YS91-92 Yesaya 22:1-5 Beban dari Lembah Penglihatan (14 & 21 Sep 2011)

KUNCI PENAFSIRAN YESAYA 22.
Dalam pasal ini kita melihat ada perubahan yang tiba2 seperti dalam ayat 2, mula2 begitu ramai dan penuh sukacita, tetapi tiba2 suasana jadi mencekam, orang2 dibunuh habis2an. Me-ngapa ini terjadi? Bagaimana bisa berubah tiba2 dan keadaannya jadi terbalik? Ini terjadi waktu Pengangkatan, suasana yang luar biasa diantara umat Tuhan seperti Surga di bumi sebab Gereja mengalami masa keemasannya; Tetapi sesudah itu dunia dikuasai Anti-kris dan iblis serta semua setan2, semua isi kerajaan gelap. Sebab itu keadaan tiba2 menjadi dahsyat, mengerikan. Dunia yang sama mula2 seperti Surga (diantara umat Tuhan) tetapi diantara orang berdosa keadaannya makin keji, lalu terjadi Pengangkatan, maka kea-daan tiba2 berubah sama sekali, hanya ada kegelapan yang pekat, seluruh dunia menjadi seperti Neraka. Bagi orang beriman keadaannya berubah drastis, dari seperti Surga menjadi Neraka. Sebab algojo2 neraka se-muanya pindah ke bumi (neraka masih banyak penghunuinya yaitu orang2 berdosa, mereka tidak bisa keluar, tetapi tentara setan hampir semuanya pindah ke dunia dalam Sangkakala V dan VI Wah 9 dan itu lebih senang bagi mereka, lebih hebat sukacitanya, bisa menyiksa orang yang masih hidup). Ini yang diceritakan dalam Yes 22.
YES 22:1. BEBAN DARI LEMBAH PENGLIHATAN.
Ini penglihatan Yesaya dari Tuhan (lembah penglihatan hanya disebut dua kali, dalam ayat 1 dan 5) tetapi dalam Yez 37. Yehezkiel juga melihat penglihatan di lembah). Ini menimbulkan beban. Orang yang tidak punya penglihatan dari Tuhan, sulit terbeban yang sama. Kadang2 orang punya penglihatan dari angan2 yang baik atau dari ambisinya, ini semua menggerakkan orang itu sendiri, tetapi itu semua dari dirinya sendiri. Tetapi kalau penglihatan itu dari Tuhan, timbul beban, Tuhan akan ikut campur untuk menyelesaikan beban itu, ini berbeda dengan beban sendiri. Orang yang bisa melihat yang tidak kelihatan, yaitu penglihatan dari Tuhan akan mempunyai pikiran, cara hidup dan beban yang berbeda. Firman Tuhan itu limpah dengan hal2 yang dari Tuhan Kol 3:1-2. Sebab itu orang yang cinta Firman Tuhan (yang suka menyelidiki Firman Tuhan di dalam pengurapan Roh Kudus, maka Firman Tuhan itu menjadi hidup, menjadi suatu penglihatan yang jelas seperti melihat penglihatan, karena pekerjaan Roh Kudus), maka orang itu biasanya punya falsafah, pikiran dan beban yang dari Tuhan, lain dengan orang2 dosa atau orang beriman yang tidak bisa melihat yang tidak tampak Ibr 11:27, 2Kor 4:18.
Roh Kudus dan Firman Tuhan bagi orang yang hidup dalam kesucian di atas Mezbah (mau menyangkal diri dan taat) membukakan mata rohaninya sehingga orang2 suci ini bisa melihat tayangan2 yang hidup dari Roh Kudus, penglihatan baginya, pasti hidupnya akan berubah, arah dan tujuannya, bebannya.
APAKAH YANG MENYEBABKAN ENGKAU SEMUANYA SEKARANG, NAIK KE ATAS SOTOH RUMAH?
Penglihatan dari Tuhan meng-ajarkan jalan keselamatan dan ke-muliaan. Kalau mau selamat, naiklah ke atas sotoh dan jangan turun lagi meng-ambil barang2 di dalam rumah Mat 24:17, Mrk 13:15, Luk 17:31. Arti rohani dari sotoh adalah tingkatan rohani yang tinggi, sebab sotoh ini tempat berdoa terus menerus dalam Roh dan kebenaran Kis 10:9, siap untuk ikut Pe-ngangkatan. Jangan turun ke dalam rumah mengambil barang2 yang fana. Orang yang turun itu berarti turun ke Halaman sebab cinta dosa, dunia dan daging, sehingga hatinya penuh dengan yang fana dan terikat. Pakailah dunia ini seperti orang yang tidak memakai 1Kor 7:31. Betul kita masih memakai barang2 di dunia ini dan mencari nafkah, tetapi jangan kita tinggal, apalagi terikat de-ngan perkara2 di bawah dalam dosa Kol 3:1-2. Hati kita harus selalu dalam perkara2 yang di atas, terus dipimpin Roh, siap untuk ikut Pengangkatan, ja-ngan dalam perkara2 yang dibawah.
Mengapa semua naik ke atas? Sebab orang2 ini bisa melihat tanda2 kedatangan Tuhan, tetapi orang yang tetap di bawah akan tertinggal dan  celaka. Yang mengerti akan meningkat terus sebab tidak ada jalan lain, dan meningkat dalam Ruangan Suci itu harus limpah dengan Firman Tuhan, doa dan persekutuan tubuh Kristus. Bahkan yang diukur adalah orang2 yang berdoa di Mezbah Dupa Wah 11:1, tetapi tetap perlu bersekutu, pelayanan dan limpah dengan 2 gomer Firman Tuhan. Jangan turun, nanti tertinggal, tetap di atas dalam tingkatan Ruangan Suci.
YES 22:2. PENUH SORAK-SORAI.
KAMU PENUH DENGAN SORAK SORAI, KOTA YANG RAMAI, KOTA YANG GEMBIRA RIA.
Keadaan pada waktu ini sangat indah, rasa2nya seperti Surga di bumi, sebab memang 3 Pribadi Allah bekerja penuh di bumi menyempurnakan Gereja. Wah 12:1. Allah itu tidak terbatas, Ia bisa melakukan yang jauh lebih besar, tetapi Ia dibatasi oleh manusia, sebab Allah tidak bekerja sendiri tetapi ber-sama2 manusia. 1Kor 3:9. Kalau manusia tidak mau menyerah dan taat maka Allah tidak bisa bekerja banyak dalam orang itu (dan Allah bekerja melalui orang), Ia masih bisa memaksa dan menindaknya, tetapi dalam melakukan rencana penyelamatan manusia, Allah memakai manusia yang mau menyerahkan diri karena percaya dan cinta Tuhan lalu taat, maka Allah bisa bekerja sesuai dengan penyerahan dan ketaatan masing2 umatNya. Kalau kita mau menyerah penuh seperti robot (se-olah2 benci dirinya sendiri, istri anak, suami, keluarga, tanah, harta dll sebab mengutamakan Kristus Mat 19:29, Luk 18:29) dan mau taat sampai mati seperti Putra manusia Yesus Pil 2:8, maka Allah akan bebas bekerja di dalam hidup kita mengerjakan perkara2 yang besar dari Allah, bahkan bisa masuk dalam kesempurnaan. Ini terjadi dalam banyak orang dalam Minggu ke- 70 Daniel, sebab itu Gereja dan suasana umat Tuhan pada waktu itu luar biasa, bisa disimpulkan dalam satu kata yaitu ajaib Wah 12:1. Orang2 yang undur, ligabo juga masih bisa mengalami atua melihat suasana ini yang sangat indah, sukacitanya penuh seperti di Surga sebab hadirat Allah terasa penuh seperti Maz 16:11. Yerusalem yaitu Gereja Tuhan yang dipimpin Roh menjadi kota yang ramai, penuh sorak sorai dan gembira ria. Ini puncak zaman Gereja yaitu zaman keemasan, luar biasa. Akan ada kepuasan dan kesukaan yang se-penuh2nya (Allah belum bekerja penuh sebab kalau Dia bekerja penuh itu jauh lebih indah, lebih besar dan lebih mulia dari yang paling besar dan mulia di dunia maupun di Surga. Bumi dan Surga tidak akan muat segala kebesaran Allah, begitu besar dan mulia tanpa batas). Tetapi wai bagi mereka yang tertinggal, keadaannya akan langsung terbalik 100% sangat dahsyat. Tetapi yang bisa ikut dalam Pengangkatan akan meng-alami kemuliaan dan kesukaan yang mendadak makin besar dalam Surga yang penuh sukacita, bahkan dalam pesta kawin Anak domba dan menerima pahala dan mahkota dalam Kursi Peng-adilan Kristus. Betapa indah keadaan di dunia waktu ini, betul2 Yerusalem menjadi kota yang gilang gemilang, belum pernah ada saat seperti itu di dunia. Orang2 akan tumbuh rohaninya sangat cepat dalam hitungan hari, tidak lambat  seperti sekarang, sebab itu timbul banyak orang sempurna sehingga jumlahnya genap siap untuk Gereja masuk dalam pengangkatan. (Orang yang menjadi sempurna langsung diangkat, masuk dalam Surga kekal dalam tahta Allah).
ORANG2MU YANG TERBUNUH, TIDAK DIBUNUH DENGAN PEDANG JUGA TIDAK DIBUNUH DALAM PEPERANGAN.
Sekarang, sesudah pengangkatan, keadaannya terbalik sama sekali, sangat dahsyat. Ini terjadi sesudah Peng-angkatan. Sebelum Pengangkatan ma-sih ada dua golongan yaitu umat Tuhan dan umat iblis, sama2 meningkat di dalam dunia, tetapi sekarang Antikris, iblis, dll menguasai seluruh dunia penuh 100%. Masih ada orang beriman, yaitu yang tertinggal, tetapi sama sekali tidak mempunyai kekuatan. Mereka hanya memakai kekuatannya sendiri, tetapi dalam ketakutan yang sangat, kekuatan sendiripun lenyap. Sebab itu mereka dibunuh bukan karena perang atau peperangan dll, tetapi dengan sangat mudah, mereka dibunuh, sama sekali tidak ada peperangan atau perlawanan, sebab iblis, Antikris, nabi palsu dan semua pengikut Antikirs se-penuh2nya menguasai dunia. Kekuatan orang yang tertinggal praktis nol Wah 13:7. Semua dibunuh sesuka Antikris dan tentaranya dan mereka menikmati kebengisan dan kesadisannya sebagai pestanya, sebab  iblis dkknya sangat menikmati yang jahat dan keji. Disini semua kedoknya terbuka, tidak ada lagi iblis atau setan2 seperti malaikat terang, atau pura2 baik, tetapi sifat yang asli tampak seperti di Neraka.
Wai orang2 beriman yang tertinggal! Mereka masih hidup, tetapi sudah meng-alami siksaan neraka, tanpa ada batas lagi dari Allah. Hanya dua Saksi yang menguatkan mereka supaya tidak menyangkal Tuhan sehingga masih bisa pulang ke Surga untuk kekal
YES 22:3. SEMUA TERTAWAN DAN TIDAK BERDAYA.
SEMUA PEMERINTAHMU LARI BERSAMA- SAMA, MEREKA DIIKAT TANPA BUSUR*. SEMUA YANG DITEMUKAN DI DALAM MU ITU DIIKAT BERSAMA- SAMA, YAITU MEREKA YANG LARI DARI JAUH.
(*) Catatan KJV, Darby, Green: of the bow; NIV: by the bow
Semua pemerintahmu diikat (di-tawan) oleh Antikris. Mengapa semua? Kadang2 justru pemimpin2 itu rohaninya rusak seperti orang Parisi Mat 23:3-4. Tentu tidak semua, tetapi tampaknya ada daerah2 atau Gereja yang prosentasinya besar. Sebab pemimpin2 itu tergoda lebih banyak dan menjadi pusat serangan iblis supaya jatuh, tetapi tetap memimpin. Seluruh kerajaan Israel, semua raja2nya tanpa kecuali busuk semua, tidak ada satupun yang baik. Tetapi raja2 Yehuda masih banyak yang baik. Begitu dengan pemimpin2 umat Tuhan, apalagi yang di jalan lebar, justru pemimpin2nya  sa-ngat keji seperti Gereja Tiatira, Pergamus, Sardis dan Laodikea. Sebab itu jangan be-rebut2  menjadi pemimpin, apalagi karena ingin kaya, masyur dll, tetapi berusaha untuk berkenan pada Tuhan, biar Tuhan sendiri yang meng-angkat pada waktunya 1Pet 5:5-6. Seringkali pemimpin2 seperti ini menjadi raja, menguasai umatNya untuk dirinya sendiri, dilayani dan ditinggikan Mat 20:26- 28, 1Sam 8:10-20. Putra manusia memberi teladan untuk melayani, tidak mau diangkat menjadi raja Yoh 6:15, bisa direndahkan dan dihina, tidak berdosa, tidak mau dikultuskan oleh anggota2nya (itu berarti dikutuki Ams 29:5, 27:14 dan dijerat), sehingga makin banyak yang jelek, sampai2 Paulus minta didoakan 1Tes 5:25. Pemimpin2 dalam Gereja yang betul itu seperti Yohanes pembaptis Yoh 3:30, seperti Paulus Kis 14:8-18.
Jangan mau dikultuskan seperti Lucifer, pemimpin2 harus dihormati dan ditaati tetapi bukan memerintah seperti raja2 Israel, melainkan untuk kepentingan jiwa2 yang dilayani dan untuk kemuliaan nama Tuhan.
Diikat tanpa busur. Tanpa pepera-ngan sebab 100% dunia dikuasai Anti-kris, iblis dkk, tidak ada yang bisa melawan, justru beberapa banyak undur dan membelot pada Antikris dan ini akan juga dianiaya Antikris sampai mati sesudah orang2 yang tertinggal habis.
Semua diikat bersama. Tidak ada seorangpun yang lepas, semua sudah diserahkan kepada Antikirs, tetapi mereka yang bertobat dan setia kepada Tuhan meskipun dibinasakan akan selamat. Dua Saksi menguatkan dan jumlah mereka yang bertobat itu cukup banyak sebab sudah dikuatkan oleh dua saksi, juga oleh pengalaman peng-angkatan yang dahsyat, sisa2 ingatan akan Firman Tuhan yang masih ada dan sebab sadar bahwa aniaya ini hanya sebentar, tetapi neraka itu kekal.
YES 22:4. KEHANCURAN PUTRI BANGSAKU.
SEBAB ITU SAYA BERKATA, <R> JANGANLAH MELIHAT SAYA, SAYA HENDAK MENANGIS <R> DENGAN PAHIT, JANGAN BERUSAHA MENGHIBURKAN SAYA, SEBAB KEHANCURAN PUTRI BANGSAKU.
Di sini ada dua golongan yang akan disiksakan dan dibinasakan oleh Antikris yaitu:
1. Bangsa Israel yang disucikan dari dosa2nya Zef 1:7 sebab mereka sudah menolak Mesias yang dikirim kepada mereka Mat 27:25. Ini sudah dinubuatkan dalam Yer 30:7. Semua akan digenapkan dengan tepat, sebab nubuatan dari Allah yang maha tahu itu tepat. Israel yang sekarang akan habis, baru sesudah Kerajaan 1000 tahun mulai, mereka bangkit menjadi suatu bangsa yang jaya dan global dengan Tuhan Yesus menjadi Rajanya Luk 1:32.
Sebelumnya bangsa Israel masih jaya sampai musuh2nya membuat perjanjian damai untuk 7 tahun, sebab kalah kuat, tetapi dalam 3,5 tahun perjanjian itu dibatalkan sebab musuh Israel menjadi sangat kuat yaitu Antikris menjadi raja, bahkan menurut Dan 12:11 ia sudah muncul dan berkuasa 30 hari sebelum Pengangkatan. Inilah putri bangsaku yang dihancurkan habis2an sehingga sisanya hanya 144.000, sangat mengejutkan, tidak ada gunanya dihiburkan sebab “semua” binasa, kecuali sisa yang relatif sangat sedikit ini.
2. Umat Israel rohani, orang beriman yang tertinggal, bahkan semuanya habis, tanpa sisa seorangpun Wah 13:7 sebab memang sudah diserahkan Tuhan kepada Antikris, tetapi yang setia tetap selamat untuk abadi di Surga meskipun gundul tidak punya apa2, hanya baju putih (kesuciannya) dan daun palm, sukacita sebab selamat, tetapi tidak ada pahalanya. Semua orang yang masuk zaman Antikris ini menangis dengan pahit sekali, jangan dilihat sebab percuma, tidak bisa menolong sama sekali. Yang berusaha menghibur akan dihukum habis2an sehingga makin menyusahkan, sebab semua sudah diserahkan dalam tangan Antikris sampai mati semua.
YES 22:5. HARI CELAKA DAN DIINJAK- INJAK.
KARENA ITULAH HARI CELAKA DAN DIINJAK-INJAK DAN KEKACAUAN.
Ini sudah dinubuatkan dalam Wah 11:2, Halaman akan di-injak2 oleh orang kafir yaitu Antikris selama 3,5 masa. Ini akan digenapkan. Jangan tinggal di Halaman, naik ke atas. Ini berita untuk akhir zaman. Masing2 umat Tuahn harus menentukan sendiri, bukan nasib yang ditentukan Allah atau iblis tetapi masing2 harus bertindak, yaitu:
1. Yang mengabaikan akan binasa, yang tidak percaya dan tidak mau akan di-injak2 Antikris atau sebelumnya mati dalam dosa langsung ke Neraka.
2. Yang bisa mengerti penglihatan2 ini dan mau mati dari hidup lama, dunia, daging dan hawa nafsunya lalu taat dipimpin Roh, naik ke atas akan meng-alami masa yang amat indah lalu pengangkatan dan seterusnya makin indah.
OLEH TUHAN ALLAH BALA <R> TENTARA DI LEMBAH PENGLIHATAN.
Ini menceritakan tentang peng-lihatan bagi umatNya dan hamba2Nya. Kita harus bisa melihat penglihatan yang sudah dinyatakan Tuhan, sesuai dengan nubuatan Firman Tuhan. Kita harus mempunyai penglihatan dari Tuhan, kalau tidak akan kena akibatnya. Jangan lupa, kita lahir di dunia pada akhir zaman ini bukan kebtulan, Tuhan mempunyai maksud dan rencana yang terbaik untuk kekal, tergantung dari kita mau mengerti atau tidak penglihatan ini dan mau taat.
MERUNTUHKAN TEMBOK DAN MENANGIS KE GUNUNG.
Dahulu tidak mau lari ke gunung Mat 24:16, Luk 17:31. Sekarang sesudah celaka baru mau lari ke gunung tetapi sudah terlambat. Ini seperti Lot, mula2 disuruh lari ke gunung tidak mau, alasannya tidak kuat. Kej 19:17. Tetapi sesudah ia pergi ke Zoar yang sama jahatnya dengan Sodom, sekarang baru ia naik ke gunung (Kej 19:30) dan disini Lot makin terjerumus sampai dosa yang paling keji Kej 19:31-38, lahirlah bangsa Moab dan Amnon yang keji dan dibinasakan Allah. Mereka yang tidak mau pikul salib dan taat sekarang, besok baru mau, itu sia2, sudah terlambat dan jadi celaka.
Semua binasa dalam tangan Anti-kris, sebagian selamat sebab bertobat dan percaya tetapi tetap dibinasakan Antikris, tetapi sebagian yang undur dan ikut Antikris itu binasa untuk se-lama2nya dalam Neraka kekal. Miliki penglihatan yang betul dari Firman Tuhan, supaya jangan binasa untuk kekal dalam neraka. Jangan turun ke bawah ke Halaman, tetap tinggal di atas dalam kesucian penuh dengan penyemabhan dan lari ke gunung sekarang, bukan kalau sudah terlambat, itu sia2. Tetapi orang2 selalu punya alasan untuk menolak taat akan celaka, besok taat tetapi hasilnya kosong. Kalau sekarang kita berani menderita seperti orang zaman Antikris karena Tuhan, hasilnya luar biasa, indah, untung, senang, mulia, bahkan bisa jadi sempurna. Kalau dalam zaman Antikris, mau tidak mau harus menderita habis2an dan tidak ada pahala, rugi sekali, tidak dapat apa2, hanya jubah putih dan daun palm.
KESIMPULAN.
Yes 22 merupakan penglihatan yang di lembah dan orang yang bisa mendapat penglihatan ini dan mau mengambil bagian yang baik daripadanya akan selamat dan mengalami hal2 yang paling mulia untuk kekal. Kita yang harus memilih dan menentukan.