M3515 – 2Korintus 8:21, Matius 5:33-37 Jujur, Bukan Dusta (15Apr’12)

Download MP3 Khotbah: M3515

Dalam King James version ada banyak kata jujur yang berasal dari banyak kata2 Yunani yang juga bisa berarti: sepatutnya, baik, terhormat dll yaitu Kis 6:3, Rom 12:17; 13:13, 2Kor 8:21; 4:2; 13:7, Pil 4:8, 1Tes 4:12, 1Tim 2:2, Ibr 13:18, 1Pet 2:12. Jujur dan dusta itu tepat berlawanan.

I. DEFINISI

Dusta adalah bicara tidak betul.
Orang dunia : ya, ya atau ya, tidak.
Orang beriman : Ya, ya. Mengapa? Sebab takut akan Allah. Kalau dalam hati “tidak”, di mulut “ya”, Allah tahu dan tetap dianggap dosa, dan itu berasal dari si jahat, kalau tidak bertobat, pada waktunya akan kena hukuman. Tetapi orang yang berkata benar, jujur diberkati dan dikasihi Tuhan.
Sifat Allah adalah kebenaran Wah 16:7, Rom 14:17 dan sifat iblis adalah pembohong, dia bapaknya Yoh 8:44. Orang berdosa adalah anak2 iblis dengan sendirinya punya tabiat seperti bapaknya, tetapi orang yang sudah lahir baru punya tabiat seperti Allah, tetapi masih harus memilih setiap kali menurut daging atau Roh, menurut Allah atau iblis, jujur atau bohong.

II. MENGAPA ORANG BERDOSA TERUS BERDUSTA, SEBAB:

  1. Ini tabiat asli dari bapaknya Yoh 8:44, 1Yoh 3:10, Maz 116:11, tanda khas dari iblis dan anak2nya.
  2. Semua orang lama adalah anak dan hamba bapak pendusta Yoh 8:34.
  3. Diperlukan dalam semua dosa = minyak pelumas mesin dosa dan kejahatan. Tanpa dusta mesin dosa tidak bisa jalan.
  4. Kalau jalan sendiri (apalagi dengan iblis) harus memakai kekuatan dan akal sendiri, selalu butuh dusta Kej 27:24.
  5. Takut manusia dan tidak takut (tidak kenal) Allah Ibr 4:13, Maz 5:7; 61:12.
  6. Hidup lebih mudah. Menguntungkan (sementara) Ams 12:19; 19:5,9.
  7. Tidak sanggup hidup jujur Mat 26:41, Yes 9:5, Maz 6:2.

III. DUSTA DALAM DUNIA

A. Penipuan itu merugikan, dilarang.
B. Yang dapat diterima adalah:

  1. Dusta putih, maksudnya baik. Dusta dalam Wasiat Lama, dalam ibadah cara lahiriah masih dibiarkan asal maksudnya baik, sebab kalau perlu diminta bersumpah. Dalam Wasiat Baru tidak boleh dengan alasan apapun dan tidak boleh bersumpah melainkan ya, ya Mat 5:37. Memang tantangan2nya banyak dan hidup seperti ini jauh lebih sulit.
  2. Asal tidak ketahuan, polisipun tidak menangkap (tetapi Allah tahu, sebab itu orang beriman tidak boleh berdusta).
  3. Ada alasan yang tepat, apalagi alasan darurat.
  4. Dusta kecil.
  5. Pura2.
  6. Kesan2 dusta yaitu bicara tidak jelas atau artinya kabur, dan yang diberikan hanya setengah kebenaran saja.

IV. APA ARTINYA KALAU ORANG BERIMAN BERDUSTA

  1. Menuruti daging, tidak menyangkali daging, tidak pikul salib. Sebetulnya orang lahir baru bisa hidup suci asal setiap kali ia memilih taat dipimpin Roh, hidup benar dan jujur, pasti bisa sekalipun tantangannya besar.
  2. Seringkali tertipu oleh iblis/ setan, yang selalu berkata: tidak apa2. 2Kor 2:11, tetapi ini dosa Rom 3:13 dibenci Allah Ams 12:22. Kalau terus menabur dosa, penuaiannya pahit, dahsyat.
  3. Melawan kebenaran yaitu melawan Allah yang benar 1Yoh 1:5. Biasanya hukuman Tuhan lambat Pkh 8:11 tetapi ia tetap harus bertanggungjawab untuk setiap kata2nya Mat 12:36, Rom 14:12.
  4. Tanda dari orang beriman yang memakai kekuatan sendiri atau melakukan rencananya sendiri, tidak bisa tanpa dusta. Misalnya Ribkah dan Yakub mau merebut hak sulung, mereka “terpaksa” harus berdusta. Kej 27:24. Kalau rencana Allah, bergantung Allah, Allah sanggup melakukannya dalam terang tanpa dusta.
  5. Dusta adalah tanda pasti bahwa orang itu tidak dipimpin Roh, keluar dari ril Allah, keluar dari rencana Allah yang terindah dan mulia dan justru setan bekerja makin aktif dalam orang itu. Dusta adalah tanda khas pekerjaan setan atau orang yang menuruti daging.
  6. Beri tempat pada iblis Ef 4:27 dan iblis akan terus menyerang dan masuk lebih dalam, biasanya timbul dosa2 yang lebih besar dan ber-macam2 dosa lainnya.
  7. Tanda ada dosa lain. Seringkali kalau ada dusta, itu juga tandanya ada dosa yang lain, itu semua karenasama2 menuruti daging/ iblis.
  8. Merugikan orang lain, jadi batu sontohan Rom 2:24 dan merusakkan persekutuan tubuh Kristus 1Yoh 1:7, Ef 4:25.
  9. Akan jadi tabiat dan nafas bohong Ams 19:5,19 makin lama makin terjerumus dalam dosa yang lebih dalam, akhirnya menjadi sama seperti iblis bapanya.
  10. Hubungan dengan Allah putus Yes 59:2, berkat Allah hilang, keluar dari ril dan keluar darirencana Allah. Ada di pihak setan. Akhir dari jalan benar adalah Surga dan akhir dari jalan dusta adalah Neraka dan itu sudah nyata sejak di dunia, yaitu Surga dan tahta Allah dalam orang benar tetapi neraka dan tahta iblis di dalam orang yang bertabiat dusta. (Sebab itu kalau ada dusta atau dosa apapun, lekas bertobat kembali dan paling baik, jangan sampai berdusta atau berdosa).

V. TANTANGAN BAGI ORANG BERIMAN YANG HIDUP JUJUR

  1. Sulit. Mau hidup jujur, kalau bodoh, langsung dimakan orang. Selain harus cerdik (dengan hikmat Allah) Mat 10:16 kita perlu perlindungan, penjagaan dan kuasa Allah, sebab itu harus lekat terus dengan Dia. Memang untuk hidup seperti Allah, kita harus lekat dengan Dia Yoh 15:5, sebab tanpa Dia kita tidak bisa hidup seperti Dia. Sebab itu belajar berdoa dalam Roh dan kebenaran (dipimpin Roh) sehingga Allah selalu stand by membela dan melindungi, tetapi kita harus selalu minta hikmat, kuasa dan pimpinan Roh Kudus. Menggenapi hukum Allah perlu bantuan Allah, jangan sendirian. Jangan lupa kebutuhan pokok rohani harus selalu dicukupi (1. Hidup suci, 2. Selalu pikul salib supaya Roh Kudus bisa bekerja dan kita dipimpin olehNya, 3. Doa, 4. Tekun dalam Firman Tuhan, 5. Ibadah, 6. Persekutuan, 7. Pelayanan).
  2. Untung sementara atau selamatnya Ams 12:19. Dengan berdusta didapatkan gampang sementara tetapi akhirnya celaka selamanya. Tetapi kalau orang jujur itu susah sementara tetapi akhirnya senang selamanya, sebab kita akan menuai dari penaburan yang benar Gal 6:7-8.
  3. Orang yang selalu jujur itu seringkali terasa keras, kaku dan banyak rugi, tetapi kalau kita memakai pertolongan Tuhan dengan hikmat, kuasa dan pemeliharaan serta penjagaanNya maka kita tidak rugi tetapi untung; kadang2 kita masih harus menunggu sesaat Rom 8:29. Dalam perdagangan dan usaha akhirnya akan tampak orang yang jujur, meskipun kaku, tetapi bisa dipercaya. Memang orang2 yang mengajak smokel dan merubah harga dan jumlah tidak akan senang dengan orang jujur, tetapi Tuhan akan memberkati dan berkat itu tetap datang Ul 28:2. Tentu kita harus bersikap bijak dan menyenangkan dengan cara yang patut dan jujur.

VI. MENGHADAPI TANTANGAN HIDUP JUJUR

Kita harus belajar selalu berjalan dengan Tuhan Rom 8:31, 1Yoh 4:4 maka Tuhan ada di pihak kita untuk menolong, baik dalam hal jasmani dan rohani.

  1. Tidak bisa menjawab, minta hikmat Allah untuk menjawab hal2 yang sulit Mat 10:20; 22:22.
  2. Tidak berdaya, minta kuasa Allah Kis 12:27, Dia sanggup menolong kita.
  3. Tidak tertolong, serahkan dalam tangan Allah Dan 6:24.

Dosa dan kejahatan pada akhir zaman meningkat Wah 22:11, 2Tim 3:1-5 sehingga hidup jujur makin sulit, tetapi jangan lupa, dalam hari2 yang sulit fasilitas Allah yang disediakan untuk menolong kita juga bertambah dengan limpah bersamaan, kalau tidak sulit untuk bertahan dan semua akan jatuh dalam dosa. Tetapi fasilitas Allah begitu limpah sehingga dalam puncak2 kesulitan itu Gereja justru mengalami masa keemasan yang luar biasa, sebab fasilitas jasmani dan rohani justru makin limpah, sampai pengangkatan, baru sesudah itu Gereja akan mengalami jalan buntu 100% tanpa pertolongan Allah hanya dari 2 Saksi yang sekedar menguatkan tetapi semua fasilitas dirampas habis dan lenyap, juga nama Tuhan Yesus se-olah2 tidak ada kuasanya lagi. 2Tes 2:7. (Ini memang sudah dinubuatkan dalam Firman Tuhan sehingga semua orang yang tertinggal akan dilenyapkan Wah 13:7).

VII. KEUNTUNGAN ORANG YANG HIDUP JUJUR/ BENAR

  1. Ini jalan ilahi yang betul.
  2. Ini menjadi latihan bagi umat Tuhan untuk:
    a.
    Selalu hidup benar sekalipun sulit, dan harus selalu menyangkal diri.b. Latihan untuk menguasai problem.
    c. Latihan untuk hidup dipimpin Roh dalam jalan yang benar dan dalam rencana Allah sehingga bisa masuk dalam rencana penamatan Allah.
  3. Tinggal di pihak Allah sehingga:
    a.
    Tumbuh dalam pengolahan yang lebih sulit.b. Pasti diberkati Maz 37:25-26; 92:13-15.
    c. Pasti menang, Rom 8:31, Maz 60:14.
    d. Persekutuan tubuh Kristus makin kuat 1Yoh 1:7, Ams 4:18.

VIII. PERTUMBUHAN JUJUR DAN DUSTA

A. ORANG JUJUR di dalam Tuhan, pengetahuannya tidak akan macet sebab justru dalam sikon yang sulit Ibr 2:10 dan penuh tantangan dan derita, akan makin tumbuh dalam kesucian menjadi seperti Kristus dan akhirnya mutlak suci, tidak mungkin berdosa apapun jua.
B. PERTUMBUHAN DUSTA.

  1. Benih dusta: tidak mau mengakui salahnya Yak 5:16.
  2. Dusta kecil. Orang yang keras hati, tidak mau bertobat, lama2 perasaan hatinya rusak, mati Ams 14:16 sehingga dusta tumbuh terus dengan cepat.
  3. Nafas dusta Ams 19:5,9. Semua yang dikatakan penuh dusta. Ini lawannya daripada nafas kebenaran Ams 16:13; 23:16.
  4. Dusta besar, itu seperti iblis, sebab itu, kalau masih mau jalan ke Surga dan tidak mau ke Neraka, kita harus meninggalkan dusta dan hidup benar dan jujur. Dengan Tuhan kita sanggup.

IX. BAGAIMANA BISA JUJUR DAN LEPAS DARI DUSTA

Untuk berhenti dari dusta dan kesalahan lidah itu tidak mudah, itu tingkat yang tinggi Yak 3:2-3. Tetapi kita harus tumbuh, maju supaya lepas dari semua dusta sekalipun dari bentuk benihnya. Tuhan akan menolong dan membuat kita sanggup dan berhasil.

  1. Orang yang percaya pada Tuhan Yesus pasti bisa Rom 6:1-2,5. Sebab kita sudah berubah menjadiorang baru dengan tabiat baru seperti Kristus Rom 6:4, 2Kor 5:17.
  2. Mau lepas. Tandanya orang yang sungguh2 mau adalah: a. Mau mengakui semua dosanya dan meninggalkannya.
    b. Mau pikul salib menyangkali setiap dusta dan keuntungan2 dari dusta, termasuk mau menanggung resiko bicara jujur.
  3. Lekat pada Tuhan Yoh 15:5. Dengan memakai semua kebutuhan pokok orang beriman yaitu hidup dalam Ruangan Suci.
  4. Penuh dan dipimpin Roh, selalu berdoa senantiasa dalam Roh dan kebenaran.
  5. Saling tolong menolong, nasehat, pelayanan dalam Roh untuk semua anggota dalampersekutuan tubuh Kristus Kol 3:16. Kalau bisa bersekutu maka kekuatan kita akan meningkat luar biasa Im 26:8 dan bisa hidup benar, jujur selalu. Kalau toh ada kesalahan, segera dibereskan, jangan dibiarkan bermalam/ ber-larut2, kembali di pihak Tuhan lagi Yak 4:7-8. Tetapi seharusnya kita memelihara diri dalam kesucian, jangan berdosa lagi supaya jangan mengalami yang lebih dahsyat Yoh 5:14; 8:11.

X. KEUNTUNGAN ORANG HIDUP JUJUR/ BENAR

  1. Yang menang akan jadi lebih dari pemenang Rom 8:37. Semua orang dalam Gereja akhir zaman yang menang akan dapat kemenangan yang lebih besar dari Tuhan Wah 2:7,17 dst. Orang yang bisa hidup jujur/ benar berarti ia menang, maka dalam hari2 yang sulit yang akan datang, ia akan tetap menang Luk 16:10, yang punya kemenangan akan ditambahi lagi Mat 13:12. Dia yang memulai, Dia akan melanjutkan sampai ke akhir Pil 1:6, Ibr 7:25, Ebenezer 1Sam 7:6.
  2. Tuhan akan memperlengkapi dengan fasilitas akhir zaman yang ilahi (kecanggihan maksimal) sehingga menang penuh dan ada harapan menjadi sempurna.
  3. Bisa mengalami penamatan rencana Allah yaitu masuk dalam pengangkatan, bahkan ada yang menjadi sempurna. Jangan takut menghadapi kesukaran2 untuk bisa hidup seperti kehendak dan rencana Allah, sebab Dia pasti sanggup menyelesaikan rencanaNya dan orang beriman yang mau ikut dalam jalan sempit ini, pasti akan bisa diolah sampai penuh seperti Kristus. Proyek Allah tidak mungkin gagal. Yang mau, Allah akan sanggup menolongnya sampai puncak tertinggi menjadi seperti Kristus, mempelaiNya.

KESIMPULAN

Kita harus ingat bahwa yang kita bawa dalam pengangkatan beberapa tahun lagi, hanyalah hal2 yang kekal. Sebab itu jangan mau terikat dengan yang fana, pakailah seperti orang yang tidak memakai 1Kor 7:31. Kalau mata kita melihat jelas ke depan seperti Musa Ibr 11:27 seperti keledai Isachar Kej 49:14-15, maka kita pasti bisa memenangkantantangan untuk hidup jujur tanpa dusta dan kita boleh masuk dalam rencana kemuliaan Allah.

Nyanyian:

Tabernakel Glori no. 241.
Hidupkah kau benar (jujur)