YS110 – Yesaya 26:13-21 Perang Gog dan Magog (8 Feb 2012)

OUTLINE (silahkan klik judul bab berikut untuk langsung menuju bab yang diinginkan):


YESAYA 26:13 TUHAN DI ATAS SEGALA TUAN

O TUHAN ALLAH KAMI, SELAIN ENGKAU ADA TUAN-TUAN LAIN YANG PERNAH MENGUASAI KAMI, TETAPI KAMI HANYA MENYEBUT NAMA-MU
Israel mengakui dosa2nya yang lalu. Mereka undur dari Tuhan dan menyembah berhala2 lain sehingga dikuasai oleh tuhan2 yang lain. Sejak mulai keluar dari Mesir, sampai Tuhan Yesus lahir. Israel ber-ulang2 meninggalkan Tuhan dan sebagian besar menyembah tuhan yang lain. Juga waktu Mesias datang yaitu Tuhan Yesus Kristus, mereka menolak dan membunuhNya Mat 27:25. Akhirnya mereka lenyap dan muncul Gereja Rom 11:11.Sekarang dalam kerajaan 1000 tahun mereka sadar, sesudah Kristus duduk di atas tahta Daud dan memerintah Kerajaan 1000 tahun di bumi. Sekarang mereka (kecuali yang undur dan jatuh) menyebut nama Tuhan selalu. Ini orang yang sadar dan masih untung, mereka tidak lagi tertipu oleh iblis dan oleh pikirannya sendiri. Mereka bisa belajar dari sejarah nenek moyangnya yang lalu bagaimana Israel ber-kali2 meninggalkan Tuhan. Masa lalu bangsa atau pribadi itu sangat mempengaruhi nasib yang akan datang; lebih2 sesudah mengenal Tuhan, mereka dituntut lebih banyak dan akibat dari kejatuhan dari orang2 yang sudah kenal Tuhan itu lebih besar (Luk 12:48). Kalau mereka tidak mau bertobat, mereka akan binasa.Tetapi yang bertobat dan setia sampai akhir masih bisa selamat, namun nasibnya dan tingkatannya di Surga merosot dan sisa kemuliaannya makin sedikit. Sebab itu jangan sampai berdosa, jangan menjadi Kristen babi dan anjing 2Pet 2:22, itu celaka dan rugi untuk kekal.

YESAYA 26:14 SEMUA YANG JAHAT DIMUSNAHKAN

MEREKA ITU MATI, MEREKA TIDAK AKAN HIDUP, MEREKA MEMBUSUK, MEREKA TIDAK AKAN BANGKIT, SEBAB ITU ENGAU MELAWAT DAN MEMBINASAKAN MEREKA DAN MEMBUAT SEMUA INGATAN AKAN MEREKA MUSNAH.
Mereka mati Ef 2:1 itu berarti putus hubungan dan dijauhkan dari hadapan Allah 2Tes 1:9, mereka tidak akan hdup lagi (Selamanya putus hubungan dengan Allah) sebab mereka sekarang ada di Tasik api, ini kematian yang sesungguhnya, tidak lagi adadi hadapan Allah dan tidak lagi teringat oleh Allah dan seisi Surga Bumi Baru untuk se-lama2nya. Yes 65:17. (Ini dua ayat yang menceritakan bahwa seisi dalam Tasik api yang tidak lagi bisa diingat oleh Allah dan semua orang yang ada dalam Surga Bumi Baru).
Betapi celaka nasib orang yang tidak mau percaya, mereka akan berada ber-sama2 dengan iblis di tempat hukuman iblis Mat 25:41. Ini betul2 mati, terpisah dari Allah dan orang2 suci untuk se-lama2nya dan tidak teringat lagi (kalau sekarang dalam Neraka dan Surga yang lama, masih ada hubungan antara Surga, Neraka dan bumi, masih bisa berkomunikasi,masih terlihat dan ingat Luk 16:23, juga Yoh 8:56, tetapi orang2 yang ada di sana tidak bisa pindah, semua masih tetap ada di tempatnya masing2.Tetapi dalam Surga Bumi Baru dan tasik api sudah tidak lagi ada hubungan sama sekali.

YESAYA 26:15 TUHAN MEMULIHKAN ISRAEL SAMPAI SELURUH BUMI

ENGKAU MEMPERBANYAK BANGSA INI O TUHAN, ENGKAU MEMPERBANYAK BANGSA INI, ENGKAU DIPERMULIAKAN. ENGKAU SUDAH MEMINDAHKANNYA (Modern KJ: MEMPERLUASNYA) JAUH KE UJUNG2 BUMI.
Tuhan menggenapi janjiNya, Israel akan dipulihkan sesudah mereka disucikan dalam zaman Antikris (disini mereka dibinasakan hampir habis, hanya tinggal sisa2nya saja), tetapi sekarang Tuhan memperbanyak bangsa ini sampai ke seluruh bumi menjadi kerajaan Daud,luar biasa dan Kristus memerintah di atas tahta Daud Luk 1:32. Semua janji Allah pasti digenapi, tidak ada yang gagal atau dibatalkan. Beruntung dan berbahagia orang yang percaya yang memegang janji2 Allah.

YESAYA 26:16-17 ISRAEL DISUCIKAN DAN DIPULIHKAN

YESAYA 26:16 TUHAN, DI DALAM KESUKARAN MEREKA DATANG MENGHADAPMU,MEREKA MENCURAHKAN SEBUAH DOA, KETIKA HAJARAN MU ADA DI ATAS MEREKA
Janji Allah digenapkan untuk Israel, tetapi untuk itu Israel harus disucikan dahulu dari segala dosa2nya. Allah itu suci, Ia tidak bisa bekerja sama dengan dosa. Tidak bisa minta pengecualian, dosa tetap harus disucikan. Dalam Zef 1:4-18 sudah dinubuatkan betapa dahsyatnya penyucian orang Israel. Sejak Israel menolak Mesias, maka kutuk Allah ada di atasnya turun temurun, sehingga Israel lenyap sebagai bangsa Mat 27:25. Maka Gereja timbul menggantikan Israel. Kalau zaman Gereja sudah selesai baru Israel muncul kembali dengan penuh. Rom 11:25. Baru pada tahun 1948 Israel mulai berdiri kembali oleh anugerah Tuhan tetapi dosa2nya harus dibereskan lebih dahulu).
Sebab itu Israel dihajar dan mengalami puncak hukumannya dalam zaman Antikris, dimana hampir seluruh Israel (yang jumlahnya bisa sampai 20 jatuh di seluruh dunia) dibinasakan sehingga hanya tersisa144.000 orang. Sangat dahsyat, tinggal sisa2 yang terlalu sedikit. Ini sudah diberitakan dalam kitab Yesaya, tetapi banyak orang Israel belum mengerti, mata hatinya belum terbuka. Mungkin waktunya sudah tidak lama lagi yaitu sesudah saat pengangkatan (kalau ini 5-10 tahun lagi, itu berarti sudah sangat dekat untuk Israel dan untuk Gereja Tuhan).
Dalam aniaya Antikris mereka bertobat, tetapi sebagian besar mati.
Ini menjadi suatu pelajaran buat kita, supaya kita tetap hidup suci, tidak sampai dihajar dan itu jauh lebih untung.
Waktu dihajar Tuhan kalau bertobat itu untung, bisa selamat sekalipun mungkin mati sebab waktunya habis. Beberapa orang mati lebih cepat atau lebihmuda sebab ada sesuatu salah (seperti orang2 Israel dalam zaman Antikris) sehingga kesempatan emas untuk mendapat kemuliaan Tuhan hilang (ada yang mati muda justru karena baik, Tuhan petik pada masa pncaknya seperti anak Yerobeam 1Raj 14:13). Kita sulit mengenali mana yang mati dihukum atau mati seperti anak Yerobeam, sebab kita tidak tahu keadaan atau rahasia2 yang sesungguhnya. Sebab itu hati2, jangan beri komentar.
Tetapi di dalam ayat ini, ini adalahsuatu pengakuan, sebab mereka memang berdosa, undur dari Tuhan.
Jangan menunggu dihajar baru mau bertobat, baru mau memakai waktu dengan baik, tetapiseringkali sudah terlambat, hanya bisa bertobat dan selamat seperti orang menerusi api tetapi kesempatannya sudah habis 1Kor 3:15, Luk 23:43.
Hidup suci, taat Firman Tuhan sehingga tidak jatuh dalam dosa, itu pasti tidak rugi. Kita bisa memakai semua kesempatan yang diberikan Tuhan di dunia, sehingga ada kemungkinan bisa menjadi sempurna atau mencapai tingkat yang tinggi dan mulia untuk kekal di Surga, sangat mulia.

YESAYA 26:17 PENDERITAAN ISRAEL SEPERTI SAKIT BERANAK

YESAYA 26:17 SEPERTI SEORANG PEREMPUAN MENGANDUNG, KETIKA AKAN BERANAK, ADA DI DALAM SAKIT DAN BER-TERIAK2 KARENA SAKIT BERANAK, BEGITULAH KAMI DI DALAM PEMANDANGANMU, O TUHAN
Sakit, menderita, teraniaya dst dan tidak bisa lepas, seperti perempuan hamil pasti mengalami sakit beranak, ia tidak bisa menghindari sakit bersalin. Begitu orang yang berbuat dosa pasti menuai Gal 6:7-8, Kol 3:25, apa yang sudah diperbuatnya Yak 1:14-15. Sebab itu paling baik jangan berbuat dosa, sebab pasti ada akibatnya Maz 99:8. Meskipun mungkin tidak sampai kena hukuman (kalau dosanya kecil) tetapi ia kehilangan waktu dan kesempatan untuk menjadi lebih indah, itu lenyap daripadanya. Paling baik dan itu seharusnya janganlah berdosa, jangan undur, jangan sampai terhilang, apalagi kalau sampai mabuk, bisa lupa Tuhan untuk selamanya Luk 5:39, Pkh 12:1, melayang ke Neraka kekal, Tuhan tahu teriakan dan penderitaan orang2 yang kena hajar atau hukuman, tetapi tergantung dari mereka sendiri, mau bertobat atau keras hati!

YESAYA 26:18 BERANAK ANGIN

KAMI MENGANDUNG, KAMI DALAM KESAKITAN, KAMI SE-OLAH2 AKAN MELAHIRKAN ANGIN. KAMI TIDAK MENGERJAKAN KELEPASAN DI BUMI, JUGA PENDUDUK DUNIA TIDAK JATUH.
Betapa celakanya orang mengandung dan beranak angin. Sudah menanggung beban dengan susah lalu mengalami sakit beranak, tetapi yang keluar hanya angin bukan anak. Ini betul2 sia2 di atas sia2. Yer 2:5 seperti orang dunia yang hidup sia2 Pkh 1:14. Ini orang2 yang tampaknya beribadah, jadi orang Kristen, pikul salib, sudah menanggung banyak beban karena Tuhan, tetapi akhirnya sia2 hanya beranak angin. Semua kosong seperti orang yang kelihatannya mempunyai banyak tetapi ternyata waktu diuji, tidak ada isinya, semuanya habis seperti orang yang menerusi api, semua yang dimilikinya terbakar habis dalam ujian api 1Kor 3:15.
Kalau seorang tidak mau belajar Firman Tuhan dan mencocokkan hidupnya dengan Firman Tuhan, asal kerja, asal ibadah, asal pikul salib, meskipun ia banyak menderita dan terbeban tetapi akhirnya ternyata tidak ada harganya, tidak berarti di hadapan Tuhan, hanya keluar angin, sia2 dan tidak bisa diperbaiki lagi, kesempatannya hilang, apalagi kalau sampai mati tidak sadar, rugi untuk kekal. Sebab itu cocokkan semua hidup, pikiran, perbuatan, ibadah, pelayanan dll dengan Firman Tuhan. Setiap orang beriman harus tekun belajar Firman Tuhan baik2, jangan asal ibadah, asal kerja, asal menderita, tetapi tidak sesuai dengan Firman Tuhan, maka meskipun ia hidup terbeban dengan banyak hal dan banyak menderita tetapi ternyata semua sia2 di hadapan Tuhan. Orang2 Israel dengan susah payah keluar dari Mesir, banyak menderita dan susah, sudah sampai padang gurun, tetapi hidup semaunya sendiri, tidak mengerti Firman Tuhan dan tidak mau taat Firman Tuhan, akhirnya beranak angin, mati sia2!
TIDAK PERNAH MENGERJAKAN KELEPASAN DI BUMI.
Negerinya dijajah dan dikalahkan musuh, ia tidak bisa melepaskannya dari musuh.
Selalu kalah, lari, tidak pernah menang dan tidak pernah bisamelepaskan orang dari perhambaan dosa, tidak pernah mengalahkan musuh, tidak ada yang jatuh.
Ini orang beriman yang tidak pernah memenangkan jiwa. Kita harus belajar memenangkan jiwa, sebab orang yang sama sekali tidak bisa memenangkan jiwa, mungkin ia berada dalam keadaan rohani yang buruk. Berapa banyak orang Israel seperti ini. Jangan kita dalam keadaan rohani yang buruk dan bagi pekerjaan yang manapun tidak berguna, tidak bisa melepaskan orang dari ikatan dosa2nya. Ini tepat seperti.
Titus 1:16 Mereka mengaku bahwa mereka mengenal Allah, tetapi perbuatan-perbuatannya menyangkal Dia, mereka keji tidak taat dan tidak memenuhi syarat untuk setiap perbuatan yang baik. (KJI) (TL: dan bagi sembarangan pekerjaan apapun yang baik, tiada berguna).
Sebab beribadah, pelayanan, terbeban seperti orang punya beban dalam kandungan, tetapi semuanya sia2. Sekalipun pelayanannya banyak, kerja keras, tetapi bagi pekerjaan apapun tidak berguna, sebab tidak cocok dengan Firman Tuhan, justru mendukakan hati Tuhan dan akhirnya binasa.
Jangan terbeban untuk pekerjaan Tuhan tetapi hidup dalam dosa dan duniawi, tidak tulus, nanti beranak angin, sia2. Meskipun banyak pekerjaan yang dibuat, tidak berguna, tidak bisa memenangkan jiwa, tidak bisa mengalahkan musuh. Hasilnya paling banyak seperti orang dunia, bagaimana orang dunia begitu juga orang2 ini, tidak ada bedanya, beranak angin.

YESAYA 26:19 BUMI MENGELUARKAN ORANG YANG MATI

ORANG2 MATI MU AKAN HIDUP BER-SAMA2 DENGAN TUBUHKU YANG MATI, MEREKA AKAN BANGKIT.
Orang yang mati dalam Kristus akan bangkit, mulai dari Adam sampai orang yang terakhir. Semua akan bangkit, masuk dalam hidup yang sebenarnya, yang kekal yaitu masuk dalam Surga Bumi Baru.
Orang-orang dalam kerajaan 1000 tahun yang percaya dan setia, juga akan ikut ber-sama2 masuk dalam Surga Bumi Baru. Mungkin mereka bisa dimasukkan sebagai kebangkitan susulan yang kedua atau pengangkatan dari kerajaan 1000 tahun. Ini orang2 Israel yang selamat ber-sama2 orang kafir yang ikut masuk dan selamat.
BANGKIT DAN MENYANYILAH ENGKAU YANG TINGGAL DALAM DEBU, KARENA EMBUNMU ADALAH EMBUN PERDU* DAN BUMI AKAN MENGELUARKAN ORANG YANG MATI. (di dalamnya)
*(Terj baru, Modern KJ, Green, Darby: embun terang).
KBBI: tanaman rendah, kecil, tidak punya batang besar.
Embun yang ada pada semak atau tumbuhan adalah embun pengajaran Firman Tuhan yang keluar dari mulut hamba2Nya. Ul 32:2. Firman Tuhanini yang akan membangkitkan orang mati dari kubur Yoh 5:28-29.
Betapa herannya Firman Tuhan yang sekarang sudah ada dalam tangan kita, sudah menjadi daging dalam hidup kita. Dahulu Ia menciptakan langit, bumi dan isinya Ibr 11:3 dan pada akhir zaman Firman juga yang membangkitkan orang mati untuk masuk dalam Surga. Firman Tuhan juga ber-sama2 dengan Roh Kudus menumbuhkan iman kita sampai menjadi seperti Firman Tuhan yaitu seperti Kristus. Firman Tuhan itu luar biasa. Orang2 mati akan bangkit, yang baik dan yang jahat di hadapan Tuhan, semua bangkit dari dalam debu (manusia dibuat dari debu tanah, waktu mati kembali menjadi debu, lalu kemudian dari debubangkit kembali masuk dalam kekekalan).
MENYANYI.
Sesudah kebangkitan ada nyanyian. Inilah nyanyian Surgawi dari orang2 yang sudah ada dalam tubuh kemuliaan yang terdiri dari:

  1. Pada saat pengangkatan dahulu sudah ada nyanyian yang heran dan Pesta Kawin Anak Domba.
  2. Ayat ini terjadi sesudah kerajaan 1000 tahun, disini ada lagi orang2 yang mengalami perubahan dari tubuh jasmani menjadi tubuh kemuliaan (lewat kebangkitan atau “pengangkatan”) dan ber-sama2 orang yang sudah bangkit dahulu, menyanyikan nyanyian dalam Surga Bumi Baru.

Jadi ada dua angkatan, yang pertama pada kedatangan Tuhan II dan yang menyusul, ini pada akhir atau sesudah kerajaan 1000 tahun, luar biasa.
Tetapi orang2 yang bangkit untuk masuk ke Tasik api hanya satu angkatan, yaitu kebangkitan II pada akhir kerajaan 1000 tahun, lalu mereka diadili lebih dahulu dalam Tahta Putih yang Besar. Pada waktu kiamat, bumi langit dilenyapkan, di dalam bumi sudah tidak ada lagi orang mati yang tersembunyi, semua sudah bangkit untuk masuk Surga Bumi Baru atau Tasik api.

YESAYA 26:20 MURKA ALLAH DALAM PERANG GOG DAN MAGOG

MARILAH UMATKU, MASUKLAH ENGKAU KE DALAM BILIK2MU DAN TUTUPLAH PINTU SEKELILINGMU. SEMBUNYIKANLAH DIRIMU UNTUK SESAAT, SAMPAI MURKA ITU BERLALU.
Siapa umat Tuhan yang dipanggil untuk sembunyi? Ada dua macam manusia dalam kerajaan 1000 tahun. Yang memakai tubuh kemuliaan (hasil dari kebangkitan dan pengangkatan pada waktu Tuhan Yesus II); mereka tidak takut apapun, tidak bisa berdosa, tidakbisa mati, tidak bisa keluar dari Surga dan sudah memakai tubuh kemuliaan dan merekatidak akan bisa dikalahkan. Orang2 ini tidak perlu bersembunyi, mereka bisa bergerak bebas di manapun.
Tetapi umat Tuhan (penduduk kerajaan 1000 tahun yang setia sampai akhir) hidup di dalam tubuh manusiawi biasa, mereka ini yang disembunyikan di dalam bilik2nya masing2. Mereka bisa celaka oleh kuasa iblis, tetapi Tuhan sanggup menjaga mereka, yaitu merekadimasukkan dalam biliknya masing2 (bagi Tuhan membuat jutaan bilik tidak sulit, tanpa bilikpun Tuhan sanggup menjaga dan memelihara mereka). Tetapi Tuhan menaruh dalam biliknya masing2, pasti ada maksudnya, sebab Ia tidak pernah berbuat yang sia2. Di dalam biliknya masing2, mereka mempunyai tempat sesuai dengan tingkatnya masing2.
Apa sebetulnya rahasia bilik2 tempat sembunyi ini?
Mungkin ada hal2 yang lebih penting dari pada sekedar menyembunyikan mereka dari amarah para pemberontak dan iblis dalam perang Gog dan Magog.Tuhan sanggup melindungi mereka, cukup dengan FirmanNya. Tetapi bilik2 ini merupakan suatu sistem atau cara yang dibuat Tuhan untuk hal2 yang lebih penting.Rupa2nya dalam bilik2 persembunyian ini, masing2 akan mengalami perubahan menjadi tubuh kemuliaan?
(Juga dalam Maz 27:5; 31:20. Tuhan menyembunyikan umatNya di dalam tempat Allah dan disembunyikan di dalam kemahNya). Umat Tuhan masuk ke dalam bilik, sembunyi, lalu ditutup dari sekitarnya. Kalau hanya untuk luput dari bahaya perang Gog dan Magog, tampaknya ini ber-lebih2an. Disini umat Tuhan sembunyi untuk sesaat dan sesudah murka Allah berlalu (sesudah menghukum iblis dan penduduk kerajaan 1000 tahun yang berontak) maka pintu2 dibuka lalu keluarlah umat Tuhan ber-sama2 dengan yang sudah bangkit pada waktu Tuhan Yesus II, tentunya keadaannya harus sama untuk bisa masuk dalam Surga Bumi Baru.
Bilik persembunyian ini seperti kepompong yang mengubah ulat menjadi kupu2. Mungkin bilik ini juga mengubah tubuh jasmani menjadi tubuh kemuliaan, sebab sesudah ini orang2 ini (yang setia sampai ke akhir) akan masuk Surga Bumi Baru dan untukbisa masuk dalam Surga Bumi Baru, harus dengan tubuh kemuliaan dan belum ditemukan tempat ataumekanisme lainnya untuk perubahan ini.
Sebab itu mungkin disini mereka berubah dari tubuh jasmani menjadi tubuh rohani.
Murka Allah berlalu untuk selamanya. Ini murka Allah yang terakhir dan sesudah ini tidak ada lagi murka, sebab tidak ada orang berdosa lagi yang kelihatan, karena hubungan Surga Bumi Baru dengan Tasik api sudah putus total untuk selamanya.

YESAYA 26:21 HUKUMAN ALLAH YANG DAHSYAT

KELUAR LIHATLAH, TUHAN KELUAR DARI TEMPATNYA, UNTUK MENGHUKUM PENDUDUK BUMI KARENA KESALAHANNYA. BUMI JUGA TIDAK AKAN ME-NUTUP2I DARAHNYA DAN TIDAK AKAN LAGI ME-NUTUP2I ORANG2NYA YANG TERBUNUH.
Tuhan keluar dari tempatNya, sesudah Ia bersembunyi untuk sesaat, sehingga pemerintah tongkat besi untuk sesaat se-olah2 hilang (dan iblis bisa ber-megah2 dalam dustanya, se-olah2 ia menang dan pemerintahnya sembunyi. Orang2 yang tidak percaya kena hasutan iblis dan mereka memihak iblis dan berontak melawan Allah, bahkan mengepung Yerusalem, pusat pemerintahan kerajaan 1000 tahun (karena mereka melawan dan memberontak kepada Kristus) Wah 20:7-9. Tiba2 Tuhan keluar dan menghukum mereka dengan api yang turun dari langit sehingga binasa dan iblis dan setan2 dilempar ke Tasik api. Sesudah itu semua pemberontak yang mati ini dibangkitkan, sekaligus dengan semua orang berdosa dari permulaan zaman, semua dikeluarkan oleh bumi, semua bangkit dan masuk dalam pengadilan Tahta Putih yang Besar, lalu dilempar juga ke dalam Tasik api dengan hukumannya masing2 sesuai dengan perbuatannya di dunia.
Hukuman orang2 penduduk kerajaan 1000 tahun akan lebih besar dari orang dosa biasa sebab mereka sudah diberi kesempatan 1000 tahun dalam kerajaan Kristus dan mereka mengalaminya langsung. Tingkat hukumannya dahsyat, yaitu tingkat hukuman kerajaan 1000 tahun. Tingkatan itu berada diantara tingkat hukuman di dunia (orang berdosa) dan di Surga (malaikat2 yang berdosa).Orang dosa di dunia itu tidak tahu dan tidak melihat tahta Kristus dalam kemuliaanNya, tetapi malaikat2 sudah melihat Allah di atas tahtanya, sebab itu tidak ada ampun bagi malaikat2 yang berdosa 2Pet 2:4. Dalam kerajaan 1000 tahun pemerintahnya sangat keras, dengan tongkat besi, apalagi pada perang Gog dan Magog, tidak ada kesempatan lagi untuk bertobat, mereka yang berontak langsung dibinasakan semua. Tetapi pendudukyang setia, ada dalam bilik2nya masing2 diYerusalem, mereka berubah dan masuk dalam kemuliaan Surga Bumi Baru yang heran. Sesudah itu mulailah Surga Bumi Baru yang begitu indah, yang kita rindukan, kekal se-lama2nya begitu mulia.
Tampaknya tidak ada orang sempurna dari hasil kerajaan 1000 tahun sebab pengolahan disini tidak cukup sekalipun masa pengolahan untuk setiap orang cukup lama yaitu kurang lebih 1000 tahun, tetapi (praktis) tidak ada dosa, tidak ada kesukaran, hampir2 tidak ada penderitaan, meskipun daging masih ada tetapi tidak ada godaan, tidak adayang merangsang, iblis dkk tidak ada. Pengolahan untuk hidup rohani sangat sedikit, tetapi lebih banyak dari malaikat di Surga. Di dunia pengolahannya sangat banyak, sehingga ini menjadi sekolah yang baik (baru sesudah itu pengolahan (sekolah) dalam kerajaan 1000 tahun dan sekolah yang paling jelek adalah Surga). Itu sebabnya Tuhan mengizinkan ular atau iblis menggoda Hawa sampai Hawa jatuh dan dunia menjadi penuh dengan dosa dan penderitaan. Tuhan mengizinkan, sebab dengan cara ini dunia menjadi tempat pengolahan yang efektif bagi orang2 percaya untuk bisa diolah,tumbuh dan berubah menjadi seperti Kristus. Putra manusia Yesus sendiri diolah dalam sengsara di dunia ini Ibr 2:10, juga dalam tubuh daging (Ibr 10:5). Sebab itu jangan berkecil hati kalau mengalami begitu banyak sengsara dan penderitaan salib, karena memang kita harus mematikan daging, dan melawan dunia yang penuh dengan dosa, iblis dan pergaulan yang jahat.
Sebab itu bersukacitalah bisa diolah dalam sekolah yang terbaik yaitu dunia yang penuh dengan dosa, salib, penderitaan, pencobaan bahkan maut 1Pet 1:7-8; 4:12,13 (kecuali yang masuk dalam pengangkatan dan kesempurnaan, tidak mengalami kematian).
Ini adalah anugerah Allah yang besar bagi kita, yaitu salib, sengsara Kristus Pil 1:29, sebab justru dengan pengolahan ini, kita bisa diolah dari orang berdosa menjadi allah2 Yoh 10:35. Yang setia di jalan salib, tekun sampai ke akhir dalam pimpinan Roh Kudus akan mengalami kemuliaan yang sangat tinggi dan besar, lagipula kekal.

KESIMPULAN

Kerajaan 1000 tahun ini menggenapi janji Allah pada bangsa Israel yang sudah undur ribuan tahun dan yang sudah menolak Kristus. Juga beberapa banyak orang kafir lain ikut di dalamnya.
Nyanyian: Tabernakel glori no 79. (bait 4).
Di Sorga di muka Yesus
Salib hentar ke Sana
Salib diganti mahkota
Oleh darah-Nya Yesus