang sesudah semua rencana Allah selesai, ia dan semua yang mengikutinya akan dihukum untuk kekal. Mereka akan masuk dengan ketakutan yang dahsyat dan kekal.
 
DAN SEMUA PENGHULU-PENGHULUNYA AKAN KETAKUTAN PADA PANJI-PANJI ALLAH.
Apa panji ini? Yang terakhir dilihat oleh iblis dan semua tentaranya adalah panji-panji Allah yang maha dahsyat yaitu Tahta Putih yang Besar. Ini panji atau panji keadilan Allah.Semuanya akan digiring disini (iblis dan malaikat yang jatuh atau setan sudah diadili bisa langsung dihukum, tetapi manusia yang berontak lawan Allah dan tidak mau percaya atau taat, semua akan datang di muka Pengadilan Tahta Putih yang Besar untuk menerima hukuman yang adil dan kekal.
Pada zaman Nuh semua binatang-binatang datang ke bahtera Nuh dan beroleh selamat. Bahtera Nuh itu gambaran dari panji salib.
Begitulah orang-orang yang datang pada salib, panji kasih Allah beroleh selamat, tetapi mereka yang menolak panji kasih, kemurahan dan keselamatan Allah ini akan datang pada panji keadilan Allah, yaitu Tahta Putih yang Besar.
Mengapa begitu? Allah itu kasih, tetapi juga adil. Allah itu juru selamat orang yang mau percaya, tetapi hukuman yang akan datang bagi orang berdosa keduanya ini selalu bergandengan. Kalau Allah hanya kasih tetapi tidak adil (Dia tetap benar), lalu orang-orang jahat tidak dinaikkan, maka salibpun akan rusak kembali. Bahkan semua akan rusak oleh orang-orang dosa raja jahat, juga oleh iblis. Jadi Dia memberi keselamatan lewat Kristus, tetapi yang tidak mau, akan diadili dalam Tahta Putih yang Besar yang dahsyat. Yang menolak kemurahan Allah akan mendapat kekerasan atau hukuman Allah yang kekal. Luar biasa!
Panji salib atau Panji pengadilan Allah.
 
APINYA ADA DI SION DAN TANURNYA DI YERUSALEM.
Apa artinya? Dalam Keluaran 19:18 Tuhan turun ke gunung Sinai seperti api, lalu Sinai menjadi tanur yang mengeluarkan asap dan seluruh gunung bergempa.
Begitu dengan Sion atau Yerusalem. Mula-mula bukit Sion itu dimenangkan Daud 2Samuel 5:7 dan dinamakan kota Daud 1Raja 8:1 dan inilah Yerusalem. Tuhan itu api, tetapi juga tanur atau tungku. Bagi orang-orang benar, Tuhan itu seperti api yang mengurapi mereka, api Roh Kudus Kisah 2:3. Juga dalam Wasiat Lama api dari Allah ada di atas Tabut dan juga di tengah-tengah Israel seperti tiang api pada malam hari. Tetapi bagi orang yang keras hati dalam dosa, Dia api yang menghanguskan seperti pada Nadab Abihu, 250 orang-orangnya Korah yang membawa pedupaan palsu, dibakar habis dengan api dari langit. Semua ini sampai sekarang masih ada bersama-sama, tergantung dari masing-masing. Tetapi sesudah semua selesai, keduanya ini akan dipisahkan! Tuhan itu menjadi api yang heran, yang menjadi cahaya di Sion (menjadi terang di Surga Bumi Baru. Wahyu 22:5. Orang-orang suci bergembira di dalamnya, sebab api Allah itu cahaya yang indah bagi orang-orang yang selamat).
Tetapi orang-orang yang dihukum dalam tanur api atau tungku itulah orang-orang yang tidak percaya dan baginya Tuhan itu Hakim yang adil, api yang membinasakan.
Jadi Allah itu api yang menghidupkan bagi orang-orang suciNya tetapi juga api yang menghanguskan, menghukum  orang-orang yang berdosa melawan Allah. Ini masih tercampur sampai hari ini di Sion atau Yerusalem, tetapi sesudah Tahta Putih yang Besar, keduanya akan dipisahkan untuk kekal 2Tesalonika 1:9. Untuk isi Tasik api, Allah itu Hakim yang adil, dan mereka menerima hukuman yang adil untuk kekal. Mulai saat ini api dan tanur, Surga Bumi Baru dan Tasik api dipisahkan untuk kekal dan tidak bisa bertemu lagi, sekalipun dalam pikiran Yesaya 65:17.
Allah tidak pernah salah juga untuk yang masuk neraka, sebab itulah pilihannya. Mereka mendapat hukumannya yang setimpal. Tetapi mereka yang percaya dan taat sampai mati/ akhir, akan masuk dalam Surga Bumi Baru yang indah dan kekal, Allah menjadi Bapa, bagi orang-orang suci yang menjadi mempelai Kristus, Allah yang adil, baik dan disini kemurahanNya betul-betul kekal selama-lamanya Mazmur 136:1-26. Sekarang disini betul-betul kemurahan Tuhan itu kekal selama-lamanya. Pasal ini digenapkan sepenuh-penuhnya dalam Surga Bumi Baru yang kekal. Pilih yang mana?
 
Nyanyian:
Di dalam dunia ada dua jalan,
lebar dan sempit, mana kau pilih.
Yang lebar api, jiwamu mati,
Tapi yang sempit, jiwa berglori.