M3500 – Matius 24:42,44 Selalu Berjaga-jaga (12 Feb '12)

OUTLINE (silahkan klik judul bab berikut untuk langsung menuju bab yang diinginkan):

 

Matius 24:42 Sebab itu berjaga-jagalah, karena kamu tidak mengetahui jam berapa Tuhanmu akan datang. (KJI)

Matius 24:44 Oleh sebab itu hendaklah kamu siap sedia; karena Putra manusia datang pada jam yang tidak kamu pikirkan. (KJI)

PENDAHULUAN

Kalau sekali luput, tidak ikut pengangkatan, celaka untuk kekal, sebab itu kita harus selalu ber-jaga2 seperti orang menjaga pencuri (tidak tahu kapan datangnya) tetapi Dia pasti datang seperti orang hamil itu pasti beranak 1Tes 5:3-6.
Tanda2 zaman seperti yang diceritakan dalam Mat 24:4-13 dst makin nyata.
Kumpulan peristiwa2 dahsyat yang terjadi dalam tahun 2011 (dalam segala bidang) itu jauh lebih banyak dari tahun yang sebelumnya bahkan berlipat kali ganda. Hal2 ini akan makin meningkat, akan datang masa yang sangat sulit dan akan ada banyak kejatuhan orang beriman.
Kita perlu recheck persiapan kita supaya kesempatan pengangkatan yang hanya satu kali itu tidak sampai kelewatan sebab itu berarti celaka besar (kalau kita sudah siap, tetapi mati dahulu, kita akan tetap ikut pengangkatan, bahkan akan diangkat lebih dahulu daripada orang2 yang masih hidup 1Tes 4:16,17).

Bagaimana cara kita bersedia?

I. TINGGAL TETAP DI JALAN SEMPIT

Matius 7:13-14 Masuklah melalui gerbang yang sesak; karena luaslah gerbang dan lebarlah jalan yang membawa kepada kebinasaan, dan banyaklah orang yang masuk melewatinya. Sebab sesaklah gerbang dan sempitlah jalan yang membawa kepada kehidupan dan hanya sedikit orang yang menemukannya. (KJI)

(Hanya ada 2 jalan, tidak ada tempat netral, kalau toh mereka mengklaim dirinya netral itu berarti di jalan lebar Wah 3:16, diludahkan Tuhan keluar).

Semua yang dijalan sempit akan ikut pengangkatan, sebab ini adalah orang2 yang:

  1. Hidup dalam kesucian, mahir pikul salib, mematikan daging, tidak mau menuruti daging tetapi taat akan Firman Tuhan sehingga tetap dalam kesucian. Hidup suci itu bukan hanya waktu tidak ada apa2, waktu semua berjalan lancar, tetapi juga waktu ada problem, gangguan atau pencobaan, tetap hidup dalam kesucian, tidak bereaksi dosa. Meskipun diganggu, tetap tulus tetapi cerdik seperti ular Mat 10:16. Kalau tidak cerdik, hancur digilas orang2 dan sikon yang jahat. Karena itu kita perlu saling nasehat menasehati dan salingmendoakan supaya bisa bersikap cerdik oleh Firman Tuhan dan pimpinan Roh Kudus.
  2. Melakukan kehendak Tuhan Mat 7:21. Bukan hanya pasif ikut Tuhan, tetapi aktif melakukan kehendak Allah dalam segala segi hidup kita. Misalnya dalam hal hidup sebagai isteri sesuai dengan Firman Tuhan, itu kehendak Tuhan; Juga sebagai suami, anak, orangtua, sebagai sahabat, sebagai pegawai, majikan dll kita harus hidup sesuai dengan Firman Tuhan. Juga dalam ibadah, pelayanan, bersaksi dalam setiap kesempatan yang diberikan Tuhan.
  3. Biasanya ada sejahtera dari Allah dalam orang2 yang berjalan di jalan sempit dan Tuhan selalu memperhatikannya 1Pet 3:12 siap untuk menolong orang2 yang di pihak Tuhan ini Rom 8:31. Orang2 ini masih bisa berdosa atau jatuh tetapi sebab mau mematikan daging bisa langsung bertobat Ibr 3:13,15. Orang yang keras hati itu di jalan lebar.

Berjaga-jaga itu tumbuh, maju dalam jalan sempit.

Apa yang harus kita kerjakan?

  1. Pelihara diri sendiri, tetap di jalan sempit.
  2. Saling tolong menolong dengan orang2 beriman lainnya, istimewanya keluarga dan orang2 yang berada dalam kelompok tanggungjawabnya supaya semua juga tetap di jalan sempit. Yang keluar ke jalan lebar. kita doakan dan pimpin kembali ke jalan sempit.
  3. Bersekutu dan kerjasama dengan semua yang di jalan sempit, belajar bersekutu sesuai Firman Tuhan.
  4. Memenangkan jiwa2 baru dan langsung dituntun di jalan sempit. Jalan lebar bukan jalan kita.

II. BISA TAHAN DI JALAN SEMPIT?

Ini pertanyaan aneh untuk orang yang mengerti Firman Tuhan dan taat; pertanyaan ini sama seperti orang bertanya: bisa tahan tetap hidup sehat? Pasti bisa, justru ini indah, terbaik dan yang dicari. Orang yang sungguh2 berjalan maju di jalan sempit (ia bisa menikmati kesukaan jalan sempit Mat 11:30) tidak mau pindah ke jalan lebar sekalipun dirayu. Tetapi orang yang hatinya di jalan lebar seperti Lot, sulit untuk bertahan terus di jalan sempit, dan kalau ada kesempatan, langsung pindah ke Sodom. Maka orang yang hidup dalam dosa, keduniawian, hidup menurut daging, baru bertanya seperti ini.

Oleh pekerjaan Roh Kudus (Hujan-akhir) dan semua fasilitas ilahi, jumlah orang2 di jalan sempit makin banyak sampai genap jumlahnya. Tetapi orang2 yang hidup di jalan lebar tidak akan tahan "dianiaya" terus sebab hatinya cinta dunia 1Yoh 2:15-16. Untuk orang2 ini memang cocok pertanyaan tadi (contoh yang serupa juga ada pada orang2 dalam budaya zina, mereka sering bertanya pada pasangan suami isteri yang rukun: koq tahan menikah sekianlama, mengapa tidak cerai dan ganti pasangan hidup? Untuk orang yang hidup suci dan cinta isteri/ suaminya, pertanyaan ini jahat dananeh!).

Ini orang2 jalan lebar tetapi hidup dalam Gereja. Mengakui sebagai orang Kristen tetapi hidupnya duniawi Tit 1:16, seperti 10 pengintai Israel dan orang2 yang melawan Musa, keluar dari Mesir, tetapi Mesir masih ada dalam hatinya. Orang2 seperti ini tidak tahan hidup terlalu lama di luar Mesir, ingin kembali ke Mesir.

Pada akhir zaman godaan dan rayuan dosa itu terlalu kuat sehingga banyak orang2 Kristen jalan lebar yang gugur, tetapi sebagian tetap tinggal dalam Gereja seperti 4 Gereja jalan lebar Wah 2-3, sebagian yang langsung undur ke dunia sehingga tidak lagi ber-edar2 dalam Gereja. Semua orang yang undur ini akan tertinggal waktu pengangkatan dan diantara mereka yang mau bertobat, dianiaya Antikris sampai mati Wah 13:7.

Jangan heran melihat beberapa banyak orang Kristen jalan lebar yang undur ke dunia atau mencari Gereja2 yang cocok dengan selera daging atau duniawinya dan memang ada 4 Gereja yang ditegur Tuhan supaya bertobat dari dosa2nya. Akan ada banyak kejatuhan pada akhir zaman yaitu orang2 Kristen yang hidup dalam jalan lebar, mereka ada di semua Gereja2, jangan terpengaruh oleh mereka.

Semua yang hidup dalam dosa, di Halaman, melazatkan daging akan gugur dalam dosa dan undur tetapi sebagian tetap tinggal dalam Gereja, ia memilih Gereja yang hidup dalam dosa seperti 4 Gereja akhir zaman (Sardis, Laodikea, Pergamus, Tiatira).

Kejatuhan ini sudah dinubuatkan dalam 1Tim 4:1, 2Tes 2:3.

Mengapa orang2 Kristen ini bisa gugur? Mereka jatuh dalam pencobaan.

III. PENCOBAAN PRIBADI DAN PENCOBAAN SIKON / MASAAL

Secara pribadi seorang tidak akan dicobai lebih dari kekuatannya 1Kor 10:13. Ini tetap berlaku. Tetapi kita juga hidup dalam suasana disekitar kita dan sikon itu juga bisa menjadi pencobaan bagi setiap orang beriman, apalagi bagi orang2 yang ada dalam lingkungannya. (Seharusnya ia keluar daripadanya Ams 22:3, Kel 23:2).

Secara masaal seorang bisa kena pencobaan di sekitarnya dan itu bisa lebih dari kekuatannya. Sebab dosa dalam dunia makin hari makin ber-tambah2 Wah 22:11 (dan ini bisa menjadi pencobaan bagi ora
ng2 yang ada dalam sikon itu), maka orang2 itu bisa kena pencobaan sikon yang lebih dari kekuatannya. Kalau dosa terus meningkat dan kejahatan makin ber-tambah2, pasti sikon yang menjadi pencobaan juga makin berat, bisa lebih dari kekuatan rohaninya.

Istimewa pada akhir zaman, dosa dan kejahatan akan terus meningkat sampai puncak2nya sehingga dunia ini menjadi pencobaan yang dahsyat dan banyak orang beriman pada akhir zaman akan gugur dari imannya 1Tim 4:1, 2Tes 2:3. Banyak kecurangan, korupsi dan kejahatan uang makin ber-tambah2 sehingga akhirnya hukum rimba yang terjadi dan yang miskin, lemah akan di-injak2 dan mati. Yang berani nekad menjadi jahat.

Juga segala dosa lainnya. Banyak hal2 yang jahat, keji mulai dianggap wajar seperti homo, dosa2 sex, pelacuran dilegaliser, tinju dianggap olahraga, bahkan juga perempuan ikut tinju dll.

Ini pasti terjadi di seluruh dunia. Semua ini sudah dinubuatkan dalam Firman Tuhan. Dosa akan makin bertambah, kejahatan makin merajalela dan hidup suci makin sulit.

Sebab itu Tuhan menyuruh kita bersiap sedia dengan sungguh2, sebab ini pasti akan terjadi Mat 24:42. Kalau kita tidak mau memperhatikan peringatan ini, akan jatuh, gugur dan terhilang sampai dalam Neraka. Tuhan mengizinkan api ujian menyala lebih panas supaya Gereja diolah dan diuji sampai matang dan sempurna (mirip seperti akhir zaman Kerajaan 1000 tahun). Dengan sendirinya syarat minimum untuk bisa bertahan (tetap selamat) juga meningkat. Masa kesukaran pada akhir zaman ini disebut masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:17. Api pencobaan (dari dosa dan kejahatan dalam dunia ini) akan makin me-nyala2 makin hebat, makin panas, makin dahsyat untuk pengolahan tingkat yang makin tinggi. Sebab itu orang yang tidak bersedia pasti akan jatuh atau gugur.

Kalau dalam pencobaan sekarang sudah kalah apalagi besok dalam sikon yang lebih dahsyat.

Sebab itu terhadap semua ujian yang ada atau yang datang sekarang kita harus lulus, baru ada harapan bisa lulus dalam pencobaan sikon yang akan datang yang begitu dahsyat.

Pencobaan pribadi itu juga makin meningkat sesuai dengan pertumbuhan rohani kita; kalau rohani kita tidak meningkat, maka oleh pencobaan sikon yang akan menjadi terlalu berat, orang yang rohaninya tidak meningkat (tidak ber-jaga2), akan jatuh. Sebab itu mutlak harus tumbuh dalam iman supaya bisa mengatasi sikon yang bertambah jahat dan keji di akhir zaman ini. Sebab itu kita harus meningkat dalam rohani untuk bisa menghadapi sikon akhir zaman yang meningkat begitu dahsyat. Ini yang dimaksud Tuhan dengan ber-jaga2 untuk menghadapi akhir zaman, bahkan dengan dosis (takaran) akhir zaman.

Seperti biasanya supaya kita lulus dalam pencobaan kita harus :

  1. Lulus, tidak bereaksi dosa atau terjebak sampai berdosa.
  2. Melakukan kehendak Allah, istimewa dalam menghadapi pencobaan itu. Kita harus tahu pimpinan dan kehendak Tuhan bagi diri kita masing2 dan taat melakukan kehendak Tuhan sehingga kita bisa mengatasi pencobaan2 yang berat itu dan keluar daripadanya dengan kemenangan. Sebab itu kita harus menjaga kondisi rohani kita bahkan terus bertumbuh makin kuat.

Pencobaan sikon yang terus meningkat pasti terjadi di seluruh dunia. Sebab itu Tuhan menyuruh kita ber-jaga2, bersedia sehingga rohani kita tumbuh, kuat dan meningkat sehingga kita bisa lulus dalam menghadapi pencobaan sikon yang dahsyat itu.

IV. FASILITAS ILAHI YANG DISEDIAKAN

Kalau Allah mengizinkan dosa sangat meningkat pada akhir zaman, sebelumnya Allah sudah menyediakan fasilitas cukup bagi GerejaNya supaya bisa kuat dan menang menghadapinya. Tuhan beri fasilitas yang cukup bahkan limpah supaya kita meningkat sehingga bisa menang melawan pencobaan sikon yang amat dahsyat.

Untuk bisa meningkat dan bersedia di akhir zaman ini, kita harus memakai dosis (takaran) akhir zaman, tidak cukup dosis yang lalu. Ini ekstra lebih banyak dan mutunya lebih tinggi sehingga kita bisa tumbuh suci sampai menjadi sempurna di tengah2 sikon masaal yang begitu jahat dan keji. Kita bisa memperoleh dosis akhir zaman sebab Tuhan memberi fasilitas yang limpah untuk menamatkan rencanaNya, membuat Gerejanya tumbuh sampai masuk dalam kesempurnaan rencana Allah.

Fasilitas ilahi yang diberikan Allah adalah:

  1. Hujan akhir Ul 11:14 lebih dari Hujan-awal yang melahirkan Gereja, Hujan akhir ini menyempurnakan Gereja. Luar biasa.
    Akan terjadi kegerakan yang besar. Kalau komputerisasi mengubah warna dan kapasitas tehnologi sehingga menjadi luar biasa, lebih2 Hujan akhir akan mengubah warna dan kemampuan Gereja menjadi luar biasa.
    Tetapi prinsip Allah tetap harus dipenuhi. Ia hanya bisa memakai orang beriman yang mau taat. Lebih besar dan lebih banyak yang diberikan, orang2 itu juga dituntut lebih banyak (Luk 12:48), hukumnya jadi lebih keras sehingga dalam Hujan-awal Ananias dan isterinya yang salah langsung mati di tempat. Lebih2 dalam Hujan-akhir, kegerakan lebih besar, kita juga dituntut lebih banyak.
    Kita harus menyediakan kerbat kulit baru, kalau tidak, tidak akan tahan dan pecah dalam Hujan-akhir Luk 5:37,38.
  2. Juga Firman Tuhan terbuka semua sehingga semua rahasia2 Allah yang dalam2 terbuka. Orang yang bisa melihat rahasia ini akan mengalaminya 2Pet 2:10.Orang2 yang dipimpin Roh bisa memakai Firman Tuhan dengan efisien untuk masuk dalam rencana Allah yang sempurna.
    Juga segala rahasia iblis dan Antikris akan terbuka bahkan semua yang akan terjadi akan dinyatakan lebih dahulu sehingga dengan pertolongan Roh Kudus kita bisa dengan mudah mengalahkan segala pencobaan dan serangan2 iblis dan kaki tangannya. Roh Kudus akanmemimpin kita meraih kemenangan yang luar biasa dari pencobaan sikon yang dahsyat, sehingga kita lulus dan menang. Meskipun kita menghadapi hal2 yang sangat sulit (lebih2 waktu iblis dilempar ke dunia dengan amarah yang besar Wah 12:12, tetapi kita tetap menang sebab ada kuasa Roh Kudus dan Firman Allah). Kalau rahasia yang akan datang terbuka semua, kita bisa menguasai hari esok dengan Firman Tuhan dan Roh Kudus, sebab selain kita tahu, Roh Kudus yang menyertai kita itu kuasaNya tidak terbatas. Sebab itu Firman Tuhan dalam pengurapan Roh Kudus itu seperti pedang yang tajam, mengalahkan setiap musuh dan pencobaan.
  3. Pelayanan jabatan lengkap, hasilnya luar biasa Ef 4:11-13. Kalau nabi2 bernubuat, rasul mempersatukan tubuh Kristus, penginjil menggerakkan seluruh umat memenangkan jiwa, gembala menumbuhkan domba2 dan guru mengajar, maka pelayanan2 spesialisasi/ jabatan ini mendatangkan hasil yang luar biasa lebih2 ditambahi dengan pelayanan orang sempurna. Gereja akan tumbuh, sehingga mengalami masa keemasan Gereja. Apa artinya? Kita mengalami suasana dan pekerjaan ke-3 Pribadi Allah dengan penuh sehingga menjadi ajaib Wah 12:1. Keadaan Gereja itu seperti di Surga tetapi masih di bumi; sebab itu Gereja akan menang besar lebih daripada mereka yang di Surga. Di surga hampir2 tidak ada musuh, juga tidak ada peperangan yang berarti, hanya sesekali malaikat2 memerangi iblis dan mengalahkannya, tetapi di dunia peperangan Gereja dahsyat sekali, tetapi dengan demikian kita juga menang dengan dahsyat dan besar. Sebab perlengkapan kita se-olah2seperti di Surga, tetapi kekuatan musuh kita tetap. Dalam masa keemasan Gereja, perlengkapan Gereja lebih dari cukup. Meskipun menghadapi dosa dan kejahatan yang dahsyat, Gereja tetap menang, yaitu ligabis yang dipimpin Roh.

V. BERSEDIA DENGAN DOSIS AKHIR ZAMAN

Supaya rohani kita makin kuat dan makin matang, kita perlu mendapatkan dan memakai dosis akhir zaman yaitu:

  1. Tetap hidup suci, bahkan makin meningkat dalam kesucian, sekalipun dosa dan kejahatan meningkat luar biasa. Kita harus cakap menghadapi segala macam pen
    cobaan dan godaan dalam segala segi sehingga menang dan tetap hidup suci. Harus percaya dan mau menurut pimpinan Roh, itu yang paling efektif selalu menang, sehingga bisa tetap hidup suci. Bagaimanapun dosa meningkat dengan dahsyat, dengan tiga Pribadi Allah dalam kita (fasilitas akhir zaman Wah 12:1), kita tetap menang besar. Ini kesucian dosis akhir zaman.
  2. Mahir pikul salib dalam jalan sempit, termasuk hidup di atas Mezbah Tuhan Rom 12:1. Kalau mau pikul salib, dipimpin Roh, maka daging betul2 mati, tetapi suasana Surga nyata dengan segala kuasa dan kemuliaannya, sehingga salib itu terasa amat indah dan penuh kesukaan. Dosis yang biasa (Halaman) adalah Mezbah Korban Bakaran, tetapi dosis akhir zaman, adalah Tirai (Ruangan Suci), kuat memecahkan daging dalam dosa2 akhir zaman sampai masuk dalam kesempurnaan Allah.
  3. Tumbuh oleh Firman Tuhan, makin tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan 2Pet 3:18. Jangan lupa kita harus memakai dosis akhir zaman yaitu dua gomer mulai sekarang Kel 16:22, bukan hanya dalam Minggu ke-70 Daniel, sebab sekarang ini waktunya untuk bersedia (bukan besok2), sehingga kita bisa mengatasi semua siasat dan serangan iblis dan orang2 yang dikuasainya dan tidak sampai jatuh.
  4. Tumbuh oleh doa dalam Roh dan kebenaran. Ini dosis atau doa akhir zaman Yoh 4:23-24. Kita harus makin mahir berdoa dalam Roh bahkan tanpa stop 1Tes 5:17. (Kalau mau berdoa terus menerus, Roh Kudus bisa mengingatkan kita terus menerus; pakai setiap kesempatan, tetapi di hadapan umum jangan bersuara) dan hidup benar dipimpin Roh dalam setiap segi hidup. Ini adalah kekuatan kita untuk menang dalam pencobaan yang manapun.
  5. Bisa bersekutu dalam persekutuan tubuh Kristus. Seringkali persekutuan dalam Gereja2 sekarang ini hanya seperti 60 Tiang2 Pagar Halaman (ini sudah cukup baik Kid 3:7) tetapi tidak cukup untuk dosis akhir zaman, kita harus bisa bersekutu dalam Roh Ef 4:3 yang membuat kita masuk dalam persekutuan tubuh Kristus seperti Papan2 dalam Ruangan Suci dan Ruangan Maha Suci 1Kor 12:11-12 (pekerjaan Kemah Suci = Tabernakel). Ini dosis akhir zaman dari persekutuan orang beriman, yang akan membawa masuk dalam Ruangan Maha Suci (kesempurnaan) sebab papan2 itu ada di Ruangan Suci sampai terus masuk Ruangan Maha Suci. Tentu persekutuan tubuh Kristus harus cocok dengan Firman Tuhan yaitu bersekutu dalam kesucian dan kasih Kristus 1Yoh 1:7, tegas terhadap orang2 yang hidup dalam dosa Jd 23, tidak bersekutu dengan yang jahat atau dosa 1Kor 5:9-11 bahkan harus berani menyalahkannya Ef 5:11 dan menolong mereka dari kejatuhannya Yak 4:17. Bisa saling mengampuni dengan mudah, tidak mendendam, tidak mengganjal, tidak jengkel atau benci, tetapi penuh dengan kasih dan belas kasihan dalam kesucian sehingga kekuatan masing2 dalam persekutuan tubuh Kristus ini naik berlipat kali ganda yaitu sampai 100 atau 1000x.(Im 26:8), Yus 23:10. Dalam Minggu ke-70 Daniel, persekutuan itu kuat sekali, sebab ini bukan persekutuan pura2, (hanya manis di luar), tetapi sampai dalam hati, sebab yang pura2 sudah rebah mati di tempat dalam kegerakan akhir zamanini. Kalau orang2 beriman kekuatannya naik 100 atau 1000x lipat, itu luar biasa, ini tanda2 zaman keemasan Gereja, sehingga Gereja bisa terus menerus menang dan masuk dalam kesempurnaan Allah.
    Sekalipun sekarang kita masih bersedia, belum mengalami Hujan-akhir penuh, tetapi dengan Roh Kudus dan Firman Tuhan yang sama, sudah bisa kita pakai dan kalau kita mau menyerah dan taat, maka kegerakan itu mulai berlaku dalam hidup kita (ingat Luk 12:48, mau kegerakan besar, kita juga harus mau dituntut lebih banyak!). Kita sudah bisa mulai memakai dosis akhir zaman yaitu persekutuan tubuh Kristus di dalam Roh, dan hasilnya juga akan lebih besar.
  6. Tekun ibadah dengan gairah sehingga makin tumbuh dalam semua segi hidupnya, bahkan makin lebih lagi (ini dosis akhir zaman), sebab hari2nya semakin dekat Ibr 10:25.
  7. Pelayanan dalam Roh. Biasanya hanya beberapa orang dipakai Tuhan dengan heran dan namanya terkenal. Tetapi pada kegerakan Roh Kudus begitu banyak orang dipakai Tuhan dengan heran, dengan ber-macam2 mujizat dan kuasa, sehingga orang2 yang heran ini anonym, tidak dikenal (NN) sebab hampir semua orang yang dipimpin Roh bisa dipakai Tuhan. Semua orang beriman yang dipimpin Roh bisa bersaksi dengan penuh hikmat dan kuasa Allah, sebagai garam yang asin, pelita yang menyala sehingga bisa memenangkan jiwa; bukan menjadi beban tetapi ikut memikul beban dalam tubuh Kristus.

Dari 3 milyar orang Kristen, andaikata 100 juta saja penuh dengan Roh Kudus dalam Hujan-akhir ini, dan setiap bulan memenangkan 1 jiwa saja, maka dalam 7 bulan sudah 6,4 milyar orang dimenangkan, angka 2 sudah genap, juga angka 1 dan angka 3 akan segera genap lalu Tuhan datang. Biasanya setiap minggu, bahkan setiap hari orang2 yang dipimpin Roh bisa memenangkan jiwa, sehingga sekalipun permulaannya hanya 100 juta orang di dunia, kalau setiap minggu memenangkan 1 jiwa, maka adalam 13 minggu atau 3 bulan, jumlahnya sudah mencapai 4 Milyard. Sebab itu bersedialah lebih sungguh2 dalam Roh dan kebenaran, maka kita akan mengalami masa keemasan yang ajaib dan penuh kemenangan.

Kalau kita memperhatikan kondisi rohani kita, memakai dosis akhir zaman, maka kita akan terus tumbuh dan bisa lolos dalam segala pencobaan sikon yang makin berat, bahkan kita bisa tumbuh terus dalam rencana kesempurnaan Allah.

Jadi kita harus selalu siap, setiap kali lulus dalam semua pencobaan kita dan naik se-tinggi2nya Pil 4:13.

Roh Kudus Hujan-akhir sudah ada sekarang, Firman Tuhan sudah makin terbuka, kalau hati kita mau dikuasai Roh Kudus maka kegerakan itu akan mulai terjadi dalam hidup kita.

VI. KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Yang sering menjadi pertanyaan beberapa orang ialah, kalau rohani saja diperhatikan, bagaimana dengan kebutuhan se-hari2? Sekalipun hari itu semakin dekat, kita harustetap bekerja, (kecuali yang dipanggil full time), sebab kita tidak tahu kapan Tuhan datang. Baru nanti dalam Minggu ke-70 Daniel kita tahu tanggal kedatangan Tuhan (hati2 jangan tertipu oleh orang2 dan hamba2 Tuhan yang keliru me-raba2 tanggal).

Tetap bekerja, sekalipun sikon akhir zaman itu sangat sulit, penuh bahaya dan kejahatan, tetapi dengan pimpinan Roh Kudus kita akan melihat berkat Tuhan yang halal dan limpah. Jangan lupa:

  1. Cari yang kekal, jangan yang fana Mat 6:33. Beberapa orang berdoa, ibadah, pelayanan supaya dapat keuntungan uang, kedudukan dll yang fana. Tuhan tidak memberi yang fana tetapi yang kekal. Kalau kita mencari yang kekal Kol 3:1-2 hidupnya memperkenankan Allah, maka Tuhan akan menambahkan sebagai ekstra (imbuh)segala kebutuhan kita; Dengan kuasa dan hikmat Allah orang beriman akan tetap diberkati Yes 60:6; 61:6 jasmani dan rohani.
  2. Jangan terbalik, hal2 jasmani itu hanya fasilitas, jangan menjadi tujuan, dan
  3. Tuhan bisa membuat menjadi kaya, asal tanpa cinta uang. Seperti orang membawa nasi 1 gentong, ia hanya makan 1 piring, tidak akanbercintakan sisanya yang limpah. Jangan bercintakan uang.
  4. Kita harus bisa memakai dengan betul, maka berkat Tuhan akan limpah, sekalipun zaman sekarang sangat sulit dan makin sulit.
  5. Milik bersama dalam Minggu ke-70 Daniel Kis 2:43-44 (bukan sekarang!). Ini mungkin karena:
    1. Hukum dalam Gereja sangat keras, tidak ada penyalahgunaan, sebab orang seperti ini akan mati di tempat, baik anggota, baik pemimpin.
    2. Orang2 dipimpin Roh dan penuh penyerahan.
    3. Dalam Minggu ke-70 Daniel, orang2 yang dipimpin Roh sudah tahu tanggal kedatangan Tuhan.
    4. Gereja mengalami zaman keemasan.
    5. Dan lain-lain.

Ini perlu kita ketahui sebagai patokan, sebab itu jangan korbankan waktu, kesucian, hati, hidup untuk yang fana, tetapi untuk y
ang kekal. Semua yang fana akan lenyap.

Sekarang kita sudah harus mulai hidup dengan iman, dengan hikmat dan kuasa Allah, pasti dapat fasilitas yang cukup bahkan limpah tetapi tanpa percintaan.

KESIMPULAN

Akan datang masa yang sangat sulit dalam segala segi, tetapi kalau kita berjalan dengan Tuhan dipimpin Roh, bersedia dengan dosis akhir zaman, kita akan tetap berkemenangan, tidak jatuh, tetapi tumbuh makin indah dan akan masuk dalam zaman keemasan Gereja. Andaikata Tuhan datang sesudah kita mati, tetap tidak rugi, sebab keindahan, kemuliaan, kesukaan dan hal2 indah dari Allah akan limpah dan akan terus mengikuti kita sampai kekal. Wah 14:13.