YS87-88 – Yesaya 21:1-10 Nubuat tentang Babel yang Roboh (17 & 24 Ags 2011)

BABIL.
Ini adalah nubuatan tentang Babil yang roboh! Dalam Wah 18 juga ada nubuatan tentang Babil roboh dengan jelas dan panjang lebar. Dalam Yes 21 ini dinubuatkan lagi tentang akhir dari Babil, bahkan melengkapi Wah 18, supaya kita mengerti, jangan berharap dan bercampur dengan Babil.
Nubuat dari Wasiat Lama dan Wasiat Baru itu sama sebab pengarangnya dapat ilham dari Roh Kudus yang sama, bahkan ini bisa saling melengkapi seperti nubuat tentang Antikris dalam Wah 13 diperjelas dan dilengkapi dalam Dan 7, sehingga pengertian kita makin lengkap.
Babil adalah bayangan dari sistem dunia ini dengan segala orang2 isinya. Dalam Wah 17 Babil digambarkan sebagai perempuan sundal dan Antikris sebagai binatang berkepala 7 dan bertanduk 10.
Antikris dan Babil adalah pasangan mempelai. Babil adalah pengantin Antikris.
Lawannya adalah Gereja sebagai pengantin Kristus, yaitu Anak domba Allah.
Mempelai menceritakan hubungan kasih yang tertinggi. Tuhan menciptakan manusia laki2 dan perempuan itu hanya di dunia. Di Surga tidak ada jenis kelamin. Juga nanti sesudah kebangkitan, di dalam Surga, bagi kita juga tidak ada jenis kelamin. Tuhan membuat perbedaan jenis kelamin supaya kita mengerti tentang cinta. Juga hubungan anak dan bapa, supaya manusia bisa mengerti tentang hubungan kita dengan Allah Bapa. Kalau manusia tidak menikah dan tidak mempunyai anak, kita akan sangat sulit mengerti hubungan kita dengan Bapa dan kita dengan Kristus. Tetapi hubungan mempelai Anak domba Allah itu lain sekali dengan hubungan palsu dalammempelai Antikirs. Karena ada kasih, hubungan suami isteri itu sangat manis dan bahagia.Kita melihat dua pelajaran utama disini yaitu:
1. Jangan terpengaruh oleh Babil. Seperti kapal ada di laut tetapi laut tidak boeh masuk dalam kapal, kalau masuk celaka! Begitu juga kita hidup dalam dunia tetapi jangan dunia masuk di dalam kita. Kita harus keluar dari segala dosa2 dunia dan segala keduniawiannya 2Kor 6:17. Jangan sampai Gereja terpengaruh oleh dunia ini atau sistem Babil. Kita harus keluar dari Babil Wah 18:4. Kalau seorang bercampur dengan dosa2 Babil, maka ia akan ber-sama2 binasa di dalamnya. Kalau dunia masuk dalam Gereja, sekalipun namanya masih Gereja, tetapi Babil ada di dalam Gereja, dan akhirnya akan binasa seperti Babil. Jangan biarkan hal2 dari Babil (dari Sodom, dari dunia, dari jalan lebar, dari iblis) masuk dalam Gereja, supaya jangan sampai menjadi Babil seperti Gereja2 dalam Wah 2-3 dan akan tertinggal dan kemudian dibinasakan oleh Antikris, iblis. Sesudah itu semua sisa2 pengikut Antikris akan dibinasakan dalam perang Harmagedon.
2. Dunia atau Babil adalah pengantin Antikris. Sebetulnya mempelai berarti cinta, suatu hubungan yang manis dan mesra bahkan hubungan kasih yang tertinggi itu ada dalam mempelai. Memang pada permulaannya iblis itu pura2 jadi malaikat terang, penuh kasih, penuh perhatian. Apa saja yang diminta Babil dipenuhi. Tetapi semua ini hanya siasat dan tipu daya, kepalsuan Antikris yang penipu seperti bapaknya. Kita lihat akhirnya justru Antikris sendiri, yaitu binatang ber-kepala 7, tanduk 10 itu yang menyiksa sundal Babil ini, makan dagingnya (oleh 7 mulut pada 7 kepala) dan membakarnya dengan api. Wah 17:16.
Biasanya mempelai itu disayang dan dicintai, tetapi iblis itu pembunuh juga Antikris, roh iblis ada di dalamnya. Memang mula2 Antikris ber-mesra2an dengan Babil dan memberi banyak hal yang indah dan menyenangkan, tetapi sesudah Antikris menguasainya sepenuhnya dan Babil tidak mungkin lepas lagi dari tangannya, maka baru tampak sifat Antikris yang sebenarnya, seperti bapaknya yaitu penipu Yoh 8:44 dan pembunuh yang kejam Yoh 10:10.
Sebab itu tidak heran kalau perempuan sundal Babil itu dibunuh dengan cara yang mengerikan. Begitu juga suami isteri yang menikah hanya dengan cinta hawa nafsu, lekas bosan dan akan mudahmengkhianatinya. Semua ini karena dosa dan sebabiblis yang bekerja di dalam hatinya. Malahan ada yang dosanya begitu banyak sampai tega memeras, menipu, bahkan membunuh seperti antikris terhadap Babil.
Antikris tidak datang untuk menolong, menghidupkan atau menyelamatkan, tetapi untuk membunuh dan membinasakan. Tetapi tabiat yang jahat itu tersembunyi, baru keluar terakhir kalau sudah aman baginya. Pada waktu itu semua sifat2nya yang jahat, kejam, peng aniaya dan pembunuh akan dinyatakan terang2an.
Dalam zaman ini iblis dan setan2 hanya bisa menganiaya dan mencelakakan (terhadap orang beriman, tetap harus dengan izin Tuhan), tetapi tidak bisa membunuh, sebab hanya Allah yang menentukan mati hidup seseorang 1Sam 2:6. Biasanya iblis mendesak, menuduh, menjepit seperti Yudas yang terus dituduh sampai bunuh diri. Macam2 tipu daya iblis menjepit sampai orangnya bunuh diri dan langsung masuk Neraka dalam tangan iblis dan ia bebas menyiksa di Neraka untuk selamanya. Tetapi dalam zaman Antikris, iblis punya hak membunuh Wah 13:7, sebab itu ia merajalela menganiaya, menyiksa sampai akhirnya membunuhnya.
Mula2 yang disiksa dan dibunuh adalah orang beriman yang bertobat kembali. Tetapi sesudah habis, semua pengikutnya sendiri yang dibunuh, dikhianatinya seperti Antikris pada perempuan sundal Babil ini. Menyiksa dan membunuh itu hoby dan kesukaan iblis. Beberapa orang yang suka perkara2 sadis itu mencerminkan sedikit dari tabiat iblis. Ini kesukaan iblis dan manusia bisa membunuh orang2nya. (Sebaliknya kalau seorang menunjukkan sifat2 yang baru, yangbaik2, itu sifat2 Kristus, teruskan!). Dalam zaman Antikris iblis bebas, apalagi nanti dalam Neraka, ngeri, betapa dahsyat sifat si pembunuh ini. Jangan percaya kebaikanmalaikat terang ini 2Kor 11:14, itu hanya umpan dan siasat jahat algojo yang kejam ini, sebab iblis itu penipu, pembohong dan pura2.
Sebaliknya Allah itu cinta dan baik, Dia yang menyelamatkan dan menghidupkan sekalipun kalau perlu diajar supaya selamat, tetapi iblis dan kaki tangannya itu pembunuh dan pembohong.
Secara harfiah, Babil akhirnya dihancurkan dan dikalahkan oleh Elam ber-kali2 dan kemudian oleh Medi (Madia) dan Parsi, sehingga tamatlah Babil, roboh dalam sekejab. Ini terjadi waktu raja Belsyazar membuat pesta besar dan menajiskan perkakasan bait Allah (yang dijarahnya), malam itu juga Belsyazar dibunuh dan Babil dikalahkan.
YES 21:1. PUTING BELIUNG DARI SELATAN.
BEBAN UNTUK PADANG GURUN DI (TEPI) LAUT. SEPERTI PUTING BELIUNG DARI SELATAN MELEWATINYA, BEGITULAH DATANGNYA DARI PADANG GURUN, DARI NEGERI YANG DAHSYAT.
Kalau angin besar puting beliung datang, rumah2 bisa hancur dan roboh, itu dahsyat sekali. Ini pengaruh yang besar dari selatan yaitu dari kerajaan iblis. (Dalam arti kiasan, Utara itu adalah tempat negeri Allah Maz 48:2; 75:8 dan Selatan itu berarti dari iblis).
Akan ada angin besar (pengaruh yang kuat) dari iblis yaitu perkara2 dosa, kedagingan dan keduniawian yang akan melanda seluruh dunia. Kemajuan tehnologi (lebih2 komputer) dll bukan saja membawa akibat baik, tetapi juga akibat yang jahat (seperti tenaga atom bisa baik bisa jahat tergantung dari yang memilikinya), juga pengaruh darihal2 lain.
Kalau kita, Gereja, tidak membuat alas = fondasi rohani yang kuat yaitu di atas kebenaran Firman Tuhan dalam pengurapan Roh Kudus, akan mudah roboh oleh angin yang besar ini dan robohnya amat besar Mat 7:24-28. Gereja, kekristenan jangan membuat fondasi dari hal2 yang fana, itu tidak kuat, misalnya keakraban, uang atau hadiah, makan minum, jalan2, persekutuan2 golongan dan macam2 hal2 sosial, budaya, ekonomi dll hal2 yang fana.  Ini cara2 duniawi dan seringkali bisa membuat pertumbuhan yang cepat besar dan meriah tetapi kalau kena angin Selatan, semuanya akan roboh! Beberapa roboh tetapi tidak kelihatan dari luar, seperti Gereja Sardis, Pergamus, Tiatira dan Laodikea; sebagian tetap ada dalam Gereja (sebab ini menjadi tempat hiburan yang menarik dan dikira Pintu Gerbang ke Surga), tetapi sebetulnya mereka sudah roboh dalam dosa dan keduniawian dan robohnya sangat besar. Dasar atau Pondasi yang betul adalah Firman Tuhan dan taat dengan kuasa Roh Kudus, ini jalan sempit, hidup di atas mezbah, lebih sedikit orang yang mau Pil 1:29, tetapi ini dasar yang kuat dan akan tetap tahan, tidak akan roboh!
YES 21:2. PENGKHIANAT YANG MENGKHIANATI, PENJARAH YANG MENJARAH.
SUATU PENGLIHATAN YANG DAHSYAT DINYATAKAN PADA SAYA. PENGKHIANAT (KJM: PENYESAT) YANG MENGKHIANATI DAN PENJARAH YANG MENJARAH. NAIKLAH ORANG ELAM, KEPUNGLAH ORANG MADAI. SEMUA KELUHANNYA SUDAH SAYA HENTIKAN.
Selain sebagai puting beliung yang merobohkan dan merusak, ia juga datang sebagai pengkhianat yang mengkhianati. (Pengkhianat2 ini seperti Yudas, Antikris yang pertama; pengkhianat itu benih2 Antikris).
Penyesat yang menyesatkan.
Macam2 cara berpikir baru yang menyesatkan, falsafah2 yang jahat timbul di mana2. Cara berpikir yang jahat seperti mafia, suami isteri yang selingkuh, bunuh diri, narkotik, pernikahan homo dll yang dahulu dianggap keji dan gila, sekarangsemua dianggap baik dan normal.
Penjarah yang menjarah. Apa yang dijarah dari Babil? Apa2 saja yang masih baik dalam dunia ini jarah semua sampai habis. Dahulu masih ada budi pekerti yang luhur, masih ada peri kemanusiaan, masih ada rasa malu hormat, setia kawan dll, tetapi semua itu akan habis dijarah (Ini juga diceritakan dalam Wah 8, Nafiri 1 Sampai 4).  Semua yang masih baik dalam dunia (Babil) akan dijarah sampai habis sama sekali sehingga tidak ada sisa yang baik.
Juga Gereja2 yang dipengaruhi oleh Babil ini akan juga habis dijarah dan disesatkan oleh kuasa2 yang jahat dan kaki tangannya. Alkitab tidak lagi dipegang, lebih banyak falsafah, pikiran dan ilmu2 manusia, semua itu tidak akan bisa tahan dengan penyesat dan penjarah yaitu si iblis. Kita harus memegang Firman Tuhan dan dipimpin Roh, hidup oleh Roh, baru bisa tahan Luk 21:33. Sebab hanya dengan Roh Kudus dan Firman Tuhan kita bisa mengalahkan iblis dan semua tipu dayanya.
Babil akan dikuasai sepenuhnya oleh penghulu2 dunia ini. Keluhan orang2 Babil atau orang2 dunia justru berhenti, tidak mengeluh lagi, sebab mereka mabuk dengan anggur Babil yang membuat semua orang mabuk Wah 17:1. Sebab itu jangan minum anggur dunia nanti mabuk sehingga tidak sadar lagi dengan segala perkara2 dosa yang keji, sebab sudahmabuk dalam dosa Luk 5:39; mereka merasa lebih senang lebih nikmat seperti Lot di Sodom, tetapi akhirnya tertinggal dan dikuasai Antikris. Yang ikut Antikris akan tertawa bahkan mabuk, tetapi akhirnya dibinasakan Antikris sendiri.
YES 21:3. BERITA DAN KEADAAN YANG DAHSYAT.
SEBAB ITU PINGGANG SAYA PENUH DENGAN KESAKITAN, RASA SAKIT SUDAH MENGUASAI SAYA, SEPERTI SAKIT PEREMPUAN BERANAK. SAYA TERBUNGKUK KE BAWAH WAKTU MENDENGARKAN ITU; SAYA GEMETAR WAKTU MELIHATNYA.
Makin lama keadaan akan makin dahsyat dalam dosa dan kejahatan, sehingga orang2 beriman melihatnya saja sudah menjadi sakit seperti Lot mula2 waktu masuk Sodom 2Pet 2:8. Tetapi kalau tidak mau lari keluar dari Sodom (2Kor 6:17, Wah 18:4)kalau dibiarkan, maka lama2 semua menjadi biasa, bahkan Lot menjadi mahir berperilaku seperti orang Sodom, anak2nya diserahkan begitu saja dalam percabulan karena dua tamunya.
Begitu juga zaman sekarang, semua menjadi biasa oleh sebab pengaruh pergaulan, film, contoh2 dunia yang jahat dan penyesatan dari iblis.
Membunuh, berzina, menipu, mencuri, korupsi, menggelapkan, khianat dll semua dianggap biasa bahkan menjadi kebanggaan misalnya petinju yang membunuh KO lawannya, dapat sabuk juara dan uang banyak serta aplaus dan penghargaan seluruh dunia!
Orang2 yang hidup dalam kesucian merasa dahsyat tetapi orang2 dunia bangga dan bersukacita.
Tetapi jangan kuatir, Tuhan tetap memelihara orang2 yang memelihara kesuciannya, mereka justru akan makin bertambah suci, makin tumbuh sampai Gereja menjadi sempurna dan terangkat dari tengah2 semua yang jahat ini. Nubuatan dan rencana Allah pasti jadi Wah 22:11.
YES 21:4. MALAM YANG MENAKUTKAN.
HATI SAYA GELISAH, KETAKUTAN, MENDAHSYATKAN SAYA. MALAM SAYA YANG MENYENANGKAN, DIUBAHKANNYA MENJADI KETAKUTAN BAGI SAYA.
Keadaan akan menjadi begitu dahsyat seperti yang diceritakan dalam Maz 92:5-7. Kita tidak mungkin menang kalau tidak memakai perlengkapan ekstra seperti yang dikatakan Tuhan Yesus dalam Luk 22:35-36. Kita harus membawa pedang ilahi yaitu semua perlengkapan Allah yang sudah disediakan Roh Kudus untuk dikerjakan dalam hidup kita. Tanpa Allah, tidak ada seorangpun yang bisa tahan Mat 24:22. Sebab itu kita harus mahir berjalan dalam Roh, memakai kuasa, hikmat, buah dan karunia2 Roh, tanda ajaib Allah Bapa dan jabatan2 Tuhan Yesus, supaya kita bisa me-ngalahkan segala perkara yang dahsyat yang sudah menguasai seluruh dunia.
Ingat jangan minum anggur Babil, anggur lama dari dunia ini, nanti jadi mabuk dan dijarah habis dan binasa. Jangan main2 dengan perkara dosa, jangan sampai tertipu!
YES 21:5. BERSIAP-SIAP <R> MENGHADAPI.
SIAPKAN MEJA, JAGALAH MENARA PENJAGA, MAKAN MINUM, BANGUNLAH ENGKAU PENGHULU-PENGHULU DAN URAPILAH PERISAIMU.
Kita harus bersedia menjaga menara penjaga, bukan hanya soal waktunya Mat 24:42 tetapi juga harus diperlengkapi dengan selengkap senjata ilahi sehingga bisa tahan menghadapi hal2 yang dahsyat yang akan diizinkan Tuhan menimpa kita sebagai ujian Tuhan akan melepaskan api sehingga seluruh dunia menyala (masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:17, Yez 9:4-7). Mereka yang tidak dimeteraikan (dipenuhi dan tidak dipimpin Roh) dan tidak bersedia untuk meningkat makin tinggi dalam iman, akan mudah dikalahkan danhanyut dalam segala perkara yang dahsyat ini.
Siapkan meja pedupaan (ini nama lain dari Mezbah Dupa) yaitu berdoa dalam Roh dan kebenaran,
makan minum dari Firman Tuhan dengan limpah (2 gomer Kel 16:22),
bangun dari tidur (1Tes 5:5-7) terus penuh dan dipimpin Roh dan
terus ber-jaga2 dan bersatu sambil mengingatkan semua yang lain,
perisai harus diurapi, siap berperang untuk bisa menahan semua pedang dan anak panah berapi dari musuh dan bisa bertahan, dari angin selatan, dari pengkhianat, penyesat, penjarah yang jahat. Jangan hanya defensif (mempertahankan diri), tetapi dipimpin Roh untuk maju dan menyerang iblis dan mengalahkannya.
YES 21:6. BISA MELIHAT MUSUH DAN TANDA-TANDA ZAMAN.
KARENA DEMIKIANLAH DIKATAKAN TUHAN KEPADA SAYA. PERGI, TARUHLAH SEORANG PENJAGA, BIARLAH IA MEMBERITAKAN APA YANG DILIHATNYA.
Kita harus mengerti tanda2 zaman Mat 16:3 supaya kita ber-siap2 untuk bisa ikut lari, terangkat dengan Tuhan, lepas dari dunia yang akan jatuh dalam tangan Antikris. Mat 24:16-18.
Kita harus saling mengingatkan dan menguatkan seluruh tubuh Kristus, supaya kita ikut dalam proyek Tuhan yang terus meningkat dalam kesucian Wah 22:11, bukan ikut (hanyut) dalam proyek iblis yang terus meningkat dalam dosa.
Jangan sampai tertipu dan hanyut dalam kesukaan dosa yang sesaat tetapi bisa terus tumbuh ber-sama2, ber- buah2 dan masuk dalalm proyek zaman keemasan Gereja yang disediakan Tuhan dalam rencanaNya untuk menyempurnakan Gereja.
Kita tidak tahu tanggal pengangkatan dengan tepat, tetapi dengan pertolongan Firman Tuhan dan Roh Kudus, kita akan tahu semua siasat iblis, tanda2 zaman dan saat2 yang diingatkan Roh Kudus. Ber-jaga2lah dalam menghadapi saat2 yang dahsyat ini. Kalau kita terus ber-jaga2 dipimpin Roh, maka sesudah masuk Minggu ke-70 Daniel, seperti Nuh, seperti Abraham, kita akan tahu saat pengangkatan.
YES 21:7. RATA DENGAN KUDA, KELEDAI, UNTA.
MAKA IA MELIHAT SEBUAH RATA DENGAN SEPASANG ORANG BERKUDA, SEBUAH RATA <R> DENGAN KELEDAI2 DAN SEBUAH RATA DENGAN UNTA2, DAN IA MENDENGAR BAIK2 <R> DENGAN PENUH PERHATIAN.
Heran, ia melihat rata (ini untuk perang) dengan sepasang kuda. Kuda memang binatang untuk perang. Tetap ada juga rata dengan keledai, tetapi binatang ini untuk menanggung kuk atau beban bukan untuk perang. Juga unta, meskipun bisa juga untuk perang tetapi lebih baik untuk perjalanan jauh seperti orang majus dari timur pergi ke Betlehem.
Peperangan dalam dunia ini akan terjadi di mana2 Mat 24:6. Tetapi bukan saja karena kebencian sehingga saling ber-bunuh2an, tetapi juga karena barang, uang, ekonomi (keledai) dan karena ambisi untuk mengembangkan daerah yang besar dan luas (unta). Orang2 akan berperang karena ber-macam2 sebab dan itu akan memenuhi seluruh dunia, sehingga keadaan makin parah, karena segala keinginannya manusia yang bertentangan satu sama lain, ingin saling menguasai, maka semua berperang.
YES 21:8. SEEKOR SINGA.
DAN IA BERTERIAK, SEEKOR SINGA! TUHAN, SAYA BERDIRI TERUS MENERUS DI ATAS MENARA PENJAGA PADA SIANG HARI DAN SAYA BERADA DI POS SAYA SETIAP MALAM.
Heran, sesudah melihat rata dengan 3 macam binatang itu, tiba2 ia berteriak, seekor singa. Siapa ini? Singa bisa berarti iblis 1Pet 5:8, bisa Kristus Wah 5:5. Memang iblis ada di belakang semua perkara2 yang dahsyat ini. Tetapi bagi orang yang setia menjaga di atas menara penjaga siang dan malam, tahu2 ia melihat singa itulah Tuhan Yesus, singa dari Yehuda yang mengalahkan semua musuhnya. Orang yang setia akan melihat sesuatu dari Tuhan yang menguatkannya. Kristuslah yang bisa menguatkan Gereja yang tumbuh dalam kesucian, dan akan mengalami kemenangan yang besar, tetapi Babil akan roboh (dalam ayat 9). Jangan takut, Dia singa dari Yehuda, dengan penampilan akhir zaman yang dahsyat (Wah 1). Ia menguatkan Gereja Tuhan sehingga bisa tetap suci, makin suci dan menjadi sempurna.
Tinggal dalam Kristus Rom 8:31, itu kekuatan, kemenangan dan kesempurnaan kita. Tetapi tetap setia setiap hari siang malam dalam pos penjagaan yaitu dengan Firman Tuhan, doa dalam Roh dan kebenaran siang malam dan persekutuan tubuh Kristus.
YES 21:9. BABIL ROBOH!
LIHATLAH SEBUAH RATA DATANG KESINI DENGAN ORANG2NYA, SEPASANG ORANG BERKUDA  KEMARI. MAKA IA MENJAWAB DAN BERKATA: BABIL ROBOH, SUDAH ROBOH DAN SEMUA PATUNG2 PAHATAN ILAH2NYA DIHANCURKAN OLEHNYA SAMPAI KE BUMI.
Babil pasti roboh dan segala berhala2nya dihancurkan. Ini pasti terjadi, sebab itu jangan tertipu oleh iblis, sebab semua hasil pekerjaan iblis satu kali akan dihancurkan dan dibuang ke Neraka. Juga ilah2nya yaitu iblis, Antikris, nabi palsu akan dikalahkan sampai di tanah. Jangan berhubungan dengan Babil, tetapi keluar dan lawan dengan pedang ilahi tsb.
YES 21:10. BIJI-BIJIAN YANG TERTINGGAL.
OH, TEMPAT PENGIRIKAN SAYA, DAN BIJI2AN DI LANTAI SAYA; APA YANG SUDAH SAYA DENGAR DARI TUHAN BALA TENTARA, ALLAH ISRAEL, SUDAH SAYA NYATAKAN KEPADAMU.
Tempat pengirikan adalah di tempat yang di-injak2) masih ada biji2an (Ibrani: Putra) yang tertinggal di lantai tempat yang di-injak2 oleh Antikris. Ini menceritakan tentang orang2 beriman yang tertinggal, di lantai pengirikan Antikris dimana mereka di- injak2 Antikris selama 42 bulan Wah 11:2. Jangan sampai menjadi orang yang tertinggal di tempat pengirikan, yang akan di-injak2 Antikris.
KESIMPULAN.
Jangan terpengaruh oleh Babil. Akan terjadi hal2 yang dahsyat dalam dunia ini sehingga semua yang masih baik dijarah habis, dikhianati atau disesatkan, dan dosa makin ber-tambah2 sehingga di luar Gereja, tidak ada lagi yang masih baik.
Jangan terpengaruh oleh puting beliung yang dahsyat dari selatan yaitu dengan memiliki pondasi yang kuat dalam Firman Tuhan dan Roh Kudus. Di dalam Kristus, singa dari Yehuda (Wah 1:12-17) akan menguatkan dan menolong kita masuk dalam rencana Allah yang mulia dan sempurna.
Kita harus bersedia, makan dari Firman Tuhan dengan limpah dan terus berdoa dalam Roh kebenaran sehingga kita bisa terus bersedia, ber-jaga2 siang malam, tahu segala tanda2 zaman dan tidak hanyut dalam angin puting beliung dari selatan. Jangan lalai, tetapi bersedia, tinggalkan semua sifat2 dan keadaan yang jahat, hidup benar, diperkenan Tuhan yang suci dalam segala segi hidup, makin suci sampai akhirnya disempurnakan.
Nyanyian:
Zaman sekarang berjagalah, lihat dunia bergelora.