Tanda Bilangan Antikris


Wahyu 13:16-18 Dan ia membuat sekalian orang, kecil besar, kaya miskin, merdeka atau hamba, supaya semuanya itu diberi tanda di tangan kanannya atau di dahinya; dan seorangpun tiada boleh berjual beli melainkan orang yang ada pada tangannya tanda itu, yaitu nama binatang itu atau angka bilangan huruf namanya itu. Maka inilah “hikmat”. Biarlah orang yang mengerti, menghitung bilangan angka binatang itu; karena itulah bilangan angka manusia. Adapun jumlahnya itu enam ratus enam puluh enam (TL)
Tanda Antikris ini diukirkan pada dahi atau tangan kanan.
Tanda = charagma = stempel, dicetak, diukir (dari: Vine Expository Dictionary of New Testament Words)
Tanda pada dahi ini adalah meterai, seperti yang dibuat oleh Tuhan pada orang-orang yang dimilikiNya.
Wahyu 7:3 “…sehingga kamu memeteraikan segala hamba Allah pada dahinya”
Wahyu 14:1 “…orang yang tertulis nama Anak domba dan nama BapaNya itu di dahinya”

Apakah tanda atau meterai ini?

Ada banyak tafsiran. Tafsiran yang keliru itu menyesatkan sehingga semuanya menjadi kacau dan setan dapat lebih banyak menipu dan membinasakan orang-orang beriman.

MACAM-MACAM TAFSIRAN

Beberapa tafsiran yang banyak beredar adalah:

a)  Beberapa tahun yang lalu dirancangkan suatu  bangunan besar bertingkat tiga yang akan diisi penuh  dengan komputer, ini yang dinamakan “The Beast”  (=binatang). Lalu semua manusia di bumi harus  diberi angka yang diukirkan dengan sinar laser di  tulang dahi atau tangan. Diperlukan 18 angka yang  dibagi 3 kelompok masing-masing 6 angka sehingga  didapat angka 666

Semua perdagangan atau jual beli dilakukan dengan menggunakan angka-angka ini (seperti “credit card”). Semua orang dan semua perdagangan diatur dan dikuasai oleh komputer besar yang dikelola oleh MEE (Pasaran Bersama Eropa) atau kelak oleh Antikris. Banyak orang menafsirkan inilah yang akan menjadi Antikris. Ternyata belum lama sesuda it, komputer generasi bar (dengan “chip”) dengan ukuran yang begitu kecil sehingga tidak lagi diperlukan komputer yang begitu besar dengan bangunan berlantai tiga. Tetapi masih banyak orang mencurigai sistem pemberian nomor pada setiap orang sebagai langkah-langkah pertama dari Antikris.
b)      Ada lagi o0rang yang menghitung jumlah angka “Computer” (a=1, b=2, c=3 dan seterusnya) lalu dikalikan enam didapat jumlah 666.

C=       3x 6    = 18

O=       15×6    = 90

M=      13×6    = 78

P =       16×6    = 96

U=       21×6    =126

T=        20×6    =120

E=       5×6      = 30

R=       18×6    =108

—————-  +

666

Mereka merasa bahwa komputer inilah bagian terpenting dari 666.
c)      Ada juga beberapa orang yang mengatakan bahwa simbol yang tertera di topi kebesaran dari salah satu pemimpin dunia, jumlah angkanya ialah 666
d)     Ada juga orang yang berkata bahwa Antikris itu akan keluar dari salah seorang pemimpin komunis yang amat kejam tetapi sangat berkuasa.
e)      Dan lain-lain.
Tafsiran yang paling banyak beredar dan banyak menakutkan orang ialah sistem nomor bagi setiap orang yang akan diukir dengan sinar laser di dahi atau di tangan manusia, lal dikelola dengan komputer-komputer yang canggih, sehingga semua orang di seluruh dunia dapat dikuasai oleh satu orang atau satu kelompok saja, yang kelak menjadi Antikris.

Benarkah tafsiran-tafsiran ini?

KELIRU !!!

Bilangan atau angka 18 digit ini sebetulnya bukan angka 666 dari Antikris yang sebenarnya, sebab:

  1. Oleh kemajuan teknologi (lebih-lebih komputer) dan kemajuan administrasi (manajemen), untuk efisiensi dan kepraktisan mengatr jutaan orang di seluruh dunia, maka timbullah credit card dan nomor-nomor ini. Meskipun andaikata katakanlah tidak ada Antikris, toh sistim-sistim dengan angka-angka ini akan timbul juga. Lalu justru ini yang ditafsirkan orang-orang kristen sebagai antikris, suatu penafsiran Alkitab dengan logika belaka.
  2. Setan itu selalu meniru Allah, membuat imitasi (tiruan) dari strategi dan perbuatan Allah (sebab cara-cara Allah adalah yang paling sempurna; kalau mau bekerja dengan baik dan berhasil, mau tidak mau hars meniru cara Allah).

Kalau Tuhan memeteraikan orang-orangNya dengan Roh, setan tidak akan memeteraikan orang-orangnya hanya dengan angka-angka yang tidak banyak berarti, ia tidak akan memakai cara yang begitu dangkal! Pasti setan akan membuat dan memakai cara-cara yang setara. Ia mencap orang-orangnya juga dengan roh, tentunya roh jahat, lalu roh jahat yang mana?

METERAI ALLAH

Allah memeteraikan orang-orangnya dengan Roh Kudus.

Efesus 1:13 maka kamu sudah dimeteraikan dengan Roh Kudus yang  dijanjikan itu.
Efesus 4:30 Dan jangan kamu mendukakan Roh Allah yang kudus,  yang di dalamnya itu kamu sudah dimeteraikan sehingga hari  penebusan (TL)
Roma 8:9b Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia  bukan milik Kristus.
Roma 8:14 Semua orang yang dipimpin Roh Allah adalah anak Allah.
Kalau kita mau menyerahkan diri (mau menyangkal diri) untuk dikuasai dan dipimpin oleh Roh Kudus, maka Roh Kudus akan mengolah kita dengan heran. Kita akan diubahkan menjadi orang yang baru (1Sam 10:6; 2Kor 5:17), kita diisi dengan kuasa untuk bertempur melawan setan, merebut jiwa-jiwa dari tangannya (Kis 1:8; Zak 4:6) mata kita dicelikkan sehingga mengerti perkara-perkara yang dari Allah (1Kor 2:10) dan di dalam mentaati kehendak Allah, kita bertumbuh di dalam rencana Allah yang indah-indah (Ef 2:10; 1 Kor 12:6; Yer 29:11), sehingga kita terus berubah menjadi luar biasa, tumbuh kepada kesempurnaan.
Henokh berjalan dengan Allah (jalan dalam Roh) selama 300 tahun dan ia berubah menjadi sempurna.
Juga Musa, Elia, dan lain-lain yang hidup menurut Roh, hidupmya menjadi gemilang dan mulia.
Anak manusia sendiri selalu berjalan dalam Roh (Mat 4:1, Luk 4:14) sepenuhnya menurut pimpinan Roh (Yoh 5:19; 8:26), sehingga 100% sukses dan menjadi anak manusia yang sempurna.
Cengkeram Roh yait meterai ini, itu luar biasa. Oleh pekerjaan Roh ini, maka orang yang dimeteraikan ini akhirnya berubah menjadi seperti Allah, sampai kepada kesempurnaan rencanaNya yang indah-indah. Inilah meterai dari Allah yang harus dimiliki oleh setiap orang milik Allah (Rom 8:9b) yang dapat mengolah, mengubah orang itu sehingga tumbuh di dalam Tuhan, lebih-lebih untuk terus bertumbuh sampai menjadi sempurna.

TANDA (METERAI) ANTIKRIS

Iblis juga akan memakai meterai yang dapat mengubah orang itu. Tentunya bukan untuk berubah menjadi semakin suci, tetapi berubah untuk menjadi semakin jahat dan keji sehingga akhirnya menjadi seperti iblis sendiri. Ini tidak dapat dilakukan oleh angka-angka yang mati it, tetapi diperlukan meterai yang hidup, yang jahat yang dapat merusakkan manusia yang dimeteraikannya yaitu meterai roh-roh jahat.
Apakah meterai antikris ini? Meterai antikris ini terdiri dari angka-angka yang berjumlah 666.
Apakah artinya angka ini ? 666 adalah angka emas, harta atau uang.
1 Raja-raja 10:14 Adapun emas yang dibawa kepada Salomo dalam 1 tahun ialah seberat 666 talenta.
Solaiman terus, terus, terus mengumpulkan uang sebab “ingin akan uang” mulai menguasainya. Firman Tuhan sudah mencegah dan melarang raja Israel supaya jangan menaruh harta terlalu banyak supaya tidak dirusakkan olehnya.
Ulangan 17:17 Juga janganlah ia mempunyai banyak istri, supaya hatinya jangan menyimpang; emas dan perakpun janganlah ia kumpulkan terlalu banyak.
Solaiman merasa dirinya bijaksana dan dapat menguasai banyak perempuan dan banyak uang, tetapi justru inilah yang merusakkan dia. Dengan tamaknya ia mengumpulkan emas (=uang) terlalu banyak, berlebih-lebihan, untuk membiayai persundalannya dengan 1000 orang istri dan gundik. Sebab itu ia menjadi rusak (Neh 13:26) dan ini diakuinya dalam (Ams 30:8). Angka 666 itu adalah angka roh mammon (mammon =uang atau harta dalam arti yang jelek (duniawi) Mat 6:19-24), ingin akan uang, cinta uang, yaitu akar dari segala jenis kejahatan.
1 Timotius 6: 9-10 Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan. Karena akar segala kejahatan ialah cinta akan uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

Orang yang memberi tempat pada roh mammon ini, ingin akan uang, akan didorong dan dikuasai oleh roh mammon ini sehingga menjadi nekad mencari uang sekalipun harus berbuat segala macam dosa.
Inilah cap atau meterai Antikris yang sesungguhnya, inilah arti angka 666 yang betul!
Lebih-lebih dalam zaman-zaman yang gelap dan sukar itu (2Tim 3:1) kalau seorang tidak dikuasai cinta akan uang, tidak nekad mencari uang, ia tidak akan mendapat uang, tidak akan dapat berjual beli!
Pada zaman sekarang saja kebanyakan orang yang mencari uang harus (“terpaksa”) memakai cara-cara yan berdosa, tidak lurus, bahkan cara-cara yang keji. Oleh dorongan dan cengkeram roh mammon ini manusia menjadi semakin tamak, makin serakah, makin haus, terus ingin akan lebih banyak uang, tidak pernah puas (Pkh 5:9). Nekad mencari uang, bahkan mencari sampai berlebih-lebih, mengumpulkan terlalu banyak sehingga rohani dikorbankan.
Orang beriman yang kena tipu daya kekayaan, lebih-lebih karena dikuasai keinginan akan uang, roh mammon, maka rohaninya dikorbankan dan hancur. Salah satu sebabnya ialah: sebab waktu dan kemampuan manusia terbatas, kalau itu sudah habis dipakai untuk terus mengumpulkan uang, maka tiada waktu dan tenaga lagi bagi Tuhan, rohaninya rusak!
Kumpulkan secukupnya saja. Apa tanda atau batas-batasnya? Mat 16:26 Yaitu tidak sampai berdosa, kesucian dan keselamatannya tidak dikorbankan, juga waktu yang biasanya untuk masa teduh, ibadat dan pelayanan tidak dikurangi, malah makin ditambahi (Ibr 10:25)
Orang yang nekad (sebab bercintakan uang) berani mengorbankan kesuciannya, berani melanggar Firman Tuhan, berani merampas waktu, perhatian dan hati (cinta) yang milik Tuhan, asal mendapatkan uang; sudah nekad, sudah mata gelap. Lebih-lebih pada zaman Antikris yang penuh kejahatan, egois dan kesusahan. Betul-betul tanpa cap Antikris ini, tanpa nekad cari uang, tidak akan mendapat apa-apa, tidak dapat berdagang dan membeli apa-apa.
Wahyu 13:17 Dan tidak seorangpun yang dapat membeli atau menjual selain dari  pada  mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya.

TAFSIRAN YANG ALKITABIAH

Jelaslah sekarang bahwa meterai Allah ialah Roh Kudus yang menguatkan kita untuk hidup dalam kesucian dan berbuat kehendak Allah sehingga tumbuh dalam rencana kesempurnaan Allah.
Sebaliknya meterai Antikris adalah roh mammon, ingin akan uang yang menguasai dan mencengkeram manusia kuat-kuat sehingga menjadi sempurna dalam dosa.
Sistem angka (seperti tafsiran banyak orang tentang cap ini) itu juga banyak pengaruhnya, tetapi kalau dibandingkan dengan roh mammon, itu tidak ada artinya apa-apa.
Bayangkan kalau satu pasukan atau angkatan perang datang dengan peluru kendali, roket-roket atom, lalu pihak lawannya keluar melawan mereka dengan kayu, pedang dan tombak? Sangat tidak seimbang!!
Setan tidak sebodoh itu untuk melawan Allah.
Ini sebetulnya adalah siasat setan. Angka-angka ini membuat banyak heboh, pikiran, debat dan lain-lain sehingga perhatian orang-orang Kristen lari ke sini, padahal setan menyerang dari segi lain, yaitu dengan tanda/ meterai Antikris yang sebenarnya.
Justru ini tipu daya setan untuk mengarahkan perhatian dan pikiran orang-orang Kristen ke arah yang salah. Tahu-tahu setan menyerang, menghancurkan dan menguasai orang-orang bodoh ini dengan meterai yang sesungguhnya yaitu roh mammon.

Jangan tertipu oleh setan sehingga hanya ribut soal angka, tahu-tahu sudah di cengkeram oleh “ingin akan uang”, roh mammon, yang sekarang sudah banyak beredar di seluruh dunia, juga sudah mencengkeram banyak orang-orang beriman!
Inilah cap antikris yang sesungguhnya!
Wahyu 13: 16 dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya.
SEKALIAN ORANG
Cap atau meterai antikris ini mencengkeram semua orang. Baik orang miskin, maupun orang yang kaya, kecil, besar, merdeka (tuan-tuan besar) dan hamba-hamba (pegawai-pegawai, buruh) semuanya dapat dicengkeram oleh roh mammon ini. Kaya atau miskin dapat bercintakan uang! Lebih-lebih pada akhir zaman di mana akan datang masa yang amat susah, orang-orang sangat egois, ini membuat suatu sikon yang cocok seperti perbenihan yang subur untuk keinginan akan uang, yaitu meterai antikris.
2 Timotius 3:1 Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar.
Ingin akan uang atau cinta uang dengan segala tipu daya kekayaan ini sudah menipu semua orang dalam dunia dan juga banyak orang-orang Kristen yang bodoh dan yang tidak sadar!
Awas, ini yang akan menjadi meterai atau tanda antikris, yang dapat merusak dan membinasakan orang-orang yang dicengkeramnya.

TANDA DI  DAHINYA

Cap di dahi itu menunjukkan kepada pikirannya! Seluruh pikirannya dirasuk oleh “ingin akan uang”, dikuasai oleh percintaan akan uang dan inilah akar segala jenis kejahatan (1Tim 6:9-10)

TANDA DI TANGAN KANANNYA

Tangan untuk bekerja, lebih-lebih tangan kanan. Kalau pikiran sudah penuh dengan uang, maka perbuatannya juga akan nyata limpah dengan segala macam tipu daya dan kejahatan (1 Tim 6:9-10)
Seluruh pikiran dan perbuatan manusia dikuasai oleh roh jahat ini. Ini yang membuat dunia lebih rusak, lebih-lebih pada zaman yang susah.
Wah 13:17 Dan tidak seorangpun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya.
Antikris adalah tuan dan penguasa pada zamannya. Memang ada 2 tuan dalam dunia ini. Sekalipun antikris belum nyata sekarang, ia sudah ada di dalam iblis, di dalam dunia dan di dalam orang-orangnya yang dikuasainya.
Matius 6:24 Tiada dapat seorang juapun bertuankan dua orang; karena tak dapat tiada seorang dibencinya dan seorang dikasihinya kelak, atau ia berpegang pada seorang dan meringankan yang lain. Tiadalah dapat kamu bertuhankan Allah bersama-sama dengan Mammon (TL)
Dua tuan itulah Tuhan Yesus dan Mammon. Masing-masing mempunyai cap atau meterainya yait Roh Kudus dan roh tamak, itulah ingin akan uang, yaitu meterai antikris. Tanpa cap ini, tanpa nekad atau gila uang, dalam zaman ini orang tidak dapat berjual beli. Hanya orang-orang yang betul-betul mata duitan yang dapat mencari uang. Orang yang tidak terlalu ingin akan uang akan sukar mencari uang.
Wahyu 13:18 Yang penting di sini ialah hikmat: Barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia dan bilangannya ialah 666.
Angka 666 adalah angka antikris yaitu orang yang sempurna dalam dosa (terutama oleh uang atau harta)
2 Tesalonika 2:3 Jangan kamu tertipu oleh seorang juapun dengan barang sesuatu daya, karena tiada akan jadi kelak sebelum orang banyak berpaling daripada iman itu dahulu, dan dinyatakan kelak si Orang yang mengamalkan dosa itu (that man of sin = manusia dosa) yaitu anak jahanam (TL)

Semua manusia adalah orang berdosa. Tetapi “man  of sin” ini ialah manusia yang sempurna dalam  dosa, lebih hebat dari orang-orang berdosa yang  biasa. Angkanya itulah 666.
Enam adalah angka manusia, sebab manusia  diciptakan pada hari ke enam (Kej 1:27). Angka  kesempurnaan Allah adalah 7. Kalau manusia mau  menjadi sempurna seperti Allah, yaitu di dalam  Kristus oleh pertolongan Roh Kudus, ia harus  ditebus oleh darah Yesus dan diolah sampai  menjadi 7.
Manusia yang tidak percaya itu memang sudah dihukumkan (Yoh 3:18) dan orang-orang seperti ini akan terus hidup dalam dosa dan kedagingannya dan oleh dorongan dan pekerjaan roh setan ia akan tumbuh terus menjadi sempuurna dalam dosa.
666 adalah angka manusia yang sempurna dalam dosa, yaitu di dalam roh, jiwa dan tubuhnya. (Lawannya ialah sempurna dalam kesucian dalam roh, jiwa dan tubuhnya seperti yang tersebut dalam 1 Tes 5:23)
Dosa manusia disempurnakan dengan uang seperti halnya YUDAS yang sempurna dalam dosa sebab ingin akan uang. Sebab nekad mencari uang, maka berani menipu, berani menyuap, berani main sex, berani serong dan berkelahi, berani membunuh dan perkara-perkara lain asal dapat uang, meskipun rohani (keselamatan) dikorbankan.
Yudas mengkhianati Tuhan Yesus, kepala Gereja.
Juga pada akhir zaman, orang-orang seperti Yudas ini yaitu antikris (yang keluar dari Gereja       1 Yoh 2:19) mengkhianati tubuh Kristus yaitu Gereja. Yudas dicengkeram oleh roh mammon, ingin akan uang. Begitu juga orang-orang yang menjadi antikris ini, karena dicengkeram oleh ingin akan uang yaitu sumber segala jenis kejahatan, mereka berani berbuat segala macam dosa sampai menjadi sempurna dalam dosa. Inilah meterai antikris, bukan angka belaka, melainkan lebih jahat dari itu, yaitu roh mammon.

KESIMPULAN:

Jangan heboh atau bingung dengan cap 18 angka, itu tipu daya setan untuk membuat orang alpa, tahu-tahu hatinya sudah dikuasai ingin akan uang lalu dimeteraikan dengan roh mammon. Memang setan itu lihay dan licik, tetapi dengan pertolongan Roh Kudus dan Firman Tuhan kita mengetahui segala tipu dayanya (2Kor 2:11) dan dapat membinasakan pekerjaan setan (1Yoh 3:8)