YS84 – Yesaya 19:16-20 Mesir Mengenal Tuhan (27 Juli 2011)

YES 19:16. TUHAN MENJAMAH MESIR.
Catatan: Dalam Yes 19:1-5. Nubuatan Firman Tuhan ini tentang Mesir yang dihancurkan. Tetapi tiba2 dalam ayat 16 dst, heran, beritanya berubah. Di sini Mesir tidak lagi dibinasakan tetapi justru diangkat dan ditinggikan. Mengapa?
PADA HARI ITU.
Istilah ini terdapat ber-kali2 yaitu dalam ayat 16,18,19,23,24. Tuhan menyebut 5x sebab ada sesuatu yang luar biasa terjadi pada hari itu, suatu hari yang dinubuatkan Firman Tuhan untuk Mesir, akan terjadi sesuatu yang luar biasa baginya. Pada hari itu Mesir akan berubah, justru menjadi nomor 1, lalu Syria lalu Israel justru yang ke-3 (ayat 24-25).
Ini terjadi sesudah Israel undur dari Tuhan, lebih2 waktu Israel menolak Mesias yang dikirim Allah kepadaNya, bahkan mereka membunuhNya dan mereka berani menanggung darahNya atas mereka turun temurun Mat 27:25. Mulai saat ini Israel “disimpan” atau dibekukan, digantikan orang2 kafir yang mau percaya pada Mesias yaitu Tuhan Yesus Kristus. Allah tetap adil; Orang Israel yang mau percaya pada Tuhan Yesus tetap bisa selamat seperti orang kafir, tetapi bukan karena mereka keturunanan Abraham, melainkan seperti orang kafir, sebab percaya kepada Tuhan Yesus. Keistimewaan orang Israel se-olah2 hilang sementara dan mulailah zaman orang kafir sampai jumlahnya genap, dan pada saat itu Israel mau bertobat kembali dan merekaakan kembali digarap Allah Rom 11:25-26. Pada hari itu adalah nubuatan yang luar biasa, sangat berarti sebab pada hari itu Tuhan Yesus mati untuk seluruh dunia Yoh 3:16 (sesudah ditolak orang Israel) dan mulailah zaman Gereja. Ini berlangsung terus sampai Gereja menjadi sempurna dan diangkat dari dunia, lalu Israel akan kembali bertobat dan disucikan (dalam Minggu ke-70 Daniel), lalu kembali menjadi umat Tuhan seperti yang dinubuatkan dalam Wasiat Lama dan Israel yang bertobat akan diselamatkan dalam Kristus, yaitu dalam kerajaan 1000 tahun.
MESIR AKAN SEPERTI PEREMPUAN.
Biasanya di hadapan Tuhan, Mesir itu seperti laki2, seperti orang perang, laki2 yang perkasa dan ganas yang siap untuk berperang. Mereka selalu melawan Israel dan Allahnya. Tetapi sekarang Mesir bukannya seperti laki2 tetapi seperti perempuan yang tidak melawan dan tidak berdaya. Kalau seorang datang dengan menyerah, mohon belas kasihan kepada Tuhan, Dia tidak akan menolaknya. Begitu juga perempuan ini, sekalipun sudah berzina dengan banyak berhala2 Yak 4:4), Tuhan mau menerimanya. Keadaannya ini seperti yang diceritakan dalam Hos 1:2.
Hosea disuruh Tuhan untukkawin dengan perempuan sundal. (Ini Perjanjian Lama, artinya bukan arti jasmaniuntuk kita sekarang). Mesir inilah orang2 kafir yang “bersundal” dengan banyak dewa2 atau berhala kafir Yak 4:4, tetapi sekarang diambil menjadi istri Hosea yang menjadi lambang dari Tuhan. Ini sungguh kemurahan Tuhan. Sebab itu tidak heran kalau banyak nabi2 pada waktu itu (Yesaya, Yeremia dll)mulai bernubuat tentang orang kafir sebab mereka (orang kafir) sekarang statusnya berubah, yang dahulunya bukan umat sekarang menjadi umat Allah, serta beroleh rahmat dari Tuhan 1Pet 2:10, Hos 1:10; 2:22.
Semua ini sudah diketahui Allah dan sudah dinubuatkan sebelumnya. “Pada hari itu” adalah hari yang luar biasa untuk semua orang kafir, suatu hari yang istimewa untuk seluruh dunia. Dalam Luk 2:11 dikatakan: pada hari ini, ini adalah penggenapan dari pada hari itu, digenapkan di dalam Kristus. Pada hari ini telah lahir seorang Juru selamat bagi seluruh dunia (ditandai dengan bintang dan 3 orang majus dari Timur datang menyembahNya serta tanda2 ilahi lainnya), supaya siapa saja yang mau percaya kepadaNya, beroleh selamat Yoh 3:16. Orang2 kafir yang percaya dan bertobat, inilah perempuan yang diambil, disucikan dan dijadikan isteri dari Hosea atau Kristus secara rohani. Inilah Mesir yang seperti perempuan, yang sesudah percaya menjadi umat Tuhan.
DAN MEREKA AKAN TAKUT DAN GENTAR SEBAB GERAKAN TANGAN TUHAN BALA TENTARA YANG DIGERAKKAN ATASNYA.
Dahulu mereka tidak takut bahkan melawan Israel dan Allahnya. Contoh yang  jelas misalnya Firaun waktu mengejar Israel. Sekalipun mereka sudah melihat kuasa Allah yang limpah dan dahsyat, mereka tidak takut dan tetap melawan Allahnya orang Israel Kel 10:7; 14:8,21-25. Akhirnya mereka semua binasa. Tetapi sekarang orang Mesir takut dan memberi hormat kepada Allah orang Israel.
Mengapa mereka takut? Ini disebabkan karena gerakan tangan Tuhan bekerja atasnya yaitu pekerjaan Roh Kudus diantaranyanya sehingga orang2 menjadi takut, percaya dan bertobat seperti dalam Kis 2:37, Luk 11:20.
Sekarang mereka takut dan percaya bahwa Allah orang Israel adalah Allah di atas segala allah dan mereka tunduk menyembahNya, menjadi umatNya.
Hal ini belum digenapkan seluruhnya. Masih banyak orang kafir yang tetap menyembah  berhala2nya dan adalah tugas kita untuk memberitakan kabar baik ini, sampai jumlah orang kafir masuk iman genap Rom 11:25.
Sebab itu kita harus keluar dengan kuasa Roh Kudus supaya bisa menggerakkan dan menggoncangkan orang2 berdosa dimanapun dan dalam sikon apapun. Luk 24:49, Kis 1:8.
Sekarang mereka takut dan percaya sehingga diselamatkan di dalam Tuhan Yesus. Ini tugas Gereja untuk terus menyelesaikan rencana Allah atas semua orang kafir yang melawan Allah, supaya bertobat sampai jumlahnya genap. Ini tidak bisa dikerjakan sendirian, tetapi ber-sama2 seluruh umat Tuhan yang percaya bahwa Tuhan Yesus itu Allah yang menjadi manusia, menjadi Juru selamat dunia. Kadang2 dalam kerjasama ada hal2 yang tidak benar, sebab iblis berusaha untuk mencegah dan merebut kembali jiwa2 yang sudah dimilikinya. Jangan kita diganggu atau di-halang2i oleh pekerjaan iblis dalam kerjasama ini, jangan bereaksi dosa atas segala dosa, teruskan dengan kuasa Allah memberitakan Injil sampai di seluruh dunia lalu Tuhan Yesus datang kembali! Kita harus bekerjasama berdasar Firman Tuhan dalam kesucian dan kasih dan persekutuan dalam Roh (1Kor 12:12,13, 1Yoh 1:7)untuk menyelesaikan rencana Allah dan kalau bilangannya sudah genap, Tuhan Yesus akan datang dan kita menerima mahkota dan pahala dari Tuhan untuk kekal.
YES 19:17. YEHUDA MENJADI KEDAHSYATAN BAGI MESIR.
DAN TANAH YEHUDA AKAN MENJADI KEDAHSYATAN BAGI MESIR, SETIAP ORANG YANG MENYEBUTNYA AKAN KETAKUTAN DALAM DIRINYA SENDIRI.
Israel terdiri dari Yehuda dan Israel. Hanya Yehuda yang disebut, sebab Israel justru hancur, bahkan menjadi batu sontohan. Tidak semua orang Kristen menjadi kesaksian yang baik, seperti orang Israel yang hidup melawan Allah bahkan menyembah berhala seperti orang kafir, itu justru menjadi batu sontohan dan orang2 ini juga terhilang jiwanya Mat 7:21 sebab mereka menyebut nama Tuhan tetapi tidak melakukan kehendak Allah. Sungguh suatu ibadah yang sia2, sebab tidak bertobat dan tidak mau mengerti kebenaran Firman Tuhan dengan betul seperti kerajaan Israel (ini Gereja jalan lebar). Kerajaan Yehuda masih bisa memuliakan nama Tuhan. Sekalipun sudah kalah dan tertawan, tetapi mereka bertobat kembali dan dipulihkan, bait Allah dibangun kembali. Orang2 Mesir ini yang dahulu menyembah berhala dan melawan Allah Yakub, tetapi sekarang mereka takut dan menyebut nama Tuhan dengan hormat seperti Israel, tidak berani menyebut nama Tuhan dengan sia2 Kel 20:7 (hukum III). Israel sendiri begitu ketakutan sehingga tidak berani menyebut nama Yehovah, mereka  menulisnya YHWH tetapi membacanya Adonai, sebab mereka takut menyebut nama Tuhan. Tetapi sekarang di dalam Kristus, kita menjadi anak2 dan putra2 Allah, Allah menjadi Bapa dan Tuhan Yesus menjadi Tuan kita bahkan kakak sulung Rom 8:29 dan mempelai kita 2Kor 11:2, Wah 21:2,9. Bagi orang Israel nama Tuhan masih terselubung 2Kor 3:14 tetapi bagi kita sudah terbuka dalam Krsitus, bahkan kitapun boleh masuk dalam Ruangan Suci dan melihat kemuliaan Ruangan Maha Suci sebab Tirai sudah terbelah oleh Kristus. Bagi kita hukum III (menyebut nama Tuhan)itu sekarang berarti bukan secara harfiah, tetapi secara rohani yaitu kalau kita menyebutNya, kita harus menjauhkan diri dari dosa dan kejahatan 2Tim 3:19 dan melakukan kehendak Allah Mat 7:21.
Inilah artinya menyebut nama Tuhan bagi kita sekarang dalam Wasiat Baru yang dahulu menjadi ketakutan Israel dan orang kafir dalam Wasiat Lama.
SEBAB KEPUTUSAN TUHAN BALA TENTARA YANG SUDAH DITENTUKANNYA ATAS MEREKA.
Apakah yang diputuskan Tuhan tentang orang2 Mesir (bayangan dari orang beriman yang berasal dari orang kafir)? Mereka dijadikan umatNya seperti perintah yang diberikan Tuhan kepada Hosea untuk mengambil Gomer menjadi isterinya. Ini keputusan Tuhan, tetapi ini bukan berarti semua orang kafir otomatis sekaligusmenjadi umat Tuhan, melainkan satu per satu yang percaya pada nama Tuhan Yesus itu yang menjadi umatNya sampai jumlahnya genap. Tuhan tahu lebih dahulu bahwa ada yang mau percaya dan ada yang tetap menolak dan Tuhan tahu lebih dahulujumlah seluruhnya yang akan bertobat. Dia tidak menentukan siapa yang akan percaya atau tidak tetapi mereka ditentukan selamat di dalam Kristus yaitu semua yang mau percaya pada Tuhan Yesus Ef 1:4 Ia memilih kita di dalam Kristus. Siapa yang mau percaya, itu yangdipilihNya, dan menjadi selamat. Setiap orang bebas menentukan mau percaya atau tidak.
YES 19:18. MESIR BERSUMPAH DALAM NAMA TUHAN.
PADA HARI ITU 5 NEGERI DI MESIR AKAN BICARA DENGAN BAHASA KANAAN.
Mengapa mereka memakai bahasa Kanaan, bahasa umat Tuhan? Sebab mereka sekarang menghargai, menghormatinya. Biasanya orang suka pada bahasa asli/ negerinya sendiri. Tetapi sekarang mereka memakai bahasa Kanaan, karena menganggap ini lebih tinggi, lebih terhormat sebab percaya kepada Allah Israel. Dalam bahasa juga ada budaya bangsa, semua diambil alih. Secara rohani ini berarti memakai bahasa umat Tuhan yang baru.
Dalam Yes 28:11 ini sudah dinubuatkan yaitu bahasa yang ajaib, bahasa asing (gagap = stammering, KJV). Ini menceritakan tentang bahasa lidah yang menjadi bahasa persatuan umat Tuhan, bahasa ilahi. Di seluruh dunia, semua yang percaya pada Tuhan Yesus memakai bahasa ini Mrk 16:17. Luar biasa.
Cara hidupnya juga baru yaitu sesuai Firman Tuhan (seperti Kristus) dan bicara dalam bahasa umat Tuhan yaitu bahasa lidah, ini juga menjadi tanda bahwa Roh Kudus ada di dalamnya, yang membuat orang itu bicara
Bukan hanya bahasa, tetapi hadirat Tuhan ada di mana2 diantara orang kafir yang manapun, sebab dengan baptisan Roh Kudus (yang ditandai dengan bahasa lidah) orang2 yang percaya menjadi anak2 Allah dan semuanya sama2 menyebut Allah sebagai Bapa Gal 4:6. Luar biasa.
Dari 2 ayat ini (Yes 18:18; 28:11) sudah dinubuatkan bahwa ada 5 negeri yang ber-kata2 dengan bahasa lidah. Mengapa hanya 5 negeri, 5 cerita tentang 5 luka Tuhan Yesus di salib.
1). Orang yang mau percaya akan karya Kristus di salib akan lahir baru dan dipenuhi dengan Roh Kudus Kis 2:38.
2). Orang yang menderita sengsara salib seperti Kristus (bukan hanya Kristus yang di salib, kita juga Gal 2:19-20), maka orang yang bisa hidup dipimpin Roh. Dengan kuasa Roh Kudus orang2 menjadi kuat menderita salib untuk melakukan kehendak Roh yang memimpinnya (pimpinan Roh itu sesuai dengan Firman Tuhan) untukmemberitakan Injil seperti yang dilakukan rasul2 dan orang beriman yang mau pikul salib dan penuh Roh Kudus Kis 1:8, Luk 24:49.
Tanpa mau pikul salib mematikan daging, kita tidak bisa taat dipimpin Roh. Kalau daging mati, Roh Kudus bebas bekerja dan kita bisa taat Gal 5:16,25. Roh Kudus yang bekerja dalam orang2 yang percaya ini dan menumbuhkan sehingga kita bisa hidup penuh kuasa seperti Kristus dan terus bertumbuh seperti Dia.
DAN BERSUMPAH DEMI TUHAN BALA TENTARA.
Apa artinya bersumpah.
Orang Wasiat Lama bersumpah, memanggil Tuhan menjadi Saksi; kalau mereka bersumpah dusta, maka Tuhan akan menghukum mereka. Sebab takut akan Tuhan yang maha kuasa, mereka yang bersumpah tidak berani berdusta, sebab hukuman sumpah dusta itu besar Bil 30:2, Ul 23:21, Pkh 5:4.
Dalam Wasiat Baru orang beriman tidak lagi boleh bersumpah Mat 5:33-37. Kita harus berkata ya di atas yang ya, tidak di atas yang tidak, lebih daripada itu jahat dan kena hukuman! Yoh 5:12. Ini orang2 yang hidup benar di hadapan Allah dan kata2nya ya di atas yang ya, tidak di atas yang tidak. Orang2 yang dahulunya kafir sekarang hidup benar, merdeka dari dosa dan hidup suci di hadapan Allah, tidak lagi ikut hidup yang najis dalam dosa Ef 4:17-24. Sekalipun asalnya orang berdosa dan hidup di tengah2 orang dosa, tetapi sekarang hidup suci seperti Kristus, keluar dari orang dan tempat2 yang najis 2Kor 6:16-18. Keluar dari berhala dan segala kenajisan dosa menjadi orang2 suci, anak2 Bapa di Surga.
SATU AKAN DISEBUT NEGERI MATAHARI/ KEHANCURAN.
Dalam bahasa Ibrani = negeri Heres ini berarti matahari (Keterangan KJV, NIV dan arti bahasa asli) atau kehancuran.
Dari 5 negeri itu satu akan menjadi negeri kehancuran atau negeri matahari. Kedua arti ini sama2 mungkin. Arti yang:
1). Negeri kehancuran, Heres. Kalau satu negeri atau seorang jatuh dalam dosa dan tidak bertobat, imannya hancur. Memang ada kejatuhan, apalagi pada akhir zaman 1Tim 4:1, 2Tes 2:3.
2). Negeri matahari, itu berarti orang2 yang percaya, lahir baru dan terus bertekun dipimpin Roh hidup dalam kesucian (bersumpah dalam nama Tuhan) maka ia akan terus tumbuh sampai menjadi seperti terang matahari yaitu sepertiAllah Bapa, menjadi sempurna seperti Kristus. Mat 5:48, Ams 4:18.
Dari antara orang kafir yang percaya Tuhan Yesus, dua kemungkinan itu memang bisa jadi, baik ada yang jatuh maupun ada yang tumbuh menjadi sempurna. Kita harus ber-jaga2 supaya jangan sampai jatuh sehingga hilang keselamatannya. Kalau kita ber-jaga2, penuh dan dipimpin Roh, kita akan tumbuh terus sampai sempurna. Ini sudah dinubuatkan Tuhan dan pasti jadi. Kita bisa memilih, sebab dengan Tuhan kita bisa tumbuh terus sampai sempurna. Bagi Allah tidak ada yang mustahil, tergantung dari apakahkita mau percaya, menyerah dalam kehendakNya dan taat.
YES 19:19. MEZBAH DAN TIANG TUHAN DI MESIR.
Dalam Kel 24:4. Musa membangun Mezbah dan 12 tiang sebagai tanda bagi 12 suku bangsa Israel yang sudah berjanji akan mentaati Firman Tuhan yang sudah diberikan kepada ke-12 suku bangsa Israel, supaya merekaselalu taat akan Firman Tuhan yang diajarkan Musa kepadanya.
Di sini ada satu Mezbah dan hanya ada satu tiang saja
PADA HARI ITU AKAN ADA SEBUAH MEZBAH BAGI TUHAN DI TENGAH-TENGAH NEGERI MESIR.
Meskipun negeri Mesir asalnya negeri kafir, tetapi sekarang sama dengan Kanaan, sebab ada satu mezbah di dalam negerinya dan Tuhan mengakuinya dan tanah ini juga menjadi negeri Allah, bahkan nomor satu.
Mezbah di Kanaan, adalah tanda negeri perjanjian secara jasmani bagi umat Tuhan yaitu orang Israel. Tanpa Mezbah bukan umat Tuhan, sebab itu Elia membetulkanMezbah Tuhan yang sudah hancur di Israel 1Raj 18:30, baru Tuhan bisa bekerja di tengah2nya.
Mezbah berarti salib yang kita pegang, yaitu penebusan Kristus dan juga salib yang kita pikul setiap hari sampai akhirnya Luk 9:23.
Orang2 kafir yang percaya dan pikul salib membuat mereka menjadi umat Tuhan.
Kalau mau pikul salib, maka salib itu menjadi kuasa Allah bagi kita 1Kor 1:18 dan Tuhan hadir di tengah2nya, menjadi Allah dan Bapa baginya.
Sebab itu tanda orang Kristen sebagai umat Tuhan adalah salib atau Mezbah, taat selamat oleh penebusan dan maumenderita sengsara karena Dia Pil 1:29.
DAN SEBUAH TIANG BAGI TUHAN PADA PERBATASANNYA.
Disini hanya ada satu tiang, bukan 12 tiang, sebab orang2 kafir tidak lagi dibagi dalam 12 suku tetapi menjadi satu, yaitu satu mempelai perempuan dari Kristus yaitu Gereja yang taat akan Firman Tuhan. Seluruh umat Tuhan yang percaya kepada Tuhan Yesus terkumpul dalam satu tubuh Kristus, tetapi tingkatannya ber-beda2, ada yang sekedar selamat, ada yang lebih meningkat sampai yang sempurna.
Tiang ini ditaruh di diperbatasan, sehingga orang yang masuk negeri Mesir melihat tiang Tuhan sebagai tanda bahwa umat Tuhan harus taat akan Firman Tuhan. Dari perbatasan, dari luar sudah tampak tiang Tuhan, suatu tanda atau kesaksian bahwa kitalah umat Tuhan, sebabkita hidup menurut Firman Tuhan dan akan terus taat. Apakah artinya tiang yang tampak dari luar? Kesaksian hidup kita. Dari seluruh kesaksian hidup kita, akan tampak bahwa semua karena taat akan Firman Tuhan.
YES 19:20. TANDA SEORANG JURU SELAMAT.
DAN ITU MENJADI TANDA DAN UNTUK SUATU KESAKSIAN BAGI TUHAN BALA TENTARA DI NEGERI MESIR.
Ini menjadi tanda dan kesaksian bahwa mereka sudah percaya dan sudah ditebusnya. Selalu ada tanda dari orang2 yang percaya seperti dalam Mrk 16:17-18. Hidup orang Kristen selalu disertai tanda2, lain dari orang2 dunia yaitu taat akan Firman Tuhan sehingga hidupnya disucikan sebab mau pikul salib, dan tanda2 heran yang mengikuti umat Tuhan menjadi kesaksian untuk semua orang di sekitarnya, supaya mereka juga percaya. Hidupnya tidak lagi di dalam dosa, lain dari semua orang dosa yang diperbudak dalam dosa. Kita harus meninggalkan semua cara hidup lama dan hidup cara baru dalam Kristus menjadi kesaksian bahwa kita sudah ditebus dari dosa dan hidup untuk melakukan kehendak Allah yaitu menyelamatkan orang2 berdosa lainnya.
SEBAB MEREKA AKAN BERSERU KEPADA TUHAN KARENA PENINDASAN DAN IA AKAN MENGUTUS KEPADA MEREKA SEORANG JURU SELAMAT DAN SEORANG BESAR* DAN IA AKAN MELEPASKAN MEREKA.
*) TL: tuan
Ini cerita tentang keselamatan dari Allah yaitu terlepas dari segala penindasan dosa. Tuhan Yesus adalahJuru selamat dunia dan seorang yang besar, seorang tuan yang melepaskan orang2 dari dosa. (Jangan hidup dalam dosa, karena kalau seorang hidup dalam dosa itu menyebabkan nama Tuhan dihojat Rom 2:22-24).
Ini yang menjadi kemegahan orang yang percaya kepada Tuhan Yesus yaitu salib, kuasa Allah yang melepaskan kita dari dosa sehingga bisa tumbuh terus menjadi seperti Kristus bahkan sebagian akan menjadi sempurna seperti Kristus dan terus memberitakan Injil Kristus. Ini yang tidak ada dalam dunia. Semua orang ber-seru2 (mengerang, sebab perbudakan dosa itu menyiksa) untuk lepas dari tindasan dosa si iblis Rom 8:20-23, tetapi tidak seorangpun bisa melepaskannya dari perbudakan dosa, hanya Tuhan Yesus yang sudah melepaskan kita dari perbudakan dosa dan akhirnya  kita akan mengalami tebus tubuh, bebas dan mulia dalam tubuh nyawa roh untuk selamanya.
Tuhan Yesus sudah datang melepaskan dan sekarang kitalah orang2 yang diutus Tuhan untukdatang melepaskan orang berdosa sehingga menjadi orang2 suci yang merdeka dan dalam giliran berikutnya juga bisa melepaskan orang lain lagi.
KESIMPULAN
Problem manusia hanya satu yaitu lepas dari dosa dan hukuman kekal, bukan kemiskinan, kebodohan, penyakit, kesusahan, malapetaka dll. Semua itu asalnya dari dosa. Kalau kita mendapat kerajaan Surga dan kebenaranNya, maka yang lain akan ditambahkan Mat 6:33.
Mereka yang berseru kepada Tuhan, Dia akan memberijawaban yaitu dengan salib melepaskan manusia dari semua ikatan dan hukumannya, sehingga bebas dan akhirnya akan mengalami tebus tubuh, lepas dari tubuh dosa yang mengikatnya dalam dosa dan hawa nafsunya. Semua orang mencari kelepasan ini, tetapi belum semua tahu, belum semua melihat, belum semua percaya, sebab itu kita harus memberitakan kabar sukacita ini kepada semua mahluk, suatu kesukaan yang tembus sampai hidup kekal di Surga. Mezbah atau salib menjadi tanda, juga Firman Tuhan yang kita taati dan beritakan, ini mengubah orang kafir menjadi umat Tuhan yang terus bertumbuh, dari orang berdosa menjadi orang suci, dari penduduk neraka menjadi penduduk Surga. Nubuat ini sudah digenapi dan kita bisa menikmati serta tumbuh menjadi mulia seperti Kristus dalam memberitakan kabar baik ini, sampai jumlahnya genap, saatnya sampai dan masuk dalam kemuliaan yang kekal.
Nyanyian:
Beritakan kabar salib-Nya