YS55 – Yesaya 11:10-12 Tuhan Mengumpulkan Sisa-sisa Umat-Nya Kedua Kalinya

YESAYA 11:10 BENDERA DARI AKAR ISAI
Pada hari itu akan ada akar dari Isai yang akan berdiri sebagai bendera bangsa-bangsa.

Dari Isai keluar Tunas dari tunggulnya dan Cabang dari akarnya. Tunas menceritakan kedatangan-Nya pertama di Betlehem dan Cabang menceritakan kedatangan-Nya kedua di seluruh dunia. Yang dimaksudkan di sini adalah yang kedua, yaitu Cabang dari akar Isai yang menjadi bendera bangsa-bangsa yaitu Tuhan Yesus Kristus turunan Daud-Isai, pada kedatangan-Nya yang kedua.

Pada hari itu

Bilakah hari ini? Pada hari ini seluruh dunia bangsa kafir akan mencari Bendera dari Isai ini yaitu Kristus. Dari ayat 10-16 akan nyata bahwa hari ini adalah hari-hari penyelesaian rencana Allah bagi Gereja dan pemulihan kedua bagi Israel lalu masuk dalam masa perhentian yang mulia, sebab itu hari-hari ini adalah hari yang dahsyat yaitu kedatangan Tuhan Yesus yang kedua. Pada akhir zaman Kristus menjadi Bendera tubuh Kristus global. Kalau bendera PBB itu secara jasmani diakui oleh hampir seluruh dunia, tetapi Bendera Kristus itu melepaskan semua orang dosa di seluruh dunia menjadi tubuh Krsitus yang mulia untuk kekal. Ini yang mempersatukan orang-orang tebusan di seluruh dunia sehingga akhirnya tubuh Kristus global berdiri dengan Bendera ini yaitu Kristus. Ini yang kita kibarkan, bukan bendera kita masing-masing (meskipun masih tetap ada bendera-bendera masing-masing golongan atau denominasi seperti panji setiap suku bangsa Israel, untuk pertanggungjawaban, identitas lahiriah, penggembalaan, peraturan dll) tetapi di atas segala bendera ada Bendera yang dicari segala bangsa yaitu Bendera Kristus. Bendera-bendera yang lain boleh ada sebagai identitas dan tanggung jawab (misalnya dosa Akhan itu dari suku Yehuda yang bertanggung jawab), tetapi yang ditinggikan adalah Bendera Kristus, satu-satunya Bendera yang kita permuliakan di atas segala-galanya.

BANGSA-BANGSA KAFIR AKAN MENCARINYA DAN TEMPAT PERHENTIANNYA AKAN MENJADI MULIA

Seluruh dunia akan mencarinya. Kalau kita memakai Kristus sebagai Bendera kita, akan ada persatuan yang indah bahkan global. Sebab itu jangan yang lain yang ditinggikan, hanya Bendera Kristus, Bendera Salib yang boleh ditinggikan.

TEMPAT PERHENTIANNYA AKAN MENJADI MULIA

Di dalam Kristus ada perhentian, Sabat yang indah yaitu:

  1. Ibrani 4:10-11. Orang yang penuh dan dipimpin Roh itu masuk dalam perhentian Allah yang indah. Hidup di dalam Roh Kudus itu paling indah dan sejahtera, sebab kita dipimpin oleh sejahtera Allah yang melebihi segala akal Flp 4:7. Jangan keluar dari perhentian Roh Kudus ini. Kalau tidak ada sejahtera itu tanda khas bahwa orang itu sudah keluar dari perhentian Allah, keluar dari pimpinan Roh dan jalan Allah. Hati-hati, ini permulaan kejatuhan dan kehancuran.
  2. Kerajaan 1000 tahun adalah Sabat Allah. 1000 tahun bagi Allah itu seperti 1 hari 2Pet 3:10 dan hari ke-7 atau Sabat Allah adalah kerajaan 1000 tahun yang merupakan Sabat atau perhentian Allah yang luar biasa. Ini perhentian yang sangat mulia untuk orang-orang penduduk Kerajaan 1000 tahun. Tidak ada peperangan, orang tidak lagi dikejar-kejar pekerjaan dan uang sebab semua cukup dan semua hidup dalam damai dan kesukaan dari hadirat Allah yang meliputi seluruh dunia.

Orang yang ikut dengan Kristus, yaitu ikut pengangkatan dan bangkit dan berada bersama-sama Kristus, itu ada dalam perhentian Allah untuk kekal, bukan hanya 1000 tahun tetapi itu seterusnya. Tetapi penduduk kerajaan 1000 tahun juga mengalami perhentian di bumi yang indah, tetapi dalam Kerajaan 1000 tahun ada batasnya yaitu selesai 1000 tahun ada ujian besar sebab iblis dilepaskan. Kita juga menikmati tetapi tanpa batas, untuk seterusnya.

YESAYA 11:11 MEMULIHKAN SISA UMAT TUHAN KEDUA KALINYA
Maka akan terjadi pada hari itu, bahwa Tuhan akan lagi menetapkan tangan-Nya pada kedua kalinya untuk memulihkan sisa umat-Nya yang tertinggal

Menetapkan tangan-Nya untuk kedua kalinya. Ini rencana Allah yang sudah ditetapkan, sudah diatur bahwa Dia akan datang kedua kali dan disini akan ada pemulihan bagi sisa-sisa umat-Nya yang tertinggal, baik untuk umat jasmani yaitu Israel dan umat rohani yaitu orang-orang Kristen yang tertinggal.Gereja akan diselesaikan lebih dahulu Rom 11:25 baru kemudian Israel jasmani (sebab Israel jasmani belum bersedia apa-apa, belum mulai, masih belum mau bertobat). Kedatangan Tuhanyang kedua untuk orang-orang Kristen yang tertinggal waktu pengangkatan akan dipulihkan semua, sesudah jumlah semua yang dibunuh Antikris karena percaya, digenapkan Wah 6:11. Semua orang-orang ini  akan dibangkitkan, dikumpulkan bersama-sama dengan umat Tuhan lainnya, yang sudah ada di Surga (orang-orang tertinggal yang diselamatkan ini seperti gleanings = penuaian sisa) lalu mereka ikut kembali turun ke bumi, ikut memerintah dengan Tuhan Wah 20:4. Tuhan itu begitu besar kemurahan-Nya sehingga sesudah pengangkatan, sekalipun tidak ada ulangan (her) tetapi masih ada satu kesempatan terakhir, meskipun dengan cara yang sangat dahsyat, seperti buah yang mentah dimatangkan dalam api.
Pemulihan untuk umat Tuhan jasmani yaitu bangsa Israel prosesnya lebih lama yaitu sisa-sisa Israel sebanyak 144.000 dikumpulkan dan dipulihkan dalam kerajaan 1000 tahun pada hari kedatangan-Nya yang kedua Wah 7:4. Lalu Israel jasmani diperintahkan oleh Tuhan dengan tongkat besi dalam kerajaan 1000 tahun.

DARI ASYUR, MESIR, PATHROS, ETHIOPIA (KUSH), ELAM, SINEAR, MAMAT DAN DARI PULAU-PULAU DI LAUT

Orang-orang Israel yang berdosa tersebar ke seluruh dunia ke negeri-negeri orang kafir, tetapi pada hari kedatangan Tuhan yang kedua, mereka dikumpulkan kembali. Heran, sekalipun di ujung-ujung bumi, Tuhan tahu semuanya dan Tuhan akan membuka jalan (ayat 16) sehingga mereka semua bisa kembali.
Orang-orang yang ini menyebar di antara orang-orang kafir ini adalah orang yang undur dari Tuhan, yang dibuang Tuhan di antara segala orang kafir.
Segala macam kekafiran masuk dan menjadi satu dengan umat Tuhan. Inilah Gereja jalan lebar dengan segala dosa dari 7 negeri-negeri kafir, lengkap masuk dalam Gereja akhir zaman (7 = sempurna).
Kita tinggal di dunia di tengah-tengah orang kafir, tetapi jangan kekafirannya masuk di antara kita. Jangan dipegang, dijamah atau dikecap, sebab itu semua barang-barang yang membawa kepada dosa-dosa kekafiran yang najis dan melawan Firman Allah Kol 2:21-22. Semua hukum dan pengajaran manusia ini yang membuat ajaran Firman Tuhan menjadi khamir oleh ragi-ragi kekafiran sehingga menjadi najis. Banyak orang Kristen yang ingin lebih ilmiah, ingin sama dengan segala gelar dan kemuliaan dunia lalu memakai, membawa masuk semua pikiran dan ajaran manusiawi ke dalam Gereja, sehingga timbul ajaran campuran dan ini yang membuat suam, najis, dan ketinggalan waktu pengangkatan. Orang-orang ini yang harus dibersihkan, keluar dari ajaran-ajaran manusiawi, kembali ke Yerusalem tempat di mana Bendera dari akar Isai.
Firman Tuhan itu kekal Luk 21:33 lebih tinggi dari ajaran yang manapun. Semua ajaran dan pikiran manusiawi itu fana dan berhenti sampai kubur, tetapi Firman Allah itu kekal. Jangan disamakan dengan ajaran manusiawi.Patut kita dipenuhi dengan Firman Tuhan yang kekal dan dipisahkan dari semua hal-hal duniawi. Jangan dicampur, jangan dicoba, dikecap dan dijamah, sebab ini yang membawa kepada kesuaman rohani dan akhirnya kematian rohani. Kita harus murni memegang ajaran Firman Tuhan. Jangan ingin disamakan dengan pikiran dan ajaran manusiawi yang mulia dalam ukuran dunia; kita tidak perlu kemuliaan duniawi tetapi kemuliaan ilahi yang kekal, yang bisa mengerti sampai Surga Bumi Baru bahkan sampai kekal dan juga semua yang ada di dunia sekarang.
Orang yang penuh dan dipimpin Roh akan mengerti dan memuliakan Firman Tuhan yang murni, dengan segala ajaran dan pembukaan yang murni. Tetapi mereka yang hidup dalam daging, meskipun belajar terus tanpa henti, mereka tidak bisa mengerti 2Tim 3:6-7, yang memutarbalikkan kebenaran Firman Tuhan 2Pet 3:16, orang-orang ini yang suka mencampur dan menyamakan Firman Tuhan dengan segala pikiran dan ajaran manusiawi sehingga ibadah dan Gerejanya menjadi Gereja campuran, Gereja jalan lebar dan akhirnya tertinggal. Gereja-gereja yang dicampur akan menjadi suam seperti Laodikea, sehingga lemah dan jatuh dalam banyak dosa; dosa terus berkembang sampai menjadi begitu keji seperti Gereja Tiatira dan akhirnya iblis yang bertahta dalam Gereja itu, bukannya Kristus, seperti Gereja Pergamus dan akhirnya mati seperti Sardis. Dari orang-orang seperti inilah timbul banyak kejatuhan yang sudah dinubuatkan Firman Tuhan 1Tim 4:1, 2Tes 2:3. Tetapi oleh anugerah Allah masih ada dari antara mereka yang tertinggal, mau bertobat dan mati dalam zaman Antikris Wah 13:7. Orang-orang ini yang dikumpulkan kembali sebagai tuaian susulan / sisa yang masih selamat meskipun hanya sebagai sisa-sisa.

YESAYA 11:12 DIASPORA

Maka Ia akan menegakkan suatu Bendera dan akan menghimpunkan orang-orang yang terbuang dari antara Israel dan mengumpulkan yang tercerai berai dari Yehuda dari empat penjuru dunia

Diaspora dalam bahasa Yunani berarti tercerai berai, tersebar di mana-mana Yoh 7:35, Yak 1:1, 1Pet 1:1. (Dalam Wasiat Lama karena Israel undur dari Tuhan, kalah perang, ditawan dan tercerai berai di antara segala bangsa kafir Ul 28:25; 30:4, Neh 1:9). Inilah nasib Israel dalam Perjanjian Lama yang undur dari Tuhan dan tercerai berai ke seluruh dunia. Begitu juga orang-orang beriman yang undur dari Tuhan sebab mencampur Firman Tuhan dengan ajaran dan pikiran manusiawi, maka mereka jatuh dalam dosa dan hanyut dalam segala kekafiran dunia yang masuk dalam Gereja, sehingga menjadi Gereja jalan lebar dan tertinggal waktu pengangkatan dan mati dalam dosa dan dalam aniaya antikris. Tetapi mereka yang percaya dan mati karena imannya itu dikumpulkan Tuhan kembali.
Yang menghimpunkan kembali semua orang yang tercerai berai itu adalah Bendera Kristus. Hanya nama Yesus yang bisa menyelamatkan manusia di kolong langit ini Kis 4:12. Yesus = Juru selamat manusia Mat 1:21. Sebab itu mereka yang tidak meninggikan Bendera ini, yang meninggikan bendera yang lain akan jatuh undur dan tercerai berai. Jangan meninggikan bendera yang lain. Jangan ada ajaran dan pikiran manusiawi yang masuk dalam Gereja, hanya Firman atau Kristus yang boleh dipegang dan ditinggikan. Dia yang ada di dalam kita ini yang mengalahkan dunia 1Yoh 4:4, Rom 8:31. Tanpa Kristus, tanpa Firman Tuhan yang murni dan betul, orang akan kalah dan jatuh dalam dosa atau pikiran manusiawi sehingga menjadi suam, najis, dikuasai iblis dan mati rohani sehingga binasa kekal. Hanya sisa-sisanya (sebagian kecil dari semua yang gugur 1Tim 4:1) yang akan bertobat kembali dan dikumpulkan kembali dengan Bendera Kristus. Hanya Kristus yang bisa mengembalikan manusia ke Surga, sebab Dia adalah penghubung dan jalan kepada Bapa Yoh 14:6. Tanpa Kristus, anak terhilang tidak akan sampai di rumah Bapa. Bendera Kristus inilah yang bisa menghimpun kembali anak-anak terhilang.
Sebab itu jangan mencampur Firman Tuhan dengan segala ajaran yang lain. Ini akan mudah kalau kita penuh dan dipimpin Roh. Sebab Roh Kudus yang mengerti segala kebenaran Allah Yoh 16:13, 1Kor 2:10. Dia yang tahu dan bisa membuka segala rahasia Firman Tuhan yang murni dan membawa kita kepada segala kebenaran ilahi.
Seringkali karena tidak mengerti dan merasa Alkitab itu tidak lengkap (hanya berisi garis besar saja), maka orang ingin menambahi supaya sempurna dengan segala macam ajaran-ajaran manusiawi. Kita banyak melihat campuran dengan:

  1. Ilmu jiwa, sebab banyak yang tampaknya serupa dan sebagian cocok, lalu semua diambil dan dicampur. Ilmu jiwa manusia itu hanya mengerti tentang orang lama dan tidak mengerti tentang orang baru 1Kor 2:11-16. Hal-hal tentang manusia lahiriah dan hal-hal sekuler masih bisa kita pakai untuk hidup jasmani, tetapi untuk hal-hal rohani, istimewa dalam hubungan dengan Tuhan dalam kesucian dan cara-cara ilahi, manusia sama sekali tidak bisa mengerti bahkan itu menjadi kebodohan bagi manusia. Sebab itu hati-hati, kita harus selektif dan kita bisa menjadi lebih peka, lebih tepat mengerti, kalau kita hidup sebagai lima gadis bijaksana, selalu penuh dan dipimpin Roh dan terus bertumbuh dalam pengertian Firman Tuhan yang murni 2Pet 3:10.
  2. Ilmu-ilmu tentang kepribadian, ini tampaknya baik dan menolong banyak orang dalam pergaulan sehingga bisa diterima masyarakat. Tetapi ingat manusia hanya bisa membersihkan sebelah luarnya saja Mat 23:27. Meskipun ini berfaedah dalam pergaulan manusiawi, tetapi tidak cukup untuk bergaul dengan Allah, sebab batin manusia hanya bisa bersih dengan lahir baru, diganti dengan hidup baru dalam Kristus. Tanpa Kristus tetap orang lama dan hamba dosa dan akhirnya menjadi seperti iblis dan kembali ke rumah bapak iblis (neraka).
  3. Campuran dengan okultisme. Dalam kenyataannya memang bisa menghasilkan perkara-perkara yang menguntungkan manusia, istimewa untuk hidup yang fana (uang, kedudukan, kemuliaan dunia dan segala hawa nafsunya, ingat iblis juga menawarkan hal ini pada Putra manusia Yesus Mat 4:8-9, tetapi ini umpan untuk kebinasaan kekal). Jangan kita tertipu atau terjerat, sebab orang yang ingin, apalagi tergila-gila pada perkara-perkara yang fana itu seringkali sudah dibutakan mata hatinya 2Kor 4:4.
  4. Macam-macam ajaran lain, istimewa dengan umpan-umpan daging. Termasuk juga hipnotis dengan kuasa gelap, aktivasi otak tengah dengan garansi anak menjadi jenius dalam waktu 1/2 jam dll. Jangan sampai masuk dalam jerat iblis dan tercerai berai diantara orang kafir (kekafiran) sekalipun masih ada dalam Gereja, bahkan masih melayani, aktif seperti Laodikea, nabi Izebel dan ada orang-orang yang setia seperti Antipas juga masih bisa mengalami berkat-berkat rohani dan jamahan Tuhan yang maha murah, atau seperti Sardis yang sangat aktif seperti hidup di hadapan Tuhan, tetapi sesungguhnya mati di hadapan Allah.

Orang-orang yang terbuang dari Israel, tercerai berai dari Yehuda dari empat penjuru bumi

Israel itu terang-terangan hidup dalam dosa, jalan lebar dan sangat keji, lebih-lebih dengan lembu emas di Dan dan Betel. Ini orang-orang dari Gereja jalan lebar dan yang terang-terangan undur dari Tuhan. Orang-orang Yehuda, ini orang yang sungguh-sungguh ikut Tuhan, pengajarannya murni, tetapi sebab kelemahan dan terjerat oleh kedagingannya akhirnya undur dan binasa seperti Yudas, Korah, Akhan, Saul, Simson, dll. Seringkali orang-orang ini pada satu saat sadar dan sungguh-sungguh bertobat seperti Simson, Daud dll. Sebab itu sekalipun Gerejanya jalan sempit, sungguh-sungguh tulus beribadah, tetap harus berjaga-jaga supaya jangan sampai tertipu dan terjerat seperti Hawa yang ada dalam Eden dari Tuhan. Ingat Tuhan sanggup menyelamatkan kita sampai ke akhir asal kita mau sungguh-sungguh dengan tulus Ibr 7:25; 12:2. Ini bisa terjadi di seluruh dunia, di empat penjuru bumi, sebab itu berjaga-jaga, terus penuh dan dipimpin Roh.

KESIMPULAN

Bendera Kristus itu indah dan mulia, harus ditinggikan dari semua yang lain dan kita semua harus tetap berjaga-jaga, jangan campur dengan ajaran dan pikiran manusiawi. Belajar tumbuh dengan baik dalam pimpinan Roh Kudus, supaya terpelihara sampai ke akhir.