M3525 – Markus 16:19-20 Tuhan Yesus Naik ke Surga; Wasiat Baru dimulai (17Mei'12)

Download MP3 Khotbah: M3525

Tuhan Yesus naik ke Surga lalu duduk di tahta Allah, dalam kemuliaanNya di sebelah kanan Allah Bapa, tempat termulia dan tertinggi di dunia nyata dan di alam baka. Tuhan Yesus itu memang Allah yang maha mulia. Waktu Ia menjelma menjadi manusia (kurang lebih 33,5 tahun). Ia meninggalkan semua keilahianNya termasuk semua kemuliaannya di Surga Pil 2:7; Ini disebutkan dalam doanya dalam Yoh 17:5. Ia minta supaya BapakNya menyatakan kemuliaan yang sudah ada padaNya sebelum dunia ini dll. Tetapi sebagai Putra manusia, ia menjalani hidup ini dari nol. Sampai Ia menyelesaikan tugasNya dengan sempurna. Disini Tuhan Yesus sebagai Putra manusia ditinggikan di atas se-gala2nya, sehingga semua lutut bertelut, semua lidah mengakui namaNya. Pil 2:9-11. Mengapa dan untuk apa sebagai Putra manusia ia dipermuliakan? Ini menjadi jalan bagi semua orang yang percaya kepadaNya, kalau orang percaya taat, maka satu kali ia akan ikut Dia dalam jalan ini sampai akhirnya menjadi mulia seperti Kristus, sampai di tahta Allah Wah 3:21. Setialah dan tumbuh terus, kita bisa terus tumbuh seperti Putra manusia, sampai di tahta Allah.

I. ROH KUDUS DIBERIKAN PADA MANUSIA

Sesudah Tuhan Yesus dipermuliakan, maka Roh Kudus dicurahkan dan mulailah suatu era baru yaitu masa Wasiat Baru. Yoh 7:38-39. Ini suatu perubahan yang drastis dan sangat besar sebab Wasiat Lama diganti Wasiat Baru. Wasiat Lama tetap diperlukan, sebab Wasiat Baru adalah sambungannya dari Wasiat Lama. Seperti SMA adalah sambungan SMP, kalau tidak lewat SMP tidak bisa masuk SMA. Begitu pula Wasiat lama ini menjadi dasar dari Wasiat Baru, bahkan kebenaran yang ada di dalamnya tetap berlaku sampai kekal, namun untuk kita arus dibuka selubungnya 2Kor 3:14.

  1. Merdeka dari dosa sepenuhnya, bebas, bebas! Dahulu dosa ditutup darah binatang, sekarang ditutup darah Anak domba Allah sehingga manusia merdeka penuh dari dosa dan semuaikatannya dan bisa tumbuh menjadi seperti Kristus, luar biasa. Kunci dari segala perubahan yang dahsyat, drastis dan tanpa batas ini disebabkan karena darah Yesus menutup dosa dan membebaskan total dari dosa, dan karena Roh Kudus dicurahkan pada orang2 yang percaya, sehingga Roh Kudus bisa bebas bekerja di dalam kita melakukan perkara2 besar bahkan tanpa batas. Ini kunci perubahan yang besar, yaitu oleh darah Yesus dan Roh Kudus, sehingga manusia bisa berubah sampai sempurna. Hasil perubahan ini adalah:
  2. Masa yang lebih baik.
    Ibr 11:40 Allah sudah menyediakan sesuatu yang lebih baik bagi kita, supaya mereka jangan disempurnakan tanpa kita. (KJI)


    Bahkan tanpa kita mereka tidak bisa menjadi sempurna. Era baru yaitu Wasiat Baru ini adalah masa yang luar biasa, di mana Gereja lahir dan tumbuh sampai menjadi sempurna. Ini tidak mungkin terjadi dalam Wasiat Lama. Kita harus mengerti dan dengan iman mengambil apa yang sudah disediakan Allah, lalu masuk dalam rencana Allah yang luar biasa, rencana top, sebab Tuhan akan menyempurnakan rencanaNya di dalam Kristus. Ini berarti kita akan masuk dalam rencana puncak, rencana yang tertinggi!
  3. Ibadah cara Wasiat Lama diganti cara Wasiat Baru. Apa yang dahulu dikerjakan secara jasmani sekarang dikerjakan secara rohani, betul2 dengan arti yang dimaksudkan dan dikehendaki Allah untuk dikerjakan dalam Gereja dan masing2 putra2 Allah. Dalam Wasiat Lama Allah tidak bebas bekerja di dalam manusia, sebab darah binatang tidak menghapus dosa Ibr 10:4, itu hanya tanda iman akanjanji Allah, bahwa kelak darah binatang akan diganti darah Kristus. Sekarang kita betul2 bebas dan merdeka dari dosa dan bisa menjadi seperti Putra manusia Yesus, bahkan lebih lagi Yoh 14:12, sehingga ibadah kitapun berubah, bisa dengan sesungguhnya.
    Sesudah Roh Kudus dicurahkan. Semua janji2 dan cara Wasiat Lama itu menjadi bayangan dari arti yang sesungguhnya. Sekarang kita betul2 masuk dalam rencana Allah yang sesungguhnya, dalam arti yang sebenarnya yang sangat besar, mengubah manusia dari orang berdosa menjadi orang tebusan yaitu orang benar, lalu menjadi orang suci dan kemudian menjadi orang sempurna seperti Kristus. Arti kenaikan Tuhan Yesus ke Surga dan dipermuliakan itu sangat besar bagi manusia dan seluruh rencana Allah.
  4. Wasiat Baru adalah karya pekerjaan Roh Kudus yang ditandai dengan Hujan awal (yang sudah terjadi) dan Hujan akhir (yang sedang dimulai dan akan mencapai puncak2nya). Gereja yang lahir itu bukan badan atau lembaga (yayasan dsb) dari manusia, tetapi itulah tubuh Kristus sendiri di dalam dunia. Kepala tubuh Kristus ini adalah Tuhan Yesus sendiri dan pasti Ia menang, sebab itu Gereja yang mengerti kehendak Tuhan dan taat dipimpin Roh pasti akan berkemenangan. Gereja akan bekerja luar biasa sampai pada puncak2 kesempurnaannya. Roh Kudus adalah Allah sendiri dan tidak terbatas, sebab itu kita bisa mendapat kuasa Allah dengan tanpa batas asal kita mengerti kehendak Allah dan mau taat dipimpin Roh. Hujan-akhir akan dicurahkan penuh2 dan Gereja akan menjadi sempurna di dalamnya. Wasiat Lama sangat terbatas, tetapi Wasiat Baru bisa sampai tanpa batas. Semua janji2 dan tingkatan2 yang dicapai dalam Wasiat Lama, secara rohani tetap berlaku bagi kita semua. Seluruh Alkitab Wasiat Lama dan Wasiat Baru itu untuk Gereja, tetapi Wasiat Lama dibuka selubungnya sehingga menjadi sama dengan Wasiat Baru, bahkan melengkapinya. Untuk itu kita akan melihat rumus penafsiran, untuk bisa membuka selubung Wasiat Lama sehingga bisa kita pegang, pakai dan menerima dari Tuhan. Kalau melihat perbedaan dari luasnya dan banyaknya ibadah dalam Wasiat Lama dan Wasiat Baru. Ibadah dalam Wasiat Lama itu sekitar Kemah Suci, dalam Wasiat Baru Kemah Suci itu sudah ada dalam diri kita masing2 1Kor 3:16 dan dalam Gereja sebagai persekutuan tubuh Kristus.
    Ibadah Wasiat Lama itu sangat terbatas, sebab hanya untuk orang Israel dalam arti jasmani sehingga jumlahnya juga hanya sedikit. Misalnya: Halaman, itu sangat terbatas. Orang2 Israel hanya boleh masuk sampai Halaman, tanpa pelayanan. Orang Lewi boleh pelayanan tetapi hanya sampai Halaman. Yang masuk Ruangan Suci hanya sedikit sekali yaitu turunan Harun yang laki2. Yang hidup setingkat dengan ini yaitu orang2 yang penuh dan dipimpin Roh juga hanya sedikit, misalnya Musa, Daud, Abraham, Ishak, Yacob, Yusuf, Daniel dll. Sebab itu orang2 yang dipakai Tuhan dengan heran hanya beberapa gelintir orang2 ini saja. Apalagi masuk Ruangan Maha Suci itu sangat terbatas, hanya imam besar 1 tahun 1 kali boleh masuk, secara simbolis.
    Dalam ibadah Wasiat Baru. Ada banyak orang2 beriman yang betul2 bisa masuk ke dalamnya. Yang masuk Ruangan Maha Suci (menjadi sempurna) itu jumlahnya 144.000 orang (mungkin juga kelipatannya).
    Dalam Halaman orang2 yangpercaya Tuhan Yesus begitu banyak jumlahnya dan dari segala bangsa datang (bahkan menyerbu masuk Luk 16:16). Ruangan Suci adalah orang2 yang penuh Roh Kudus danhidupnya dipimpin Roh seperti ligabis jumlahnya sangat banyak (ligabo tidak cukup, yaitu orang yang kadang2 dipimpin Roh, kadang2 dalam daging). Menurut David Banet, sejak tahun 1900 sampai kurang lebih tahun 1990 sudah ada kurang lebih 850.000 orang yang dibaptis dalam Roh dan ber-kata2 dengan bahasa lidah. Sekarang jumlah itu bisa lebih dari 1 milyard. Dalam Wasiat Baru, hidup yang normal (istimewa untuk akhir zaman) adalah hidup seperti Kristus Mat 4:1, Luk 4:1,18, yaitu penuh dan dipimpin Roh.
    Kita harus terus hidup dipimpin Roh, baru kita akan melihat bagaimana hebatnya pekerjaan Roh Kudus, lebih daripada Hujan awal. Dipimpin Roh itu sesungguhnya luar biasa tetapi perlu penyangkalan diri dan penyerahan diri sepenuhnya untuk bisa mentaati rencana Allah dalam diri kita Gal 2:19-20. Dengan Roh Kudus kita tidak dibatasi oleh kekurangan dan kelemahan manusiawi, tetapi dengan Roh Kudus kita bisa hidup seperti Putra manusia Yesus bahkan Tuhan Yesus menjanjikan lebih lagi Yoh 14:12. Apalagi dalam Ruangan Maha Suci (dalam pelayanan orang sempurna) betul2 hidup akan menjadi luar biasa, betul2 seperti Putra manusia Yesus se-penuh2nya. Inilah ligabis yang dipimpin Roh Kudus terus menerus, sampai genap rencana Allah dalam hidupnya, yaitu menjadi sempurna seperti Kristus.
  5. Keadaan dan janji2 dalam ayat2 Wasiat Lama tetap berlaku (tidak hilang artinya), justru sekarang ini akan mencapai arti yang penuh sampai sempurna sesuai dengan rencana Allah. Dalam Wasiat Baru, ketiga Pribadi Allah semua bekerja ber-sama2 dengan manis dan harmonis, menyelesaikan rencana Allah. Allah Bapa membuat semua planning dan menguasai semuanya. Roh Kudus turun dalam waktu dengan versi baru yaitu versi Wasiat Baru. Tuhan Yesus memberi jabatan2 dan memberi FirmanNya yang menjadi dasar dari seluruh ibadah dan rencana Allah yang maha besar itu.

II. RUMUS PENAFSIRAN WASIAT LAMA DAN WASIAT BARU

Ini penting supaya kita bisa mengerti maksud dan rahasia Allah, sebab orang yang tidak mengerti itu tinggal di luar Mrk 4:11 dan tidak bisa ikut dalam rencana Allah sampai sempurna, Mat 13:11. Orang yang mengerti akan bisa berbuah sampai 100x ganda yaitu sampai menjadi sempurna. Rumus itu adalah:
Wasiat Baru = Wasiat Lama – selubung.
Dalam 2Kor 3:14, dengan pertolongan Roh kita bisa membuka selubung itu, sehingga Wasiat Lama jadi jelas untuk kita, dan bisa melakukan dan mengalaminya dengan pimpinan Roh Kudus.Janji2 Tuhan yang luar biasa, keluar dari Mesir, Masuk Kanaan, masalah laut Merah dll di seluruh Wasiat Lama, begitu banyak janji2 Tuhan itu sekarang jadi terbuka untuk kita sekarang dengan rumus 2Kor 3:14 ini. Bukan hanya Wasiat Baru, tetapi seluruh Alkitab di sediakan Allah (kurang lebih 32.000 ayat) untuk memperlengkapi kita dengan luar biasa. Dengan kuasa dari Tempat yang maha tinggi yaitu Roh KudusLuk 24:49 dan dengan hikmat Allah yang tidak terhingga Yes 55:8-9, rencana Allah pasti genap.
Dengan demikian kita bisa menyelesaikan rencana Allah yang mulia dan meng-injak2 iblis di bawah kaki kita Luk 10:19.

III. RENCANA ALLAH DIGENAPKAN DALAM WASIAT BARU

A. MENGAPA TUHAN MEMBUAT ERA WASIAT BARU.
Tuhan mempunyai rencana yang luar biasa yaitu menciptakan manusia untuk akhirnya diolah menjadi Allah seperti Dia sendiri Yoh 10:35. Dalam hikmatNya, Ia membuat rencanaNya dalam 2 tahap, yaitu Wasiat Lama dan Wasiat Baru. Yang pertama belum disebut lama, baru sesudah datang yang baru, yang pertama disebut lama.
Dalam Wasiat Baru ini seluruh bangsa masuk dalam rencana Allah lewat pintu yaitu Tuhan Yesus Kristus Yoh 10:9. Pada saat yang tepat, sejak era baru ini dibuat, kerajaan Surga diserbu orang banyak. Luk 16:16. Ini terjadi di seluruh dunia, sebab terang itu sudah datang di tengah2 gelap Mat 4:16. Dalam era Wasiat Baru ini Allah akan menyelesaikan rencanaNya, yaitu menebus manusia dan ber-sama2 dalam tubuh Kristus menumbuhkannya sampai rencana Allah digenapkan dalam manusia, yaitu Gerjea menjadi mempelai Kristus, menjadi sempurna.
B. BAGIAN TERAKHIR DARI WASIAT BARU.
Kedatangan Roh Kudus untuk memulai era baru dari Wasiat Baru ini akan membawa kita pada hal2 yang besar dan luar biasa. Sekarang kita sudah sampai pada bagian terakhir dari era baru ini, yang akan membawa Gereja masuk dalam tingkat2 kesempurnaan. Dunia, iblis, daging dan apa saja tidak akan bisa menahan penggenapan rencana Allah Luk 1:37. Dan dengan Tuhan tidak ada yang bisa mencegah rencana Allah bagi GerejaNya, Rom 8:31, 1Yoh 4:4. Kita sudah diberi begitu limpah perlengkapan untuk menang dan tumbuh dalam dunia yang makin jahat ini.
Kita tidak mungkin mengharapkan dunia makin indah damai, sejahtera dan menyenangkan seperti Eden atau seperti kerajaan 1000 tahun seperti yang diharapkan beberapa orang.
Nubuatan Firman Tuhan mengatakan bahwa pada akhir zaman dosa akan meningkat luar biasa seperti zaman Lot dan Nuh Luk 17:26-30. Kita tidak bisa mengharapkan transformasi seluruh dunia menjadi indah dengan kuasa Allah, sebab itu tidak dijanjikan Tuhan (itu baru terjadi sesudah kedatangan Tuhan II dan perang Harmagedon, dimana seluruh dunia dimusnakan, sisa hanya 2 atau 3 ratus ribu orang).
Kita tidak menunggu bumi yang baru yang indah seperti yang dijanjikan dalam kerajaan 1000 tahun, sebab itu baru terjadi sesudah Harmagedon.
Justru kita harus bersedia sekarang menghadapi dunia yang semakin jahat dan keji dengan banjir (atau tsunami) dosa di mana2 yang akan menghanyutkan dan menjatuhkan orang2 beriman yang tidak bersedia 1Tim 4:1, 2Tes 2:3.
Kita harus bersedia menghadapi peperangan rohani yang sangat besar dan dahsyat bahkan peperangan rohani yang paling dahsyat, 3,5 tahun sebelum Tuhan Yesus datang (pengangkatan).
Kita harus betul2 disiapkan seperti pasukan khusus untuk menghadapi peperangan rohani yang paling dahsyat. Perlengkapan yang diberikan Tuhan dalam Wasiat Baru itu tujuannya terutama untuk peperangan yang terakhir ini, supaya Gereja menang dalam masa kesukaran yang dikuasai Antikris (tiga Antikris pendahulu Dan 7) sehingga rencana Allah dalam Gereja digenapkan.
Dengan Allah kita akan melakukan hal2 yang besar Maz 60:14. Ini yang disediakan Allah dengan ajaib dalam Wasiat Baru ini.Dalam Hujan awal sudah terbukti bahwa rencana Allah betul2 mulai digenapkan, Gereja yang baru lahir menang dengan luar biasa. 12 murid yang sederhana dan tidak terpelajar Kis 4:13, bukan orang penting dalam masyarakat, bukan orang berkuasa tetapi mereka hanyalah orang2 tingkat rendah dalam masyarakat. Tetapi dengan mereka Tuhan sanggup memulai mendirikan Gereja di tengah2 aniaya yang dahsyat, sebab Roh Kudus mulai dicurahkan dalam Hujan-awal.
Sekarang pada akhir Wasiat Baru, kita akan mengalami Hujan akhir yang dahsyat untuk menggenapkan rencana Allah. Tanda2 ajaib dan mujizat2 akan limpah, Firman Tuhan akan terbuka semuanya, pengurapan Roh Kudus akan limpah bahkan beberapa banyak akan mengalami seperti Putra manusia Yesus, pengurapan yang tidak terbatas Yoh 3:34. Semua penyakit dalam Gereja Tuhan akan sembuh, seperti yang dilakukan Putra manusia Yesus dalam Hujan-awal, bahkan lebih lagi (cabang kedokterang yang muda adalah: anti aging. Hasilnya terbatas. Tetapi dalam masa ini orang2 akan mengalami kelimpahan kuasa Allah seperti Musa sehingga mengalami semacam anti aging. Kaca mata akan lepas dll Ul 34:7. Sebab semua anggota Gereja akhir zaman tidak ada yang mati, semua penyakit sembuh, semua ikut pengangkatan 1Kor 15:51. Luar biasa). Kesukaan Surgawi akan terasa luar biasa, sehingga rasanya seperti sudah di Surga, tetapi masih di bumi, inilah Surga di bumi. Perlengkapan jasmani juga berlimpah dan terjadi hidup bersama seperti dalam Kis 2:44-45. Tetapi hukum2 Tuhan juga akan sangat keras dan ketat 2Kor 10:6. Dalam kelimpahan berkat2 jasmani, juga akan muncul orang2 yang tidak jujur dan tamak, tetapi dalam masa ini semua akan langsung mati di tempat seperti Ananias Safira. Tidak ada yang berani menjamah dengan tangan yang cinta uang, langsung mati.
Namun yang penting itu bukan mujizat dan berkat2 jasmani sebagai perlengkapan, tetapi orang2 beriman akan tumbuh dalam semua kesukaran yang dahsyat (seluruh dunia dikuasai Antikirs pendahulu). Dengan perlengkapan rohani yang limpah, orang2 yang dipimpin Roh makin berubah dalam tabiat dan hidupnya seperti Kristus sehingga namanya yang tercatat dalam Surga (Luk 10:20) suatunama dengan kesaksian yang indah dan kekal, juga benihnya kekal, yaitu orang2 yang dimenagnkan dan ditumbuhkan dalam Kristus. Jiwa2 dimenangkan menjadi mahkota kemuliaan kita untuk kekal 1Tes 2:19. Semua ini adalah hasil kekal yang akan kita bawa sampai kekal Yes 66:22, luar biasa. Gereja akan berkemenangan dan tumbuh dengan cepat.

IV. PERSIAPAN

Tuhan menyuruh kita bersedia Mat 24:42. Sebab kalau tidak bersedia, tidak mungkin bisa menghadapi hari2 yang sulit itu, yaitu dengan:

  1. Pondasi yang kuat Mat 7:24-29. Akhir zaman akan datang seperti badai banjir dan hujan yang dahsyat yang belum pernah terjadi. Sekarang kita harus makan manna 2 gomer, betul2 tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan 2Pet 3:18 supaya jangan belum apa2, kena macam2 arus ajaran yang agak keliru, yang campuran, yang ekstrim tetapi logis, menjadi kacau dan undur Ef 4:14. Kalau kita mengerti kebenaran dengan baik (Yoh 16:13) maka ajaran2 yang miring, minor, keliru tidak akan mengganggu dan membingungkan, sebab kita mengerti baik2. Sekarang kita sudah harus bersedia, betul2 tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan yang jelas dan kuat, bukan besok baru mulai, terlambat.
    Mengerti kebenaran Firman Tuhan, istimewa rahasia2 Firman Tuhan yang dalam2 yang dibukakan pada akhir zaman Ef 3:9-10. Inilah rahasia2 yang akan membawa orang percaya kepada kesempurnaan rencana Allah yang paling puncakdan dalam. Banyak orang belum mengerti tentang rahasia penyempurnaan ini. Orang yang tidak mengerti, tidak bisa melihat rahasia ini, maka ia tidak akan mendapatkannya 2Raj 2:10. Kalau kita mengerti baru bisa ber-buah2 bahkan sampai 100x ganda = sempurna Mat 13:23. Belajarlah baik2 untuk tumbuh. Dibutuhkan pengertian (mengerti faedah tumbuh dalam rahasia2 Firman Tuhan) dan pertolongan Roh Kudus serta waktu! Perlu waktu banyak untuk belajar, sebab itu tebus waktu Ef 5:16. Jangan terpengaruh oleh dunia dan segala fasilitas jasmani yang fana, sehingga waktunya habis untuk hal2 yang fana saja. Jangan mengurangi hal2 rohani, tetapi TMSP (Terus Meningkat Sampai Puncak! Pil 4:14, naik lebih tinggi).
  2. Hidup suci, tulus, rendah hati dan semua tabiat yang baru, yaitu hidup baru seperti Kristus. Sekarang harus selalu dalam kantong kulit baru Luk 5:37-38 (supaya jangan pecah waktu kegerakan Roh yang besar itu datang). Selalu hidup dalam kesucian yang betul2 bebas dan merdeka dari dosa, bukan jatuh bangun dalam dosa, orang2 seperti ini akan jatuh dan undur. Terus hidup baru dan tumbuh dalam tabiat baru makin seperti Kristus. Suci berarti tidak ada dosa, baik dalam waktu yang lalu, sekarang dan yang akan datang sampai dalam ujung angan2. Juga terhadap orang lain tidak ada benci, jengkel, tidak senang dll. Tabiat baru harus tumbuh dalam kesucian sehingga makin seperti Kristus. Terus tumbuh dalam kesucian, supaya kita berkenan pada Tuhan. Hidup dalam kesucian itu termasuk juga mau pikul salib terus menerus, supaya bisa taat dipimpin Roh. Tanpa salib (menyangkal diri, mematikan tabiat daging) kita tidak bisa taat dipimpin Roh. Tabiat baru dan suci, dipimpin Roh, ini semua adalah ligabis yang siap untuk kedatangan Tuhan.
  3. Bersekutu dalam tubuh Kristus. Yoh 17:21-23. Kita sudah harus bisa bersekutu dan bekerjasama. Mula2 dalam kelompok kecil (sel group) dan makin lama makin besar. Bisa sehati dengan tulus antara banyak orang itu tidak mudah. Lebih banyak orang, lebih banyak pendapat, lebih banyak kemauan yang ber-beda2, lebihsulit. Tetapi kita harus mau menyangkal diri supaya bisa bersatu dan bekerjasama, supaya di dalam kesucian dan kasih kita bisa belajar bersekutu 1Yoh 1:7. Dengan kasih (berarti banyak pengampunan 1Pet 4:8) dengan menyangkal diri kita belajar bersatu dalam Firman Tuhan dan Roh Kudus. Kalau semua dipimpin Roh, Roh Kudus yang akan mengatur dan menyesuaikan setiap orang satu dengan yang lainnya sehingga bisa kompak dan cocok di atas kebenaran Firman Tuhan yang sama! Ingat untuk persatuan yang benar, pengertian, keyakinan harus sama 1Kor 1:10, Mrk 3:25, Pil 2:2, 3:16, Amos 3:3, Rom 15:5,6, dst. Ada lima tingkat perbedaan tafsiran dan setiap Gereja, dan ini harus diperhatikan dan ditangani supaya bisa bersatu dengan betul seperti yang dikatakan dalam Firman Tuhan. Bahan persatuan dari luar, formil saja, tetapi sehati, sejiwa, sepikir, kelompok demi kelompok dalam Gereja harus bisa bersatu seperti Mrk 3:25. Baru kemudian antara Gereja dan kemudian diantara jumlah Gereja2 yang makin banyak sampai tubuh Kristus global. Semua ini menunggu pekerjaan Roh Kudus, sebab pada akhir zaman Roh Kudus akan membawa kita pada pengertian Firman Tuhan yang sama Ef 4:13 (paling tidak sampai tingkat III atau IV), baru bisa kompak penuh dan kekuatan masing2 bisa naik sampai 100 kali ganda Im 26:8 (100 orang bisa bersekutu dengan sehati, sejiwa, bukan hanya 2 atau 3 orang, ini permulaannya Mat 18:19-20). Kalau kita bisa bersektuu ber-sama2 dalam persekutuan tubuh Kristus, maka kekuatan masing2 akan meningkat amat banyak yaitu 100 kali ganda (bahkan bisa sampai 1000 kali Yus 23:10). Dengan demikian Gereja Tuhan bisa tumbuh dan meningkat sangat cepat sampai tingkat sempurna oleh kuasa Roh Kudus dan persatuan yang betul2 kompak dalam Firman Tuhan yang sudah terbuka semua! (Makin lama rahasia Firman Tuhan yang umum akan terbuka untuk semua, tetapi rahasia yang dalam2 hanya untuk orang yang bisa hidup dipimpin Roh, sebab ini yang bisa tahan dan tumbuh dalam masa akhir zaman yang sulit ini dan ikut pengangkatan.
    Jangan lupa persekutuan dalam Roh (1Kor 12:21-22) dan dalam Firman Tuhan itubukan nanti dalam hari2 yang sulit, tetapi sekarang sudah harus dimulai paling sedikit dalam keluarga dan Gereja lokal lalu sinode dan Gereja sekota dst. Kita harus bisa bersekutu dengan manis dalam tubuh Kristus untuk kerjasama dalam menghadapi dunia dan Antikris, selainpelayanan, dalam ibadah dll. Ini baru bisa terjadi kalau persatuan sudah kompak oleh Firman Tuhan dan Roh Kudus. Kalau sekarang tidak bisa kompak, apalagi nanti dalam akhir zaman yang dahsyat itu.
    Sekarang masa bersedia dan waktu itu sudah harus dewasa rohani,sudah siap masuk dalam pertempuran rohani. Orang yangberlatih untuk bertempur, itu bukan waktu perang, tetapi sebelumnya!
    Roh Kudus (puncak Hujan akhir) akan dicurahkan dan kerbat baru akan tahan bahkan menjadi makin indah, juga sebab punya pendirian yang betul. Hujan-akhir juga paling tepat untuk gandum yang sudah menyorongkan mayangnya, tinggal membutuhkan finishing, penyempurnaan.
    Sekarang waktunya membuat pondasi rohani, terus belajar dengan giat, terus menerus dalam pimpinan Roh Kudus yang menjadi Guru pribadi untuk masuk dalam kebenaran Allah. 1Yoh 2:20,27, Yoh 16:13.

KESIMPULAN

Kita bersyukur Putra manusia Yesus mau menderita sampai genap, suatu penderitaan yang dahsyat untuk menyelamatkan dan menumbuhkan manusia sampai sempurna.
Semua orang beriman membutuhkan baptisan Roh Kudus (Dia Allah Penolong Pribadi kita) dan belajar terus hidup dipimpin Roh. Hadapi semua problem yang sekarang kita hadapi dengan pimpinan Roh Kudus, hasilnya akan sangat indah, sebab se-olah2 Tuhan Yesus sendiri yang menangani. Pakai setiap problem yang kita hadapi sebagai latihan untuk meningkatkan kemampuan kita hidup dipimpin roh. Sekarang kita harus belajar mahir berjalan dipimpin Roh, sebab dalam masa2 yang sulit itu sudah harus bisa lari (= mahir)dipimpin Roh.Gereja Tuhan harus disiapkan untuk masuk dalam masa yang sangat sulit itu, kalau bisa, kalau menang, masa sulit itu akan menjadizaman keemasan Gereja yang amat heran di tengah2segala problem2 yang sulit.
Hidup dipimpin Roh itu sangat indah, mulia, puas dan terus berkemenangan, baik terhadap dosa, problem, ancaman, pekerjaan iblis dan apa saja, sebab bukan kita, tetapi Roh Kudus yang hidup dalam kita. Gal 2:19-20.

Nyanyian:

Hidupku bukannya aku lagi