YS126 – Yesaya 29:5-8 Israel Dilawat Tuhan (22Ags’12)

Download MP3 Khotbah: YS126

YESAYA 29:5 MUSUH TIBA-TIBA LENYAP

DISAMPING ITU ORANG-ORANG ASINGMU YANG BANYAK ITU AKAN MENJADI SEPERTI DEBU HALUS, DAN ORANG-ORANG BANYAK YANG DAHSYAT ITU AKAN SEPERTI SEKAM YANG BERLALU, YA, ITU AKAN TERJADI SEKETIKA, TIBA-TIBA

Dalam Yesaya 29:1-4 Israel mengalami masa kepicikan Yakub yang dahsyat itu Yer 30:7. Keadaannya sangat dahsyat sampai suara yang pelan2 ke luar dari tanah dan debu (suara orang mati). Begitu banyak orang Israel yang binasa sampai tersisa hanya 144.000, inipun oleh anugerah dan kemurahan Tuhan, sehingga masih ada sisa yang ditinggalkan.
Ya, itu akan terjadi seketika, tiba-tiba jadi
Tetapi sesudah itu dengan tiba-tiba, seketika, mendadak terjadi perubahan yang dahsyat dan luar biasa. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Bukan dengan pertolongan manusia, tetapi perubahan terjadi oleh Allah. Ini akhir dari zaman Antikris yang luar biasa, sebab Antikris (binatang ke-4 ini Dan 7)menguasai seluruh dunia dan tidak ada seorangpun bisa mengalahkan Antikris ini. Rasa-rasanya dia akan memimpin selama-lamanya, sebab tidak ada lagi yang lebih besar dari Antikris. Semua ditentukan sendiri oleh diktator dunia yang menjadi ilahnya dunia pada masa ini. Tetapi sesudah waktunya habis (1260 hari atau 42 bulan Wah 11:2-3) maka Allah menghabisi zaman Antikris, pemerintahan Antikris penguasa tunggal dan tertinggi ini. Tuhan Yesus turun dari Surga (sesudah Perjamuan Kawin Anak Domba) dengan semua orang suci dan malaikat-Nya berperang dengan antikris dan tentaranya Wah 1:7. Inilah perang Harmagedon pada hari kedatangan Tuhan Yesus kedua kali. Sebab itu Antikris tidak berdaya, seluruh dunia/ global yang hebat ini tiba-tiba berakhir Wah 19:11-21. Tiba-tiba musuh dikalahkan dalam sekejap oleh nafas mulut Tuhan Yesus 2Tes 2:8, musuh tiba-tiba habis binasa, mati begitu banyak satu kaligus, mereka lenyap seperti debu halus dan seperti sekam berlalu Allah itu terlalu besar dan maha kuasa. Tampaknya Israel, antikris, kerajaan-kerajaan di bumi ini begitu besar dan dahsyat, tetapi dalam sekejap semua bisa lenyap. Antikris dan nabi palsu dibuang ke dalam Tasik Api yang kekal dan iblis serta tentaranya dimasukkan ke dalam Abusos, lalu bumi dipulihkan Kis 3:21 dan Putera Daud yaitu Tuhan Yesus Kristus duduk di atas tahta Daud menggenapi nubuatan Luk 1:32 2Sam 7:12-13 yaitu Kerajaan 1000 tahun. Ini kerajaan damai yang ideal di atas muka bumi yang sekarang, dan kita (semua orang beriman Wasiat Lama, Wasiat Baru) yang ada dalam tubuh kemuliaan, ikut memerintah dengan Kristus dalam kerajaan 1000 tahun. Sebab itu jangan ragu-ragu akan kuasa Allah yang tidak terbatas. Allah terbatas sebab umat-Nya kurang percaya, sebab kita menerima hanya sebesar iman kita Mat 8:13. Kalau kita bisa percaya lebih banyak, kita bisa menerima lebih banyak lagi. Sebab Allah kita maha besar, hal-hal yang tidak mungkin bisa terjadi dengan seketika.

YESAYA 29:6 DILAWAT TUHAN BALA TENTARA

ENGKAU AKAN DILAWAT TUHAN BALA TENTARA DENGAN GURUH, DENGAN GEMPA DAN SUARA YANG BESAR DAN BADAI DAN PUTING BELIUNG DAN NYALA API YANG MAKAN HABIS

Di sini diberikan lagi keterangan tentang perang Harmagedon yang diceriterakan dalam Wah 1:7/ 16:16/19:11-21 ; 2Tes 2:8. Semua saling melengkapi. Hal-hal yang dahsyat ini terjadi dan dalam sekejap seluruh tentara Antikris di dunia mati begitu banyak oleh pedang mulut Tuhan Yesus (kata-kata Tuhan) yang lebih dahsyat dari semua bom atom yang ada di dunia bersama-sama Wah 19:21 Dunia yang ramai dalam sekejab habis dalam perang Harmagedon ini, menjadi sunyi senyap, hanya dengan 144000 orang Israel dan orang-orang kafir mungkin dengan jumlah yang lebih kurang sama.
Orang-orang membayangkan perang atau malapetaka itu terjadi di seluruh bumi dalam waktu paling sedikit satu atau dua bulan, baru seluruh dunia habis (ingat, ini belum Kiamat, yg baru terjadi sesudah kerajaan 1000 tahun). Tetapi di sini terjadi dalam sesaat, tiba-tiba dengan guruh, gempa, suara besar, badai dan puting beliung serta nyala api.

YESAYA 29:7 HILANG SEPERTI MIMPI, TETAPI NYATA

DAN SEGALA BANGSA YANG BANYAK , YANG BERPERANG MELAWAN ARIEL, BAHKAN SEMUA YANG BERPERANG MELAWAN DIA DAN BENTENGNYA DAN YANG MENYESAKKANNYA, AKAN MENJADI SEPERTI MIMPI DARI VISIUN PADA MALAM HARI

Israel diserang, dikepung, dikalahkan, dibantai sampai habis, sudah tidak ada ceriteranya lagi. Orang-orang yang tersisa hanya menunggu giliran dianiaya dan dibantai, semua berjalan mulus untuk kepentingan dan kemenangan Antikris dan tentaranya. Tetapi tiba-tiba semua itu tahu-tahu berhenti dan berubah, seperti mimpi dari visiun pada malam hari. Mengejutkan, luar biasa! Hal-hal yang sangat dahsyat dari kerajaan antikris ini, tiba-tiba! Hilang lenyap seperti mimpi, tetapi korban yang sudah jatuh, mati, tidak kembali. Ariel yaitu Yerusalem, gunung Sion yang tinggal orang-orangnya hanya sedikit, sudah tidak berdaya, lemah putus asa, hanya tinggal tunggu dibantai, tiba-tiba mengalami perubahan yang luar biasa, seperti orang bangun tidur, semua yang dalam mimpinya lenyap dengan seketika, begitu yang dialami sisa Ariel yang sudah susah habis-habisan, tersesak.

YESAYA 29:8 MAKAN TETAPI TETAP LAPAR, MINUM TETAPI TETAP HAUS

AKAN TERJADI SEPERTI SEORANG YANG LAPAR BERMIMPI DAN LIHATLAH IA MAKAN, TETAPI IA BANGUN DAN JIWANYA KOSONG. ATAU SEPERTI SEORANG YANG HAUS BERMIMPI DAN LIHATLAH IA MINUM TETAPI IA BANGUN, IA LEMAS DAN JIWANYA HAUS. BEGITULAH KEADAAN SEGALA BANGSA YANG AMAT BANYAK INI, YANG BERPERANG MELAWAN GUNUNG SION.

Segala bangsa di seluruh dunia, global dalam pemerintahan Antikris ini berperang dengan sisa-sisa orang-orang Kristen yang tertinggal dan seluruh bangsa Israel yang ada di dunia. Musuh umat Tuhan itu begitu banyak, sebab seluruh dunia bersatu, bersuka-sukaan dalam pemerintahan antikris, bebas menuruti kehendak hatinya dan menyiksakan umat Tuhan yang ada. Orang-orang yang tertinggal habis semua seperti yang di nubuatkan dalam Wah 13:7 dan orang Israel sudah dimusnahkan, boleh dikatakan sudah habis dari jumlah belasan juta orang, tinggal beberapa yang masih bersembunyi dan belum kena. Tiba- tiba mereka seperti makan besar tetapi seperti mimpi, bangun dan tetap lapar. Minum banyak, bangun dan tetap haus. Semua berubah, tiba-tiba mereka menjadi lemas dan tidak berdaya dan tahu-tahu dibinasakan oleh kedatangan Tuhan Yesus. Kepuasan mereka (kenyang dan puas minumnya ) seperti mimpi , tahu-tahu hilang semua. Allah kita sangat dahsyat, semua berubah dalam sesaat, sebab Dia maha besar.

YESAYA 29:9 SEMUA TERCENGANG-CENGANG

Tinggallah engkau dan tercengang-cenganglah. Berteriaklah engkau dan bergemarlah. Mereka mabuk tetapi bukan oleh anggur. Mereka terhuyung-huyung tetapi bukan oleh minuman keras.

Kedua pihak keheran-heranan. Musuh yang menyerang umat Allah yaitu antikris dan segala bangsa yang ikut antikris itu menyerang dan mengalahkan umat Tuhan begitu mudah, hanya tinggal dibantai dan semua lenyap. Ini sudah dilakukannya sampai orang-orang yang tertinggal habis dan orang Israel praktis sudah habis, tetapi tiba-tiba keadaan berubah dan meraka binasa. Waktu mereka masuk neraka, mereka masih keheran-heranan, sebab keadaan berubah seperti mimpi sangat cepat.
Tetapi orang-orang Israel juga tercengang-cengang heran, sebab tiba-tiba mereka bisa berteriak dan bergemar begitu sukacita, langsung berubah dari kalah jadi menang besar. Memang yang mengalami perubahan ini hanya sedikit, hanya 144.000 dan orang-orang kafir yang tidak ada capnya antikris. Tetapi keadaan berubah dan mereka berteriak sukacita seperti orang mabuk, sampai terhuyung-huyung seperti kena minuman keras, padahal bukan, keadaan berubah luar biasa, sukacita yang tidak terkatakan, sebab sekarang Tuhan Yesus duduk di tahta Daud dan begitu banyak orang-orang yang benar dalam tubuh kemuliaan ikut memerintah bersama-sama dengan Kristus, dalam sikon yang ideal, sebab semua sudah dipulihkan Kis 3:21.
Seperti mimpi, seperti cerita tetapi nyata, keadaannya berubah jadi ideal dan indah mendadak.
Tidak bisa diceritakan dengan kata-kata, terlalu heran, semua dilakukan oleh Allah yang hidup dan mahakuasa. Sesudah ini akan datang masanya, ada banyak hal-hal yang luar biasa akan terjadi sampai kekal dan tidak akan muat dalam otak dan pikiran kita, luar biasa, sebab Allah itu maha besar. (Seharusnya mulai sekarang kita sudah bisa mengalaminya dengan iman; kalau ada iman yang cukup, bisa sampai tidak terhingga. Luk. 1:37 ; Mark 9:23).

YESAYA 29:10-14 ISRAEL YANG BUTA

Israel menjadi buta, tidur, tidak bisa membaca hukum-hukum Tuhan sebab termeterai baginya sehingga mereka keheran-heranan akan Tuhan tidak cocok dengan pikirannya sebab Israel tidak sungguh-sungguh beribadah kepada-Nya. Semua ini disebabkan karena Israel tidak sungguh-sungguh beribadah pada Tuhan sepeti yang ditulis dalam ayat 13.

YESAYA 29:13 IBADAHNYA SIA-SIA SEBAB MENURUT HUKUM MANUSIA

Sebab itu Tuhan berkata, sebab bangsa ini mendekati Aku dengan mulutnya dan dengan bibirnya memuliakan Aku, tetapi sudah memindahkan hatinya jauh dari pada-Ku dan ketakutannya akan Daku diajarkannya dengan hukum manusia.

Ini dikatakan Tuhan Yesus kepada orang-orang Farisi dan Yahudi, yang nampaknya sangat rohani dan sagat beribadah tetapi yang diajarkan itu hanya hukum-hukum akal manusia. Kol 2:8 , 21-23 ; Mat 15:7-9.
Sebab itu apa yang dijanjikan Allah kepada umat-Nya, tidak bisa diambil, sebab mereka tidak memenuhi syaratnya. Mereka hanya beribadah secara luar. Dari luar hebat, sungguh-sungguh beribadah, tetapi hatinya jauh dari Tuhan Allahnya. Pandangannya hanya di mulut bibirnya, tetapi hatinya dibawa pergi jauh dari Tuhan, menuruti kehendak hatinya sendiri dan Allah tidak berkenan, tidak setuju akan cara seperti ini. Sebab hanya ada dua pihak yaitu pihak Allah dan pihak iblis. Kalau seorang tidak di pihak Allah, ia ada dalam pihak iblis. Itu sebanya Israel mengalami hal-hal yang dahsyat dan dibinasakan habis-habisan. Pada waktu Tuhan Yesus mengambil ayat dari Yesaya 29: 13 ini dan mengatakan pada orang-orang Israel dan orang Farisi, imam dll, justru pada waktu itu mereka mengalami atau menggenapi ayat yang ditulis Yesaya ini. Hatinya penuh dengan dunia, dosa, haram,kemuliaan manusia, kejahatan dll meskipun tampaknya beribadah. Akhirnya mereka menolak Mesias yaitu Tuhan Yesus dan berani menanggung hukumannya Mat 27:25. Sebab itulah Israel akan mengalami hukuman yang dahsyat yang diceritakan dalam Yes 29:1-4 sehingga habis, tinggal sisa-sisa, semua karena salah yang sudah disebutkan jauh sebelumnya. Kalau toh mereka masuk ke Kanaan dalam Wasiat Lama dan kemudian sesudah penyucian dalam zaman antikris, mereka kemudian dilepaskan dengan sangat ajaib dalam perang Harmagedon lalu masuk dalam kerajaan 1000 tahun yaitu kerajaan Putra Daud yaitu Tuhan Yesus Kristus, itu semata-mata karena janji Allah pada nenek moyangnya Ul 9:5.
Bukan karena kebenaran atau ketulusan hati mereka, mereka mengalami zaman yang cemerlang dan ideal ini. Mereka sama sekali tidak benar dan tidak tulus. Sebab ibadahnya hanya di mulut untuk maksud-maksud mereka sendiri, supaya dapat uang (emas)nya dari Bait Allah, dapat penghargaan dan kemuliaan manusia dll keuntungan, sama sekali bukan dengan tulus mereka beribadah dan menyembah Allahnya. Sebab itu jangan sampai kita seperti ini. Masih ada orang-orang Kristen dan pemimpin-pemimpin seperti orang Farisi dan imam-imam seperti orang-orang Yahudi. Ibadahnya tampak besar dan hebat, tetapi tidak cocok dengan Firman Tuhan. Hanya sesuai dengan logika pikran manusia. Seringkali ajaran yang nampaknya hebat, megah, besar oleh orang-orang besar, tetapi tidak cocok dengan Firman Tuhan. Harus memegang ayat-ayat Firman Tuhan dan diartikan dengan pimpinan Roh Kudus, sehingga orang lain yang ada Roh Kudus dan dipimpin Roh bisa mengaminkan, sebab Roh Kudus yang sama tinggal di dalamnya. Tetapi kalau kita jauh dari Tuhan, dekat pada harta, tahta, wanita atau segala perkara-perkara duniawi dan kenajisan daging maka itu tidak berkenan kepada Tuhan. Begitu banyak orang yang suka dengan ajaran-ajaran akal manusia, sehingga mempengaruhi banyak orang tetapi tidak berkenan pada Tuhan. Sebab itu setiap orang beriman harus meningkat, paling sedikit masuk Ruangan Suci, yaitu penuh dan dipimpin Roh, sehingga punya kesaksian Roh dalam hatinya Rom 9:1 ; 8:10. Supaya Roh Kudus bisa membawa kita pada segala kebenaran 1Kor 2:9-16; 1Yoh 2:20, 27; Yoh 16:13. Sehingga kita bisa mengerti dan tumbuh dalam kebenaran. Kalau tidak,hanya ibadah di mulut, di bibir saja dan jauh, lepas dari Tuhan, akhirnya binasa sebab tidak melakukan kehendak Allah Mat 7:21-23. Harus ada Kristus, Firman Tuhan, kesucian dalam hati kita harus bisa memeriksa hati kita dan selalu tinggal dalam kebenaran Allah yang heran, jangan sampai lepas dari Dia Yoh 15:5. Akibatnya dahsyat. Sebab kesalahan seperti yang ditulis dan sudah diulang-ulang disampaikan Tuhan pada umat-Nya, termasuk langsung oleh mulut Putra manusia Yesus, tetapi mereka tidak mau percaya dan tidak mau taat, akibatnya sangat dahsyat, yaitu masa kepicikan Yakub yang dahsyat itu dalam Yes 30:7. Begitu dahsyat. Juga bagi orang Kristen sekarang. Jangan hanya beribadah menurut akal, apa yang baik menurut akal, dicocokan dengan sikon, tetapi semua harus dicocokkan dengan Firman Tuhan dalam kesucian, dipimpin Roh. Tujuan kita bukan kepujian manusia, tetapi kepujian dari Allah Rom 2:29. Dan rahasia iman yang suci 1Tes 3:9. Satu kali akan terbukti dalam Kursi Pengadilan Kristus Rom 2:16. Dan kita akan boleh kepujian dan, pahala dan kemuliaan yang kekal. Orang Kristen yang tidak memperhatikan peringatan ayat ini akan jatuh dalam dosa dan mati dalam dosa, tetapi bagi yang masih mau bertobat, mungkin masih bisa mengalami zaman antikris sebagai orang-orang yang tertinggal, meskipun itu berat dan harus setia sampai mati sesuai dengan nubuatan untuk zaman antikris yang sudah dinyatakan Tuhan Wah 13:7. Kita harus tulus sampai dalam hati, pikiran dan angan-angan, jangan ada maksud dosa yang tersembunyi sebab itu akan membuat hidup dan ibadah kita sia-sia. Tulus dan suci seperti Ayub 1:1, 8.

KESIMPULAN

Yes 29:1-4. Hukuman yang dahsyat bagi orang Israel dan orang-orang yang tertinggal, suara dari dalam tanah dan abu, kematian yang dahsyat dan hasilnya hanya sekedar selamat
Yes 29:5-9. Tuhan mengatakan perubahan yang luar biasa seperti mimpi tetapi bukan ibadah kebenaran orang Israel tetapi sebab penggenapan janji Tuhan pada nenek moyangnya. Ul 9:5.
Yes 29:10-14. Sebab-sebabnya mengapa Israel dibinasakan. Kita harus memperhatikan hidup dan ibadah yang betul dalam kesucian dan ketulusan sampai hati dan perkataan. Maka kuasa Allah yang tidak terhingga itu bisa kita alami mulai sekarang dan seterusnya. Allah kita luar biasa, maha besar, maha kuasa, maha tahu, asal kita mau berkenan kepada-Nya, bukan hanya di mulut bibir saja.

Nyanyian:

SerdaduKristus (Tabernakel Glory no. 464)
KOOR
Sudahlah tentu dunia lalulah segera
Tempatnya dosa, tempatnya sumber kejahatan
Hai anak Tuhan jangan kau tinggal di dalamnya
Nanti kau terhukum, lari dari dalamnya